Trend Kursi sebagai Property Perform KPOP artist

Posted: Mei 10, 2013 in my korean notes

Di paruh kedua tahun 2012 dan paruh pertama tahun 2013 ini saya melihat ada sebuah trend baru dalam performance para boyband di Korea, yakni menggunakan media kursi sebagai property saat tampil, baik di MV maupun di panggung. Pertama-tama saya tidak begitu menghiraukan kursi tersebut karena sebelumnya saya hanya melihat B1A4 yang menggunakan kursi dalam performnya di lagu Tried To Walk. Ketika melihat perform dan latihan mereka saya hanya melihat “a..mereka kreatif juga menggunakan kursi dan saya rasa itu ide yang baik karena bisa tercipta banyak varian gerakan dari kursi tersebut”. Mereka dapat berdiri, duduk dan menari dengan berbagai style dengan bantuan kursi yang panjang itu. B1A4 dengan bantuan banyak back dancer menarikan Tried To Walk dengan begitu apik dengan gerakan masing-masing orang yang berbeda sehingga tercipta kesan kreatif “beda tapi rapi” ketika saya melihatnya. Chingudeul pasti udah pada liat juga kan? Bagus ya perform mereka. Tried To Walk seingat saya rilis pada bulan2 akhir 2012 dan masa2 perform berlangsung pada desember 2012. Mereka seingat saya perform juga di Presidential Election Counting pada 19 Desember 2012 yang menghantarkan Park Geun Hye sebagai presiden pertama wanita Korea akhirnya.

B1A4 - 걸어 본다 안무 영상 (TRIED TO WALK DANCE PRACTICE VIDEO) - YouTube.MP4_snapshot_00.56_[1980.01.04_14.11.10]

 

 

 

 

 

 

B1A4 - 걸어 본다 안무 영상 (TRIED TO WALK DANCE PRACTICE VIDEO) - YouTube.MP4_snapshot_03.31_[1980.01.04_14.13.59]

 

 

 

 

 

 

B1A4- 121219 KBS Presidential Election Counting B1A4 - TRIED TO WALK [1080P] - YouTube.MP4_snapshot_00.18_[1980.01.04_17.50.10]

 

 

 

 

 

 

Saya terus terang suka sekali perform B1A4 dalam lagu ini dan saya pikir ini adalah MV dan perform terbaik mereka selama saya mengikuti B1A4 dari MV dan perform mereka yang pertama. Saya dari awal memang suka B1A4 karena mereka mengusung tema yang unik dalam blantika music Korea. Mereka punya ciri khas sendiri dan bahkan dengan hanya mendengar tipikal lagu mereka orang akan langsung tahu kalau itu B1A4. Style mereka agak kekanak-kanakan dan music mereka berkesan lucu didengar, itulah B1A4. Namun kemampuan vocal dan rapp mereka juga bagus lho, apalagi dance mereka rapi sekali terutama di Tried To Walk ini. Dari OK, Only Learn Bad Thing, Beautiful Target, Jaljayo GoodNight, Tried To Walk kemudian yang terbaru yang baru rilis kemarin “Whats Going On”, saya paling suka Tried To Walk karena dance mereka keren sekali di sini, dancenya sulit karena terlalu cepat perpindahan gerakan satu ke gerakan lain..dan ini menunjukkan kualitas mereka sesungguhnya dan kekreatifan mereka menggunakan kursi tentunya..

B1A4- (121123)(HD) B1A4 - Tried To Walk - YouTube.MP4_snapshot_02.06_[1980.01.04_14.17.38]

 

 

 

 

 

 

B1A4- (121123)(HD) B1A4 - Tried To Walk - YouTube.MP4_snapshot_02.22_[1980.01.04_14.18.26]

 

 

 

 

 

 

Selain itu ada Jay Park yang juga menggunakan media kursi untuk performnya. Jay Park dengan album terbarunya menjadikan “JOAH” sebagai MV pertamanya. JOAH menurut saya adalah lagu yang bagus. JOAH ber-taste barat sekali kalau menurut saya. Ya, seperti lagu2 Rnb barat. JOAH semakin menimbulkan kesan kalau style lagu Jay Park benar2 American style,,mungkin untuk ke depannya dia bisa jadi icon RnB Korea..ya justin timberlake-nya Korea lah. Saya pertama kali suka Jay Park saat dia meluncurkan album New Breed. Saya appreciate sekali pada music Jay Park dari lagu2 di album New Breed-nya. Dia bahkan pernah menggelar konser mini di Indonesia dalam rangka promo album tersebut. Saya suka sekali dengan lagu “I Got Your Back” dan “Up and Down”. Saya rasa lagu tersebut sangat keren dan bukan music atau lagu yang biasa2..taste Jay Park benar2 beda. Kemudian JOAH ini muncul paruh pertama tahun 2013 dan saya langsung sukaa banget lagu ini..hehe. Kembali ke masalah kursi, JOAH pada dasarnya sudah bagus secara lagu, beat dll dan dengan medium kursi sebagai property perform menurut saya menambah nilai tersendiri dalam lagu ini. Kursi yang digunakan beda dengan B1A4, di JOAH mereka menggunakan semacam kursi tamu sebanyak 3 buah. Saya melihat perform ini pada 13 April 2013 di Inkigayo. Jay Park, 4 back dancer dan 3 kursinya merupakan kombinasi yang bagus menurut saya🙂

[Live HD] 130413 Jay Park - JOAH #GoodbyeMCTTS .MP4_snapshot_00.03_[1980.01.04_14.06.47]

 

 

 

 

 

 

