Fakta-Fakta BTS Part 15 (BTS, Grup Yang Ingin Diingat Sebagai Hip Hop Grup)

Posted: April 18, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS

Source: Video – [Behind The Scene] BTS 방탄소년단 @ Arirang’s Simply K-Pop (Credit: Arirang)

[Behind The Scene] BTS 방탄소년단 @ Arirang's Simply K-Pop.mp4_000165865

  • Jimin bilang disini kalo point yang membedakan anak2 BTS dengan grup lain adalah anak2 BTS bisa ngebikin musik dan lirik mereka sendiri. Selain itu dance performance mereka juga beda dari yang lain *gue rasa kalo alasannya mereka adalah grup yang ngebikin musik X lirik sendiri itu uda biasa sekarang di K-Pop, khususnya yang bergenre hip hop. Tapi karena mereka ngomong ini di tahun 2013 gue rasa memang cukup wow. Ini karena saat itu WINNER X iKON belum debut misalnya. WINNER juga adalah grup yang bisa bikin musik x lirik mereka sendiri soalnya. Apalagi sekarang mau ada iKON yang juga pada bisa bikin musik x lirik mereka sendiri. Kalo GOT7 X MADTOWN X UNIQ meskipun ada yang bisa cuman ga sekental BTS X WINNER X iKON bagi gue. Idol yang genrenya hip hop memang ada kecenderungan untuk lebih bisa bikin musik x lirik sendiri, buktinya banyak, bandingkan dengan idol2 lain. Idol2 lain juga bisa kayak anak2 EXO X SuJu X SHINee dsb cuman gue rasa belum ada lagu bikinan mereka yang uda jadi title track album, dan itu berarti campur tangan composer2 agensi masih sangat besar di sana. Yang sampe saat ini uda bisa bikin title track untuk albumnya sendiri setahu gue baru WINNER X BTS. Ini keliatan kalo YG X Big Hit semacam uda percaya pada anak2nya untuk bikin musik mereka sendiri, meskipun tentu saja masih ada bantuan juga dari agensi. Jadi kalo alesannya karena mereka bisa bikin musik x lirik sendiri, untuk tahun 2015 ini uda ga relevan bagi gue. Ini karena bukan cuman BTS aja yang bisa, terutama untuk grup yang segenre (black music). Kalo masalah dance, malah gue rasa BTS bisa jadi punya khas dari yang lain. Gue rasa dance2 mereka cukup unik. Gue rasa malah yang saat ini paling menonjol dari BTS itu albumnya. Karena itu hip hop banget, ada skitnya, ada cypher-nya. WINNER sekalipun yang genrenya hip hop (meskipun ada genre lain juga) ga ada skit/cypher di albumnya. Skit/cypher setahu gue adalah terminologi2 khas hip hop. Skit itu kayak sindiran/bercandaan yang biasanya anak2 hip hop lakukan. Kayak percakapan nyindir pemerintahan yang rasis, percakapan di lagu dsb. Kalo cypher setahu gue kayak semacam battle rap di sebuah lagu. Meskipun begitu, sepenangkep gue anak2 BTS ga ngebikin skit/cypher itu terlalu frontal/yang bahasannya terlalu berat. Keliatan lebih disesuaiin sama kehidupan remaja2 aja. Pada dasarnya hip hop itu musik yang frontal lhoh, dia banyak nyindir pemerintahan Amerika yang dinilai rasis, ga berpihak pada golongan tertentu dsb. Cuman ya ga mungkin anak BTS pake nilai2 yang sama dengan Amerika. Mereka akan pake nilai2 yang sesuai dengan kehidupan Korea. Dan karena tema trilogy mereka adalah #dream #happiness dan #love, ya tentu saja skit/cypher/interlude/intro/outro/song dsb disesuaikan dengan tema itu. Jadi intinya daripada bisa ngebikin musik sendiri dan punya dance yang unik dari yang lain, hal paling menonjol dari BTS kalo bagi gue pribadi adalah konsep album mereka yang bener2 mencerminkan hip hop. Budaya2 hip hop kentel banget di situ soalnya, meskipun ada akulturasi di sana sini*
  • RapMon sendiri di video ini ngomong kalo tujuan mereka adalah orang2 bisa mengingat mereka sebagai grup hip hop yang bisa enjoy dan fun diatas panggung. Mereka ingin dikenal sebagai BTS, idol grup bergenre hip hop *MINO WINNER juga kayak gitu, dia ingin dikenal sebagai MINO yang “do hip hop”. Gue rasa anak2 mantan underground kayak RapMon X MINO pasti punya pemikiran yang sama, mereka ingin dikenal orang sebagai artist yang “do hip hop”. Kalo misalnya “do hip hop”, berarti konsep merekapun ga bisa jauh2 dari hip hop. Hip Hop itu kan sebenernya intinya rapper=rap/MCing, kalo yang vocal2 itu R&B/soul. Memang ga dipungkiri sih kalo hip hop yang saat ini mainstream di Amerika banyak banget featuring genre lain kayak R&B. Contohnya misalnya Nicki Minaj ft Chris Brown di lagu “Right By My Side”. Nicki Minaj kan rapper dan Chris Brown lebih ke R&B. Di Koreapun jadinya sama, kayak jadi dicampur aja antara genre hip hop sama R&B dan jadilah grup2 yang ada vocalistnya dan ada juga rappernya. Dan karena K-Pop itu identik dengan grup makanya ga bisa kalo membernya rapper semua. Ini kebutuhan agensi juga menurut gue. Gue rasa agensi2 itu masih mikir2 kalo mereka mau bikin grup yang membernya totally rapper. Keperluan marketing juga, belom tentu fans mau nerima musik yang full hip hop. Kalo solo lebih mungkin menurut gue. Jadi yang totally hip hop kebanyakan solois kayak misalnya DOK2/Masta Wu. Jadi paling kalo bener2 mau di hip hop ada konsep solo untuk member2 tertentu supaya keliatan kalo “kita hip hop kok”. Contohnya uda jelas banget, MINO yang solo dengan “I’m him” dan RapMon dengan “Do You”. Selain itu, kalo ngomong masalah hip hop kita ga boleh ngelupain Block B kalo menurut gue. Mereka sama juga, yang gue tahu Zico bisa bikin musik x lirik sendiri. Cuman berhubung gue ga begitu mendalam tahu tentang Block B gue ga mau banyak ngasi komentar. Gue ngasi pandangan/komentar untuk yang gue ngikutin aja soalnya. Mungkin the next kalo gue uda banyak tahu tentang Block B gue bakalan semacam ngeshare juga pandangan gue tentang mereka. Banyak sih grup lain yang hip hop kayak B.A.P/BTOB cuman sampai saat ini idol grup K-Pop hip hop yang gue ikutin bener itu baru WINNER X iKON X BTS X GOT7 X MADTOWN X UNIQ. Intinya kalo kita mau ngomong idealis, rapper/orang yang bergelut di hip hop itu pengen dikenal sebagai artist yang “do hip hop” aka bukan idol semata. Ini karena memang hip hop bedanya memang banyak dengan genre2 lain, kayak punya nilai2 sendiri yang sangat khas. Dan hip hop itu luas, ga hanya masalah rapper aja, banyak hal*

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. dwi mengatakan:

    yongguk BAP junhyung Beast juga bisa bikin lirik lagu

Tinggalkan Balasan

