MAMA 2014: Music Makes One, Antara EXO, WINNER dan IKON

Posted: Desember 6, 2014 in my korean notes

MAMA 2014 baru aja selesai dengan hasil yang barangkali sangat memuaskan EXO, SM dan EXO-L. EXO dapet 3 penghargaan prestisius “Best Male Grup Of The Year”, “Best Album Of The Year” dan “Artist Of The Year”. Meskipun gue sekarang ga masuk fandom EXO-L tapi gue ngucapin selamat buat EXO-L semua. Semoga kalian tetep support EXO dengan karya2nya. Mungkin banyak netizen ngasi selamat ke EXO segera setelah tahu list pemenang kemaren cuman gue melakukan hal yang sedikit berbeda. Hal yang gue lakuin adalah ngasi selamat juga ke orang2 yang uda bikin lagu2nya EXO di mini album OVERDOSE. Gue melakukan itu karena gue rasa kemenangan kemaren bukan cuman milik EXO tapi juga orang2 yang turut bekerja di balik layar mereka. Bagi gue EXO ga bakalan bisa sekeren ini kalo lagu2 mereka juga ga bagus. Mereka besar karena peran SM yang begitu luar biasa milih lagu2 yang paling keren untuk EXO. Gue rasa SM melakukan banyak hal buat suksesnya EXO. Anak agensi lain seperti YG menang karena lagu2 mereka sendiri tapi EXO dengan lagu dari perusahaan. Itu sebabnya gue selalu berfikir meskipun EXO sendiri vocal dan performancenya bagus tapi tetep aja bisa besar karena agensi mereka yang begitu keren, SM Entertainment. Belum tentu anak2 EXO kalo ada di agensi lain dan nyanyiin lagu lain bisa dapet award kayak gini juga. Meskipun begitu, di sisi lain lagu2 EXO di OVERDOSE ga akan booming2 juga kalo member2 EXOnya memang ga punya kemampuan untuk menampilkan lagu itu dengan baik dari sisi vocal, rapp dan performancenya. Semua punya peran masing2 sih dan gue rasa baik SM dan EXO sendiri telah melakukan perannya dengan baik hingga bisa berada di puncak karir kayak gini.

Masih sama sih sama komentar gue dulu yang tentang Luhan out. Meskipun gue uda ga terlalu punya feel sama EXO semenjak membernya “out one by one” cuman kalo lagu2/karya2nya bagus gue akan tetep suka dan mau ngikutin. Sekarang gue mikirnya “ada artis2 yang gue suka baik karyanya maupun personalnya” tapi ada yang juga yang karena karyanya aja dan EXO contohnya. Gue ga bisa ga suka sama EXO selagi gue rasa musik mereka bagus. Karena gue pada dasarnya penyuka berbagai genre musik dan suka musik secara umum jadi ga bisa ga suka musik hanya karena ga suka sama yang nyanyi. Gue kalah sama SM. Mereka terlalu keren dalam bikin lagu2 bagus dengan segala kerjasamanya dengan musisi2 dunia dan itu ngebikin gue susah lepas dari style musik mereka sekalipun artis2nya banyak skandal dsb. Gue inget papa YG pernah bilang kalo “musik harusnya tidak hanya disukai oleh fansnya tapi juga masyarakat umum”. Ini menyadarkan gue kalo ngefans penyanyi semata2 karena wajah/dance itu membutakan. Karena ada kecenderungan “ah gue suka lagu ini karena gue ngefans sama yang nyanyi” dan “gue ga suka lagu ini (meskipun bagus) gegara gue ga kenal/ga suka idolnya/agensinya”. Ya ok sih selera orang itu beda2, semua orang punya alasan untuk suka sama sesuatu dan ga bisa disamakan. Cuman dalam istilah “penyanyi” dan “musik”, seharusnya fans bisa menikmati dari musiknya dulu sebelum ke yang lain. Kembali lagi, idol2 kita itu semua penyanyi, bukan dancer bukan model, intinya musik. Apa pernah sih EXO bilang “ke depan kami akan menampilkan kejujuran kami dalam bersikap atau wajah kami yang makin ganteng”? mereka kebanyakan mengatakan “kami akan berusaha menampilkan musik dan performance yang makin bagus ke depannya”. Ini jelas banget mereka ingin dihargai secara karya, ok yang lain boleh dikagumi cuman penekanannya tetep ke musik dan performance. Dan gue rasa semua penyanyi juga berfikir begitu. Mereka ga hanya ingin dikenal karena wajahnya yang ganteng/cantik, dancenya yang keren dan personalitinya yang menginspirasi tapi juga musik mereka yang memang bagus dan disukai banyak orang.

