Fakta-Fakta WINNER + iKON Part 7 (Review WIN Ep 7)

Posted: Januari 11, 2015 in About iKON, About WINNER
Tag:,

Source: Video- [ WIN – WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다! (Credit YG Ent, MNET)

  • Meskipun Tim B menang di vote Big Bang dan 2NE1 kemaren, secara voting pemirsa mereka kalah dari Tim A. Tim Apun merasa ga enak sama B jadinya. Dan Tim A ngerasa pemirsa ngedukung mereka banget jadi harus lebih bisa nampilin yang terbaik lagi. PR Tim B sekarang adalah gimana caranya mereka bisa ngambil hati pemirsa, bukan cuman kalangan YG *bagi gue ini yang sulit, meskipun ngerasa uda bagus cuman namanya fans kan milih itu alesannya ga bisa disamain sama YG/Big Bang/2NE1 misalnya. Ga semua orang milih itu dari skill misalnya, ada yang dari tampang, ada yang dari karakter dsb. Dan itu ga salah sih, selera aja, cuman kadang gue malah kasian sama yang “lebih bagus” malah ga divote. Misalnya gue ngevote setelah ngeliat perform kemaren itu, gue vote ke B*
  • Di episode ini sebelum masuk ke persiapan battle stage ke dua, Tim A dan Tim B dikasih kesempatan buat jadi back dancer GD di lagu “Crooked” di M!Countdown stage. Mereka latihan sama2, coachnya Hanbin. Jadi Hanbin yang ngajarin Tim A dan B. MINO cedera ankle pas latihan dan dia ga bisa tampil di stage akhirnya. Parah cederanya, kata dokter dia ga boleh terlalu ngasi pressure ke kakinya saat dance *keknya WIN itu penuh cedera2, dari SeungHoon ke SeungYoon ke MINO, dear God~~berat banget masa2 WIN itu*

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000308274

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000314614

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000317517

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000432665

  • Setelah itu mereka masuk ke challenge selanjutnya. YG ngasi tantangan2 yang banyak banget ke mereka dalam waktu yang singkat. Tantangan pertama adalah mereka harus mengaransemen ulang lagu yang YG pilihan ke mereka. Tim A dapet lagunya Tamia “Officially Missing You” dan Tim B dapet lagunya Justin Bieber “Baby”. YG pengen ngeliat vocal anak2 Tim B di lagu itu karena selama ini B identik dengan hip hop melulu. Tantangan yang lain adalah mereka diminta buat 1 lagu untuk diperformin masing2 tim. Tantangan yang ketiga adalah dance. Mereka ga diminta nunjukin skill mereka secara murni untuk dance, boleh pake referensi dancer2 lain dari luar. *bayangkan, ini ga main2 lho misinya, berattttt~~*. Hanbin sampe bilang “keknya kita harus begadang tiap malam karena ini”, SeungYoon bilang “dia ngasih kami misi yang sulit, gue uda ga bisa ngomong apa2 lagi jadinya”. YG itu memang something*
  • MINO kan cedera, makanya posisi leader sama YG diganti sama SeungYoon. MINO yang sedih banget gitu ampe nangis (TT TT #puk2). MINO bener2 ngerasa jatuh banget paska cedera ankle itu, semuanya langsung berubah dan SeungHoon khawatir sejak itu. *jadi leader Tim A itu awalnya MINO tapi setelah MINO cedera diganti sama SeungYoon bahkan lanjut sampe sekarang saat mereka uda debut sebagai WINNER*. SeungYoon itu ngerasa bersalah juga sama MINO sebenernya cuman daripada ngehibur MINO, dia lebih ingin jadi leader yang bisa ngasi MINO arahan. MINOpun uda terima dengan itu dan akan ngikutin arahan SeungYoon apapun yang terjadi.

