Nama Fandom Resmi EXO, EXO-L (Komentar Gue)

Posted: Agustus 5, 2014 in my korean notes

Barusan gue liat allkpop di timeline facebook dan excited gegara ada artikel kalo nama fandom resmi EXO diumumin hari ini. Hari ini, 5 Agustus 2014 tepatnya pukul 12 PM waktu Korea (KST) nama fandom resmi boyband Korea favorit gue dan kalian diumumin. Guess what the name? EXO-L nama fandomnya chingudeul. Buat lebih jelas kalian bisa buka sendiri artikelnya di sini: http://www.allkpop.com/article/2014/08/exo-announce-fanclub-name-exo-l.

exo l1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi ini model perekrutan *Jiahh perekrutan..haha* fansnya EXO lewat mobile app chingudeul. Ini page infonya https://exo-l.smtown.com/. Kalo hp kalian smartphone kalian download aja aplikasi ini di google play atau apple strore buat register jadi fansnya. Bisa juga pake komputer biasa, tinggal register di website itu ajah. Nah kalo kalian uda daftar di fanclub itu kalian akan dapat barcode special dan mobile membership card yang bisa digunain buat ngeakses secara eklusif berbagai konten2 tentang EXO mulai dari schedule mereka, exclusive chatting event dan quiz yang akan dimulai Agustus tanggal 6 ini. Acara ini adalah untuk ngerayain launching nama fansclub mereka. Gue barusan buka page ini tapi servernya down. Mungkin banyak banget yang akses jadi lama banget kebuka. Gue pengen capture beberapa tampilannya cuman ga bisa. Ga heran yah fans EXO kan banyak banget dan mungkin saat ini lagi pada kepo sama websitenya jadi down gitu deh pagenya. Mungkin beberapa jam kemudian uda balik lagi. Pas gue liat tadi uda sekitar 10.000 fans yang register. Jadi tampilan webnya ini kayak luar angkasa gitu chingu terus setiap member EXO kayak rasi bintang yang saling terkait dengan lambang masing2 sesuai dengan konsep mereka MAMA. Simple sih tapi keren menurut gue. Kayak Cassiopeianya DBSK, EXO juga pake visual rasi bintang buat fandomnya.

exo l

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di youtube, EXO juga uda ngasi video message tentang peluncuran nama fansclub mereka chingu. SuHo ngasi tahu kalo nama fandom resmi mereka adalah EXO-L dan Chen ngasi penjelasan alasan dibalik itu. Dia bilang huruf L ada diantara K dan M dalam alphabet jadi mereka berharap EXO-K, EXO-L dan EXO-M akan jadi SATU rangkaian kayak abjad itu. Mereka berharap  EXO akan selamanya bersama dengan EXO-L (fans mereka), keren yah? EXO K+EXO L+ EXO M = ONE. Ini sama aja kayak konsep WE ARE ONE-nya EXO dari jaman debut dulu yang artinya EXOmember dan EXOfans adalah satu. Kalo kalian baca di EXO-L official website dijelasin kalo EXO-L adalah kependekan dari EXO-LOVE.

Join the Official Fan Club, 'EXO-L' for EXO.mp4_snapshot_00.40_[2014.08.05_14.38.16]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Join the Official Fan Club, 'EXO-L' for EXO.mp4_snapshot_00.47_[2014.08.05_14.38.38]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Join the Official Fan Club, 'EXO-L' for EXO.mp4_snapshot_01.32_[2014.08.05_14.39.28]

 

 

 

 

 

 

 

 

Hal pertama yang terlintas di benak gue ketika tahu nama fandom kita (EXO-L) adalah L itu inisial nama gue Linda #gubrak #abaikanini #haha #kkaepsong~ #teleportbarengKai. L lain yang terbersit adalah membernya Infinite si Myung Soo aka L. Dan L yang lain adalah karakter L dalam Death Note *favorit gue banget ini karakter, Kenichi Matsumaya~*. Sempet juga tadi kepikiran anaknya Ahmad Dhani si El, hehe #abaikan. Banyak juga yah L itu ternyata, bukan nama yang bener2 baru kita denger. Kalo ngomongin tentang L, ini sebenernya secara ga langsung EXO sendiri uda ngasi kode lewat gesture2 dance mereka di OVERDOSE chingu. Inget ga dance OVERDOSE di awal2 yang Kris sama Sehun keliatan ngebikin sign L pake jari tangan? Oh itu ternyata artinya, EXO-L #ngeh. Dulu batin gue “itu maksudnya apaaan?”. Eh ga taunya kode. Kalian nonton Mr.Chu Apink ga? Nah itu member2nya pas lirik Chu kan juga ngasi sign L. Gue kira dulu itu mereka kode2an, hahaha.

