RED VELVET, GirlBand Baru SM (Komentar Gue)

Posted: Agustus 2, 2014 in my korean notes

Mungkin bagi para kpopers berita yang sedang rame sekarang2 ini adalah Red Velvet-nya SM. Yup..nama girlband yang sama kayak sejenis kue ini lagi rame banget jadi pembicaraan di berbagai social media. Kalo kalian googling “Red velvet” jangan pada salahin google kalo yang muncul bukan cewek2 girlband tapi sejenis cupcakes warna merah, haha. Red velvet nyatanya emang nama kue soalnya. Hari ini, 2 Agustus 2014 gue liat Red Velvet masih aja jadi trending topic twitter sejak 2 harian kemaren. Hari ini mereka TTWW sampe kira2 pukul 11 PM. Gue nulis ini jam 11.30an soalnya, dan pas gue cek twitter jam segitu mereka uda ga masuk TTWW lagi. Di facebook juga, pada rame orang ngasi komentar (termasuk gue #always). Mereka baru aja rilis MV dan debut di Mubank. Mereka rilis MV 31 Juli 2014 dan 2 hari paska kemunculannya di youtube, MV Happiness sudah dilihat lebih dari 2 juta viewers. Gue sendiri baru liat MVnya 2 kali. Sebenernya di satu sisi WOW juga karena viewersnya uda sebanyak itu tapi di sisi yang lain kalo kalian liat like dan dislike di bawah video, keliatan banyak juga yang ga suka sama videonya. Sekitar 70 ribu orang ngelike dan setengahnya yakni 35 ribu orang dislike. Gue shock juga karena setahu gue dislike biasanya ga sampe sebanyak itu untuk MV Kpop apalagi SM. Itu kalo gue pribadi nandain kalo MV Red Velvet atau Red velvetnya sendiri meski banyak yang suka tapi banyak juga yang gasuka. Kalo kalian liat komen2 di bawahnya (gila itu ada 20ribuan komen masa), banyak banget komen negative tentang mereka. Dan salah satu diantaranya adalah mereka “seperti” mencoba menggeser posisi F(X). Ok gue tahu Amber sama Seulgi atau siapalah itu deket, kemaren upload foto bareng juga, cuman you know lah dunia kpopers selalu sarat dengan yang namanya perang fandom dan haters. Artisnya fine2 aja cuman fans2nya yang ribut. Kalian pasti juga uda pada tahu kan aktivitas Red Light-nya F(X) dihentikan karena Sulli dikabarkan akan hiatus dulu. Mungkin yang ada dipikiran fans (utamanya fans F(X)) jadi kenapa baru ada kejadian kayak gitu malah ada girlband baru yang didebutin dan anehnya konsepnya mirip F(X) lagi. Annoying mungkin bagi mereka, imbasnya jadi ga suka Red Velvet.

red velvet1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

red velvet 2

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai yang bukan fansnya F(X) tapi tahulah sama mereka, yang ada di benak gue ketika ngeliat MV Happiness pertama kali adalah rambut mereka yang mirip F(X) jaman2 Nu ABO, dance mereka juga kayak F(X) dan tema MVnya jungle, kayak indian2 gitu. Tanaman tropis dimana2, jungle banget dan banyak bunga2 juga di atas kepala mereka. Mengingatkan gue sama MVnya Apink yang Secret Garden dan F-ve Dolls yang 사랑한다- 안한다!. Berhubung gue suka bunga, gue suka2 aja ngeliatin MVnya, haha. Namun setelah liat sampe akhir MVnya, gue jadi inget SNSD yang I Got A Boy. Apalagi di part2 akhir ada member yang kayak jadi solo diva gitu (nyanyi sendiri diterangi lampu2 pentas, gue ga tahu namanya siapa), kayak yang dilakuin Tiffany di I Got A Boy. Semula gue cuman berfikiran “ah..mirip F(X)” tapi setelah liat full MV Happiness jadi “mirip SNSD juga ternyata”. Itu sebenernya ga perlu terlalu diheranin sih karena baik SNSD, F(X) sama Red Velvet satu agensi jadi wajar kalo sama. Sama ya karena pasti stylistnya itu2 aja, yang bikin lagu itu2 aja, director MVnya itu2 aja, sama2 orang SM jadi wajar banget namanya sodara sama2an, sepabrik. Gue pribadi sih ga masalah sama konsep Red Velvet yang mirip kakak2nya. Itu bukan salah mereka juga, mereka kan cuman trainee yang didebutin jadi mana ada hak buat nolak apapun konsep yang diberikan agensinya sama mereka. Tapi jujur deh gue ga bisa ngebedain muka 4 member Red Velvet itu sampe sekarang. Gue beberapa kali liat foto mereka di timeline tapi gue rasa mereka wajahnya mirip2 semua. Apalagi foto yang pake crown itu, gue sampe sekarang ga bisa ngebedain. Ini pikiran gue semata apa emang iya, wajah member2nya hampir sama. Kalo F(X) semua member malah gue bisa ngebedain dari awal ngeliat, ada khasnya tiap wajah mereka. Kalo yang ini gue beneran susah ngebedain. Paling gue tahunya Wendy doang gegara dia uda pernah ada MV buat OST MIMI sebelum ini. Dan gue tambah bingung karena selain Wendy ada member Red Velvet lain yang wajahnya kayak Wendy juga menurut gue, nah lo itu siapa, haha #kkaepsong~. Kalo namanya sih gue tahu, IRENE, JOY, WENDY sama SeulGi cuman wajahnya yang kagak apal.

