Fakta-Fakta BTS Part 103 (BTS dan Satoori)

Posted: Juni 1, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video – [ENG] 130928 BTS Show Champion Backstage (Credit: MBC, subbed: BANGTAN SUBS), [ENG] 131016 BTS Show Champion TV (Credit: BANGTAN SUBS)

  • Suga di jaman2 “No More Dream” stylenya pake beanie, sedangkan jaman2 “N.O” pake bandana. Itu konsep stylenya Suga. Suga sendiri bilang ketika dia pake bandana itu dia ngerasa jadi kayak ibu2 rumah tangga kaya yang banyak uangnya, wkwk *bener2, gue sering liat wanita2/ibu2 kulit hitam pake bandana kayak Suga gitu. Daripada dipake sama orang kulit putih, gue lebih sering ngeliat orang kulit hitam yang pake style itu. Ini nyambung juga sama style bandana yang memang stylenya rapper. Dan rapper itu orang2nya awalnya orang kulit hitam. Banyak idol yang pake style bandana cuman yang menurut gue paling pas ya Suga itu, fit in his head perfectly, beautifully*
  • Untuk RapMon, dia memang identik dengan sunglass, cuman itu keperluan stage aja chingu. Dia bilang normalnya (dalam kehidupan sehari2) dia ga pake sunglass. Dia bilang di sini kalo dia pake sunglass hanya ketika di MV, perform dan kegiatan2 yang berhubungan dengan aktivitas BTS/keartisan-nya saja. Sunglass cuman kayak jadi maskotnya RapMon aja dalam style perform-nya *dan gue rasa RapMon itu baik dengan atau tanpa sunglass tetep ganteng. Apalagi kalo matanya keliatan, tambah ganteng menurut gue, matanya bagus. Dan hal yang paling menarik dari wajah RapMon menurut gue adalah lesung pipinya, itu manis banget demiapa TT TT*
  • BTS sama MYNAME di show champion pernah ada games banyak2an score di rope jump. Masing2 dari mereka diwakili 3 member. 3 member itu harus muter 10 kali dulu baru setelah itu main rope jump. Yang paling banyak jadi pemenang. BTS diwakili JungKook X V X Jimin *line yang pada jago olahraga soalnya*. Dan MYNAME diwakili InSoo X ChaeJin X Seyong. Score komulatif MYNAME adalah 177 dan BTS 316 chingu, yang menang adalah BTS #YEY!!! *yeokshi, line maknae BTS itu fisiknya kuat2, pada jago2 olahraga semua. Untung yang disuruh mereka, coba kalo Jin X J-Hope X RapMon, bisa2 BTSnya kalah, wkwk*.Dan sebagai hadiahnya mereka dapet 3 cup ramyun yang dibentuk kayak trophy *Congratz!!*
  • “Attack on Bangtan” adalah lagu yang menurut Suga bisa dinikmati oleh segala usia dan semua range usia. Lagu itu ngebikin orang enjoy dan fun soalnya *gue rasa lagu ini mirip2 sama “fun boys”nya Suga di “In The Mood Of Love Pt.1”, sama2 fun*. Konsep style mereka di perform ini sendiri adalah “akdong” atau orang yang tahu gimana hidup dengan fun.
  • Anak2 BTS kan asalnya bukan dari Seoul semua, dari daerah semua, jadi mereka kentel sama satoori/dialek kedaerahan. Di sini J-Hope X V X Jimin ngomong “I love you” pake satoorinya masing2. J-Hope yang asalnya dari GwangJu ngomong “saranghadaing”. Jadi kalo di GwangJu dialeknya suka pake tambahan “ing” gitu di akhir kalimat. V yang asalnya dari Daegu ngomong “saranghandei” yang artinya “I love you” juga. Jadi kalimatnya ditambah “dei”. Jimin asalnya dari Busan dan dia ngomong “nee saranghaneungeo alje?” yang artinya “you know that I love you, right?”. Jadi kalo di Busan itu kata “ji” atau yang ada “i”nya jadi kayak “e” chingu. Kayak Jimin kalo ngomong itu, nama “Jimin” bisa jadi kedengeran “Jemen/Jyemeeeen”. Jadi yang harusnya “alji” jadi “alje” *gue rasa satoori itu sesuatu yang cool, bukan sesuatu yang ndeso meskipun merupakan sebuah dialek kedaerahan. Justru idol yang ngomongnya pake satoori itu charming menurut gue kayak si Jimin itu. Mungkin ada orang yang ngerasa satoori itu ga keren dan mereka merasa dialek nasional/Seoul lebih keren dan pengen merubah dialeknya ke Seoul. Ya itu boleh juga menurut gue, cuman gue rasa mempertahankan ciri khas satoorinya masing2 juga keren. Dan gue seneng anak2 BTS dengan percaya diri nunjukin aksen2 satoorinya di banyak kesempatan. Mereka nunjukin kalo mereka ga malu dengan itu dan bangga dengan itu, mereka tumbuh dengan bahasa/dialek itu. Bahkan mereka sampe bikin lagu khusus tentang satoori yang namanya “satoori rap/paldo gangsan”. Dan lagu itu justru banyak yang suka. Gue pernah liat video A.R.M.Y Stockholm malah pada suka lagu itu. Ini nunjukin ke gue kalo orang itu harus real, jangan dibuat2, jangan malu sama asal daerahnya. Misalnya dari Busan ya PD aja pake dialek Busan. Kita juga, misalnya kita dari Jawa, dari Madura, dari Palembang, dari Dayak, dari Papua dsb, tetep cintai bahasa ibu kita, jangan pernah malu dengan itu, justru itu adalah hal yang charming. Belajar bahasa nasional, bahasa internasional atau bahasa2 negara2 lain yang kita suka adalah hal yang keren, namun jangan sampai kita melupakan dan mengunderestimate bahasa daerah/bahasa ibu kita sendiri. Bagi gue anak2 BTS yang cinta pada satoorinya adalah hal yang sangat keren dan charming. Di samping mereka faseh berbahasa nasional atau bahkan ada member yang faseh berbahasa asing, mereka tetep sadar asal mereka dari mana dan ga malu untuk ngomong dengan dialek2 mereka. Humbleness kayak gini amazing banget menurut gue. Gue sendiri asli orang Jawa dan menurut gue bahasa Jawa itu charming juga, di samping puluhan bahasa charming yang lain yang ada di negara kita.  Negara kita kaya dengan banyak bahasa dan itu menurut gue adalah hal yang indah, keberagaman yang indah dan harus selalu dilestarikan. Ada banyak kata yang dalam bahasa Jawa ada tapi di bahasa Indonesia ga gue temukan. Makanya kadang gue kalo nulis fakta di sini mau ngomong satu kata itu susah saking ga tahu bhs Indonesianya apa dan hanya tahu bhs Jawanya, hehe. Anyway gue seneng anak2 BTS sering pake satoori kayak gini, lebih #real menurut gue, jjang!!!*

