Luhan Keluar dari SM? (Komentar Gue)

Posted: Oktober 11, 2014 in About EXO M & EXO K, my korean notes

2 hari ini berita Luhan mengajukan pemberhentian kontrak dengan SM booming banget. Gue sendiri mantau semua artikel tentang Luhan di allkpop dan juga twitter. Twitter dari kemaren heboh mulai dari ngebash SM sampe pengen SM diambil alih Siwon jadi SW Entertainment #LOL.

SM memang dari dulu bermasalah dengan kontrak dengan artis2nya, itu bukan hal baru. Gue jadi semacam udah kebal aja sama tabiat SM, haha. SM daridulu memang kayak gitu kok, mau diapain lagi. Dibash jutaan fans dari jaman Hangeng, JYJ, Kris dan sekarang Luhan juga mereka kalem2 aja, paling2 sahamnya turun tapi ntar pasti naik2 lagi. SM mau dihujat juga capek yang ngehujat, ga bakalan berubah. Uda resikonya artis kalo masuk SM. Bakal populer di satu sisi karena SM pinter bikin mereka populer, tapi di sisi lain siap2 menghadapi kontrak yang berat ala SM.

Gue malah mikirnya kenapa fans cuman nyalahin SM aja, seakan2 kalo SM berbuat kesalahan dia itu “sesuatu yang paling buruk di dunia ini”. Padahal kan yang ngebash2 itu kalo SM ngeluarin apa2 yang baru entah album, entah MV, entah acara, pasti nonton2 juga, haha. Kecuali parallel, ngebash SM tapi muak sama karya2 SM juga, gue malah terkesan. Seburuk2nya SM dia masih keren kalo masalah bikin karya bagus. Tanpa SM, EXO dan semuanya juga ga bakalan ada. Ok, mereka lemah di sisi manajerial artis tapi dari sisi manajerial konten mulai dari bikin lagu, dance dan semuanya bisa dibilang sangat bagus. Gue juga pernah kok kecewa sama SM, gue tulis juga di sini kadang2. Gue kecewa tapi gue juga mikir “gue hari ini kecewa tapi ntar kalo SM bikin sesuatu yang baru pasti gue juga nonton dan kemungkinan juga suka,”. Terus gimana dong? Haha. SM memang menyebalkan di satu sisi tapi di sisi lain juga bagus kalo bikin karya. Nah sekarang tinggal fans lebih suka karya2 bagus SM atau lebih perhatian sama idolanya. Kalo kalian music oriented, pasti bakalan tetep ngeliat dan ngedengerin karya2 SM terlepas dari sikap2 mereka ke idolnya. Tapi kalo kalian idol oriented (fanatik), yang suka SM karena artisnya secara personal dan bukan pure karyanya ya bakalan ngebash SM terus2an seakan2 idol kalian jadi pihak yang paling menderita dan terdzolimi lalu menafikkan fakta kalo idol itu ada karena jasa SM juga.

Bagi gue ngebash SM terus2an itu ga penting, mereka dibash dari dulu apa jadi berubah? Ga kan? Kalo berubah berarti ada gunanya, kalo ga ya ending2nya cuman nambahin dosa ngehujat orang lain. Iya, semua fans juga kecewa tapi SM memang tabiatnya uda kayak gitu jadi mau gimana lagi.  Itu resiko jadi artis SM dan resiko jadi fans dari artis SM karena harus kebal sama berita2 member keluar dari grup karena ga betah. Ya tinggal gini aja lah, yang masih suka SM silahkan dengan segala berita WOW-nya, yang suka sama idol yang uda keluar ya silahkan, kan mungkin anda fans loyal. Simple.

Terlepas dari yang pada ngebash SM, gue malah lebih penasaran sama komentar member2 EXO lain tentang ini. Apa ya nanti ujung2nya kayak Kris dulu, dibilang “irresponsible” dan langsung di IG salah satu member tertulis OT11. Terserah lah orang mau bilang apa tapi gue rasa sejak Kris keluar dulu itu uda nandain kalo slogan mereka “WE ARE ONE” itu perlu dipertanyakan lagi. EXO-K, EXO-L dan EXO-M itu bener memang kayak gitu ga, apa cuman slogan/iklan? OK EXO-L bakalan jadi satu sama EXO tapi EXO-K dan EXO-Mnya kok malah pisah? Kok member EXO-M yang malah ga “ONE”?. Gue kok berasa jadi semacam “ditusuk dari belakang” sebagai seorang fans. Pikiran gue jadi kebuka, oh hal yang selama ini selalu diomongin ternyata nyatanya berkebalikan. WE ARE ONE sekarang jadi WE ARE OUT ONE BY ONE lalu WHO’S NEXT?. Silahkan kalo ga suka tapi kan memang kenyataanya gitu, tinggal pada mau ga terima kenyataan.

Nah karena mereka OUT ONE BY ONE apa gue terus benci sama EXO? Terlalu picik kalo ada yang berfikiran kayak gitu. Fakta tetep fakta tapi selera adalah selera. Meskipun mereka keluar satu persatu selama mereka tetep ngehasilin karya bagus kenapa gue harus benci? Emang ada yang tahu betul yang bener sebenernya siapa, SMnya apa idolnya? SM jelas lah ngasi statement dia merasa dikhianati dan Idol juga pasti bilang mereka didzolimi. Tinggal fans mikirnya gimana, sebijak apa fans menanggapi semua kubu yang merasa mereka sama2 benar. Fans hanya bisa mencerna apa yang terjadi dari media dan media itu ga bisa dipercaya 100% meski ada benernya juga. Media hanya menjadi benar 100% kalo dia dikroscek dan kita semua sebagai fans ga bisa mengkroscek secara lansgung jadi ending2nya cuman bisa berasumsi dan pada ngasi komen aja tentang apa yang terjadi.

