Fakta-Fakta BTS Part 97 (Cara Member2 BTS Ngilangin Stress)

Posted: Mei 27, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  (ENG) 150510 BTS on Changmin’s Muzic Plaza (Credit: KBS, subbed: Kcraze00)

(ENG) 150510 BTS on Changmin's Muzic Plaza.mp4_000163720

  • Karena baru2 ini anak2 BTS baru aja pindah dorm, ada satu lagu di album In The Mood Of Love Pt.1 yang judulnya “move/이사”. *selamat yah BTS akhirnya pindah dorm juga, hehe. Bagi gue lagu itu artinya dalem banget terutama di rapnya Suga. Dia cerita gimana dia harus ninggalin rumahnya di Daegu tahun 2010 yang lalu buat ngejar apa yang bener2 dia inginkan dan itu sama sekali ga mudah. Lagu itu nyeritain gimana dorm mereka yang kecil itu punya makna yang sangat dalam dan indah bagi mereka. Mereka tumbuh, bercanda, bertengkar di sana dan itu ngebikin mereka makin dekat. Hingga pada saatnya mereka harus pindah, ke tempat yang lain yang lebih tinggi, tempat yang bisa membuat mimpi mereka lebih tinggi dari sebelumnya. Ini yang gue suka dari BTS dan dari genre mereka, hip hop. Genre yang liriknya bener2 apa yang mereka jalani, real terjadi pada hidup mereka dan itu ngena banget di gue pribadi*
  • Mereka pindah sebelum comeback INEEDU chingu, jadi bener2 baru2 aja. Ini karena dorm mereka yang lalu terlalu kecil. Ukuran dorm yang sekarang adalah 2 kali dorm yang dulu. Kamar mandinya juga 2, kalo yang dulu cuman 1. Mereka lebih leluasa di dorm yang baru ini.
  • ChangMin 2AM (DJnya) satu agensi dengan BTS di duo HOMME. Dia sendiri tahu gimana anak2 BTS trainee dulu. Dia tahu kalau nama BTS itu ada bahkan sejak mereka trainee. Waktu itu ada 3/4 member yang sudah pakai nama BTS *kalau ga salah RapMon X Suga X J-Hope X Jin*
  • JungKook adalah tipe yang bisa tidur nyenyak di mana saja dia berada. Kata Jin meskipun uda punya kamar sendiri, JungKook pernah tidur di ruang tamu dibawah meja, wkwk. Ga heran ya dia sama RapMon roommate-nya, soalnya tipe yang bisa tidur cantik di segala situasi dan kondisi, hehe
  • HOMME juga pakai ruang latihan yang sama dengan BTS dan mereka pernah nyalain computer dan di situ ada video BTS yang lagi latihan dance. Mereka komen “apa bisa ya anak2 BTS nyanyi sambil ngedance sesusah ini?”. Anak2 BTS ngejawab kalo mereka bener2 berusaha keras untuk itu. Ngedance sambil nyanyi jelas ngebuat vocal mereka goyang dan itu susah banget. JungKook X Jimin yang paling ngerasa susah untuk mengkontrol vocal mereka ketika ngedance, cuman mereka banyak latihan dan hasilnya seperti yang kita liat itu, cukup terjaga.
  • Anak2 BTS ketika debut ga tahu kalau ketika perform di acara2 musik mereka harus beberapa kali perform, ga cuman sekali doang. Dan itu jelas ngebikin mereka ngap-ngapan karena berulang kali harus nyanyi dan ngedance dalam sekali waktu. Suga bilang kalo ketika konser beberapa waktu lalu dia, J-Hope sama RapMon ngebawain 8 lagu sama2 dan itu uda bikin dia nyaris pingsan di akhir konsernya saking lelah banget *tapi bener sih, dance BTS itu susah banget, bisa dibilang paling susah daripada grup2 dance lain di K-Pop. Salut deh sama BTS, jjang!*
  • Ketika menang untuk pertama kalinya di acara musik, anak2 BTS kumpul dan makan daging sapi Korea (hanwoo) bareng2 *kalo gue liat anak2 BTS kalo masalah makanan terjamin banget, managernya juga baik, mau makan apa pasti dibeliin cuman jangan makan kalo ga dapet ijin dari managernya/diem2*
  • Member yang saat ini paling banyak makannya adalah Jin. Makanya ga heran di BANGTANTV ada beberapa video Jin lagi asik makan beberapa hari ini, videonya juga punya tagline “eat jin”. Jin bilang bisa makan 7 kali sehari. Dia paling suka makanan2 sehat dan daging sapi. Dia kalo ke restoran sushi gitu bisa habis 30 potong sushi untuk dia sendiri. Makannya banyak chingu Jin ini. Makanya dia adalah member yang paling mudah gemuk, sekali dia makan, dia sulit buat berhenti katanya. Meskipun makannya banyak, dia olahraganya juga banyak. Di saat yang lain tidur, dia olahraga. Dia rajin olahraga supaya tetep bisa makan banyak dan enak chingu.
