Music and Artist For Healing (sebuah renungan singkat saya)

Posted: Mei 17, 2015 in my korean notes

*copas dari facebook saya:
Konsep yang paling keren selama saya tahu K-Pop hingga saat ini adalah “music and artist for healing”. Saya rasa bombastic idol, legend artist, no.1 group dsb tidak sama sama dengan healing. Ketika musik itu bisa jadi penyembuh entah no.1/tidak, entah legend/tidak, itu hal yang paling keren bagi saya. Sejak SangWoo, saya rasa music=healing. Dan sekarang BTS yang ada di Big Hit. Attract and healing people, seperti itulah yang paling keren dan ideal versi saya sekarang. Saya adalah tipe orang yang terbiasa meluapkan apa yang ada di pikiran saya saat itu juga dan itu saya sadari banyak menimbulkan masalah. Saya dulu merasa sesuatu itu konstan. Misalnya saya suka EXO, berarti hanya EXO. Misalnya saya suka GOT7, saya merasa saya IGOT7. Tapi semua itu salah, karena bisa saja sesuatu terjadi setelah itu dan pikiran sayapun berubah/menjadi berbeda dari sebelumnya. Semua proses, bukan 1-3 hari tapi 1 tahun bagi saya. Itu tidak akan terjadi tanpa campur tangan Tuhan saya rasa. Saya pernah berdoa “berikanlah saya kemudahan untuk memilih musik yang membawa saya selamat, karena saya sendiri ragu selamatkah saya jika suka musik. Jika di dalam musik itu ada hal buruk, berikan saya kebijaksanaan untuk menjadikan yang baik saja yang saya lihat”.  Entah bagaimana pada akhirnya saya mendengar mixtape dari Rap Monster yang sepertinya jawaban dari apa yang saya pikirkan. Untuk tetap percaya pada keyakinan saya seperti sedang bernafas, dan itu tersampaikan dengan musik. Saya kemudian merasa musik itu bukan hal yang secara utuh buruk, namun ada juga yang membuat orang kemudian berfikir apa yang benar dan apa yang sebenarnya dicari, apa yang sebenarnya terasakan oleh hati. Mungkin itulah arti dari “music for healing”. Musik yang mengingatkan saya kalau tidak ada yang abadi di dunia ini, yang berarti semua akan hilang/mati juga pada akhirnya (Nothing Last Forever – Roy Kim), musik yang mengingatkan saya untuk percaya pada keyakinan saya seperti sedang bernafas (I Believe – Rap Monster). Saya ingin selalu memegang ini semua.
Saya sebenarnya malu terus berganti2, sepertinya saya tidak konsisten. Tapi benar adanya begitu. Waktu, apa yang saya pikirkan, apa yang saya lihat dan apa yang saya rasakan merubahnya. Saya ingin stay pada 1 hal dan itu healing, peace. Sesuatu yang membawa saya pada kedamaian dan itu hanya akan ada jika saya mengingat Tuhan dan mati. Ada banyak keyword di dunia ini dan saya memilih #peace. Terimakasih saya sudah menemukan healing dan peace saat ini, melalui musik dan lirik, dua hal yang sangat saya sukai di dunia ini. Lalu apakah saya IGOT7/EXO-L/INNER CIRCLE/A.R.M.Y? Pertanyaan yang sangat sulit dan tidak penting sebenarnya saat ini bagi saya. Namun karena ini “tradisi K-POP” saya  memilih A.R.M.Y, karena dari Rap Monster dan kemudian BTSlah saya mendapatkan banyak hal, yang kurang bisa saya dapatkan dari yang lain.
Saya juga mendapatkan healing dari yang lain tapi tidak untuk percaya pada apa yang saya percayai, apa yang saya pikirkan dan diri saya sendiri seperti Rap Monster/BTS. “music and artist for healing”, saya memahami itu sekarang. Saya berterimakasih karena memahami itu sekarang dan bukan dulu, ketika pikiran saya sudah bisa bersinergi dengan hati saya. Semua ada waktunya dan terimakasih telah memberikan saya semua ini ketika hati dan pikiran saya sudah siap. Saya tidak siap memang jika ini terjadi 2 tahun lalu. Saya masih gelap/bodoh waktu itu. Saat inipun masih gelap, tapi saya akan memulai mencari jalan untuk bisa mendapatkan terang. 150517.
Komentar
  1. farnciska mengatakan:

    Satu pertanyaan ketika lihat credit.a dr Big Hit… healing?? Bc ulasan kakak jd sdkt memberikan terang. Jd sdkt mengerti knp tlsan.a demikian.
    Bukan kebetulan jg atau kesengajaan, tp entah knp srek sm tulisan kakak. Saya pun begitu multifandom, tp stlh knl bts ada yg bd. Gk cm pandangan saya, tp mereka memang grup yg gk biasa, ba i saya. Dan aku pun b.hrp bts akan trs bertahan dan trs naik dan naik. Jujur saja ketika grup yg saya pilih ada member yg out, di situ pikiran saya kadang goyah. Tidak hanya sekali, dan membuat saya ada apa dengan grup ini. Ckp lama hiatus dr grup yang saya pilih. Tp stlh melihat, mencari dan mencoba untuk jd fans. Hanya jatuh ke fandom bts sampai sekarang.

  2. kirana mengatakan:

    eonnie suka music hip hop kan?eonnie udah liat Monsta-X jebolan No Mercy,mereka keren jg kali aja eonnie seneng trus bisa reviuw ttg mereka.

  3. kimbab119 mengatakan:

    tersentuh sama postingan ini, saya multi fandom , atau malah ga punya fandom mungkin -,-
    tp waktu kenal BTS, jaman jaman no more dream itu lagunya bener bener menohok saya, mengejek saya kenapa saya gak punya mimpi.. dan mulai sejak itu mulai suka BTS
    artis n music for healing suka banget sama slogannya BigHit

    musik gak selamanya identik sama hal buruk, hip hop juga gak selamanya berisi makian atau menghujat orang lain
    tapi bisa juga sebagai motifasi
    BTS bukan cuma boy grup buat saya, tp juga inspirasi dan motivasi🙂

  4. alexis mengatakan:

    Mungkin Linda tidak bisa konsisten ke satu grup musik saja gara2 exo,dulu kan cuma exo trus buat blog sampe ratusan dan itu tentang exo,sampai exo itu membuat kecewa sih(anggotanya ilang satu2),abis itu Linda nyari grup lain sebagai pengganti exo ya mulai dari red velvet,got7,the ark,uniq,sampe bts ini,tapi mungkin ga ada yg bisa gantiin exo(menurut opini saya aja sih)karena ya yang membuat exo orang besar semacam Lee soman,anggotanya dipikirin baik2 sampe semua orang suka ke 12 anggotanya,ga kayak grup2 lain yg mungkin cuma ada 1 atau 2 yg menonjol hahaha, ya menurut saya sih ga usah malu kalo ga bisa konsisten karena memang keadaannya kayak gitu kan pengennya nyari yang healing dan dulu pernah ada sampe si naga terbang pergi

  5. oktarisa14 mengatakan:

    Music for healing. Suka banget sama kata kata itu. Selama ini banyak yang nanya kenapa gue suka banget denger musik padahal gue bukan orang dari bidang musik, dan akhirnya gue menemukan jawabannya. Because music is heal me🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s