Fakta-Fakta iKON Part 2 (Review Mix and Match Episode 2)

Posted: Februari 4, 2015 in About iKON
Tag:

Get Ready? Showtime!

Source: Video – Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 – ‘iKON’이 되기 위한 첫 월말평가 (Credit: YG Entertainment, MNET)

Ini adalah reviewan gue untuk Mix and Match Ep.2.

  • YG ngadain presscon juga kayak pas di awal2 WIN dulu. Banyak yang bilang YG ini cruel/kejam dalam hal2 kayak gini cuman YGnya bilang ini akan ngebikin mereka tambah kuat. Dulu dari 6 calon member Big Bang, 1 diantaranya keluar juga dan itu kejam, cuman dia bilang M&M ini lebih kejam *keknya acara2 kejam kayak gini papa YG style banget, uda paten, hemm*
  • Untuk evaluasi bulanan pertama, tim dibagi jadi 2. Chanwoo setim sama Hanbin, Junhoe dan DongHyuk sedangkan JinHyeong setim sama Bobby, Jinhwan dan YunHyeong. Step yang pertama adalah milih lagu untuk diaransemen ulang lalu latihan dance untuk sesi dance yang sama2. Mereka pilih lagunya CL “Mental Breakdown” untuk sesi dance. Seperti biasa Hanbin yang jadi pelatih dance mereka2, member yang paling cepet hafal boleh keluar ruangan. Jinhwan yang pertama keluar, lalu Junhoe, lalu Bobby (Kimbab).Jadi Hanbin ini punya panggilan khusus ke Bobby dengan Kimbab, hehe. Akhirnya member yang tersisa ChanWoo dan JinHyeong doang, mereka yang paling susah hafal. Hanbin tahu mereka susah ngeblend karena tensi latihannya beda dengan yang lain yang uda lama latihan2 bareng dengan banyak dance makanya dia ngelatih 2 orang ini secara personal disaat yang lain uda bisa *gue rasa kalo Hanbin ga care dia ga bakalan ngelakuin ini, ini karena dia care juga sama 2 member baru ini*. Kesan Bobby ke Chanwoo adalah dia ini kurang power kalo ngedance sedangakn JinHyeong ini terlalu over tense kalo ngedance (kebalikan). Jinhyeong sendiri saat itu jadi ngerasa dance bukan keahliannya, lain dengan Chanwoo yang bilang ga akan nyerah meskipun berat banget *gue rasa kualitas Chanwoo mulai keliatan di sini*
  • Di sela2 battle M&M ini Bobby sama Hanbin ikut acara “Show Me The Money” dan Bobby menang, dia juara 1. Di speechnya dia bilang akan ngebeliin rumah buat ibunya segera *impian Bobby sejak awal pengen ngebawa ibunya pulang ke Korea dan ngebangunin dia rumah chingu*
  • Jinhwan ngajarin JinHyeong di sesi vocal dan Hanbin minta JunHoe ngajarin Chanwoo di vocal *dia kan rapper, jadi ga bisa kalo ngajarin vocal makanya minta Junhoe yang ngajarin*. Sebelumnya pas latihan vocal tuh tim Chanwoo ga harmony saat nyanyi, suaranya dia kalah sama suaranya Junhoe (tenggelam). Harusnya Junhoe nadanya diturunin dan Chanwoo dinaikin cuman ga bisa2 makanya Hanbin sempet tiba2 keluar dari ruangan setelah minta Junhoe ngajarin Chanwoo untuk nyanyi dengan lebih baik. Endingnya Chanwoo latihan sendiri sampe larut malam. Hanbin juga bingung, dia tahu kalo wajar banget Chanwoo belom bisa menjadi apa yang dia harapkan, dia bingung harus berbuat apa ke Chanwoo supaya bisa ngejar ketertinggalannya dari yang lain *gue rasa Hanbin ini ga tegaan juga sih orangnya, gue ngeliat si Junhoe yang orangnya agak2 tegaan malah. Mungkin mikirnya dia “nasib gue sendiri aja belom jelas?” wkwk*. JinHyeong juga sama, dia di mata Hanbin dan JinHwan masih kurang banget di bidang dance.
  • Akhirnya tiba evaluasi bulanan dan ga cuman YG tapi producer2 YG ikut ngeliat dan ngasi komentar. Timnya Bobby ngebawain lagunya Jay Z yang “Run This Town” dan Timnya Hanbin ngebawain lagunya Duffy yang “Mercy”. Komentar dari producer2 YG seperti DEE.P dan AirPLAY adalah si JinHyeong keliatan nervous banget. Jinhyeong ini di awal uda berani natap mata YG langsung ketika nyanyi dan YG menilainya sebagai sesuatu yang aneh, belom waktunya karena skillnya belom bagus untuk melakukan itu. Masta Wu, Choice37 dan Ham SeungCheon ngerasa lagu Timnya Bobby itu Bobby banget. Komentar dari A&R tim (Denny) adalah konsep timnya Hanbin lebih fun *lagunya fun soalnya, tipikal lagu2 yang pake instrument terompet jadi fun*. Kang OkJin bilang ide timnya Hanbin bagus dan menghibur. Robin, Choice37 dan AirPLAY ngerasa JunHoe berkembang pesat. Ham SeungCheon, AiRPLAY dan Big Tone ngerasa Chanwoo bagus, dia bisa ngeblend sama yang lain dan ga keliatan ketinggalan dari yang lain. *oya, dari sini kita bisa sama2 tahu siapa2 yang suka bikin lagu2 di YG. Nama2 kayak Choice37, AiRPLAY, DEE.P, Masta Wu, Big Tone, Ham SeungCheon, Kang OkJin dsb itu gue rasa keren karena dari mereka2 juga lagu2 bagus di YG tercipta*
