Indonesia K-POP Fans~ LETS VOTE #2014MAMA !!!

Posted: Oktober 28, 2014 in my korean notes

MAMA 2014 sebentar lagi dihelat teman2. MAMA yang merupakan singkatan dari Mnet Asia Music Award ga dipungkiri adalah ajang penghargaan yang sangat penting dan bergengsi buat K-POP. Ajang penghargaan yang uda mulai ada dari tahun 1999 ini secara konsisten telah memberikan penghargaan2 pada insan2 musik Korea dari berbagai kategori. Penyanyi itu pencapaian terbesarnya apa sih selain masuk billboard, go internsional sampe ngejual banyak album? Salah satu yang lain adalah dapet penghargaan pastinya. Dan sebagai fans, pasti kalian pada pengen idola kalian dapet penghargaan kan? Terus gimana caranya kita dukung mereka supaya pulang bawa award? Salah satu caranya adalah dengan cara ngasi voting online kalian di MAMA di tahun ini. Kalian bisa vote di web official MAMA 2014 mulai saat ini juga (141028). Dengan alasan itulah gue ngebuat postingan ini, gue pengan K-POP Fans terutama yang dari Indonesia kontribusi juga buat ngevote idola2nya. Ini karena gue tahu jumlah Kpop fans di sini banyak banget jadi marilah kita ikut menyuarakan dukungan kita ke idol pilihan kita melalui voting online ini sodara2 sekalian (kampanye mode on, haha). Siapapun idol yang kalian vote gue seneng karena setiap orang punya alesan untuk milih sesuatu. Dengan nulis ini, gue cuman berharap kalian bisa berkontribusi ke idol2 favorit kalian dengan jalur2 official kayak gini. Gue semacam ngasi informasi aja di sini. Semoga berguna ^^

Vote sebenernya uda dimulai sejak kemaren 27 Oktober 2014 cuman gue baru kepikiran nulis ini hari ini, hehe. Vote akan terus ada perhari perID (satu orang hanya boleh vote sekali sehari dengan 1 ID) sampe ntar berakhir 2 Desember 2014. Ok kita mulai aja gimana caranya. Di tahun ini ada 17 kategori penghargaan yang 15 diantaranya ada 5 nominator untuk masing2 kategori, 2 lain yaitu Song Of The Year dan Artist Of The Year merupakan akumulasi dari semua nominatornya. Kategori yang bisa kalian vote adalah:

