Denim dalam Fashion K-Pop

Posted: Maret 21, 2015 in About K-Pop Fashion
Tag:, , , , ,

Kalo kita ngomong tentang denim, gue rasa kita semua pasti pernah punya salah satu dari jenisnya  entah jenis baju maupun celana. Yup, denim itu istilah yang tepat untuk kain “levis” yang familiar kita kenal. Denim itu sendiri adalah nama kainnya sedangkan jean dsb itu produknya. Denim berasal dari bhs Perancis serge de Nîmes, yang mengacu pada sebuah kota bernama Nîmes di Perancis. Yang namanya denim pasti warnanya ga jauh2 dari biru dan putih. Entah biru muda, agak gelap sampe yang gelap, meskipun saat ini warna pakaian berbahan denim sudah sangat beragam. Kalo kita ngomong tentang denim, pasti langsung nyambung ke busana jean. Iya chingu, Jean sendiri adalah kata temporer/modern yang kita gunakan sekarang untuk menyebut salah satu jenis celana panjang. Kata “jean” berasal dari bhs Perancis untuk menyebut kata Genoa (Italia) yang merupakan tempat dimana celana panjang berbahan denim pertama kali dibuat. Denim sendiri mulai digunakan di Amerika sejak abad 18 chingu *widih~ uda lama sekali, itu kan berarti start di tahun 1701an kesini*. Untuk pabriknya sendiri, Cina adalah negara yang paling banyak punya pabrik denim yakni sebanyak 297 (ini gue baca di Wikipedia), setelah itu disusul India, Asia (tidak termasuk Cina dan India), Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin, Afrika dan Australia. Jika ditotal, semua pabrik denim yang ada di dunia ini adalah 813 pabrik dan itu tersebar di semua benua. Dengan ngeliat data ini aja kita jadi bisa tahu kalo wajar banget denim bisa dikenal luas karena memang pabriknya merata di seluruh dunia. Karena pabriknya merata, otomatis yang pake busana itu juga merata, termasuk Indonesia. Gue rasa hampir dari kita semua pasti pernah beli busana yang ada unsur denim-nya.

Ragam busana denim ini digunain sebagai fashion juga di K-Pop. Denim dipake sebagai konsep kostum juga untuk para idol yang comeback dengan album barunya. Sama kayak tartan yang gue bahas kemaren, banyak banget idol K-Pop yang pake fashion denim untuk perform mereka entah di music performance TV maupun MV. Di acara variety show dsbpun mereka juga suka pake denim. Apalagi airport fashion, uda ga terkira kali idol yang pake denim, hehe. Gue sekarang uda ga pernah save2 pic2 idol di bandara chingu jadi fashion denim yang gue capture di sini yang di perform/MV aja, itupun yang ada di komputer gue aja, hehe. Meskipun cuman dikit, gue harap bisa ngasi gambaran buat kita semua.

Contoh relevansi kostum dan konsep comeback idol yang gue bahas kemaren kan EXO. Era MAMA mereka temanya “bling2”, era WOLF mereka “semi hip hop”, era GROWL mereka “uniform look” dan era OVERDOSE mereka pake “gentleman style”. Ga ada unsur denim di situ *emang iya #apadeh, haha*. Dan karena postingan ini tentang denim, gue akan bahas idol lain yang pake konsep denim sebagai busana di era salah satu album/single mereka. Untuk boygrup, gue bakalan sedikit ngupas GOT7 dan WINNER. GOT7 itu pake unsur denim yang sangat kentel ketika di era A chingu. Simplenya coba kalian liat MV “A”, mereka jelas2 pake busana bernuansa denim. Di performpun sama, mereka sering pake style denim terutama jaket denim. Mereka pernah pake jeans denim putih di salah satu perform “A” di Arirang. Member2 GOT7pun juga keliatan make unsur2 denim di banyak kesempatan, ga cuman di era “A” tapi di era2 yang lain kayak si JB, YoungJae, Mark dan Jr. Gue notice itu ketika ngeliat live2 perform/dance practice mereka. Gue rasa kesan yang ingin ditimbulkan stylist2 GOT7 ketika pake fashion denim ini adalah casual, seperti tema lagu “A” yang memang santai/approacable. Denim sendiri memang menimbulkan kesan casual sih, kesan ga formal gitu, cocok banget digunakan dalam situasi santai. Gue rasa anak2 muda yang suka kebebasan/freestyle/hip hop gitu cenderung suka style2 denim. Anak2 YG gue liat sering pake denim buat perform. Untuk anak GOT7 sendiri, favorit gue untuk perkara denim style ini si JB sama YoungJae chingu. Gue seneng tiap ngeliat mereka pake denim, keliatan cocok banget gitu di mereka. Kesan yang mereka timbulkan itu jadi santai dan simple banget cuman tetep chic apalagi JB, gue suka banget >.<. Gue paling suka style denim dia di dance practice “A”, itu “jjang” banget kalo versi gue, hehe~.

