Fakta-Fakta EXO Part 130 (Makna lain dibalik Lagu Miracle In December EXO)

Posted: Maret 21, 2014 in About EXO M & EXO K

Diambil dari: (Eng Sub) 131209 Exo

  • Chen, D.O sama Baekhyun diundang jadi guest di sukira kali ini. Ini masa2 mereka promo MID (Miracle In December) chingu. Ini apa acaranya malem banget yah? Jujur gue ga pernah secara live nonton Sukira jadi kurang tahu jam tayangnya. Kalo ada dari kalian yang ELF pasti tahu dong Sukira itu mulainya jam berapa, bisa ntar kasi tahu gue, hehe. Baekhyun baru mulai uda nguap2 ajah soalnya, keliatan ngantuk gitu, haha. Kalo EXO jadi guest di sukira pasti langsung jadi pencarian pertama di naver (google-nya Korea), ini jelas banget ngebuktiin kalo EXO itu idol yang popularitasnya gedhe banget di Korea sana.
  • Kan DJnya bilang kalo mereka bertiga ganteng banget. Baekhyun terus bilang kalo mereka bertiga ini masuk yang paling jelek diantara 12 member EXO yang lain sebenernya, haha. Jadi DJnya ini belum pernah ketemu 9 member yang lain dan begitu Baekhyun bilang gitu dia jadi penasaran dan pengen liat member2 EXO lain, haha. *iya sih, ada Kris, Sehun, Luhan, SuHo yang secara wajah emang jelas lebih dari Baekhyun dan Chen terutama, haha~ jadi inget gue ranking2an wajah member EXO di weekly idol dulu, wkwk~ uda min itu jangan dibahas lagiii, ntar ada yang sakit ati #tunjukBaekhyun*
  • Jadi di EXO itu ceritanya ada peran/role2nya. Nah di sini Baekhyun bilang kalo dia perannya yang paling talkactive di grup. Kak DJ menyamakan Baekhyun sama LeeTeuk kalo di SuJu tapi Baekhyun bilang LeeTeuk lebih bagus dari dia, haha. DJ habis itu bilang lagi kalo Baekhyun pasti pinter orangnya karena orang yang talkactive itu pasti pinter. Baekhyun malah bilang kalo dia ga tahu apakah memang ada hubungan antara pinter sama talkactive, cuman yang jelas dia talkactive ajah, kalo pinter nggaknya dia ga tahu, haha. *tapi menurut gue Baekhyun orangnya pinter juga kok, kreatif banget lagi..kalo dia ga pinter ga mungkinlah dia bisa nyambung banget tiap ada orang ngomong dan langsung konek+nimbrung, ya ga? Cuman mungkin dia ga sadar ajah kalo dia pinter..orang yang pinter kan malah suka ga sadar kalo dia itu pinter, iyah ga? Hehe*
  • Kalo D.O perannya adalah member yang suka ngasi hukuman kalo ada member lain yang tidak melakukan hal sesuai aturan, biasanya D.O langsung mukul pake tangan, noyor dsb. *kalo ini uda pada tahu pasti yah..D.O kalo mukul beneran soalnya, becanda militer kalo gue bilang, wkwk*. D.O ini kata DJnya paling muda tapi malah kayak yang paling tua dibanding Chen sama Baekhyun *gegara gayanya yang sok dewasa dan serius mungkin, haha*. Sebenernya D.O itu kelahiran 1993 tapi karena Januari jadi Baekhyung nganggep dia sama D.O temen yang satu line aja. Chen, D.O, Yeol sama Baekhyun jadi kayak temen ajah karena umur mereka hampir2 sama. D.O ga diperlakukan kayak adik dan pas D.O memperlakukan Baekhyun seperti kakak malah Baekhyunnya ga mau, dia lebih suka nganggep D.O temen seumurannya ^^
  • Kalo Chen, dia itu perannya jadi salah satu dari anggota Beagle line. Line yang paling bikin ricuh di EXO karena ribut ajah…berisik, haha. Chen termasuk member yang sering jail juga walopun ada sifat2 eomma (ibu) yang ada di dia.