Kalo ada yang muak sama SM ya pindah idol aja, jangan dari SM kalo malah bikin pusing, haha. Tapi kemudian pasti kalian mikir lagi “ada ga yang lebih keren dari SM? Idola yang paling gue suka kan adanya di SM? Gimana dong?”. Nah kalo uda gitu ya mencoba tabah aja tiap ada kasus baru di SM. Salah satu solusi adalah kalian jangan jadi idol fanatic oriented tapi jadilah fans yang music oriented. Yang menyukai idol bukan hanya dari tampang dan personalnya tapi juga dari karya2 yang dihasilin agensinya. Dengan begitu kalian akan menyukai idol secara lebih professional dan lebih bisa seimbang menilai sesuatu. Ga cuman heboh hari ini mati2an ngebash SM tapi besok uda download yang baru dari SM lagi.

Kalo gue gimana nanggepin Luhan/kris? Gue ya kasian kalo liat berita alesan mereka keluar, katanya karena masalah pembagian honor yang ga adil, ga dibolehin pulang ke Cina, dilarang main film dan lain2. Tapi gue juga ga bisa bilang SM itu makhluk paling busuk sedunia hanya gara2 ini, mau gimana2 juga Luhan dan Kris itu dikenal gara2 SM juga, SM tetep ada jasanya buat mereka. Yah semoga aja SM bisa menjadi agensi yang lebih baik kedepan, fans bisanya apa sih? Apa kita harus iuran buat rame2 ngebeli SM? #kkaepsong~😀

Komentar
  1. kkkkkk mengatakan:

    Iuran rame2 bli saham sm? Boleh tu.. sm kyk pikiran gue n temen baik gue
    Skrg exo m tgl 4 member.. moga2 member K g d pndh k M atau g ad sm rookies yg masuk..(kmrn siapa ni yg sok tw blg sm rookies mengganti kn member yg kluar>_<) soalny lbh suka yg original sih

  2. lindashin mengatakan:

    haha..kamu ga berfikiran beli saham SM itu beneran mau dilakuin kan? Itu penyangatan kali…

  3. amalia mengatakan:

    katanya ada rumor lagi kalau plan-nya luhan bikin band baru sama tao kris dan lay. kita EXO L tetap harus kuat ya:”)

  4. yua mengatakan:

    sekarang aku udah mati rasa sama SM tp gak tau kedepannya gimana😀 kalo
    SM bisa bikin aku suka lg sama artisnya ya bakal aku terima dgn lapang dada wkwkkw
    aku gk ngebash SM lagian ngapain bash bikin capek sendiri tau sndiri sm gimana
    anak cina disitu di deskriminasi bgt, mngkin mreka udh di ambang batas mreka
    denger rumor lain tao sehun lay nyusul.
    tau lah males mikirin nyee xixixi

  5. etmafatma mengatakan:

    hahaha kkaebsong aku mah bomat selama karya2 mereka oke tetep aku support😀
    well rumor adalah rumor, fact adalah fact, jadi bener banger tinggal kitanya aja mau nyikapinnya gimana🙂

  6. Elmo mengatakan:

    setuju, luhan sm kris bisa terkenal karena sment jg, emg kalo jd fans dari artis sment kudu kuat aja ada berita kayaginian, resikonya. Kita jadi fans jg jangan gampang kemakan rumor sment itu terburuk di dunia lah -_- gak ada agensi yang sempurna 100 % kita juga gak tau di blkg sment itu kayak apa, blm tentu juga yg kayak media beritain. berharap aja kejadian kayagini gak terulang lagi

  7. aiya22 mengatakan:

    Komen kak linda itu bener banget… aku emang selalu ngaku SMTOWN lovers … trs ngefans exo ampe rada fanatik banget … luhan keluar? Astaga … biar taunya belakangan rasanya gimana gitu… pas banget temenku beri tahunya pas mau sholat jamaah di mushola … langsung hah… pasti gak bener .. masa ia keluar … kalo gini bawaannya jadi males nge fandom … nyalahin sm tapi muji sm lagi nantinya … kapan SM itu berubah coba? . Mau sampe member exo M abis? … mungkin gak bakal berubah juga kali ya… gak ppa seh ada yg keluar yg penting gak ada new member yg terkesan ngeganti’in …

    #maaf dulu ya kak kalo kebanyakan cuap cuap … hehe

  8. YOONA mengatakan:

    gue tau di balik kesuksesan exo yg mendadak (booming) itu pasti akhirnya bakal ada konflik, memang di dunia TIDAK ADA YANG SEMPURNA.
    tapi menurut gue smenjak SM Dipegang KIM YOUNG MIN, banyak terjadi masalah, keluarnya kris,baekyeon dating,jessica di keluarin,luhan keluar, dan selanjutnya apa lagi????? :v gue cuman bisa pasrah dan nunggu apa yang bakal terjadi selanjutnya, jadi kita, semua exo-l, harus kuat, sabar, yang penting TETEP SETIA SAMA EXO!! #WeAreOne

