Fakta-Fakta EXO Part 146 (The Meaning of 10.000-20.000 hours of Hardworking for Kai)

Posted: Maret 28, 2014 in About EXO M & EXO K

Diambil dari: [ENGSUB][HD] Kai, Yunho, Taemin – Full Cut 140216

  • Ok, sekarang kita bicara hal yang lebih serius. Ini adalah video documenter yang memperlihatkan usaha keras beberapa anak SM sehingga mereka bisa kayak sekarang. Video SBS ini diberi judul “10000 jam of resolve”, diperuntukkan bagi kalian yang ngerasa ga bisa melakukan apapun karena ga punya bakat, ga punya waktu atau karena uda tua. Di sini kita bisa liat gimana anak2 SM berjuang selama 10.000 jam untuk bisa sukses kayak sekarang. 10.000 jam ini adalah waktu yang menentukan mereka bisa sukses atau gagal, cuman 2 pilihan dan mereka membuktikan kalo 10.000 jam latihan keras bukanlah kesia2an karena mereka pada akhirnya berhasil.
  • Kai bilang “mungkin kalian berfikir dunia tidak adil bagi kalian, dia bisa melakukannya karena punya bakat tapi aku tidak, tapi semua itu tidaklah benar”. *iyah, kalo di SM gue ngerasa bakat emang bukan sesuatu yang mutlak harus dipunyai seseorang, tapi kemauan untuk belajar dan berlatih keras adalah yang terpenting. Kai tidak lahir dengan bakat luar biasa tapi berkat latihan kerasnya dia bisa menjadi luar biasa. Intinya asal mau belajar dan latihan dengan keras, kata “bakat” itu bisa melekat dengan sendirinya tanpa harus melekat sejak kita lahir. Bakat kalo ga diasah buat apa? Jadi bagi kalian yang ngerasa ga punya bakat, jangan ikut Indonesia Mencari Bakat (lhoh ?) bukan bukan, hehe. Maksud gue, buat kalian yang ngerasa ga berbakat coba cari hal yang kalian suka dan sedikit demi sedikit perlahan2 pelajarilah hal itu secara konsisten dan sabar, karena kata orang bijak “practice make perfect”. Jangan sedih dan putus asa hanya karena kalian ga punya bakat, karena bakat bisa diciptakan, dan Kai sendiri contohnya^^”~ gue pribadi juga ngerasa gitu, gapapa ya curhat dikit. Gue ngerasa ga punya bakat nulis, tapi gue suka nulis makanya sebisa mungkin secara rutin sedikit demi sedikit gue nulis. Gue suka nulis sebenernya belum lama, baru pas gue bikin blog ini, tahun 2012 (EXO debut) dan EXO alesan gue buat nulis waktu itu. Dulu sebelum gue suka nulis, gue suka baca tapi sekarang agak males baca2, sukanya liat video dan baca translation, hehe. Gue dulu pas bikin fakta EXO part 1 ada perasaan “ini bakalan berlanjut ga ya? Apa cuman passion sesaat ajah?” pikiran itu ada tapi karena sayangnya gue sama EXO gue lanjutin sampe sekarang. EXO itu alasan kenapa gue nulis dan sekarang rasa suka terhadap nulis itu tumbuh dengan sendirinya, aneh sie tapi memang gitu. Ya kayak bakat tadi, rasa suka itu ga perlu dari awal ada tapi dari mencoba dan akhirnya terbiasa kemungkinan bisa jadi suka^^. EXO ini jadi kayak laboratorium gue buat ngasah kemampuan nulis gue. Selain itu, gue pada dasarnya suka berbagi informasi sama orang lain makanya gue pengen berbagi juga tentang banyak hal di sini sama kalian ^^.
  • “Orang yang paling berhasil adalah dia yang duduk ketika semua orang tidur, yang berjalan ketika yang lain duduk, berlari ketika yang lain berjalan dan terbang ketika yang lain berlari” itu kata2 bijak yang pernah gue baca. Begitu juga Kai, dia selalu latihan sendiri di ruang latihan dance ketika ga ada kegiatan broadcast maupun out dorr. Ketika trainee, dia selalu latihan full setiap hari. Bahkan liburan Chuseok (lebarannya Korea) selama 3 hari dia gunakan semua untuk latihan. Dia cuman berhenti pas makan kemudian latihan lagi *speechless gue*. Kai selalu yang latihan di ruang latihan paling awal datangnya tapi paling akhir pulangnya. Dia ga pernah liat orang latihan dance yang pulang lebih akhir dari dia, dia yang paling lama latihan dance di SM chingu. Bahkan TaeMin SHINee sama U-Kno YunHo DBSK mengakui itu #daebak.