  • Karena ini promo MID, mereka ditanya2 seputar MID. D.O bilang kalo MID adalah lagu dengan genre yang pertama mereka coba di album mereka. MID genrenya Pop Ballad yang liriknya tentang cowok yang putus sama ceweknya dan berakhir dengan heartbreaking story. Anak2 EXO tahunya lagu MID ceritanya begitu chingu, tentang cinta cowok cewek. Pertama kali denger lagu itu jujur gue nangis, gue ngerasa lagu itu bukan sesimple cowok cewek putus tapi lebih dari itu. Gue akhirnya tanya sama yang bikin lagu itu, Mr. Andres Stone dari RoatingHouse (perusahaan musik yang bikin MID buat EXO). Gue tanya arti lagu itu apa, dia bilang kalo MID itu adalah lagu yang sangat special. Itu adalah lagu yang diciptakan bersama sahabat karibnya Mr. Ricky Hanley yang ayah yang sangat dicintainya baru saja meninggal. Jadi lagu itu lebih ke perasaan ditinggal orang yang sangat berharga dalam hidup kita chingu. Cuman di EXO lagu itu diinterpretasikan jadi lagu patah hati hubungan cowok cewek yang lagi pacaran. Mungkin bahkan sampe sekarang member EXO belum tahu soal cerita ini. Gue ngerasa lagu ini kena banget di gue dan itu ternyata bener setelah beneran gue tanyaain ke yang bikin. Gue selalu ngerasa lagu ini pas banget sama perasaan gue yang ditinggal orang yang paling berharga dalam hidup gue, alhmarhum kakek gue. Ya, lagu ini bakalan jadi lagu yang selalu bakal gue inget sepanjang hidup gue. Makasi buat EXO yang uda bagus banget nyanyiin lagu ini. Makasi juga buat Mr. Stone sama Mr. Hanley yang uda bikin lagu sedalem ini ^^.
  • Ada cerita lucu (apa ga penting sebenernya, wkwk) pas gue tanya2 tentang MID ke mereka. Pertamanya kan gue ngobrol sama Mr. Stone tentang makna lagu itu gimana dll, nah dia kan ngejelasin tuh kalo MID itu lagu tentang sahabat deketnya yang ayahnya baru meninggal. Nah habis itu gue ngobrollah sama Mr. Hanley, gue sok2an bilang kalo gue habis tanya sama Mr.Stone kalo lagu MID itu tentang kesedihan ditinggal ayah bla bla bla. Eh Mr. Hanley tiba2 bilang gini “itu kan aku..aku sahabatnya Mr. Stone yang kamu ceritakan..” langsung jlep speechless lah gue..maluuuu gilaaaaaa… ternyata daritadi itu gue ngomongin dia. Jujur gue ga tahu sama sekali kalo sahabat yang dimaksud itu Mr. Hanley. Soalnya nama pengarang yang suka muncul pas EXO perform MID yah cuman Mr. Stone itu. Gue sendiri nge-add Mr. Hanley bukan karena MID tapi dia temenan sama Mr. Stone jadi ga salah kan ikutan gue ajak temenan, wkwk #modus. Dan ternyata yang bikin MID itu mereka berdua chingu, bukan Mr. Stone  ajah. Mr. Stone juga pernah bilang dia pernah nyanyiin lagu MID dalam versi aslinya, cuman gue cari2 di youtube belum ketemu. Soalnya dia penyanyi juga sebenernya walopun bisa bikin lagu juga. Kerjanya di RoastingHouse, perusahaan musik yang suka bikin lagu2 buat JPOP/KPOP contohnya EXO yang MID ini. Mr. Hanley juga kerja di situ.
  • Faktanya lagu2 EXO itu satu album tiap2 lagunya yang bikin banyak orang dan bahkan dari banyak perusahaan musik, jadi bukan orang SM ajah kayak Yoo Young Jin (yang bikin MAMA) atau Kenzie (yang bikin First Snow) tapi juga orang2 luar Korea. Kalian pernah ga denger Dsign music? Itu perusahaan musik yang suka bikin lagu2 keren buat SM dari Amerika. Contohnya lagu WOLF yang ikut dibikin sama Mr. Nermin Harambasic, dia orang Dsign. Gue kenal juga salah satu dari mereka, dia yang bikin lagu The Star-nya EXO (Album MID) juga namanya Mr. Martin. Dia ini orang Norway yang kerja di Dsign. Orangnya baik banget, gue suka ngobrol juga sama dia, orangnya asik. Dia suka musik2 gila dan aneh. Dia bilang kalo The Star bagi dia itu aneh tapi ga tahu juga alesannya apa, aneh ajah katanya walopun dia suka, haha. *padahal bagi gue lagu itu keren banget Mr. Martinn..asik