Gue jadi banyak ngomong, maaf. Intinya kalo gue pribadi pengen mengapresiasi idol karena musik sebagai yang utama, mengenai hal lain itu nomor setelahnya. Gue akan berusaha membedakan masalah pribadi mereka dengan karya mereka. Terserah lah sama urusan mereka pribadi, selagi mereka keren sebagai penyanyi/penampil gue bakalan suka dan ngikutin bahkan support.

Omongan gue yang panjang lebar ini terinspirasi gegara gue nonton fancam MAMA kemaren tepatnya di moment anak2 EXO, WINNER dan IKON ketika ngeliat satu sama lain perform. Mereka keliatan appreciate sama musik satu sama lain. Buktinya ini:

Diambil dari: [FANCAM] 141203 EXO Tao _ Winner Mino Moment MAMA 2014 – BORN HATER

  • Kalian bisa lihat di video fancam ini kalo Tao nyaris hafal lagunya EPIK HIGH ft Beenzino, Verbal Jint, Bobby, B.I (IKON) dan MINO (WINNER) judulnya “BORN HATER”, dia keliatan suka sama lagunya dan amaze sama performancenya. Ketika di lirik “SHOW TIME!” dia sempet beranjak dari tempat duduk, sangat excited. MINO nyamperin kursinya dan ngasi mic, Taopun dengan lancar nyanyiin part B.I. Suho yang ngeliat keliatan enjoy juga, dia senyum dan MINO jadi amaze seperti “wow Tao tahu lagu gue”. Gue sendiri suka banget sama lagu “Born Hater” ini, gue suka anak2 YG terutama WINNER, IKON dan EPIK HIGH juga. Ketika pertama ngeliat perform ini gue kepo sama Tao yang keknya dari awal lagu ikutan nyanyi dan sepertinya MINO dateng ke kursi dia, cuman di perform officialnya ga keliatan jelas banget makanya gue nyari fancamnya dan ternyata benar kejadiannya kayak gitu. *Ini ngasi pelajaran gue banget kemaren kalo bahkan idol2 kita yang mungkin ga kenal satu sama lain aja bisa saling mengapresiasi lagu idol lain kalo dia rasa emang bagus. Ga mungkin lah Tao ga hafal lagu itu kalo ga suka, itu logikanya. Semua ngeblend jadi satu karena “musik yang keren”. Music Makes One, seperti slogan MNET. Musik bener2 menyatukan mereka kemaren. Ok mereka semua berkompetisi tapi bukan berarti ga suka lagu idol lain kalo memang bagus dan dia suka hanya karena kompetisi itu. Bagi gue ini pemandangan keren dan indah banget. Seandainya fans2 juga suka idol dengan mindset seperti itu, bisa ngeblend jadi satu bukan hanya karena fandomnya sama tapi suka musik yang sama. Gue rasa dunia K-Pop akan indah banget kalo itu terjadi, terutama dunia K-Pop di Indonesia. Ga ada perang fandom karena mereka suka musiknya, skillnya dan bukan ego “idol gue yang terbaik, lainnya ga”. Jujur gue beberapa kali bukan fanpage antis EXO (TOXIC) dan gue baca kalo mereka bikin page itu salah satu alesannya karena EXO-L banyak yang suka ngejelekin fandom lain dan mereka akhirnya nyari semua kekurangan EXO buat nunjukin EXO itu ga sesempurna yang ada di pikiran EXO-L. Gue rasa mereka ga akan melakukan itu kalo EXO-L memang “baik”. Gue sendiri ngerasa