Fakta-Fakta GOT7 Part 48 (lebih Dalam Mengenal JB, Lim Jae Beom)

Posted: Desember 7, 2014 in About GOT7

Come and Get It, GOT7!

Diambil dari: [ENGSUB] 140624 – JB’s 4 Things Show subbed by @kissdatbam

Gue rasa fans JB harus baca ini karena ini edisi reviewan khusus tentang JB.

  • JB ditanya, kenapa ngambil kuliah jurusan film sedangkan dia suka banget sama musik. Dan jawaban JB gini “aku kan boleh milih jurusan film juga, itu bukannya tergantung kesukaanku yah?” haha. Aku memang gila dengan musik tapi aku ingin gila juga dengan film. *JB memang kalo ngejawab pertanyaan ga diplomatis chingu, jadi ya santai aja ngejawabnya seakan “masalah buat lo kalo gue ngambil jurusan ini dan itu?” haha #JBjjang!*
  • Bagi Jr, JB itu tipe orang yang punya dunianya sendiri dan itu jadi charmnya JB *setuju, JB sepertinya memang tipe yang kayak gitu, bisa asik sama dunianya sendiri dan ga terlalu kepengaruh sekitar*
  • Bagi JunHo 2PM, JB terlihat sebagai seseorang yang mudah marah, suka complain pada semua hal tetapi sebenarnya dia adalah teman yang baik dan hangat, lebih dari yang lain.
  • JB sendiri ketika ditanya dia orang seperti apa, dia bilang kalo ga ada kata yang sangat tepat untuk mendeskripsikan itu. Ini karena dia tipe yang sering berubah dalam menilai diri dia sendiri, dari orang yang kayak gini, ke kayak gitu, dia bisa terus berubah dan itu membuatnya susah mendeskripsikan dia itu sebenernya gimana *gue paham orang kayak JB karena gue juga gitu, gue tipe yang mudah berubah, menurut gue bukan karena gue labil tapi karena gue tipe pemikir jadi pikiran guepun akan terus berubah seiring apa yang gue tangkep dari lingkungan, keadaan saat ini, apa yang gue lihat, gue baca dsb*
  • Meskipun bingung mendeskripsikan dirinya sendiri, JB merasa dia itu adalah tipe pekerja keras. Iya, setidaknya itu satu deskripsi yang bisa dia katakan dalam menilai dirinya sendiri.
  • Menurut Jr, JB itu ga memberikan semua energinya ketika melakukan sesuatu tapi dia juga bukan yang sama sekali ga ngasi energy, pengendalalian dirinya bagus, dia pinter ngatur energinya dalam banyak hal. *setuju, bagi gue di panggung JB itu tipe yang ga excited berlebihan/lebay yang ga perlu, tapi juga ga careless, kesannya dia pinter ngatur sesuatu dan hasilnya bisa natural buat fans meskipun dia sendiri ngerasa nervous*
  • JB sendiri ngaku kalo dia nervous sekali kalo di panggung cuman fans2 ketika ditanya ga ngerasa gitu *nah ini jawabannya, karena JB itu pengendalian dirinya bagus jadi meski dia nervous, ga keliatan mencolok di mata orang lain*
  • Jackson paling bisa niruin style JB ketika mau perform. JB selalu nunjuk member satu2 sebelum perform, ngingetin uda pada pegang botol air minum dsb belum, juga punya ekspresi yang khas ketika dia ngarah2in member2 lain. JB nutup mulut Jackson yang semacam “ngebully” dia dengan niruin style dia, wkwk. JB semacam malu kalo style2nya ditiru2in orang lain, haha. *Jackson lucu sih, dia pinterrrr banget nirui2in member lain dan bisa mirip, haha. Jackson jjang! Bagi gue Jackson ini beneran lucu orangya, ga lucu dibuat2 tapi beneran lucu*
  • JunHo suka nanya ke anak2 GOT7 pas lagi latihan seperti “gimana? bagus?” dan JB sering ngejawab “ah ga bagus2 banget hyung, apa yang harus aku lakukan?”. JunHo menilai ini sikap yang cute dari seorang JB dan JunHo yakin JB akan bisa melakukannya dengan bagus. *JunHo itu deket sama anak2 GOT7 chingu, lebih dari member 2PM yang lain. WooYoung juga deket*
  • JB sebenernya ngerasa geli/malu sendiri ketika harus act cute di perform “A” yang cute itu, haha. Namun meski dia malu, dia bisa melakukannya dengan baik karena dia melatihnya *keliatan professional*
  • Bagi JB, Mark itu adalah tipe yang pendiem tapi bagus dalam apapun yang dia kerjakan *semacam ga banyak omong tapi kompeten*
  • Bagi JB, Jr adalah tipe yang punya energy yang cerah (ceria) dan ketika dia memutuskan suka sama sesuatu, dia akan memberikan usahanya yang maksimal pada sesuatu itu.
  • Bagi JB, Jackson adalah tipe yang sangat suka bercanda dan sangat lucu, dia adalah orang yang bisa naikin mood di grup. *setuju banget!*
  • Bagi JB, YoungJae adalah member yang patuh sama dia (ngedengerin semua nasehat JB), YoungJae bagi JB adalah orang yang punya kepribadian yang cool. *JB YoungJae itu sense of brotherhoodnya kentel banget, sense of kakak adeknya keren*
