Fakta-Fakta BTS Part 69 (#Respect)

Posted: Mei 9, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  141023 Meet & Greet 방탄소년단(BTS) by플로라 (Credit: MNET, encoded: Flora/플로라)

*Gue selalu ngerasa kalo orang yang “do music” akan suka banget kalo fans2nya lebih menaruh perhatian pada musiknya daripada sekedar “oppa ini ganteng/lucu/imut” dsb. Gue suka banget mindset anak2 YG chingu. Mereka itu kayak “artist” bukan “idol semata”. Gue baru2 aja baca artikel yang intinya musik/lirik BIG BANG itu menyentuh “people/orang” dan bukan hanya “fans”. Ini menurut gue dalem banget maknanya. Musik mereka berarti bukan hanya bisa menyentuh fans tapi bahkan untuk orang2 biasa yang notabene bukan fans. Kalo kita ngomong “fans”, lagu yang taruhlah enggak terlalu baguspun seringnya fans2 akan tetep suka, kayak kurang netral jadinya. Cuman kalo bukan fans, misalnya ga menyentuh banget ya ga bakalan suka, buat apa?. Dan bagi gue, musik yang bisa menyentuh “orang banyak” itu jauh lebih keren daripada “hanya fans2nya”. Ga heran BIG BANG dapet banyak #respect dari junior2nya di K-Pop. Gue sendiri awal suka BTS  karena ngedengerin mixtapenya Rap Monster. Ketika ngedengerin itu gue ngerasa kalo dia itu punya skill di atas rata2nya idol. Skill, lirik dan musik yang dia sampaikan itu bisa gue tangkep dan nyentuh banget di gue. Apalagi sebelumnya gue banyak cari tahu tentang hip hop jadi tambah ngerasa konek sama mixtape itu. Yang gue bahas di blog inipun hampir semuanya grup yang genrenya hip hop. Cuman EXO X Red Velvet aja yang enggak, mereka lebih ke urban/dance (karena dari SM). WINNER X iKON X MADTOWN X UNIQ X BTS X 4TEN X The Ark itu semuanya hip hop. Sebenernya ada 3 genre yang bener2 gue suka, hip hop X urban X folkrock cuman yang gue bahas di blog cuman grup2 yang hip hop x urban aja. Gue suka hip hop karena gue bisa belajar hal2 kayak #respect #learn #live #feel dsb yang di genre lain gue rasa kurang. Inti dari intro ini sebenernya gue cuman pengen bilang kalo alangkah lebih coolnya fans yang suka idol karena musiknya selain tentunya karena hal2 lain di luar itu. Yang bukan fans aja mindsetnya “karena musik/lirik”, masa yang fans malah bukan karena itu. Kayak di video ini. Ini video yang durasinya lama banget, acara fanmeet online MNET masa2 promo Dark&Wild. Cuman gue nangkep 1 hal yang keren banget dari durasi yang panjang itu*