  • Bang PDnim ketika anak2 BTS dapet no.1 di acara musik ngasih sms yang sama ke semua member, smsnya adalah “terimakasih dan kalian sudah bekerja keras”. Ada juga sms “selamat sudah menang ^^”. Jadi smsnya pake smiley “^^” gitu chingu *aduh cute sekali PDnim ini, hehe*
  • Cara Suga ngilangin stress adalah tidur. Tidur yang lama adalah cara paling ampuh bagi dia untuk ngilangin stress *setuju banget gue, tidur is best*.
  • Kalo RapMon, dia sering ngedengerin musik ketika stress. Dia suka lagu2 sedih untuk nenangin dia ketika stress juga suka lagu2 yang fun/exciting. Dia punya kebiasaan semacam ngerap freestyle dengan lirik yang ga jelas untuk ngeluarin stressnya juga, jadi dikeluarin pake rap/lirik. Ketika stress itu dia biasanya ngomong (mumble)/kayak komat kamit kayak orang lagi ngerap tanpa lirik yang jelas, entah di kamar, depan kaca, entah di pesawat dsb. Orang2 yang ngeliat jadi kadang ngerasa dia lagi stress beneran apa gimana, wkwk. Pernah waktu itu di pesawat si RapMon ini pake headset sambil ngerap kayak gitu. Otomatis karena sambil ngedengerin lagu dia ga denger suaranya sendiri, padahal itu keras. Walhasil V sampe ngingetin supaya dia diem karena cukup berisik, lagi di pesawat soalnya. Jadi intinya RapMon itu kalo lagi stress cara ngilanginnya malah jadi kayak orang stress juga chingu. Orang yang ngeliat dia akan ngira dia sedang stress dan itu memang bener, dan itu sekaligus caranya dia juga supaya stress itu ilang. RapMon ini tipe yang kalo lagi stress dikeluarin stressnya lewat kata2/rap, jadi ga dipendem. Bukan dengan tipe yang tidur kayak Suga.
  • Untuk Jimin, dia ngerasa ga punya metode khusus untuk ngilangin stress. Dia sebenernya dulu suka makan ketika stress cuman karena sekarang harus nuruin berat badan dia jadi ga bisa makan kayak dulu. Caranya paling dia tahan aja. J-Hope komen, katanya ntar kalo Jimin stressnya dikeluarin malah bahaya. Changmin mengiyakan “orang dengan tipe itu justru kalo marah malah bahaya” *gue setuju, orang baik/sabar/ngalah kayak Jimin itu kalo bener2 sampe dikeluarin amarahnya malah bahaya. Malah lebih menakutkan daripada orang2 yang biasa ngeluarin stress/marahnya ketika dia marah. JungKook, hati2 ya nak. Ketika Jimin ngereveal tentang sikap JungKook di A.R.M.Y Rookie King seluruh badannya kan ampe merah gitu, semacam tekanan darahnya langsung naik saking sebelnya sama JungKook. Kayak marah yang uda dia pendem2 dan akhirnya keluar*
  • Untuk JungKook, dia adalah tipe yang ga tahu bener dia sedang stress/ga. Jadi ya stress/ga stress biasa aja. Jimin langsung nyaut “makanya kamu kalo sama hyung2 cuek aja ya” wkwk. Jadi saking cueknya JungKook ini, dia kadang suka acuh sama hyung2nya, kayak bodo amat gitu. Soalnya dia sendiri kalaupun stress dia ngerasanya itu bukan stress dan kuat2 aja ngadepinnya. Kata yang lain mungkin karena dia masih muda banget, jadi belum begitu kena stress. Misalnya RapMon lagi stress dan ngerap2 ga jelas biar bisa keluar, si JungKook misalnya dia ngantuk ya nguap aja, padahal member yang lain saat itu lagi badmood/stress/gimana *mungkin karena punya karakter kayak gini si JungKook itu kadang kurang peka anaknya. Ketika Jimin bener2 emosi karena JungKook yang 2 tahun lebih muda dari Jimin tapi suka ngomong Jimin pendek, si JungKook malah pura2 bodoh, malah bilang “emang kapan aku bilang kayak gitu?”. Bayangkan perasaan Jimin, pasti itu tekanan darahnya langsung naik kan? wkwk. JungKook, ati2 nak, jangan sampe kamu jadi maknae durhaka. Meskipun begitu gue rasa charming pointnya JungKook malah ini menurut gue di mata member2 lain. Dia itu memang suka ignore/acuh sama hyung2nya cuman tetep aja hyung2nya sayang sama dia, ga bisa ga care sama dia apapun sikapnya ke hyung2nya. Mungkin karena ini ketutup sama sikap2 JungKook yang lain ke hyung2nya di dorm, yang ga akan pernah kita tahu. Soalnya kata member2 lain si JungKook itu beda antara di kamera sama dorm, sikapnya beda kalo di dorm dan itu ngebuat hyung2nya suka sama dia*
