Fakta-Fakta BTS Part 101 (“No More Dream”, Track With Gangsta Hip Hop Music)

Posted: Mei 31, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  [ENG] 130818 BTS MUSIC KAN Star Date (Credit: Music KAN, subbed: BANGTAN SUBS)

[ENG] 130818 BTS MUSIC KAN Star Date.mp4_000073973

  • Lagu “No More Dream” adalah lagu yang musiknya dominan di gangsta hip hop bass. Musik itu sangat terkenal di tahun 90an di dunia hip hop Amerika *bisa dibilang musiknya “no more dream” ini terinsipirasi dari musik2 gangsta rap di Amerika. Beberapa waktu lalu gue sempet baca introductingnya lagu ini ketika mereka perform di Music Core. Biasanya sebelum masuk ke perform ada semacam penjelasan singkat untuk lagu itu. Intinya penjelasan itu bilang kalo musik “no more dream” terinspirasi dari gangsta rap/gangsta music yang populer di tahun 90an. Semacam mereka mau membangkitkan ingatan itu lagi di dunia musik Korea dengan lagu itu. Setahu gue gangsta music itu identik dengan sisi2 darknya. Simplenya apa yang ada di bayangan kita kalo ngedenger kata “gangsta/gangster”. Pasti ga jauh2 dari fighting, violent, dark, wild dsb. Ini sesuai dengan kondisi rapper2 saat itu yang mereka hidup di lingkungan yang bisa dibilang ga kondusif. Ini erat sih sama sejarah hip hop itu sendiri. Gangsta ini kalo di lagu2 rap ditulis liriknya dengan inisial “G”. Gue pernah nemu lirik2 begini ketika ngedenger lagu2nya 2pac. Musiknya sendiri khas, banyak banget pake unsur bass. Bass yang bener2 deep, kelam, dark. Musik ini menurut gue bisa kalian rasakan langsung ketika ngedenger lagu ini, di bagian intro terutama. Dan menurut gue ini keren banget karena BTS konsisten sama konsep mereka yang memang mau dibawa ke hip hop. Secara ga lansung lagu debut ini menunjukkan kalo BTS=hip hop, dan memang musiknyapun terinspirasi banyak dari hip hop. Gue suka kekonsistenan genre kayak gini*
  • Kenapa BTS memilih genre hip hop? Karena itu genre yang sangat mereka suka dan bisa mereka lakukan. Hip Hop adalah genre yang Rap Monster dan member2 BTS lain rasa paling tepat untuk bisa mengekspresikan diri mereka *yeah, hip hop is about stay real/ be real to your self, right?*
  • Suga ngerasa tujuan mereka sebagai musisi adalah bisa membuat musik yang bagus, dikenal banyak orang dan orang2 bisa menikmati musik mereka. Kebahagiaan yang paling besar bagi dia sebagai seorang musisi adalah ketika dia bisa bikin lagu (musik+lirik) yang bagus dan menyampaikannya ke banyak orang. Itu adalah #happiness-nya Suga *haru gue demiapa. Gue rasa ini bener banget, kebahagiaan musisi adalah ketika dia bisa membuat musik yang bagus dan itu sampai ke orang2. Dan gue rasa Suga X Rap Mon X Member2 BTS lain sudah bisa melakukan itu. Gue suka BTS karena disamping fakta kalo mereka idol, mereka juga punya sisi2 idealis sebagai seorang musisi. Idol dan musisi/artisan itu menurut gue agak beda meskipun kelihatannya ya sama aja. Idol itu memang orang yang do music, cuman orientasinya lebih ke fame. Sedangkan seniman/artisan dalam hal ini musisi (rapper contohnya), mereka selain do music dan fame, juga punya nilai2 yang ingin mereka sebarkan/bagi ke orang lain. Dan gue rasa hip hop adalah genre yang tepat untuk itu karena basic dari hip hop/rap (musisi2 rap) adalah menulis lirik dari buah pemikiran mereka sendiri untuk kemudian bisa sampai ke orang lain. Mereka menyampaikan apa yang mereka pribadi ingin sampaikan dan tidak menyampaikan lirik/pesan orang2 lain. Itu yang menurut gue jadi pembeda signifikan antara idol hip hop/idol rapper dengan idol2 lain. Hip hop semacam mengajarkan gimana untuk “express yourself” with your own music, lyric and style. Dan itu ga mungkin bisa kalo orang itu ga real sama diri dia sendiri. Makanya hip hop sangat identik dengan kata2 seperti real, be real, stay real, know yourself, love yourself dsb. Orang yang ga paham dirinya sendiri ga akan bisa mengekspresikan dirinya sendiri. Dan para M.C /rapper terutama, adalah orang yang ingin menggerakkan manusia lain dengan style mereka yang teraplikasikan dalam seni yang bernama rap itu. Makanya para M.C banyak bicara tentang kritik2 sosial, tentang dirinya sendiri, apa yang mereka rasakan, tentang apa yang dia lihat di dunia, apa yang terjadi saat ini dengan lirik2nya. Gue rasa seni yang seperti ini keren banget, seni yang bisa mencerahkan. Gue ga pernah bilang hip hop itu baik seratus persen, cuman gue pribadi ngerasa ada kok hal baik yang gue bisa pelajari dari hip hop, meskipun bagi