EXO, Cintamu Menginspirasi

Posted: April 5, 2014 in About EXO M & EXO K

Hal pertama yang terbersit di benak saya ketika mendengar kalimat “cinta yang menginspirasi” adalah boyband Korea Selatan favorit saya, EXO. EXO mempunyai tagline “EXO, saranghaja!” yang berarti “EXO, mari mencintai!”. Kata-kata itu selalu mereka ucapkan ketika memulai ataupun mengakhiri sesuatu. Mereka mengucapkan kata-kata itu secara berbarengan saat konser akan dimulai maupun saat mengakhiri sambutan penerimaan penghargaan. Kata mencintai mereka gunakan karena mereka ingin selalu melakukan semuanya dengan cinta. 12 member EXO bersinergi dalam satu semangat cinta yang melukiskan kekompakan mereka dalam sebuah grup idola. Bukan hanya bagi mereka sendiri, energi cinta itu kemudian mereka pancarkan pada semua fans mereka melalui performa maksimal dalam setiap penampilan mereka. Cinta/sarang (사랑) dalam bahasa Korea benar-benar pilihan kata yang tepat bagi EXO menurut saya. Sebuah tagline yang indah.

Bebicara mengenai relevansi antara saya, EXO dan inspirasi, saya mempunyai kisah saya sendiri. Saya menyukai Korea Selatan sejak kurang lebih 10 tahun yang lalu ketika saya masih duduk di bangku SMP. Saya adalah penggemar drama Korea dan kebudayaannya. Hal tersebut berlanjut sampai detik ini. Korea Selatan bagi saya adalah sebuah ladang inspirasi yang sangat luas dan EXO adalah salah satu pohon yang tumbuh di ladang tersebut. EXO bagi saya bukan sekedar idola biasa, mereka adalah inspirator sekaligus motivator nyata bagi saya. Mereka adalah figur yang mengajarkan kepada saya banyak hal penting dalam hidup. Mereka mengajari saya tentang apa itu kerja keras, pantang menyerah, pentingnya terus berjuang meraih impian, indahnya persahabatan, kemauan untuk terus belajar dan ketekunan. EXO sendiri terbentuk April 2012 dan mulai saat itu hingga saat ini mereka terus menjadi bagian yang penting dalam hidup saya. Karena rasa cinta saya yang besar pada mereka, saya ingin membagi perasaan ini dengan menulis banyak hal tentang EXO di blog pribadi saya ini. Saya berharap dengan ini akan semakin banyak orang yang tahu mengenai EXO dan akhirnya menjadikan mereka inspirasi yang positif bagi mereka sama seperti saya.

EXO adalah Boyband fenomenal dengan penjualan album terbanyak sepanjang sejarah 12 tahun industri musik Korea Selatan. Album bertajuk “XOXO” dan Repackagenya “Growl” menjadi big hit yang kemudian melambungkan popularitas EXO yang sebernarnya tergolong kategori boyband baru. Ekses dari itu, EXO memenangkan banyak penghargaan dalam berbagai ajang bagi nasional maupun internasional. Mereka mendapatkan penghargaan “rookie of the year”, “album of the year”, “song of the year” bahkan dalam ajang penghargaan musik paling bergengsi di Korea yakni Golden Disk Award, mereka mendapatkan penghargaan tertinggi (daesang) berkat penjualan album mereka yang fantastik. Saat itu, melihat seabreg prestasi mereka rasanya saya juga ingin mendapatkan paling tidak satu prestasi di tahun yang sama dengan mereka. Oleh karena itu Januari 2014 kemarin saya memberanikan diri mengikuti sebuah kompetisi pidato bahasa Korea dalam acara Korean Day di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dalam lomba tersebut saya mendapatkan juara ke-tiga dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya karena harapan untuk bisa mendapatkan penghargaan di tahun yang sama dengan EXO terwujud. Tema yang saya pilih saat lombapun tentang EXO, yakni “Me and My Idol, EXO”. Saya bercerita mengenai EXO dan mengapa saya begitu menyukainya dalam pidato tersebut. Selamaa ini saya belajar bahasa Korea secara otodidak dan tahun 2013 yang lalu mencoba mengetesnya dengan mengikuti Test proeficiency In Korean Language di UGM. Saya ingin mengetahui apakah self study yang selama ini saya lakukan berhasil dan hasilnya saya lolos level dasar. Dengan kemampuan bahasa Korea saya yang sebenarnya masih dasar, saya merasa cukup puas dengan hasil ini sekaligus terus termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Sehingga jika suatu saat ada kesempatan lagi, saya akan dapat berbicara mengenai EXO dengan bahasa yang lebih lancar dan dengan diksi yang lebih baik. EXO selalu menjadi alasan saya melalukan hal-hal positif sejak saat itu. Saya ingin seperti mereka yang bisa melakukan banyak hal hebat. Mereka tolak ukur saya untuk jadi pribadi yang lebih baik dan membanggakan.

