Fakta-Fakta EXO Part 195 (Lebih Dekat Dengan Lay)

Posted: Juni 5, 2015 in About EXO M & EXO K
Tag:

We Are One! EXO!

Source: Video – [ENG 720p] 150519 哎豆包包 – Lay mentioning EX0 Cut [mr.virtue] (Credit: 哎豆包包, subbed: Vannesa  Chun)

[ENG 720p] 150519 哎豆包包 - Lay mentioning EX0 Cut [mr.virtue].MP4_000274080

  • Lay cerita satu hal yang ga pernah terlupakan bagi dia selama masa2 trainee di SM. Dia ingat ada suatu hari dimana dia latihan sendirian di ruang latihan SM di lantai basement. Waktu itu musim dingin. Lay ingat saat itu seluruh ruangan itu basah oleh keringatnya. Ga ada orang lain selain dia di situ dan ruangan itu penuh dengan tetesan keringatnya. Dia berlatih sangat keras ketika itu. Musim dingin, musim yang normalnya orang susah untuk berkeringat tapi keringatnya malah memenuhi lantai itu. Bayangkan gimana kerasnya dia latihan saat itu. Hingga dia akhirnya video call dengan Mamanya dan bilang “mah jangan salahkan aku kalau aku nanti tidak bisa debut” (karena usahaku juga sudah sekeras ini) *gue haru ngedenger ini, apalagi saat ini banyak tulisan2 orang di media online yang pada nyalahin Lay dsb sejak Tao keluar dan dia cukup fokus di Cina. Kalo gue sih ya biarkan sajalah mau aktivitas dia di mana, jangan dibash, kasian. Kalo mau support ya support, enggak ya gapapa, ga ada yang maksa juga untuk support idol tertentu, tapi tolong jangan dibash. Meskipun gue bukan EXO-L cuman gue kayak sedih aja ngeliat banyak orang yang malah ngebash dia. Yang gue tahu, Lay itu orang baik, jadi gue ngerasa sedih dengan komentar2 orang saat ini. Namun gue yakin fans2 EXO sejak mereka debut akan lebih bijak menilai semua situasi ini. Gue sendiri ngikutin mereka sejak debut dan kadang juga ngerasa simpati banget sama nasib EXO sekarang yang satu persatu membernya out. Cuman ya gimana, apa gue harus ikutan ngebash? Itu udah gue lupakan sekarang. Gue sadar diri, gue punya salah, mereka punya salah, alangkah baiknya gue sebagai penulis hanya nulis yang baik2 aja tentang mereka dan yang gue rasa jelek, cukup jadi komentar gue di dalam hati. Meskipun gue ga support EXO semenggebu2 dulu cuman gue sama sekali ga benci EXO, jangan salah paham ke gue. Gue sekarang2 ini malah justru simpati sebenernya, apalagi Tao fix keluar. Kalo pesen gue sih misalnya mau support EXO untuk yang sekarang ini ya supportlah, kalau enggak ya ga masalah, tapi jangan dibash. Sebelum ngebash pikirkan hal2 kayak gini, pikirkan Tao X Kris X Luhan X Lay yang pernah mengisi hari2 kalian, pikirkan karya2 mereka dulu yang kalian sukai, pikirkan usaha keras mereka seperti yang Lay ceritakan di sini. Berfikirlah seribu kali sebelum ngebash sesuatu sekarang. Guepun begitu, apa kalian pikir gue ga bisa ngritik idol habis2an di sini? Gue bisa, cuman untuk ngomong hal yang agak menyinggungpun (ga menyinggung banget sekalipun/sebenernya itu pure pendapat gue semata) gue pikirkan berulang2 sebelum gue posting. Kadang sampai 1 jam untuk 2 halaman postingan doang. Kenapa? Karena gue ga mau ada efek jangka panjang, yaitu gue menebar kebencian yang akhirnya gue kena dosanya juga. Gue kadang pengen juga beropini yang cukup ekstrim di sini cuman selalu aja bisa gue urungkan meskipun semua itu sudah selesai gue tulis. Gue edit lagi, gue pikir2 lagi, lama sekali. Kembali lagi, gue pada akhirnya akan mati juga kok chingu, jadi gue ga mau nambahin dosa2 gue dengan hal2 seperti itu, gue takut. Menulis itu menurut gue bukan hal yang mudah, tanggungjawab juga, banyak pertimbangan, perlu skill, harus banyak referensi, kemampuan bahasa dan yang paling berat adalah harus berdeal lama dengan hati dan pikiran gue sendiri. Gue sendiri sama sekali ga sempurna, kadang gue juga ngerasa out of control/salah paham juga sama sesuatu dan itu terlanjur keluar (gue posting) entah di facebook/blog ini. Cuman misalnya gue sadar gue salah, itu sebisanya akan segera gue hapus. Kembali lagi, gue ga mau ada efek jangka panjang, it burden me*
  • Lay di awal2 hidup di Korea ga terlalu suka makan kimchi sebenernya. Cuman karena selalu aja ada kimchi ketika dia makan, dia lama2 terbiasa dengan itu lalu merasa kimchi itu enak juga *iya ya, suka karena biasa*
  • Lay sendiri adalah lead dancer EXO dan dia punya tips supaya bisa jadi dancer yang baik. Yang pertama adalah banyaklah menonton dance2 orang2 yang keren/skillful (banyakin referensi). Setelah itu kalian bisa belajar dance2 point yang orang itu miliki beserta balance-nya ketika ngedance. Setelah itu baru perbanyaklah latihan sendiri dan latihanlah dengan membagi part2nya. Misalnya ada 5 gerakan yang berbeda, nah latihlah pergerakan itu secara terpisah. Ngedance bagi Lay adalah bentuk dari lifestyle hidup sehat juga, semacam olahraga, dan itu menyenangkan. Dan yang paling penting dari semua itu adalah latihan dan latihan (practice makes perfect).
  • Ada cerita juga dari Lay ketika Baekhyun ulangtahun. Lay lupa ngeset jamnya makanya dia ketinggalan ngucapin selamat ulangtahun untuk Baekhyun. Waktu itu dia masih di Cina. Dia lalu sms ke Baekhyun “maaf ya hyung telat ngucapin, cuman selamat ulangtahun yah dek (younger brother)”. Baekhyun ngejawab “hyung, kamu sekarang sedang lelah kan? Benar kan? Meskipun hyung lelah, tetaplah kuat. Ini jalan yang sudah hyung pilih, jadi jangan menyerah, kami selalu mendukung hyung”. Lay bener2 terharu dengan itu, yang ulangtahun itu Baekhyun cuman yang haru malah Lay saat itu. Waktu itu Lay memang sangat lelah, dia harus ngebut syuting film di Cina. Dia terharu karena Baekhyun dan yang lain ternyata sangat care dengan dia *gue ga tahu cuman gue rasa Lay bakalan masih stay di EXO meskipun tinggal dia member Cina EXO. Entah kenapa gue ngerasanya gitu. Tao keluar itu udah pernah gue prediksi sebenernya cuman kalo Lay gue ga ada kesan kayak gitu. Yah semoga aja Tao yang terakhir. Entah kenapa gue selalu ngerasa Lay itu orang yang baik*
  • Bagi Lay, member EXO yang paling bersih itu XiuMin. XiuMin adalah member yang sangat teratur sekali gaya hidupnya. Dia sudah tidur jam 11/12 malam (ya kalo di sini berarti jam 9/10 malam sudah tidur). Dia juga punya 2 vacum cleaner di kamarnya, yang 1 untuk lantai dan yang 1 untuk tampat tidur. Kata Lay, ibaratnya ga ada satupun debu yang ada di tempat tidur Umin saking bersihnya dia, haha. King of cleaness-nya EXO berarti *keren*
  • Nama fans Lay di Cina adalah XingMi chingu.
  • Member EXO yang menurut Lay paling bisa ngejoke adalah Baekhyun. Ini karena dia tipe yang bisa ngejoke buat dirinya sendiri dan cerita jokes ke member2 lain. Dia juga jago impersonation dan geingi2 yang lain di EXO.

