Akankah EXO-L Tercatat sebagai Fandom dengan Jumlah Official Fans Terbanyak dalam Guiness World Of Records?

Posted: Agustus 6, 2014 in my korean notes

Kemaren, 5 Juli 2014 tepat pukul 12 KST nama resmi untuk fandom kita dipublish. EXO-L adalah nama fandom resmi untuk EXO. Ngomongin fandom pasti ga jauh2 sama yang namanya fans. Yup! Orang yang suka Kpop pasti uda tahu fandom itu apa. Fandom/FansClub adalah sebutan untuk fans dari salah satu Boyband atau Girlband Korea. Kebanyakan BB atau GB di Korea uda punya fans Clubnya masing2. Contoh EXO dengan EXO-L, TVXQ dengan Cassiopeia, Super Junior dengan ELF, Girls’ Generation dengan SONE, Big Bang dengan V.I.P, 2PM dengan Hottest, 2NE1 dengan Black Jack dan sebagainya. Fandom ini jadi kayak semacam identitas gitu. Kalo kalian Kpopers pasti pas ketemu sama sesama kpopers suka ditanyain “eh fandom lu apa? Bias lu siapa?”. Kalo fandom adalah nama fansclub maka bias adalah member favorit dari BB atau GB yang lo jadiin fandom itu. Contoh: fandom si A EXO-L biasnya Kai. Itu hal basic buat Kpopers.

Ngomongin soal fandom, gue rasa itu bukan hal yang simple2 aja karena banyak makna dibalik itu. Mulai dari keloyalitasan member2 fansclubnya. Ini terlihat dari kekompakan mereka buat ngasi something ke idolanya pas mereka konser, ulangtahun, comeback dsb. Biasanya fandom itu bikin projek kalo artisnya konser, entah bikin banner entah balon, acara amal dsb. Fandom merupakan fansclub yang kuat karena membernya banyak, ga cuman puluhan orang bahkan bisa ratusan ribu orang. Ga cuman di negara asalnya ajah (korea) tapi fans dari luar Korea juga banyak apalagi sekarang2 ini ketika Kpop lagi booming. Orang2 dari berbagai negara jadi kayak disatukan dengan fandom itu. Biasanya mereka ada komunitas sendiri di sosmed sesuai dengan negara mereka tinggal, kayak Cassiopeia Indonesia contohnya.

Meski positifnya ada cuman ada juga negatifnya yaitu ketika mereka merasa fandom mereka paling keren, paling bagus, paling hebat, paling paling dan paling lah dan akhirnya ngehina fandom lain yang mereka rasa kurang atau ga sesuai dengan preferensi mereka. Ini yang disebut perang fandom (fanwar). Mereka jadi kayak pegang bendera masing2 dan kekeuh mempertahankan argumen mereka dan nyerang fandom lain. Sentimen, rasa sayang berlebihan plus jiwa2 suka debat dan bikin ricuh yang mungkin dimiliki anggota fandom tertentu yang pada akhirnya memicu perang fandom di dunia maya. Iya sih salah satu hal yang identik dengan Kpop adalah fanwar cuman gue ngerasa fanwar apa gunanya coba? Soalnya gini, artisnya itu pada sahabatan, damai, foto bareng, makan bareng eh fansnya yang malah buang2 energy perang komentar di sosmed #heol. Ada juga harusnya sesama fandom saling rukun kalo perlu ngadain acara solidaritas bareng, acara kemanusiaan/amal buat ngebantu yang membutuhkan. Pan sekarang lagi rame perang dimana2, musibah dimana2. Jadi meskipun dibawah bendera berbeda “gue EXO-L, kamu V.I.P dan dia Hottest” tapi ga ngebikin kita terlalu berbeda, karena faktanya kita sama2 suka musik Korea dan sama2 manusia yang punya derajat yg sama jadi ga etis ngehina satu sama lain. Ini semua bisa terjadi karena fans Kpop cenderung loyal juga sih sama idolanya jadi jiwa untuk ngebela artisnya kuat banget ketika ada orang2 yang ngehina mereka. Namun lebih baik kan ga ngebales orang yang ngehina kita..cukup bales pake bukti prestasi ajah, iyah kan? Hehe.