Selain itu, perlahan saya mencoba hidup dengan cara mereka yakni hidup dengan penuh kerja keras hari demi hari sepenuh mungkin dan menjadi pribadi yang terus belajar sampai kapanpun. Salah satu member EXO favorit saya yaitu Kai menghabiskan hampir 20.000 jam untuk berlatih menari demi mencapai penampilan maksimal. Dia percaya bahwa bakat tidaklah terlalu penting, usaha keras jauh lebih penting. Bakat bisa diciptakan dengan usaha keras tak kenal menyerah dan Kai membuktikan itu semua. Sungguh ini bukanlah hal yang mudah dan menghabiskan banyak waktu namun waktu jugalah yang menjawab semuanya karena dengan itu Kai dan EXO bisa mencapai penghargaan terntinggi saat ini. Kai berkata bahwa jika sesorang berlatih dengan durasi paling tidak 10.000 jam secara tekun, maka pasti apa yang dia inginkan bisa tercapai. Dan apabila seseorang melakukannya lebih dari itu, maka dia akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Hal ini menjadikan inspirasi dan motivasi bagi saya untuk selalu menjalani hari demi hari sepenuh dan sebaik mungkin agar capaian yang ingin saya capai semakin dekat untuk diraih seperti Kai. Saya juga cenderung menjadi pribadi yang lebih perfectionist semenjak mengenal Kai dan EXO. Sebisa mungkin saya melakukan apapun dengan tekun sehingga hasil yang didapat akan lebih bisa mendekati sempurna. Saya menyadari bahwa tidak akan ada manusia yang bisa sempurna namun usaha untuk meraih kesempurnaan itu merupakan sebuah keharusan bagi saya sekarang.

Dan akhirnya cinta yang terpancar dari EXO bagi semua penggemarnya telah menjadi inspirasi yang nyata bagi saya pribadi. Kisah mereka menjadi pelajaran yang penting dalam kehidupan saya saat ini. Terimakasih karena saya telah diberi kesempatan untuk bisa mengenal mereka, idola yang lebih dari apa yang saya harapkan dari figur idola. EXO, cintamu menginspirasi.

Gambar

 

Komentar
  1. tata mengatakan:

    Thor jadi terharu deh bacanya
    seriusan deh
    bahasanya apik banget
    bisa kepikiran gitu hihi
    Oh ya author ikutan kompetisi blog
    bener ga tuh ? Kayak yang diatas itu
    kalo iya moga menang thor
    And then, fighting buat author
    Semangat.. semangat.. semangat🙂

  2. Nuli Tao Pandari mengatakan:

    Prok..prok.prok..prok.. WOW… Ini Author Leendha yg bkin.. Serius.. Wow.. Kereeeeeeeeeen Daebak….. ah tapi rasanya aneh_Author kan udah biasa pake bahasa somplak * Hehe V * terus skrang serius gini aaaaah.. agak aneh.. tapi Kereen banget..

    Pokonya nuli salut sma author.. author harus ttep nulis trus yah.. author tau gk tiap aku kesepian,bosen atau sedih pasti aku bakal ke sini.. *Gomawo selalu ngehibur aku bkin aku ketawa.. Gomawo..