red velvet 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

nu abo

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum mereka debut stage dan MV muncul, gue ngebaca berita ini http://www.allkpop.com/article/2014/07/indie-band-red-velvet-voice-out-against-sm-entertainments-choice-of-name-for-new-girl-group. Berita ini kurang lebih intinya ada Korean Indie Grup yang namanya sama kayak Red Velvet-nya SM. Indie ini namanya Red Velvet juga dan mereka uda pernah bikin lagu juga dan kebetulan di upload juga di youtube. Ini linknya: http://www.youtube.com/watch?v=_ziifL8sIW0. Jangan berharap kalian menemukan banyak komen bahasa Inggris karena namanya grup indie pasti yang suka masih yang lokal2 ajah, orang Korea. Namun kalo kepo sama Red Velvet indie bisa kontak ke Mirrorball Music, akun youtube khusus K-Indie di sini http://www.youtube.com/user/mirrorballmusickorea. Mereka ngomong sama media kalo dengan berbagi nama yang sama dengan Red Velvet SM pasti Red Velvet indie akan menghadapi masa sulit. Ha Hee Soo, salah satu member Red Velvet indie bilang kalo mereka uda ngerilis single mereka tahun lalu dan uda pernah ngadain perform di Hongdae, Korea Selatan. Saat ini mereka tengah mempersiapkan album debut mereka dan mereka jadi shock ketika tahu ada girlgrup dengan nama yang sama kayak mereka mau debut dalam waktu dekat. Mereka hanyalah powerless indie grup dan dengan debutnya Red Velvet SM aktivitas mereka akan menjadi sulit sehingga mereka minta tolong untuk bisa promo seperti Red Velvet SM juga. Gue si jujur langsung prihatin dan kasian banget sama Red Velvet yang indie ini. Ini kan uda kayak Powerfull Company SM VS Powerless Indie Group. Apalagi Red Velvet yang indie juga ga bisa nuntut SM secara hukum karena nama “Red Velvet” sendiri belum mereka daftarkan sebagai hak cipta kekayaan intelektual. Gue belum tahu teorinya sih, apakah nama grup bisa dipatenkan apa ga cuman pertanyaan gue, bukannya sebagai orang yang sama2 bekerja di bidang musik, bikin musik, masa ga ada yang namanya rasa saling menghargai sesama musisi? Ok secara hukum mereka emang ga bisa nuntut cuman rasanya ga adil ajah sama yang indie ini. Pihak Indie ini juga bilang kalo dalam dunia musik ini biasa terjadi dan SM juga sebagai perusahaan musik terbesar di Korea ga mungkin lah fight ngelawan indie band yang ga punya kekuatan, cuman harusnya SM bisa lah ngegunain pendekatan moral. Contoh YG, semua 2NE1 yang kita kenal sekarang namanya adalah 21cuman gegara waktu itu diketahui kalo ada soloist juga yang uda duluan ada dan namanya juga 21 (To Anyone) makanya YG minta maaf ke soloist itu dan mereka mengubah nama itu menjadi 2NE1. Bagi gue yang dilakuin YG ini bener banget, ya walopun mungkin soloist ini juga ga bakalan menang ngelawan artis YG tapi setidaknya kan ada etiket baik, menghargai lah. SM juga pasti tahu Red Velvet indie ini juga ga bakalan menang dalam hal promosi, ngejual album, masuk chart dsb cuman ya hargailah, setidaknya Red velvet dikasih tambahan huruf apa kek biar beda dikit #opinisaya.

red velvet indie

 

 

 

 

 

 

 

 

 

red velvet indie4

 

 

 

 

 

 

 

 

