I AM INDONESIAN AND I AM PROUD!

Posted: Juni 19, 2014 in my notes

Mungkin ini kali pertama gue nulis sesuatu yang rada jauh dari Korea, walopun bagi gue ada hubungannya juga sie..ga jauh2 amat, hehe. Gue suka musik. Mungkin kalo ada dari kalian yang berteman sama gue di facebook/twitter sering banget ngeliat updetan gue seputar musik. Gue ga bisa main alat musik, ga begitu bisa nyanyi tapi gue penikmat musik. Bagi gue musik itu kayak sesuatu yang secara mudah dapat diterima oleh hati dan ga usah seperti rumus yang harus pake mikir dulu. Kalo hati ngerasa nyaman ketika ngedengerin musik tertentu berarti secara mudah kesimpulannya itu genre musik yang sesuai sama apa yang kita suka, style musik kita lah. Itu pendapat gue.

Gue ga belajar studi tentang musik cuman gue jadi sedikit tahu karena gue suka nonton acara2 musik di TV macem ajang pencarian bakat dan banyak browsing seputar genre musik dan berteman sama orang2 yang suka bikin musik, tepatnya EXO di sosmed. Secara ga langsung gue jadi belajar dari situ. Feel ketika gue ngedengerin musik tertentupun beda2. Setiap genre itu ga sama dan unik. Cuman kalo ditanya genre favorit, gue akan bilang Hip Hop (Rapp), R n B atau yang fusion2 gitu. Gue suka EXO karena menurut gue style musik Hip Hop mereka tuh match sama selera gue pada musik. Selain EXO gue suka salah satu penyanyi Indonesia bergenre Hip Hop juga yaitu JFlow. Dia adalah satu2nya musisi Indonesia yang karya2nya paling gue suka diantara semua musisi yang ada di sini.

Bagi gue rasa suka sama musik itu beda2. Ada yang feelnya jadi kagum kayak gue suka sama keindahan musik Klasik. Ada yang enjoy kayak gue suka hip hop. Ada yang jadi bangkit nasionalismenya karena ngedengerin lagu2 kebangsaa. Semua punya feel masing2 cuman kalo bicara favorit gue suka Hip Hop yang cenderung ke feel enjoy bagi gue. Gue kasih contoh. Indonesia adalah asal dan rumahnya dangdut. Gue suka dangdut. Tapi sukanya gue sama dangdut ga seperti suka gue sama Hip Hopnya EXO misalnya. Suka gue ke dangdut itu lebih ke perasaan menghormati dan bangga karena Indonesia punya musik khas juga. Musik yang dicintai banyak orang di negeri gue sendiri dan musik yang sebenernya berkualitas. Gue jujur dongkol banget sama musik dangdut sekarang yang pada dibikin koplo. Gue menyayangkan itu karena kesannya jadi jorok apalagi dengan lirik dan goyangan yang ga banget.

Mungkin orang2 di sekitar gue tahunya gue Kpopers yang cuman suka lagu2 Korea padahal sebenernya ga juga. Mengenai dangdut tadi gue beneran suka tapi dangdut yang “bener” bukan yang koplo. Gue bangga karena Indonesia punya genre sendiri dalam musik. Kalo Amerika genre yang menonjol Hip Hop misalnya, kita punya dangdut dan itu bagus. Hip Hop sama Dangdut ga bisa diperbandingkan karena memang mereka beda satu sama lain. Jadi menurut gue ga ada istilah yang ini lebih jelek atau lebih bagus dari yang itu karena basicnya mereka beda. Dan perbedaan itu bukan sesuatu yang jelek melainkan sesuatu yang indah dan saling menghargai adalah apa yang harus kita lakukan.