[kpopexciting] EXO-M - Overdoze (140420 CCTV1HD The global Chinese Music List).mkv_snapshot_00.05_[2014.08.05_15.08.01]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

140527 EXO OVERDOSE Full Cut namja1to4.mp4_snapshot_00.51_[2014.08.05_15.10.00]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

140608 EXO 중독.mp4_snapshot_00.03_[2014.08.05_15.10.30]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

APINK - Mr.Chu.mp4_snapshot_02.41_[2014.08.05_15.13.00]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DSC_0587

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kenichi_Matsuyama___L_by_moustacheasouris

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L dalam angka Romawi artinya 50 dan dalam rumus matematika artinya long (panjang). Semoga L kayak gitu juga yah..fandom yang bakal long last, bakal panjang, sekarang atau 50 tahun lagi, hehe. Dulu kan rame EXOTIC, terus EXOstan terus EXOfans biasa. Ga tahunya EXO pada akhirnya malah milih sesuatu yang simple tapi maknanya dalem kayak gini yah chingu, keren. Oya, gue pernah baca kalo fandomnya NUEST namanya LOVE. Mungkin ada sebagian orang yang nganggep “lhoh kok sama kayak NUEST?”. Kalo gue sih bilang mereka beda. Fandomnya NUEST kan LOVE bukan EXO-L (EXO-LOVE). Meski mirip2 kan ga sama seratus persen, lagipula konsepnya juga beda. Selain L singkatan dari LOVE,  makna lainnya juga ada yaitu tentang korelasi huruf K.L dan M dalam alfabet. Gue harap ga ada fandom yang bikin fanwar ama kita cuman gara2 ini doang. Gue harap nama fandom EXO-L ini ga bakal jadi fanwar dimanapun.  Sayang banget soalnya nama fandom kita yang keren ini ternoda oleh fanwar yang ga beralasan.

exolove

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

l

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalo gue pribadi sih setuju banget sama nama fandom ini karena meaningful ajah. K,L,M..bisa pas gitu, pinter yang bikin. K untuk Korea, M untuk Mandarin dan ditengah2nya L (fans) #perfect. EXO ide2nya dari MAMA uda selalu terkonsep sih, keren. Mereka selalu pake simbol2/tertentu. Dan asiknya L ini mudah ditiruin pake tangan kita masing2 chingu, keren kan? hehe. Kayaknya sign L pake tangan akan ngetrend dalam waktu dekat deh di sosmed. Setelah sebelumnya kita uda hafal banget sama sign E.X.O sekarang kita ber-L ria, hehe. Dan surprise juga karena L adalah abjad yang ke-12. Bagaimana pendapat kalian tentang ini, EXO-L ?🙂

Buat yang masih bingung cara daftar EXO-L, kalian bisa baca panduan lengkapnya di blog ini ^^

http://www.kaoskakibau.com/2014/08/CARA-MENDAFTAR-MEMBER-EXOLOVE-EXO-L.html

 

 

Finally..Great Idea for “EXO-L” as EXO’s fandom name. Hope EXO-L will long live, last forever ^^

Komentar
  1. hunhanni mengatakan:

    cara daftarnya gmn..kok aq daftar error mulu

  2. xoxoinluv88 mengatakan:

    kak link nya buat aplikasinya ada? kok aku nggak nemu di playstore. juga alu registrasi di web agak susah. tolong bantuin dong kak. makasih ^^

  3. fitria chanyeol mengatakan:

    EXO emang selalu jadi yang terhebat deh, EXO-K EXO-L EXO-M, We Are One.🙂

  4. desinatasia mengatakan:

    frustasi >.< !!! …dari tadi siang nyoba register ampk sekareng kagak bisa juga…

  5. hernachoi mengatakan:

    nih kak yg lain mh pd sibuk register lah aku mh boro2. wong aku krja, y sudahlah. yg pasti sneng bgt skarang udh ada nama fanclubnya, EXO-L!! yehet! gue gak prnah kbayang kalo nama fansnya exo ini exo-l, soalnya kan slama ini bnyk yg nyebut exotic dsb. tapi exo-l ini bner deh stuju bgt ama yg udah d jabarin kak linda d atas yapp meaningful bgt keren^^