GOT7 - A.mp4_000054137

GOT7 - Forever Young @Global Request Show - A Song For You 3.mp4_000201901

GOT7 - Good Tonight & A @Mnet [엠카운트다운] Ep.381 @M COUNTDOWN_140619.mp4_000281748

GOT7 - A @심플리케이팝, 갓세븐 Simply K-Pop - Ep121C04.mp4_000105972

GOT7 '너란 걸(Magnetic)' Dance Practice.mp4_000085318

GOT7 - I Like You (Live), 갓세븐 - 난 니가 좋아 (Live) 20140125 신동의 심심타파.mp4_000097564

GOT7 'A' Dance Practice #2 (A  Ver.).mp4_000208908

GOT7 'A' Dance Practice #2 (A  Ver.).mp4_000096996

GOT7 '너란 걸(Magnetic)' Dance Practice.mp4_000039939

Lanjut ke WINNER. WINNER ini bisa dibilang sering juga pake denim di perform2 mereka apalagi era “Don’t Flirt” yang memang lagunya santai/lucu/cute. Sama kayak “A”nya GOT7 tadi, fashion denim cocok kalo dibuat kostum di lagu2 yang santai. Bayangin EXO nyanyi OVERDOSE tapi stylenya denim, pasti ga cocok? Hehe.  Karena “don’t flirt” dan “A” sama2 lagu yang cute jadi kena banget kalo pake style denim. Gue rasa semua anak WINNER suka pake denim terutama si TaeHyun. Inget ga di WINNER TV dia milih style denim atas bawah (jaket+jean) buat fashion airportnya?. Di radiopun dia sering pake denim. Jinwoo ketika di radio pernah pake jean denim. MINO pernah juga keliatan pake jaket denim dengan warna gelap di radio. Di MV “Color Ring”pun si Taehyun pake celana denim juga. Anak2 YG lain sering keliatan pake denim juga selain WINNER kayak GD X Taeyang. Mereka berdua jean sobek2 di salah satu live perform “Good Boy” SBS. Jean sobek2 itu kan booming banget yah di fashion? Kalian punya juga ga nih? Hehe.

WINNER - '끼부리지마(Don't Flirt)' 1012 SBS Inkigayo.mp4_000204537

WINNER - '공허해 (empty)' 20140925 타블로와 꿈꾸는 라디오.mp4_000102735

WINNER - '공허해 (empty)' 20140925 타블로와 꿈꾸는 라디오.mp4_000130497

WINNER - 컬러링(COLOR RING).MP4_000164063

[WINNER TV] episode 1_WINNER로 돌아왔다!.MP4_000688708

EPIK HIGH - '헤픈엔딩(HAPPEN ENDING) (feat. LEE HI)' 1102 SBS Inkigayo.mp4_000215782

GD X TAEYANG (지디 X 태양) - GOOD BOY 화려한 퍼포먼스 @인기가요 Inkigayo 141214.mp4_000098766

Sandara Park 2NE1 itu sering keliatan juga pake denim ketika ada live perform di radio2 chingu. Pernah Dara ini pake jean denim putih dan itu menurut gue pas banget di dia. Dia juga pernah pake jean yang penuh aksesori gitu dan menurut gue juga keren. Gue rasa Dara ini paling keren ketika pake denim dibanding member lain. Kesan casual/santainya dapet banget. Beda misalnya dengan CL yang lebih ke SWAG, Bomi yang lebih feminine dan Minzy yang agak tomboy. Bagi gue Dara itu kalo berfashion masuk ketegori casual dan gue suka itu #pelukKakDara, hehe. Selain itu Tablo EPIK HIGHpun juga sering pake jean denim. Lagu2 anak2 YG kan banyak yang hip hop jadi wajar kalo denim itu sering dipake karena denim dan hip hop itu nyambung. Ini karena Hip Hop feelnya casual dan denim juga menimbulkan kesan seperti itu. Gue nulis kayak gini tuh jadi semakin sadar chingu kalo musik itu ga bisa lepas dari fashion. Sama kayak musik, fashion itu juga semacam “ada rohnya/ada nyawanya”. Ada kesan yang keren juga yang ditimbulkan dari tiap2 jenis fashion dan itu menarik untuk dipelajari.