    • Park EunRin mengatakan:

      Iya, SM dipegang Kim Young Min itu kayaknya gara2 istrinya Lee Soo Man sakit pas tahun 2012 lalu, dan kayaknya Lee Soo Man sayang sama istrinya/? teros njaga istrinya smpe kmaren 30 Sept istrinya meninggal…. mungkin Soo Man lagi galau/? Karena hal ini ya… makannya digenti CEO gak genah dan gak tanggung jawab itu

      • lindashin mengatakan:

        kalo masalah Kim Young Min itu kan belum ada buktinya. Lagian yang pertama kali mencetuskan kontrak panjang (kontrak lama/kontrak budak) kan Lee SooMan sendiri. Lagian dulu henry aja pernah ngetweet pas kris keluar, dipegang sooman sama youngmin ga bakalan jauh beda.

  9. eunsoo mengatakan:

    Yah,kita emang kenal dan sayang mereka dari sm,kalo mereka keluar terserah

  10. jepretpress mengatakan:

    lelah sih ama berita ginian, tapi asli lama-lama kebal, dulu pas awal suka kibum udah hiatus, jyj udah ngajuin gugatan dan ga lama kemudian hangeng terus kris, jessica di keluarin, sulli hiatus,sekarang luhan. pas denger kabar luhan tuh “ya ampun lagi?” sm emang buruk dalam segi manajemen, tapi konsep sm keren banget. aku selalu suka semua lagu yang dikeluarin sm, grup2 yang mereka debutin aku suka konsep2nya. bias aku semuanya di sm, jadi ya walau sebel tapi da tetep suka, ga bisa ninggalin. jadi ya walau ada yg keluar aku tetep suka dan dukung grup2 sm

    cuman yang aku sayangi dari kris luhan itu mereka baru dua tahun debut tapi mereka udah mau keluar, kok kesannya kayak mereka nyerah ama mimpi mereka,, perjuangan mereka selama trainee, sayang banget. coba aja kalau mereka bisa lebih bersabar, tapi ya kita kan gatau apa yang terjadi sebenarnya, dan tiap orang punya tujuan dan pertimbangan masing-masing.

    duh maaf komennya panjang.

    • lindashin mengatakan:

      mungkin karena dari awal mereka ga niat2 banget pengen jadi artis SM jadi ga masalah kapanpun mereka mau keluar. Nah kebetulan momentnya pas karena mereka ngerasa SM ga adil sama mereka. Buktinya ada sih, Kris kan awalnya ga pengen jadi penyanyi, dia dari dulu suka basket tapi diminta coba ikutan audisi SM pas di Kanada sama temennya dan lolos, biasa lah SM kan nomor 1 tampang. Berarti dia kan ga niat jadi penyanyi dari awal. Luhan apalagi, dia kan juga ga niat, lagi main di pasar tiba2 diminta casting SM buat jadi trainee, tambah ga dari hati lagi kan? haha. Menurut gue wajar kalo mereka mudah nyerah karena passion mereka dari awal memang ga di situ.

      • jepretpress mengatakan:

        oh iya bener juga ….. aku lupa klo luhan di tawaran asting pas lagi jalan2. ya itulah tiap orang kan pasti punya kepentingan, tujuan, dan mimpinya masing-masing, ya kita sih sebagai manusia harus menghargainya, jadi ya kita sebagai fans emang cuman bisa dukung dan menghargai keputusannya.

      • rosepixylalala... mengatakan:

        Trus my ultimate bias sehun gimana?? Dia kan malah melarikan diri(?) waku mau di tawarin casting,y wlopun pas itu, gk tau mau ditawarin. Duuuh.. Jangan sampe keluar y, saya gimanaaa, udah terlanjur cintaa.. Kalo kai q ngerasa dia emang punya keinginan kuat buat jadi artis, dipanggung aja keliatan bgtt.. #pentingbgtapayaguekomendisini_tpibolehdonggg..

  11. Ponty Mira Santika mengatakan:

    Aku sih sebagai fans cuma bisa do’ain yang terbaik buat mereka, selama mereka seneng aku juga bakal ikut seneng, aku juga berharap suatu saat nanti Kris oppa, Luhan oppa & EXO bisa kumpul bareng lagi amin… Dan semoga SM gak kehilangan artisnya lagi amin…

    • lindashin mengatakan:

      iyah..semoga mereka bisa sepanggung lagi kayak harapan lay dan SM jadi bisa belajar dari peristiwa ini dan jadi agensi yang lebih care sama artisnya, bukan hanya sama karya2nya.

