Fakta-Fakta EXO Part 148 ~ Chen EXO dan Zhang Ri Yin di lagu “Breath” Chinese Version (SM The Ballad)

Posted: April 1, 2014 in About EXO M & EXO K

Diambil dari: [EXOTICSUBS] 140214 iQIYI Interview – Chen and Zhang Li Yin – Preview {ENG SUBS}

  • *Mungkin kalian semua uda liat penampilan Chen di album terbaru SM The Ballad “Breath” yah. Iya, Chen adalah satu2nya member EXO yang terlibat dalam album Breath ini. Chen membawakan lagu utama Breath versi Cina bareng Jang Ri Yin (Zhang Li Yin), artis cewek SM asal Cina yang berkarir baik di Korea dan Cina. Jang Ri Yin dulu juga pernah duet bareng Xiah JunSu DBSK di lagu Timeless yang di MVnya ada Siwon dan Hankyung SuJu. Chen juga ngebawain lagu duet judulnya “When I was…when you were..” bareng F(Krystal). Dia juga ngebawain “A day without you” bareng JongHyun SHINee. Dipilihnya Chen dari sekian banyak member EXO menurut gue nandain kalo kualitas Chen dari segi vocal memang dipandang lebih kompeten, selain tentu saja dari sisi dia yang dari EXO M, jadi lebih bakal bisa ngebawain lagu2 bahasa Cina karena uda biasa. Gue pribadi suka banget lagu Breath, kemaren gue sempet bilang sama yang bikin lagu itu (Kim Tesung) bahwa gue suka banget lagu ciptaannya dan berterimakasih karena dia uda bikin lagu sedalem dan seindah itu^^. Kim Tesung sendiri orang ICONIC, sejenis lah sama Dsign sama Roasting House, perusahaan musik yang sering kerjasama sama artis2 SM. Selain breath, gue suka lagunya Yesung yang blind di album itu..nusuk2 banget liriknya, dalem *namanya juga ballad min, wajar lah kalo lagunya dalem banget, haha*. Breath ini selain album juga ada drama pendeknya, drama 4 episode yang judulnya MIMI. Yang main Max ChangMin DBSK sama Moon Ga Young. MV Breath sendiri ada 3 versi, versi Korea (Changmin DBSK sama F(Krystal)), versi Cina (Chen EXO sama Zhang Li Yin) dan versi Korea (Taeyeon SNSD sama JongHyun SHINeee). Dari setiap MV itu, disisipi cuplikan2 drama MIMI. MV Blind-nya Yesung juga disisipi cuplikan drama2 MIMI. MIMI sendiri genrenya horror romantic, nyeritain hantu MIMI (Monn Ga Young) yang masih belum bisa sempurna sebelum orang yang dicintainya (ChangMin DBSK) mengingat masa lalunya dengan MIMI. ChangMin kayak hilang ingatan gitu setelah MIMI mati. Dan ketika Changmin uda inget sama MIMI, takdir MIMI adalah harus pergi dari ChangMin selamanya. Ini adalah kisah cinta pertama antara Han Minwoo (Changmin) seorang karikaturis terkenal yang kesepian dengan MIMI, gadis sederhana yang punya masalalu penuh kesedihan. Mereka saling berbagi kesedihan begitu juga kebahagiaan, punya cerita hidup yang hampir sama sehingga rasa cinta bisa tumbuh diantara mereka. Gue paling haru kalo ada dua orang yang sama2 punya kisah hidup sedih lalu ketemu, kemudian berbagi kesedihan mereka satu sama lain, menguatkan satu sama lain dan pada akhirnya sedih itu hilang berganti kebahagiaan karena tumbuh cinta diantara mereka.. #eaaa *korban drama gue,,wkwk*. Gue sendiri uda nonton drama MIMI, walopun alurnya agak ngeselin karena maju mundur dan lambat, tapi cukup dalem lah, recommended juga buat ditonton, hehe. Gue sendiri pas awal2 MV breath muncul, tiap hari ngeliat MV itu mulu sampe hafal versi yang Koreanya, haha. Kan itu di reffnya yang Korea liriknya “nun muri….”, yang Cina “chu moni…”, yang Jepang “mimini…”, nah gegara keseringan denger 3 kata itu, tiba2 suka terbersit ajah kata2 itu pikiran gue sampe sekarang, wkwwk. Gue juga uda afal blind-nya Yesung pas beberapa hari dengerin itu chingu, mau ada rencana duet juga bareng temen gue tapi belom jadi2 gegara gue ujian skripsi sama revisi2 kemaren. Tapi sekarang guenya malah uda ga terlalu hafal lagi soalnya uda ganti tontonan, mulai hafal Mr.Mr-nya SNSD sekarang, suka banget gue sama Mr.Mr apalagi part dance-nya Yuri yang “My Mr.Rock This World” #daebak😀 *
  • Oke, intronya uda *panjang bener min? haha*, sekarang kita liat apa ajah fakta2 yang bisa didapet dari munculnya Chen di Breath ini. Gue cuman fokusin ke Chen karena dia anak EXO. Hal yang paling sulit dari nyanyiin lagu Breath bagi Chen adalah pronounsation aka pelafalannya. Chen punya tipikal suara yang tebal jadi dia suka susah dari segi pelafalan. Bahasa Cina lumayan ribet soalnya, satu kata bisa diucapkan dengan 4 nada yang berbeda dan nanti arti sama tulisannya juga beda. *gue sendiri dulu kelas 1 SMA belajar bhs Mandarin di sekolah karena itu bahasa asing pilihan di sekolah gue, kalo belajar pake romanization sih gue masih bisa tapi kalo uda suruh nulis ampun ga bisa deh, memori otak gue kayaknya uda kagak cukup ngafalin karakter tulisan Cina yang ribuan itu, haha*. Ga heran anak2 EXO M yang dari Korea (Chen ama Umin) kagak faseh2 bahasa Cinanya padahal anak EXO asal Cina sekarang bhs Koreanya uda lumayan faseh. Itu mungkin karena bhs Mandarin lebih susah dipelajari drpd bhs Korea. Kalo bhs Korea kan tulisannya pake abjad jadi cuman harus ngafalin abjadnya aja, habis itu uda deh bisa nulis. Nah kalo Cina? Abjadnya kan ga ada, adanya karakter semua dan itu ribuan men..otomatis jadi lebih susah karena sangat banyak yang harus dihafal. Tapi yang namanya bahasa ya, pasti walopun keliatannya susah kalo serius belajar pasti juga bisa, Buktinya banyak juga orang Indonesia yang bisa bhs Mandarin walopun kesannya susah, haha. Dan masi sedikit juga yang bisa bhs Korea padahal kayaknya mudah? Haha*