  • Ada fans dari Amerika (cowok) yang namanya AJ dan dia bilang suka banget sama BTS. Dia paling suka lagu “Let Me Know”, “BTS Cypher Part.3: Killer” dan “hip hop lover”. Dia bilang suka banget anak2 BTS yang mention nama2 rapper kayak 2PAC, Rakim, Kendrick Lamar dsb di lirik2 mereka. RapMon yang baca langsung amaze banget, dia bilang “aku paling suka fans yang kayak gini, ini sebuah kebanggaan dan hal yang amazing (karena fans itu juga suka hip hop sama seperti BTS)”. *BTS itu grup hip hop, jadi ketika ada fans hip hop yang suka mereka jelas banget mereka seneng. Bedanya kan jadi cuman BTS bikin lagu dan fansnya enggak, tapi mereka sama2 suka hip hop dan nyambung (konek sama hal2 yang sama). Itulah yang keren di hip hop, orang2 bisa konek pada hal yang sama dan menimbulkan perasaan saling #respect diantara mereka. Gue sering ngeliat anak2 BTS yang seneng banget kalo ditanya tentang musik mereka, terutama RapMon X Suga. Ga disini aja, jadi gue berani bilang seperti ini. Menurut gue fans yang suka hip hop dan suka BTS akan sedikit berbeda dengan fans yang hanya suka BTS aja. Yang juga suka hip hop/tahu hip hop akan lebih care/respect dengan hal2 yang ada kaitannya dengan musik mereka, jadi kalo ngasi komentarpun adalah komentar2 yang lebih thoughtful.. Bagi gue fans yang suka idol yang alasan utamanya karena skill/musiknya akan lebih bisa netral kalo ada masalah2 yang menimpa idolnya. Gue rasa kadang sosmed itu media yang kejam sekali, kalo komen suka ga diatur karena memang ga ada yang ngatur/bebas, dan gue rasa orang2 itu suka idol bukan pure karena musiknya, jadi respectnya terhadap idolnya yang memang kerjanya di bidang musik/karya seni kurang. Sebenernya mau komen kayak gimana juga selera aja sih, di sini gue cuman mengungkapkan pikiran gue aja. Lagian yang gue kurung pake tanda (*) juga pendapat gue semata, hehe. Gue cuman pengen fans lebih #respect sama idolanya dan musik2nya aja. Bagi gue ngasi komentar2 positif/baik di sosmed itu uda bentuk #respect. Kalo memang dirasa karyanya jelek ya dijelasin aja alasannya apa tapi jangan memaki2/menjelek2kan orangnya, karena memang ga semua karya itu bagus dan semuanya balik ke selera, tapi tetep harus pake sopan santun. Gue beberapa hari ini buka google dan ngetik keyword “fakta Red Velvet”. Di barisan kedua ada facebook anti RV dan gue coba baca2 di sana. Komen2nya bikin gue shock, apalagi gue tahu yang komen2/ngelike di situ ada beberapa yang berteman sama gue di facebook. Meskipun ga kenal banget, gue nulis pesen ke salah satunya yang intinya “kenapa kamu ngejelek2in RV sampe kayak gitu? Memang apa salah mereka ke kamu dan apakah RV juga pernah ngejelek2in kamu?” Dia bilang “orangnya (RV) aja ga tahu, ini buat ngilangin stress, kenapa lu malah yang nyap nyap? lu stress kali ya”, kayak gitu. Jadi gue dibilang stress dan nyap2 ketika gue bilang jangan seperti itu. Gue mengingatkan dia “jangan begitu” karena gue berteman sama dia di facebook, tapi dia malah ngejawab “nari tor tor”. Gue jadi mikir, berarti dia pengecut, beraninya di page kayak gitu aja, dan kasian sekali, ngilangin stress dengan cara seperti itu. Lagian kalo kita ngomong jelek ke orang itu meskipun orangnya ga denger/ga tahu tapi apakah Tuhan ga tahu/ga denger? Dan apakah semua perkataan itu ga ga bakalan ditanyai pertanggungjawabannya? Gue sih gapapa dibilang stress/dia nari tor2 di depan gue untuk ngejek gue, yang penting gue uda melakukan apa yang gue rasa harus gue lakukan, terserah mau nanggepinya gimana. Ya semoga aja orang2 itu akan sadar kalo jeleknya dia itu masih banyak, jadi jangan suka ngejelek2in orang lain, karena pada akhirnya kita semua bakalan mati kok dan pasti ditanyai pertanggungjawaban dari setiap perkataan kita. Ok, kkeut! Dan kebetulan banget habis liat video tadi gue nemu 1 video lagi yang jadi semacam penguat gue untuk hal2 kayak gini, kalo #respect itu penting*

141023 Meet & Greet 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_003199600

141023 Meet & Greet 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_003212200

Source: Video – Rap Monster Jackson  I’m not a rapper[1] (Credit: tvN, subbed: deaderReichen)