[Live HD] 130413 Jay Park - JOAH #GoodbyeMCTTS .MP4_snapshot_03.00_[1980.01.04_14.09.04]

 

 

 

 

 

 

Siapa lagi ya? Yup..mereka adalah 2PM. Mereka merilis album ketiga mereka “Grown” awal Mei 2013 ini. MV mereka keluar mengusung lagu pertama di album mereka yang berjudul “I norae deud go dorawa atau come back when you hear this song”. Lagu ini bagus banget chingu..kalian harus denger ya J. Ketika saya menulis artikel ini saya belum melihat performnya karena di youtube memang belum ada namun MV-nya sudah keluar. 2PM.. kita sudah kenal banget kan pastinya? Mereka adalah beastly idol yang unik tentunya. Style lagu anak2 JYP memang unik ya chingu.. 2PM dengan lagunya yang kesannya agak lucu dengan gerakan2 agak kekanak2an (l0 out of 10 contohnya) dikolaborasikan dengan masing-masing member yang sebenarnya cool2 semua..akhirnya terciptalah 2PM yang keren. Di MV ini 2PM menggunakan kursi panjang yang bertingkat dan mirip dengan tangga. Ada sesi dimana mereka menari di tangga juga. Kursi ini menurut saya sangat menunjang untuk konsep dance yang disesuaikan dengan style lagu mereka juga sehingga menggunakan kursi tangga ini adalah pilihan yang tepat.

2PM_이 노래를 듣고 돌아와 (Comeback When You Hear This Song)_MV.FLV_snapshot_01.07_[1980.01.04_14.26.42]

 

 

 

 

 

 

2PM_이 노래를 듣고 돌아와 (Comeback When You Hear This Song)_MV.FLV_snapshot_03.33_[1980.01.04_14.29.51]

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya adalah NUEST dengan lagunya Yeoboseyo (Hello). Saya mulai suka NUEST setelah mereka merilis lagu ini yakni . Sebenarnya dari perform di MV sebelumnya yakni “Face” mereka sudah menggunakan kursi sebagai property namun saya lebih suka yang di yeoboseyo ini. Di face masing-masing member menggunakan satu kursi yang mereka duduki, putar, pindah posisi, berdiri diatas kursi dsb sesuai dengan tema dance mereka. Mereka menggunakan kursi semacam kursi sekolah. Kebetulan saya saat menulis ini sedang mengikuti drama school 2013 dan saya melihat murid2 SMA menggunakan kursi ini untuk duduk di kelas. Mungkin ini disesuaikan juga dengan cerita di MV Face sendiri dimana menceritakan suasana fighting dan bully ala2 siswa SMA di Korea. Sedangkan di yeoboseyo kursi digunakan dengan konsep yang lebih sederhana. Konsepnya adalah ada adegan seperti pasangan yang sedang duduk berhadapan lalu setelah pembicaraan usai kursi si laki2 ditarik oleh back dancernya. Kursi yang digunakan adalah kursi biasa yang ada di tempat2 makan. Menurut saya konsep ini cukup keren.

NUEST (뉴이스트) - HELLO Music Video [HD] - YouTube.MP4_snapshot_00.37_[1980.01.04_14.20.51]

 

 

 

 

 

NUEST (뉴이스트) - HELLO Music Video [HD] - YouTube.MP4_snapshot_00.56_[1980.01.04_14.21.17]

 

 

 

 

 

 

NU'EST - Hello (dance practice) DVhd .MP4_snapshot_00.32_[1980.01.04_14.20.09]

 

 

 

 

 

 

NUEST- [Live HD 720p] 120403 - NU'EST - Face - Show! Champion - YouTube.MP4_snapshot_00.18_[1980.01.04_14.21.56]

 

 

 

 

 

 

NUEST- [Live HD 720p] 120403 - NU'EST - Face - Show! Champion - YouTube.MP4_snapshot_03.00_[1980.01.04_14.22.49]

 

 

 

 

 

 

NUEST(뉴이스트) _ FACE.flv_snapshot_03.36_[1980.01.04_14.24.36]

 

 

 

 

 

 

Mungkin masih banyak lagi boyband yang menggunakan kursi sebagai media untuk konsep choreography mereka. Saya tidak akan membahas MV yang cukup lama (sudah lama keluarnya). Saya mungkin akan membahas untuk MV yang keluar tahun 2013 dan selanjutnya saja karena MV di Korea tahu sendiri kan..terlalu banyak,,hehe. Namun inti dari tulisan saya ini adalah penggunaan kursi sebagai property MV/perform merupakan bentuk kreatifitas dan konsep yang kuat dari coreographer2 Korea. Mereka mampu mensikronkan lagu dengan property2 tertentu yang hasilnya ternyata sangat bagus. Mereka juga mampu memperkaya tarian mereka dengan bantuan property (kursi) yang ada dan dengan begitu terciptalah gerakan2 baru yang fresh untuk kita. Satu kalimat buat choreographer Korea “good job for you for using chair..it looks fresh and creative”🙂

Komentar
  1. aneeminiechem08028박동림 mengatakan:

    Hahaha jangan lupa sesepuhnya Shinhwa samchon di MV Wild Eyes (2001)
    hohohohoho
    sama SHINee: Love Like Oxygen (2008)
    ^^
    Ayo tren selanjutnya “microphone dance” kaya SHINee: Dream Girl

    • lindashin mengatakan:

      Soalnya yg nulis ini ga ngikuti shinhwa jd ga tahu MVnya, wkwk. Tapi memang kursi lagi cetarr bgt buat dijadiin property😀
      Maybe lain kali microphone dance bs dikupas lag🙂

Tinggalkan Balasan