EXO-L itu banyak yang suka ngejelekin fandom lain, bikin fanwar dan seakan2 EXO itu paling baik diantara yang lain. Sebenernya ga masalah ngerasa EXO paling keren cuman jadi masalah kalo jadi ngejelekin yang lain sedangkan semua orang itu style/kesukaanya beda2. Bagi gue meskipunya ga semuanya, EXO-L itu banyak yang sok tahu, ngefans juga belum lama2 banget, belum kenal2 banget uda sotoy dan terlalu fanatik. Parahnya kalo ada EXO-L yang pindah fandom cenderung dicibir seakan2 yang pindah itu ga loyal padahal kan pindah/stay itu hak masing2. Semua pasti ada alesannya. Kalo gue sih sama EXOnya ga masalah, biasa aja, orang dari dulu juga uda ngikutin jadi uda tahu karakternya. Yang gue agak malesin itu sebeneranya malah EXO-Lnya, ok sih ga semua EXO-L begitu cuman ada dari mereka yang annoying sehingga kalo banyak antisnya gue juga maklum. Misalnya gue ngomong “ah SuHo gimana sih? Masa Kris keluar responnya gitu? Chen juga, D.O juga, Tao juga, mana nih sense of friendshipnya?” atau “ah Luhan gimana sih, kalo ga di EXO juga ga bakalan terkenal, pake acara out segala” itu EXO-L masa ada yang ga terima? Lucu banget menurut gue. Wajar aja dong kalo sebagai fansnya ngerasa kecewa sama sikap2 idol2nya, lagian memang kenyataannya gitu. Nah ada EXO-L yang ngeliat komen kayak gitu aja bisa diributin, terus ngejudge “Linda ga loyal, labil, pengkhianat dsb”. Gue sih ga masalah dengan itu cuman sebenernya itu nyakitin. Ok lah kalo “anda2 EXO-L” ini pada loyal, saya seneng2 aja cuman jangan dong ngejudge negative ke orang lain hanya karena orang lain kecewa sama EXO secara personal. Dari situlah mungkin ada fans2 yang membalik jadi antis, karena mereka bukannya ga suka sama EXO (karyanya suka meskipun personalnya ga) cuman sakit hati karena cibiran2 EXO-L. Gue sendiri minta maaf kalo misalnya pelampiasan kecewa gue ke EXO bikin sakit hati EXO-L yang lain. Mungkin gue terlalu ekspresif dan jujur banget sama perasaan gue saat itu. Gue sadar gue ga sempurna dan banyak kekurangan, gue minta maaf cuman tolonglah EXO-L, hargai fandom lain, hargai selera orang lain, jangan terlalu fanatic dalam artian negative (menjelekkan orang yang pindah fandom karena EXO out one by one dsb), semua orang itu melakukan hal ada alasannya. Dan gue juga appreciate sama kalian yang tetep jadi EXO-L di tengah banyaknya masalah tentang EXO sekarang. Kalian hebat. EXO aja ga ada masalah sama grup lain, kenapa fansnya harus ada masalah? Itu pertanyaan yang sebaiknya kita renungkan. EXO, WINNER dan IKON akur2 aja tuh, kenapa fansnya sewot? Itu yang harus kita renungkan*

[FANCAM] 141203 EXO Tao _ Winner Mino Moment MAMA 2014 - BORN HATER.mp4_000054520

[FANCAM] 141203 EXO Tao _ Winner Mino Moment MAMA 2014 - BORN HATER.mp4_000055320

Diambil dari: MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending.

