Fakta-Fakta BTS Part 110 (BTS: Makes Album That Relate To General Public)

Posted: Juni 4, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  Pops in SeoulBTS (I NEED U) 방탄소년단(I NEED U) (Credit: Arirang)

Pops in Seoul-BTS (I NEED U) 방탄소년단(I NEED U).mp4_000024057

  • INEEDU adalah lagu dengan music urban style dengan sound bernuansa ketimuran (Eastern) *meskipun unsur rap/hop hop ada juga di lagu ini cuman secara umum musiknya sendiri genrenya urban. Kenapa? Karena ada musik2 kayak slow jam, dubstep dan drum soundnya banyak, sangat urban. Meskipun begitu, nuansa easternnya cukup kentara karena ada melody2 yang mengingatkan kita sama musik2 dari Asia seperti di intro lagunya. Musiknya semacam musik2 ala2 Asia Timur yang berakar dari musik Cina. Selain itu juga aksen bunga2 sakura yang bertebaran di awal musik dengan tulisan “hwayang yeonhwa” yang memakai huruf mandarin juga jadi semacam penguat kalo usur ketimuran dari lagu ini ditonjolkan. Untuk sound music di MVnya sendiri, di awal2 sebelum masuk ke lagu sebenarnya, gue rasa agak2 mirip sama intro di lagunya Tori Kelly yang “unbreakable smile”. Gue baru2 aja nonton live Tori di VEVO dan pas ngedenger awal2 musik di lagu itu langsung inget BTS di MV INEEDU. Dan setelah gue cari tahu ternyata anak BTS memang ada yang suka banget sama Tori Kelly. Gimana sih, kayak jodoh aja jadinya, ada kaitannya secara ga langsung. Tori Kelly adalah penyanyi favorit JungKook sekarang chingu. Dan gue rasa harusnya anak2 BTS memang suka penyanyi yang kayak gini. Tori Kelly ini singer songwriter, dia nulis lagu dan liriknya sendiri. Liriknyapun sesuatu yang move people dan real, style BTS banget gue rasa. Dan ternyata bener, JungKook suka sekali dengan Tori Kelly ini. Gue sendiri suka lagu2 Tori Kelly. Gue pada dasarnya suka lagu2 yang liriknya move people dan real soalnya. Lagu lain yang gue suka selain “unbreakable smile” adalah “silent”, “dear no one”, “confetti” dan “daydream”.
  • INEEDU sendiri menceritakan moment yang paling indah namun juga unstable/tidak stabil dari kehidupan manusia di usia akhir belasan dan awal 20an. Kenapa di MVnya ada 2 adegan yang bertolak belakang? Di satu sisi anak2 BTS kelihatan bahagia, jalan2 bareng, makan bareng, bercanda bareng, main bareng, main kembang api bareng, tapi di sisi lain ada yang semacam mau bunuh diri dsb? Karena ini nyambung sama tema album mereka “the most beautiful moment in life/hwayang yeonhwa” yang artinya masa2 akhir belasan dan awal 20an yang memang indah di satu sisi namun sekaligus juga berbahaya di sisi yang lain *gue rasa MV INEEDU yang original version itu meaningnya dapet banget, bener2 MV yang pesannya nyampe*
  • RapMon juga bilang disini kalo meskipun judul album mereka/tema album ini “the most beautiful moment in life” tapi mereka ga hanya menampilkan sisi2 yang beautiful saja, melainkan juga mencoba untuk menampilkan sisi2 gelap di balik itu *semacam ok masa2 remaja adalah yang paling bahagia/paling indah, cuman mungkin kita ga tahu ada hal2 gelap di balik itu. Mungkin orang2 tahunya kita ketawa ketiwi dan baik2 saja cuman sebenarnya jiwa kita rapuh/gelap sehingga menjadi unstable/tidak stabil. Anak2 BTS menampilkan 2 sisi, sisi yang indah dan sekaligus sisi yang berbahaya dari remaja. Dan itu fakta, ga semua moment di masa muda manusia itu indah kan? ada fase2 gelapnya juga dan BTS berusaha memvisualkannya dalam bentuk seni MV, dan itu menurut gue KEREN BANGET*
  • Ga dipungkiri kalo INEEDU ini agak beda dari style2 BTS sebelumnya kayak di “N.O” X “Boy In Luv” X “Danger” dan Suga bilang alesannya adalah karena mereka ingin lebih dekat dengan publik yang lebih luas. Mereka ingin membuat musik yang kira2 bisa menyasar publik2 yang lebih luas daripada sebelumnya. Dan mereka rasa tema lagu seperti ini (love) bisa diterima oleh banyak orang. Bukan berganti, Suga lebih seneng mengatakan mereka berkembang sekarang ini secara musik. Lagipula style dance merekapun tetap mereka pertahankan. Meskipun lagu ini cenderung lebih menekankan pada emosi namun dance mereka ga slow2 aja, mereka tetep powerful kayak biasanya cuman lebih pake feel, bukan cuman strength.