Diambil dari: [EXOTICSUBS] 140214 Sohu Interview – Chen and Zhang Li Yin {ENG SUBS}

  • Di sini Zhang Ri Yin yang ngejelasin makna lagu ini *Chen belum bisa bhs Mandarin soalnya*, jadi lagunya itu menceritakan pasangan yang telah berpisah tapi ternyata masih memikirkan satu sama lain, mereka masih saling mencintai dan masih berharap mereka bisa bersama lagi. Ada semacam rasa penyesalan mendalam di lagu itu dan itu tersampaikan banget lewat lagunya. Zhang Ri Yin sendiri paling suka bagian chorus karena dia rasa bagian itu yang paling menyentuh. *iyah, gue setuju..dalem banget, apalagi part yang “ketika aku merasa sakit, biarkan aku mendengarkan nafasmu sesekali”, ini sesuai sama dramanya yang ceritanya ceweknya mati namun si cowok tetap berharap bisa mendengar nafas ceweknya sesekali untuk melegakan sakit hatinya itu*.
  • Zhang Ri Yin secara pribadi suka banget sama melody lagu ini karena menurutnya sangat indah dan sentimental. *iyah, melodynya indah banget, ampe Zhang Ri Yin pas perform keliatan tangannya suka ikut mengalun dengan sendirinya saking alunan melodynya kedengeran mengalir banget, gue bisa ngerasain itu tiap kali liat peform Zhang Ri Yin, dia tangannya suka reflek mengayun di melody2 tertentu, coba deh kalian perhatiin. Gue uda nonton semua peform breath soalnya dan suka gue amati jadi tahu, hehe~ntar gue capture deh*. Gue sendiri kalo yang cewek suka cara nyanyinya Zhang Ri Yin daripada Taeyeon atau Krystal. Zhang Ri Yin duetnya dapet banget, saling tatap2an sama Chen, chemistrynya dapet. Lain kalo TaeYeon sama JongHyun yang jarang banget tatap2an kayak orang duet pada umumnya, TaeYeon merem2 terus dan terlalu fokus pada suaranya jadi chemistry duetnya ga dapet kalo menurut gue. Kalo cowok walopun cuman liat di MV karena ga ada performnya, gue paling suka cara nyanyinya Changmin DBSK, dapet banget kalo menurut gue. Yang versi Jepang belum ada live performnya chingu, baru yang Korea sama Cina doang yang suka wara wiri di acara2 musik.
  • Zhang Ri Yin juga memuji Chen yang katanya suaranya stunning dan powerful banget apalagi di nada2 tinggi. Dia juga memuji Chen yang katanya tampan #eciee “jadian..jadian” ~admin ngompor2i, hahahahaha. Dia nambahin kalo kolaborasinya kali ini sama EXO Chen adalah duet yang sukses #setuju
  • Menurut Zhang Ri Yin, semua member2 EXO tampan2 dan punya kepribadian yang berbeda2 dan juga keunikan masing2.
  • Chen sebelumnya belum pernah ketemu sama Zhang Ri Yin, baru ketemu ya semenjak ada projek album SM The Ballad ini. Menurut Chen, Ri Yin adalah nuna yang hangat dan bersahabat, uda kayak kakak perempuannya dia sendiri ^^
  • Chen suka juga belajar bhs Cina lewat member2 Cina kayak Kris, Lay, Luhan sama Tao. Selain bahasanya, dia juga belajar kebudayaan dan daily life Cina dari mereka. Chen sendiri dari kecil uda suka kebudayaan Cina juga, dia suka belajar tentang Cina dari buku atau film jadi sebenernya dia ga terlalu asing dengan hal yang ada hubungannya dengan Cina.
  • Metode Chen belajar bhs Cina adalah dia akan mengulang kata demi kata berkali2 sampai dia mendapatkan pronoun yang benar.
  • Untuk menjaga tenggorokannya biar selalu bisa fit saat nyanyi, Chen mengurangi minuman bersoda, kopi dan teh, dia banyak minum air putih. Namun yang lebih penting daripada itu adalah tidur yang cukup. Tenggorokan yang baik kunci utamanya dari management tidur, jadi sebisa mungkin kalo uda ga ada jadwal kemana2 Chen selalu tidur. Ini juga karena mereka punya waktu buat tidur yang kurang jadi tiap ada waktu nganggur sempetin tidur dulu.