Waktu KKN dulu, sekitar setahun yang lalu gue ngajar di salah satu SMP di daerah Boyolali, Jawa Tengah. Di sana selain ngejarin pelajaran kayak PKN, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris gue jadi satu2nya anggota yang bisa ngajarin lagu daerah (macapat) ke murid2 di situ. Buat kalian yang ga tahu macapat, macapat adalah lagu khas Jawa yang uda punya basic rule sendiri yang bisa diganti liriknya cuman melody, jumlah suku kata sama gatranya ga boleh beda dari pakem. Di situ gue ngajarin 1 lagu dan teorinya lalu gue minta mereka buat 1 lagu baru dari pakem itu. Macapat itu macamnya banyak dan beberapa yang gue bisa adalah Gambah, Pangkur dan Sinom. Gue bisa lagu2 itu karena almarhum kakek gue adalah pecinta macapat. Hampir setiap sore kakek selalu bersenandung di depan rumah pake lagu2 itu jadi otomatis gue bisa dan jadi suka karena bagi gue lagu2 itu indah dan asli Indonesia tentunya. Kenapa gue ngajarin Macapat ke adek2 itu? Karena lagu2 Macapat itu selain budaya asli Indonesia juga lagu yang liriknya ngajarin makna2 kehidupan yang baik, budi pekerti yang penting bagi anak2 Indonesia. Waktu SMP gue inget kalo ada 3 guru yang wajib memberikan pelajaran budi pekerti/etika di sekolah. Yang pertama guru PKN, yang kedua guru Agama dan yang ketiga adalah guru Bahasa Jawa. Kenapa Bahasa Jawa dibawa? Gue perlahan tahu kalau sebagai orang Jawa (gue contohnya) sebenernya kita uda punya etika khas orang Jawa yang sangat baik bila diterapkan dalam kehidupan sehari2. Dan gue yakin ga hanya orang Jawa tapi nilai-nilai luhur budi pekerti yang berakar dari masing2 kebudayaan di semua daerah di Indonesia adalah baik untuk diterapkan dalam kehidupan. Ini macapat gambuh yang gue maksud: http://www.youtube.com/watch?v=RwA2Cw9ZuZM,

Orang Jawa punya tatakrama (unggah ungguh). Salah satu contohnya adalah mereka berbicara dengan bahasa yang berbeda sesuai dengan siapa yang dia ajak bicara (tingkat kesopanan). Anak-anak menggunakan bahasa Jawa halus (krama) kepada orang yang lebih tua. Bagi mereka yang sebaya menggunakan bahasa Jawa ngoko. Sebenernya ini sama aja kayak di Korea. Orang yang lebih muda wajib pake bahasa dengan akhiran yo/da di belakang kalimatnya. Sedangkan untuk percapakapn sebaya/dari orang lebih tua ke orang lebih muda tidak perlu memakai akhiran itu. Anak2 di Korea akan mengucapkan saranghamnida/saranghaeyo pada ibu mereka dan ibu mereka akan menjawabnya dengan saranghae saja. Itu contohnya. Orang Korea gue liat masih memegang tatakrama itu sampai sekarang dan justru mereka dengan Hallyu dan Kpopnya mampu mengenalkan itu ke masayarakat dunia. Mereka bangga dengan itu dan berusaha membuat dunia tahu kalau budaya mereka adalah budaya yang luhur dan baik. Pertanyaan gue adalah, mengapa kita tidak bisa seperti Korea? Mereka begitu bangga dengan budayanya, menagapa kita tidak? Orang Korea memang terkenal sebagai bangsa yang sangat mencintai negara dan kebudayaanya. Meski mereka cukup terbuka dengan budaya barat namun porsi budaya lokal tetap terjaga dan bahkan mereka mampu mempromosikannya ke dunia internasional sekarang. Banyak dari kita yang belajar bahasa Korea dan tahu teorinya namun apakah kita sebagai orang Indonesia sudah cukup paham dengan budaya kita sendiri? Itu pertanyaan bagi gue juga.

