Fakta-Fakta WINNER Part 7 (Cerita2 Tentang MV Making “Empty”)

Posted: Januari 21, 2015 in About WINNER
Tag:

Guess Who’s Back! WINNER!

Source: Video – [ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY) (Credit: MNET)

  • Hal paling penting di MV “empty” bagi WINNER adalah kekosongan (emptiness) yang mereka ekspresikan di MV itu sendiri. *lebih ke feel “kosong”nya, pake feeling banget sih ya MV ini, pake rasa pas nontonnya juga*
  • Sebenernya part MINO di awal MV yang ada efek suara teleponnya itu ga di sengaja. Producer yang mixing part itu ga sengaja dapet echo efek telepon makanya pas pembuatan MV dibuatlah scene lagi nelfon *keren sih cuman kalo live perform pake MR yang ada echo telefonnya ini kasian MINOnya, suaranya jadi ga kena soalnya*
  • SeungYoon sendiri ngaku pernah nembak cewek di telfon pake lagu pas masih SMA #eaaa *gue suka anak2 WINNER yang nyantai kalo ngomong beginian, lebih lepas, mau cerita2 gitu*
  • Hal paling berat selama syuting MV “empty” adalah mereka tidurnya ga beraturan, suka tidur di lokasi syuting dsb.
  • Lama pembuatan MV ini 5 hari cuman secara spesifik (technically) nyampe 10 hari *iya, pembuatan MV di Korea itu lama. YOLOnya MADTOWN itu juga lama. Ini karena scene2nya banyak banget, permember beda2 lagi, makin lama deh jadinya*
  • Lokasi pembuatan MVpun ada di satu tempat yang ada beberapa ruangan di situ. Scene seperti di stasiun kereta itu ga di stasiun kereta beneran tapi memang diset sama krunya *keren*.
  • Yang bikin bosen selama bikin MV itu adalah nunggu scene 1 ke yang lain itu lama.
  • SeungHoon lucu pengalaman syuting MVnya. Jadi dia tahunya mulai syuting part dia itu jam 9 pagi, dia uda dandan full gitu pas ke lokasi syuting cuman dia syutingnya ternyata 24 jam lagi, alias 9 pagi besoknya. Dia yang langsung menboong gitu nunggu selama itu, di pikirannya “kapan nih gue bisa pulang?TT TT”, tapi ada sisi positifnya juga karena ekspresi “kosong” yang mau dia tampilin di konsep MV itu malah dapet, bukan “kosong” karena apa2 tapi ya “kosong” efek nunggu kelamaan itu jadi feelnya secara natural malah dapet, wkwk *hikmah dibalik musibah oppa, wkwk*
  • MINO itu pas ditanya maksudnya ada papan seluncur di partnya dia di “empty” itu apa malah ga tahu. Jadi dia cuman acting aja disitu tanpa tahu maksud kenapa sampe ada property itu, haha *hanya sutradaranya ya tahu ini, wkwk. MINO aja ga tahu apalagi gue?? Wkwk*
  • Part di MV “empty” yang paling bagus menurut member2 WINNER berdasarkan voting adalah part Jinwoo yang mellow banget duduk di tengah2 kursi bioskop tua. Dapet banget feel “empty” dan melankolisnya. *part favorit gue pas SeungHoon bilang “over” di tangga itu, menurut gue cool banget, haha. Gue rasa part2nya SeungHoon yang paling gue suka selama nonton MV itu, hehe #pelukSeungHoonOppa ^^*
  • Jinwoo sendiri bilang kalo untuk scene itu saja mereka butuh waktu 3 jam, jadi dia ampe lelah banget *wow, berarti sutradaranya perfectionist yah? 3 jam kan lama banget, berarti bener2 dia nyari feelnya sampe dapet~cuman ya kasian Jinwoonya berasa pengen pulang jadinya gegara kelamaan, wkwk*.
  • Jinwoo di scene itu ada part kayak mau nangis gitu dan itu bukan karena dia terlalu menghayati peran sebenernya, dia bilang karena cahaya lampu yang ada di situ sinarnya bikin matanya perih walhasil dia seakan2 lagi nangis (keluar air mata), wkwk. Meskipun begitu pas ditanya masa ga ada kepikiran hal lain pas acting itu, dia bilang ada juga walaupun sedikit, dia inget orangtuanya saat syuting (terutama ayahnya) jadi bisa ngebantunya dapet feel pas acting sedih itu juga *ga nyangka BTSnya “empty” aneh2 juga ternyata, wkwk*
  • Sutradara MV ini detail banget. Jadi part TaeHyun yang duduk di depan mesin cuci tua nan rusak itu ada detailnya. Kalo kalian perhatiin ada mesin cuci yang masih bisa muter dan itu bener2 diusahain sama sutradaranya. Jadi sebelum syuting itu si sutradara bener2 bekerja keras buat muter mesin itu sampe bisa muter lalu diambil gambarnya.