  • *Mungkin ada diantara kalian yang sudah nonton “Problematic Men”, RapMon jadi member di situ. Itu juga awal kenapa gue suka RapMon, karena dia pinter*. Di ep.9, guest star yang dateng adalah Jackson GOT7. RapMon sama Jackson adalah teman deket. Jackson ditanya awalnya kenal RapMon gimana. Jackson bilang kalo dialah yang pertama pengen kenal sama RapMon, dialah yang pengen deket sama RapMon. Mereka deket sejak masa2 trainee. Jackson awalnya nyangka RapMon adalah orang luar Korea karena bhs Inggrisnya bagus banget, kayak native speaker. Dia mengakui kelebihan RapMon dalam bahasa asing.
  • Sama MC Jun HyunMoo, Jackson ini diminta buat battle rap sama RapMon cuman Jackson menolak. Dia bilang dia bukan rapper, dia hanya orang yang saat ini sedang giat dalam hal ngerap. Ini karena dia ngerasa skill dia sama RapMon beda. Dia ngerasa hanya orang2 yang bener2 bagus di rap yang bisa disebut rapper. Karena dia sadar ga bagus2 amat, makanya dia menolak disebut rapper di sini *keren Jackson, gue suka attitude ini*
  • Meskipun Jackson awalnya ga mau tapi endingnya mau juga *factor dipaksa Jun HyunMoo, haha*. Dia sempet bilang “stop stop! kalo battle sama RapMon ya pasti kalah lah akunya”. Akhirnya dia ngerap juga pake rap yang khas JYP itu chingu, di line lagu “A”, yang kayak orang ngomong itu *IGOT7 pasti uda paham banget ini, sering banget gue bahas juga ketika nulis tentang GOT7*. Setelah Jackson selesai, giliran RapMon. Jackson sempet minta RapMon slow aja ngerapnya, jangan terlalu berat, nanti Jackson bisa sedih, wkwk. Akhirnya lirik rapnya bener2 dibuat slow, intinya muji Jackson dan ngajak Jackson makan kimbab bareng, hehe *Jackson itu juga rapper cuman dia kayak sadar diri kalo dia sama RapMon skillnya beda. RapMon is truly rapper karena backgroundnya juga dari rapper underground. Dia bener2 “do rapper” sejak kecil dan performin skillnya itu di stage underground. Beda sama Jackson yang suka musik rap tapi ga ikut underground dsb. Jackson berarti tahu rap itu yang kayak gimana sebenernya makanya dia respect sama RapMon. Dia respect karena dalam terminology “rapper”, dia secara skill masih di bawah RapMon. Gue rasa ini attitude yang keren banget dari Jackson ataupun RapMonster. Mereka secara ga lanbgsung nunjukin ke gue pribadi kalo #respect itu memang harus ada di rap. Kita netral, kalo bagus ya bagus aja, kalo kurang yang berarti harus belajar lagi dsb, no hard feeling. Selain itu juga lebih ke bisa mengukur kemampuan diri kita sendiri sehingga kalo ada orang lain yang lebih bagus dari kita maka dengan rendah hati kitanya mau mengakui dan menghormati itu, seraya terus belajar tentunya. Gue dapet pelajaran banget dari sini, persahabatan yang keren menurut gue dari seorang Jackson X Rap Monster. Nunjukin kalo level skill di rap untuk masing2 idol itu tetep ada dan meskipun mereka berdua sama2 idol rapper, tetep ada respect pada idol yang dia rasa lebih kompeten. Ini bukan diss, ini bukan sok ngebandingin, tapi ini bentuk #respect. Gue dulu sempet ngerasa Bobby X MINO itu yang paling keren di rap K-Pop cuman kesini2 gue ngerasa kalo RapMonlah yang lebih keren dari semua idol rapper yang gue tahu. Bukan karena gue plin plan, tapi memang karena saat bilang seperti itu posisinya gue ga tahu Rap Monster itu kayak gimana, mixtape dia juga belum gue denger. Berhubung saat ini gue merasa gue uda lumayan tahu, makanya gue bisa bilang kayak gini. Pikiran gue ke RapMon saat ini adalah “ketika skill rap, intelegensi, good sense of music dan good sense of lyic jadi satu di dia”. Satu yang ngebuat dia beda dari yang lain menurut gue, intelegensinya. Gue rasa faktor dia adalah orang yang pinter itu jadi pembeda dia dengan yang lain untuk gue pribadi. Gue selalu ngerasa penyanyi yang pinter (intelektualnya tinggi) itu ketika membuat/memandang musik/lirik akan lebih cool/dalem, dan gue ngerasain itu di lirik2nya mereka. RapMon jadi kayak tipe idol yang gue ekspektasiin, seneng banget gue karena uda bisa tahu dia sekarang. Ada satu lagi chingu, Roy Kim. Dia adalah idol yang gue sukai banget sebelum RapMon, cuman memang sengaja ga gue bahas2 di blog sini. Dia juga pinter banget kayak RapMon, kalo bikin lagu/lirik juga dalem kayak RapMon. Gue seneng sekali sama 2 idol ini, ultimate idol K-Pop bagi gue saat ini, Roy Kim X Rap Monster*