Kembali ke musik. Macapat adalah lagu yang sarat makna kehidupan bahwa orang lahir kemudian pada akhirnya akan mati. Semua sudah tertakdir namun untuk mengisi usia yang diberikan Tuhan pada kita, kita harus mengisinya dengan hal yang sebaik2nya dan bermanfaat bagi sesama. Lagu2 itu banyak mengajarkan petuah-petuah yang baik bagi manusia. Dan karena gue ga mau macapat hilang ditelan gelombang Kpop dan sebagainya gue pengen ngajarin itu ke anak2 itu. Ok gue suka Kpop tapi bukan berarti gue ga tahu budaya negara gue sendiri. Itu yang selalu gue pegang.

Gue belum pernah sama sekali ngebahas di blog ini tentang idola gue yang berasal dari Indonesia. Selalu yang gue bahas adalah EXO dan Kpop. Namun sekarang gue pengen nulis ini. 4 tahunan yang lalu tepatnya saat gue masih SMA kelas 3, gue ngedenger lagu di radio yang bagus banget. Judulnya Oh Girl (http://www.youtube.com/channel/UCJ_p9rnHTvIgwaLy35cy_8Q). Gue jadi bertanya2, masa ini lagunya orang Indonesia sih? Karena menurut radio yang mutarin lagu itu katanya itu lagunya JFlow, orang Indonesia. Gue mendadak suka banget sama lagu itu dan itu menjadi lagu Indonesia satu2nya yang paling sering gue dengerin bahkan sampai saat ini. Karena mungkin Kpop terus2an membombardir hidup gue 4 tahunan ini makanya gue jarang updet tentang JFlow lagi. Namun ingatan gue tentang JFlow muncul ketika gue ngeliat project para pendukung Jokowi ngebikin lagu buat ngedukung Jokowi dan diupload di youtube (http://www.youtube.com/watch?v=N9H8IWxZMu4). Beberapa hari lalu gue ngefollow akun twitter Jokowi dan kebetulan ada yang ngelink-in lagu itu di timelinennya. Langsung gue klik dan ternyata JFlow ikutan di situ. Ingatan gue tentang dia mendadak muncul dan gue jadi kepo makanya gue kamaren sempet searching2 tentang dia lagi. JFlow ngedukung Jokowi nih..berarti dia sepemikiran sama Jokowi, itu pikir gue.

JFlow ini nama aslinya Joshua Matulessy. Menurut site http://www.reverbnation.com/jflow, profil singkat JFlow adalah “I’m JFlow, born and raised by the Jakarta air and culture. I love hiphop, and I love music even more. My music is a fusion of everything I hear, see, and feel. Released 2 albums under my belt: 1st Album Facing Your Giants (2008)-Winner for ICEMA (Indonesia Cutting Edge Music Award) Best Hiphop RnB 2010- 2nd Album DREAMBRAVE”.

Kemaren gue sempet searching dia di Wikipedia dan gue cukup tercengang ketika gue tahu kalau dia adalah song writer dari lagu2nya boyband girlband Indonesia kayak SMA*SH dan 7ICONS. Sumpah demi apa gue langsung keinget Hyuk Shin, yang bikin Growl sama Angelnya EXO, kenapa? Karena mereka sama2 kerja buat bikin lagu2nya anak boyband. Bedanya Hyuk Shin orang Korea dan JFlow orang Indonesia. Umur merekapun ga beda jauh, dibawah 35 tahun. Dia multitalent. Kalian bisa baca lebih lanjut di sini http://id.wikipedia.org/wiki/JFlow. Salah satu hal yang bikin gue suka JFlow adalah dia bangga jadi orang Indonesia. Ini cara dia memperkenalkan Indonesia, +62 http://www.tempo.co/read/news/2014/01/22/219547142/Begini-Cara-Rapper-JFlow-Kenalkan-Indonesia.