  • Ini adalah versi lengkap dari moment EXO, WINNER dan IKON di MAMA kemaren. Gue luluh nonton video ini dan gue jadi sadar kalo gue salah kalo terlalu emosi sama EXO karena skandal dan action2nya yang menurut gue merusak kepercayaan gue ke mereka secara personal dan teamwork mereka di luar panggung. Gue jadi punya pikiran kalo “ok lah gue ga akan terlalu peduli lagi sama EXO secara personal tapi kalo dari sisi musik gue akan masih peduli, gue ga mau ada banyak masalah sama EXO-Lnya, mengingat gue sama EXO juga ga ada masalah. Lagipula kenapa masalah? Kenal aja kagak, cuman hubungan fans sama idol, mereka juga belom tentu tahu gue ada, haha.” Di awal video ini keliatan gimana Tao yang sing along lagu “Born Hater” dengan sangat enjoynya. Lalu ketika WINNER nyanyi “Empty” diapun hafal dan nyanyi bareng, bukan cuman Tao, SuHo ternyata juga hafal. Gue surprise ngeliatnya, ga nyangka mereka tahu lagu2nya anak2 YG juga secara selama ini jarang/mungkin belom pernah ada sejarah anak SM sebegitu tahu/keeskpos media nyanyiin lagu dari agensi lain apalagi YG. *apa mungkin gue yang kudet gue ga tahu, cuman setahu gue anak2 SM bukan tipe yang suka nyanyi lagu2nya YG*
  • Selanjutnya ada Bobby B.I, SeungYoon dan MINO yang enjoy banget nikmatin perform EXO “Black Pearl” bahkan Bobby sempet berdiri segala dan joget2 sendiri dengan tangannya. SeungYoon WINNERpun sama, dia enjoy dengan “Black Pearl”.
  • Tiba di lagu “Tell Me What Is Love” dan Bobby keliatan amaze dan terkejut karena musiknya yang awal. MINO yang tadi duduknya nyandar lansung tegak dan ikutan nikmatin musiknya bareng sama Bobby, B.I dan SeungYoon. Ga heran sih mereka suka lagu ini karena genrenya kayak genre2 anak YG (hip hop, R&B atau black music) yang beat2nya asik. Mereka bahkan sempet ikutan ngewave ketika lagu itu diperformin D.O, Chen dan Baekhyun. Sempet ketangkep kamera juga dan Bobbynya nyadar, haha.
  • Sampe di lagu OVERDOSE dan lagi2 Bobby keliatan excited banget sama beat drum lagu itu. OVERDOSE memang point musiknya di instrument drum dan Bobby sempet beberapa kali asik sendiri dengen ikutan ngedance drum sesuai ritmenya. B.I juga, keliatan beberapa kali pake tangganya seperti ikutan ngedance drum kayak Bobby. SeungYoon yang lucu, dia dari awal OVERDOSE uda fokus banget nontonnya ampe mulutnya kebuka, keliatan terpesona banget dan di klimaks lagu di lirik “You in My Heart” partnya Baekhyun dia kayak gemes gitu, dia happy banget ngeliat part itu, haha. Diakhir perform, Bobby ngasi standing ovation buat penampilan EXO di lagu OVERDOSE. *anak2 WINNER dan IKON aja kayak gitu ke EXO, misalnya ada fans yang fanwar hanya karena mereka menamakan dirinya EXO-L dan Inner Circle, mereka fans yang kurang bijak menurut gue. Gue mau ngomong “fans bodoh” cuman itu kasar, ntar gue kena bashing lagi, haha. Gue ga bilang gue pinter cuman fans yang masih doyan fanwar ngejelekin idol fans lain sedangkan jelas artisnya malah nikmatin karya artis lain itu kalo bukan fans bodoh apa namanya? Fans fanatic? Fans loyal? Ahaha. Kalo kata Baekhyun mah #kkaepsong~*