  12. deanndra mengatakan:

    dr kmrin aku pantengin trus blogx eonni nunggu kmentnya ttg msibah ini.. cieelaah musibah.. hehe.. aku stju sih sama eonni kya’x ngebash SM tp ttp beli karyax sama aja bo’ong. yaudahlah intix ttp doakan yg trbaik utk mereka yg pergi dan yg ttp mmilih tinggal.. toh hax itu kan yg slalu bisa kita lkukan slain beli album dan goodiesnya hehe .. keep spirit exo-l bgmnapun live must go on kaan.. 12 11 10 atw dgan brpapun member yg trsisa..🙂

    • lindashin mengatakan:

      iyah kayak gitu menurut gue lebih bagus daripada terus2an galau member2 EXO pada cabut satu2, haha. Lebih baik jadi music oriented daripada fanatic idol oriented🙂

  13. Park EunRin mengatakan:

    Ini mah yg salah KIM YOUNG MIN, ada rumor ya, kalau si KIM YOUNG MIN mau njatuhin/ngilangin semua artis SM, ntar dia mau bikin Entertainment baru…… Dan juga KATANYA Kim Young Min itu PAMANNYA KAI! Aku juga gak tau ya…. tapi ini kata temenku….😭😢

  14. wiwy mengatakan:

    Muna lo lin, di fb ma di blog komen lo beda.
    Jujur aja yee dlu gw ska ama lo, secara gak langsung lo udah jelek2in exo. Menurut lo, lo gak ngrasa tp gw yg liat status lo ngrasa bgt kalo lo skrang mandang sbelah mata tentang exo.
    Muna lo, bilang’y dulu bangga jd fans exo tp disaat exo jatuh??
    Gw cuma bisa blng oooh aja deh buat lo.
    Mangka’y neeng gak usah berlebihan deh kalo ngomongin exo.

    • lindashin mengatakan:

      haha..beda yang mana?sama aja kok, gue ga ngebelain exo 100% sama SM 100%. Gue gapapa kok lo ga suka sama gue. Lha memang kenyataannya gitu, EXO ga kompak. Kalo gue uda ga respek sama EXO kayak dulu lagi lo mau bilang apa? yang penting kan gue jujur sama perasaan gue sekarang. Gue memang dulu percaya banget sama mereka tapi mereka sendiri yang ngebuat gue susah lagi percaya sama mereka. Ada masalah?
      Ok gue memang sekarang ngebanding2in EXO sama yang lain karena gue uda ga punya fandom, gue netral. Lo jangan nilai orang dari 1 statusnya aja, semua runtutannya itu ada, gimana gue mutusin ga punya fandom hingga nilai EXO ga kayak dulu lagi itu ada alasannya. Gue muji exo berlebihan karena gue dulu fanatik, ga ngeliat yang lain dan trlalu mendewakan mereka dan gue rasa itu salah makanya gue sekarang memandang exo secara lebih netral dan apa adanya. Gue ga pernah minta orang suka sama gue termasuk lo.

    • dina93 세훈94 mengatakan:

      aqu stuju mha coment mu wiwy.,
      tuch orang munafik bgt…
      dulu Aqu liat nma blog’a just another cassiopeia from exo planet,dan tiba2 dy gnti nama blog’a
      di Situ aqu bingung,knpa dy gnti namA blog’a?apa dya dach gax respect mha EXO?
      and dulu berita yg di post tentang EXO cmwah.lach skrng?au ach gelap

      y emang sih tuch blog punya dy ya terserah dia mow gnti nama.tpi aqu keasal liat’a.
      dulU ajha dia ngebangga banggain Exo.
      EXO sbg motifasi’a dan bla bla bla.
      lach Sekarang di saat EXO lagi banyak masalah dan butuh dukungan fans’a
      tpi dy mlh ngejauh dan mulai ngebash EXO.

      ohg! Apa dy gax sadar sm omongan’a sendiri?seharus’a dy mlu sm omongan’a itu.

      seharus’a fans yg baik itu fans yg akan selalu ngedukung mereka(EXO) apapun yg terjadi
      jngn mengelu elukan mereka di saat mereka lagi di atas dan tiba2 mereka jatuh semua pd ngebash bhkn ada yg ninggalin mereka(EXO).
      cnth fans EXO dari LUAR(yg aqu tau dari MAROCCAN,ITALY,GERMAN).aqu liat di IG mereka
      mereka sedih banget liat EXO kyk gini .tpi mereka gax ngebash EXO,mlh mereka tetep ngedukung EXO,bhkn mereka tetap menganggap EXO dengan 12 member # Ot12forever.aqu Benar2 terharu Mha fans yg kyk gini bener2 THEREALFANS.

      dan Sekarang aqu tau klu tuch orang bkn seorang fans yg baik dan msh LABIL.
      smpai Kpnpun bkl seperti itu (klw gx inget umur sih.)
      dan Sampai kapan pun aqu bkl nganggap EXO dengan 12 member and ngedukung EXO dengan member yg tersisa… because
      We Are one !We Are EXO !
      EXO짱 EXO사랑하자
      #EXOOT12FOREVER
      # wealwayssupportLULUandKRIS
      #wealwaysupportot10

      • lindashin mengatakan:

        siapa yang bilang gue ga ngedukung EXO? ga bisa baca komentar gue? emang ada kata2 gue ngebash EXO? yang mana? Terserah lah lo nganggep EXO masih 12 member, orang mereka sendiri uda ga nganggep gitu, silahkan ngimpi di siang bolong. Gue ngeganti blog gue ada prosesnya dan lo ga harus tahu juga kenapa meskipun dulu uda gue share panjang banget alasannya, kasian banget lo ga tahu. Gue memang dulu ngejadiin mereka motivasi, sekarangpun masih cuman gue ga fanatik lagi kayak dulu, gue mulai ngebuka mata gue dan sadar sikap fanatik gue selama ini salah. Ok gue gapapa kok dibilang bkan Therealfans. Lagian EXO juga belum tentu tahu gue atau lo ngefans ama dia/ga, haha. HATE ME! ga masalah, gue juga ga pernah minta orang suka/setuju/ga suka/ga setuju sama apapun omongan gue kok, haha