Dan berita yang gue baca selanjutnya setelah hari itu adalah http://www.allkpop.com/article/2014/07/sm-entertainment-and-indie-band-red-velvet-reach-agreement-about-name-use. Gue sih uda menduga hal ini akan terjadi. SM selalu bakal menang, apapun itu, mereka powerful. Di artikel ini intinya 2 member Red Velvet indie uda ngadain pertemuan dengan pihak SM dan akhirnya sepakat untuk tidak mengganti nama masing2 dan akan tetap promosi dengan nama yang sama, berbagi nama yang sama. Ga disebutin sih alesan Red Velvet indie akhirnya bisa sepakat cuman gampangnya pasti karena SM powerful tadi, mungkin mereka juga males berurusan panjang2 sama pihak yang ga mungkin mereka bisa kalahin juga. SM bilang makasi atas pengertian Red Velvet Indie atas semua itu #OK #Yaiyalah. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah “gimana kalo ada 2 girlgrup dengan nama sama dengan backup-an yang berbeda sama2 promosi musik?” Uda ketebak kalo yang indie bakalan sangat susah untuk survive. Tentu orang2 akan lebih kenal dengan Red Velvet SM daripada Red Velvet Indie. SM punya uang untuk bikin apapun buat promosi sehingga uda jelas banget pihak SM lah yang akan menang kalo kita bicara masalah keberhasilan promosi. Meskipun sedih dan merasa kasian sama Red Velvet Indie gue tetap punya keyakinan kalo Indie bakal punya penikmatnya sendiri, sesuatu yang ga mainstream tetep bakal ada yang suka terlepas dari banyak tidaknya fansnya. Gue harap Red Velvet yang indie ini ga berkecil hati, tetep berusaha, berkarya dan jangan sedih. Gue pribadi suka musik mereka. Gue pribadi mulai suka yang indie2 si sekarang.

Sebelum liat MV Happiness gue sempet sedih banget dan kayak ga terima aja. Gue rasa ini ga adil bagi yang indie, gue rasa harusnya SM minta maaf dan ganti nama kayak yang dilakuin YG. Tapi mungkin SM uda korban nyetak huge banner, album uda diproduksi, poster, semuanya uda pake nama itu jadi kayak uda terlanjur aja. Tapi yang gue pikirin adalah kenapa sebelum SM ngedebutin grup mereka ga searching dulu nama grup itu uda ada apa belom di Korea. Kan ada youtube sama naver tuh, masa mereka ga kepikiran buat searching. Apa mungkin ga penting ajah bagi SM buat searching2 kayak gitu segala? Tapi harusnya SM tahu kalo selain Kpop yang begitu mainstream di Korea sana, di Korea ada juga musisi2 Indie yang  juga ngeupload lagu2 mereka di youtube sama kayak SM, YG dkk. Mereka juga punya penggemar dan viewers lhoh. Kenapa SM juga ga searching2 dulu sebelum ngasi nama, apa perlu gue bantu searching? Air sudah tumpah, nasi telah menjadi bubur, gue cuman bisa berharap yang terbaik aja buat yang indie. Bagi 4 member Red velvetnya SM fighting juga buat debutnya dari gue. Sekali lagi mereka bagi gue ga salah, SM yang menurut gue telah melakukan tindakan yang kurang tepat. SM, please lebih memperhatikan sekitar. Gue tahu kalian perusahaan, bisnis, cari duit cuman sebagai pihak yang bikin musik harusnya lebih care sama hal2 kayak gini dan tolong ntar kalo bikin grup lagi searching dulu uda ada yang punya/belom. #ngomongsendiri #SMmanadenger #sudahlah *YangPentingNulisYangAdaDiPikiranSaatIni*

Kemaren malam gue kaget karena tahu yang bikin Happiness orangnya sama kayak yang bikin WOLF-nya EXO dan I Got A Boy-nya SNSD. Dia adalah http://12one.net/will-simms/, orang ini salah satu composer yang uda beberapa kali bikin lagu2 hits di SM. Gue ngasi message ke dia kalo gue abis liat MV Happiness dan lagunya bagus. Gue ga bisa boong kalo itu lagu emang bagus. “Oh jadi benang merahnya ketemu sekarang”, pikir gue. Gue pertama kali liat MV Happiness langsung kepikiran part Tiffany I Got A Boy yang singing like a diva soalnya. Gue inget2 lagi dan sepertinya pernah denger tipe lagu yang kayak gini, mungkin yang bikin orang yang sama dan eh ternyata bener. Gue bilang lagi kalo Happiness menurut gue juga bakal jadi big hit di Korea sana kayak lagu2 bikinan dia sebelumnya. Cuman gue juga bilang kalo sebenarnya nama Red velvet itu berbagi nama yag sama dengan Korean Indie Grup. Gue bilang juga yang indie ini uda ngomong ke SM dan uda ada meeting dan akhirnya sepakat buat berbagi nama yang sama. Gue bilang juga gue kasian sama yang indie, kayak powerful company VS powerless indie. Gue kasih juga itu link Red velvet indie di youtube ke dia. Gue minta pendapat dia dan dia ngejawab kalo dia ga tahu menahu tentang itu, surprise juga tapi berharap keduanya dapat sama2 berkarya dan mendapatkan hasil yang baik. Gue lega sih akhirnya bisa ngomong ke orang yang gue rasa tepat setelah 2 harian kesel gegara dibombardir berita itu. Kembali lagi ke yang tadi gue omongin, fans mereka pasti beda. Baik yang indie dan yang mainstream secara konsep uda beda, lagupun genrenya beda, penikmatnya pun akan beda jadi biarlah kedua2nya menempuh jalan musik masing2.  Gue uda legowo sama yang terjadi kemaren. Ok gue emang kesel di awal cuman setelah ngobrol dikit sama yang bikin Happiness ini gue rasa emang ga ada gunanya terus2an kesel. Song and music is for happiness, so why I feel bad for long time? Hope both of them will always happy, #happiness ^^