  1. Best New Artist (ini kurang lebih kayak rookie of the year..jadi semacam artis baru terbaik yang mulai karirnya di K-Pop tahun 2014 ini). Nominatornya adalah GOT7, WINNER, Park BoRam, AKMU dan Eddy Kim. *sekedar info, untuk hari kedua, WINNER dan GOT7 masuk posisi 2 besar..kayaknya bakalan ketat voting untuk mereka*. Oya, kalian juga bisa ngecek ranking voting ini setiap saat di web officialnya. Ngecek idol pilihan kalian posisinya gimana.
  2. Best Male Artist (ini kurang lebih artis cowok solo terbaik di tahun ini). Nominatornya Roy Kim, RAIN, SeoTaeji, Lim Chan Jung dan TAE YANG.
  3. Best Female Artist (artist cewek terbaik di tahun ini). Nominatornya SUNMI, IU, Ailee, HyunA dan HYOLYN.
  4. Best Male Group (boy group terbaik di tahun ini). Nominatornya B1A4, EXO, Block B, Beast dan Super Junior.
  5. Best Female Group (girl group terbaik di tahun ini). Nominatornya 2NE1, Girl’s Day, Girls’ Generation, SISTAR dan Apink.
  6. Best Dance Performance Male Group (ini kategori untuk boy group yang dance/koreografi performance-nya terbaik di tahun ini). Nominator adalah EXO (OVERDOSE), VIXX (ETERNITY), TVXQ (Something), BTS (Boy In Luv), INFINITE (Last Romeo). *keknya kategori ini bakalan susah buat milihnya bagi sebagian fans..hehe, iya ga? Haha*
  7. Best Dance Performance Female Group (ini kategori untuk girl group yang dance/koreografi performance-nya terbaik di tahun ini). Nominatornya adalah AOA (Miniskirt), miss A (Hush), Girl’s Day (Something), SISTAR (Touch My Body) dan 4MINUTES (Whatcha Doin To Me)
  8. Best Dance Performance Solo (ini kategori untuk solo artist yang dance/koreografi performance-nya terbaik di tahun ini). Nominatornya adalah RAIN (30 SEXY), SUNMI (Full Moon), Ailee (Don’t Touch Me), HyunA (Red) dan HYOLYN (One Way Love).
  9. Best Collaboration (ini kurang lebih kolaborasi (duet) terbaik para penyanyi K-POP di tahun ini). Nominatornya adalah SAN E & Raina (In Midsummer Night), Seo In Guk & Zia (Loved You), SoYou & Junggigo (SOME), Jung In & Garry (Your Scent) dan Huh Gak & EunJi (Break Up to Makeup)
  10. Best Vocal Performance Male (ada dance perf pasti ada vocal perform..ini kurang lebih vocal siapa yang terbaik saat perform, kategori solo cowok). Nominatornya adalah Kim Dong Ryul (How I Am), Roy Kim (HOME), K.Will (Day 1), TAE YANG (Eyes, Nose, Lips) dan Whee Sung (Night and Day).
  11. Best Vocal Performance Female (vocal performance terbaik solo cewek di tahun ini). Nominatornya Baek Z Young (Fervor), IU (Friday), Ailee (Singing Got Better), YounHa (Umbrella) dan Lee SunHee (Meet Him Among).
  12. Best Band Performance (di K-Pop selain group dan solo ada kategori band juga, nah ini kategori band performance terbaik di tahun ini). Nominatornya adalah CN Blue (Can’t Stop), FT ISLAND (Madly), NELL (Four Times Around The Sun), SeoTaeJi (Christmalo win) dan Jung JoonYoung (TEENAGER).
  13. Best Rapp Performance (Rapp itu penting di dunia K-Pop karena genre mereka kebanyakan hip hop dan ini kategori untuk rapp performance terbaik tahun ini). Nominatornya Gary (Shower Later), GAEKO (No Make Up), Mad Clown (Without You), SAN E (Body Language) dan EPIK HIGH (Happen Ending).
  14. Best Music Video (ini jelas yah..MV terbaik tahun ini). Nominatornya adalah 2PM (Go Crazy), Block B (Jackpot), Seo TaeJi (Seokyeokdong), Girls’ Generation (Holler) dan TEEN TOP (Missing).
  15. Best OST (K-POP sama K-Drama emang ga bisa dipisahin yah dan di MAMA ada kategori OST terbaik tahun ini juga). Nominatornya adalah adalah Lim Kim (Happy Me-Replaty 1994), DAVICHI (Its Allright, This is Love- Its Ok, That’s Love), Lyn (My Destiny-My Love From The Star), Sung SiKyung (Every Moment of You-My Love From The Star) dan Yoon Mirae (I Love You- Its Ok, That’s Love). Bagi yang suka nonton drama pasti tahu banget kategori ini, wkwk.
  16. Artist Of The Year (siapa artist terbaik di tahun ini dari semua kategori). Nominatornya adalah 2NE1, B1A4, EXO, GOT7, WINNER, Girl’s Day, Roy Kim, Park BoRam, Block B, RAIN, Beast, Seo TaeJi, SUNMI, Girls’ Generation, Super Junior, Sistar, IU, AKMU, Eddy Kim, Apink, Ailee, Lim ChangJung, TAE YANG, HyunA dan HYOLYN.
  17. Song Of The Year (apa lagu terbaik tahun ini dari semua genre dari lagu2 artist K-POP). Nominatornya adalah AOA (Miniskirt), CN BLUE (Can’t Stop), EXO (Overdose), FT ISLAND (Madly), miss A (Hush), VIXX (ETERNITY), Gary (Shower Later), Jung In & Gary (Your Scent), GAEKO (No Make Up), Girl’s Day (Something), Kim Dong Ryul (How I Am), NELL (Four Times Around The Sun), TVXQ (Something), Roy Kim (HOME), MAD CLOWN (Without You), BTS (Boy In Luv), Baek Z Young (Fervor), RAIN (30 SEXY), SAN E & Raina (In Midsummer Night), Seo In Guk & Zia (Loved You), Seo TaeJi (Christmalo win), SUNMI (Full Moon), SoYou & Junggigo (SOME), SISTAR (Touch My Body), IU (Friday), Ailee (Don’t Touch Me), EPIK HIGH (Happen Ending), YounHa (Umbrella), Lee SunHee (Meet Him Among), INFINITE (Last Romeo), Jung JoonYoung (TEENAGER), K.Will (Day 1), TAE YANG (Eyes, Nose, Lips), 4MINUTES (Whatcha Doin To Me), Huh Gak & EunJi (Break Up to Makeup), HyunA (Red), HYOLYN (One Way Love) dan Whee Sung (Night and Day).