      • lindashin mengatakan:

        Barangkali orang yang ngebash saya ini alesannya karena mengira saya ga dukung EXO OT12. Padahal sebenernya yang ga ngedukung itu EXOnya sendiri. Buktinya apa? Silahkan pada nonton presscon EXO paska Kris keluar sebelum malamnya mereka konser TLP di Korea, barangkali di youtube masih ada. Silahkan cermati kata2 SuHo/Chen terkait Kris. Untuk Sehun coba kalian ingat lagi status dia di IG yang nulis EXO11. Untuk link yang terakhir kalo pada nonton fancam salah satu TLP (di Korea) D.O pernah bilang “from now on this is the begining” ketika itu Kris out. Ada project banner dari fans untuk kata2 itu. Silahkan mengartikan sendiri maksudnya apa. Yang jelas saya ga pernah ga ngedukung EXO OT12, tapi EXO sendiri yang ga pernah bilang EXO-L harus dukung OT12.
        http://www.allkpop.com/article/2014/05/exos-suho-comments-on-kris-suit-against-sm-entertainment-calls-his-actions-irresponsible
        http://onehallyu.com/index.php?/topic/80197-sehun-changed-his-ig-bio-to-ot11/

      • lindashin mengatakan:

        Orang yang bersangkutan aja ga mencoba memperjuangkan membernya yang keluar, masa saya fans yang entah mereka tahu/ga saya ada mati2an memperjuangkan mereka tetep ber12? Yang dulu bilang mereka OT11 kan bukan saya, mereka sendiri. Mereka juga ga ada yang minta keep support EXO dengan 12 member kok. Lhah masak saya yang kena bash? Iya sih saya bukan siapa2 jadi bebas di bash, kalo saya member EXO pasti ga dibash sesalah apapun saya.

      • lindashin mengatakan:

        Baru aja diomongin itu IG Sehun udah beda lagi. Berarti kan bener EXo ga ingin memperjuangkan ot12, bukan saya. Saya mah ok2 aja mereka mau berapa asal karyanya bagus. Keluar ya hak mereka, saya kan cuman ngomongin fakta. Anda boleh cek IGnya sekarang, baru 30 menit yang lalu ganti.

  15. rosepixylalala... mengatakan:

    Sebagai fans jujur hatiku sakit bgt idolaku keluar dari grup, marah, kecewa, pkoknya rsanya ancur2n bgt.. Q smstand, gk pernah ngebash agensi kalo ada msalah ginian, q sllu liat dr dua sisi lalu mncoba moveon, dan nunggu krya hebat agensi yg suka dibilang kandang macan itu. Jjur ini adalh ksus ginian yg pling bikin q sakit, pernah berfikir tuk brhenti jdi fangirl kalo luhan keluar, liat sosok luhan dr dulu sampe ky sekarang, rsanya msih mimpi kalo dia keluar, rsanya gk rela, tp mncoba mrelakan,… Suka bngung sma orang yg suka ttup mta buat liat dr sisi sm, ngebash dimana2 dgn kta2 “agensinyaygsalah” ngebela mti2an idolanya, tp akhirnya kalo artis mereka ada yg disuka, malah muji2, y inilah dunia per kpopers n di indonesia, byk fans yg labil dan gk mikir byk hal.. Maaf eon q komen pnjang bgt..

    • lindashin mengatakan:

      haha..makanya, SMstan itu ada yang labil (ga semua sih), kalo idolanya ada masalah agensinya dicacai mati2an tapi kalo bikin yang baru dipuji2 lagi, wkwk.Lebih baik kan suka karena karya, bukan karena idolnya, ntar jadi fanatik padahal yang berlebihan itu ga baik dan ujungnya bikin sakit ati sendiri, haha.

  16. Zufrotun Nasfiyah mengatakan:

    Awalnya sih aku juga kayak benci banget ama SM, tapi setelah melihat komen dari kak Linda aku jadi kepikiran “bener juga apa yang di katakan ama kak Linda, kita benci ama SM tapi nanti ujung2nya kita juga bakalan suka ama karya dari SM”. Yah, sebagai fans juga pasti bakalan sedih ya denger berita kek gini, aku aja sampai gak bisa berhenti menangis. Di sekolah aku juga gitu, temen2 aku yang suka exo pada nangis, terutama yang ngefans sama luhan *ya gak semuanya nangis sih, lol*. Aku sebagai fans hanya bisa mendoakan dan tetep ngedukung exo walaupun sekarang hanya ada 10 member. Dan katanya Baekhyun masuk ke exo-m ya? kalo emang bener aku bakalan seneng banget, tapi aku juga gak tau banget sih, ni juga kata temen aku. Ada rumor nih katanya Tao ama Lay juga akan segera keluar dari exo, AAAAAAH….😦😥, jangan sampe bias kesayangan aku *ceh* ikut keluar dari exo juga, aku bakalan nangis sampai 7 hari 7 malam😥😥. Aku harap itu semua gak akan terjadi. Opps, sorry ya kak Linda, komentnya kepanjangan… hehehe *peace

  17. Nela Azzahra mengatakan:

    Aku juga nunggu komentar member lain nya eon. Aku kok merasa member lainya ga perduli ya sama luhan😦 *kecuali tao&lay*. Apa mungkin mereka cuma nganggep member lainnya tuh cuma sebates temen kerja aja. Terus apa artinya “WE ARE ONE” selama ini? Haha mungkin itu cuma slogan aja. Berarti kedekatan member exo selama ini tuh cuman didepan kamera doang T_T alias settingan :((

    • lindashin mengatakan:

      Bisa jadi bisa jadi, mungkin memang ketemu dan deket sebatas teman kerja aja bukan keluarga karena rasa empatinya ga nampak dari jaman Kris keluar dulu, haha. Makanya kan gue merasa ditusuk dari belakang, fans uda percaya sama slogan mereka tapi mereka sendiri yang ngebuat kata2 itu uda ga berarti, hahaha.

