Antara #INEEDU Dan #LOSER

Posted: April 30, 2015 in my korean notes

Ini comeback yang susah, BTS dan BIG BANG comeback di saat yang bersamaan #OMG!!!. Gue yang semula uda exciting dan semacam ngedukung banget #INEEDU jadi fickle karena lagunya BIG BANG #LOSER juga ternyata keren. Ketika MV #INEEDU keluar, gue update status di facebook kayak gini. Gue copas saja:

*MV “I NEED U” BTS menurut saya biasa aja, cuman lagunya bagus. MVnya terlalu mainstream. Kembang2 api di ending MV itu uda mainstream banget dari GOT7 sampe UNIQ. Bakar2 bunga juga uda sering dipake di MV2 lain. Ekspresi muka mereka juga mengingatkan sama “Empty”nya WINNER, style bajunyapun kayak gitu. Intinya menurut saya MV ini biasa, cuman lagunya keren.

Awal2 lagu uda keren banget, melodinya slow jam, menggambarkan mood seseorang yang lagi turun karena something. Masuk ke rap dan itu yang bikin fresh karena hip hopnya muncul, warnanya BTS muncul, slow rap. Rapnya Suga pas banget ada di situ, dia bagus kalo di slow2 rap gini kalo menurut saya. Masuk ke vocal dan vocalnya juga kentel banget, semakin nunjukin BTS adalah grup yang memang bisa nyanyi, pre chorus yang bagus. Chorusnya agak mainstream menurut saya (uda pernah denger yang agak sama di LALALAnya SE7EN soalnya). Di post chorusnya, vocalnya diem, padahal mungkin itu diisi vocal juga asik. Kalo menurut saya karena lagu ini temanya “mood” jadi harus banyak jedanya, ga yang terlalu padet liriknya, jadi lebih ditonjolin ke musiknya. Kalo terlalu padet, mood lagunya akan naik/up, padahal mood disini lebih ke mood yang lagi turun/down. Masuk ke rap lagi, slow Rapnya RapMon, keren kayak Suga. Masuk ke prechorus lalu ke chorus lagi. Lalu masuk ke coda, suara2 vocal linenya bikin melting TT TT TT (thanks to line2 vocal BTS yang keren banget di coda ini menurut saya). Masuk ke chorus lagi dan baru outro.

Kalo saya ngerasa lagu ini uda pas kalo temanya tentang mood, karena musiknyapun terdengar moody banget. Tipe musik yang tetep akan asik didengerin kalo mood kita agak2 turun. Part MV yang paling saya suka adalah pas kamera ngeshoot muka gloomy-nya J-Hope. Ya ampun itu orang kok selalu aja bikin saya ngakak, wkwk ‪#‎LoveYouJ-Hope, haha‪#‎apaini. Dan menurut saya dengan lagu yang kualitasnya kayak gini, harusnya mereka menang di acara2 musik. Saya pengen banget lagu ini menang di banyak acara musik*

Namun…semua berubah ketika negara api menyerang #kokAvatar #Abaikan. Semua berubah ketika gue denger lagunya BIG BANG “Loser”. Lagunya bagus TTT TTT TTT, cuman gue ga suka MVnya. Kalo I NEED U gue ga terlalu suka MVnya karena mainstream banget, kalo Loser ratingnya dewasa. Dan lagi2 gue komentar, gue copas lagi:

*”LOSER” BIG BANG. Lagu yang “BIG BANG BANGET”, KEREN!

Tanpa intro, awal lagu uda masuk reff. Lalu masuk ke rappnya GD. Masuk ke chorus, ada Taeyang yang suaranya keren banget TT TT TT. Reffnya diulang lagi, itu addict banget rappnya, catchy banget. Lalu masuk ke rappnya T.O.P. Yang keren disini style rapnya GD sama Taeyang bener2 beda banget dan itu ngebuat lagu ini sangat full color. GD dengan suaranya yang light dan T.O.P yang ngebass, itu keren. Masuk ke chorus kedua, ada Daesung, menurut saya suara dia keren banget di sini. Suara dia bikin lagu ini indah menurut saya, such a very good voice. Saya paling suka partnya dia di keseluruhan lagu ini. Masuk lagi ke reff, lagi dan lagi. Ini jadi semacam point paling penting di lagu ini, nunjukin esensi lagu yang memang cerita tentang seorang loser. Ending songnya (coda) ada suaranya Taeyang, uda pas banget dia nyanyi di coda, epik. Masuk ke reff lagi dan lagi, end. Tapi ini telinga saya yang trouble apa gimana (saking lagu ini bagus) kok keknya SeungRi ga dapet part dia sendiri, kayak cuman ngebacking-in reffnya. Tapi apapun itu pembagian part di lagu ini uda bagus banget. Keknya menang deh ini di acara2 musik.