  • Bagi JB, Bambam adalah orang yang cute meskipun dia selalu bilang dia ga cute,haha *bener, Bambam itu suka pengen keluar dari “takdir” cutenya, wkwk*
  • Bagi JB, YuGyeom adalah anak yang bener2 baik *terharu gue ngedengernya*. YuGyeom sendiri ngucapin makasi ke JB karena meskipun selisih umur mereka jauh tapi JB nganggep YuGyeom kayak temen yang seumuran.
  • Bagi Jr, GOT7 adalah sebuah awal yang berbeda dalam hidupnya.
  • Bagi Jackson, GOT7 adalah kenangan yang ga mungkin bisa dia lupain seumur hidup *so sweet~*
  • Bagi YoungJae, GOT7 adalah keluarga.
  • Bagi Bambam, GOT7 adalah keluarga kedua baginya.
  • Bagi YuGyeom, GOT7 adalah dia sendiri. Sesuatu yang ga bisa dilepaskan dari dirinya dan jika itu terjadi dia akan sakit. *so sweet TT TT*
  • JB bilang kalo nasib GOT7 itu tergantung dari sikapnya sebagai seorang leader jadi dia harus selalu penuh tanggungjawab terhadap apa yang dia buat.
  • WooYoung 2PM ngasi nasehat ke JB, dia bilang sejauh ini JB sudah melakukan hal yang bagus, jadi jangan pernah takut pada apapun.
  • Jackson ingin JB terus seperti ini, sudah baik apa yang selama ini dilakukan JB, jadi teruslah begini.
  • Meskipun JB pernah acting di drama, dia sebenernya lebih ingin acting di film. Dia ingin banyak belajar tentang film. Dia ingin bisa membuat scenario sendiri jadi dia memilih jurusan film ketika kuliah.
  • Jr mengiyakan kalo misalnya JB punya cita2 jadi director film karena ketika mereka sama2 nonton bioskop JB terlihat sangat antusias pada dunia film.
  • Bagi WooYoung, JB bukan tipe orang yang ga menganggap sesuatu itu ringan kalo dia uda bilang suka dengan hal itu. Dia akan berusaha.
  • Ketika JB kesepian/ingin menjalin hubungan, dia sering kepikiran masa lalunya dengan teman2nya. Dia kangen masa2 ketika masih aktif di b-boying dan training. Ini karena ada saat2 yang sangat melelahkan ketika masa2 training. Dia inget dulu di jaman2 suka b-boying, dia sempet kekurangan uang tapi jiwanya bebas. Dia sering latihan di stasiun Jeongbalsan dan beli snack seharga 1000 won doang karena dia ga punya banyak uang. Dia kekurangan uang saat itu tapi jiwanya bebas dan dia somehow pengen kembali ke masa2 itu lagi.
  • Dulu pas masi jaman2 suka B-Boy, JB sering ngedance si stasiun dengan bawa speaker kecil dengan musik yang ditancepin ke stop kontak yang ada di stasiun itu. Orang ramai lalu lalang dan dia ngedance saat itu dengan bener2 ga malu, terus ngedance aja. Meskipun kenangan itu agak sedikit “memprihatinkan” bagi orang2 yang ngeliat, tapi dia ga malu. Dia menganggap semua hal yang pernah dia lakukan adalah sebagai kenangan yang indah. Baginya adalah benar ketika dia terus mengingat kenangan2 dalam hidupnya. Dia berfikir “aku bisa sampe disini karena dulu aku pernah di situ (stasiun itu)” jadi dia ga bakalan pernah lupa darimana dia berasal *keren pemikiran JB, gue suka. Dia dewasa menurut gue. *Gue rasa karakter gue agak setipe sama JB dalam hal ini, tipe orang yang menganggap setiap kenangan dalam hidup adalah sesuatu yang berharga dan meskipun bagi orang lain kesannya “memprihatinkan” dsb tapi gue merasa itu kenangan yang indah dan selalu bisa diingat kembali seiring bertambahnya usia gue*
  • JB punya cita2 jadi artis yang bagus di banyak bidang, artis serba bisa *semoga tercapai JB #Fighting!*
  • YuGyeom inget masa2 dia latihan dance sama JB dulu. Yang mereka lakukan cuman makan dan dance waktu itu. JB selalu bilang “ayo cepat makannya, kita latihan lagi”. YuGyeom inget banget dulu mereka melakukannya bahkan dengan tidak mengenal lelah. *kenangan banget ini pasti*
  • JB punya ketertarikan pada dunia film dan bagi dia film itu adalah bentuk karya seni juga. JB bilang “daripada menjadi orang yang cool di luar (secara tampilan luar cool), aku ingin menjadi orang yang cool secara personal dengan punya mindset yang artistic” *gue kagum banget sama omongan dia yang ini, orang yang pengen cool secara pikiran daripada tampilan luar itu bagi gue cool banget. Cool bukan cuman masalah keren di fashion bagi gue, tapi bisa jadi orang yang punya mindset cool jauh lebih penting. Kayak sutradara film, bisa jadi dari luar stylenya biasa aja, ga cool, cuman pikiran dia cool kan? Buktinya dia bisa bikin film2 bagus. Apa sutradara itu harus cantik? Orang yang bikin film harus ganteng? Ga kan? Mereka memang ga keliatan cool dari luar tapi pikiran mereka cool. Gue rasa maksud JB kayak gitu, dia ingin seperti film director, bukan hanya cool dari luar tapi dari segi pemikiran/karya juga cool. JJANG!*