pake banget*. Kalo kalian kepo, di album2 EXO yang uda kalian beli bisa tuh kalian baca siapa2 pengarangnya, siapa yang tulis liriknya dsb. Dan kalo kalian baca, pasti satu album itu kontributornya banyak banget, entah dari orang Korea/ luar Korea dan dari banyak perusahaan sebenernya. Ada juga lagu yang sebenernya uda pernah dinyanyiin sama penyanyi luar tapi sama SM dibeli lisensinya dan dirubah liriknya/digubah dikit dan jadi lagu Korea yang suka dinyanyiin anak2 SM, contohnya kayak History-nya EXO yang judul aslinya Fallin In Love. Selain Dsign sama Roasting House, orang SM juga suka bikin project bareng sama Iconic Music. Mereka yang bikin Breath-nya SM The Ballad yang Chen nyanyi di situ, Uda liat kan MV Chen di lagu Breath Chinese Version? Nah itu yang bikin orang Iconic namanya Tesung Kim. Gue uda temenan sama dia sie, gue  cuman bilang gue sukaaaaa banget sama lagu yang dia bikin, dalem banget soalnya. *malah jadi cerita panjang lebar gue, wkwk*. Uda kita balik ke EXO lagi ^^
  • Ada pendengar yang suka banget sama lagu First Snownya EXO part lirik yang “bulbit gadeukhan geori geori2 honja georesseo~ aku berjalan sendiri diantara benderang lampu2 jalan”. *jujur gue juga suka banget part itu chingu, kesannya indah aja berjalan sendirian di tengah benderang lampu jalan ^^*. EXO sendri pas ditanya ternyata juga suka jalan2 sendiri sambil ngedengerin lagu2 mereka, dan bahkan sampe sekarangpun kadang mereka masi ga percaya mereka mendengarkan lagu yang mereka nyanyikan sendiri. Chen juga kadang senyum2 sendiri tiap denger di toko2 yang dia lewati ngeplay lagu mereka, haha.
  • D.O mau main film judulnya “Cart”. Sampe desember 2013 lalu dia belum mulai syuting, ga tahu kalo sekarang *ketauan deh gue ngereview acara radio bulan desember, wkwk*. Yang jelas bulan desember itu dia masih latihan2 acting dulu. Baekhyun bilang kalo D.O pasti bisa acting dengan baik karena D.O itu orangnya perasa, sensitive jadi cocok kalo jadi aktor.
  • Pas mereka ditanya kalo bisa berubah, kalian pengen merubah fisik kalian atau kepribadian kalian? Dan semua sepaket dan sepakat bilang mereka lebih ingin merubah fisik mereka. Bagian tubuh yang pengen Baekhyun rubah adalah tinggi badannya, dia pengen lebih tinggi lagi. Tapi ini ga merubah selera Baekhyun terhadap cewek, tipe cewek idamannya masi sama kayak dulu yaitu cewek yang badannya mungil. Chen juga pengen tambah tinggi ternyata *padahal uda tinggi yah, hemm*. D.O jelas lah pengen tambah tinggi tapi lebih daripada itu dia pengen badannya jadi lebih bagus karena dia kan bahunya pendek banget jadi pengen aja berubah jadi cowok yang badannya lebih atletis. Baekhyun ini ngakak ajah pas D.O bilang gitu, kayak bahagiaaa banget idupnya ngeliat D.O bilang bahunya hopeless banget, hahaha *kayak badan lu bagus2 ajah Bang Baek? Hemm. Terus Baekhyunnya ngejawab “iya dong..kalo sama D.O mah bagusan badan gue kalii, wekkk, haha*.
  • Pertanyaan kedua, kalian pilih noraebang (tempat karaoke) atau jjimjilbang (sauna)?. Mereka kompakan lagi ngejawab sauna. Baekhyun dulu suka ngeliat couple lagi makan telur rebus bareng di sauna dan itu ngebuat dia pengen ngelakuin itu juga *iyah, kalo di drama2 Korea suka ada adegan orang makan telur rebus di sauna*. Kalo Chen dia pilih sauna karena suka males ajah nyanyi di tempat karaoke, suka bosen karena nyanyi sendiri ga ada yang ngeliat (berarti lain kali kamu ajak aku ajah Chen #modus *dirajam fans Chen sedunia, huahaha*. Kalo D.O alesannya suka ajah tiap pergi ke sauna. *ternyata anak2 EXO lebih suka ke sauna yah daripada tempat karaoke? Mungkin karena mereka males yah nyanyi2 sendiri dan lebih suka nyanyi kalo ada yang nonton, hehe*