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000690356

  • Tim B sepakat di lagu “Baby” untuk lebih nekanin ke harmonisasi suara supaya vocal mereka lebih menonjol. Ini karena mereka ga seperti Tim A yang vocal membe2nya menonjol/bagus. Konsep Tim A karena lagunya “Officially Missing You” makanya mereka pengen nyeritain masa lalu mereka, kembali ke masa2 lalu entah pas awal ngerapp, masa kecil dsb. MINO uda mulai nulis liriknya, liriknya tentang masa2 awal dia ngerapp. SeungHoon juga, dia bilang kalo dia nangis ketika nulis lirik part dia, lirik yang dia buat itu ngebuat dia kembali mengenang masa lalunya dan bagaimana sulitnya itu. Dia nulis sebelum WIN dan saat ini ketika mereka di WIN, dia ngerasa hubungan Tim A an B agak berubah karena WIN dan dia sedih karena itu *gue ikutan sedih dah jadinya TT TT TT*. SeungYoon leader, makanya dia yang bertanggungjawab untuk ngasi arahan konsep aransemen lagu timnya, itu ngebuat jari SeungYoon memar2 gegara terlalu lama main gitar buat nentuin aransemen dasar lagu itu *beneran gila acara ini, anak2 Tim A dan B itu korban fisik banget di sini, semua karena mereka pengen tampil maksimal. Gue rasa orang2 yang suka K-Pop ga afdol kalo ga liat ini. Biar tahu juga kalo K-Pop itu bukan cuman becanda2 doang tapi ada sisi2 perjuangannya sehingga kita bisa lebih care/appreciate sama musiknya*. AKMU dulu pernah nyanyiin lagu “Officially Missing You” juga dan Tim A semacam belajar juga dari AKMU, mereka sharing pemikiran tentang lagu ini dan versi yang akan Tim A bawain, yaitu mengenang masa lalu mereka *gue jadi sadar banget setelah nonton ini kalo lirik lagu itu bukan cuman kata2 tapi itu cerita, bisa jadi lirik itu kisah hidup seseorang yang dituangkan lewat kata2 singkat macam lirik. Inilah kenapa gue ga suka lirik2 Hip Hop barat, bagi gue ga banget. Gue suka musiknya tapi ga suka liriknya. Gue lebih suka lagu dengan lirik2 yang bisa ngasi semacam motivasi/inspirasi/hal2 baik, yang mengingatkan gue sama sesuatu yang pernah gue alamin juga misalnya, jadi kayak bisa jadi bahan nostalgia dan inspirasi gitu*