  • Untuk ngilangin stress, V dulu suka ketemu sama temen2nya buat dapet nasehat. Cuman karena sekarang ga ada waktu buat ketemu langsung, dia paling nelfon mereka buat dapet nasehat *kayak SuHo EXO, cara dia ngilangin stress juga dengan berkomunikasi dengan orang lain supaya dapet masukan*
  • Untuk J-Hope, dia suka ngilangin stress dengan ngeliat atau nata2 ulang pernak2 pernik semacam boneka figure dsb. Dia seneng ketika udah selesai nata2 ulang itu, apalagi sekarang dorm mereka baru dan tempat untuk naruh2 barang kayak gitu makin luas. Feel ketika dia selesai nata2 ulang figure itu semacam “wah keren, sempurna, indah” dan dengan itu stressnya jadi ilang juga *patut dicoba ini, apalagi yang memang suka koleksi2 pernak pernik*
  • Kalo Jin, dia ngaku bukan tipe orang yang gampang stress. Dia bisa ngilangin stressnya dengan cepat. Dia mudah ngelupain begitu aja dan ga terlalu dipikir *yeokshi, Jin. Dia kalo dicurhati yang lain jawaban2nya juga adem, kayak ga terlalu ngejadiin sesuatu itu beban banget buat dia. Dia paling komennya kalo ada member2 yang lagi sebel cuman “gapapa, kayak gitu mah biasa”. Jadi ini sesuai sama statement dia di sini yang bilang kalo dia ga mudah stress juga orangnya. Gue rasa 7 member BTS punya cara yang unik2 untuk ngilangin stressnya, bisa juga jadi referensi buat kita2 yang pengen ngilangin stress. Kalo gue sendiri ngerasa gue sekarang ini bukan tipe orang yang mudah stress sebenernya, cuman kalo bener2 stress gue biasanya nangis malem2, nangis memikirkan banyak hal, tentang Tuhan, diri gue sendiri, nasib gue, itu berarti gue ada sedang berada di fase paling bawah, lagi stress tingkat tinggi. Dan setelah banyak keluar airmata itu, biasanya gue jadi lega. Meskipun begitu, cara kayak tidur/ngedengerin musik itu juga suka gue lakuin kalo kadar stressnya lebih rendah. Tidur dan musik itu membantu banget menurut gue untuk ngilangin stress. Keduanya kayak healing selain tentu saja healing dari Maha Yang Menciptakan kita*
  • Changmin 2AM ini sering ngasi makanan dan roti2 gitu ke anak2 BTS chingu, good hyung di Big Hit.
  • Ketika masih trainee, V perna dapet vocal lesson juga dari Changmin.
  • Tentang In The Mood Of Love, semua member BTS berpartisipasi dalam pembuatannya. Album BTS yang dulu2 hanya Suga X RapMon X J-Hope yang berpartisipasi, cuman sekarang 7 member semuanya terlibat. V dan JungKook memulai jadi seorang songwriter di album ini. V termasuk ke dalam salah satu yang bikin lagu “Hold Me Tight”. Ga cuman lirik, dia ikut serta dalam melody dan songnya. Lagu itu style V banget. V awalnya hanya ngeliat Suga dkk keliatan asik banget bikin musik dan dia jadi pengen nyoba juga, eh malah keterusan. Sekarang ini, bikin musik/lagu adalah hobi V yang baru chingu. Di In The Mood of Love Pt.1 ini dia dikasih kesempatan buat bener2 berkontribusi sama PDnim setelah ngedenger hasil dia bikin2 melody/musik. Untuk JungKook, dia ngebikin outro album ini. Melody piano di lagu itu adalah bikinan JungKook dan Bang PDnim suka, makanya lolos masuk album. Yang pertama ngedenger adalah salah satu staff Big Hit, dia bilang melodi itu bisa dilanjutin jadi lagu, akhirnya dilanjutin dan jadilah outro itu. Untuk Jin X Jimin, mereka belum sampe ke musik/melody, tapi mereka ikut bikin lirik di beberapa tracknya. Jin sendiri bikin lirik di track “fun boys” dan “outro” di part dia sendiri *BTS Jjang!! Gue suka banget ini, KEREN!. Tambah bangga gue jadi A.R.M.Y kalo begini, our boys bener2 bisa dibanggakan teman2 TT TT TT #PelukA.R.M.Ydimanapunberada*
  • Oya, comeback mereka setelah ini adalah “In The Mood Of Love Pt.2” so stay tune on our BTS!