  • Pertanyaan selanjutnya adalah pengen album mereka jadi best seller dengan penjualan paling banyak atau lagu mereka masuk chart nomor 1 di billboard? D.O pengen album mereka jadi best seller karena pasti menyenangkan banget album mereka akan diingat sebagai best seller. Chen lebih ingin lagu mereka masuk di chart billboard nomor 1 karena itu impian dia dari dulu. Baekhyun juga pengen lagu mereka juara di billboard karena itu merupakan hal yang sangat sulit dicapai seorang musisi. *kalo gue si lebih suka ngeliat album EXO jadi best seller. Gue ngebayangin nanti pas gue tua gue masih nyetel2 itu album, rasanya pasti seneng banget, apalagi inget kalo album yang gue suka jadi best seller waktu itu, baru ngebayangin ajah uda seneng gue, haha*.
  • Pertanyaan selanjutnya adalah “nembak atau nerima tembakan cewek?”. Mereka kompakan nembak. Menurut mereka itu hal yang harus dilakukan seorang laki2 (padahal pasti sekarang banyak banget yah cewek2 yang mau banget nembak mereka? Haha). Baekhyun dulu pernah suka sama cewek tapi dia ngerasa bukan cowok yang menarik buat cewek itu…#sosweet. *gue seneng kalo ngedenger cerita2 cinta anak2 EXO, keliatan kalo mereka itu dulu sebelum jadi member EXO cuman anak2 biasa yang suka ga mulus juga kalo lagi suka sama cewek, haha*. Padahal Baekhyun itu cute yah walopun ga ganteng2 amat, tapi dia ternyata ga PD juga kalo lagi di depan cewek yang dia suka. Chen juga gitu, dia selalu ngerasa uda nglakuin hal yang maksimal buat cewek yang dia suka misalnya ngasi minuman pas cewek itu keliatan haus dsb tapi ending2nya masi ngerasa dia belum cukup nglakuin hal yang berarti buat cewek itu. Kalo D.O ngaku kalo ga banyak punya pengalaman tentang itu jadi mulai sekarang kayaknya dia pengen coba belajar nembak cewek yang dia suka ^^ ~ semoga berhasil yah D.O dan semoga kisah cinta kalian bertiga berakhir indah pokoknya, gue doain ^^
  • SuHo adalah member EXO yang juga sangat tertarik sama acting, begitu tahu D.O dapet cast di film, SuHo sering ngajak latihan acting bareng dan itu bikin D.O seneng. *gue harap SuHo cepetan nyusul maen film/drama ~ tapi kemaren kan SuHo uda muncul di dramanya Yuna (Prime Minister and I) yah walopun cuman kameo, lumayan lah, hehe~.
  • Chen bingung pas ditanya apa special skill dia selain menyanyi. Baekhyun bilang kalo Chen itu member yang skillnya adalah selalu care sama member2 lain. Kata Baekhyun dia adalah orang yang hatinya besar banget, sangat sayang dan care banget kalo sama member2 #sosweet. Sebenernya Chen ini kan bukan member yang masuk line tua, dia ditengah karena dibawah2nya masi ada adek2nya kayak Sehun, Kai sama Tao. Tapi Chen ini selalu ngerasa khawatir ngeliat adek2nya itu. Contohnya pas ngeliat Sehun jalan2 sendiri di jalan Chen ini khawatir kalo Sehun bakalan jatoh, kepleset dsb *bener2 deh ini orang baik banget sumpah*. Chen itu sekarang suka bikin gue kagum banget sama sifatnya, baiknya kelewatan..keren lah.
  • Baekhyun bilang diantara semua idol Korea yang maen variety show, dia paling suka sama SuJu dan bilang dia pengen bisa kayak SuJu yang selalu terlihat natural dan lucu pas maen variety show ^^~ kalian juga lucu kok, lebih lucu dari SuJu malah kalo menurut gue *ga ada yang nanya, haha*. Uda dulu yah chingu, annyeong~! ^^