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000864263

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_000868667

  • 3 member Tim B (DongHyuk, YunHyeong sama JunHoe) ngasi surprise sama Bobby/Hanbin/Jinhwan. Mereka bilang mau fitting baju eh ternyata diajak ke restoran BBQnya YunHyeong. YunHyeong keluarganya punya restoran BBQ chingu, jadi dia ini pinter masak juga, hehe. Mereka makan2 di restoran itu dan JunHoe tiba2 datang bawa kue berlilin. Mereka ngerasa Bobby, Hanbin sama Jinhwan uda berjasa banget buat mereka makanya mereka ngasi kejutan ini. YunHyeong, DongHyuk dan JunHoe nulis surat untuk Bobby, Jinhwan dan Hanbin. Cuman yang JunHoe untuk Bobby ga ditayangin. Intinya mereka sangat berterimakasih sama support 3 member utama Tim B itu. Gini surat YunHyeong buat Jinhwan “JinHwan hyung, kamu adalah orang yang paling keren yang pernah aku tahu. Ada waktu dimana aku ingin berhenti saja jadi trainee. Kalo hyung ga ada, aku juga ga bakalan ada di sini sekarang. Ketika aku bahkan tidak tahu bagaimana harus menari, aku sangat lelah saat berlatih, hyunglah yang mengajariku dari awal meskipun hyung sudah tahu semua. Meskipun hyung sudah lelah, hyung terus mengajariku. Itu membuatku bertekat untuk bisa dan inilah alasan aku bisa sampai sejauh ini, sampai hari ini. Hal yang selalu ingin aku katakan adalah aku sangat berterimakasih pada JinHwan hyung”. YunHyeong nangis, JinHwan juga nangis. Hanbin membenarkan kalo YunHyeong itu sangat bergantung pada Jinhwan dulu (jadi wajar kalo feel YunHyeong ke Jinhwan itu dalem). *Jinhwan itu apa ya, bagi gue kayak angle yang nyata, kesan gue ke dia itu dia baik banget. Orang yang mau ngajarin temen2nya sampe bisa meskipun dia lelah dengan tulus. Selain itu juga dia itu pure heart, soft heart, terlalu baik gitu lah. Member2 Tim Bpun bilang kan kalo Jinhwan itu super baik anaknya. Dan gue rasa sedikit banyak YunHyeong kena karakter Jinhwan juga, dia kan juga baik anaknya, soft heart. Gue rasa Jinhwan sama YunHyeong itu keren secara personal, keren banget*. Berikutnya DongHyuk nulis surat buat Hanbin, isi suratnya adalah “aku denger kalo hyung ngerasa khawatir sekali ke aku karena aku jelek banget di awal2 training. Ketika ngedengerin itu aku merasa sangat bersalah dan berterimakasih di waktu yang bersamaan. Ketika aku terus mengatakan pada diriku bahwa aku tidak bisa melakukannya, hyung tidak tidur sampai pagi untuk berlatih denganku. Hyung mengatakan padaku “tidak ada hal yang tidak dilakukan manusia, lakukan!”, kapanpun aku merasa berat, aku selalu ingat kata2 hyung. Aku selalu melihatmu yang bekerja keras dan mendorongku juga. Aku menjadi tahu apa makna seorang leader dan makna bekerja keras darimu hyung. Marilah kita bekerja keras dan menunjukkan pesona Tim B di atas panggung. Untuk Hanbin hyung, seorang teman yang baik dan leader yang baik, dari DongHyuk (maknae grup)”. *demiapa gue uda ga bisa ngomong apa2 lagi, ini dalem banget, ini mengharukan banget. Gue nangis tiap kali denger mereka ngabacain surat ini meskipun gue uda puluhan kali nonton ini. Bahkan ketika gue nulis inipun gue nangis*. Akhirnya Hanbin ngomong, dia mau nangis juga cuman ga kaliatan banget. Hanbin bilang dia sebenernya pengen berterimakasih tentang banyak hal ke mereka cuman ga bisa keucap semua saat itu. Hanbin berterimakasih karena mereka selama ini uda nurut sama arahannya dia sebagai leader. Dia malah bilang maaf dan maaf untuk semuanya, kedepannya dia juga akan selalu minta maaf *bibirnya getar pas ngomong ini, gue nangkepnya dia minta maaf karena ga yakin banget Tim B bisa debut jadi masa depan mereka juga belom jelas, untuk itulah dia sebagai leader cuman bisa minta maaf atas semuanya. Gue suka banget leadershipnya Hanbin ini, dia itu tanggungjawabnya gedhe banget ke member2, keren. iKON beruntung punya dia. Hanbin JJANG!*. Jinhwan juga bilang kalo kedepan mereka akan menghadapi banyak hal yang berat jadi marilah saling percaya dan bergantung satu sama lain untuk menghadapi semuanya *ini dalem banget, bener2 dalem, indah..*