  18. anasetiandari mengatakan:

    sipp gua setuju bingitt!!😀

  19. tita mengatakan:

    kenapa member yang keluar itu hanya memikirkan diri sendiri, banyak cara kok yang bisa dijadikan alternatif tanpa harus keluar dari exo. gak mikir apa perasaan fans. hiatus kek setahun gt. Kris dan Luhan kan dari keluarga berada di Cina, khayal banget mereka cuman mikir honor. ekspektasi seniman yang ingin berkarya bukan hanya masalah pendapatan, tetapi bagaimana ia bisa memberikan karya yang baik.mereka berdua bilangnya sakit gegara jadwal yang padat. inget ya gak cuman mereka berdua yang dapat jadwal seabrek kayak gt. SNSD dan SUJU pun pernah mengalami.egois mereka…kalian kan saudara tega banget ninggalin dan jadi artis film di Cina, kalian bukan apa-apa sebelum debut di SM. songong banget. ayo ayo kita tetep dukung EXO biar lebih sukses dan gak ada masalah lagi

    • lindashin mengatakan:

      haha..ada benernya juga komen ini, saya suka. Mungkin dari awal member2 itu ga ada pemikiran buat jadi the true artist jadi mudah goyah, haha. Padahal dari SM uda pengen banget mereka jadi The True Artist dengan nyiptain apapun entah lagu entah dance buat mereka biar mereka bisa terus dikenang, haha.

  20. Vera Natalia mengatakan:

    kak linda udah pernah baca artikel ini => https://m.facebook.com/dwi.i.prasetya.1/posts/554368977987973 kek nya itu ada benernya juga😐

  21. ulwifahmiruhama mengatakan:

    Awalnya aku juga gitu un Linda, bukan benci sih tpi kesel aja sm manajemen ny SM , tp stlh bca postingn un Linda ak dapet pencerahan *elaaahbahasanya
    Jujur un, Luhan itu member yg udah ngenalin ak ke exo . Semacam pintu gerbang gitu lah un
    Sedih, sedih bgt mlahan pas denger kabar Luhan keluar.sampek setiap keinget nma Luhan , ni air mata ga bisaa dibendung *elaah
    Tapi balik lgi lah, aku cuma fans.. Bisa apa cobaa haha hnya bisa kirim doa biar member yg ttp stay di exo kuat dan sabar ngehadapin ini semua sama LuKris bahagia dg jln yg ditempu ini *ehem
    Aku pribdi sih bias-in Kai un, jd ya gak terlalu terpukul . Cuman kayak “eman eman” aja un.. Baru 2 thn tp udah gini aja, sedih un
    Apalagi pas tau postingan Lu di weibonya yg “aku pulang” sumpah ini kayaknya dia bener” bahaagia un, jd ya udahlah Lu udah pilih jlnnya dan dia bahagia.. Itu udah cukup buat aku -pribadi- tenang
    Maaf un komen terpanjang, aku cuma mw curhat aja sama un Linda *yaah ngaku ni anak*

  22. ace mengatakan:

    Wahh,, ada benernya jga tuh komenan ka linda, jadi serasa dapet hidayah kak emg bener sih, awalnya aku jga ngebash SM eh akhir-akhirnya malah download video artis2 SM jga karyanya emg bagus, pas ngeliat beritanya luhan aku emg udh ada feeling dri yg pas the lost planet yg ada di bangkok- konser SM Town di jepang luhan ga bisa hadir krna sakit, kyanya pertanda sakit tuh harus di curigai haha😄. Oh iya kak aku mau tanya komentar kakak katanya SM curiga ada pihak ke-3 yg jdi penyebab keluarnya kris sama luhan dri exo, masalahnya sih aku kurang tau, aku baca artikelnya di detik.com

  23. sinta mengatakan:

    setuju sama semua komen kx linda

  24. Rachel mengatakan:

    Rumornya Luhan sudah lama tersebar Kak sejak Kris keluar terus 2 Oktober C-fans nulis di Official Baidunya
    Kalau Kris sudah jelas dia gak terlalu tertarik jadi Penyanyi lebih suka jadi Aktor
    Dan Kita (Fans) gak mungkin memaksa mereka tetap di EXO kan mereka sudah gak mau lagi
    Setuju Kak Fans Baik adalah Fans yang gak akan ngebash karena
    walaupun ngebash “Kata-kata anda tak akan pernah dapat merubah keadaan”
    Apalagi ngebash di Internet
    Real Fans itu yang selalu Support & Beli Album bukan cuma ngebash di Internet
    Yang Penting Semoga Sukses buat Luhan,Kris,EXO & SM Ent di masa mendatang