  • Untuk dancenya mereka pake lagu “Mental Breakdown”nya CL dengan pake properti topi buat ngedancenya *gue rasa ini keren banget, sepanjang gue nonton M&M keknya ini dance yang paling gue suka. Gue suka lagunya CL yang ini juga. Gue rasa ada part2 diliriknya yang bagus banget kayak “the world has come to this, fakers are rising” yang gue dia (CL) mengingatkan kalo maknai dunia sekarang ini penuh dengan orang2 yang suka melakukan tipudaya dan gue memaknainya adalah manusia harus hati2, tetep waspada dan tingkatkan kepekaan dan iman. Banyak yang gue ga gue setuju juga dari lirik lagu ini contohnya tentang karma. Gue ga percaya sama karma, gue percaya sama tuaian perbuatan masing2. Ini karena gue muslim dan setahu gue di Islam ga ada yang namanya hukum karma. Meskipun begitu gue rasa meskipun bagi gue ga terlalu banyak, ada hal2 positif yang bisa gue dapet dari lagu ini. Gue ga berekspekstasi idol gue sempurna jadi gue cuman berusaha ngambil hal2 yang menurut gue baik aja atas semua karya2 mereka, yang sekiranya bagi gue ga baik ya tinggal ga suka aja. Meskipun secara lirik gue rasa lagu ini harus gue maknai dengan sangat hati2 cuman gue sebagai orang yang suka musik suka musik ini dan gue rasa anak2 M&M bisa ngedance-in lagu ini dengan keren banget*
  • Timnya Hanbin dapet hasil lebih baik karena Chanwoo bisa ngeblend sama yang lain. Ini karena Hanbin sebagai leader bisa melakukan tugasnya dengan baik juga dan Chanwoo bener2 mau usaha. Cuman setelah itu suasana mendadak galau dan suram karena YG ngumumin kalo 3 dari mereka dipastikan jadi member iKON yaitu Hanbin, Bobby dan Jinhwan sedangkan sisanya akan melakukan kompetisi untuk bisa ngeraih 4 tiket lagi untuk bisa jadi member iKON. Ga cuman 5 orang itu, akan ada 1 orang lagi yang ikut. Dengan kata lain Junhoe, DongHyuk dan YunHyeong belom dipastikan lolos.
  • Donghyuk ketika diwawancara terpisah nangis, dia ga nyangka akan begitu. Bobby bilang dia ga seneng sama keputusan itu sama sekali karena dia jadi mikir “gimana 3 yang lain?”. Jinhwan juga ngerasa bersalah karena dia masuk. Hanbin lebih realistic karena former member itu kan memang 3 orang itu dulu (Jinhwan, Bobby, Hanbin) dan mungkin karena mereka uda latihan lebih lama jadi YG ngambil keputusan itu *pasti ya memang kayak gitu. YG ngeliat Jinhwan, Bobby dan Hanbin uda pantas debut dengan skill mereka, ditambah mereka traineenya juga uda lama, lebih lama dari yang lain2*
  • Setelah evaluasi bulanan itu suasana jadi mendadak galau dan suram. Persis kayak ketika Tim A dan B selesai evaluasi bulanan dan YG ngumumin akan ada 1 diantara tim mereka yang debut melalui program WIN. Junhoe nangis, dia ngerasa kecewa dan keputusan itu melukai harga dirinya, semacam “inikah hasilnya latihanku selama 2.5 tahun di YG? Berarti dimata YG aku masih kurang dari 3 itu?” itu membuatnya merasa ga aman, sedih banget. YunHyeong lebih tabah, dia mikirnya jika saja skillnya bisa lebih baik dari ini mungkin ga akan kayak gini jadinya *masih positive thinking*. DongHyuk ngerasa bener2 sedih karena apa yang dia takutkan selama ini jadi kenyataan yaitu tim B bisa pisah kapanpun. DongHyuk nangis dan Bobby yang langsung nenangin DongHyuk dan bilang dia akan ada bersama DongHyuk. Hanbin paham gimana perasaan DongHyuk yang nangis karena ngerasa ga safety dsb. Bobby ngerasa ini menyedihkan banget karena di satu sisi dia ingin menenangkan yang lain tapi di sisi lain dia sendiri yang dalam posisi aman, itu moment yang berat banget bagi anak2 Tim B *gue ga bisa ngebayangin campur aduknya perasaan mereka saat itu yang jelas gue ga tega kalo mereka pisah. Gue tuh jujur lama2 jadi emosi juga sama rule yang dibuat YG ini ketika nonton acara ini dulu, ga adil buat Tim B menurut gue. Gue paham maksud YG baik (biar mereka punya mental yang kuat) cuman ini berat banget untuk mereka. Gue rasa iKON akhirnya bisa diisi YunHyeong, DongHyun dan Junhoe itu berkat dukungan fans banget yang uda sms dan ngevote untuk 3 orang itu. Di saat kayak gini peran fans bagi gue penting banget dan fans2 yang uda tahu mereka sejak WIN pasti akan tetep milih 3 member ini dulu, termasuk gue. Gue waktu itu paling ga mau YunHyeong keluar makanya gue utamain vote dia, soalnya posisi dia di battle ke3 bener2 ga aman. Pilihan gue dari awal adalah OT6+Chanwoo ketika voting online. WIN itu kejam, tapi M&M ini bagi gue lebih kejam, heartbreaking banget nonton acara ini meski endingnya happy ending juga buat Tim B. Meskipun begitu, kalo prosesnya ga separah ini mungkin fans juga ga bakal mengenang iKON sedalam ini. Proses yang melelahkan dan panjang ini bagi gue meskipun kadang menyebalkan juga untuk diinget tapi sekaligue jadi memori yang indah banget juga, persis apa kata GD sebelumnya. Usaha mereka ini bikin fans jadi bisa terus mengenang perjuangan mereka untuk debut. Debut yang bener2 ga mudah, penuh perjuangan, 2 kali kompetisi super kejam dan itu iKON. Gimana nih pendapat kalian? Apa nonton ini bikin nangis juga kayak gue? hehe*

