Fakta-Fakta BTS Part 111 (Hallyu Bagi BTS)

Posted: Juni 5, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  BTS and Fans Answer What Hallyu Means to Them! (Credit: KCON), BTS on Bloomberg (Credit: MNET)

BTS on Bloomberg.mp4_000081614

Apakah kalian pernah ditanyai tentang makna “hallyu” oleh seseorang? Kalo belum ada yang nanya ke kalian, gue yang nanya sekarang. Apa sih makna “hallyu” bagi kalian? Kalian bisa ngasih opini kalian di kolom komentar di bawah postingan ini. Gue rasa akan banyak yang baca. Kalo ga ada, gue pasti akan baca, hehe. Masih ada gue, tenang aja ^^. Banyak sekali orang di dunia ini yang suka dengan “hallyu”. Mereka bahkan bisa hidup, bisa dapet kekuatan, bisa bahagia, bisa semangat karena hallyu. Hallyu sangat bermakna bagi kehidupan mereka, termasuk bagi gue, dan bagi kalian juga. Gue rasa fans hallyu hampir ada di seluruh belahan bumi ini, dari Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika. Gue punya blog dan blog ini ada statistiknya yang gue bisa tahu yang buka blog gue asalnya dari negara mana aja. Gue amaze karena ada orang2 yang asalnya lebih dari 60 negara yang pernah buka postingan di blog ini. Gue sendiri kaget banget dan kayak ga percaya aja. Misalnya 1 atau 2 kali liat doang gue maklum “oh mungkin orang dari negara ini salah masuk/nyasar ke blog gue apa gimana” cuman tiap hari kok ada aja yang buka dan bahkan ga cuman puluhan tapi ratusan bahkan ribuan. Apa mungkin blog gue mereka translet ke bahasa mereka? Gue ga tahu. Padahal bahasa blog gue ga formal, bakalan bingung juga kalo memang ditraslet. Apapun itu yang jelas gue pengen bilang kalo ternyata fans hallyu dalam hal ini K-POP itu luar biasa banyaknya. Lalu, kenapa sih hallyu bisa disukai oleh banyak orang? Dalam pandangan gue, hallyu bisa disukai banyak orang karena hallyu membawa hal2 keren dengan masih memakai nilai2 luhur yang bisa menyentuh hati manusia. Hallyu is synergy menurut gue. Sebuah perpaduan budaya modern dan kearifan budaya Korea, sebuah penyatuan antara fans dengan idolanya yang begitu indah. Lalu apa menurut kalian, dan apa menurut BTS?