  6. yunita mengatakan:

    Wah Exo L ^_^

  7. Mrs.Byun mengatakan:

    https://twitter.com/aweusome94
    iya nih setuju, nama fnadomnya simpel, gampang diinget ^-^
    untung aku udah daftar duluan >< jadi ga error :3
    postingannya keren loh haha salutt~

  8. Annisa Icha mengatakan:

    Alhamdulillah akhirnya kita punya nama
    Ngakak banget baca L singkatan Linda😀

  9. nillaChan mengatakan:

    kalo aku waktu it dapet beritax pas baru keluar, waktu it lg browsing2 ga jelas d allkpop–
    ehh, tbtb d Tl nya nemu beginian xD

    menurutku EXO-L keren pastinya, kaget juga liet nama fandomnya kekeke jauuhuhuh dr perkiraan, dan emang, EXO always beda! :))
    aku tau, pastinya semua idol menomorsatukan fannya, fan jd org terpenting dan paling di prioritaskn dr pada urusan pribadi mereka, dgn nama2 fandom yg manis, dan penuh filosofi, tp khusus buat exo, aku jd ngerasa bukan fan nya, tp jd exo nya xD
    exotic, exostand, exofan q yakin, kpopers lain bsa dgn mudah nebak, ‘ohh ini pasti nama fans exo’#pengalamanPribadi xP
    dan kalo mungkin EXO-F, i think yes! kekeke
    tp kalo EXO-L? aku yakin, org pasti bakal nanya, EXO-L it apa? sub grup mereka lg? xD
    dan yg pasti K-L-M, L : 12, L : Love
    L : Love Love Love*myfavsong xP*
    apa it kebetulan? ato takdir? ato exo it emang full of miracle?^^

  10. ramon mengatakan:

    udah mulai frustasi kak aku udah nyoba dari kemaren gak bisa-bisa daftar lalalala~ eh tapi yaudahlah, gakapa gak masuk membership yang penting exo-l berjaya~

  11. Vishabyun_ mengatakan:

    kalau kta Myeon di TPL HK dia pengen nama fans’a Love. sedangkan kalau Kkamjong pengen’a Squids(?).
    Sedangkan versi manager EXO di twet dia pernah update ‘Lucky Jakarta’ gitu kaa.
    Dan ada rumor kris-ge ikudt TPL INA *saya berharap benar.
    Hari ini fans yg register udh 300.000ribu dan akan ditutup 4sept. see?? 2hari sebelum TPL INA ..
    Dan aku belum bsa log in sampe sekarang -_-

  12. chocopanda25 mengatakan:

    Ya ya ya setuju sama penjabaran/penjelasan kak linda diatas (y) …😀
    EXO-L … Gue kudet banget baru tau hari ini , pas bka sosmed smua pda ngomongin exo-l . Lah gw kan bngung .. Apaan tu exo-l????😮
    Akhirnya gue searching” n ternyata EXO-L ntu fandom resmi EXO .. Huuuaaaa gue sneng banget coba ,, gue jg awalnya ngira EXO-L ntu inisial nama gw ‘Listya’ *LoL* smpet jg kpikiran L ‘infinite’ ama L di death note ,, wah kita sehati kak😀 #plaaakk

    akhirnya kita punya nma fandom jg , stelah skian lma trlantung” kgak tau nmanya #kkaepsong amat *plak

    EXO-K , EXO-L , EXO-M …. WE ARE ONE😀

  13. Helen mengatakan:

    Mungkin bisa Dibilang L itu singkatan dari “Live”

    ato bisa jadi L itu diartikan sebagai “Lawak”

    hahahha…^_^

    tapi paling bagus tetap aja “Ligacash.org”

  14. lusyelf mengatakan:

    sign L disini udah rameh sebelum exo ngeluarin official fans club nya. sebelum baca ini gua juga bingung L itu artinya apa?? trus gua liat di IGnya sehun kan dia selca pakek gitu lah .. aku inget, anak2 sby biasanya poto pkek gaya gituan (gk anak sby juga sih banyak) katanya itu simbol anak alay -_- trus aku jabarin kata apa aja yg awalnya L .. EXO-Love (ternyate bener) EXO-Ladies wkwkwk (emang fansnya cewek doang?) EXO-Lebay (makin gila) trus sampek kpala mau pecah mikirin tuh L ya udah gua tinggalin aja cari kata itu wkwk aku juga tadi mikirin L deat not itu n sebelum liat videonya juga aku kira itu sub grubnya exo .. luhan n lay (otak gua emang klok berbau huruf L n 7 pasti langsung ON)

    sekian #gkjelas
    congrats … aku juga ikut senang ngedenger exo ngeluarin fans officialnya ^^9