Komentar
  1. Pipit peistiani mengatakan:

    pertamax kah? ah ye aku juga kesian sama band indie itu rasanya kok ngenes amat ya??? aneh deh sama sm -_-

  2. desinatasia mengatakan:

    mimin keren banget..cari info yg bener2 dapat di pertanggung jawab kan bukan asal nulis atau nyomot punya tetangga sebelah atau pun ngerangkum komen2 orang d sosmed…daebakkkkk buat mimin… \(^-^)/

    klau soal RED VELVET aku kurang suka konsep nya…tapi RED VELVET nya aku suka…mereka itu cewe2 yg punya bakat,suara dan wajah yg cantik…terutama seulgi aku suka suaranya…tambah suka dia pas dia duet bareng henry SJ-m…ya biarlah waktu dan SM yang menjawab bagaimana nasib RED VELVET kedepan nya…

  3. etmafatma mengatakan:

    kkk ~
    itu kalo rambut mereka g diwarnai aku g bisa bedain siapa ini siapa :p
    jujur sih lagunya eyecathing buat aku tapi tetep cuma enak didenger aja laennya biasa aja jmp aja sih :p

  4. kellyhyun20802 mengatakan:

    kak,,, aku dulu juga bingung pas liat member”nya Red Velvet… kakak ingetnya lewat rambut”nye aja… gampang kalo dari rambutnya…

  5. daisyorange mengatakan:

    aq sih biasa aj ma ni gb, mungkn krn aq bkn fans fx x ya. smpt kget sih wkt tau sm bkl debutn gb baru krn kesannya kok kyk trburu buru tp gk tau jg ya namanya dbutin grup psti sgl sesuatunya dah di siapn palagi Sm punya. ttp aj aq rasa ksannya maksa soal wktu x ya. tuk ukurn sm kyknya ktg WOW aj dbut x ni
    blom liat mv tw dngrin lagunya jg sih, tp hati manusia syp yg tau ya mungkn aj nanti2 bs jd suka kbrnya suara mrk bgus2 cantk lagi ya. tp skrg ni sma skali blom trtarik. tp pnsaran jg ma masa depan ni gb.
    semngat aj buat red velvet kurg dukungan n kurg dtrima diawal pst buat mrk kerja kras bgt, hrus nunjukin kalo mrk layak buat d sukai gk tergntung ma nama besar Sm dn promosi dr senior

  6. eunsoo mengatakan:

    Haha,cukup perhiatin sama red velvet indie tapi kan mereka udah sepakat.kalau aku paling suka irene dia cantik banget.
    sama juga sih kaga bisa bedain mukanya cuma inget warna rambutnya,coba aja rambut mereka sewarna bingung dah.

  7. Sufilaila_ mengatakan:

    dulu pas SNSD bikin lagu MR. MR trnyt juga ada boyband dg nama MR. MR. cuma Agencynya kecil skrang Red Velvet juga…pas Comeback TVXQ juga kbtulan sama2 something sm Girlsday.,. Btw saya gak begitu familiar sm lagu2 kayak gitu… jd agak gak suka aja… Lagian bner2 temporer ya… musicnya terdengar banget khas perkusinya… yang gedung amerika gak ikut dibahas juga?:V

    • lindashin mengatakan:

      Kalo Mr.Mr sama Something kan cuman judul lagu, bukan nama grupnya jadi menurut gue ga masalah. Kalo gue sih suka ama yang indie2 gitu, penikmatnya juga ada meski sekmennya tertentu. Namanya indie ya lagu2nya tipikal begituan. gedung WTC sama Hiroshima Nagasaki? Ngapain gue bahas, uda didelete jg sama SM. Berpositif thinking aja kalo gue , mungkin memang bener mereka ga melakukan itu dengan sengaja. Kalo pic2 kayak gitu Uglynya 2NE1 juga sama.

      • Sufilaila_ mengatakan:

        klo MR.MR judul lagu versus nama boyband FYI… jadi kasihan yang nama boyband tenggelem digoogle dan media jerjasos… mungkin yg indie nantinya jg sama tenggelem dijerjasos/ media pencarian kalo sainganya udah terkenal RVnya SM…resiko duniaentertaiment gini deh…

  8. dania mengatakan:

    keep writing like this! Biasanya males banget baca blog beginian. soalnya author nya suka alay+GJ. tapi blog ini luar biasa! suka deh {} tatakrama penulisan nya bagus. nilai bahasanya 100 ya mba? mhehehe. Fighting!