(ENG) 150510 BTS on Changmin's Muzic Plaza.mp4_001151280

(ENG) 150510 BTS on Changmin's Muzic Plaza.mp4_001307240

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Nisa 니 사 mengatakan:

    Nama bangtansonyeondan udh Bang PD buat bhkan sblum ada mmbernya,, pertma kli bighit ngenalin rapmonster ama iron itu udh ada nma BTSnya….
    Mksd changmin 4 orng yg udh pke nma itu rapmon, iron, supreme boi ama i11lvn……

    Ngilhin stress yg pling pas buat gw ky suga….TIDUR hahahaha,, mkan jga….rapmon jg bsa tuh,, gw pas smster akhir lbh sring k tmpat karoke dr sblumnya….hahahaha

  2. yoonchanSICA mengatakan:

    Waduh itu part 2-nya jangan cepet2 keluar deh, kasihan anak2 BTS kek kagak ada istirahatnya. Tunda aja deh gapapa, kasian gue liat mereka kek kurang istirahat gitu:(

  3. kimraeyoofanfiction mengatakan:

    gak sabar comebacknya

  4. sefeb mengatakan:

    aku suka sama blog kakak ini karena faktanya selalu yang terbaru dan menarik, jd gak pernah bosen klu udah baca, ditunggu part selanjutnya trs ya kak, semangatttt^^

  5. kirana mengatakan:

    setuju ma Suga oppa obat paling ampuh buat ngilangin stres ya TIDUR….

  6. sila mengatakan:

    jimin sama jin pake kacamata,kayaknya keseharian mereka pake kacamata…cute

  7. Annisa Icha mengatakan:

    Aku sebenernya reader lama yang baca fakta-fakta EXO tapi gak dari part 1 karena udah ketinggalan jauh, dan aku juga komen kok ^^. Semenjak kakak beralih nulis fakta-fakta GOT7, aku jadi gak pernah baca di blog kakak lagi, hehehe…
    Tapi akhir-akhir ini aku lumayan suka sama BTS, aku cari fakta-faktanya dan nemu blog kakak lagi, aku kaget karena udah part 96, akhirnya aku baca dari part 1, aku minta maaf banget karena gak komen dari part 1, jadi disini aku gabung-gabung komenku yang sekiranya aku ingat apa yang aku baca di part sebelumnya.
    Aku suka Jungkook sama Jimin, tapi lumayan suka VKook juga sih, hehe. Iya, Jungkook itu hidungnya unik gitu, aku gak nyangka Jungkook itu golden maknae yang bener-bener banyak bisanya. Jimin itu menurutku manis dan ada cute-cutenya gitu, aku suka senyumnya ^^ Dan aku gak nyangka Jimin itu kaya’ aku (kepribadiannya), makanya aku jadi gimanaaa gitu…
    *Jimin yang gue liat dari log2nya keliatan banyak berfikir anaknya, agak sensitive juga kalo menurut gue. Kayak2 RapMon karakternya menurut gue, tipe orang yang banyak mikir. Gue rasa orang kayak Jimin ini cocok banget jadi tempat curhat, meskipun dia mungkin ga terlalu bisa ngasi masukan2 yang cemerlang, cuman dia bisa empati sama kesedihan orang dan jadi pendengar yang baik. Gue rasa Jimin ini tipe sahabat yang sangat baik bagi orang di sekitarnya, yang mau ngalah demi sahabat, yang mau ngedenger keluh kesah sahabatnya. Gue punya feeling kalo daripada member2 lain, Jimin inilah yang paling care sama persahabatan antar anak2 BTS*
    Aku setuju sama kata-kata kakak yang ini, itu bener banget! Aku kadang-kadang juga ngerasa kaya’ gitu, dan temenku juga ada yang bilang kaya’ gitu ke aku…
    Aku berkaca-kaca waktu baca part 92, terharu sekaligus sedih juga.
    Aku juga gak terlalu bisa itung-itungan, dan rencananya mau masuk jurusan IPS karena aku suka banget sama IPS, hehehe… #maafcurhat
    Terus semangat nulis ya kak… ditunggu fakta-fakta selanjutnya, akan aku usahakan untuk komen…

  8. nanna mengatakan:

    Kyaa gag slah gue ngerangkep jd army skrng kkk menurut gue j-hope it hampir setype ama eunhyuk suju ? Bnr ato gag feeling gue ini ? Kash fakta pure j-hope dong min 🙏 gue pnasaran bgt ama tuh makhluk bernama jung hoseok aka j-hope

  9. Nu Hi mengatakan:

    ahhh…seneng bgt bisa jd bagian dr BTS cuma ARMY yg bakal cengar cengir ampek ngakak akut karna baca Post mu..hehehe

Tinggalkan Balasan