  • Bagi Suga, hallyu is BTS. Kenapa? Karena BTS sendiri akan pergi ke banyak negara2 di dunia untuk menyebarkan hallyu juga. Jadi maksud Suga adalah BTS merupakan bagian dari hallyu itu sendiri *gue rasa pendapat ini meskipun simple tapi merupakan sebuah definisi yang tepat. Orang2 luar bisa aja ga tahu apa itu hallyu tapi mereka tahu BTS. Dengan mereka tahu BTS berarti secara ga langsung mereka udah tahu apa itu hallyu karena BTS adalah bagian dari hallyu itu sendiri. Menurut gue kasus kayak gini banyak, fans tahu BTS, tahu EXO, tahu GOT7 tapi mungkin mereka belum tahu kalau grup favorit mereka itu adalah bagian dari “hallyu” yang merupakan “gelombang budaya korea/Korean wave” yang aspeknya banyak dan salah satunya K-Pop/grup2 itu*
  • Bagi JungKook, hallyu is connection. Alasan JungKook adalah meskipun musik/lagu mereka adalah lagu dengan bahasa Korea, tapi fans di seluruh dunia bisa menyatu dengan mereka melalui musik mereka *gue rasa definisi ini keren banget, semacam “K-Pop music makes us one/BTS’s music makes us one”. Orang yang bisa nyanyi lagu2 K-Pop yang berbahasa Korea ga harus bisa bahasa Korea kan? Belum tentu orang yang lancar nyanyi lagu2nya BTS bisa bahasa Korea juga. Tapi apa itu sebuah penghalang? Ga sama sekali. Meskipun bahasa kita berbeda dengan BTS/idol2 yang lain, tapi musik BTS/musik K-Pop secara umum telah menyatukan kita. Kita hanya perlu punya telinga dan hati untuk menjadi satu dengan mereka, kita ga terlalu memerlukan persamaan bahasa dan sebagainya untuk bisa menyatu dengan hallyu/K-Pop. Gue pernah bilang kalo kita ini sama2 manusia, dimanapun kita, siapapun kita dan apapun perbedaannya dalam hal yang lain2. Karena alasan inilah sesama manusia sebenarnya punya kecenderungan untuk bisa menyatu satu sama lain dengan indah, bersinergi dan damai. Kita hanya perlu kembali pada jati diri kita sebagai manusia jika kita merasa sudah tidak ada lagi persamaan diantara kita. Ini karena sebenarnya kita tidak berbeda kok, kita masih2 sama manusia, sama2 makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Perbedaan tidak harus menjadi pertentangan, sikapilah dengan saling menghargai, dengan begitu kehidupan kita akan menjadi damai seperti fitrah manusia yang pada dasarnya damai #peace*
  • Bagi Jimin, hallyu is one. *seperti JungKook, hallyu membawa manusia menjadi satu ditengah perbedaan2 yang ada diantara mereka (perbedaan bahasa, budaya, latar belakang, genre usia dsb). Hallyu membuat kita satu, siapapun kita, darimanapun asal kita/negara kita*
  • Bagi Jin, hallyu is culture. Hallyu membawa banyak bagian dari kebudayaan Korea dan kemudian menunjukkannya kepada masyarakat dunia, sehingga hallyu sendiri adalah bentuk dari kebudayaan *gue setuju, hallyu itu salah satu bentuk budaya. Tepatnya budaya pop modern yang masih kental dengan kebudayaan asli Korea dengan segala wisdom culturenya. Melalui hallyu, masyarakat dunia jadi tahu apa itu makanan Korea, pakaian tradisional Korea, musik Korea, dialek Korea dsb. Ada 6 kebudayaan pokok Korea yang secara tidak langsung terekspos juga karena hallyu chingu, yaitu Hangeul (Korean alphabet), hansik (Korean food), hanbok (Korean costume), hanji (Korean paper), hanok (Korean home) dan hanguk eumag (Korean music). Gue rasa definisi Jin ini keren karena dia melihat hallyu dari sisi2 budayanya juga*
  • Bagi J-Hope, hallyu is hope *gue pribadi setuju banget dengan definisi ini. Berapa banyak orang yang jadi punya harapan lagi setelah tahu hallyu/K-Pop? Mereka yang tadinya ga punya mimpi jadi punya mimpi karena ngedenger lirik2 lagu Korea. Yang tadinya sering muram sekarang jadi bahagia dan bisa ketawa karena ngeliat acara2 anak2 K-Pop yahg menghibur. Bukan cuman menghibur, tapi menginspirasi dan memberi tambahan informasi juga. Hallyu menjadi sebuah harapan bagi banyak orang untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, termasuk gue pribadi, dan mungkin juga kalian. Gue tahu hallyu sudah lebih dari 10 tahun, sejak gue kecil, separuh usia gue sekarang. Gue tumbuh dengan hallyu (K-drama, K-music). Hallyu berperan dalam membentuk diri gue yang sekarang dan gue sangat berterimakasih karena gue telah mengenal kebudayaan ini. Entah gimana kalo misalnya gue ga tahu hallyu. Mungkin gue ga akan pernah punya blog ini dan membagi banyak hal ke kalian di sini. Gue merasakan banget gimana hallyu memberi harapan ke gue. Sebuah definisi yang sangat dalam dari J-Hope*
  • Bagi RapMon, hallyu is stream of entertainment. RapMon ngejelasin kalo Hallyu itu luas, bukan hanya K-Pop tapi juga K-Drama, K-Movie, K-food, K-games dsb. Semua hal itu tersebar ke seluruh dunia dan dikenal luas sekarang *iya seperti itu, hallyu itu luas, bukan hanya K-Pop tapi juga K-K yang lain. Definisi RapMon ini paling akademis menurut gue. Secara teori pengertian hallyu adalah memang yang seperti RapMon katakan. Yakni sebuah aliran yang berbasis hiburan yang meliputi banyak aspek budaya dan kreasi yang kemudian tersebar ke seluruh dunia dan mendapatkan cinta dari banyak orang. Gue nemu definisi kayak gini juga dari Kementerian Budaya dan Pariwisata Korea soalnya. Yeokshi, RapMon sangat akademis, dia pinter*
  • Bagi V, hallyu is answer. Kenapa? sama seperti yang dia katakan, hallyu adalah sebuah jawaban/solusi dari industri hiburan saat ini *gue rasa jawaban V ini jenius banget. Jawaban yang gue sendiri amaze banget. Hallyu=solusi itu menurut gue jawaban yang sangat professional #pelukV. Di tengah ramainya download illegal dan pembajakan karya, kenapa hallyu masih hidup sampai sekarang? Kenapa K-Pop malah makin terkenal? Kenapa penjualan album mereka tetep banyak? Kenapa fans K-Pop yang normalnya bisa aja apa2 download tapi berusaha buat support dengan cara2 official seperti beli albumnya? Karena hallyu/K-Pop bisa menyentuh hati mereka, tidak hanya menyentuh telinga/mata namun juga hati fans2nya. Sesuatu yang menyentuh hati akan menimbulkan perasaan respect/menghargai yang begitu dalam. Sehingga kemudian timbullah keinginan fans untuk bisa menghargai mereka sebagaimana idol2 mereka telah memberikan kemampuan terbaik mereka kepada para fans2nya. Sinergi antara fans dan idol inilah yang membuat hallyu sebagai solusi di tengah industri musik yang sebenarnya tidak pasti/riskan. Gue rasa bener kata RapMon kalo V itu sebenernya jenius, cuman sering ga keliatan aja. Menurut gue jawaban dia yang paling keren dari semuanya, sangat professional. Jawaban yang misalnya dijabarkan kayaknya bisa jadi sebuah buku, haha. V JJANG!*
  • Di interview lain RapMon pernah ngasih komentar kalo K-Pop sendiri adalah tentang energy, K-Pop is about energy. Idol2 memberikan energy kepada fans melalui performance dan musik mereka, dan sebaliknya fanspun memberikan energynya kepada idol, saling memberi energy, recharge each others *gue rasa ini adalah bentuk synergy. Ketika fans dan idol bisa menyatu jadi satu dan recharging energy satu sama lain. Gue rasa entah itu hallyu/K-Pop, is all about synergy. Ketika fans dan idol bisa menyatu dengan indahnya, bahagia bersama2, tertawa bersama2, memberi energy satu sama lain ditengah perbedaan2 yang ada. Synergy dan energy yang indah, yang juga menginspirasi gue untuk terus membagi dua hal itu di blog ini ^^*