  9. yua mengatakan:

    komen aku ttg RV
    debutnya cepet bgt, beda kyk exo yg teasernya numpuk berbulan bulan sampe 23
    klo RV cuma video teser sama foto terus debut deh
    tp aku ngefans bgt sama RV sumveh deh bias aku irene ‘gak ada yg nanya’
    miris aja liat exopens ato haters pd ngebash RV krn hoax yg gk jelas
    emng apa salah RV mungkin menejemennya yg mesti di bash haha
    abisnya SM gitu bgt deh sama RV, kan makin bnyk haters RV tp aku yakin bgt klo RV kayak exo yg awalnya banyak yg benci tapi krn mereka bisa nunjukkin kualitas mereka akhirnya yg jd haters pada ngefans deh :v
    aku bisa dong eon bedain membernya awalnya jg mikir muka membernya mirip smw,
    kalo diliat mereka berbeda kok ada khas nya mngkin krn keseringan nonton MV sama live stagenya jd bisa bedain dah
    bukan cuma RV sih liat BB ato GB yg baru debut aku jg bingung bedainnya termasuk exo dulu. :3

  10. mimi mengatakan:

    aku sukaaa bgt sama nih GB selain snsd
    org nya berbakat suaranya bagus apa lg wendy
    awal debut emng nih GB cobaannya banyak bgt dari konflik nama, logo sama mv yg katanya menghina jepang sama amerika kalo gak salah
    harusnya SM bisa menuntaskan semua masalah itu
    krn ntu masalah RV jd di cap jelek dan bnyk bgt haters nyaaa pdhal kan agensinya yg gitu bgt -__-
    satu lg mreka dibenci jg krn deket sama member BB di SM ngakak aja sih liat fans yg suka bash krn idol cowok nya deket sama hoobae yg satu agensi. labil bgt
    red velvet emang sasaran empuk bgt sekarang, mungkin masa baekyeon udh pada lupa hahah
    semoga Red velvet makin unjuk gigi dan bersinar kayak sunbaenya
    jgn capek ya eon baca cuap” aku, gk dibaca jg gak apa sih😀

  11. risma3194 mengatakan:

    wow.. ok reviewnya bagus hehe
    ada beberapa point dari author yg gw setuju..
    but gw tetep dukung red velvet..
    ini gb kedua yg bikin mereka bisa bikin gw suka kpop selain snsd
    btw.. gmn caranya lo bisa kontak will sim itu thor? wah gw penasaran.. lo keren bgt bisa komunikasi sama dia
    keep writing thor
    god bless you

  12. Pit mengatakan:

    Kasian juga sama red velvet indie, mereka juga pasti bakalan susah dikenal(sama yg blm tau)
    soalnya setiap orang searching girlBand red velvet, pasti yg ditemuin dari SM, secara mereka bernaung di agensi raksasa yg udah terkenal,
    Jadi makin sulit aja orang mau kenal/tau red velvet yg indie.

  13. tata mengatakan:

    Gue baru liat mv red velvet hari ini
    gue berasa kudet banget
    gue lagi fokus sama EXO & BTS #sori ngomongin BB lain
    dan menurut gue mv nya yahh lumayanlah
    cuma emang ini beda dari SM yang biasanya menurut gue
    gue kaget pasa denger suara mereka nyanyi kayak anak kecil banget
    apalagi wendy yang pernah ngisi ost mimi
    tapi yaudahlah itu konsep yang mereka pake
    dan lagi bener banget rambut mereka sama kaya f(x)
    soal nama yang sama
    disini SM gak profesional banget
    gue jadi kasian sama yang band indie itu jadi susah buat promosi
    dan buat 2 juta viewer menurut gue itu wow banget buat sebuah grup
    ya gak heran sih karna mereka naungan SM yang jelas” udah menghasilkan karya yang luar biasa diluar itupun karna senior mereka yang udah sukses makanya junior mereka jadi perhatian banyak orang
    juga mereka itu udah dikenalin dari tahun lalu yah gak heran kecuali joy
    Dengan kesamaan nama semoga mereka gak fanwar

  14. alyaaria mengatakan:

    eon, SM kalo gasalah bilang kalo RV itu semacam ‘komplikasi’ f(x) dan SNSD, tapi gatau juga sih. aku juga kaget ketika banyak dislike di MV debut RV.
    selain nama gb yang sama kek band indie, logonya juga sama persis kek logo tas merk italia yang aku lupa namanya, ada di allkpop. segitu aja sih yang aku tau tentang RV

  15. Kjungxoxo mengatakan:

    dari awal red velvet keluar. rada gimana gitu..
    katanya sih konsepnya campuran dari snsd sama f(x)..
    Tapi menurut gua red velvet itu buat saingan sistar miss a 2ne1 mungkin..
    gua bingung kenapa pas banget sulli hiatus, SM malah debutin red velvet yak? buru buru banget kesannya..
    beda sama debut exo yang teasernya bejibun numpuk ampe tumpeh dimane mane dah..
    dulu waktu exo debut, super junior hiatus..
    sekarang red velvet debut, KATANYA f(x) hiatus..
    entar AVE debut, sape yang hiatus?
    wkwkkwkwk ..