Diambil dari: [EXOTICSUBS] 140215 iQIYI Interview – Chen and Zhang Li Yin {ENG SUB}

  • *Gue jadi tiba2 kepikiran, kenapa yang di MV EXO dan mungkin artis2 SM yang lain termasuk di Breath yang MV Chinese version selalu ada lirik hanzi (huruf Cinanya) dibawah padahal yang Jepang version atau Korean version ga ada. Apa mungkin karena saking banyaknya karakter Cina dan satu kata artinya beda2 tergantung dari nadanya jadi untuk menghindari salah persepsi pada lirik jadi harus pake hanzinya, kalo lidah kan bisa salah2 ya tapi kalo ada tulisan kan jadi tahu apa yang bener. Contoh kalo kita ngomong si (bacanya se) yang artinya 4, terus shi (bacanya she) yang artinya 10 kan hampir2 sama. Nah bisa ajah kan orang Korea kayak Chen/Umin ngomong si sama shi ga terlalu jelas bedanya karena memang belum faseh, jadi biar penonton Cinanya ga salah tangkep lirik, lebih aman dikasi hanzinya^^ *
  • Impresi Zhang Ri Yin ke Chen adalah dia adalah adorable boy (menawan), laki2 yang bersikap seperti laki2 (gentle), kadang cute juga dan sekarang mulai keliatan maskulin juga.
  • Please jangan bash gue hanya karena gue nulis ini. Chen pas ditanya kesannya dia ke Ri Yin nuna gimana, dia bilang “maaf harus mengatakannya, tapi kadang aku kayak melihat Ri Yin nuna sebagai adikku yang aku seperti harus menjaganya” #eaaaaaaa😀 ~ maksunya Chen ini orangnya peduli banget sama orang lain termasuk Ri Yin nuna ini jadi selalu pengen ngejagain dia. Nah ada yang lebih wow lagi, Ri Yin habis itu bilang kalo tenggorokannya hari itu lagi kering banget dan Chen tiba2 care banget ngasi dia air putih…*sumpah gue langsung kaget ngedenger ini karena inget Chen pernah ngomong di radio (postingan gue belum lama ini) kalo cara menunjukkan rasa sayangnya pada cewek contohnya dengan ngasi dia air minum walopun Chen masi ngerasa apa yang telah dia lakukan itu dia rasa belum cukup untuk cewek yang dia suka. Apa jangan2 yang dimaksud Ri Yin yah?? gue jadi berspekulasi, haha*
  • Zhang Ri Yin ternyata adalah orang yang melatih pronounsation Chen di lagu breath. Jadi dia dilatih pribadi sama Ri Yin kata perkata biar hasilnya lebih maksimal.Pronoun yang bener akan lebih membuat makna lagu itu sampe ke penonton soalnya.