BTS and Fans Answer What Hallyu Means to Them!.mp4_000067133

BTS and Fans Answer What Hallyu Means to Them!.mp4_000101334

BTS and Fans Answer What Hallyu Means to Them!.mp4_000114948

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. kirana mengatakan:

    kalo menurut aku Hallyu is trendsetter.mgkn 15 tahun yg lalu org hanya kenal KorSel adalah salah satu negara di Asia doang.tp skrg mgkn semua orang di penjuru dunia pd tau.bkn artisnya doang tp idol grup bnyk terkenal di luar negeri.Indonesia aja ngikutin trend boy/girl band bahkan style nya jg ya walaupun skrg udah tenggelam kelaut semua….

  2. Hyoin mengatakan:

    hallyu= pengetahuan
    dengan mengetahui kpop pengetahuan akan semakin bertambah

  3. Hani mengatakan:

    Wah udah banyak ya fakta btsnya. Aku ngikutin terus akhir akhir ini. Faktanya asik bgt. Sambil dijelasin juga jadinyanya ngerti. Fighting eon !! Semoga tiap hari bisa ngasih fakta fakta bts kalo bisa lebih dari dua. Wkwkw

  4. oktarisa14 mengatakan:

    Hallyu itu menurut gue lifestyle. Saat gue lagi stres, down, bosen, ataupun lagi bahagia yang gue lakuin ya ngefangirl entah itu musik, drama ataupun kultur budaya korea itu sendiri, itu semacam healing dan juga moodboster bagi gue. Gue belajar banyak hal tentang kehidupan dari hallyu, mulai dari cinta mimpi perjuangan bahkan hal hal yang suram sekalipun

  5. Nisa 니 사 mengatakan:

    Ikutan …
    Hallyu = oxygen….???
    Hehehe…mngkin ini buat gw…
    Sking tercemarnya gw ama kpop..tiap hari klo g update kpop brsa g makan…brsa ada sswatu yg krng…hehehe
    Sbnernya pgen bged gw krangin,, mengingat umur gw jg bkn msanya lgi fangilan…hahaha…
    But its sooooo hard….
    Janji gw 2 thun yg lalu
    mo ngurangin fangilan…
    Dan gw g bsa nyalhin 7 cwok yg
    sbgian bsr brondong buat gw….mkin buat gw ssh move on…huft….
    Ottoekaji????

  6. Annisa Icha mengatakan:

    Bagi aku hallyu adalah penyemangat. Aku sekarang kalo belajar sambil dengerin lagu Kpop. Kalau lagi sedih juga dengerin lagu sambil lihat terjemahannya, dari itu bisa memotivasi buat gak terlalu sedih lagi. Banyak lagu-lagu Kpop yang menurutku menyentuh, kadang juga sesuai sama kehidupan nyata. Kalau KDrama aku gak begitu mengikuti, tapi pernah lihat juga, menurutku KDrama itu banyak pesan-pesan yang bisa diambil, walaupun menurutku ada yang gak sesuai sama budaya kita. Ya selama kita ambil sisi positifnya bukan sisi negatifnya…

  7. Anggunie mengatakan:

    Sblmnya aku gk tau arti hallyu itu apa, tpi stlh bca postingan eonni aku jdi paham trnyta arti hallyu itu luas bngt.