  16. jujur aja pas gue pertama liat red velvet ini dan liat komen2 orang tentang mereka kasian bnget dh malah mereka yg disalah-salahin seakan2 f(x) n sulli hiatus itu krna mereka pdahal juga mereka untuk bisa debut sampai sekarang bukannya dengan instan jg itu kn perlu perjuangan juga
    dan kasian jg buat red velvet indie mereka kliatan bnget pasrah gt ga bsa ngebela haknya
    entah kenapa untuk tahun ini petinggi2 SM rada2 error gini =_=,kasian t artis2nya

  17. Raden Iqbal mengatakan:

    Yabg di maksud band indie itu apa ya? Hehehe:D #mian

  18. syoffgisyoung mengatakan:

    Pas aku nonton mv itu aku ngerasa itu kaya bukan sm karena konsepnya biasa aja dan bad editing,tapi kasian sama red velvetnya tertekan,soalnya mereka kan udah trainee lama dan mereka gakbisa nolak,terus mereka juga terus dibully sama fans f(x) dan itu bikin mereka down banget pastinya

  19. dies mengatakan:

    Chingu, q copy kata2 chingu yg plg akhir boleh ya, yg bhs inggria xD xD

  20. byun aKAIsha mengatakan:

    maaf sebelumnya min.
    tapi menurutku, ga baik juga mimin pake nulis yg isinya banding2in SM dgn agency lain.
    readers mimin kbnyakn msh labil min, msh pd kecil, mereka psti iktan🙂
    iya, semua yg mimin bilang bener jg. tp ya mungkin SM mank g da waktu buat searching2. artisnya aja sibuk, apalg staffnya-_-
    mereka ga kepikiran jg mgkn ada nma grub ky cake sebelum mereka kepikiran. atu lg, yg pnting SM kan bertindak, ga peduli lama cepetnya, atau sapa yg plg kaya atau berkuasa, q yakin, RV indie pasti dapat sesuatu yg sebanding. kan min yg nulis indie it g se mainstream it, jd mereka dari awal pasti tau.
    hmm kenapa q bilang gini? q ga cinta kok am SM-_- tp q cinta ama apa yg di buat oleh SM, terlepas dr smua berita2 yg ada, aku makasi bgt ma SM uda bikin org2 yg bsa buat mood naik, galau ilang, dan ngakak ampe d kata2in temen2–
    jd q gaperna mau ngebashing2 ap pun kasus SM biarlah, toh it ga bkal merubah bnyak hal. hmmm maaf ya min🙂

    • lindashin mengatakan:

      siapa yang ngebandingin? gue cman ngasi komentar aja. Lagian emang bener kok namanya sama, SM mengiyakan dan mereka uda ada meeting juga. Kalo gue sih yang penting nulis ada faktanya aja, ga terlalu peduli yang ngebaca suka/ga atau SM suka apa ga.

  21. XIUMIN-My mengatakan:

    Mungkin emang uda jadwalnya kali..
    sebenernya sh, cukup masuk akal kok..
    the grace dulu debut 2th stlh dbsk, snsd 2th stlh suju, fx 1th stlh shinee, dn sekarang red velvet 2th stlh exo.
    emang uda jadwalnya kali..
    ak juga perna bca, SM itu debutin girl grup untuk boy grup nya. gitu sh katanya, walaupun di barengi ama kasus fx gini, pasti debut RV uda di siepin dari jauh jauh kan?
    jadi menurutku emang, uda jadwalnya..

  22. XIUMIN-My mengatakan:

    maaf min sebelumnya.
    tp mnurutku, ga baik jg klo min pake bnding2in SM am agency lain.
    memang, apa yg min blg it bener, tp menurutq g usa gt bgt. q g cinta am sm– tp q cinta am ap xg mrka buat, jd q mksi bgt^^
    mkax ga ngikut komen yg gimana2, ttg kasus sm, tp q g nyalhn mrka, ntr beritax jg ilang, dan min pasti tau kbnyakn readersmu msh kecil, msh labil, pasti ikut2🙂
    klo bole crita min, q pnya tmen fan kris xg 3th lbh kecil dr q, pas kris keluar smsx bnr2 over, q ngerti kok, dy blg “ini krna SM it gini, gitu, suka gni, ska gtu” tp q blg, “ah ga”
    “ga gt kok” “org kris klo males latian bolos._.”
    eh lama2 pndanganx jd sama kek q xP
    maaf q berani blg gni gegara bca komen heecul ttg outx kris.
    dan nurut q artisx aj sibuk, aplg staffnya, mkn krna it, mrka g smpt searcing2, ato mrka g kepikirn bkal ad nama gb kaya kue selain mrka.
    dn q yakin, RV indie psti dapet sesuatu yg sbnding dr SM, mau it cepet bgt, sm power or what!
    hmm maaf y min🙂

