Simply Beautiful, Lovelyz “어제처럼 굿나잇/Good Night Like Yesterday”

Posted: November 15, 2014 in my korean notes

Tadi malem gue buka akun youtube gue dan ngecek apa2 aja yang baru di K-Pop. Kalo kemaren gue nemu MADTOWN kali ini gue nemu girl group yang menurut gue debut MVnya sangat bagus. Mereka adalah girl group pertama Woollim Entertainment namanya Lovelyz. Mereka adalah adek2 dari INFINITE yang sekarang ada di bawah SM C &C. Kenapa gue pengen nulis ini? Alasannya karena gue suka banget sama lagu debut Lovelyz yang ini. Ditambah dengan visualisasi Music Video mereka yang begitu indah dan menyentuh. Gue suka bunga dan mungkin kalian pernah baca tulisan gue juga tentang Flower Bandana di K-Pop. Konsep MV ini juga seperti itu, penuh bunga dengan bandana bunga dan property  bunga. Gue suka itu dan jadi makin suka karena musik, lirik dan cara mereka nyanyi bagi gue simply beautiful, indah dan kena. Gue ngerasa mereka kayak lagi ngomong aja ketika nyanyiin ini ditambah musik mereka yang ada unsur2 seperti petikan alat musik tradisional yang ngebuat gue totally falling in love sama lagu ini. Kalo gue suka Red Velvet “Happiness” karena keceriaanya maka gue suka “어제처럼 굿나잇/Good Night Like Yesterday” karena feel sedihnya. Gue kayak masuk ke emosi mereka ketika ngedenger lagu ini dan itu sumpah bikin gue ampe nangis #demiapa. Gue adalah tipe orang yang biasanya nangis kalo ngedenger lagu yang bagi gue bagus banget dengan melody indah semacam ini. Impresi awal gue ke Lovelyz adalah mereka bisa nyanyi semua, konsep MVnya bagus dan lagu tittlenya bagus. Nah untuk membernya sendiri gue jujur belum tahu nama2nya. Cuman gue sempet searching dan ternyata inilah wajah2 mereka, gue copas pictnya dari website resmi Lovelyz (http://lvlz8.com)

page3_04

Sambil nulis ini gue sempet searching sebentar dan menemukan siapa yang bikin lagu ini. Lagu ”어제처럼 굿나잇” diciptakan oleh OnePiece Team yang terdiri dari Yoon Sang, SpaceCowboy, Davink dan East4A. Yoon Sang sendiri adalah penyanyi dan pencipta lagu Korea kelahiran 1968 yang telah menciptakan karya2 lagu ballad terkenal seperti lagunya TIM yang berjudul “I Love You”. Dia juga pernah ada projek bikin lagu untuk S.E.S, BoA , TVXQ, IU, BEG dan idol2 K-Pop lain. Dia lulusan Berklee University jurusan Music Synthesis.  Orang2 lulusan sini biasanya jago banget bikin musik. Yang bikin WOLF EXO (Kenzie) itu juga lulusan situ. Jujur karya pertama dia yang gue tahu adalah “어제처럼 굿나잇” ini dan gue langsung yang amaze banget sama karyanya dia yang ini. Menurut gue lagu ini tuh secara feel dapet banget ditambah ada unsur instrument semacam musik tradisional yang ada di hampir semua melody di lagu ini. Unsur itu ngebuat lagu ini punya ciri khas dari yang lain. Semacam kayak gayageum (alat musik petik tradisional Korea) sintesis kalo menurut gue. Feelnya indah. Gue seneng banget bisa dikasih kesempatan ngedenger lagu dengan melody seindah dan sedalem ini. Ini lagu yang sangat bagus versi gue.  Lirik lagu ini sendiri dibikin oleh Kim Eana yang merupakan lyricist kenamaan Korea yang uda malang melintang ngebikin lirik untuk lagu2 K-Pop.