Kalo musiknya sendiri, lagu ini BIG BANG banget. Yang laidbacak, yang nyantai, yang easy going. Hampir2 kayak “Bad Boy” dulu yang ngegroove banget. Cuman kalo yang ini feelingnya lebih blue/down/mood yang lagi turun, karena temanya juga loser. Kalo yang “Bad Boy” meskipun ngegroove, tapi lebih up karena musiknya pake reggae dan tema liriknya ga gloomy. Yang saya suka dari lagu ini adalah awal sampe ending lagu semuanya ngalir, feelnya dapet banget. Ibarat link itu ga ada yang missing, ga ada part yang semacam ga nyatu sama keseluruhan lagunya. Kayak ngeblend aja jadi satu. Ini karena menurut saya kadang lagu itu kayak part A dan B cuman digabung2 dan kadang kurang harmony, tapi kalo ini beda. Ibarat jahitan, luwes banget, enak dipakai jadinya. Mungkin efek genre mereka juga dan style mereka di musik memang lebih mementingkan feel, vibe dsb.

Musik lagu ini menurut saya simple tapi justru malah pas, ditambah vocal2nya yang memang uda master2 semua ‪#‎bow. Ga terlalu complicated musiknya tapi asik. Yeokshi, YG kalo bikin lagu based on seberapa natural/feel, jadi pasti lebih ngena. Lagu ini bukan yang terlalu ke seberapa canggih ngegunain teknik2 musik, tapi gimana tema “loser” itu sendiri bisa sampe. Dan saya rasa semua member bisa bener2 menggambarkan feel itu dengan vocal2 mereka. Lagu ini mudah banget diinget, lingering di telinga. Reffnya asik dipake humming dan chorus2nya enak buat dinyanyiin. Menurut saya Taeyang X Daesung uda ngebikin lagu ini indah banget dengan vocal2 ajaib mereka.

Comeback yang KEREN dari Master K-Pop BIG BANG!*

Terus saya update status lagi #rajinbanget, wkwk:

*Ada yang komen di blog kalo dia lebih suka BTS “I NEED U” daripada BIG BANG “LOSER”. Kalo saya gimana? Kalo MVnya, saya ga dua2nya, tapi kalo lagunya saya harus bilang bagusan BIG BANG. Meskipun saya lebih suka BTS sebagai grup tapi kalo masalah lagu beda. Kalo bagus ya bagus aja, siapapun itu. Dan dengan menanggalkan hal2 lain selain lagu, secara objektif (versi saya), saya harus bilang BIG BANG “LOSER” lebih keren.*

Intinya apa? Kalo masalah lagu gue lebih suka “LOSER”. Tapi siapapun yang menang, ga ada masalah, gue seneng juga kalo BTS yang menang. Alasannya ya uda sesuai status gue itu, karena bagi gue lagunya BIG BANG lebih bagus aja. Selera aja sih ini, musik kan kayak gitu, cuman masalah selera, hehe

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Ems mengatakan:

    Bener bgt eon.Sedih padahal BTS pengen banget dapet no.1 di mushow😦 TAPI LAWAN NYA BIG BANG #JEdar

  2. PJA mengatakan:

    Susah eon akupun begotu suka dua duanya laginya bagus dua duanya bikin frustasi

  3. dvnyong mengatakan:

    Hai kak Linda, seneng bgt aku baca postingan ini. Aku VIP, tp juga suka sm BTS, baru suka di jaman yg danger sih tp lumayan ngikutin mereka jg apalagi dgn kakLin ngepost fakta2 mereka jd ngebantu bgt lebih tau ttg BTS. Daaaan.. yah bener bgt comeback yg sulit bgt ini, bener tuh kak aturan bigbang comeback barengan exo aja haha aku jg suka exo sih. Tapi aku jg mau liat BTS menang di acara musik. Kalo soal lagu, ngomongin soal 2 lagu bigbang yg rilis bersamaan, aku lebih suka nada dr lagu yg Bae Bae sih, lebih addict buat aku cuman mvnya yaampun 19+ dan liriknya jg ambigu bener. Kl soal lirik jelas lebih ke yg Loser, daleeem bgt bikin galau. BTS yg I Need U aku paling suka part rapnya RapMon, kereeen, dr lagu2nya BTS selalu suka sih partnya RapMon. Dan begitu tau kalo anak BTS suka Bigbang itu seneeeeng bgt. Pengen liat nih interaksi mereka diatas panggung haha. Berharap yg terbaik buat mereka, aku harap sih Bigbang sukses dan menang di acara musik, tp aku jg kasih dukungan buat BTS. Bigbang BTS jjang!

    • lindashin mengatakan:

      Iya bener, gimana kalo mereka sepanggung, semoga nanti ada video2nya. Aku kepo sama JungKook X Jimin X J-Hope sama V yang keknya V.I.P banget, haha. Berasa ketemu idol pasti kalo mereka ketemu beneran, hehe

      • dvnyong mengatakan:

        Kalo nanti ada moment bigbang x bts diatas panggung, plis diposting disini ya kak hehe seneng soalnya baca tulisan kakLin, penjelasan rinci, panjang tapi enak dibaca.

  4. yoo eun mengatakan:

    BTS patut bangga bisa comeback bareng BigBang.bisa jd motivasi biar BTS bisa lbh bagus lg kedepannya.aku komen mv I NEED U sm BAE2 tp blm sempet liat mv LOSER.pas udah liat gila….TOP menang banyak…
    aku suka lagunya tp mv ny g.aku lbh suka ngeliat 7 namja yg lg galau karena cewek atau karena mereka mo berubah jd manusia harimau.. ha ha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s