  • MV ini juga modal banget #demiapa. Krunya beli 2 mobil khusus buat syuting ini. Yang 1 mobil baru yang 1 mobil vintage yang bahkan di Amerika aja uda jarang ada. Jadi di MV ini pake 2 mobil chingu *YG menn~ agensi kaya, modal banget, haha*
  • Scene SeungYoon yang dia tiduran di rerumputan itu juga ada ceritanya. Jadi sutradaranya ini memang detail oriented banget. Dia bener2 ngeset lokasi syuting itu sereal mungkin sampe ngasi lumut2 beneran di sekitar SeungYoon waktu itu. Akibatnya jadi banyak lalat yang dateng ke situ. Syuting yang harusnya 2-3 kali selesai gara2 si lalat terus2an ngerubungin SeungYoon yang lagi tiduran di situ jadi sampe lebih dari 10 kali, haha.
  • SeungHoon ini paling excited ngomongin scene Taehyun yang sama model cewek di MV ini. TaeHyun ditanya MINO apa pas adegan nyaris kissing itu dia kissing beneran, si Taehyun bilang ga. Taehyun juga bilang kalo pas adegan itu dia banyak mikir, dia mikirnya dia disitu actor jadi harus bener2 akting. Cuman SeungHoon ini kayak ngompor2in, jadi dia tiba2 nyeletuk “adegan Taehyun pegang dagu cewek itu ga mungkin bisa dilakuin kalo dia ga punya pengalaman, eskpresi dari hati itu mah~” wkwk. *Gue rasa Taehyun ini memang uda berpengalaman, feeling aja gue, wkwk*. SeungYoon bilang kalo dia sebenernya ada protes juga sama sutradaranya, kenapa yang acting sama model cewek si Taehyun doang? Wkwk.
  • Mereka wajahnya pada gloomy2 alias suram di MV itu sebenernya bukan acting tapi lebih ke capek makanya pas selesai itu mereka yang seneng banget, girang karena memang capek banget buat bikin MV itu, haha.
  • Scene member ber5 yang ada di MV itu cuman 1, ketika mau ending (di kamar ketika cahaya matahari pagi datang masuk ke kamar mereka). Makna di balik itu kata SeungYoon adalah meskipun 5 orang itu punya story kisah sedih masing2 di malam harinya cuman 5 orang itu sama2 menatap sinar matahari pagi (sebagai awal hari yang baru). SeungYoon bilang mungkin ga ada yang tahu tentang makna part ini *iya, kalo SeungYoon ga bilang gue juga ga tahu. Daripada ngereview MV dengan pemikiran sendiri (yang belom tentu maksudnya bener kayak gitu) gue rasa ngedenger cerita dari yang bersangkutan langsung kayak gini lebih ngebantu (ini gue pribadi sih). Sama kayak MV GOT7 yang “stop stop it”, kalo Jr ga ngejelasin gue juga ga paham itu maksudnya apa, wkwk. Gue ga mau ngereview2 MV gitu soalnya gue takut jadi sok tahu padahal sebenernya maksudnya ga gitu juga, takut salah ngomong aja gue (beneran gue paling takut salah ngomong) makanya maksud MV dsb biar mereka sendiri yang sharing*
  • Ga ada sih episode2 lucu di pembuatan MV “empty” karena mereka terlalu fokus dan lelah jadi ga ada yang lucu2 jadinya, haha. *demiapa 10 hari buat 4 menitan MV, itu usaha yang total banget*
  • Bedanya pembuatan MV “empty” sama “color ring” adalah kalo “empty” semua dilakukan di indoor, kalau “color ring” di outdoor. Selain itu untuk “color ring” actingnya lebih banyak daripada di “empty”, lebih dalem aktingya.
  • Mereka ga dapet kelas khusus lagi sebelum syuting MV2 ini karena selama trainee mereka uda ikut kelas acting juga.
  • Di MV Solo-nya MINO “I’m Him”, anak2 WINNER lain juga ada cuman beberapa detik aja, bener2 cameo, haha.
  • Selain “empty” dan “color ring”, Taehyun ngerekomendasiin lagu “I am Him” buat fans2 semua. Dia suka lagu itu.
  • Untuk Jinwoo, dia ngerekomendasiin lagu “don’t flirt”.
  • SeungHoon ngerekomendasiin lagu “different”. Dia rasa lagu itu ngegambarin warna/color musiknya WINNER jadi dia suka lagu itu. Meskipun bukan jadi “title” song tapi dia suka lagu itu.
  • MINO ngerekomendasiin lagu balladnya Taehyun “confession”, dia rasa lagu itu adalah lagu ballad yang dibuat dengan sangat apik *iya bener, feel orchestranya dapet banget, suara2 violin dsb bener2 ballad banget, keren*.