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Asri Rachmawati mengatakan:

    Dear chingu..
    butuh waktu lama akhirnya gue berani komentar di blog ini. sebenarnya gue udah jadi pembaca blog ini sejak pertama kali blog ini membuat review-an ttg EXO. Entah knp jujur gue agak sedikit kecewa krn pada akhirnya lu lebih memilih menjadi A.R.M.Y dari pada EXO-L, walau pun gue sendiri juga ngfans ama keduanya. Tapi gue merasa kita punya kemiripan karena baca review-an di blog ini ttg Rapmon, karena gue juga suka sama mixtape nya Rapmon ^^ .. Tapi gue ga berani bilang bahwa gue ingin juga menjadi bagian dari A.R.M.Y karena usia gue lebih tua dari para member BTS😀
    Gue cuma mau bilang terima kasih sudah membuat blog sebagus ini ^^ dan terima kasih juga gue akhirnya melihat sikap dewasa seorang fans yang ga ikut ng-bash member EXO. Gue sadar betul pembaca blog ini sangat banyak jadi gue rasa blog ini bisa jadi pedoman yang bagus untuk mereka yang hobi ng-bash para idol.
    Sekali lagi terima kasih untuk tulisan di blog nya ^^

  2. Annisa Icha mengatakan:

    Aku ngerasa Lay itu orangnya pekerja keras banget. Salut sama dia.
    Iya, aku juga ngerasa Lay orangnya baik banget, entah lihat dari apanya, tapi aku rasa Lay emang baik. Mungkin itu terbukti dari ucapan-ucapannya, aku juga ngerasa kaya’nya dia bakal tetep di EXO. Ya, semoga Tao member terakhir yang keluar. Kalau aku sempet mrediksi Kris, maksudnya nebak-nebak gitu.