GambarGambarGambarGambarGambarGambarGambar

Komentar
  1. Tri septi karina mengatakan:

    Hallo..
    jumpa lagi dengan saya..
    biarpun suka gonta ganti nama, orang tetap sama😀 oweek😛

    menurut oenni tuh yah,
    lagi MID sama I really didn’t know nya exo itu maknanya sama ga sii?
    sama” ditinggal, sama” dalem..pake bnget lagi..
    sbernya yang I really didn’t know itu lagu asli punya exo bukan sii?
    baguss banget..
    oenni suka yang mana? MID kan? hehe
    aku suka dua”nya, misal jadi orang awam yang gak cari tau arti dari lagu masing” aja udah ngerasa itu menyentuuuuh bgt..
    bawaannya ikut nelangsa gitu..(nelangsa?)
    iya gituuh..

    kalo dibaca cpet slse ya oenn,..
    tapi sebuah prjalanan panjang oenni bisa komunikasi sma orang” dibalik ksuksesan lagu” exo..
    bisa tau langsung pula..
    kpop itu ga main” ya sbnernya, beda dg anggepan orang” yang bukan kpopers yang mnilai music kpop itu alay ato iiiuuh lah..
    itu cuma mrka belum mngnal dg baik aja..
    misal pada bilang kpop nae style annio, wkwkwk
    itu mah kita juga bisa bilang dangdut nae style annio,
    tapi dangdut produk indo mslanya jadi masa tega bilang ala” kris..
    nahahaha…iye” dangdut bagus, tapi jgn cela kpop donk..
    biasa aje..

    pusing oenn baca komen pnjang,
    tapi lebih pusing lagi mnyimpan uneg”..😀 oweek😛

    annyeong
    by: تري سبتي كارينه‎ (arab), Hun Sun Hana (korea), Tri septi karina (jawi :D)

    • lindashin mengatakan:

      I really didnt know kan imortal song, bukan lagu mereka lah..itu lagu lawas yang dinyanyikan ulang di acara Imortal song, haha. Imortal song itu acara nyanyiin lagu2 lawas tapi yang nyanyi anak2 muda, menandakan kalo lagu2 mereka ga akan pernah mati ditelan jaman, lagu2 legend Korea lah tepatnya ^^

  2. Tri septi karina mengatakan:

    oow gitu..
    oke oke thankyou oenn..😀

  3. Annisa Icha mengatakan:

    waaah… chen… sifatnya patut dicontoh tuh.
    baekhyun gitu-gitu juga malu ya kalo sama cewek yang dia suka.
    iya,lagi MID nyentuh banget… bagus dan menyentuh
    emangnya gimana kalo ngobrol-ngobrol sama mr. mr. itu eon?

  4. 1717 mengatakan:

    Ya Ampun…. pas pertama kali ngeliat artinya udah ngerasa si tokoh “aku”-nya kyk digentayangin. trus si “aku”-nya kyk nyesel gitu. Klo org dah mninggal, kita gk bs balik sm mrk kan? Trus si “aku” kyk nginget” lg momen” penting sm si dia. Dan si “aku” belajar siap” klo org laen ato justru “aku” yg dipanggil Yang Mahakuasa, klo tiba” mninggal udh siap.