Rap Monster Jackson  I'm not a rapper[1].mp4_000029863

Rap Monster Jackson  I'm not a rapper[1].mp4_000058958

*Gue rasa hal2 kayak #learn #respect itu penting banget dunia rap dan bahkan di kalangan fans2 kayak kita juga/kehidupan normal kita. Dengan menilai karya idol dari musiknya, gue rasa fans itu akan jadi fans yang lebih cool dari yang sebenernya juga uda cool. Fans itu bagi gue sesuatu yang keren lhoh chingu. Orang yang mungkin tanpa idol2 itu tahu tapi terus ngesupport mereka adalah orang2 yang keren di mata gue, dan fans yang care sama musik mereka adalah fans yang double keren di mata gue. Posisi gue juga fans dan ketika ngeliat ada fans2 lain yang support BTS karena musik itu ngebikin gue seneng banget, itu yang gue rasain. Fans Fighting! BTS Fighting! GOT7 Fighting! Keep #respect! ^^*

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. yoo eun mengatakan:

    aku EXO-L ARMY IGOT7 tp bukan berarti nggak suka idol lain.misal ada idol yg lagu dan musiknya keren dan menyentuh aku suka nonton dan dengerin.contoh The Ark Vixx B1A4.
    bener kata eonnie ibaratnya kalo kita g suka ya udah g perlu jd anti fans.aku rasa anti fans itu lbh perhatian daripada fans itu sendiri.segala macam cara dilakuin buat ngejelekin idol yg g disuka.
    eonnie fighting! fans fighting! BTS EXO GOT7 fighting! to anti fans kelaut aja….

  2. wow artikelny menyentuh banget…saya setuju jk menikmati musik itu jngan dliat dr idolny dlu, tp dliat dlu dr bgmn musik itu, *tp itu kembali k diri qt masing2 sih*…mksud dr musik itu yg utama klo menurut pendapat aq, ya bs dbilang gmn lirikny, kmudian melodi ny…gk ada melodi jelas jd musik hambar hehe…

    n then #respect…of course itu penting sekali dngan bgtu qt jd bs mnghargai satu dngan yg lainny, klo liat di sosmed…aq jd suka sedih klo ada fanwar2, yg menurut aq jngan sampai lah seperti itu, hnyak akan membuang energi *emosi*

    btw aq jg suka bts jg baru2 aja, stlah aq tau musik2 mereka, bgmn mrka…krna sebelomny aq trmasuk orang yg netral klo dalam soal musik kpop…ya aq suka musik kpop pd waktu tp gk yg sampai ngfans sama idol kpop gtu hehe…eh jd curhat…maaf hehe…

    salam kenal ya…fighting buat penulisan artikelny…sukses selalu. amin…

  3. farnciska mengatakan:

    Bc tlsan.a AJ jd inget banget 2 lg yg di sebutin itu let me know sama bts cypher pt.3 : killer adlh 2 lg yg sk dan sering bgt aku dengerin kak.

    Aku pun suka bts awal.a k.na dance mereka yg powerfull dan hiphop. Yups… kt kakak tu bnr yg ketika kita sm2 suka hiphop kita bklan connect dan nyambung. Aku di hiphop lbh ke dance.a kak tp mau gk mau kita kan kudu knal jg aliran musik.a jg biar dpt feelnya. aku denger musik bts jg asik, bkin addict buat move dan bt latihan. Dan aku bnr2 seneng sma aliran dance mereka. Smua grup idol pny ciri khas sendiri2 dan w.na musik dan dance sndiri2. Cm di bts ni gk th knp ada smgt t.sndri bt bljar lbh dan lbh di bidang dance. Hip hop jg bkn perkara gerakan mudah, capek iya pegel2 sering, ngap2an iya. Aku pun jadi ARMY bkan yg udah tahunan.
    Tp aku jg bkan trs menomor 1kan bts di atas idol lain, sl.a aku dr dl multyfandom aja. Intinya aku suka bts tp ttp b.skap netral sm idol grup lain. Jangan smpe dah ikutan fanwar dah hehe…semangat kakak buat reviewnya.