  • *JB ini di mata gue keliatan ga fake orangnya*. Jadi dia itu bilang “sebenernya aku pengen ngomong sesuatu yang pengen aku omongin cuman aku mengatakan hal2 yang perusahaan katakan padaku. Dan kata2 dari perusahaan memang yang harus diucapkan ya? Haha”. *Jadi dia semacam sebenernya pengen jujur tapi endingnya karena dia ada di bawah sebuah perusahaan dia tunduk pada perusahaan itu. Gue suka sih sikap kayak gini, ngakuin kalo memang ada kata2 dari idol2 kita yang memang keluar kadang karena disuruh sama agensinya, kalo dia sendiri belum tentu pengen mengatakan itu, haha. Gue seneng JB berani ngomong kayak gini di sini, ini melegakan gue karena setidaknya gue ada gambaran kalo JB sepertinya idol yang ga fake. Dia masih punya sisi2 jujur yang bisa gue pegang sebagai idol. Gue anti fakeness chingu, gue lebih suka idol ngomong apa adanya daripada ngomong yang baik2 akhirnya malah diingkari sendiri*
  • Cita2 JB di awal bukan jadi penyanyi tapi cuman dancer. Ini karena dia sewaktu sekolah ngerasa ga bisa ngerjain tes2 sekolah dan memutuskan “udahlah ngedance aja, gue ga bisa ngerjain soal2 beginian”. Akhirnya dia bener2 give up sama sekolah. Dia bukan anak bandel yang males sekolah dan lebih suka ngebully dsb, dia cuman ngerasa belajar pelajaran di sekolah itu bukan bidang dia dan dia lebih suka ngedance makanya pengen tekun di dance aja biar ntar bisa jadi dancer.
  • JB ga nyangka jadi penyanyi akan jadi pekerjaanya. Sebenernya dia pertama kali masuk JYP itu sangat pesimis. Dia ngaku sendiri pernah ngomong ke guru vocal di JYP “kenapa aku harus melakukan ini? Aku tidak tahu kenapa aku harus menyanyi”. JB mengaku sebagai orang yang pembangkang waktu itu. Jika ada seseorang yang mengganggu dia, membuat dia kesal meskipun sedikit, dia akan segara berkata “apa yang kamu katakan barusan??” dan langung bertengkar dengan orang itu. Dia orang yang sangat temperamental dulu.
  • JunHopun mengakui itu. JB orangnya mudah kesinggung/marah saat itu. Cuman sifat itu perlahan hilang karena ada satu kejadian. Jadi ada tradisi di JYP kalo rookie biasanya dikerjai pake hidden kamera sama sunbae2nya. Nah JB ini emosi dan marah sampe ngebuang barang2, tereak kencen banget lalu pergi ke kamar mandi. Orang2 JYP jadi tahu gimana temperamennya JB saat itu dan akhirnya JunHo nyusul ke kamar mandi dan bilang jangan kayak gitu. JB sadar dan minta maaf. Mulai saat itu dia lebih hati2 dalam bersikap dan mulai belajar jadi orang yang lebih sabar.
  • Sekarang JB lebih sabar dari dulu, daripada membuang barang2 ketika marah, dia akan mengkontrol emosinya terlebih dahulu dengan baik lalu bicara dengan orang yang bikin dia marah itu.
  • Untuk ngetest kesabaran JB, staff JYP sama member2 GOT7 lain ngerencanaan ngerjain JB dengan hidden camera. Jadi situasinya mereka ngambil video latihan/dance practice cuman member2 lain salah2 mulu gerakannya, ada yang cedera dsb dan ngebuat manajer kameranya ikutan emosi karena harus diulang2 terus. Nah mereka pengen tahu seberapa sabar JB dengan situasi kayak gitu.
  • Jr sempet pesimis bakalan berhasil karena JB tipe yang cepet konek sama situasi yang sedang terjadi jadi bakalan sulit acting di depan JB karena dia mudah membaca situasi yang ada.
  • JB analisisnya kuat, jadi dia itu ngerasa manajer hyung ga biasanya ngomong/marah sampe kayak gitu ketika ngambil video mereka dance makanya dia rasa pasti ini hidden kamera. Yang kedua ketika dia nanya ke YuGyeom “katakan jujur, ini apa?” si YuGyeom dengan muka sambil nahan senyum gitu ngejawab “apa?” dari situ dia yakin kalo itu hidden kamera *JB pinter sih, nanya member polos yang ga bisa boong, akhirnya ketahuan kalo itu prank/jebakan semata, haha. Lagian YuGyeom pake senyum2 ga jelas sih jadainya JB makin curiga. Kalo ada hidden kamera lagi jangan dah ngajak YuGyeom, bisa gagal gegara dia “terlalu baik” seperti kata JB tadi, haha*. Misi inipun gagal karena JB tahu itu jebakan/hidden camera chingu. JB ini berarti instingnya kuat yah?