[ENG] 130928 BTS Show Champion Backstage.mp4_000132799

[ENG] 130928 BTS Show Champion Backstage.mp4_000163296

[ENG] 130928 BTS Show Champion Backstage.mp4_000245612

[ENG] 131016 BTS Show Champion TV.mp4_000054487

[ENG] 131016 BTS Show Champion TV.mp4_000067867

[ENG] 131016 BTS Show Champion TV.mp4_000100633

[ENG] 131109 Show Champion Backstage.mp4_000307807

[ENG] 131109 Show Champion Backstage.mp4_000318351

[ENG] 131109 Show Champion Backstage.mp4_000324357

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Anggunie mengatakan:

    Aku paling suka dialek busan. Apalagi klw Jimin X Jungkook udh ngmong dialek busan, charming bngt ^^

  2. Annisa Icha mengatakan:

    Aku tadi pagi baruuu aja lihat yang Jungkook Jimin V main jump rope, eh… kak Linda buat faktanya😀 V paling banyak scorenya, tapi mereka ber3 keren bisa sampe score 316.
    Aku juga orang Jawa kak, dari Jawa Timur. Menurutku bahasa Jawa itu keren banget, banyak kosakatanya, apalagi di Jatim setiap daerahnya beda-beda bahasa Jawanya, ada yang halus, halus banget, dan sedikit kasar (kalau dibandingin sama bhs Jawa yang halus).
    Kalau di Solo bahasa Jawanya halus ya…

  3. kirana mengatakan:

    aku suka bgt lagu attack of bangtan.pas aku kasih denger ke abang aku eh dia suka padahal dia g suka kpop.pas aku ksh liat dance practicenya eh abang aku suka RapMon dan Suga…ehm temennya eonnie Lin nih.aku jg orang jawa walaupun tggl di palembang.…°~°…

Tinggalkan Balasan