  • Kai ini walopun udah banyak banget perform dance entah Christmast Day, Eurerong dll tapi dia selalu ngulang2in itu lagi. Alesannya apa? katanya semakin sering kita ngedance-in dance tertentu kita akan kehilangan fokus makanya perlu dilatih dan diperbaiki setiap hari. Step pertama dia memperbaiki beberapa gerakan yang dia rasa aneh dengan latihan pake lagu yang di slow motion. Habis itu dia mencoba memberi rasa pada lagu itu biar lebih dapet feelnya pas manggung nanti. Dia sangat teliti dan mencoba perfect dalam setiap detail gerakan, keliatan kalo dia perfectionist chingu. Dan untuk bisa dapet gerakan yang bagus, otot kakinya harus kuat makanya dia sering banget latihan biar otot kakinya terbentuk *bener2 profesional banget ini adek gue..kerenn..*. Oya, tradisi di SM gitu kalo habis perform misalnya di Inkigayo dsb mereka ga langsung pulang ke dorm tapi mampir dulu ke tempat latihan di SM buat sekali lagi ngedance-in dance yang mereka habis perform-in tadi. Mereka ga ganti baju juga, jadi langsung ke tempat latihan. Itu menjadi keharusan sejak jaman2 KangTa H.O.T. Ini tujuannya ya kayak yang dibilang Kai tadi, biar ga lupa dan sekalian evaluasi juga. Keren mah SM, bisa2nya ya mereka sampe kayak gini? Bener2 perfectionist. Daebakkkk.
  • Kai sendiri bilang waktu yang dia habisin buat latihan uda hampir mencapai 20.000 jam. Kalo gue ga salah itung, kalo dijadiin tahun uda 2.2 tahun. Bayangkan teman2, ibaratnya dia uda latihan dance terus2an selama 2.2 tahun? Itu ga main2 lhoh, lama banget dan sama sekali ga mudah. Jadi ga heran banget dia bisa kayak sekarang, semua berbuah manis. Kai juga bilang kalo seseorang latihan dengan keras dalam paling tidak 10.000 jam maka pasti dia akan mencapai apa yang dia inginkan (paling tidak target minimumnya), nah asumsinya berarti jika latihannya lebih dari itu berarti dia akan mencapai lebih dari targetnya dan itu akan lebih luar biasa hasilnya. *termotivasi kan untuk bekerja keras? Jujur gue jadi termotivasi chingu..*
  • U-Know YunHo sendiri menjalani masa trainee selama 3 tahun dan sudah melewati 10.000 jam latihan. DBSK uda 10 tahun chingu, dan selama itu pula U-Know uda latihan. Dia mengerti kalo di SM ada sebuah label fondasi yang namanya “kerja keras”, dia meyakini itu dan dia akan tetep latihan sampe kelak dia ga bekerja di industri ini. *iyah, masuk SM berarti kerja keras, kalo ga? Jangan coba2 masuk SM*. YunHo sendiri mengalami banyak masa2 sulit di DBSK, kadang cedera dsb tapi semua berbuah manis karena mereka dapet banyak penghargaan dari semua jerih payah mereka. Cedera itu bukan hal yang sepele lhoh chingu, resiko..apalagi kaki, karena mereka basicnya selain nyanyi kan ngedance juga. Kaki yang sehat adalah asset yang sangat berharga. YunHo bilang “aku percaya semua kerja keras ada batasnya, tapi aku selalu berusaha untuk tidak sampai pada batas itu sekeras apapun aku berusaha” jadi dia ga mau merasa gampang puas terhadap setiap usaha yang dia lakukan karena percaya dia akan bisa terus lebih baik dari itu, motivasi yang keren kalo menurut gue. YunHo selalu memilih jalan yang paling sulit dan dia ga mencapai bukit tertinggi dengan cepat, dia secara perlahan2 mengusahakannya. *bener2 deh gue speechless, semua yang di SM tu ga ada yang instan makanya bisa everlasting, keren*.
  • Taemin punya kisah yang agak beda, bukan dance tapi dia menjalani 10.000 jam buat latihan nyanyi. Dulu dia sempet dapet julukan “si buta nada” karena dia sama sekali ga bisa nyanyi. Dia dancing machine tapi kalo nyanyi dia ga bisa makanya jadi punya motivasi buat membuktikan kalo dia juga bisa nyanyi. Taemin kepilih dari SM Audition tahun 2005. Dia waktu itu masi SD, tepatnya dia sekolah di SD Seoul ShinHwak. Pas audisi itu dia bilang “jika aku bisa menjadi penyanyi maka aku akan bekerja keras untuk itu sampai aku mati” jadi intinya dia akan bekerja keras banget buat bisa jadi penyanyi, tekat uda bulet banget ini, keren. Akhirnya 3 tahun trainee dia debut, tepatnya tahun 2008 saat dia kelas 3 SMP.
  • Aktivitas SHINee sibuk banget setelah lagu “Replay” keluar, mereka balik ke dorm jam 2 pagi terus dan harus bangun jam 6/7 pagi. Mereka biasanya masih latihan dan itu ngebuat jam tidur mereka cuman 1-2 jam. Taemin malem gitu suka latihan vocal sendiri, solmisasi sendiri dan itu dia lakukan dengan sungguh2 supaya dia bisa nyanyi kayak member2 yang lain. Porsi Taemin pas debut “Replay” dikit banget chingu, soalnya ya itu, dia belum bisa nyanyi makanya dia banyakin porsi latihan nyanyinya, kalo dancing mah dia uda jago pake banget.
  • Saat ini Taemin uda ada lagu solo chingu, dan itu ada setelah 8-9 tahun dia belajar nyanyi. Lama yah? iyah..bakat nyanyinya ga ada tapi karena dia latihan dengan keras bakat itu tiba2 ada walopun prosesnya lama. Bener2 bikin gue sadar kalo bakat itu ga harus ada pada diri seseorang, tapi kemauan untuk terus belajar itu yang harus selalu ada. Sekarang porsi nyanyinya Taemin juga uda mulai banyak, di lagu “Why So Serious” keliatan banget suaranya uda bagus banget^^.