  • Semua member mengakui kalo dulu JB orangnya memang sangat mudah emosi/temperamennya tinggi.
  • Jr ngakuin kalo sekarang JB uda banyak berubah. JB sering bilang kalo dia dulu gampang banget emosi/marah cuman sekarang uda lebih sabar. Jrpun menilainya sama, JB sekarang uda mendingan dibanding dulu karena dulu temperamennya itu bukan sesuatu yang ringan, sangat serius.
  • Jackson bilang kalo sekarang ketika ada masalah, JB akan menyelesaikannya dengan saling bicara lebih dulu, dengan bicara masalah akan bisa diatasi, semua uneg2 bisa keluar.
  • Ketika ditanya Jackson tentang activitas solo (JB punya keinginan untuk itu), dia nanyanya “apakah kamu begitu senang dengan aktivitas solo?” JB ngejawab dengan kata maaf 2x (mian mian) *gue seneng karena anak2 GOT7 itu cukup jujur bagi gue, mau solo ya solo aja karena itu ngejar karir masing2, pasti tiap orang punya hal yang ingin dicapai termasuk penyanyi, ada dari mereka yang ga hanya pengen masuk di grup tapi solo juga. Ok pasti temen2nya ada yang semacam kurang setuju cuman ga langsung yang ditutup2in dsb, gue jadi suka. Dan gue ada feeling meskipun nanti GOT7 ada member2 yang solo semua akan baik2 saja, egoismenya ga bakalan terlalu tinggi, lebih bisa menghargai keputusan member2 lain. Semoga feeling gue bener*
  • YuGyeom nanya “hyung, apakah berat? (keadaan saat ini)”. JB jawab “jangan khawatir”. Keliatan kalo JB ga mau si maknae khawatir banget sama dia.
  • Jr nanya “apakah kamu bahagia?”. JB keliatan mikir banget sebelum ngejawab ini dan dia jawab “aku ga tahu”. *gue rasa JB itu semacam masih punya banyak pikiran, ada sesuatu yang mengganjal di pikirannya jadi dia sendiri belum tahu bahkan saat ini dia pada posisi bahagia/ga. Gue rasa sifat JB yang ini agak kayak gue juga, susah ditebak dan pemikir, banyak banget mikir*
  • JB merasa malu karena mimpinya untuk jadi b-boy terkesampingkan padahal dia sebenernya ga pengen juga jadi singer-dancer seperti sekarang  *gapapa, itu mungkin yang terbaik bagi kamu kok JB ^^*
  • JB paling ga bisa liat aktingnya dulu di Dream High 2, dia yang kayak malu sendiri sama aktingnya dan tereak2 ga jelas sendiri ketika nonton ulang videonya, haha. Tereaknya juga ga woles, semacam sampe mau nangis gitu, wkwk.
  • JB bilang kalo bahkan sebelum syuting Dream High 2, di masa2 training dia uda dapet pelajaran acting juga tapi tetep aja dia merasa tertekan dan stress ketika syuting itu. Bahkan sutradaranya sampe bilang JB aktinya terlalu kaku, dia banyak kekurangan saat itu.
  • JB dulu sempet nyoba nonton aktingnya lagi dan dia bener2 yang uda ga mau ngeliat itu, dia ga bisa ngeliat aktingnya sendiri *gue jujur ga nonton Dream High 2 sebelumnya, gara2 kenal GOT7 gue jadi nonton. Baru sampe 4 episode gue uda give up gegara bagi gue acting JB ga bagus, gue juga malu sendiri ngeliatnya, ditambah jalan ceritanya bagi gue ga menarik. Gue bukan tipe yang “gue suka JB berarti acting dia bagus” kalo memang bagi gue nggak ya gue ga bakalan nonton dramanya meskipun yang main JB apalagi kalo bagi gue ceritanya ga bagus. Justru menurut gue Jr yang lebih bagus aktingnya*
  • JB telah berusaha dengan  keras selama 1 tahun sebelum GOT7 debut. Dia bener2 berambisi saat itu, dia punya ambisi GOT7 harus lebih baik daripada JJ Project.
  • *Gue ngeliat JB itu orang yang humanis, dia dulu ketika audisi JYP memperkanalkan dirinya sebagai “Manusia yang bernama Lim Jae Beom”. Ini jelas lhoh ngegambarin dia bukan orang yang pemikirannya dangkal, dia tipe pemikir. Dia bilang “manusia” itu berarti dia merasa hanyalah manusia biasa yang bernama Lim Jae Beom ketika itu*
  • Ada satu kata2 dari JB yang bagi gue kena banget, keren banget dan gue yakin bisa menginspirasi yaitu “jika kamu ingin jadi artis yang baik, kamu perlu memikirkan manusia terlebih dahulu” *bagi gue ini artinya seorang artist yang baik itu adalah yang care sama orang2 di sekitarnya. Mereka adalah orang2 humanis yang cinta damai dan care sama hal2 humanis kayak #peace #love and #happiness juga #respect. Dengan menjadi manusia yang care sama sekitar, maka jikapun nanti manusia itu menjadi seorang artis, dia akan jadi artis yang baik. Sukses terus buat JB, kamu adalah salah satu idol dengan pemikiran keren yang saya suka. JB Fighting!*