  • RapMon ngejelasin kalo pesan yang ingin mereka sampaikan melalui album (musik x lirik) BTS itu selalu sama sejak mereka debut. Apa itu? Mereka ingin menampilkan album yang bisa relate/berhubungan dengan cerita kehidupan banyak orang sehingga orang yang ngedenger ngerasa konek dengan itu kemudian bisa dapet kekuatan dan energy dari situ *artinya mereka ingin musik dan lirik yang bisa membuat orang ngerasa semacam “oh lirik ini gue banget”, seperti itu. Mereka ingin musik x lirik mereka “attract people” disamping juga “attract fans”. Yang disukai fans, namun juga bisa disukai oleh orang yang bahkan baru pertama denger/bukan fans mereka*. Untuk “hwayang yeonhwa” sendiri, seperti yang sudah sering mereka jelaskan bahwa kali ini mereka ingin menampilkan musik dan lirik yang menampilkan indahnya emosi anak2 usia akhir belasan dan awal 20an yang meskipun indah sekaligus juga rawan dan penuh tekanan *gue jujur haru banget ngedenger statement ini. BTS bener2 grup yang sudah matang menurut gue. Gue rasa baru BIG BANG dan BTS sepanjang gue ngedenger interview idol group K-Pop yang bilang kalo mereka pengen menampilkan musik yang semacam “attract people”. Itu menurut gue wise banget, dalem banget. Musik yang ga hanya untuk fans2nya tapi juga orang secara umum. Musik yang bisa mengena untuk banyak orang, bukan hanya untuk fans. Mungkin kalau kalian pernah baca status gue di fb (udah agak lama), gue pernah bilang kalo gue suka banget ngebaca artikel tentang BIG BANG yang bilang “loser” itu adalah lagu yang diciptakan untuk “attract people” dan bukan hanya fans. Dan saat itu gue komentar kalo itu wise banget, level BIG BANG udah beda dari idol2 lain karena mereka bisa memahami hal seperti itu. BIG BANG levelnya jadi udah artis (seniman) dan bukan idol semata lagi. Berarti orientasi musik mereka sudah naik kelas, bukan hanya fans yang orientasinya fame tapi juga idealisme menulis musik dan lirik to people. BIG BANG itu keren menurut gue meskipun gue bukan V.I.P. Dan gue bahagiaaaa banget RapMon ngomong kayak gini, beneran. Gue jadi ngerasa uda tepat banget gue A.R.M.Y karena BTS adalah grup yang secara idealisme musik cukup matang menurut gue, meskipun mereka belum terlalu lama ada di musik K-Pop seperti BIG BANG. BIG BANG jelas levelnya sudah lebih tinggi dari BTS, gue mengakui itu, namun gue seneng karena grup terfavorit gue (BTS) sudah bisa berfikir sewise ini tentang musik*
  • Selain comeback INEEDU mencoba menampilkan sisi2 lain BTS yang pengen lebih “attract people”, semua member juga terlibat dalam proses pembuatan lagunya, dan ini menunjukkan semakin matangnya anak2 BTS sebagai artis, bukan idol semata. Lagu yang direkomendasikan oleh JungKook di album kali ini adalah “Love Is Not Over” karena track itu dibikin sama dia. Untuk Jimin, dia merekomendasikan lagu “sick” yang menurut dia sangat excited didengarkan. Untuk Jin, dia merekomendasikan lagunya Suga “fun boys”. Ini karena lagu “fun boys” liriknya sangat menceritakan diri masing2 member BTS dan dari lirik itu Jin rasa fans2 akan lebih tahu karakter masing2 member2 BTS. Suga sendiri bilang kalo “fun boys” sebenarnya adalah julukan yang diberikan fans untuk BTS karena melihat anak2 BTS sangat fun. Suga kemudian berfikir apakah dia harus membuat lagu dengan tema itu? Dia mengutarakan ide itu ke yang lain dan mereka setuju kemudian dia mulai membuatnya. Bukan hanya Suga, semua member terlibat dalam pembuatannya liriknya.
  • Lagu yang direkomendasikan Jimin ketika kita sedang stress adalah “war of hormone” karena lagu itu berisik. Jimin merasa kalo lagu2 dengan musik berisik seperti di lagu itu membantu ketika sedang stress *gue rasa iya, lagu yang sekalian berisik banget atau sekalian slow banget itu lebih manjur didenger ketika stress daripada yang setengah2/ga berisik2 banget juga ga slow2 banget*
  • Lagu yang direkomendasikan JungKook ketika hari hujan adalah RAIN. Ini karena ada suara2 hujan di intro lagunya dan melodinya juga sangat emosional. Dia rasa orang akan bisa merasakan nuansa melankolis seperti di saat suasana hujan ketika ngedenger lagu ini.
  • Lagu yang direkomendasikan V untuk dinyanyiin di ruang menyanyi adalah “boy in luv”. Dan lagu yang dia rekomendasiin ketika kalian ngerasa suram terutama yang berkaitan dengan masa depan kalian adalah “cypher” dan “no more dream” *gue setuju, “chyper” dan no more dream” itu incharging energy banget, liriknya juga inspiring, motivating. Gue rasa BTS dengan karya2nya sejauh ini sudah banyak bikin lagu2 yang relate to general public/people dan bukan hanya fans semata. Lirik mereka bukan tipikal hanya lirik2 cinta tapi juga menyangkut banyak hal dari mulai mimpi, kebahagiaan, cinta, perasaan tertekan, gelap, indah, exciting dsb. Dan gue suka dengan ini chingu, sesuatu yang lebih real menurut gue*

Pops in Seoul-BTS (I NEED U) 방탄소년단(I NEED U).mp4_000103603

Pops in Seoul-BTS (I NEED U) 방탄소년단(I NEED U).mp4_000150316

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Iin mengatakan:

    aaaaaaaaa BTS sepertinya aku bener2 Fallin in love with them… eottokhaeee..semakin jauh mengenal BTS semakin bikin orang jatuh cinta..

Tinggalkan Balasan