  • Hikmah sering latihan itu apa? Ini contohnya. MinHo SHINee bilang kalo dulu mereka ngafalin gerakan dance untuk satu lagu bisa lebih dari 1 minggu tapi sekarang dalam 2 hari aja mereka uda bisa menguasainya. Padahal SHINee kan boyband yang dancenya susah bingit kan? Ini hikmahnya sering latihan chingu, jadi gampang nginget inget gerakan, speechless gue, daebak ajah deh pokoknya. Keren banget!
  • Jonghyun nambahin “bukan berarti kalo kalian uda latihan progress bisa dengan mudah didapatkan, karena semua perlu waktu..semakin banyak waktu yang kalian pakai untuk latihan maka hasil itu akan muncul dengan sendirinya nanti”. Iyah, ini masalah waktu chingu, kembali lagi dibutuhkan waktu yang ga sebentar untuk bisa jadi master. Dan itulah gunanya training, menghabiskan semua waktu buat latihan demi meraih kesempurnaan. Gue jadi inget mottonya Pak Wisnutama yang dulu Direktur Trans, kurang lebih gini “tidak ada manusia yang sempurna, namun selalu berusaha untuk meraih kesempurnaan adalah sebuah keharusan”. Bener banget ini, ga ada kok manusia yang sempurna mau dicari dimana juga, tapi selalu berusaha untuk menjadi manusia yang sempurna itu adalah keharusan supaya kita bisa jadi orang berhasil. Sama kayak anak2 SM, mereka ga sempurna kok, Taemin ajah dulu ga bisa nyanyi tapi karena dia berusaha dengan keras dia bisa nyanyi juga. Walopun hasil yang didapat belum sempurna dan mungkin ga akan pernah sempurna (karena fitrah manusia yang ga akan pernah bisa sempurna) tapi setidaknya dengan selalu berusaha menjadi sempurna, tidak akan ada penyesalan bagi hidup kita yang cuman sekali ini^^.
  • TaeMin ini adalah teman Kai waktu jaman2 latihan dance di masa2 trainee, mereka sering banget tidur di ruang latihan karena latihan mereka sampe jam 4-5 subuh. TaeMin semangat banget latihan karena ada yang namanya gagal juga di masa2 trainee, jadi untuk terus bisa jadi bagian dari trainee sampai debut dia harus terus2an berusaha biar ga tersingkir, jadi juga ada semacam kompetisi gitu diantara para trainee. Kai punya pandangan yang agak berbeda, sejal awal dia ga terlalu peduli sama kompetisi. Pas dia masuk dia tahu kalo TaeMin jelas lebih bagus dari dia, jadi daripada memikirkan TaeMin sebagai competitor, dia lebih menjadikan TaeMin sebagai figure yang Kai bisa dapet ilmu dari dia *iyah Kai, musuh paling besar itu bukan orang lain tapi diri kita sendiri. Jadi menurut gue kalo misalnya kita gagal jangan sampe iri sama keberhasilan orang lain tapi harus evaluasi diri dan belajar lebih giat lagi*
  • Pas Taemin Debut, Kai belum debut padahal usia mereka sama. Banyak orang yang nanyain perasaan Kai kayak gimana. Kainya selalu bilang kalo dia masih belajar dan belum debut itu memang keputusan dari SM ajah jadi ya ga masalah, dia bakal terus latihan sendiri walopun tanpa Taemin. Tapi Taemin juga baik chingu, dia sering dateng buat njenguk Kai yang lagi latihan. Kai juga seneng banget tiap Taemin datang dan nanya gerakan apa yang sedang dibuat/dipelajari Kai lalu Kai mengajarkannya ke Taemin, dia seneng bisa berbagi dengan Taemin karena merasa dengan begitu dia pikir berarti dancenya sudah cukup bagus *baik banget yah ini Kai, ga pelit ilmu, keren. Iyah, pelit ilmu tu ga ada untungnya juga, lebih baik berbagi daripada menyembunyikan apa kebisaan kita untuk diri kita sendiri^^*
  • Kai jadi pemenang di SM Company Best Teenager Contest tahun 2007 dan kemudian jadi trainee SM. Kai sendiri belajar ngedance sejak SD kelas 2 tepatnya bulan September. Dia mempelajari semuanya dari jazz sampe ballet sampe SD kelas 6. Setelah itu dia ngeliat banyak dance di TV yang lucu2 kemudian dia tanya sama ayahnya gimana dia bisa dance kayak mereka juga dan ayahnya memberi dia tetunjuk untuk bisa mempelajari dance secara lebih mendalam. Akhirnya 31 Maret 2012 (sehari setelah ulangtahun gue inih, haha) menjadi first stage-nya Kai, tepatnya ini showcase EXO. Dan mulai saat itu Kai jadi menyadari kalo tampil panggung itu sesuatu yang sangat menyenangkan dan dia pengen terus bersinar di panggung sejak hari itu. Fighting uri Kai!~ Kai jjang! Dan Fighting buat kita semua!~ ^^

GambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambar

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Abang guaaaa emang keren Lai-ah qmu ko ganteng sih

  2. alya kkamjongkai teleporters mengatakan:

    gomawo eoni dah direview,,kai emang kren BGT,, mkin suka dan jdi termotivasi,,

  3. Miia Meii Nuryanii mengatakan:

    Gw terharu bacanyaa T.T Emang sih kalau dipikir pikir perjuangan mereka buat jadi Idol itu luar biasa susahnya ! gw ngehargain semua usaha yang mereka lakuin , biar mereka gak kecewa ! dan terus bekerja keras !! EXO Jjanggg😀

  4. inten SM mengatakan:

    uri Kai co cweet bnget ^^

  5. kharina mengatakan:

    satu min
    aku jadi teringat kisah jaejoong masuk sm dan perjuangannya mengejar mimpi..
    tnggorokanku sampe sakit min..
    monangis😦
    aku kangen jaejoong min
    aku kangen dbsk
    bukan kecewa dg keadaan sekarang min, aku cuma merindukan mereka bersama..
    mau bilang “please dbsk don’t disband”
    telat😦
    jadi skrang exo “please exo keep we are one”
    fans always miss you all

  6. kharina mengatakan:

    semoga saja min, pembullyan di kalangan exo itu bener bener tanda sayang dalam bentuk lain..
    kaya kata kata trend kamu yang terbaru itu😦

  7. lindA mengatakan:

    Q jg sma dlu ga suka buka2 internet q lebih suka bca buku koran ato majalah pi smenjak da EXO q jd suka buka2 internet itupun dng penuh perjuangan hehe…meskipun trlmbat belajarnya pi q sneng bs nyampe blog ni.*lebih baik trlmbat dri pda ga sma sekali y kan?*
    Jd intinya ga da sesuatu yg di capai dngan mudah tnpa kerja keras kayk Kai ni contohnya dn EXO mereka ga akan seperti sekarang tnpa latihan dn kerja keras…~EXO saranghajaaaa!!!~

  8. Annisa Icha mengatakan:

    Kereen… Kai benar-benar pekerja keras,jadi termotivasi.
    Aku juga suka nulis dan baca eon🙂 minusku juga tebal,hehehe

  9. Emily emiliana s mengatakan:

    waw… kata-katanya nyentuh banget eon…
    “Orang yang paling berhasil adalah dia yang duduk ketika semua orang tidur, yang berjalan ketika yang lain duduk, berlari ketika yang lain berjalan dan terbang ketika yang lain berlari”🙂

  10. yurachan mengatakan:

    Suka banget sama acara ini. Bahasanmu juga keren.
    Aku emang selalu percaya kalau setiap artis SM itu pekerja keras. Mereka training bukan dalam waktu satu atau dua hari. Tapi bertahun-tahun dan itu menjadikan mereka jadi luar biasa. Aku selalu menghargai usaha dan kerja keras mereka.
    Karena itulah aku kadang suka kesel kalo ada yang bilang artis2 SM itu ga berakat ga bisa apa-apa, cuma bantuan dr manajemen lah. Mereka harusnya membuka mata untuk melihat bahwa “ini lho artis SM itu juga berjuang. kita bukan produk instan.”

    haha sekalian curhat.
    good job, keep writing ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s