  25. ternyata benar, kalau luhan keluar dari SM..😦
    setelah jessica keluar dari SNSD dan sekarang Luhan..
    kalau seperti ini, gimana nasib mreka berdua?😦

  26. indah aprilia mengatakan:

    q gk nyalahin SM Ent krna rata2 bias q brasal dri SM q juga suka krya nya sm bahkan mereka go internasional
    cuma klo ada yg keluar rsanya khilangan banget tpi q msih brpikir jernih bahwa itu kputusan member itu sndiri ( udh rsiko klo mau jdi idol trkenal itu hrus susah payah dulu hrus inget pribahasa berakit2 ke hulu berenang2 ke tepian bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian )
    banyak di tweet fb n sbagainya emang mengolok2 sm dan membandingkan dgn agency yg laen kayak jyp ato yg lain
    bukan mksud myalahkan member yg kluar tpi seenggak nya mereka belajar dri senior mereka kyk tvxq ato suju ato snsd boa dll yg sukses krna mereka krja keras upah mereka awalnya juga sdikit bahkan mereka pernah i olok2 waktu manggung perama kali saat debut contoh taeyeon snsd yg dulunya jga gk kuat skrang di jdi leader yg baik tgas dn ptut di contoh
    pengacara luhan dan kris bilang klo ada prbedaan antara member yg berasal dri korea sma member yg brasal dri tiongkok itu yang masih mnjadi tanda tanya besar ??? dn sm belum memberi konfirmasi ttg msalah itu !
    sbenernya aku ksian sma smua member exo, bru debut 2 thun membernya udah pda kluar one by one q slalu brtanya2 mna slogan WE ARE ONE ( stuju sma kak lindashin ) seolah2 kta itu sangat berakna bgi exo saat mreka bru debut dulu q sngat salut sma kekompakkannya tpi knapa prtahanan mereka goyah krna di tawarin maen film ( klo mnurutku kta we are one itu blum cocok untuk di jadiin smboyannya exo ) bukan munafik aku memang ngefans banget sama exo tpi aku juga sdih liat member exo m yg kocar kacir q sdih para member ninggalin exo
    q ingin kata we are one itu gk skedar di ucapin tpi jga di laksanain
    ksian member yg lain krna usaha yg bangun jadi sia2 krna pda ninggalin exo
    jujur q kangen sma OT 12 tpi kta sehun skarang OT 10
    smoga untuk idol, agency dan para fans dpt memperbaikki diri deh !
    bukan cuma kalian aja q dan yg lain juga sdih liat kbar buruk ini
    kta berdoa agar smuanya berjalan dngn baik sesuai dngn apa yg kta inginkan

    Always support exo klo kalian bnar2 exo-l mskipun luhan dan kris bukan member ex lgi tpi aku msih ngidolain mereka🙂

  27. Nia Solihat mengatakan:

    sya mah music oriented & SM Stand krn suka every heartnya BoA (OST. Inuyasa) jauh sbelum knal EXO dan SNSD, ternyata dr BoA ke EXO dan SNSD saling sambung menyambung.. *apadeh,. nanti klo ada bb/gb baru sya psti suka, kya RV,. sya suka lagu SM artis, cari para mantan artisny, former traini, all about SM,.. jadi klo ada msalah kyak gni dibuat enjoy, biasa aja, tenang,.
    saya pun jg suka lagu SUJU, F(X), SHINee, tp yg pling disuka yaitu dia EXO dan SNSD, dan skarang keadaan grup merekaa.,.. ya sudalah, sya hanya bsa mendoakan yg terbaik.. be strong ok oppa, eonni.. !!

  28. alyaaria mengatakan:

    sekarang greget sendiri sama SM sejak di pegang Youngmin, ada berita artis asuhan SM yang keluar/nuntut pasti ujung2nya berita dating. yaa tungguin aja berita datingnya-_-
    oiya eon, katanya gegara member M banyak yang ngebatalin kontrak, mau dibubarin? katanya juga Tao mau ngebatalin kontrak? auahgelap/?

  29. thea wenona mengatakan:

    Kalo dibilang benci SM sih enggak. Cuma rada gimana gitu setiap denger rumor. Kayanya SM itu ga pernah jauh dari rumor/masalah. Awal gue suka kpop emg berasal dari artis SM, tp gue ga pernah liat mereka karena berasal dr perusahaan mana mereka. Mereka keluar ato mereka mau gimana sih gue rasa sebagai fans yang baik usahain support aja buat yg terbaik bagi mereka masing-masing. Ngebash SM, emang kita pemegang saham?/abaikan/ wkwk. Jujur gue fans luhan. Okay, bisa dibilang(agak) fanatik. Gue juga sedih sih, karena harusnya luhan tau gimana cara SM memperkerjakan artis2 mereka. Sejelek jeleknya SM, dia juga yg ngebuat luhan jadi terkenal.

    Menurut gue, disini ga ada yang bisa kita salahin. Toh ya kita ga tau kalo ada drama besar di belakang SM. Yang bisa dilakuin adalah jangan ngehujat SM ato siapapun itu. Ini real life yang harus dijalanin. Toh ya luhan ato kris masih ada, masih bisa main film. Kita masih bisa liat mereka. Bayangin gimana rasanya ditinggal 2 member ladies code? Mereka bener bener pergi selamanya. Gimana rasa sakit fansnya.