Nah gimana caranya ngevote? Gampang banget. Hal yang harus kalian lakukan hanyalah buka web official MAMA2014 di sini http://mama.interest.me/2014mama/vote

g

Selanjutnya mulai klik salah satu nominator dari masing2 kategori. Kalo awalnya belum log ini, pas kalian klik akan ada perintah log ini dulu. Ada 3 cara buat log ini, pake facebook, pake twitter dan pake ID. Saran gue biar ga ribet pake Facebook/twitter aja. Semua uda punya juga kan? hehe. Setelah itu kalian bisa vote untuk semua kategori yang ada. Vote kalian bakalan muncul di bar kanan web secara urut, klik kata VOTE warna pink yang ada di bawahnya dan suara kalian uda sampe ke #2014MAMA. Untuk kali ini MAMA ada project juga, seru yaitu support idol dengan rose (mawar). Kalian klik aja banner untuk project itu untuk keterangan lengkapnya. Intinya setelah kalian vote, kalian akan langsung dapet mawar dan mawar itu bisa kalian kasihin ke idol favorit kalian sebagai bentuk support. Tiap harinya idol penerima mawar terbanyak akan dapet special banner dari MAMA dan nampang di board paling muka web dengan kata2 “MOST SUPPORTED STAR”. Untuk hari kedua ini EXO yang dapet board specialnya karena mawarnya paling banyak. EXO-L masiv kalo masalah voting, keren. *tapi sejujurnya uda 2 kali ini gue ngasih mawar gue ke WINNER, wkwk..lumayan lah mereka di peringkat 2, hehe..*. Dan untuk hari2 selanjutnya karena gue dapet 2 mawar tiap vota maka 1 mawar gue kasih ke WINNER dan satunya ke GOT7, hehe..