Semoga kalian bisa kenal JB lebih dalem dengan ngebaca reviewan gue tentang JB ini, siapa tahu bisa dape inspirasi positif dari JB juga.

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_000229482

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_000309620

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_000314413

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_000334965

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_001060689

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_002266068

[ENGSUB] 140624 - JB's 4 Things Show.mp4_002621310

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Respect

Komentar
  1. dewitya mengatakan:

    aaaa ganteng banget😦

  2. emilygiralny mengatakan:

    Terima kasih K’ Linda. Sdh M’nulis ttg JB…
    saya jdi terkesan dgn JB, ternyata kepribadian JB mirip saya.
    Aku jg smakin terkesan sama kemampuan nulis eon (sesuatu yg biasa ketika saya melihatnya jdi luar biasa ketika eooni m’nulisnya)..
    Good Luck!!! :(y)

  3. anciyaa mengatakan:

    eonni, mau tanya nih, gimana yah caranya download video dr dailymotions? aq pake idm gagal” trs ini, ga pernah bisa… T.T pdhl pgen bgt download video inii… gmna ya cara nya eonni download? makasii sebelum nyaa…🙂

  4. riska alvionita mengatakan:

    Bener bgt malah, jr yang aktingnya lebih bagus di dream high 2

  5. Haru mengatakan:

    Kak, saya salut banget sama Jb. Sifat JB sebelumnya mirip banget sama aku, ngampang emosi dan tempramental. Selain itu juga bisa berubah, sesuai kondisi lingkungan. Tapi setelah baca mengenai JB, aku jadi bisa mengenal JB lebih dekat melalui kakak, dan bisa ambil positif dari JB.
    Makasi ya kak, dan makasi juga buat JB. 😊😊

Tinggalkan Balasan