    • lindashin mengatakan:

      Waaaa…makasii Nuli~
      Iya nih, kali ini pake bhs Indonesia yang baik yang benar, haha. Iyah, insha Allah bakalan terus nulis gue~
      Seneng baca kalo suka ke blog ini kalo lagi sedih, seneng bisa membantu ^^

  3. Linda T mengatakan:

    Author keren bngt. . .
    Aq suka bngt postingan di blok nie, selalu bikin bahagia, menginspirasi, n memotivasi. . .
    Tiap aq galau banyak masalah, aq baca postingan blog ni selalu bikin terharu. . .
    Authorx keren, pinter,kece badai dah pokokx. . .

    Terus lanjutin y thor nulisx tentang exo. .
    Jeongmal gomawo eoni,(bolehkan aq panggil eoni cz aq masih 93line)
    N fighting. . .
    Eoni jjang. . .

    • lindashin mengatakan:

      wah..makasi ya ^^
      Seneng banget kalo kamu seneng karena baca2 di sini~
      Tambah seneng karena kamu jadi terinspirasi dan termotivasi gegara tulisan2 di sini🙂
      Iyah, panggil Eonni ajah, hehe
      Fighting juga buat kamu~ ^^

  4. Safitri BaekSuDo mengatakan:

    Woww…
    Ngak nyankah author sgat mengidolakan Exo smpai” menjadi kan Exo sbagai inspirasi salutttt.
    Bener bget Exo menginspirasi semua Exotic iank dakh dhy luar sna.
    Gomawo karna udakh kasih info Exo.

  5. kharina mengatakan:

    🙂 ne, sarang is simple..
    I love your journey ..
    I love how you share..
    exo has inspired you..yeah
    exo we love you..
    This is not a competition..
    This is how you inspire more friends..
    lindashin, good luck and fighting!
    hope you enjoy it (Y)

  6. Dwy_agustiani mengatakan:

    Aku pertama kali suka exo jg karena baca fakta2nya diblog ini
    aku emg gak sempet komen disini krn gk pnya email dan wow udah sebanyak ini faktanya thanks oenni sdh ngenalin aku sama exo dan dgn segala macam cerita lucunya
    exo kalo aku liat seperti penyemangat aku jd kalo lg capek sama sekolah exo bner2 jd solusi ah EXO SARANGHAJA

  7. lindA mengatakan:

    Waaahh hebaaat kerennnn….ni bikin saya terharu bacanya,serius dh yg biasanya saya kalau mau baca dh siap2 mau ngakak pi ni jdi serius bacanya tulisanya keren cinta EXO yg menginspirasi semua orang sama seperti tulisan2 kamu di sini yang telah menghibur dan menginpirasi saya untuk belajar supaya lebih baik lagi..
    Keep writing ya chingu,makin sukses ke depannya dan semoga menang kompetisinya..”Fighting”.

  8. auliacho mengatakan:

    Haii thor.. aku suka bca blog author tp bru skrang ngasih komentar hehe,, tulisan author asyik,klo hbis kerja ak pasti cari tulisan author yg baru soalnya bisa bikin ak semangat lgi.. fighting yaa thor buat kompetisi nya !! Semoga author menang.. 

  9. kharina mengatakan:

    I am proud to see your progress, a lot of friends who support you, I’ve read some of your opponent’s competition, have you read one of them? annio?🙂
    I can feel your love for exo.
    You have a real example, and I’ve watched your speech on youtube.
    and from there I see that you sincerely.

  10. daisyorange mengatakan:

    senengnya.. idola jd inspirasi positif. kyak kamu jd insprasi jg buat sesama fans

    • lindashin mengatakan:

      iyah, EXO bagi gue adalah inspirasi positif. Seneng banget kalo kalian juga jadi ikut terinspirasi karena EXO dan tulisan2 gue di sini ^^
      EXO, saranghaja~!🙂

  11. kharina mengatakan:

    gue nonton hitam putih tadi malem..
    special Agnez MO..
    banyak yang bisa kita ambil dari sana..
    wktu nnton itu gue ke inget lu linda oenni, gue malah inget mimpi lu..
    mimpi lu ya yang sbates gue tau aja misal lu mw ke korea main ke rumah tmen lu di korea..
    sama apa aja yang berhubungan sama korea,dll..
    gue makin yakin lu pasti bisa oen..
    gue bukan tmen lu, tapi lu tmen gue..
    iya lu tmen gue🙂
    hwaiting !!