rosemama

rosewinner

rosegot7

D

A

Ini capturan versi gue, ceritanya gue uda 2 kali ini ngevote, hehe. Jangan terpengaruh vote versi gue yah sodara2, kuatkan pilihan dan jangan bimbang #apadeh. Gue mau sedikit curhat, gue sempet bingung pas ngevote ini karena ada kategori yang gue susah banget buat milih satu dari dua (uda kayak lagunya 2HEART WooHyun Key kan jadinya gue..wkwkw). Kategori itu adalah Best New Artist. Gue suka WINNER dan GOT7 dan mereka sama2 masuk kategori itu, WHAT SHOULD I DO?? Sempet kepikiran buat bikin 2 akun sih (solusi macam apa ini) tapi gue batalin karena itu ga fair, ga sesuai aturan yang perday perID yang gue singgung di awal tadi. Dan setelah melalui pergolakan batin (?) akhirnya gue memantapkan pilihan untuk vote buat WINNER di kategori Best New Artist dengan pertimbangan mereka memang sangat kompeten meski baru2 debut (pertengahan mau ke akhir tahun). Dan untuk GOT7nya gue dukung mereka di kategori Artist Of The Year karena bagi gue mereka sangat aktif sejak awal tahun sampe sekarang dan bagi gue mereka layak untuk dapet itu. Gue ngevote juga untuk TAE YANG (Eyes, Nose, Lips) untuk song of the year karena bagi gue itu lagu bagus banget, banyak yang suka, banyak yang cover juga terutama dari artis2 Korea sendiri, dibikin parody, rapp version dsb dan bagi gue itu keren. Gue juga vote Roy Kim untuk Best Vocal Perf karena HOMEnya dia bagi gue luar biasa keren, vocalnya dia bagus banget. Untuk rapp gue vote EPIK HIGH “Happen Ending”, gue harap mereka menang. Untuk Best Vocal cewek gue Vote Baek Z Young. Gue suka banget perform dia di “Still In Love”, such heavenly voice~melting gue ngedenger eonni ini nyanyi. Untuk EXO gue vote mereka untuk Best Dance Perf karena bagi gue koreografi OVERDOSE luar biasa keren. Untuk beberapa kategori gue ga terlalu mikir lama sih, selera aja/karena gue tahu beberapa karya mereka dan suka. Yang jelas gue pengen banget di tahun ini WINNER dan GOT7 bawa pulang award MAMA tahun ini. Kalo kemaren taunnya EXO gue pengen tahun ini agak beda aja sih soalnya banyak yang bagus selain mereka juga menurut gue di tahun 2014 ini. Anyway siapapun yang menang gue ga masalah sih sebenernya karena mungkin memang itu yang terbaik menurut banyak aspek penilaian, gue cuman ngasi statement gue pribadi, hehe.

b

C

Oya, kenapa gue bikin postingan tentang MAMA padahal banyak award lain? Nah Lo kenapa Lin? Haha.  Alesannya di Korea banyak sih acara2 penghargaan cuman gue rasa yang paling mengglobal (intenasional) ya MAMA ini. Secara kita kan bukan orang Korea jadi kita masuknya fans internasional jadi gue rasa ngevote di MAMA sangatlah tepat. 2 hari ini uda banyak banget fans yang ngevote dan jika dinilai pernegara sebenernya fans dari Asia Tenggara menduduki jumlah voters paling banyak sedunia. Wajar sih ya soalnya fans K-POP Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore, Vietnam kan banyak sekali. Gue rasa jika kita (fans Indonesia) ngevote akan banyak ngebantu idol2 kita karen jumlah kita banyak (masiv). Semacam apa ya..gue pengen potensi populasi k-pop fans kita yang besar ini digunakan untuk cara2 support yang official. Ok cara official itu contohnya beli album, goodies official dsb cuman kayak gini juga ngedukung secara resmi dan ini baik. Ya ibaratnya selain tentu saja beli album (dengan perjuangan maksimal #apadeh), penting juga dukungan via online. Walaupun simple, tapi sesuatu yang baik meski dimulai dari melakukan hal2 kecil tapi official pasti suatu saat menjadikan kita bisa mendukung dengan cara2 yang lebih besar. Fans perannya tetep penting dan suka ga suka peran SNS vital banget di K-POP dan mungkin karena itu MAMA pake system voting online kayak gini. Mereka tahu fans K-Pop bukan cuman dari Asia Timur tapi seluruh dunia termasuk Amerika, Eropa dan Selain Asia Timur.  Ok jadi tunggu apalagi,  INDONESIA K-POP FANS~ LETS VOTE FOR #2014MAMA ! ^^

e

Komentar
  1. exo sehun yehet oHorat udah ngk polos lagi mengatakan:

    Mau nanya nih eonni,pas aku ngevote ngak dapet mawar nya,aku ngevote d hp,kok g t ya ? Pdhl aku udah sigh in.

  2. deanddra mengatakan:

    eonni aku agak bingung deh dgan votex mmg awalx aku cmn ngevote exo kan di bbrpa nominsi tp katax aku di sruh ngevote kya’x utk smua ktegori so aku coba ngevote smuax tp pas aku td coba klik yg tlisan vote tp katax aku udah ngevote lbih dr 10 kali dgan id yg sama… trus gmna donk..

    • lindashin mengatakan:

      kamu kalo sekali ngevote langsung ke semua kategori dan sehari sekali aja dengan pake satu ID,jangan diulang2 karena ntar masuknya juga cuman 1 suara. Jangan EXOnya doang, harus semua kategori.Perday per ID.