2NE1 - Come Back Home, 투애니원 - 컴백홈 20140403.mp4_000157699

2NE1 - Falling In Love @Today Best (7_15).mp4_000231898

Meskipun gue pribadi jarang ngeliat anak SM pake denim di perform, gue notice satu grup yang pake nuansa denim yakni Super Junior di MV mereka “No Other”. Ada denim fashion di situ dan menurut gue itu keren. Ya sama kayak alesan di “A” dan “Don’t Flirt” tadi, tema lagu “No Other” kan bisa dibilang santai juga, jadi cocok kalo kostumnya denim. Lagu2 yang casual itu match kalo pake kostum denim kalo versi gue, meskipun ga menutup kemungkinan lagu2 lain juga match.

Super Junior - No Other.mp4_000105750

Tadi kan kita uda ke cowok2, kita lanjut ke cewek2. Ada grup K-Pop cewek yang pake denim style juga untuk konsep comeback mereka dan itu adalah 4TEN dengan lagu “Why”nya. Why sendiri lagunya juga casual chigu jadi match dengan nuansa denim. Mereka syuting MVnya di New York juga dan pake busana denim mulai dari jaket sampe jean dengan berbagai style. Gue seneng sama konsep ini karena lain dari yang lain. Gue rasa idol cewek sekarang kostum2nya banyak yang kalo ga seksi ya seragam (entah seragam sekolah entah yang lain tapi seragam motif, bentuk dan warnanya). Kalo seksi gue memang ga suka dan kalo seragam gue jadi bosen lama2. 4TEN itu jadi angin segar aja bagi gue karena mereka gue perhatiin dari jaman debut “Tornado” dulu uda ga pernah seragam2 stylenya kalo perform. Meskipun temanya sama, warnanya sama, senada, cuman style bajunya beda2. Ada member yang kesannya feminine, ada yang masih kayak anak2, ada yang agak tomboy dan ada yang hip hop banget. Suka gue ngeliat yang kayak gini2 chingu. Sekarang gue lebih suka ngeliat kostum perform idol yang bajunya ga usah sama cuman senada aja. Kalo cowok ya kayak GOT7 dan ceweknya 4TEN.

포텐(4TEN) '왜 이래(Why)' MV.mp4_000012012

포텐(4TEN) '왜 이래(Why)' MV.mp4_000155113

Selain 4TEN, gue juga suka sekali fashion Bomi APINK di MV “It Girl”. Dia keliatan pake baju monyet bahan denim gitu dan bagi gue itu cute banget #demiapa. Gue suka banget style Bomi yang itu. Denim itu menurut gue juga keren kalo dibuat versi baju monyet kayak gitu. Dibuat topi menurut gue juga kece. IU di MV “Not Spring, Love and Cherry Blossom” juga keliatan pake jean denim dan menurut gue juga keren. Lee SeungGi itu beberapa kali juga keliatan pake style denim di MVnya “Invite”. Dia pake jaket denim dan ditimpa semacam cardigan di luarnya dan itu keren banget menurut gue. Denim kan kesannya strong dan cardigan kan soft, keduanya digabung dan menurut gue malah keren justru. Ngebuktiin kalo jaket denim itu bisa di match juga sama fashion lain. Kayak GOT7 Jr diatas, dia kan ngemix jaket denimnya dengan hoodie, jaketnya yang di luar tapi. Normalnya jaket denim kan dipadukan dengan kaos polos (kalo ga putih, abu2 ya item) cuman ternyata bisa juga dicombine sama yang lain termasuk hoodie dan cardigan. Keren yah? Hehe~.