  23. byun aKAIsha mengatakan:

    eh maap2, ak kira komenq g msuk, komen lg malah ngkt nama yg di atas#gubrak-_-
    aku g perna blg g suka am tlisan mimin._.
    q sering kesini kok, bhkan jd refrensi ttg exo. cm buat xg ni,aku cuma gmana y?
    aku jg sama kok jengah, tau namanny sama, yg q mksd d sni, mrka kan uda kelar masalahnya, yauda.-.#plakk
    q jg puna blog xg isinya kek mimin, dan sbisa mgkn q ga nulis apa2 yg ‘menurut ku’ bkal bkin gmana2 (maap, q orgx sensitip–)
    sama skali gada mksd mau bkin min trsingkuk kok, q cuma komen, sama kek judul postingan ini, skali lg maaf y^^

    • lindashin mengatakan:

      gue disini kan juga bilang mereka uda ada meeting, sepakat dsb. Gue juga uda tahu kalo udah kelar ya udah cuman gue kan cuman nulis runtut kejadian dari awal. Kalo gue ya jelas kasian sama yang indie, ini preferensi gue jadi gue condong ngebela yang indie. Gue ga benci sama red velvet cuman gue kecewa sama SM. Ok SM uda berjasa buat banyak orang cuman ga adil aja bagi gue buat yang indie itu.

  24. byun aKAIsha mengatakan:

    seperti kata mimin, SM kaya-__-
    jd pas liet beritax, q uda tau endingny gmana, jd q yaudalah, no komen, ga bela sapa2 RVI sabar aja#plakk
    RV sm jg kasian soalx., kya kta mimin, mrka mana tau.
    kalo d pikir2, rejeki uda ada yg ngatur*apaini
    cm q takut aja(?) mimin readerx bnyk, dan q sering bgt nemu repost tlsn mimin d page2 fb, tau ndri pan admin page fb it sapa aja?

    gegara keseringan begaul ama anak kecil jg sh, jd kya gini-.-
    mereka wow bgt, q bnyak belajar dr mrka._.*gananya

    skali lg maaf ye min.
    oiya, q bnrn sering k sni kok ><
    kalo mau(?) min cri aja id yg "byunilla" xD
    #dilemparsendal

    • lindashin mengatakan:

      masa? gue malah ga tahu tulisan gue sering ada di facebook. Takut gimana sih maksudnya? Anak kecil? Hubungannya apa? Sorry ga ngerti.
      Tapi gapapa kok, gue terbuka sama semua komentar cuman gue punya pendapat/komentar sendiri aja🙂

  25. blingsehun mengatakan:

    wah.. keren kak.. gak terlalu tahu menahu sih tentang girl band baru ini tapi setelah baca ini jadi agak tahu lah..😀
    ya udah pasti red velvetnya SM yg menang.. bb ama gb nya aja rata rata terkenal smw..

  26. Park EunRin mengatakan:

    Bukannya ngebela Red Velvet ya.. Tapi.. Emang katanya mereka ngusung konsep SNSD dan F(x), aku lupa baca beritanya dimana._.
    Teros yang nyanyi sendirian itu Wendy, hafalin aja warna rambutnya:
    •Pink—Irene
    •Oranye—SeulGi
    •Biru—Wendy
    •Hijau—Joy
    Aku juga gk apal wajahnya._.
    Kalo MV-nya hampir mirip sama yang lain sih biasa, hobinya SM-,-

  27. voodobaby mengatakan:

    ya taukan sm sekarang lagi gabener or somewhat like that la,lagi banyak konflik entah apa, menurut gue ada yang sesuatu sama sulli yg bikib fx berhenti promosi,waktu jaman nu abo aja fx tetep promosi biar tanpa amber,aneh aja grgr sulli jadi berhenti promosi,nah buat nutupin keanehan itu rv didebutin, mendadak banget waktunya,dan waktu yg gatepat itu yg bikin banyak yg gasuka’mungkin’, taulah dunia entertaiment gmn,kalo ada skandal,bakal dibuat skandal lg yg lebih besar buat nutupin skandal sebelumnya,mungkin ini titiknya,waktu itu juga abis kasus kris lawsuit sm langsung ngumumin baekyeon,kenapa ga dari dulu aja? wkwkw gataulah ya,

  28. Acha Kim mengatakan:

    Yaaaa mirip2 kasus MR MR, bedanya ini lagu VS boyband. Mnrt gue sih Mr Mr hrsnya sedikit seneng, dgn nama mrk dipake bwt lagu snsd berarti rate mrk sedikit naik kan?😀
    SM buru2 debutin RV gegara gk mau kalah ama agensi sebelah tuh-_- Eh iya eon, gue blm nntn Happiness masa’-‘
    Judul lagunya mirip lagu SUJU, beda genre sm grup doang.
    Soal konsep RV, denger2 mrk gabungan konsep snsd sm fx kan?