  15. LUHANish mengatakan:

    aku frustasi.. dari tadi coba register bisa sih,, tpmpas loginnya itu awalnya bisa trus lama lama errorr.. aduhh gmana”’ sarrannya???/

  16. Sufilaila_ mengatakan:

    aku selalu suka cara ‘ngomong’ kamu lewat blog ini…. kadang suka nyelip2in kata2 absurd kamu tpi bikin lucu aja jadinya:D btw bbrp bulan yg lalu jg ada yg nebak ttg exo-L kan malah dikira exo bikin brand pakean exo-L._. Exo LoveLoveLove… udah dibuatin lagunya juga:D,

  17. Miho mengatakan:

    Hehehe keren ya,walau simple tapi mempunyai makna yg beragam🙂
    trims infonya eonni🙂

  18. etmafatma mengatakan:

    hahaha aku daftar entaran aja yakin bakal down agak lama tuh server, orang tiket tlp aja 1 sekian detik aja langsung bikin down apalagi ini hehe😀

  19. mimi mengatakan:

    sayang nya sign L itu sebenernya sign nya si lay utk fans nya (xingmi) dr debut dulu lay selalu kasih sign L utk fansnya
    tp skrng dipake utk fandom, tp gak apa sih sukur” dikasih nama fandom wkwk -_-
    makna dr nama fandom nya dalem bgt, bagus lah
    btw aku udah jd member EXO-L loh eon hahah

  20. meishella mengatakan:

    min nama website EXO L apa? punya linknya ga? aku minta dong ^^

  21. sinta mengatakan:

    frustasi udah puluhan kali nyoba masih aja error
    gimana ni aq mw terdaftar di fandomnya
    exo *nangisjingkrakjingkral#lebay
    apa kalian semua para exo- l kyk gitu jga

  22. Amy mengatakan:

    Sist, nntn TLP g?

  23. pipitnovita mengatakan:

    eonnie annyeong,,
    salam kenal ya,,mian baru bisa komen sekarang.
    padahal udah baca tulisa2 eonnie dari dulu.:D

  24. AnnisaIcha mengatakan:

    daftarnya gmn? error… padahal udah download aplikasinya…

  25. fransiskavidya mengatakan:

    yang barcode itu gimana sih cara pakenya? nggak ngerti nih -_-

  26. claralaluchaipark mengatakan:

    baru tahu pas daftar, pagenya nggak bisa dibuka. terserah yang penting aku tetap fansnya EXO

  27. EXO-L mengatakan:

    Haha sama pas mikirin exo l jadi mikirin nama sendiri,perkenalkan namaku lisa

  28. EXO-L mengatakan:

    kalo daftar lewat SMTOWN lebih mudah, yg penting kalin punya acc SMTOWN nya, jdi tinggal sing in di wepsite EXO-L #just_saran🙂

  29. dinye mengatakan:

    aku bukan fans exo tapi ada beberapa member yg aku suka, dan aku di sini cuma mau menyuaraka isi hati aja.

    aku sempet kaget pas di beritakan exo-l adalah nama fans exo yg sudah di resmikan dr sm, dr situ aku langsung mikir “hah exo udah ada nama fans nya trus f(x) udh ada blm ya?” dan ternyata pas aku tanya2 sama temen2 pecinta kpop klo untuk nama fans f(x) yg resmi dr sm blm ada, aku langsung mikir lagi “kok bisa gitu sih? seakan2 f(x) di duakan padahal kan dia debut lebih dulu” mungkin sm punya alasan yg lebih menguntungkan knp exo di dahulukan. dari situ rasa kecewa aku sama sm jd semakin membesar dr kasus DB5K trus Hanggeng trus Kris skrg di tambah lagi yg menurut ku F(x) di dua kan oleh sm.😥