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000243343

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000352051

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000367867

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000390390

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000411444

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000507373

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000510443

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000561527

  • Moment terakhir yang bagi gue dalem banget adalah ketika mereka selesai acara (ending session). Ada moment Bobby Baekhyun dimana Baekhyun ngasi jempol ke Bobby mereka rangkulan seperti sunbae hobae. Gimanapun EXO itu sunbaenya WINNER dan IKON. Ada moment Bobby Sehun. Ada moment MINO SuHo yang juga rangkulan. Ada moment Chen SeungYoon dimana Chen pertama kali bow ke SeungYoon dan langsung dibalas SeungYoon dengan hal yang sama. Semua itu bagi gue indah banget. *Anak2 EXO aja bisa nunjukin sikap yang respect sama idol lain, masa fansnya ga sih? Apalah arti sebuah fandom kalo cuman dijadiin alat buat ngejelekin fandom yang lain. Masih mending dong ga punya fandom tapi punya sikap #respect ke fans lain daripada ngakunya punya fandom cuman ga bisa nunjukin hal2 positif dan nyakitin hati orang lain? Lagian punya fandom emang ada aturan harus koar2 “GUE EXO-L SEJATI” gitu? Keknya ga banget. Not my style. Gue rasa orang yang mudah kesinggung dan emosi kalo fandomnya dikomentarin/dikritik fans lain itu ga masuk akal. Masa idolnya makhluk sempurna yang ga ada celah? Haha. Justru dari komentar2 itu kan kita sama2 belajar dan yang penting belajar untuk jadi orang yang apa adanya, ga fake. Kalo memang idolnya lagi kena skandal ya udah diterima aja, orang kenyataannya gitu, jangan orang yang punya komentar diliat seakan2 keluar fandom dan jadi pengkhianat #kkaepsong~

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000695594

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000737470

MAMA 2014 MULTI FANCAMS EXO, YG WINNER, IKON Bobby _ BI – Reactions, Interactions, Ending..mp4_000755721

Ngomongin fake, gue jadi inget berita beberapa hari ini yang Bobby dinilai ngerendahin Rapp Monster karena lirik2nya di rappnya. Buat orang2 yang berfikiran kayak gitu mending belajar hip hop dulu, hip hop/rapp itu musik yang kayak gimana sebelum asal ngejeplak. Diss itu biasa di hip hop justru diss itu ngajarin buat ga fake, di panggung adu skill rapp tapi diluar panggung sahabatan. Apa orang yang lagi perform di panggung itu ga acting? Salah besar, mereka acting. Dan kalo uda diluar panggung mereka kembali seperti biasanya. Itu namanya professional. Bobby penuh skill kalo di panggung, to the max cuman setelah duduk di kursi dia cuman anak 20 tahun yang baru sekali ada di MAMA dan seneng karena bisa enjoy ngeliat perform artis2 lain yang keren2. Buat yang pada suka ngebash2 itu #mikir “analisis saya buat ngebash seorang idol bener ga? Kalo salah malu sendiri nanti”.

Ini yang bisa gue tulis/share, ini pemikiran gue semata. Gue harap gue bisa terus berfikir sama dengan yang gue omongin, lebih appreciate ke musik daripada personal ke idol2nya terutama untuk kasus EXO #staygold. Gue harap ga ada yang tersakiti juga disini, bahasa gue emang agak “keras” tapi gue pengen tegas aja sama pendapat2 gue. Gue minta maaf kalo ada pihak2 yang ga berkenan dengan opini gue ini. Sama seperti yang ngecollect fancam terakhir ini, nicknamenya “ByunBaek 1106” cuman dia diawal video ini nulis kalo dia support baik EXO, WINNER dan IKON. Guepun sama, gue bukan EXO-L tapi mau2 aja support mereka dengan memandang skill dan musik mereka. Apa kalo uda pake nickname “ByunBaek 1106” itu pasti pure EXO-L? Ga kan? Apa gue misalnya jadi EXO-L nickname gue harus “THE TRUE EXO-L FOREVER?” dsb? Haha. Setiap fans ada kecenderungan ga bisa cuman suka 1 idol secara penuh, itu wajar termasuk gue sendiri. Simple sih, intinya bagi gue “lebih baik ga masuk fandom tapi berusaha jadi fans yang baik” daripada “masuk fandom cuman buat jadi fans yang ga baik”.

#PEACE #LOVE #HAPPINESS

#LIVE #LOVE #LEARN #LAUGH

Komentar
  1. asdfghjkl mengatakan:

    Hha.. fans yg immature itu mmg annoying..
    Fans2 yg mmbt fanwar buat apa coba ya.. lagian artis nya aj baik2 aj tu.. membuang waktu dan tenaga aj.. menjelekkan nama fandom juga kn..
    ckckkck..