    • lindashin mengatakan:

      iyah gabungan f(x) snsd. Tapi walaupun gue belum baca langsung dari sm gue ngeliat MVnya ajah tahu kalo itu produk gabungan. Kalo gue sih judul mirip gamasalah. Kalo nama grup mirip itu yang agak masalah.

  29. Alycia mengatakan:

    Aku dari awal kurang suka sama red velvet..
    Selain wajah nya sama semua…..lagu nya jg gak begitu mengena di aku..
    Bagus an red light bingiiitttttt
    Beruntungnya mereka yg megang sm ent ajja sih…
    Its not unik..coba rambut nya gak d warna lain lain..tmbah bikin pusing hahha
    Bagusan juga F(x) bingit
    Klo gak AOA punya FNC ent 😁

    • lindashin mengatakan:

      Itu sih hak kamu buat suka/ga, gue cuman nulis komentar gue ajah, hehe.
      Emang sih kalo baru liat sekali 2 kali wajah mereka kayak sama (gue juga, bukan sekali dua kali doang malah, masi ga apal2) tapi kalo uda sering liat bisa hafal juga apalagi ketolong warna rambut yang beda2🙂
      Kalo red light gue malah ga terlalu tahu sih, kurang suka konsepnya soalnya, hehe. Lirik juga belum baca.
      Kalo AOA gue malah ga tahu sama sekali jadi ga bisa komentar, hehe.
      Meski mereka dipegang SM tapi kan mereka ikut audisi juga, ga gampang jg lhoh jadi traineenya SM. Itu fakta.
      Kalo kamu ga suka mereka ya gapapa sih, mereka juga ga minta kamu suka mereka kok, hehe. #peace🙂

    • Nita mengatakan:

      secara penggemar fx jelas red light WOW donk😀
      akh sih ga ada kata benci bencian sesama agensi mh!

  30. Nita mengatakan:

    Gw kagak benci red velvet tpi gue benci SM 4 thun sekiranya F (x) bekerja keras tpi sm g pernah ngehargain… fx tu bsa kali kya senior senior nya penggemar fx tu bnyk yg sdikit tuh Promosinya..
    Greget sumpah kesel bgt kampret SM…
    g punya hati inget wktu di tokyo😥 dn bnyk lgi g trhitung

  31. Nita mengatakan:

    Sblmnya maaf jadi curcol!
    comeback RED LIGHT tahu ini DAEBAK tpi semua itu kerja keras dan kesabaran nya fx yg udh lama ngebatin apalagi penggemarnya ngebatin bgt!
    Wajar klu q sng karena kambek red light, iya lah secara 4 thun gtooh fx trbelakangi…dan saat red light kambek bgus bgusnya 1. semua promo di hentiin tiba tiba 2.abrakadabra RV datang dgn happines nya,3.ulli pun vakum… (susun aja deh mna awal mna akhir)

    ayaya cobaan apalagi yg di dpt idola gw rsanya trlalu menderita😥

  32. Nita mengatakan:

    mksd gw promosi kurang tuh g dikasih kesempatan yg lebih buat bisa konser lah promo lah dll

    non penggemar mna tempe!

  33. Nita mengatakan:

    secara penggemar fx jelas red light WOW donk😀
    akh sih ga ada kata benci bencian sesama agensi mh!

  34. tyasu mengatakan:

    gue kasihan sama red velvet indie kk. yg egois sih SM nya menurutku

  35. 6ndraw_ mengatakan:

    Sejujurnya, gue suka banget kak bisa baca WP ini. Pas baca yang tulis, gue juga kaget pas tau ada RV yang dari Indie jg. dan mereka jg pasti gak bisa berbuat apa2. keepwriting like this, who always had many knowledge, and would share it to everyone. thanks banget kak buat Infonyaa😀

  36. lee shin hwa mengatakan:

    aku heran, sulli kok pacaran dg gaecko. dia khan dh tua. khan bnyk yg msh muda muda.

  37. Karimulia mengatakan:

    wow, Lind.
    Maaf gw sulit buat ngungkapin isi pikiran gw, mau koment ja bingung mulai dr mana, kaya apa😛, intinya gw salut sama tulisan U.
    U ngepost tulisan ga asal ngluarin uneg2 U tanpa dasar yang jelas, U mau investigasi sono sini baru U ngasih koment thd hasil investigasi U.
    Jadi sbgai pmbaca gw seneng & banyak info baru yg gw dapat. U know what I mean kan Lind??😀
    Pokoke mantab, kembangin terus bakat nulis U Lind

  38. Sava mengatakan:

    Kalau nama fans nya red velvet apa min?

  39. ika mengatakan:

    telat sih bacanya..cuman pas ada kata” apa SM ga search ada nama group indie…mungkin mereka emang udah tau…di korea kan ngeri tuh tentang kek gitu..bisa aja sm emang kasih nama itu sengaja biar saat mereka debut ada berita ini…soalny ga bisa dipungkiri berita ini juga ngedongkrak bgt kan…jd ya ini masuk ke skenario.a sm…mnrt gw sih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s