Diambil dari: [1080p_ENG] EXO’s Chen ( SM Ballad ) @ Ariang TV 140224

  • Untuk sekali perform blind di Joint Recital Breath SM The Ballad, ZhouMi SuJu M latihan selama 1 bulan, jadi 1 bulan untuk 3 menitan perform. Bisa dibanyangin kerja keras penyanyi2 SM yah? daebak.
  • Chen merasa kesepian pertamanya karena dia satu2nya member EXO yang dapet project di SM The Ballad *iyah, biasanya cerewet kalo ada YeolBaek sekarang harus aktif sendiri, kebayang pasti sepi banget dia, haha* tapi karena ada Ri Yin nuna yang sangat baik, hangat dan ramah maka perasaan itu hilang dan mereka akan berusaha menampilkan penampilan yang terbaik ^^

GambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambarGambar

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Klo gwe pribadi dari awal udh suka sama suara vokal si chen apa ya unik aja,, jd gk heran dri sm the balen aku suka sama lagunya yesung n chen ftp jonghyun itu keren yepa seperti biasa melo

  2. rini mengatakan:

    Betul”…Ǻku jg wkt pertama kli dengar lagu Breath ini yg ver.korea,merinding..dalem banget makna lagunya..Ǻku jg dgrin yg ver.jpn ma cina..
    Waah,senangnya klo bisa duet nyanyiin lgu breath ini ma tmn”..Ǻku gk punya tmn yg suka lgu” korea..:( ayoo..duet bareng..hehe
    Skli liat MV nya ini,mau diliat” trus deh pokoknya.. Untuk snsd..Mr.Mr daebak..hahaha mklm sone soalnya..tp jg suka Exo..hehehe..

  3. Zalyzanira mengatakan:

    Iya vokalnya chen baekhyun itu gampang dikenali. Pertama kali denger lagu exo langsung ngena apalagi kalo pas part d.o sama baekhyun dibanding luhan sama chen. Tapi chen kan vokalnya tinggi banget. Tapi yang di breath mv suka yg china, lagu yang korea😀

  4. daisyorange mengatakan:

    spekulasimu bkn daku galau min! Speechless kalo dah ngomongin chen.. Omg chen sehat2 aj tuh? Abs sibuk bgt growl, MID, trus breath, dah gtu exo mw comeback lg,, blm lg bnyk iklan n aktftas laennya Ya ampuuun,, exo hwaiting!! Jga kshatan kalian nak

  5. litha mengatakan:

    suka bgt versi china..walaupun aku ga ngerti artinya dalam bahasa cina tapi lagunya bikin menusuk ke hati aku sampe aku menyanyi berulang ulang tapi aku sedikit hapal
    aku suka suara chen ketika menyanyi =)

  6. Nia Solihat mengatakan:

    baru tahu klau bahasa Cina ntuu serumit itu ya, buat Umin & Chen, psti berat banget ya jd member EXO-M, dan yg otomatis hrus bisa bhasa Cina apalagi Chen yg pgang posisi sbg Main Vocal psti kebagian part2 di lagu paling bnyak harus bnar pengucapannya,..#Daebaakkkk….
    te2h suka Mr.Mr juga..??sma kya aku donk, maklum soalnya SONE juga he he….

  7. edyoxoo mengatakan:

    chenchenchen gentle banget sihhhhh dia itu salah satu member yang paling gentle di exo

    semoga aja dia bisa duet lagi sama li yin soalnya duetnya sukses mereka cocok hehehe

  8. roropoo mengatakan:

    kl menurutku,breath versi china lebih ngresep dari pada yang jepang sama korea,
    setuju sama yang kakak omongin tentang suaranya chen,aku jg pertama kali suka chen gara” dengerin suaranya,

    terus tentang perfom setuju banget kl chen sama zhang li yin lebih dapet chemistry dari pada jonghyun taeyeon,dan aku jg setuju kl semisal mereka dijadiin couple atau bener” jadian xD (berharap bgt kl ini)

    baca chen yang perhatian dan pengen jagain zhang liyin bener” bikin melting xD
    mungkin aja bener kl chen ada apa” sama zhang liyin😀

Tinggalkan Balasan