Gue jujur jarang banget suka musisi Indonesia tapi JFlow is exception. Bagi gue sosok JFlow sendiri dan karya2nya adalah luar biasa. Dia bisa secara idealis terus menghasilnya karya2 hebat bahkan sampai go internasional. Musik dia tuh asik, kalo kalian tahu Neyo, Chrish Brown dan semacamnya nah kayak gitulah JFlow. Genrenya dia yang Hip Hop (Rapp), R & B- nya tuh internationally banget. Sumpah gue bangga ada orang Indonesia yang sangat cinta Indonesia tapi karya2nya bisa diakui internasional. Kalian tahu ga kalo lagu2nya dia malah lebih banyak didonlot di Amerika daripada di sini. Masuk akal sih soalnya musik dia sesuai sama selera pasar Amerika. Kenapa JFlow malah cenderung hanya dikenal sebagai musisi “indie” di negaranya sendiri? Pernah ga liat dia di TV? Pernah mungkin tapi kan ga sesering Wali, Zaskia Gotik atau Soimah kan? Ini wajar menurut gue karena pangsa Hip Hop R & B di Indonesia kecil lain sama Amerika atau Korea yang memang arah musik mereka genre2 kayak gitu. Korea berkiblat ke Amerika sedangkan Amerika sendiri penghasil musik2 Hip Hop dan R & B jadi ini cukup jelas kenapa musik Korea bisa booming. Selagi patokan musik keren adalah yang nangkring di billboard maka selama itu pula musik Korea akan terkenal karena mereka memenuhi kualifikasi musik2 Amerika, kiblatnya musik dunia. Tapi meski penikmatnya kecil itu ga masalah bagi gue karena selera pada musik ga bisa dipaksa dan JFlow adalah ekspektasi gue untuk musik Indonesia dengan genre yang gue suka. Kalian bisa buka akun youtube JFlow untuk tahu musik2nya dia di http://www.youtube.com/channel/UCJ_p9rnHTvIgwaLy35cy_8Q.

JFlow ini projek terbarunya dan uda jelas2 go international adalah lagunya dia yang dipilih MU buat jadi lagu kampanyenya bareng Archilles. Judulnya Rise and Fall feat KOTAK. Kalian bisa liat sendiri MVnya di sini http://www.youtube.com/watch?v=mabLj7B3FB8. Gue bangga sih ngeliatnya karena mereka orang Indonesia men..dan musik yang mereka pake modern banget, ada dubstepnya, gue berasa seneng karena sekarang musik Indonesia uda semakin maju karena mulai menggunakan instumen moden macem dubstep. EXO kan musik2nya banyakan juga dubstep. Lagunya JFlow juga jadi lagu video games International Rush Bros. Keren kan? Gue yakin pasti banyak temen2 di sini yang belum tahu soal ini. Mungkin kalian tahunya artis Indonesia yang bisa Go International baru Agnes Monika ajah tapi ternyata JFlow adalah contoh lain. Artikel2 keren seputar JFlow bisa kalian baca di sini http://music.okezone.com/read/2013/09/23/386/870714/jflow-kotak-siap-temui-manchester-united, http://hiburan.kompasiana.com/musik/2011/09/04/bukik-bertanya-jflow-yang-dreambrave-391349.html, http://magz.hiphopheroes.net/profile/rapper-profile/j-flow.html,

Ini contoh simple kalo sebenernya Indonesia itu ga kalah sama negara lain. Kita punya musisi hebat macam JFlow yang sangat cinta Indonesia dan karya2nya diakui secara internasional. Kita juga punya banyak kebudayaan dan nilai-nilai luhur budi pekerti yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari2 tanpa harus meniru budi pekerti negara lain meski pada dasarnya sama saja. Kita tidak perlu menjadi sopan hanya karena ikut2an orang Korea yang memang sangat sopan pada orang tua karena budaya kita sendiripun mengajarkan hal seperti itu. Tugas kita adalah melakukan revolusi mental agar nilai-nilai etika dan budi pekerti luhur bangsa kita menjadi apa yang kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Gue sependapat sama orasi Jokowi tentang Revolusi mental yang dia gaungkan selama ini. Menurut gue etika, budi pekerti dan nilai-nilai luhur yang bisa digali dari kebudayaan Indonesia perlu kita resapi dan ukir di mental kita dan bisa kita terapkan dalam kehidupan. Mental kalau negara lain lebih baik dari kita harus kita ubah, ga pesimis tapi optimis karena memang kenyataanya ga begitu, uda ada contohnya. Banyak anak bangsa termasuk JFlow yang karyanya bisa diakui di dunia internasional namun tetap sangat mencintai ibu pertiwinya. Dengan revolusi mental tidak mustahil kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.