    Yaaa gue sih jujur masih ngefans sama exo atau luhan sendiri. Gue rasa ini ga masalah kok, luhan masih bisa nerusin karir.

    Maaf kalo komen trll panjang :”)) soalnya banyak exo-l baru yg alay dan menghujat sm seenaknya dan ngaku ngaku fans sejati.

    Sekian dan terimakasih :”’D

  30. oh sehan mengatakan:

    Hueee ,,, iya sih kita gk bisa nyalahin SM karena nama mereka (Kris,Luhan,DLL) terkenal kan gara2 SM

  31. neng nda mengatakan:

    hahahah…kerennnn. gw setuju bgt sama opini nya…kata2 trakhir,kkaepsong…!!

  32. terserah mengatakan:

    Aku sih setuju sama pendapat eon ttg nggak usah ngebash sm
    Tapi nggk kek gini juga. EXO emang udh bkn OT12, dan ak jg tau pas kris keluar membr pada kesal. Ak jg smpt ngerasa kesal sama kris. Tp masalah luhan kli ini udh ada dukungan dr member.
    Eon seperti kesanny udh gk suka exo
    Sbg exo l harusnya tetep dukung exo m
    wlaupun skrg mereka jd rada ga kompak
    maaf ya klo nyinggung

  33. terserah mengatakan:

    Aku si sependpt klo yg ga ush bash sm terus
    tp disini eon kesannya kyak udah ga mau peduli lg sama exo gegara udh ga kompk
    harusnya kan exo l tetep dkung exo, mau itu yg udh keluar atu yg masih berthan
    aku sih berhrap klo member exo bisa ngejalanin band mereka sendiri kyak shinwa

  34. rosepixylalala... mengatakan:

    Maaf kak saya komen lagi, diatas kan q bilang kalo q itu smstand, tp q gk tau q smstand apa bukan, soalnya q suka semua anak sm, ngikutin artis mereka dari mulai awal debut, contohnya lagi ngikutin smrookies, tapi q cuma suka, engga ngefans, q masih bener2 punya dua fandom, q elf sama exo l, cintaku sama mereka masih begitu besar, sj yg membuatku knal kpop dan q cinta banget, dan sj yg buat q knal exo dan akhirnya cinta juga sampe sekarang, masih aktif ngefandom dan aky bisa dibilang rada fanatik tapi masih rasional, masih begitu memcintai luhan, dan selau menginginkan walopun hanya dlm mimpi, jika 12 orang itu betkumpul bersama, masih mendukung karir lukris sendiri, dan exo juga tentunya, karena q sdar hatiku sendiri masih mncintai mereka..
    Kalo eon tanya apa pentingnya q cerita ini, cuma pengen eon tau diriku aja…
    Sekian dan terimakasih🙂

  35. Lupe mengatakan:

    Luhan dimna kau wakwaw -_-

  36. My Booe mengatakan:

    Aq pribadi setuju sma statment kamu, yg bilang knapa hrus SM aj yg disalahin? Toh ujung2nya kita ttp jdi SM stan. Dan aq masih memilih jdi sm stan, yg mendukung smua artinya. Mnyukai smua krya2 artisnya, mendownload apapun yg dkeluarkan SM sbgai karya, dan…. Membiarkan Luhan dan Kris mengejar mimpi mrka sndiri.
    Aq yg scara frontal ttp brdiri di sisi exo, smpai tersisa brapapun membernya. Dan membiarkan Kris dan Luhan keluar dri exo. Tidak mencoba menahan mreka lagi. Krna member lain pun bhkn tak bisa menahan mrekan, apalagi kita yg bhkan mreka tidak tau keberadaan kita.

    Thanks atas opini dan masukanmu ini. Membuat q smakin yakin kmana aq hrus brpihak…

    Anyyong, slam kenal ne…🙂

  37. Prita Arifa mengatakan:

    Setuju sama komentarnya kak! Kalau aku sih punya banyak bias, jadi exo mau diapain juga yaudahlah terima saja~ toh masih ada bias lain lagi wkwkwk~
    Soal kubu yang bener aku juga gatau, gimana sm aja deh kedepannya^^~

  38. hakunamatata713 mengatakan:

    aih… untungnya aq juga multi fandom dan lebih cenderung music oriented… hahaha qt sama linda… ya meskipun tetep kecewa juga pas dengernya…

  39. chando mengatakan:

    gue stuju pendapatmu,,,,smua org nyalahin SM entah CEOnya lah tah apanya lah,,,karna gw cuma fans doank gak tau kbenaran berada d pihak spa gw hanya bisa nonton aja,, mau komen takut d semprot sama exoL YANG LABIL,,, kapok gw

  40. Mia mengatakan:

    kalau menurut aku ketika kita suka sama artis SM kita harus mulai siap dengan kemungkinan terburuk yang bakal terjadi sama artis idola kita biar nantinya gak kecewa banget. kan tau dari dulu kalau di SM mah susah kalau ketemu keluarga terus jadwalnya yg gila-gilaan. dan disini mah setiap orang yang mau masuk SM dan jadi artis harus siap mental dan gak gampang terpengaruh. gue bukannya belain SM cuma artis2 SM harus siap segala dan bener2 berjuang buat terkenal itu. jangan gampang nyerah sama apapuan deh hehhee. yah semoga kedepannya SM lebih care dan peka dengan semua keluhan dan masalah yang dialami artisnya hehhehhe

Tinggalkan Balasan

