Fakta EXO part 35 (Promo XOXO album @Sukira 130530~ Surat SuHo untuk memberdeul #haru~)

Posted: Juni 7, 2013 in About EXO M & EXO K

Diambil dari youtube, video dengan judul [ENG SUB] 130530 EXO at Sukira [FULL]from SMentEXO2

  • Ini adalah promo radio pertama mereka setelah comeback album XOXO.
  • Mereka full pasukan (12 member hadir semua kagak ada yang absen) *seneng deh kalo personel lengkap kayak gini, rame soalnya*
  • DJ hari itu Ryeowook Suju.
  • Kalo nonton polah anak2 EXO gue berasa awet muda soalnya ketawa mulu,,ni kan interview belom mulai, Ryeowook baru ngeplay lagunya Juniel..member EXO seperti biasa cek2 kamera dulu (nglambaian tangan, say hi dsb). Gue notice beberapa adegan (ga penting) tapi lucu. Yang pertama Kai kayaknya cinta banget ama model rambut barunya yang kayak Jaden Smith itu. Masa dielus2 terus.. *hadehhh -.- -.-*, terus Luhan sama Tao yang duduknya depan2an tepok2an jidat (mwoya??? Apa ini) *aduh jangan main jidat dong, ntar jadi dongo lho*, wkwk.. pertamanya Luhan cuman kaya nyentuh jidat Tao aja..tapi malah Tao ngrespon nepok jidat Luhan dan Luhan agak kaget gitu ekspresinya.. *yakin deh maknae SM evil semua, berani2nya nepok jidat hyungnya* Tao, Bertobatlah nak.. eitss tapi setelah itu mereka “akur” lagi cz berganti jadi tepok2an tangan. Ni kenapa berdua jadi tepok2an mulu sih…*Woiii ini acara radio bukan lomba tepok lalat tse tse..* #gueTepokJidat. Terus ada acara Kai yang belum apa2 udah ngedance “cakar ala wolf” *woi bang, lagunya belum juga diputer udah excited banget, wkwk*. Kalo gak kebanyakan polah bukan Chanyeol namanya, ni anak sumpah beneran hiperaktif banget..yang lain pada galau (eh) terutama Suho karena pasti dia yang paling banyak jawab pertanyaan ntar (jadi nenangin pikiran dulu #apadehGue) tapi chanyeol keliatan paling girang. Pokoknya ga bisa diem gitu chingu,,bawaaanya gerak terus kayak kincir angin. Terus terakhir dia kasih pose “kuping wolf”, lagunya Juniel berakhir, headphone dipasang dan acara dimulai.
  • Ryeowook bilang “ini ga bercanda” setelah denger EXO memperkenalkan diri “WE ARE ONE, annyeong haseyo EXO imnida” dengan suara berduabelas yang lantang. Maksudnya Ryeowook, EXO beneran keren. Member EXO emang bagusnya kalo 12-12nya hadir chingu, berasa “sesuatu” banget, kompak bgt. Auranya beda kalo cuma sebagian yang hadir, kayak di youngstreet radio kemaren.
  • Karena XiuMin duduknya paling ujung, maka dia memperkenalkan diri duluan. Seperti di youngstreet, dia memperkenalkan dirinya sebagai “member yang paling tua tapi keliatan sedikit lebih muda”~awet muda ye bang😀
  • D.O memperkenalkan dirinya “hallo, saya yang sedang nervous sekarang, D.O”. Keliatan banget dia dari awal nervous chingu..orang tadi yang lain pada tepok2an jidatlah, say hi lah, peragain dancelah..D.O ini gue perhatiin dari awal diem mulu..dan diemnya itu cenderung nervous.. *tarik napas..jangan dikeluarkan~ lhohh..andwae,,*
  • Luhan ikut2an D.O, dia memperkenalkan dirinya “hallo, saya yang sedang tense sekarang, D.O”. Tadi untuk kata “nervous”, D.O bilangnya teollyo, sekarang Luhan pakai kata ginjang.. yang kurang lebih artinya sama aja yakni deg2an alias nerves. *kreatip dikit dong kak Lulu..haha*.
  •  Tao memperkenalkan dirinya “saya romantic, kungfu panda, AB Style, Tao”..busett banyak amat panggilan lo bang.. yang AB Style ini baru chingu, maksudnya golongan darahnya AB jadi ya ketebak lah orangnya agak2 aneh dan kadang cenderung ga jelas..wkwk.
  • Kris cool banget.. dia cuman “annyeong haseyo, EXO Kris imnida”…wow……singkat, padat, jelas, cool..kris lope yu pull dah… Ryeowook juga langsung nyaut “yaaa..jal saenggyeotda alias yaa…lu ganteng banget”. Kris ini aura coolnya memang paling jjang chingu, sengomong2nya dia walopun singkat sekalipun tapi tetep keren. *ga salah bias gue Kris* #kagak ada yang nanya
  • Lay memperkenalkan dirinya “saya unicorn yang bisa menyembuhkan, Lay”.. *masih kebawa tema yang dulu aje bang..ini lu udah jadi warewolf woiii..haha*