gue pribadi ga semua di hip hop itu baik, gue sangat mengakui hal itu. Gue telah meriskankan diri gue sendiri karena suka hip hop. Gue ngerasa mental gue harus bener2 kuat ketika gue memutuskan suka genre ini. Hip hop adalah genre yang riskan menurut gue, sangat berbeda dengan genre2 lain bagi gue. Gue harus banyak mikir ketika mencoba mendalaminya. Bukan cuman mikir tapi harus gue rasakan juga, makin sulit jadinya. Kalau mental gue ga kuat, gue rasa gue akan jadi orang yang cursing everywhere. Gue akan jadi orang sok (sok dalam banyak hal), yang akan banyak berkata kotor dan berpendapat sana sini yang maksudnya keliru, hanya karena kebawa emosi/ego/pamer semata. Gue mungkin akan jadi orang yang ngomong sesuatu dengan enaknya padahal ga tahu alasan ngomong kayak gitu itu apa, itu masalah terbesarnya. Masalah terbesar adalah ketika ngomong tapi ga paham apa yang diomongin, itu berbahaya. Kalo gue sampai terpeleset dan salah interpretasi pada genre ini, gue akan hancur. Sebaliknya, kalo gue bisa paham genre ini, paham yang ga dari sisi otak aja tapi juga hati dan tetep stay pada kepercayaan gue, gue rasa ga akan ada masalah. Gue masih dalam proses dan gue rasa proses ini adalah sebuah proses belajar, sedangkan belajar itu sampai mati, has no ending. Ok apapun itu, itu masalah/urusan pribadi gue semata, seorang Linda, manusia biasa yang banyak mikir, hehe. Ok kembali ke BTS aja. Tentang rapper sendiri, gue terhenyak ketika tahu lirik part Suga di “we are bulletproof pt.2”. Di lirik itu intinya dia bilang rapper yang dipilih karena suaranya ga bagus/ga bisa nyanyi adalah hal yang berlebihan/extravagance buat dia. Title “rapper” terlalu berlebihan untuk kasus seperti itu. Ini karena bagi Suga rapper itu ga seperti itu. Rapper punya idealisme sendiri, bukan karena ga bisa nyanyi terus jadi rapper aja. Suga sendiri adalah rapper dari awal dan beruntung dia bisa dikontak BigHit untuk jadi idol rapper. Ini berbeda dengan orang2 yang sebelumnya bukan rapper lalu “dijadikan” rapper. Gue sendiri ngerasa kalo rapper atau bukan itu keliatan kok, ini pandangan gue. Hal yang bisa jadi pembeda bagi gue antara lain adalah rapper yang sebenarnya benar2 tahu hip hop itu apa, musisi2 hip hop itu siapa, dia bisa dapet inspirasi hip hop dari musisi yang mana, nilai2 apa di lirik hip hop/rap yang menggerakkan dia sehingga akhirnya dia bisa jadi rapper juga. Selain itu rapper yang sebenarnya menurut gue adalah mereka yang berkarya sendiri, yang membuat musik dan lirik mereka sendiri. Mereka berdedikasi pada genre itu, paham ketika berkutat dalam genre itu dan punya tujuan untuk menyebarkan musik dan lirik mereka melalui genre itu. Menyebarkan apa yang mereka pikirkan kepada banyak orang dan berharap bisa menggerakkan hati banyak orang. Gue rasa itu beberapa hal yang bisa ngebuat gue ngerasa “oh anda rapper, anda do hip hop”. Dan gue rasa Rap Monster X Suga bisa menyebabkan gue berfikir seperti itu, artinya gue rasa mereka adalah rapper yang sebenarnya. Mereka punya style masing2 dan mereka keren dengan itu. RapMon X Suga bukan rapper yang ngerap dengan style orang lain, mereka punya tone mereka sendiri, idealisme mereka sendiri dan ngerap dengan itu. Mereka juga punya musik dan lirik mereka sendiri, bukan musik dan lirik orang lain. Apalagi RapMon, keluarnya mixtape dia itu jadi semacam penguat banget kalo Rap Monster is rapper. Rapper dengan skill yang outstanding dan amazing. Meskipun Suga belum, cuman dari lagu/musik/lirik yang dia buat selama ini jadi bukti juga ke gue kalo dia adalah rapper. Dia udah express his self dengan skillnya dan itu sampai ke gue. Ini kenapa gue suka BTS, karena gue nemu hal yang esensi banget, hal yang basic tapi penting dari seorang yang manusia, bukan hanya untuk orang yang suka musik kayak gue. Gue belajar banyak hal dari BTS tentang humanism, real, hip hop, dream, life, my faith dsb. Dan itu ga gue sepenuhnya dapetin dari idol2 lain. Gue ngomong ini bukan karena gue terlalu membias pada satu hal cuman gue ngerasain “apa yang gue pikirkan, hampir semuanya ada di diri mereka”. Just like my expectation meet them. Semacam ekspektasi gue pada apa yang gue suka itu terefleksi di diri mereka dan gue sangat berterimakasih untuk itu*

[ENG] 130818 BTS MUSIC KAN Star Date.mp4_000243176

[ENG] 130818 BTS MUSIC KAN Star Date.mp4_000264364

[ENG] 130818 BTS MUSIC KAN Star Date.mp4_000271537

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Tinggalkan Balasan