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_000341174

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_000425158

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_000670202

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_000897563

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001013645

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001093692

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001131964

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001333031

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001649981

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001721486

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001723655

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001737268

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001739938

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001790889

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001947512

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001949480

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001954218

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_001958790

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002034198

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002312076

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002315780

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002467231

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002468866

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002498295

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002509373

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002537968

Mnet [MIX & MATCH] Ep.02 - 'iKON'이 되기 위한 첫 월말평가.MP4_002541305

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Respect #Share #Inspire

Komentar
  1. song mengatakan:

    WOW Mix and Mach! Jujur aja pertama kali gua nonton ini juga “gila, kurang kejam apa coba YG appa?” pertama, bteam udah ikut win, terus sekarang mix and match. Kalo dulu ibaratnya ngelawan sodara sendiri(re:team a) sekarang mereka di suruh perang sodara sedarah satu sama lain. Ya, menurut gua team b bahkan udah lebih dari saudara sedarah. Berjuang bareng, sedih,seneng,ketawa, tinggal bareng. Dan di sini yang paling dikejami itu yunhyeong. (hug yoyo) dia dari acara win udah dapet posisi lemah, terus sekarang harus perang ngelawan sodara sendiri… Pengen semua sodaranya debut, tapi dia sendiri juga harus debut, mau nangis juga gabisa. Dia terlalu softheart , yunhyeong kamu terlalu indah oh kenapa;___;

  2. frisca mengatakan:

    ini eps yg bener2 nguras air mata pertama di M&M,walaupun awalnya seneng2 liat pas hanbin ngajarin dance,n mulai tegang waktu hanbin bingung mesti ngelakuin apa biar canu bisa lebih bagus tapi akhirnya pas di sebutin 3 member yg udah official jadi member iKON itu yg bikin hati sakit,apalagi liat dongdong nangis sampe kayak gitu.sampe sekarang gk bisa lupa gmna muka dongdong pas nangis

Tinggalkan Balasan