  2. Ayana mengatakan:

    EXO dapaet 4 award eon >.< itu kurang Best Asian Style😀

  3. PJA mengatakan:

    Ini emang lagi panas di beritakan klo anak YG gak heran mereka emang multi talen bahkan trainee aja bikin lagu keren abis dan mereka itu nyanyi lagu mereka sendiri atuu para sumbaenya yang bikin beda sama sm yang setiap comeback ada penanggung jawabnya… dan menurut aku semu yang eonni bicarakan bener… Klo gak suka laginya gak mingkin gak suka sama yang ngebawainya… tp ttp aja setelah winner debut dan got7 debut posisi exo itu tersingkir dari bias aku . AKU klo jagoin mah sukanya yang keren kaya hanbin kecil kecil leader baik, bobby, sama mino aku berharap yg nantinya buat proyek mereka bersama karena cara mereka rap itu keren banget

  4. Neng Nda mengatakan:

    Opini nya keren bgt…Gw bias ke EXO, tapi jujur sedikitpun ga tersinggung sama opini yg u sampein..gw malah seneng sebagai EXO-L , atas apresiasi atau pun kritikan yg u kasih buat EXO atau EXO-L..
    Gw jga pengen fandom atau bias manapun yg masing2 kita suka,, bisa nyatu. Karena toh artis yg kita suka jga pada fakta kehidupannya saling menghargai karya satu sama lain,,,
    Oiya jgn bosen nulis yah,, gw sering baca blog u …Buku u jga niat gw beli(hehehe…gw yakin bagus, krna tulisa di blog u jga bagus2)…Fighting…!!!

  5. yua mengatakan:

    kalo kata lay dia bakal bagiin award itu untuk orang yg udah membantu mereka, mencintai mereka dan tetap bersama mereka, secara gk langsung berarti dia bilang utk staff staff SM yg udh nolong mereka, fans yg mencintai dan tetep bersama mereka😀
    kak linda sebenernya aku sedih sih kakak gak review lg acara exo, oke kakak emng kecewa krn exo keluar satu persatu aku jg rasain hal itu gak apa lah tiap org punya hak.
    tp aku mau tanya kalo misalnya exo gak ada kasus kris luhan yg keluar apa kakak tetep jd exofans dan terus mereview fakta exo tanpa BB lain?
    klo misalnya BB yg kakak favorit kan skrng ntar ada masalah apa kakak jg bersikap kek gini?

    sekali lg maaf kak😦 aku nanya ini krn kakak kan dulu suka bgt sama exo
    penasaran juga gimana pandangan kakak
    maaf kak lin

    • lindashin mengatakan:

      Kalo ada masalah (semoga ga) gue ga mau komen dulu karena gue tipe yang memutuskan sesuatu dari kondisi saat itu, bukan dari sesuatu yang bahkan belum kejadian. Sampai sejauh ini gue nikmatin aja sih, biarkan semua berjalan dan selagi gue masih suka GOT7/MADTOWN/WINNER/IKON, gue bakal terus ngikutin mereka bahkan ada yang gue share di blog kayak GOT7 &MADTOWN. Untuk EXO, gue hanya mau ngikutin musiknya aja dari sekarang.

  6. Why mengatakan:

    …aku speechless kak, emm aku stuju kok sma pndpt kkak stuju bgt mlah. tp ap ya bca ni tu kyk da yg ganjel gtu, td da yg komen nnya apkh jk idol yg kkak ska da mslh apkh kkak jg akn mlkukan hal yg sma sperti yg kkak lkuin ke EXO, dn kkak blg blum mw komen dlu.