  • Sehun asli kreatif banget..dia memperkenalkan dirinya “annyeonghaseyo, EXO’s baby, Sehun imnida”….yaaaa..semua langsung komentar, pada niruin bilang baby baby.. Ryeowook juga jadi bilang “wah..kamu banyak berubah”.~iyah tuh oppa Ryeowook, SeHun jadi makin pinter dan kreatif..juga rambutnya jadi kayak kemoceng abis warna pelangi dipake jadi satu.
  • Pas EXO on air ini fans banyak banget di luar studio. Wow keren..EXOTIC jjang.
  • Hari itu juga mereka pertama kali comeback stage, tepatnya di Mnet.
  • Sebutan lain SuHo sekarang adalah ExSuHo..karena EXO sama SuHo bisa banget digabungin kan chingu..tadi pas perkenalan pas dia ngomong “EXO, Suho imnida” jadi kayak keseret..dan muncullah panggilan baru itu akhirnya.
  • Pas ditanya gimana perasaannya comeback, SuHo jawab dia kagak bisa tidur kemaren-nya tapi member2 yang lain pada nyenyak tidurnya. *inilah tipikal leader T.O.P chingu..patut dicontoh~SuHo ni bertanggungawab banget chingu untuk group EXO ini..dari awal gue ngikutin wawancara2nya EXO keliatan kalo dia bener2 leader yang patut untuk dibanggakan.
  • Malamnya pas ga tidur itu, SuHo sms-an sama Ryeowook sampe subuh. Dia sms-an karena ga bisa tidur, nggak bisa tidurnya karena dia nervous banget. Tapi besoknya pas comeback perform dia tetep aja nervous alias nervousnya kagak ilang. Tapi setelah akhirnya bisa menampilkan performance yang cool buat fans hari ini (setelah menunggu sekian lama) membuat dia ngrasa seneng banget.
  • Ryeowook ampe bilang “banyak orang menunggu comeback kalian sangat lama *bener banget*, saya merasa kalian juga ingin comeback lebih awal dari ini sebenarnya..” iya nih, lamaaaa banget EXO kagak comeback2,, tapi gapapa cz setimpal sama nunggunya kami (EXOTIC) karena XOXO keren banget.
  • Satu tahun lho chingu mereka baru comeback, lama kan??. Nah D.O disini bilang selama setahun itu mereka menyiapkan semuanya dengan sangat keras dan focus. Pas EXO latihan, kebetulan suju juga ada terus suju minta exo ngedance dan mereka mau nunjuk siapa yang ngedancenya kurang bagus. Pas udah liat, member suju sama sekali kagak  nemu cacat sedikitpun alias member EXO ngedancenya bagus semua..dan akihirnya member suju kagak bisa bilang apa2. Daebak banget ya EXO..keren. kata Ryeowook, bahkan Chen bagus ngedance-nya *woi bang Ryeoo..lu ga tahu Chen itu CHENsing Machine..haha *replay acara EXO M pas di Cina yang bahas2 itu. Ryeowook juga mention nama2 kayak Chanyeol dan Baekhyun (maksudnya mereka ber3 yang dance-nya agak..yaa..masih gimana gitu dr yg lain, haha)
  • Ryeowook ngasi mission ke anak2 EXO buat download aplikasi sukira app sebelumnya. Terus di hari pas on air ini mereka suruh nunjukin dah download apa belum *promo ye bang..wkwk*.
  • Semua pada rempong nunjukin, Kris bilang dia download tapi sekarang battery hpnya abis jadi kagak bisa nunjukin (sumpah Kris keren banget, bahasa Koreanya lancar…lope yu lah, haha). Tao bilang ga bawa hp dan battery-nya juga abis. Lay yang bahasa Koreanya masih kurang faseh mau bilang “ga bawa” tapi sama RyeoWook dicut terus, haha..akhirnya sebagai hukuman Lay sama Tao disuruh berdiri selama 1 menit. Ni nape bang Ryeo jadi kayak guru SD sie..kayak lagi nyetrap murid2 yang ga bawa buku😀. Lay yang tadi disuruh berdiri protes akhirnya, dia bilang karena ini acara on air radio pertama mereka jadi ga boleh bawa hp sama manager hyung. Terus Ryeowook bilang “1 menit telah berakhir..boleh duduk..” *itu kenapa kagak dari tadi..sama aja dapet hukuman dong..wkwk”
  • Kata Ryeowook, Tao itu ganteng, wajahnya kayak aktor Kang Dong Won *langsung googling Kang Dong Won. Tao sendiri langsung bilang “tidak, terimakasih”
  • Pas ditanya gimana pertama kalinya di sukira, Kris jawab aku sangat nervous sekarang, biasanya aku bagus berbahasa Korea tapi sekarang aku ngerasa canggung.  *kayaknya tema hari ini “NERVOUS” yah chingu..abis semua pada nervous..haha*. Sebenernya yang ginjang bukan cuman member tapi yang nyiar juga.. Ryeowook bilang dia jadi kayak berasa ngerjain ujian walopun itu script. Ga biasanya writer nuna kayak gitu juga..EXO comeback ini bener2 episode special jadi orang di radio itu juga prepare banget.