  • SeungYoon ngerekomendasiin lagu “tonight”. Dia ngerasa listener bisa menikmati melodi line yang bagus dari lagu itu. “Tonight” itu genrenya sweet R&B, meskipun sweet tapi sadnya juga dapet dan dia bilang kalo kalian ngedengeri lagu itu malem2 akan hanyut dalam emosinya lagu itu *gue sependapat sama SeungYoon, melodi lagu ini bagus banget, gue suka melodinya meskipun liriknya ga. Gue inget di part2 sebelum ini gue juga bilang gue suka lagu ini. Gue rasa ada2 lagu yang paling kena di gue di album S/S, “but/saranghajima” dan “tonight”*
  • *Gue rasa “empty” itu bagus juga secara melodi, trendy musiknya, apalagi fakta kalau lagu itu dari Hanbin, adek2 WINNER, gue ngerasa lagu itu punya kenangan dan dalem bagi WINNER, iKON dan fans termasuk gue. “color ring” itu menurut gue Kang Seung Yoon’s style banget, lagu yang pertama kali denger langsung tahu itu pasti miliknya SeungYoon. Itu menurut gue karena sense of rocknya ada (gitar), semacam lagu2 anak2 band barat (hoobastank dsb). “dont flirt” itu menurut gue nuansa fun-nya kena banget, sense of reggaenya juga ada, keliatan banget bikinannya producer2 YG yang memang suka aliran2 reggae kayak gini. “I’m Him” itu gue suka liriknya, artistic sekali. Gue suka salah satu liriknya di akhir lagu “no fake allowed/kepura2an di sini ga diperbolehkan”, gue suka styler apper yang ga fake ketika bikin lirik, yang secara ga langsung ngasi tahu orang2 kalo “gue ga fake/gue ga suka fake”,itu gue suka banget. Gue benci fakeness soalnya jadi respect sama lirik2 kayak gini. Kalo “love is a lie” gue jujur ga terlalu suka karena menurut gue tipe2 lagu yang uda sering gue denger, melodinya terlalu familiar. Untuk “confession” gue rasa itu well made ballad song, melodi balladnya dapet, musiknya juga bagus, ballad sekali, bener2 nunjukin style musiknya Taehyun yang memang dominan ke vocal. “But/saranghajima” menurut gue liriknya sweet, melodinya sweet, gue suka. “different” gue rasa liriknya menarik, ngaku kalo bad boy, wkwk. Gue rasa lagu ini secara musik dan melodi juga bagus. Suaranya SeungYoon menurut gue dominan dan dapet banget di lagu ini, keren. “tonight” gue suka melodinya, alunan melodinya ngalir banget meskipun liriknya gue ga suka, biasa aja liriknya, ini lagu yang pertama gue suka ketika pertama denger album S/S chingu. Gue suka lagu yang ada unsur musik kayak gayageum (apa ya gue ga tahu namanya cuman kayak di lagunya Lovelyz yang “Goodnight like before” itu lhoh) artistic aja menurut gue. Lagu terakhir “smile again” itu mengingatkan jaman WIN dan pasti semua setuju kalo lagu itu bisa ngasi semangat ke listener karena liriknya bener2 encourage sekali. Gue rasa untuk album yang bikin pure anak2 Korea sendiri album ini bagus banget. Kalo SM kan lagu2nya banyak yang dari musisi luar negeri jadi wajar aja kalo bagus banget, kalo ini kan pure kreatifitas mereka sendiri dan menurut gue Korea harusnya bangga punya WINNER, artist yang bener2 multitalent*

[ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY).MP4_000393626

[ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY).MP4_000472972

[ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY).MP4_000474373

[ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY).MP4_000495862

[ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY).MP4_000515882

[ENG SUB] MV Commentary MPD, Dave & WINNER_공허해 (EMPTY).MP4_000693893

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Respect #Share #Inspire

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    ngomong Nam Taehyun diakan dikabarin pernah deket sama Ex member T-ara ahreum dan pernah deket juga sama Krystal FX itu yang aku tau dan foto fotonya juga,,,
    menurut aku album Empty itu bagus bagus aku suka semua lagunya, maknanya dapet banget, mereka keren buat lagu, winner emaang JJang,,,

  2. Agnes mengatakan:

    Mobilnya itu sama kaya yg dipake di MV 2NE1 Missing You ya kak?

  3. aichanhee mengatakan:

    kalo taehyun mah kliatan kalo udah pengalaman bgt soal cewek ㅋㅋㅋ

  4. na mengatakan:

    kalo empty, color ring, sama i’m him ini sutradaranya siapa ya?

Tinggalkan Balasan