  4. emi mengatakan:

    dalem bgt chingu keren

  5. nina mengatakan:

    Salam kenal kakak author😀 hehe.
    Aku ngesearch tentang fakta bts dan akhirnya ada blog ini aku ngerasa seneng kak soalnya blog ini banyak memberikan aku pencerahan lewat karya BTS dan juga cara pemikiran author yang amaze lah menurutku. Aku juga suka BTS karena musik mereka yang keren dan lebih banyak rap nya juga dengan hip hop mereka yang bikin mereka beda dari grup yang lain. BTS ini adalah boyband pertama banget yang aku suka karena tadinya aku yaa agak anti suka sama boyband karena menurut aku boyband ya gitu-gitu aja tapi setelah tau BTS tepatnya setelah I NEED U mereka ini bener-bener bikin aku sukses fix suka banget lah sama mereka *maaflebay😀. Dan itulah yang ngebuat aku sekarang jadi suka BTS dan jadi ARMY wah berasa jackpot suka sama BTS mereka ini punya pesona, skill yang berbeda tapi tetep serasi. Keren lah mereka pokonya.

    Postingan ini tentang respect ya menurut aku respect mulai sekarang harus dibudidayakan lagi soalnya orang-orang yang respect satu sama lain sekarang semakin berkurang.

    Terimakasih kak udah buat post yang bagus dan inspiratif🙂 salam kenal yaa😉

  6. Asn Lila mengatakan:

    salam kenal ya author ●△●

    sebenarnya gw udh ngikutin blog ini dari part 1 kkk tapi baru bisa komen sekarang
    maaf ya udh jadi sider selama ini ⊙︿⊙
    Gw baru berani komen setelah baca artikel ini.. huhu ini bikin gw sadar bahwa kalo mau suka sama bb itu gak perlu lihat dari wajah/ tampang aja , tapi lewat skill musik mereka. gw juga suka hiphop , apalagi rap. rapper yg gw suka pertama kali itu eminem. cara ngerapnya itu bagus dan itu yg buat gw suka. sebenarnya gw tau BTS itu gegara beritanya Hyun family ( Baekhyun x Daehyun x V) dan saat itu gw langsung suka V, ya cuman V doaang. gw awalnya suka idol korea gegara tampang mereka yg bening2 , tapi sekarang gw sadar bahwa selama ini gw salah dalam hal menyukai. seharusnya dari awal gw suka kpop dari musiknya supaya gw bisa lebih netral dan lebih respect ke hiphop.

    Udah deh, gw sebenarnya kagak tau cara komen (?) i sosmed . gw lebih suka baca tapi sekarang gw mau belajar untuk lebih menghargai kerja keras orang2 yekan? (∩_∩)

  7. Asn Lila mengatakan:

    salam kenal ya author ●△●

    sebenarnya gw udh ngikutin blog ini dari part 1 kkk tapi baru bisa komen sekarang
    maaf ya udh jadi sider selama ini ⊙︿⊙
    Gw baru berani komen setelah baca artikel ini.. huhu ini bikin gw sadar bahwa kalo mau suka sama bb itu gak perlu lihat dari wajah/ tampang aja , tapi lewat skill musik mereka. gw juga suka hiphop , apalagi rap. rapper yg gw suka pertama kali itu eminem. cara ngerapnya itu bagus dan itu yg buat gw suka. sebenarnya gw tau BTS itu gegara beritanya Hyun family ( Baekhyun x Daehyun x V) dan saat itu gw langsung suka V, ya cuman V doaang. gw awalnya suka idol korea gegara tampang mereka yg bening2 , tapi sekarang gw sadar bahwa selama ini gw salah dalam hal menyukai. seharusnya dari awal gw suka kpop dari musiknya supaya gw bisa lebih netral dan lebih respect ke hiphop.

    Udah deh, gw sebenarnya kagak tau cara komen (?) i sosmed . gw lebih suka baca tapi sekarang gw mau belajar untuk lebih menghargai kerja keras orang2 yekan? (∩_∩) (2)

Tinggalkan Balasan