    Mnrt ku sndri, hallyu itu world. Dunia yg luas, memperkenalkan kita pada kebudayaan, gaya hidup, fashion, music, dll. Apalagi tntng sistem pengajaran sekolah di korea yg membuat ku tertarik.

  8. ainbachtiar mengatakan:

    Menurut aku, Hallyu = candu , karna skalinya coba buat tau bakalan akan terus mencari tau Dan jadi moodbooster tersendiri

  9. qarenzapark mengatakan:

    Kapan ya gue jadi tukang blog beginian? Jadi ga nyesel mampir disini.

    Dan menurut gue, Hallyu is about friendship, ini ngawur atau apa entahlah, yang jelas itu menurut gue hehe

    Hallyu is about friendship, sebuah kegemaran dimana orang – orang akan berkerja sama untuk belajar tanpa melihat ras, umur, ataupun hal lainnya yang membedakan kita secara fisik.

    But, secara nonfisik, seseorang akan merasakan adanya koneksi antar sesama jika menyukai hal yang sama. So, Hallyu buat kita belajar apa itu artinya perbedaan.

    Dan diatas, gue setuju banget apa yang dikatan Jimin, V, dan Jungkook. Sukses buat unni yang punya artiker – artikel hebat! Keep writing😀

  10. vitari mengatakan:

    Ikutan dong eon, hehe
    Menurutku,,,
    Hallyu is Inspiration.
    Karena setelah aku kenal dengan dunia hallyu (itu pas aku kelas 6 SD), aku ngerasa, wah.. ternyata ini nih beda banget dari sesuatu yg biasa aku liat di negara kita, Indonesia. Aku sebelum tau hallyu pernah tiba-tiba pngin ngedengerin radio, n pas itu aku dnger lagu2 terbaru jaman itu, dan aku mikir ‘aduh.. kok lagu2nya gk ada yg sreg sma aku ya? Musikny ini2 aja, gak menarik.’ krna emang, style lagu di indonesia tuh sm skli gk cocok sma aku, jujur. Dan itu juga yg bkin aku diejek dibilang gk tau mana yg bagus mana yg gak. Tapi aku ttep ma pndirianku, musik indonesia is not my style *ini nobash ya*. Akhirnya, pas aku lagi demam2ny nnton drakor di indo*iar, aku ngerasa ‘wah’ bgt sm ost drakornya. Trus aku lngsung search di internet tntg ost dri drakor itu, dan akhirny aku tau, klo yg nyanyi adl Taeyeon SNSD. Saat itu jga aku lngsung terus search2 sesuatu tntg lagu2 di korea, dan aku gk nyngka, musik2 korea itu bner2 bkin aku smngat. Passionku jdi tiba2 brgerak krna itu. Dan akhirnya smpe skrg, aku masih gak mau jauh2 dri lagu/musik korea. Krn hal itulah aku bercitacita pngin bisa ngemajuin lgi industri musik indonesia biar bisa diliat sm negara2 lain sprti aku yg dri indo ngeliat lagu2 korea. Itu jga jujur bkin aku nmbah diejek krn, kok aku mlah suka K-pop, gak cinta indonesia, masih mnding lgu2 barat. Aku prnah cpek bgt dicerca kyk gtuan,, tpi, aku ttep ma pndirianku. K-pop is my style. Hallyu is my inspiration. Hallyulah yg ngebuat aku jdi menginspirasi utk ngebuat indonesia ini bisa maju dg melalui industri musiknya.
    *malah curhat* #maapye *aku kyk curhat banget ini, sori eon, hehe*

  11. Adll vip mengatakan:

    Hallyu itu Virus ..
    Virus yang menyerang saat kita lemah . Sampe akhirnya jatuh cinta yang gak pernah kesampean. :3

    Hallyu is The Most Beautifull Moment in Life ><

  12. Iin mengatakan:

    Huaaaa yeokshi kak Linda JJANG B.G.T penjelasannya ituloh NGENA bangettt *ciumkakLinda
    aku sendiri sebenernya ga tau apa arti hallyu yg sebenernya aku taunya klo hallyu itu emmmm penyebar(?) gelombang Kpop smpe bisa dikenal masyarakat di dunia itu aja sih… dan skarang aku tau apa itu hallyu berkat jawaban dri anak” BTS sma penjelasan dri kak linda …. KAK LINDAAA MANI MANI SARANGHAJUSEOOOOOO

Tinggalkan Balasan