    • lindashin mengatakan:

      gue rasa ga idol yang sempurna. jadi bagi gue dijalanin aja, karena manusia itu menurut gue ada kecenderungan bisa berubah kapanpun tergantung situasi. Namun gue harap 4 boygrup yang gue suka saat ini bisa terus kompak. Kalopun ga kompak ya gapapa, gue uda semacam belajar dari kasus EXO, gue ga bakalan menilai idol gue “perfect” lagi karena bakal kecewa kalo nyatanya ga gitu. Dan gue rasa orang yang uda pernah ngerasa kecewa sama sesuatu ga bakal mudah menyukai sesuatu lain kalo dia ga ngerasa sesuatu itu lebih dari sebelumnya. Kalo DBSK, gue memang dulu suka tapi semenjak out jadi ga ngikutin banget lagi, sebenernya kalo musik mereka masih konek di gue gue ngikutin kok, cuman mereka sekarang konsep2 MVnya banyak yang vulgar dsb, not my style.

  7. Why mengatakan:

    …aku speechless kak, emm aku stuju kok sma pndpt kkak stuju bgt mlah. tp ap ya bca ni tu kyk da yg ganjel gtu, td da yg komen nnya apkh kkak akn mlkukn hal yg sma sperti EXO jk idol kkak da mslah,? q lgsung brfkir kkak mngkin akn mlkukn hl yg sma. kkak ska DBSK kn? kkak jg ska EXO kn? q ykin kkak tw mksud q.. Maaf

  8. Anya Camilla mengatakan:

    Hadeeuh iya lin gue liat fancam ini masa gue jdi terharu sendiri ahahah ,sebelum2 nya emg setau gue anak2 SM jrg bgt yang bisa menikmati lagu2 Anak YG setau dan seingat gue ahahah ,tapi pas liay Tiga grup ini gue jadi mikir “mereka ini kayaknya bakalan sahabatan di luar stage deh” lo liat aja kan gimana heboh nya tao ama anak2 ikon *gue baru apal jinhwan dri acara mix and match* ini kekurangan gue ga bisa hafal wajah ahaha tau nama ga tau wajah ,hafalin anak exo aja butub waktu satu tahun -_-‘ ,mohon bantuan nya kakak ,oh ya sempet ribut juga kan fandom satu agensi nya exo ,gilaaaa mameeeen tl gue heboh bgt ,gue masih ga percaya aja sih gtu ya satu emak satu bapak ribut ,*gue melihat ini dri sisi fans netral* ga enk breee cuma gara2 award ,(maaf curhat)

  9. septy arianti mengatakan:

    bener banget.. gue aja yaa excited banget pas liat fancaman ginian.. ya allah rasanya tuh indah banget dan gue suka mereka sama-sama.. pokonya happylaahh liat ini tapi menyadari fandomnya agak gimana yaa.. ga sesuai apa yang kita liat sesama artisnya.. fanwar mulu bosen juga liatnya..

  10. nachanrez mengatakan:

    Wah,,,,aku jg seneng liat mereka saling respect gt,mupeng jdnya liat
    Liat fancamny pengen teriak2 gaje mulu saking senengnya
    Aplg aq jg suka ama winner n bobby jd makin seneng liatny,lagu mereka emang bagus2 mnurutq n bobby skill rapny itu yahut banget
    Emang soal bikin karya SM harus diacungin jempol,liat aja mana ada karya mereka yg ga jd hitmaker,julukan sebagai big3 itu bukan isapan jempol belaka
    Aq seneng di mama tahun ini exo menang banyak,setidakny moga ini bsa jd salah satu hal paling membahagiakan ditahun ini disaat mereka bnyak tertimpa masalah,makasih staff yg udh bikin exo sungguh keren n makasih kepada juri n fans yg ngevote^^
    Ga ada yg salah kan kita suka sesuatu tp kt bukan bagian dr fandom mereka aq suka exo n winner tp aq bukan lah exo atoupun inner circle,ga ada keharusan kn buat masuk fandom klo suka,hehehehe
    Semoga yg sering war2 gt cepet lah sdar klo itu sia2,idolny aja ga ada war2an
    Seperti yg sering org bilang dgn kt bikin war gt malah bikin nama fandom kt ga baik n sampe menjalar am idol kt
    Klo ada war jg jgn sampe lh berlarut2 *ditabok*

    Mian aq tba2 curcol disini soalnya greget bnget pengen ngeluarin ap yg dipikirn soalny aq setuju bnget am ap yg km ungkapin
    Mian ya sekali lg *bow