  • Waktunya personal talent..*ini bagian paling gue suka* setiap member diminta nunjukin talent masing2. Kai yang dikesempatan dulu ga mempertunjukkan apapun karena belum siap, kali ini dia punya sesuatu..dan apa itu? Menirukan suara squidward di spongebob.. Dan walopun mirip tapi saking singkatnya setelah dia selesai jadi agak awkward gitu chingu…Kai aja ampe kayak malu terus tutup muka. *lain kali latihan lagi ya nak..haha*
  • Maknae dimana2 evil udah jelas..kalo maknae yang ga pedulian itu ya kayak Sehun ini.. Ryeowook lagi ngomongin pembagian kamar member dan pas pertanyaan tentang itu diajuin ke dia, dia malah “oh,.tentang kamar?” dengan nada yang kayak abis “mong jihyo” terus dibangunin. Terus Ryeowooknya bilang “tolong perhatiannya”..haha
  • Sehun sekamar sama D.O dan Luhan, Kai sekamar sama SuHo dan Chen. Sehun pas ngucapin nama D.O pake hyung (D.O hyung) tapi pas SuHo jadi SuHo sshi. Mungkin karena Sehun deket banget (karena sekamar) jadi lebih enak panggil hyung ke D.O..kalo SuHo pake sshi karena lebih dihormati. Chanyeol, Baekhyun, Xiumin, Tao sekamar. Sisa member yang belum disebutin berarti sekamar.
  • Iya kan…ucapan gue yang kemaren kagak salah..pose yang paling awal itu pose pohon..haha. Tapi beringin ato bukan belum tahu, tapi feeling gue beringin. Soalnya ni Ryeowook bahas2 “dance pohon/namu dance bahasa Koreanya” dan EXO’s member mengiyakan.
  • Kata SuHo, dalam MV yang sumpeh keren banget itu mereka harus menjadi seperti serigala (wolf). Kata Chanyeol, Ide wolf dengan dance cakar2an ini berasal dari director dan dancer2 di SM ent. Kata SuHo selama scene ala2 wolf itu menurut pengamatan mereka (koreografer dan kamdong-nim aka director-nya, mereka lebih mirip anak anjing (puppies) drpd wolf..hahahaha.. *abis kalian imut siiii #apadeh
  • Ketika mereka pada bilang “awoooooo” pas syuting scene itu, D.O malah kayak mendengkus (dengkusan anjing) *hey emak, ini MV-nya wolf woii bkn puppies* #garuktembok. Kata yang lain, D.O itu bisa juga dibilang moodmaker karena dia suka bercanda. *bikin trio sama BaeYeol dong..hehe*
  • Chen pas hari dimana mereka bikin MV terus sms-an ama Ryeowook. Chen bilang kalo Kai unbelieveable banget di MV itu *iya donk, adek gue tuh (?). Chen bilang kalo mereka seharusnya acting seperti wolf beneran, tapi dia ngerasa “kok gue kagak bisa kayak gitu” dan dia juga ngaku kalo di teaser wolf dia ketawa soalnya pas pembuatan teaser itu dia malah kelepasan senyum2 sendiri alias ga bisa serius padahal harusnya acting serius kayak wolf beneran… *dasarrrrrr Chen…* #pengakuanDosaChen
  • Tittle lagu Wolf and the beauty aka neukdae wa minyeo aka wolf ini menampilkan sisi2 powerful dan sexy charm dari EXO itu sendiri, kata D.O.
  • Pas lagu wolf diplay di radio itu, otomatis tanpa dikasih aba2 Kai ngedance-in lagu itu walopun cuman pake tangan.. Luhan nyanyiin lagu itu, XiuMin dan Chanyeol autis bareng dan ikutan ngedance..lucu chingu J.
  • LuHan talent-nya disini niruin suara bebek yang lagi cari eomma-nya #apadeh ini… ada2 aje bang Lulu.. hasilnya sih mirip chingu, tapi masalahnya member yang lain juga bisa..haha
  • Lay impersonation iklan kimchi jjigae…sumpah lucu banget. Pinter juga ini Lay impersonation, jjang.
  • BaekHyun niruin suara penyanyi Hyung Sook (gue ga kenal ini siapa) tapi yang jelas suaranya khas banget dan BaekHyun persis banget niruinnya.. choigo dah bang BaekHyun kalo niru2in gini..
  • SuHo paling kagak bisa impersonation..dia mau coba niruin suara karakter kartun jepang “bonobono” tapi hasilnya aneh banget..wkwkw *ude bang ga bakat ente..sekali ini aja yee*