    • lindashin mengatakan:

      hahaha..amin. Iyah, pengen banget ntar gue bisa main ke Korea ke rumah temen gue itu🙂

      • kharina mengatakan:

        oenni udh nntn blm? kalo oenni blm nntn itu oenni musti nntn..😀
        aku pnya tmen korea suka chatting tapi skedar ngajarin bahasa sana dkit”..
        soalnya pake google translate aneh..iyah oenn, orang sana juga baik” ..welcome gitu..

  12. Annisa Icha mengatakan:

    Kali ini kata-katanya benar-benar serius gak ada candaan sedikitpun.
    Terima kasih sudah menulis tentang EXO,dengan begitu aku bisa lebih mengenal EXO lagi.
    Terima kasih sudah setia menulis tentang EXO,dengan begitu aku bisa tahu tentang EXO.
    EXO memang menginspirasi.Baru kali ini aku punya idola artis yang menginspirasi.

  13. ranti_tri mengatakan:

    Eonni anniyong ^_^
    Mianhae baru bisa ngoment blog eonni sekarang, padahal udah baca dari part 1, tulisan eonni yang sekarang bikin terharu banget (╥﹏╥)
    EXO emang menginsiprasi banyak orang, lagunya bener2 bisa mengubah suasana hati🙂
    Oya, udah ada yang liat video EXO-K Dance Practice Overdose gak?? Walaupun d’yotube udah d’block ama SM ajussi, tapi aku dapat dari alamat lain (pantang menyerah), keren bingitt yakk, lagu sama dance nya bener2 daebakk >.< Eonni fighting!! EXO fighting!! WE ARE ONE, EXO SARANGHAJA !!❤❤❤

  14. kharina mengatakan:

    You know how to generate the spirit oenni, please continue leendashinhyunjae.wordpress.com and keep uri just another cassiopeia from exo planet, always hwaiting !!🙂
    #pelukchanyeol

  15. Zalyzanira mengatakan:

    Kakak, sumpah daebakk banget. Jujur baru nemu blog yang sekreatif ini. Kakak bener banget, ngidolain boyband or girlband gak salah asal kita nyikapinnya bener. Jujur kakak jadi bikin aku makin suka exo, kata2 kakak itu positif banget. Jadi readers labil kayak aku itu gampang cernanya. Aku juga gitu kak ngefans exo juga jadi inspirasi ak nulis2. Makasih kakak dan exo, semoga tetap menjadi inspirator banyak orang🙂

  16. kartika mengatakan:

    gw benar2 terharu dgn tulisan kakak😉 pokoknya keren kata2 (y)
    4 jempol buat kakak

  17. diatika mengatakan:

    keren !!
    saya jdi bersemangat setelah membaca tulisan yang ini🙂
    tulisan mbak kata2nya keren

    ini komentar pertama saya ,,
    saya sudah sering berkunjung ke blog ini ,Karna kita sma2 pecinta EXO dan My bias KAI🙂

  18. NandaKusumaArum mengatakan:

    . dari blog_blog yg pernah aku baca, blog unnie paling bgus deh buat saya..!! karena klo ng’bhas EXO psti smpek akar_akar.ny .. lewat tulisan unnie ini, aku jdi bisa mengenal EXO lebih dan lebih lagi.. tanK ^U^ …!!!😀

    salam kenal y unnie ..klo boleh tau .. unnie kuliah ammbil jurusan pa ??

  19. anndtlarasati mengatakan:

    Wah belajarbahasa korea otodidak? Kyaa bagus sekali!

    Lalu bagaimana cinta eonni kepada EXO saat ini? Mereka bukan lagi 12 man. Hanya tersisa 11. Apa cinta eonni pada Kris masih sama, sekalipun bukan bagian EXO lagi?

Tinggalkan Balasan

