Fakta-Fakta BTS Part 92 (BTS, humanis)

Posted: Mei 20, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  [ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview (Credit: MBC, subbed: yoogamin@twitter, account youtube named: min suga)

  • *Gue haru nonton acara ini chingu. Gue jadi bener2 ngerasa kalo memang manusia itu manusia, entah apapun perbedaanya yang lain, dia akan humanis. Humanis adalah sifat2 dasar manusia yang pada dasarnya baik. Dia akan empati pada penderitaan sesama dan berusaha menolong semampunya*. Jadi di acara ini anak2 BTS ikut serta dalam kegiatan sosial. Tim dibagi jadi 2, tim hyung dan tim maknae. Tim hyungnya Jin X Suga X J-Hope dan sisanya tim maknae. Tim hyung pergi ngasi bantuan ke lansia2 dan tim maknae pergi untuk menghibur adek2 yang kurang beruntung di sebuah rumah belajar.
  • Rumah belajar itu diperuntukkan untuk anak2 dari keluarga kurang mampu, ada dari anak2 itu yang kelaparan dsb. Mereka bisa bermain dan belajar di sana. Ada kakak2 relawan yang sesekali memberi mereka snack dan mengajari mereka berbagai pelajaran. Anak2 BTS (tim maknae) mengunjungi mereka dan berinteraksi dengan mereka. V yang selalu di deket anak2 itu. Dia nyuapin makanan ke salah satu anak, indah banget. Jimin X JungKook ngasi surprise, mereka ngehibur anak2 itu dengan dancenya Girls Day yang “something”. Banyak dari anak2 itu yang punya bakat, entah menggambar, entah bermain musik. Mereka nanya ke beberapa anak mimpi mereka apa. Ada yang ingin jadi pelukis karena suka menggambar, ada yang ingin jadi pembuat roti dsb. Di rumah itu, anak2 ini bisa menemukan mimpi2 mereka, belajar dan berkarya, indah sekali *dalam agama gue, orang yang menyayangi anak yatim posisinya sangat dekat dengan Nabi Muhammad, berarti posisinya sangat mulia. Kebiasaan membantu/mendonor ke panti asuhan, rumah belajar atau membantu anak2 dari keluarga kurang mampu adalah hal yang sangat mulia menurut gue, keren banget. Gue rasa tindakan2 humanis kayak yang dilakukan anak2 BTS ini sangat perlu kita tiru dan terapkan dalam kehidupan kita sehari2. Semua manusia di dunia ini adalah milik Tuhan chingu, jika kita baik pada mereka, menyayangi mereka, maka Tuhan akan baik dan menyayangi kita juga*
  • Di sisi lain tim hyung mengunjungi lansia2/nenek yang tinggal sendiri. Mereka ada di sana sejak perang Korea. Mereka tinggal di pemukiman padat penduduk yang sempit dan sangat sederhana. Suga ketika pertama ngeliat salah satu nenek bilang “nenek kok kurus banget”, lalu neneknya bilang “terimakasih telah mengunjungi orang yang tidak penting seperti nenek, nenek akan sehat”. Mungkin nenek itu maksudnya “gimana bisa anak2 ganteng mengunjungi nenek2 yang sudah renta seperti dia?”. Suga bilang hampir nangis ngeliatnya *pasti nangis, gue aja padahal cuman nonton tapi ikut nangis*. Suga terus2an pegang tangan neneknya chingu. Mereka kemudian ketemu nenek yang lain. Nenek itu bilang kalo Suga mirip sama keponakannya. Suga terus2an pegang tangan nenek itu juga chingu, ga dilepas. J-Hope ketika selesai dari rumah nenek itu bilang mau nangis juga TT TT. Mereka berharap nenek itu selalu sehat dan bahagia. Ada nenek yang sudah tinggal di tempat itu selama 70an tahun dan jadi nenek tertua di tempat itu, usianya sekarang 91 tahun. Tim hyung juga ke sana. Nenek itu tinggal sendirian dan rumahnya sangat sederhana. Suga dan yang lain memutuskan untuk sedikit mendekorasi ulang rumah nenek supaya lebih hangat pada musim dingin. Mereka khawatir nenek akan kedinginan di musim dingin. J-Hope nangis chingu ketika mereka ngobrol dengan si nenek. Suga terus2an pegang tangan si nenek, seperti cucu yang megang tangan neneknya, kelihatan hangat banget. Setelah rumah itu menjadi lebih cantik dan hangat, mereka berpamitan. Nenek senang dengan semua itu dan beliaupun tersenyum bahagia. Indah sekali… *gue rasa Jin X J-Hope X Suga uda mau nangis dari awal cuman ditahan2. Mungkin mereka ngebayangin kalau itu keluarga mereka sendiri/mereka sendiri. Gue sendiri seneng ngeliat acara2 kayak orang pinggiran gitu chingu. Gue tuh selalu ngerasa orang2 di tayangan itu ujiannya berat banget. Sudah miskin, kadang keluarganya ada yang sakit, makanpun kadang cuman nasi + garam, ga ada lampu di rumahnya dsb, tapi ajaibnya mereka tetep rajin beribadah, sabar dan berserah diri pada Tuhan. Gue mikirnya “wah orang ini juara, dia pemenang, dia khusyuk, keren banget”. Gue jadi inget salah satu ayat di kitab Al-Quran, surat Al-Baqarah ayat 45-46 yang bunyinya “jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya semua itu sungguh sangat berat kecuali bagi orang2 yang khusyuk, yaitu orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. Dan orang2 pinggiran yang seperti itu menurut gue khusyuk, mereka bersabar meskipun situasi mereka sangat berat dan masih menjalankan ibadah, itu teladan banget*
  • RapMon berharap banyak orang yang mau melakukan hal yang sama seperti yang mereka dan relawan2 itu lakukan. RapMon berharap tidak ada rasa malu bagi kita untuk menolong orang dalam keadaan seperti itu. Itu adalah sebuah kebaikan dan sebagai sesama manusia, sudah sepatutnya kita menolong orang yang membutuhkan bantuan kita *gue pernah baca satu quote “manusia punya 2 tangan, 1 untuk menolong dirinya sendiri dan 1 lagi untuk menolong orang lain”. Jadi jangan pernah malu chingu untuk menolong orang lain. RapMon dkk bisa jadi contoh yang baik bagi kita. Contoh untuk bagaimana kita sebagai manusia bisa lebih humanis, peduli sesama. Gue yakin kita banyak menjumpai hal2 seperti itu di sekitar kita. Dan mungkin malah orang2 lansia di negara kita masih harus bekerja, tidak mendapat bantuan seperti ini. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah jika beliau menjual sesuatu pada kalian, belilah chingu. Meskipun apa yang kalian beli tidak kalian gunakan/makan, belilah. Mereka tidak ingin mengemis sehingga menjual apa yang mereka bisa. Ini contoh aja, gue pernah beli tape dari kakek2 tua. Dia memikul tape itu kemana2, sudah sore dan masih banyak. Meskipun cuman 5ribu, setidaknya beban memikulnya berkurang jika makanan itu kita beli. Tuhan Maha Baik, Tuhan menyukai orang2 baik, jadi berlomba2lah dalam kebaikan supaya mendapat kebaikan dari Tuhan. Kita memang ga akan bisa sempurna, tapi mencoba menjadi sempurna adalah keharusan. Dan BTS secara tidak langsung telah mengajari kita untuk berbuat baik chingu. Terimakasih BTS, semoga semua manusia di dunia ini menjadi lebih baik, lebih humanis, amin ^^*