Sekali lagi, gue suka Korea tapi gue bangga jadi orang Indonesia. Dan gue harap kalian para EXOfans dan Kpopers juga begitu. Terus berkarya dan ngasi kontribusi positif buat negara. Suka Korea boleh namun ga boleh melebihi cinta kita pada negara sendiri. Hal-hal baik dari Korea bisa kita jadikan inspirasi positif dan kita implementasikan untuk jadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi bangsa dan negara. Gue bikin tulisan ini karena basicly gue cinta musik, cinta sama Indonesia dan pengen Indonesia jadi lebih baik dengan revolusi mental. I AM INDONESIAN AND I AM PROUD!

Ini adalah lagu JFlow yang judulnya sama kayak tagline EXO, WE ARE ONE juga sama kayak Theme Piala Dunia 2014 Brasil WE ARE ONE.

WE ARE ONE, WE ARE INDONESIAN AND WE ARE PROUD!

Lyric We Are One- JFLOW

Chorus
We are many we are one living under the same sun
We are many we are one we are one we are one

Verse
We’re a land of more than 15 thousand islands
The ocean people dont just stand down in silence
Its time to get up man, let your voice be heard
The race is on now we gotta be the first
Bhineka Tunggal Ika unity in diversity
Kita pasti bisa together live in unity
Im Indonesian man, and Im proud
One hell of a nation I tell u what
Invaders came here but we kicked them out
Im Indonesian man, and Im proud
Once upon a time in the east there was this land that is so full of bliss
A land so rich we got everything a land so fertile you can plan almost anything
Lets forget the past move forward we got a lot to do
To be the best man its up to me and you

Verse
Cuz these are the truth that you rarely being told
That we’re so rich of oil and gold
And gas and minerals and all kinds of riches
The mountains rivers and beautiful beaches
We were once the leader of the region
Lion of Asia we didnt get for no reason
Your government might issue a travel warning
But right here we miss you so keep on coming
To this land where the people are nice
The spot on earth they call the paradise
Cuz we’re surrounded by the ring of fire
We’re not afraid we will only go higher
Im Indonesian man, and Im proud
One hell of a nation I tell u what
Invaders came here but we kicked them out
Im Indonesian man, and Im proud

Bridge
Now is the time we take our stand
To stay united till the end
We dont give up we dont give in
We dont give it up we dont give it in
Under one flag the red and white
Indonesia, we will be alright

Source: http://jflowrighthere.blogspot.com/2011/10/we-are-one-lyrics.html

You can listen another JFlow’s song here: http://www.reverbnation.com/playlist/view_playlist/-4?page_object=artist_273724

Proud2

 

Komentar
  1. christabele mengatakan:

    aku sangat setuju sama tulisan kakak,aku suka Korea tapi aku juga bangga jadi orang Indonesia

  2. Nata mengatakan:

    aku juga suka J-Flow,,dia termasuk comic yg kalo stand up konten nya tentang Indonesia..
    Oya aku suka sama tulisan2 kamu disini,,daebak..hehe

  3. lindA mengatakan:

    Waah kita sama ding q jg suka dangdut pi yg dangdut asli bkan yg koplo model2 sekrang..walopun q suka korea musik ma drama2 jg pi q tetep cinta indonesia..kita hrus bangga dngan negara kita yg kaya bahasa n budaya..Hidup INDONESIA..

  4. Annisa Icha mengatakan:

    Setuju banget sama kata”nya…
    membangun banget…
    aku prihatin juga,sekarang banyak anak jawa yang gak bisa bahasa krama,sedih banget rasanya.
    banyak sebenarnya artis Indonesia yang udah go internasional dan itu ngebuktiin kalo anak Indonesia berprestasi

  5. Inara mengatakan:

    Aku setuju. Mau kita suka korea seberapapun, Indonesia gak boleh dilupain….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s