  • D.O dan Chanyeol duet nih, Chanyeol maen gitar (ngiringin D.O) yang nyanyi billionaire.. daebak bangus banget. D.O English-nya fluent banget..keren. Chanyeol walopun katanya nervous dan buat sedikit kesalahan pas main gitar tapi tetap aja bagi gue ga keliatan..mereka keren banget.
  • Kata XiUmin, member yang paling mirip wolf adalah Tao *gue rasa ekspresinya Tao memang garang banget, tapi kalo untuk wolf bagi gue yang paling mirip adl Kai (adek gue)* #apadehMin. Tao sendiri pas ditanya pendapatnya bilang “ya, saya mirip serigala”..member yang lain ketawa. Kata Tao dia yang paling keren se-member EXO *PD amat lu bang bilang begitu..haha~disaut Tao “iya dong”~ gue semaput. Ada scene dimana Tao nyakar ampe screen baret..mungkin itu kali ya yang bkin dia kayak wolf beneran. Kata XiuMin animal sense-nya Tao luar biasa.
  • Disini kan pendengar bisa minta sesuatu ke member EXO (ngucapin apa gitu), nah ada listener namanya eun kang yang minta Kai oppa bilang saranghae ke dia dan Kaipun bilang gitu..Baekhyun yang duduk di samping Kai kayak ikutan excited.. haha. Kalo gue pengen bilang “EXO member, konser di Solo, Indonesia dong (kota gue), wkwk”
  • Baekhyun sama listener (mendadak) disuruh aegyo yang akhirnya dia nyanyi lagu cute judulnya kwiyomi..lagu yang ada style2 aegyo itu lho chingu, yang dulu sehun juga pernah.
  • Tao ngerapp lagu two moons yang awal2 dan diiringi Chanyeol dengan beatbox-nya. ChanYeol ini berbakat banget ternyata..bisa main alat music juga bisa beatbox..daebak.
  • Disini Chen disuruh ngedance pohon sama kak Ryeo..beneran dah mirip pohon sekalian ranting2nya segala..haha. Iye dong, namanya aja Chensing machine..wkwkw
  • Kai ada adegan kiss sama female artis SM namanya CNC. Itu pertama kalinya dia acting dan pas ditanya rasanya gimana Kai jawab ga ada kenangannya. Terus tiba2 kak Ryeo *bahasa gue jadi kakak gini gpp ya..abis Ryeowook baik, wkwk*. Kak Ryeo mendadak bilang “aku rasa Kris ingin melakukannya (kiss)” terus Kris kayak kaget gitu dan langsung bilang “nhe??=apa??”haha..sumpah ekspresi Kris lucu banget jadinya. Kak Ryeo bilang gini mungkin karena pas Kai lagi ditanya2 masalah ini Kris keliatan paling interest, ampe badannya agak maju karena serius ngedengerin (Kris duduk di belakang Kai agak ke samping). Kak Ryeo ngerasa kalo adegan itu yang mainin Kris pasti bakal lebih dapet *gue sesuju*. Dan krispun juga jadi bilang “tolong berikan kesempatan pada saya untuk melakukannya di masa yang akan datang” haha.. ~ngarep pak.. haha
  •  Member2 EXO K udah pada pinter bakor-nya chingu..bahkan Tao yang di acara yang lalu2 masih minim bakor-nya sekarang dah lumayan dan kata temen2 yang lain udah lancar (kayak orang Korea asli).
  • Luhan sama Tao suka conversation pake bahasa Korea tapi kata Tao itu selalu berakhir dengan pertengkaran (fighting) karena sebagai orang Cina mereka ga memakai istilah jondetmal (bahasa kesopanan/formal speaking) ..wkwkwk
  • Di sini D.O sama Chen nyanyi lagu judulnya “The last time” secara live.
  • Best wolf today jeng jengg….Lay.. chukahae~~~… tapi you know what? Lay kayak orang bengong..dia kayaknya malah bingung kenapa ni anak2 pada sorak2in gue..akhirnya Kak Ryeo yang baik bilang kalo dia menang dan jadi best wolf. Laypun jadi setengah sadar dan bilang “bukankan Tao yang harusnya menang..” tapi kata Kak Ryeo ga,,katanya staff member paling suka sama Lay..haha, chuka2..
  • Pas break, nuna2 berkeliaran di area siar dan kayak ngukur jidat semua member pake penggaris, dan ternyata bener si nuna ngukur panjang jidat member2.. dan setelah direveal ternyata yang paling lebar jidatnya (7.6 cm) adalah XiuMin……hahaha *selamat bang, dikau mengikuti jejak kakak saya YooChun, si jidat lebar yang jidatnya bahkan cukup untuk bermain bola* haha. Chen ada diperingkat 4 dan yang paling sempit jidatnya adalah Sehunie dengan 4.7 cm. Gapapa oppa, jidat lebar kan katanya pinter😀. D.O peringkat 5, selanjutnya Baekhyun, Kris, Tao, Luhan terakhir Sehun. D.O 5.3 cm. LuHan 4.9. Panjang jidat yang lain kata Kak Ryeo mau dikasih tahu ke mereka diakhir acara karena waktu yang tidak memungkinkan, haha.
