Tartan dalam Fashion K-Pop

Posted: Maret 17, 2015 in About K-Pop Fashion
Tag:

Gue bikin tulisan ini ga sengaja sebenernya. Awalnya dari beberapa kali ngeliat perform2 live idol KPop yang gue suka lalu notice kalo baju mereka motifnya hampir sama. Motif yang gue maksud adalah motif garis2 merah. Gue inget waktu TK gue pernah pake baju seragam motif itu juga dan mungkin kalian juga sama. Gue jadi inget lagi dulu gue pernah baca kalo baju dengan motif kaya gitu tuh asalnya dari Eropa cuman gue lupa pasnya dimana/negara mana. Seinget gue asalnya dari Irish cuman gue ga yakin akhirnya gue searching2 lagi. Cukup lama sih gue searching, semua pakaian traditional di seluruh Eropa gue cari satu2 dan akhirnya ketemu juga sama satu pakaian yang gue maksud. Sebelum ketemu sama istilah tartan (motif yang gue cari namanya itu), gue ngeliat gambar corak pakaian yang gue cari identitasnya itu dipake sama seorang mayor Inggris namanya Donald Callander. Info tentang dia gue baca di wikipedia. Nah ketika sedang memimpin perang, dia pake baju motif yang gue maksud itu. Akhirnya gue baca2 deh itu profilnya dan ada kata Skotlandia di sana lalu gue search tentang pakaian tradisional Skotlandia. Ternyata bener, itu pakaian ala Scottish namanya kilt. Modelnya semacam rok garis2 merah gitu. Ga cuman merah sebenernya motifnya, yang kuning, hijau, ungu dsbpun ada cuman untuk army/tentara jaman dulu pakenya warna merah. Tartan yang corak garisnya merah itu bisa dikatakan pakaian tentara Inggris jaman dulu.

Nama pakaian yang gue maksud diatas namanya Kilt. Kilt itu nama pakaian tradisional Skotlandia (bagian dari Inggris) sedangkan Tartan sendiri adalah motif garis2 di kilt tersebut. Kilt ini menggunakan motif tartan (motif warna bergaris) dalam pakaiannya. Nah sering berjalannya waktu motif tartan ini mulai mengglobal dan jadi motif fashion yang booming di berbagai penjuru dunia termasuk Korea. Gue disini ngecapture beberapa motif tartan dalam beberapa fashion idol2 K-Pop ketika perform. Motif  itu digunakan untuk banyak ranah fashion dari mulai kemeja, jaket sampe jumper. Di bawah ini gue capture style tartan yang gue maksud. Ini cuman sebagian kecil aja, semacam jadi gambaran aja buat kita semua.

220px-Dfcallander_formal_dress

085feabf7837315c92a4b1b49599dbda

QueensBandsPiper

APINK - 120119 I don't know - The 26th Golden Disk Awards.mp4_000125583

4TEN - Tornado, 포텐 - 토네이도, Music Core 20140920.mp4_000013013

4TEN - Tornado, 포텐 - 토네이도, Music Core 20140920.mp4_000136769

GOT7 - Girls Girls Girls @인기가요 Inkigayo 140209.mp4_000005638

GOT7 - Girls Girls Girls @인기가요 Inkigayo 140209.mp4_000011311

GOT7 - 하지하지마(Stop stop it) + A + Girls Girls Girls M COUNTDOWN 406화.mp4_000150150

HI SUHYUN - '나는 달라(I'M DIFFERENT)' (feat.BOBBY) 1120 M COUNTDOWN.mp4_000185285

Red Velvet - Happiness (행복 ) 라이브 LIVE - 140821[슈퍼주니어의키스더라디오].mp4_000200033

WINNER - '끼부리지마(Don't Flirt)' 1012 SBS Inkigayo.mp4_000002202

INFINITE F [인피니트 F] - 가슴이 뛴다 @인기가요 Inkigayo 141207.mp4_000141066

Dari tartan ini gue jadi punya ketertarikan sama fashion chingu. Gue beberapa waktu ini banyak baca tentang fashion2 kece yang sering dipake anak2 K-Pop dan pengen gue share juga di sini buat nambah informasi buat kita semua. Menurut gue K-Pop itu ga bisa dipisahkan dari yang namanya fashion. K-Pop dan fashion itu jelas ada hubungannya banget karena kostum/fashion itu erat hubungannya dengan konsep. Contoh simple fashionnya EXO. Era “WOLF” yang meskipun title songnya genrenya dubstep cuman secara konsep fashion mereka ke arah “hip hop” makanya kostumnyapun dibuat semi hip hop dengan aksen2 slayer dimana2, baju baseball dan baju/celana2 gombrong/longgar ala2 rapper. Ketiga fashion itu (slayer, celana/baju longgar) adalah fashion ala hip hop soalnya. Fashion ini akhirnya juga jadi pembeda ketika mereka debut dengan ketika comeback dan comeback2 selanjutnya. Fashion ini jadi semacam kayak ciri khas juga di setiap era album idol2 K-Pop. Misalnya EXO, era “MAMA” konsep fashion mereka bling-bling, futuristic gitu. Ini mengingat konsep mereka juga dari planet EXO jadi wajar fashionnya disesuaikan dengan warna2 kayak silver, yang mengkilap2 dan aksesoris2 yang bling2 dan meaningful. Beda lagi ketika era “WOLF” dimana konsep fashion mereka adalah “semi hip hop” dengan fashion ala2 anak hip hop yang pake slayer, baju2 baseball dan celana longgar. Beda lagi dengan era “GROWL” yang fashion mereka menekankan pada “uniform look” yang menggunakan fashion seragam sekolah berbagai model dan corak/warna. Lalu terakhir ke era “OVERDOSE” dimana mereka menekankan ke “gentleman style” yang mencerminkan mereka uda mature/perfect man. Ini dilambangkan dengan fashion mereka yang elegant/berkelas, rapi dan corak fashionnya mewah. Gue jadi nyimpulin kalo fashion itu ngaruh ke konsep dan signifikansi dari fashion inilah yang bikin gue tertarik bikin tulisan tentang fashion K-Pop kayak gini chingu.

Kembali ke tartan, menurut gue motif ini memang keren jadi wajar kalo banyak yang suka dan bisa sangat mengglobal juga. Gue sendiri suka sama motif ini chingu dan suka kalo ngeliat idol2 K-Pop pake motif itu di fashion mereka. Motif dalam fashion/busana itu kan sebenernya banyak chingu, ada tartan, hound tooth check, floral, military, leopard, burgundy, denim dsb. Nah menurut gue tartan ini masuk yang lebih gue suka dari yang lain. Alesannya ada kesan simple tapi elegant di motifnya. Warnanya juga merah, warna favorit gue, hehe. Ada kesan strongnya juga (wajar karena dulu digunakan untuk pakaian perang). Gue rasa tartan ini style yang everlasting (ga ada matinya gitu), kapanpun digunakan akan tetep fashionable, apalagi kalo motifnya sekarang dikembangkan ke jaket, kemeja, jumper, baju2 panjang yang oversizes silhouettes, uniform dsb. Apa kalian ada yang suka tartan juga? boleh share di sini ^^

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Respect #Share #Inspire

#BeHumble #Love YourSelfFirst

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s