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001100799

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001130529

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001181013

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001220085

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001232664

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001259958

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001263195

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001306271

  • Di training center, Tim A mulai latihan vocal. Jinwoo sama Taehyun sebagai vocalist grup mulai ngelatih vocal merekas secara khusus. Mereka latihan 3 hal dalam waktu yang sangat singkat dan itu nguras energi banget. Bobby X Hanbin yang bikin lagu di Tim A, di tim B SeungYoon, TaeHyun sama MINO. Untuk dance, si SeungHoon dan Hanbin yang in charge. Mereka kerja keras banget. Suara mereka semacam uda abis buat latihan, parah banget. Tangan Bobby juga sampe nyaris cedera karena terlalu banyak buat latihan dance. Mereka ga tidur sama sekali. Jadi hari H jam 6 pagi itu mereka uda rehearsal dan sampe jam 5 subuh itu mereka masih latihan #demiapa. Tim B ga tidur sama sekali karena lagu ciptaan mereka sama YG diminta diganti liriknya karena liriknya ga bagus, akhirnya mereka begadang buat memperbaiki sama2. Ketakutan mereka adalah mereka ga bisa hafal lirik saat perform nanti karena singkatnya waktu. Kalo Tim A bisa tidur malemnya, bahkan bisa ngerayain ulangtahun Jinwoo segala karena lagu ciptaan Tim A ga diminta ganti sama YG. Jadi sebelum lagu itu dipentasin mereka ngasi ke YG dulu, dia evaluasi, kalo YG ga seneng maka harus diganti.

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001362961

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001372270

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001393625

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001408874

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001504803

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001555186

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001539137

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001560492

  • Perform pertama adalah Tim B dengan “baby”nya. Jurinya ada 3, JYP, Yoon JungShin sama orang dari Show Me The Money (Lee Hyun Do). *gue jujur ga terlalu suka perform ini, gue skip, hehe. Ga tahu kenapa tapi gue ngerasa anak2 Tim B ga cocok nyanyi lagu2 kayak gini*. Komen dari JYP adalah lagu ini bukan lagu hip hop tapi pop dan Bobby yang dia tahu kemaren sangat keren di hip hop jadi bener2 turun kualitasnya ketika nyanyi lagu pop kayak gini. Hanbin malah beda, dia dimata JYP bagus juga di pop dan JYP bilang Hanbin ini berarti penyanyi multi genre karena ternyata pop pun dia masih bagus. Skor dari JYP untuk ini adalah 90. Komen Yoon JungShin adalah dia suka suara Jinhwan di awal lagu, sangat bagus dan terkoordinasi dengan yang lain *Jinhwan itu main vocal paman, hehe*. Dia nilai vocalnya DongHyuk dan JunHoe hampir sama jadi pengen mereka lebih beda aja, selain itu ekpresi muka mereka ga natural juga menurut dia. Skor dari JungShin adalah 85. HyunDon ngerasa perform anak2 Tim B bagus, mereka keliatan bener2 ingin menampilkan sesuatu yang enjoy dan hidup di panggung. Skor dari dia adalah 85. Skor Tim B di Round pertama adalah 260.
  • Perform selanjutnya Tim A “Officially Missing You”. Di monitor stagenya banyak banget pic2 anak2 Tim A ketika kecil. Lirik di lagunyapun dibuat sesuai mereka masing2, gimana masa kecil mereka dsb *itu keren banget menurut gue*. Komen dari JungShin intinya bagus, ekspresi merekapun kena. Masing2 member melakukan tugasnya dengan baik dan dia paling suka melodi di rappnya MINO. Skor dari dia 89. Komen dari HyunDo adalah lagu itu indah tapi SeungHoon malah keliatan sedih dan rappnya juga kedengeran suram *paman, liriknya SeungHoon itu tentang kompetisi WIN (sebelum ada WIN dengan yang sekarang) ya wajar dia jadi suram TT TT~ gue juga mendadak suram dah ini jadinya #suram*. SeungYoon juga ada kekurangan menurut dia, pelafalannya kurang jelas saat nyanyi. Meskipun begitu dia rasa overall dari perform itu harmoni vocalnya dapet, indah dan powerful juga. Skor dari dia adalah 80. Komen JYP ngarah ke SeungYoon. SeungYoon menurut JYP terlalu berusaha keras untuk jadi bagus, itu ngebuat dia ngeluarin banyak vibra (getaran suara) ketika nyanyi dan itu sayang banget. Ini karena SeungYoon bagi JYP uda bagus dengan suaranya sendiri meskipun ga pake vibrasi. Bagi JYP rappnya MINO saat itu yang paling bagus baik dari Tim A/B. Liriknya juga sangat dalam (tulus, jujur), JYP bisa paham dan mendengarkannya dengan baik. Menurut JYP, SeungHoon biasanya bagus dalam menyampaikan lirik cuman saat itu JYP ga bisa denger dia ngomong apa. Untuk Jinwoo, JYP rasa kekurangan Jinwoo itu bukan di skill tapi di feel. Jinwoo masih terlihat seperti “gue harus nyanyi di panggung ini dengan benar, ga boleh salah dsb” dan itu ngebikin dia seperti berhati2 nyanyinya. JYP bilang kalo yang harus dirubah dari Jinwoo bukan skillnya tapi feel dia ketika bernyanyi. *gue sendiri di round ini kalo ditanya bagusan siapa akan bilang Tim A. gue rasa Tim B ga terlalu cocok nyanyi lagu2 pop/yang mainstream. Selain itu dari Tim A sendiri lirik mereka keren banget. Ketika gue ngeliat performnya sambil baca liriknya itu rasanya indah banget, jadi bisa ngebayangin kecilnya mereka gimana, itu indah banget, keren. VeRsi gue di round ini yang menang tim A*. Di episode ini ga diumumin skornya. Dilanjutin di episode berikutnya. To be continued~