  3. deanddra mengatakan:

    ok deh… gomawo eonni..🙂

  4. ciaraanita mengatakan:

    hai kak linda,, gue juga udah ngevote nih dari beberapa hari yang lalu. hehehe gue juga bingung mau ngevote siapa yang bagian artis pendatang baru. hari pertama gue ngevote AKMU, hari kedua ngevote WINNER, dan selanjutnya ngevote GOT7 hehehe. untuk best male group gue gak ngevote EXO karna menurut gue tahun ini bukan tahunnya exo, bagaimana enggak? promosinya aja distop -_-. jadi gue ngevote super junior . untuk best dance performance male group lebih milih BTS hahaha bias soalnya,, tahun ini mereka udah kerja keras banget soalnya 3kali comeback dan mereka gak ngeluh. dan malah semakin menggila hahaha. kalo untuk artis of the year baru deh aku ngevote EXO karna berita Exo paling menggelegar tahun ini. dan terakhir song of the year tetep ngevote BTS,, masih karna mereka bias. mawar gue juga buat mereka. untuk EXO sorry gue masih belum bisa percaya lagi ma kalian,, seperti kata kak linda, awal gue kenal mereka gue percaya kalo kalian itu kompak tapi ternyata setelah apa yang terjadi sama member yang udah keluar itu gue seperti ditusuk dari belakang juga. susah untuk mempercayai kalian lagi, kecuali bias gue yang masih ada digrup. KAI. walau sikapnya pendiam dan agak songong tapi gue percaya dia itu tulus.
    setelah apa yang terjadi dengan EXO, makanya gue agak selektif lagi nyari grup yang bisa dipercaya sekarang. dan gak terlalu percaya apa yang mereka tunjukin dilayar hahaha.

  5. Rosepixylalala... mengatakan:

    thanks eon, postingan ini membantu banget..🙂
    dan… gue galoooo… milih yang manaa.. #tunjuk2exonsj.. gue takut malah, yang best male grup, disitu sensitif bgt kalo kata gue, soalnya bisa micu fanwar, kan misal kalo sj menang, pasti bakal rame tuh y dimana2, nah elf yg sensian suka ngerendahin yg satunya(exo) dgn alasan mcem2.. begitupun kalo sebaliknya.. kayaknya q gk ngevote deh di nominasi situ, kgak tau milih y mana #ehmalahguecurhat..
    ini pertama kalinya gue antusias bgt sma mama, tiap hari cek cuma buat liat ranking.. mungkin karena ini tahun gue ngedalamin kpop bgt.. kalo tahn lalu, GD bgituuu mndominasi, gue pngen kali ini variasi aja,nominasinya juga keren2 bgt,, hebat2 mereka, lagnya juga bgs bgt sampe pusig milihnya, cuma agak bingung snsd mr,mr gk msuk nominasi, pdahal itu kategori sukses. kalo album of the year keliatannya sih exo, kalo beneran pasti bangga bgt gue, soalnya itu mini album^^..
    kini ke sesi pertanyaan#eh.. eon kan q mau vote pake fb y, itu hanya boleh satu kali ngevote buat semua kategori dlm sehari? pa boleh ngevote lagi tapi beda hari? gk ngevote di bberapa kategori juga boleh kan? mohon bantuannya eon ^^..

  6. Rosepixylalala... mengatakan:

    okeh, saya pusing milih yg mana.. huhu..
    tapi pengennya best male grup yg menang suju, kalo artis of the year gue gregettt.. itu bandingannya dikit bgt exo ma winner.. setelah exo dapet masalah kya ginipun peringkat mereka tinggi, apalgi kalo gk ada masalah, behhh.. gue yakin bakal byk bgt..
    kalo rose gue pengen bgt exo paling banyak.. bukan apa2.. cuma pengen membuktikan kalo mereka TAK KEHILANGAN CINTA SETELAH MASALAH YANG MENIMPA😀
    nggak sabar nunggu mama #gueantusiasbgt

Tinggalkan Balasan