  • Pas Kai ditanya jika dia cewek, member mana yang pengen dia ajak kencan? Jawabannya ga ada.
  • Pas Chen ditanya siapa yang dia agak segani karena keliatan menakutkan dan sulit didekati pas pertama kali ketemu (masa trainee)? Jawabannya kai.
  • Pas SuHo ditanya siapa member yang langsung bakal PDKT kalo nemu cewek yang dia suka, jawabnnya Chanyeol. ChanYeol langsung kaget sambil setengah teriak “yhe??=apa??”
  • Pas Lay ditanya siapa member yang jadi tambah ganteng setelah debut, jawabannya semua *setuju cz semua gue perhatiin makin ganteng2 terutama Chen*
  • Pas XiuMin ditanya diantara senior cewek (BoA, SNSD dan f(x)), siapa  member EXO yang paling diperlakukan dengan cute oleh mereka? Jawabannya SeHun.
  • Pas Chanyeol ditanya siapa member yang paling berantakan kamarnya dia jawab SuHo.. *sudah terbukti kalo SuHo paling berantakan semember EXO..HADEHHHH*
  • Pas D.O ditanya member yang paling gampang marah karena hal sepele, malah BaekHyun yang jawab “SuHo hyung” katanya. Kai dan XiuMin jawab Sehun.
  • Sehun kata temen2 yang lain paling banyak diperhatikan oleh female artist SM kayak SNSD nuna dkk *Kak Ryeo jealous* haha.
  • Tao belajar bahasa Korea melalui drama *toss Tao, gue juga* Lagi ngikuti drama apa sekarang? Kalo gue Gu Family Book, Mandate of Heaven sama Nail Shop Paris…kalo lo apa??haha.. #padahal kagak ada yang nanya ~haha.
  • Kata D.O selaku emak di EXO, dia bilang joroknya SuHo tu bukannya dia jarang mandi dsb tapi kalo pas lagi lepas baju, baju kotornya ditaruh di lantai dan itu adalah kebiasaannya, makanya kamarnya jadi berantakan dan kesannya jorok. *hadeh oppa…bertobatlah…padahal gue ngefans ma oppa lho soalnya part oppa di wolf keren bgt, choigo.* #apadehMinMin
  • Apes banget yang sekamar sama SuHo, yakni Chen dan Kai. Chen bilang kebiasaan SuHo yang kayak gitu ekstem banget dan kata Baekhyun dia dengar baju2 yang berserakan itu udah kayak gundukan gunung dan Kai bilang dia kayak pemburu harta karun *admin garuk2 tembok ngedengernya*. SuHopun bela diri, katanya itu life-style-nya dia, jadi tolong dihormati..*tapi ya ga gitu2 juga kaleeee oppa..*. Dan ternyata sifat kayak gini tuh mirip DongHae suju banget. Ryeowook kan tanya apa kamu (Suho) deket dengan donghae? dan SuHo jawab iya, lalu Ryeowook bilang “ah,.sekarang aku tahu.. (kenapa kamu jorok~karena kamu juga deket dengan member suju yang jorok)”. *kalo gitu duet aja sama Donghae..ntar judul duetnya “de~kil” wkwkwk
  • Tetep deh bias gue di EXO K Kai *konsisten sejak awal* #kagak ada yang nanya. Dia ini orangnya cute banget chingu..kalo udah ga di stage dia tuh manis banget..buktinya nih dia malu2 kucing gegara disuruh bilang “percaya pada oppa” sama salah satu listener yang kirim pesan ke sukira. Dia minta kai bilang gitu sama dia. Kalo di M gue ngebias Kris juga sejak awal *ini juga kagak ada yang nanya* #plakk.
  • Baekhyun bilang pas pertama dia join di SM ent, dia bergaul dengan mudah dengan banyak orang tapi setelah itu SM jadi kayak tembok bagi dia dan dia tidak bisa leluasa seperti pas awal2, ketika itu SuHo mendekatinya dan bertanya “hei, apa kamu tahu apa itu bubble tea?” dan mereka kemudian dekat berkat “bubble tea” karena setelah itu mereka beli bubble tea bareng yang tempatnya di bawah tempat karaoke katanya. Katanya bubble tea di situ enak *nyok kesana chingu*. Dan yang bayari bubble tea tadi adalah suho *mau dong gue ditraktir SuHo, haha*
  • Ya ampun Krissss cool banget,, kan ada pengirim pesan yang minta Kris bilang “Minji, bertambahlah tinggi”, karena kalo dia tinggi maka akan keliatan bagus sama Kris. Nah setelah Kris ngomong bertambahlah tinggi itu dia nambahi kayak gini “Minji..its ok, oppa tetap akan menyukaimu meskipun kamu tidak tinggi”.. *gue melting sumpah, bagus banget omongan dia yang ini..#almostFaintGue
  • Ini adalah surat dari SuHo untuk memberdeulnya, menyentuh banget suratnya:

“Hallo member EXO yang aku cintai..aku adalah leader SuHo yang menjaga (suho bahasa korea artinya guard=menjaga) EXO, kalian pasti terkejut kan?baiklah. Kita sekarang sibuk untuk comeback dan first stage hari ini, aku senang bisa mendapat waktu ini dan aku ingin menggunakan waktu yang berharga ini untuk mengatakan sesuatu pada member2 semua, dapatkah aku memulainya dari maknae? Maknae kita Sehunie, kamu telah banyak tumbuh. Rasanya baru kemarin aku untuk pertama kalinya bertemu denganmu, kamu lebih pendek dari aku pada waktu itu. Hyung sangat bangga melihat kamu tumbuh sebanyak ini, saranghae. Tao, yang mempercayai dan mencintai hyung, setiap kali kamu berputar di panggung satu atau dua kali, hyung merasa bangga. Terimakasih untuk bersandar pada hyung, saranghae *Tao langsung jawab saranghae seketika, dia keliatan mendalami banget kata2 indah itu* ~gue sendiri juga berasa mau nangis~lanjut. Kai, yang mengenalkanku kepada orangtuanya sebagai mentor, sifatmu yang lovely itu akan disukai bahkan di dunia..kamu tahu bagaimana perasaan hyung kan? Saranghae. *kai keliatan mau nangis~guee juga… TT.TT*. D.O, yang memperlakukan hyung2 dengan baik tanpa aku tahu, jika kamu tetap bermain hanya dengan Ryeowook hyung aku akan cemburu, saranghae *D.O cuma senyum dan bilang “nhe=ya*. Baekhyun, yang melakukan banyak becandaan. Kamu selalu berkata itu caramu untuk mengekspresikan dirimu, aku percaya padamu. Aku sangat suka bulu kuduk yang ada di lehermu, saranghae. *Baekhyun juga bilang nhe*~tadi pas Sehun, sehun angguk2 sama nutup mulutnya..mungkin saking terharu atau nahan ketawa (entahlah) (?). Chen, yang bilang hormat sama hyung, kapanpun aku mendengar nada tinggimu aku merasa seperti aliran listrik mengalir di tubuhku, kamu terbaik Chen, saranghae. Chanyeol, hyung minta maaf karena telah sangat kasar sebelum kita debut, aku sangat bahagia untuk memikirkan bahwa kamu menjadi lebih dewasa melalui akrivitas2 EXO. Aku akan menunggu yang lebih lagi di waktu yang akan datang, saranghae *Chanyeol sangat meresapi lalu dia bilang saranghamnida* ~sumpah gue mau nangis ini..hiks2. Lay, yang sangat baik, hyung khawatir karena kamu berlatih menari dan mencipta lagu hingga larut malam. Aku seharusnya paling tidak membelikanmu obat herbal, saranghae. *Lay bilang terimakasih dan saranghaeyo*. Luhan dan XiuMin yang memberiku kekuatan, terimakasih untuk selalu mau mendengarkan keraguanku yang aku tidak bisa langsung mengatakannya pada member2 yang lain yang lebih muda, saranghae. *Xiumin tepok tangan~gue cari2 tissue*. Terakhir Kris, jika aku ibu, kamu ayahnya kan?hoot~~fighting dan mari melakukan yang terbaik Bro..saranghae. Menulis surat seperti ini ke member2 membuatku senang dan juga menyembuhkanku dengan baik. Member2 yang aku cintai, mulai hari ini akan ada banyak masa2 bahagia juga masa2 sedih selama masa promosi ini, tapi mari gandakan kebahagiaan dengan 12 dan bagi kesedihan dengan 12 juga dan maju melangkah dengan baik. Karena kita satu. Terimakasih selalu mempercayaiku sebagai leader, saranghae. EXO, saranghaja! *semua pada nyaut saranghaja juga*. Juga untuk fans2 yang mencintaiku, untuk fans yang telah menunggu lama, sebanyak kalian merindukanku, tidak..kami merindukanmu lebih dari itu. Kami, member EXO mempersiapkan album ini dengan banyak memikirkan kalian. Sejak hari ini, kami akan menampilkan kepadamu bermacam2 charm, jadi tolong tunggu kami, saranghamnida. *semua member tepuk tangan* sumpah menyentuh banget surat yang dibuat SuHo ini..gue berasa beneran mau nangis saking terharunya.. TT.TT. Baekhyun juga bilang hampir mau nangis. Member2 ga tahu menau apapun tentang surat yang ditulis leader SuHo ini jadi ini beneran surprise bagi mereka. Baekhyun bilang dia waktu itu mergoki SuHo lagi pegang pulpen dan nulis, terus dia tanya “apa itu hyung?” tapi SuHo bilang kamu ga perlu tahu..dan hari ini baekhyun tahu kalo yang SuHo tulis diam2 waktu itu adalah surat untuk mereka. *oooooo so sweet*. D.O bilang, makasih hyung, aku sangat terharu. D.O mau nangis karena dia bener2 ga nyangka bahwa SuHo akan menulis surat itu. Lay bilang dia sangat terharu juga. Kak Ryeowook tiba2 ngomong “Sehun..kamu kok banyak ketawa?” terus dia jawab “ga gitu, pertamanya aku ngrasa kata2nya lembek banget  tapi semakin ke sini aku jadi sangat tersentuh” *Sehun beneran terharu kok kak Ryeo..walopun dia evil, tapi dia juga sangat menghormati leadernya :)*.