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001907505

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_001977308

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_002126023

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 7_ 두번째 배틀은 시작되었다!.MP4_002380211

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Respect #Share #Inspire

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    hahahha sumpah ya eon team A itu gk cocok nyanyi babby, gk cocok klo mereka genernya slow pop gtu,, kebukti ko pas mereka bawain empitynya WInner itu suaranya kurang masuk walau hanbin dan bobby sendiri ikut terlibat pembuatan lagu itu 70% bareng Mino. di sini dumulai peruananya team A, gk ada yang nyangka klo mereka bisa menang di sini, bahkan YG aja kaget. yah masih belum ada yang bisa ngalahin lyricnya Mino, untuk kalangan junior seperti dia, dia itu udh mateng banget klo buat lyrick bahkan Tablo juga bilang gitu, Tablo fansnya Mino, Hanbin sama bobby menurutkusih karena dia klo mereka nyayi iyu kya senengbanget gtu

  2. emilygiralny mengatakan:

    jujur nih.. sampai skrg Aku nggak mw nonton episode 7 sampai 10. #byk alasannya
    Sebenarnya kekhawatiranku dri awal ad/ voting pemirsa. menurutku team A pasti menang krn mereka punya 2 org yg telah d knl publik. tpi klw dri segi skill menurutku team b. semua teman aku jg bilang gitu… tpi tak apalah team B udah mw debut.

  3. aditia mengatakan:

    Tapi kalau menurut saya winner itu lah daebak ketimbang team B, ya team b pun juga daebak. Tapi disini team A itu benar benar saling melengkapi dan mempunyai banyak skill, saya tidak setuju jika kalian mengatakan skill itu ada di team b dan team a cuma karena voting, tapi persepsi itu salah. kalau kita lihat team b cuma berisi tentang b.i dan bobby, baik dari mencipkatan lagu ataupun koreografi. sedangkan team A mereka saling melingkapi banget, dan sangat kompak . contohnya aja kalau dance itu seunghoon, lirik mino, pencipta lagu seungyoon mino taehyun, bahkan pencipta track yang handal adalah taehyun, jadi mereka team A benar benar membagi tugas dan itu membuktikan mereka memiliki skill dan vokal mereka juga sudah diakui yang terbaik, rapper mino adalah yang tebaik ditambah lagi dia dapat beatbox, composer dll. yg juga memberikan studio baru untuk taehyun menciptakan lagu ,seunghoon menari dengan passionnya dia juga, YG ceo sangat menyukai seungyoon dan kemampuan rapper mino, bahkan yg selalu memuji seungyoon. jadi apakah kalian masih bisa bilang team tidak memiliki skill?

  4. peach eka mengatakan:

    gomawo admin.. udah nukis fakta fakta tentang ikon.. jadi lebih tau bnyk.. hehe

Tinggalkan Balasan