Ok, tadi intro doang sih (panjang bener yee..#kkaepsong). Hal yang pengen gue omongin di sini sebenernya adalah jumlah fans resmi EXO (EXO-L) apakah bisa masuk ke Guiness World Of Record kayak Sunbaenya TVXQ. Gue kepikiran nulis ini karena tadi sekitar jam 3 PM WIB jumlah member yang uda sign jadi EXO-L uda mau mencapai 400.000 orang padahal kemaren juga jam segini masih diangka 10.000. Gila banyak bener yak? Ga heran tadi gue cek servernya masih down gegara traffic yang ngakses terlampau tinggi. Gue jadi inget fandom Cassiopeia tercatat sebagai fan club dengan member terbanyak di dunia yakni 800.000 fans resmi. Kalian bisa baca fakta TVXQ yang punya fansclub terbanyak di sini http://en.korea.com/tvxq/news/tvqx-was-recorded-in-guiness-world-records-as-%E2%80%98having-the-largest-official-fan-club%E2%80%99/. Tahun 2008 mereka mengejutkan dunia dengan punya 800.000 fans resmi dan itu tercatat di Guiness World Record. #Daebakk. Nah, setelah itu belom ada lagi berita artis yang punya fans sebanyak itu dan masuk Guiness. Nah gue jadi kepikiran fandom EXO, apa bisa yah kira2 EXO dengan EXO-Lnya jadi boyband dengan jumlah fans terbanyak dan masuk Guiness juga kayak TVXQ dengan Cassiopeianya? Kalo gue pribadi sih kayaknya biasa. Soalnya 2 hari dipublish ajah fansnya uda nyampe hampir setengah dari Cassiopeia official.

rrrr

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

fff

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

exo l

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dddf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gue ga bermaksud ngebeda2in dan toh ga bisa dibedain juga mereka karena suka sama BB atau GB tertentu adalah selera dan masuk ke fandom tertentu adalah loyalitas. Mungkin kita menganggap fandom kita yang terbaik tapi kita jangan lupa orang di fandom lain juga merasa fandom merekalah yang terbaik jadi ga bisa disamaratakan sama pendapat kita doang. Logikanya kan ga mungkin kita masuk ke fandom tertentu kalo kita ga ngerasa fandom kita yang terbaik diantara yang lain? Hehe. Cuman bedanya meski mungkin kita berfikir demikian kita juga jangan menjudge yang lain tu lebih jelek dari kita dsb, itu semua ga perlu diomongin dan jadi fanwar. Semua ga ada yang sempurna, dan mungkin fandom kita juga begitu. TVXQ ditahun 2008 dimana Kpop belom booming dan bisa dapet fans segitu banyak bagi gue luar biasa banget. Kpop itu kalo menurut gue baru booming diatas tahun 2010, jadi prestasi TVXQ ini ga tergantikan bagi gue. Ya hebat dong mereka bisa dapet fans segitu banyak disaat orang masih awam dengan Kpop karena keterbatasan teknologi dan akses informasi. Jaman tahun itu kan namanya MV juga belom HD, masih kecil2 ga bening kayak sekarang. HP juga masih jadul, belum banyak smartphone kayak sekarang jadi prestasi banget TVXQ bisa dapet fans sebanyak itu. Ini pasti karena memang kualitas mereka menonjol banget saat itu.