    aku ga marah sama exo aku juga ga marah sama exo-l bahkan aku pas tau maksud dr kata exo-l itu sendiri aku mendukung dgn terbentuknya exo-l ini juga berharap semoga bisa langgeng antar exo dgn exo-l, tapi aku saaaaanngggaaaatt kecewa dgn keputusan sm. klo menurut ku sm aja bisa meresmikan ELF SONE SHAWOL CASSI EXO-L masa untuk f(x) ga? tp yaudah lah berfikir positif aja mungkin skrg lg di bicarakan dgn para member f(x)

    aku berkata seperti ini ga ada maksud tertentu, ga ada niat mau bashing tulisan kamu atau mau bikin fanwar di sini tapi aku berkata seperti ini hanya ingin mengutarakan isi hati aja. maaf klo memang komentar ku ini bikin para exo-l atau fans nya f(x) ada yg tersakiti. mohon di maaf kan🙂

  30. Nay mengatakan:

    Kak, kan aku udah daftar jdi member exo-l trus udah resmi jdi membernya. Tapi pas klik L-card sama mypage knp muncul ‘E-mail authentication’ ?
    Kan udh diklik ya itu, trus udh dikonfir lagi. Eh pas klik L-card sama mypage muncul lagi, minta dikonfirmasi email lagi😦
    Itu gimana ya kak caranya?
    Tolong dijawab ya kak. Makasih ^^

    • lindashin mengatakan:

      aduh gue ga tahu karena gue juga ga daftar. Kamu buka ajah panduannya di blog yang paling bawah ini (yang gue link-in).

    • Annisa Icha mengatakan:

      Aku juga punya masalah seperti Nay,aku juga sempat bingung.Dicoba terus aja,aku sekitar 2 harian udah muncul L-Cardnya.Sekarang masalahnya,kenapa kalo mau ngeprint L-Cardnya kok nggak bisa?

  31. Dera Maharani S mengatakan:

    ko aku gak bisa lihat Lcard nya sih padahal udah di komfir emailnya jawaaaab kak:)

    • Annisa Icha mengatakan:

      Dicoba terus aja,aku dulu juga pernah kaya’ gitu,sekitar 2 hari/berapa hari udah muncul L-Cardnya.Ma’af aku yang jawab…

  32. Salsa Luhan mengatakan:

    Gimana caranya ya koq ada tulisan kek gini

    Email was sent successfully.

    Your authentication email was sent to your login email
    Authentications are complete when you checked your email.

    itu ketik Resend/Close

  33. Salsa Luhan mengatakan:

    Cara ngecek Email kek gimana??

  34. Shinta Oct mengatakan:

    ada juga member girlband yang mungkin nih ya secara ngga sengaja sign “L” ya dia adalah bias gue Wendy Red Velvet. cek their MV, Wendy’s part, gue lupa menit keberapa tapi tangannya bentuk L. HAHA ngarang aja sih tapi yaudahlah ya namanya juga bias, exo favorite, RV juga favorite.😀

  35. kak cara download gambar L CARDnya gimana
    kasih tau ya kak
    makasih😀

  36. kak cara download gambar L CARDnya gimana
    kasih tau ya kak
    makasih😀

  37. cara daftarnya gimana aku gagal mulu T_T

  38. alyaaria mengatakan:

    eon tau gimana cara chatting sama memberdeul exo? aku udah daftar dan dapat L-Cardnya tapi belum ngerti chatting sama member exoTT^TT

  39. Devi mengatakan:

    eon, aku udh daftar.. tapi L-Cardnya gk nyampe /?
    itu gimana?

  40. putriJungHun mengatakan:

    udah pewe pake exotic, pewe pake exostan,sekarang pewe lagi pake EXO-L -_-,
    tapi sumpah,keren..
    EXO-K+EXO-M= EXO-L!🙂

  41. Vera mengatakan:

    kak linda punya ask.fm kak?

  42. Park BoEun EXO-LTelepoters mengatakan:

    mian chingu nae mw tnya, buat L card itu gmna yehet?? trz nae dri dlu” buat koq msih bngung, trz udh d’buatin tpi koq gk bisa yahh??
    klo buka lewat laptop bisa kagakk??

  43. Siti Muthmainnah mengatakan:

    kak saya kan sudah isi formulirnya terus ada bacaan ini kak: We’re taking care of it. Please wait a moment

  44. Tasha Duananda mengatakan:

    kak kenapa sih?? L-card aku kog nggak mau muncul??
    jadi sebel aku, padahal aku udah isi formulirnya

Tinggalkan Balasan