  • Sekarang giliran member lain yang bilang sesuatu. Dimulai dari maknae *dengan terlebih dulu ketawa2 kecil* dia terus ngomong “sebelum aku tidur, aku selalu berdoa, aku berdoa…. (lama banget ga dilanjutin dan dia kayak mau nangis sampai balik muka segala karena nahan tangis).. terus Kai nyaut kalo SeHun sebenarnya sangat memikirkan member2 yang lain. Kak Ryeopun bilang kalo walaupun SeHun maknae, dia keliatan punya hati yang dalam dan memikirkan member2 yang lain, karena Ryeowook juga adalah maknae jadi bisa merasakannya. Sehun lalu bilang “aku ga ingin nangis di broadcast” dan faktanya dia akhirnya nangis juga chingu… *sumpah video ini bikin gue sedih TT.TT* Akhirnya SeHun bilang “member, mari bergantung satu sama lain, jangan berkelahi dan aku sangat berharap bahwa kita akan selamanya sampai akhir dengan bahagia, saranghae. Ya Allah..dia ngucapin itu sambil nangis kayak terisak2 gitu, Lay yang ada disampingnya nepokin punggung SeHun terus (biar dia kuat)..semua pada terharu.
  • Giliran D.O, dia bilang untuk semua member bahwa kita akan menjadi sangat sensitive ketika di broadcast, sehingga kita dapat menjadi tertekan karenanya, jangan dipendam..mari mengatakan semuanya pada member yang lain dan mencari jalan keluarnya. Dan aku ingin terus menjaga perasaan ini.
  • Luhan bilang mari bekerja keras, tidak ada kata penyesalan, dan membuat mimpi kita jadi kenyataan. Luhan juga nangis disini *HunHan nangis*.. Ya Allah,,beneran deh ini acara bikin EXOTIC sedunia mau nangis semua.. TT.TT
  • SuHo berterimakasih sama Ryeowook hyung yang selama ini menjaga mereka dengan baik. Terimakasih banget buat Ryeowook yang dah jadi sahabat dan kakak EXO selama ini, saranghae kak Ryeowook🙂
  • Ini mungkin postingan review fact EXO paling panjang sepanjang sejarah gue nulis Fact exo (9 lembar Ms.Word). Semoga chingu yang baca tulisan ini makin sayang sama EXO. Selalu support dan doakan yang terbaik bagi mereka yah chingu..EXO Fighting! EXO Saranghaja! XOXO choigo! EXOTIC jjang !🙂