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000085285

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000107373

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000123823

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000127060

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000351918

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000370103

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000439405

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000447513

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000465965

—-

—-

—-

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000174541

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000217483

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000220086

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000226859

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000260526

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000267300

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000276376

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000303036

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000572438

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000584116

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000598230

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000611777

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000612178

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000622722

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000655955

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000662461

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000680146

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000685718

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000727159

[ENG SUB] 141016  Sharing Concert BTS VCR & Interview.mp4_000738070

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Anggunie mengatakan:

    Suga disitu jga blng klw nenek itu ngingatin suga sama nenek nya suga T,T

  2. Amach Kang mengatakan:

    Aku sempet nangis juga kakak nonton acara ini dan secara gak langsung juga BTS ngajarin kita buat lebih peduli dan menolong sesama, terus dijabarkan lagi dalam tulisan kakak, saya jadi merasa bersalah sama orang lansia yg kadang lewat depan rumah saya buat jualan gorengan kakak, gak saya beli. Cmn saya liatin doank.. :-‘(

  3. Tary mengatakan:

    Kak, itu SOMETHING nya Girls Day, bukan Sistar😀

  4. Leez mengatakan:

    Bts Jjang..
    Secara gak langsung ngajarin sesuatu yg berarti buat gua.. supaya gua bisa lebih peduli sama orang lain 👏

  5. Iin mengatakan:

    ya allah aku sampe nangis bacanya T_T ….. BTS kalian luar biasa kak linda you are T.O.P.B.G.T aku suka sama tulisan kak linda… disini bukan cuman ngebahas tntang BTS tpi kak linda juga udah ngasih bnyak ngasih pelajaran lewat tulisannya makasih kaa makasih BTS …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s