Nah sekarang di tahun 2014 yang gadget canggih dimana2, sosmed sangat aktif digunakan banyak orang, kualitas kamera makin tinggi dan akses informasi yang nyaris real time tanpa batas kalo ada BB yang bisa surplus 800.000 fans gue rasa wajar2 aja. Tentu saja pasti karena kualitas mereka juga bagus. Soalnya gini juga, tahun 2008 jumlah BB dan GB kan juga ga terlalu banyak dibanding tahun 2014 ini. Hal itu menurut gue juga dipengaruhi tahun 2012 kesini Kpop lagi booming2nya dan anak2 kecil yang uda makin gedhe juga makin banyak. Mereka mulai tahu Kpop dan mulai jadi kpopers dan gue rasa banyak dari mereka yang mengidolakan EXO. EXO ga dipungkiri jadi boyband Korea yang bersinar banget 2 tahunan ini. Fans mereka banyak banget dan gue kira lebih dari 800.000 orang. Ya kita tunggu aja sama2 apakah angka itu bisa dicapai EXO apa ga. Kalo gue sih yakin bisa. Dan kalopun bisa gue mengapresiasi karena EXO memang layak dapat fans segitu menurut gue. Dan bukan berarti Cassiopeia atau TVXQ jadi tersaingi, mereka ga bakalan tergantikan. Alesaanya ya kayak yang gue bilang tadi. Mereka di tahun segitu bisa mencapai prestasi kayak gitu uda sangat luar biasa. Semua hal berjalan sesuai dengan jamannya dan mungkin kalo di 2008 TVXQ yang paling bersinar, sekarang di tahun 2014 EXOlah yang lebih bersinar. Semua ada jamannya, semua ada waktunya masing2. Gue mengapresiasi keduanya baik TVXQ dan EXO ^^

 

Oya, buat chingudeul yang merasa EXO-L dan pengen daftar member, kalo masih bingung caranya  ini ada site panduan lengkapnya, kalian buka aja blog ini yah🙂

http://www.kaoskakibau.com/2014/08/CARA-MENDAFTAR-MEMBER-EXOLOVE-EXO-L.html

Semoga berhasil~🙂

 

 

Komentar
  1. yassfralas mengatakan:

    Jujur aja, gue ga heran loh seandainya ExoL masuk world record. Tvxq baru keren. Lihat mereka 2008. Sekarang udah 2014. /ngomong opo to aku iki😀

  2. maria~U mengatakan:

    pendapat kka ada benernya dan aku setuju banget ……. fanwar itu gak baik trus biasanya kta”nya kasar banget
    ….. ahya aku baru komen ya disini? baru tau cranya -_- hihihi …. aku suka baca” disini udah sekitar setahun lbih pas ramadan th lalu kalo gak salah … bahkan aku lebih dulu suka tulisan kka tentang exo sebelum ngefans exo … aneh kan? hihi …. seru soalnya … cekikikan sendiri bacanya …

    kebanyakan bacotkah? hihihi

  3. Ian mengatakan:

    Salam… Ching Aq Sdah lama bca fndom kmu bru skrg mw komen Aq Org! Malaysia.. Nama aQ Dayan Salam knlan, ching thu gak Showtime S3 e2 Apink???

  4. Marie Kim mengatakan:

    chingu udah bisa masuk enak. aku trouble mulu kaga mau masuk. udah nulis email berkali-kali ngaa bisa-bisa. selalu saja email allrady use. tapi belum ada notifikasi di gmail bkin bingung. LongIn juga ga bisa. chingu juga gitu nga sebelum bisa gabung?

    • lindashin mengatakan:

      Gue sih tadi juga gitu, tahu tuh kok already in use padahal ga ngerasa. Ini gue juga belom daftar kok, males masih down servernya. Kapan2 ajah gue..hehe. Gue mah nyantai daritadi..hahaha.

  5. adizti mengatakan:

    sama.chingu, gue juga dari tadi gk bisa” log in error mulu.ckckckckck

  6. ydrika69 mengatakan:

    menurut ku sih bisa bgt… fans exo kan bejibun bgt.. aku tuh baru sekitar setaun lebih lah jadi kpoper jd aku ga tau apa” tntang tvxq.. tp mnurut info yg gue baca aku percaya lah tvxq tuh hebat banget dan fandom mereka keren bgt..

  7. Vishabyun_ mengatakan:

    huh langsung ingat chatt sii Kyunnie-chwang-Mino-Myeonnie -_-

    Kyu twet : sudah pasti EXO-L yg terbaik. Joonmyun bilang ia sangat sibuk dan tdk bsa bertemu dg para hyung nya. aku rindu ELFs.

    chwang jga bhas jaman cassie yg Dulu bnyak bgt..