Info tentang Yoon Sang bisa kaliat liat di sini: http://ko.wikipedia.org/wiki/윤상_(가수)

Info tentang Kim Eana dan lirik2 lagu K-Pop yang pernah dia bikin: http://ko.wikipedia.org/wiki/김이나

Ini salah satu akun twitter yang bikin 어제처럼 굿나잇: https://twitter.com/realdavink

Info seputar Lovelyz sendiri bisa kalian akses di sini: http://lvlz8.com

davink

Lagu 어제처럼 굿나잇 sendiri menurut keterangan singkat album di web resmi Lovelyz adalah lagu ballad yang bukan ditujukan untuk orang dewasa melainkan lagu ballad versi remaja. Kita semua tahu kalo lagu ballad identik dengan penyanyi2 yang sudah cukup dewasa namun Lovelyz dengan lagu ini mencoba menyajikan lagu ballad dengan feeling remaja. Lagu ini adalah ungkapan patah hati bagi remaja range usia remaja akhir atau awal 20an. Intinya mereka ingin menciptakan lagu ballad versi remaja sehingga melodynyapun dibuat lebih ear catching dan tidak terlalu klasik seperti layaknya lagu ballad versi dewasa.

g1

MV ini rilis 9 November 2014 dan sampai 15 November sudah dilihat sebanyak kurang lebih 604 ribu kali dengan sekitar 25 ribu like (salah satunya gue, hehe) dan 1400an dislike dan juga lebih dari 3000 komentar. Komentarpun beragam dari mulai isu salah satu member yang akan dikeluarkan karena skandal dsb. Kalo gue sih cuek aja dengan isu2 itu karena pada dasarnya gue kenal Lovelyz dari MV dan lagunya bukan skandalnya. Selagi karyanya bagus ngapain gue ikut ribet? Kalo ga suka kan tinggal ga ngikutin mereka (ga pengen kenal lebih jauh secara karakter) tapi kalo masalah musik bagi gue masalah lain. Bagi gue ada 2 kategori ketika suka K-Pop. Yang pertama suka karena musiknya plus karakter personal penyanyinya dan yang kedua suka musiknya aja. Ga ada yang suka karakter penyanyinya aja. Ini karena gue kalo suka penyanyi suka lagunya duluan bukan orangnya duluan.

MV Lovelyz “어제처럼 굿나잇” bisa diliat di : https://www.youtube.com/watch?v=YXGVpjqIopE

lv

Untuk MVnya sendiri gue amaze sama konsep bunga yang mereka bawakan, gue akan capture sedikit di sini:

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000021166

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000033250

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000038375

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000076791

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000110583

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000153708

Lovelyz - 어제처럼 굿나잇.mp4_000162458

#PEACE #LOVE #HAPPINESS

#LIVE #LOVE #LEARN #LAUGH

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Q juga lagi nunggu debut mereka di panggung eon.. sekarang yabg debut gril grup jarang ada yang bagus dan dari konsep awal mereka yang remaja anak sekolahan gtu suka deh aku cman blom tau lebil lanjut tebtang mereka apa lagi biodatanya

  2. alif yoonhae, eunhae, hunhan mengatakan:

    Agak lumayan gak kaget soalnya mereka udah kecipratan dari SM soalnya kan gabung… jadi harus bagus..
    Imut imut banget ini membernya.

  3. sonyeodanz mengatakan:

    terus coba aja kak nonton mvnya yang candy jelly love unyu unyu banget ><
    Mulai ngebias si Kei nih hahaha

  4. ayundasafira mengatakan:

    terus di mv candy jelly love kei salah satu visualnya menggunakan batik ^^

    • lindashin mengatakan:

      uda tahu kalo itu. Sekali lagi yah, gue nulis ini sebelum MV candy jelly keluar. Kalo kalian komennya kayak gitu ya ga match sama postingan ini. Kesannya kalian nambahin sesuatu yang gue ga ngerti padahal ini postingan kapan. Sorry gue jadi emosi kalo komennya ga match sama postingan. Sorry banget.

  5. Lia mengatakan:

    maf ya cuma mau ngelurusin aja, lovelyz bukan girlgroup dibawah naungan SM C&C, lovelyz asli didikan Woollim Entertaintment…
    Wollim dan SM C&C hanya partner bisnis, masalah artis woollim yang didik sendiri….
    thanks🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s