  5. nur mengatakan:

    Linda ya,bogosippo
    oennie bener2 suka baca d blog kamu,exo bikin q berdecak kagum,tp oennie jg kagum ma km,kamu berjuang gmana caranya bwt meraih mimpi km, kekorea,.blajar bhs korea, pokoknya oennie kgum, bangga pnya saeng linda… Keep fighting.. Make ur dream come true🙂

  6. lindA mengatakan:

    Tu acara sukira kalo ga salah mulai jm 10-12 mlam dlu yg pertma bawain Teukteuk ma Eunyhuk trs stlah 5taon mreka keluar n d gnti ma Ryeowook ampe skrang..tumben d sni smua kompakan jwab pertanyaan ga kya d showtime kmarin hehe..Chenchen selaen baek hati dia pling khawatir ma Sehun kalo ps jalan2 sndrian kn Sehun ga bsa nyebrang jlan sendiri mesti ada yg megangin wkwk…
    Hebat kmu y chingu bsa ngobrol ma orng2 yg bkin lagu2nya EXO…jd tau kyak gmna sejarah bkin lagu2 trsbut.

    • lindashin mengatakan:

      oh..malem ternyata, gue belum pernah streaming-an soalnya, wkwk.
      Mungkin kompakan karena cuman 3 orang, coba kalo 12-12nya hadir pasti juga kagak kompak lagi, haha.

  7. inten SM mengatakan:

    hahaha ^^
    bang Baek trnyata pemalu jg yah?
    bang Baek cri yg mungil+cute?
    ama aq aja klau gtu! #di lempar ke galaxy ma gege Kris

  8. Nia Solihat mengatakan:

    Waahhh saluut sma te2h bisa ngobrol sma pencipta lagu2 tersebut, emang sya jg ska pnasaran sma penciptanya, sya ska buka di web wkipedia, bnyak banget yg terlibat, hampir nama bule smua dan ska ad yg sma nama tersebut di artis2 lain, dan yg sya tahu pencipta lagu di SM itu Yoo Young Jin, lagu2ny jadi single utama di album artis2 SM, kyak I Got The Boy, The Boys dan Genie nya SNSD sya ska smua. oh ya SM kyaknya lagu2nya dr yg berbahasa inggris asli kaya “Run Devil Run” nya SNSD, itu adalah lagu nya KESHA,.
    Gk cma itu dancenya jg pda keren2 artis2 SM, dan juga MV2 nya ska suka..#daebakkk,,…
    Oh ya bukan hanya itu, dlam hal desain contohya Desain Album, artis SM jga dpet pengghargaan2 gtu adalah EXO sma SNSD, ikh sneng dech sma mreka berdua, du2nya bias idol grup aku,,he he..
    SM ent. emang gk slah milih prusahaan musik, lgu2nya jd hits, pantesan di laptop teh lumayan bnyak lagu2 dr artis2 di SM dan ngefans nya ke artis2 di SM juga he he,,.
    oh ya yg “Growl” nya EXO jg bikinin orang bule, yg sya tahu jg pernah bikinin lagu buat SNSD,.. pokoknyaa kereennnn,,….

  9. Ponty Santika mengatakan:

    kalo gak salah sukira emang malem banget eon, soalnya temen aku ada yang elf & dia suka relain tidur malem cuma buat sukira & sstp

  10. Wulan mengatakan:

    Paling tercengang sama fakta terakhir~, pengen kyk Suju? *hahaha dasar hobae* tapi EXO bisa kok~~~~^^

  11. dns mengatakan:

    Eonnie._. gimana caranya bisa temenan sama yang bikin lagu EXO eon._. Daebak!!!:3 kasih tau ya eonn:))

  12. anya camilla mengatakan:

    chen itu terlalu baik lin saking baiknya sampe dikatain idiot sama cahnyeol *asah golok* gue sering nagis klo.baca fan acc klo ada acra anak2 exo apalagk klo udeh nyeritain chen huwaaaa tiba2 itu airmata gue keluar bgtu aja ,lolos bgtu aja tanpa diminta dari soketnya ,Bikin gue makin cinta ama exo terutama chen ,Ah gue sampe punya panggilang kesayang buat chen itu Dae~ya kkkk lucu ya kayak manggil ke pacarnya dan gue merasa chen ama gue itu sehati wkwww *abaikan ini lin abaikan tolong abaikan*

  13. AnnisaIcha mengatakan:

    Min ak sebenarnya udah berkali2 baca ini tp gak pernah bosan… kamu kok bisa ya temenan terus mengorek informasi soal mid…
    daebak min…

  14. merry iktania mengatakan:

    Annyeong Chigu….

    Gomawo…. buat artikelnya!!
    Suka bgt….
    yehhhh exo… figthing

Tinggalkan Balasan