kai dan rambut jaden smith

review promo xoxo@sukira130530

Komentar
  1. dyakim mengatakan:

    post.annya panjang, tapi bagus..haha..
    Iya nih awal”nya msih ketwa” pas liat, abis itu mewek gra” surat.nya kak suho *ya walopun pas bagian pesan dia buat kris oppa itu bikin ngakak juga sih..,haha , apalagi klo liat ekspresi mmber EXO lainnya..

    iya si handsome devil + lulu nangis T.T tapi ttp aja gak mengurangi kadar kegantengan mereka..

    Keep wriring chingu😀

  2. .wah .. nemu blog isinya preview exo .. keren😀
    .hai chingu , saeng / oenni .. aku orang solo juga hlu .. solonya mana ??
    .aku dah follow twit’mu .. follow back ya .. gomawo😀

  3. Tiia mengatakan:

    kak .. bukannya Tao goldar/nya A yah ??

  4. daisy mengatakan:

    chingu, ini bahasannya detail amat.. btw aqu gk punya video ini yg full engsub pas mw donlod eh dh diblokir DI YT. TELAT amat. punya link laen gak? pengen banget nontonnya…

  5. daisyorange mengatakan:

    video yg author ksi dats beda kn ya, yg ni dah punya kyknya. Mksih bnyk ya chingu y ats prhatianya, jd galau krn bca riview author jd pngn liat smw yg drview, smw tntng exo emng bkn pnsaran. ya dah ntar siang maen krumh author aj deh nontnnya msh nympn videonya kn hehe

  6. daisyorange mengatakan:

    ide bgs! author nuls bsaaa aj pnsarn ma video yg dtnton ma author. chingu mw tnya ni biasa downlod exo show time dr subber mana sih? dr yg aq bc cmpur y, aq sih suknya enjoytheexo, full caption soalny, bca tulsn captionny aj lucu. kykny riview ep 4 author dr enjoytheexo jg. kalo author sukny yg drmn?

    • lindashin mengatakan:

      drmn yah? dari mana2 si tapi skrng dari EXO live vod. Itu interpretasiku sendiri aja, transletnya memang intinya sama tapi tak review pake bahasaku lagi🙂

      • daisyorange mengatakan:

        kalo boleh saran sih enjoytheexo sjauh ni pling the best. emng bgus smw sih baekhundred,layearling,exolivevod, tp krg komplt aq rasa. follow dech @enjoytheexo admnnya kyk kmu chingu baik.
        ealah.. lupa! author kn ngrti jg bhasa kore kn ya
        *abaikanlah

      • lindashin mengatakan:

        ok..makasii sarannya🙂 gue cek deh ntar🙂

  7. kartika mengatakan:

    wah ini udh lama tp gw komen ^^
    beneran gw seneng banget ama uri leader suho, walopun suho sering dibully tp suho ada tipe leader yg bijak dan perhatian dan spertinya suho juga pintar ^^
    jadi makin cinta sama exo❤ udh berasa exo itu kakak2 gw😀 pas banget gw kagak punya kakak laki😀

  8. yua mengatakan:

    ryeowook tega bgt pas lay mau ngomong lngsung di cut
    tp lay luuc bgt sih, polos bgt sumpah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s