  8. blingsehun mengatakan:

    ga aneh lah exo l masuk guiness.. exo pesonanya terlalu kuat jadi banyak yg ngikut fandomnya.. aku juga yg dulu biasa aja sma exo jadi addict bgt ama exo..
    salam kenal kakak..

  9. love kai mengatakan:

    Author keren!! (y)
    aku sependapat dng smua tulisan author di atas!🙂

  10. Ian mengatakan:

    Aq suka bca fndom kmu ching ga bkin bOsan g2 hehe,, lgi pOn Aq kn Fans ny EXO sma Apink

  11. Ian mengatakan:

    Aq suka bca fndom kmu ching ga bkin bOsan g2 hehe,, lgi pOn Aq kn Fans ny EXO sma Apink:)

  12. sinta mengatakan:

    halo kk salam knal aq sinta 97line aq suka baca blog kk tpi baru skrg berani komentar biasa “ABstyle”
    salam kenal

  13. season05 mengatakan:

    yang udah terdaftar jadi member resmi ada 913,622 star chingu….

  14. Park EunRin mengatakan:

    Maap tiba2 muncul ga kenalan, hehe:P Aku cuma mau bilang.. Tadi barusan aku ngecek di situs web udah smpe 934.000 lebih, aku aja mau ndaftar gak bisa2._.

  15. tata mengatakan:

    Gue terakhir liat sih udah 912 ribu lebih
    dan itu belom termasuk gue
    ya server down itulah yang bikin macet
    bete bete

  16. jung mengatakan:

    Malah terakhir kali aku liat tadi member yg udah join ke exo-l udah 1juta.. daebak!!

  17. Jushita Ustadyana mengatakan:

    sekarang member EXO-Lresmi udah 1.004.702 loh! daebak!

  18. daisyorange mengatakan:

    OMG dah 1jt lbih, n msh bnyk jg kn bLm dftar, yg pentng jgn smpe suka fanwar aja. berhrp bgt smw Exo l jd fans yg bijak.
    ni sdikit bnyak berkt kamu jg àuthor soalnya mkn bnyk yg suka atw yg tadinya biasa aj jd mkin cinta exo. termsuk aq soalnya

  19. eri kartika mengatakan:

    Salam knal kk..
    Knalin aku tika,sbnarnya ka dh lma bnget bca blog kk ni,tpi bru bsa cment skrang,maaf ya kk

  20. ikhsan mengatakan:

    Anyeong.. Chingu?? sebelumnya salam kenal😀
    Saya suka banget loh sama BLOG’y Chingu ini, karena bermanfaat. Selain Chingu ber PENDAPAT disitu juga Chingu memberikan SARAN buat pembaca/pengunjung yg mampir ke BLOG ini agar tidak salah paham.. selain ini juga Saya sering baca artikel” Chingu yg lain di BLOG ini.. Menurut saya lagi y😀 mungkin BLOG ini yg PALING bagus dari BLOG” yg lain😀 hehe, Maaf jadi curhat😉

    Kalo menurut saya lagi ya,, Chingu.. EXO tuh bakalan jadi generasi penerus HALLYU(bener gak sih tulisannya😀 ) yg sekarang seperti SJ & TVXQ.. (AMINNN) siapa yg setuju angkat tangan dan teriak “We Are One EXO Saranghaja” ???? krikk krikkkk krikk #suaraJqngkrik. Huwee kok gak ada yg nyahut sih😥 hehehe😀

    Oh! iya Chingu gimana sih caranya daftar pengen ikutan jadi FANDOM resmi EXO-L??😀

  21. ikhsan mengatakan:

    Anyeong.. Chingu?? sebelumnya salam kenal😀
    Saya suka banget loh sama BLOG’y Chingu ini, karena bermanfaat. Selain Chingu ber PENDAPAT disitu juga Chingu memberikan SARAN buat pembaca/pengunjung yg mampir ke BLOG ini agar tidak salah paham.. selain ini juga Saya sering baca artikel” Chingu yg lain di BLOG ini.. Menurut saya lagi y😀 mungkin BLOG ini yg PALING bagus dari BLOG” yg lain😀 hehe, Maaf jadi curhat😉