  11. Jihanrzk_aml mengatakan:

    To be Honest pas liat video EXO, Winner, iKON speechless seneng bgt karena mreka idola aku. mreka aja bisa akur knp fans-nya engga bisa(?). Aku masih suka EXO ya walaupun gk sefanatik dlu krna ‘you know lah’. Tpi aku juga kurang comfort sama kata2 kaka. kesannya kk terlalu gmn gtu responnya sama EXO, klw kita positif dan yakin sama idola kita, bakal baik juga buat mreka kok ^^. kita liat kelanjutan esok sperti apa, dunia berputar kok. ada saatnya kita dibawah ada saatnya kita diatas, dunia KPOP juga gtu kan🙂 -Always Be positif-

  12. Kkaebsong mengatakan:

    exofans dr dulu juga sering dibash gara² fans BB/GB yg senior pindah fandom ke exo.
    gue pribadi sh bodoamat kalo ada yg pindah fandom, itu hak pribadi masing². Tapi nggak munafik, setiap fandom itu pasti ada fansnya yg labil, dan suka fanwar, entah itu fans senior, fans junior, tetep aja ada.. & gue rasa nggk cuma fans exo doang,hehe

  13. Park Yurin mengatakan:

    untung gue bukan termasuk exo l yg mengagungkan exo so, gue gg ngerasa tersinggung hahaha
    gue exo l,bgt malah dan gue juga inner circle , gue seneng bgtt liat berita diatas sampe nangis tau gak
    gg nyangka aja exo ternyata akur sama winner
    secara gitu yg sama sm kan gg pernah akur
    jd gue seneng bgt gilak
    sampe nangis gue bacanya sangking senengnya

  14. wikapratiwi8wp mengatakan:

    I can’t say anything kak.. haha serius di awal aku pernah kenalan sama kk bilang aku suka Exo ya.. tapi belum sempet bilang itu semua karena lagunya dan musiknya. Yes, suka sama Sehun karena tipe rapp nya dia walaupun banyak sih yang lebih bagus dari dia. Hhmm..walaupun soal fandom aku gak terlalu mentingin sih. Sama kayak kakak aku juga suka sama banyak boygrup jadi aku gak terlalu fokusin sama satu fandom. Selama musik mereka bagus aku juga bakal seneng. Gitu aja sih hehe
    Jujur aku appreciate banget sama boygrup yang bersahabat dengan semuanya. Kelihatan banget kan untuk setiap lagu2 yang dibawain kalo mereka suka mereka bakal appreciate dengan baik.
    Yaa..namanya orang kan beda-beda dan seneng banget bisa baca blog mu kak.. dapet ilmu baru juga untuk menyukai sebuah boygrup lihat dari mananya jangan hanya face atau fisiknya aja..
    Thanks buat semuanya kak…ditungguin lagi buat semua ulasannya karena aku sering banget berkunjung ke blog ini hahaha..
    Maaf ya kak..kalo komennya kepanjangan haha..aku harap sih bisa komunikasi yang baik dengan kakak…fighting🙂

  15. annisa mengatakan:

    loe bener min,ketika loe suka sama seseorang itu berarti sang maha pencipta udah ngasih kita anugerah rasa mencintai seseorang rasa suka ataupun benci gak bisa kita bikin sendiri ataupun di ada-adain itu semua pure dari sang pengatur alam, dan ketika alloh udah cabut kembali rasa itu kita gak bisa nyalahin siapa-siapa lagi itu artinya takdir loe hanya sampai disitu untuk mencintai orang tersebut. gue EXO-L gue gak marah ketika loe bilang gitu, karena keadaannya emang kayak gitu. tapi, gue maklumin kenapa EXO-L yang lain kayak gitu karena fandom exo masih terbilang muda harus ada proses sebelum menuju pendewasaan bukan? dan semoga gue bisa sampai ketitik dimana para kawan seperjuangan gue yang masih labil itu berubah menuju yang lebih baik.

  16. dewanty mengatakan:

    Gw gak trllu pinter berkata2 tp yg jelas gw stuju banget.

Tinggalkan Balasan