APINK - IT GIRL.mp4_000044711

High4 and IU - Not Spring, Love, or Cherry Blossoms.mp4_000198156

Lee Seung Gi - Invite (나에게 초대).MP4_000132048

Lee Seung Gi - Invite (나에게 초대).MP4_000160535

Lee Seung Gi - Invite (나에게 초대).MP4_000172130

Lee Seung Gi - Invite (나에게 초대).MP4_000185143

Terakhir, ada 1 solois K-Pop yang gue rasa erat banget sama yang namanya style denim ini. Dia adalah Roy Kim. Sejak debutnya di album “Love Love Love” dengan MV “Love Love Love” dan “Bom Bom Bom” dia ini selalu aja pake konsep fashion denim di MVnya. Meskipun di performnya ga terlalu dipake (dia lebih sering pake style2 normative kalo di perform live) cuman di MV jelas banget banyak konsep denimnya. Ini nyambung juga sih karena 2 lagu yang gue sebutin tadi memang ceria2 jadi cocok pake style denim. Tapi jangan salah chingu, denim ini cocok juga untuk lagu2 yang ga ceria meskipun cocok banget kalo dipake untuk lagu2 casual/ceria/lucu. Di era HOMEnya Roy Kim, dia juga masih pake denim padahal lagunya ga ceria, lagunya malah berat liriknya. Cuman denimnya beda sih, bukan denim yang casual tapi kalo gue bilang tipe denim yang “lusuh”. Kayak denim lawas gitu. Bukan denim yang fashionable tapi denim yang memang sering dipake jadi uda lusuh. Meskipun ga terlalu fashionable cuman bagi gue justru konsep “denim lusuh” ini keren karena gue jadi mikir “oh, fashion yang lusuh itu bisa ditampilin juga ya ternyata? Ga seburuk kedengerannya kok, apa ini fashion trend baru?” pikir gue. Memang sih dari kacamata fashion ini beneran lusuh cuman ga tahu kenapa gue ngerasa justru kelusuhan ini jadi kayak sesuatu yang baru dan gue bisa tetep nganggep itu fashion yang keren juga. HOME sendiri keluar di musim dingin jadi ya pas kalo pake denim panjang yang dikasih mantel di luarnya kayak konsep Roy Kim ini. Ini bukti juga kalo denim bisa juga dipake di semua musim (ga cuman spring/summer), autum/winterpun bisa. Ga cuman lagu2 ceria aja tapi lagu2 yang agak2 beratpun bisa. Untuk contoh denim yang dipake di musim dingin sendiri salah satunya adalah B1A4 di MV “Lonely”. Sandeul dan GongChan sama2 pake jaket denim dan itu nyambung juga. Lagunyapun ga ceria tapi tetep nyambung. Kesimpulan gue, meskipun style denim lebih sering dipake di lagu2 casual/ceria/santai kayak contoh yang uda gue sebutin diatas, ternyata bisa juga dipake untuk lagu2 lain yang lebih “berat”. Denim adalah fashion yang match di banyak situasi jadinya, keren yah? hehe~

Roy Kim - Love Love Love.mp4_000129712

Roy Kim - 봄봄봄 (BOM BOM BOM).mp4_000146813

로이킴 (Roy Kim) - Home MV.MP4_000015974

Mnet [M COUNTDOWN] Ep.397 - 로이킴(Roy Kim) - HOME @MCOUNTDOWN_141009.mp4_000112045

HIT] 유희열의 스케치북-로이킴(Roy Kim) - Home 20141017.MP4_000215782

B1A4 - Lonely (없구나).mp4_000160076

B1A4 - Lonely (없구나).mp4_000171838

Sama kayak Tartan kemaren, menurut gue denim style ini ga ada matinya. Dari dulu sampe sekarang penggemarnya tetep banyak dan mengglobal. Ga cuman di Eropa dan Korea, di Indonesia juga. Tiap gue naik motor di jalan tuh gue perhatiin ada aja orang yang pake denim, entah jaket entah jeans. Kalo gue lagi di jalan dan berhenti di lampu merah gitu gue suka perhatiin sekitar gue chingu, gue amatin fashionnya dan ternyata denim ini banyak banget yang pake. Berarti kan ini tanda orang Indonesia/orang2 di sekitar itu fashionable juga ternyata, ga hanya idol2 K-Pop itu yang melek fashion tapi kita juga, hehe. Dan ga heran yah Eropa itu dari dulu sampe sekarang masih jadi kiblatnya fashion dunia (kalo bagi gue sih ga fashion aja sebenernya, musik juga), karena memang fashion2 keren yang sering kita temui di K-Pop/bahkan Indonesiapun asalnya ya banyak yang dari sana termasuk denim ini.

Akhirnya ini dulu yang bisa gue sharing. semoga postingan ini ada manfaatnya bagi kita semua dan nambah pengetahuan kita tentang fashion K-Pop/fashion dunia ^^

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

#BeHumble #LoveYourSelfFirst

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Hehe…. suka aja klo liat idol pake jins atau denim.. soalnya keliatan simpel dan kya anak main gitu…. keliatanya juga denim di sana mahal2 solnya disana suhunya gak kya kita jadi klo cuman jlbaju sembarangan gak bakalan bisa masuk disana
    .. aku gak terlalu banyak tau madalah ginian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s