    Kalo menurut saya lagi ya,, Chingu.. EXO tuh bakalan jadi generasi penerus HALLYU(bener gak sih tulisannya😀 ) yg sekarang seperti SJ & TVXQ.. (AMINNN) siapa yg setuju angkat tangan dan teriak “We Are One EXO Saranghaja” ???? krikk krikkkk krikk #suaraJqngkrik. Huwee kok gak ada yg nyahut sih😥 hehehe😀 gak nyambuk y #pletakkk

    Oh! iya Chingu gimana sih caranya daftar pengen ikutan jadi FANDOM resmi EXO-L??😀

  22. Dhey mengatakan:

    sekarang udah lewat 1 jutaan aje tu😀

  23. nia mengatakan:

    cra dftr jd fandom exo ky mn chingu…

  24. putri mengatakan:

    annyeong chingu ^-^
    sekarang yg datar d fandom exo dah lebih dari 1 jt..daebaak
    mungkin bisa 2 jt karna msh bnyk yg belum kedaftar

  25. Young Jin Lee mengatakan:

    Wah, hebat tuh
    Kmarin juga yg terdaftar di EXO-L udah ada 1.800.000+ dan kayanya bentar lagi nembus angka 2.000.000😀
    Registrasinya sekarang juga udah gampangan, gak kaya hari pertama ^^

  26. alyaaria mengatakan:

    eon sekarang EXO-L udah 2 juta lebih eon, masuk Guinness World Record engga ya?

  27. JejeKyu mengatakan:

    yeah, mereka memang memiliki masa keemasan masing-masing… TVXQ di sekitar tahun 2008 (jaman Mirotic), SuJu di sekitar tahun 2009 (jaman Sorry Sorry), dan EXO tahun 2012 ke atas… Aku nggak terlalu ngerti EXO. Wajah mereka keren-keren, aku mengakui itu. Tapi tentang skill mereka aku nggak terlalu ngerti… Nah, padahal kan jaman sekarang, di saat kpop lagi booming pake banget, cewek-cewek ABG kebanyakan cuma liat tampang doang. Jadi aku nggak tau apakah EXO-L yg sekian banyak itu bener2 ngefans dengan skill mereka, atau cuma tampang.

    *guwe ngebacot apa sih nih? -_- sorry…*

  28. Jadi mau masukin sama daftarin fandom ini ke guiness book of record deh #kekeke
    Salam kenal !!

  29. Novia Maharani mengatakan:

    pertama, jumlah cassie yg 800k itu pas era Mirotic ya….

    Kedua, yg bisa jd fans terdaftar cuman orang Korea , jd org luar gabisa daftar sbg fans…

    just info

  30. endriko mengatakan:

    Mau tau knp exo-l banyak..?? Krn pendaftarannya gampang dn jamanya udh gampangan. Rata2 anak2 smp skarang dh punya smartphone jd wajarlah klo jumlahnya membludak. Ngga kyk TVXQ dlu, gua ingat tuh bela2 in ke warnet bayar 5000 cma buat sign in jd member nya cassiopeia. Sungguh perjuang yg sesuai dgn hasilnya. Lah ini.. Buka alamat web, isi data, slesai.
    Gampang banget ye..?? Iya sama kaya fandomnya boyband 3 huruf. gampang marah, gampang tersinggung, gampang mencari masalah, gampang nge hina fandom lain, gampang nge bully fandom lain, gampang ngelakuin hal2 gila buat biasnya yg blum tentu bakal jd milik ya. Ckckckck

  31. park chanyeol mengatakan:

    annyeong… salam kenal aku exo l, black jack, baby, army ini fandomku sa;lam kenal ya chingu hehehe

  32. Satya mengatakan:

    Exol memang banyak !! Tapi banyakan yg musiman !!! Banyak bgt EXOL yg ngundang fanwar sama ELF dan pake ngatain SUJU !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s