  3. bubblexo mengatakan:

    ternyata bukan cuma aku aja yg ngerasain itu. Aku juga sempet mikir abis krislu keluar “kok kayak ada mau keluar lg ya , kayaknya ber10 kurang pas deh”.tapi semuanya aku tepis, aku berpikir positif aja. eh taunya bener, tapi yaudahlah. Tetep support exo. Trus buat yg keluar, good luck lah.

  4. kirana mengatakan:

    eonnie udah delivery pizza blm?yg nganter cakep namanya Min Yoon Gi.kalo eonnie dah liat aku yakin eonnie bakalan delivery tiap hari….ditunggu review ttg BTS lg.seharian kmrn seneng bgt liat 2 mv BTS.mv For You yg cute bgt.trus mv dance practice real war version yg sukses bikin ngakak.

  5. kaisoo_shipper1214 mengatakan:

    Ya ampun!! Kenapa Lay harus dibash kayak gitu,dia itu orang jujur banget kalau dia itu bnr² bakal stay di exo sampai kapan pun. Bukti nya aja pas drean concert 2015 di ikut perform sama exo walau di kena cidera pinggang yang blm smbh banget. Apa itu nggak cukup bilang kalau dia masih setia sama exo?? Keliatan dari muka Lay kalau dia bnr² dari hati bilang kalau dia itu bakal stay di exo. Aku masih bisa pegang omongan Lay dari pada Tao. Tao itu bnr² PHP bngt untuk fans. Pas kris pergi dia bilang bakal tetep stay di exo dan dia kan udah janji tapi dia sendiri yg ngelanggar janji nya.

  6. Nur Anisa mengatakan:

    kasian lay dibash sm Knetz sampe2 dibilang rubah licik,reader baru salam kenal

  7. Hayu Riyani mengatakan:

    Halo Kak,
    Kalo nggak salah ini udah hampir setahun sejak kali pertama aku ngikutin blog kakak. Aku inget waktu itu aku bisa dibilang antis EXO. Cuma bener kata orang, kalo cinta dan benci itu beda tipis. Nggak tau gimana akhirnya aku ketemu blog ini dan akhirnya respect ke EXO. Untuk ngasih komentar kayak gini bener-bener nggak gampang buat aku pribadi, cuma ya ini yang bisa aku lakuin buat menghargai penulis. Waktu kakak mutusin jadi Army aku sempet yang “ah~ selamat tinggal review.an EXO”, sempet kecewa juga. Tapi ternyata enggak, kakak masih mau ngreview EXO. Banyak hal yang bisa aku pelajari dari review kakak, salah satunya tentang cara berpikir fans dewasa. Terimakasih, untuk memilih tidak menebar kebencian. Terimakasih karena udah nulis selama ini. Keep writing, Kak. Fighting.

  8. jepretpress mengatakan:

    sama, aku juga ngerasa lay itu orang baik dan pekerja keras, kasian liat dia di bash sama netizen, kykny mereka nganggep lay brengsek😦 , ya gatau sih kedepannya di stay apa ga, tapi apapun keputusan dia, walau bkin kecewa, setidaknya itu bgt, jgn di bash, semuanya jg salah😦

  9. Mochi mengatakan:

    Sejak suka sama EXO aku selalu perhatiin Lay dan aku ngerasa dia pribadi yg sopan n gak banyak tingkah. Heran aja kalo sekarang banyak yg tega ngebash dia. Aku harap sih Lay bisa tetep kuat n tegar menghadapi semua kemelut ini. Yaa, walaupun aku masih 50-50 dg kemungkinan dia bakal ngikut jejak Kris, Luhan n Tao. Soalnya mau ga mau pasti ada kalanya dia ngerasa kyk kaum ‘minoritas’ di grup. Yang tadinya punya 3 partner dari negara yg sama, sekarang tinggal dia seorang. Tapi semoga ngga deh, hanya pikiranku aja hehe. Thanks mba Linda atas reviewnya.. Ditunggu postingan EXO selanjutnya ^^

  10. vitari mengatakan:

    #baper
    Gomawo eonni, aku jadi sadar kalo ngebash merka bertiga itu gak ada gunanya sama sekali. Krna kita pun jga pnya kesalahan, bukan cuma mrka doang. Dan juga eonni, jujur, aku smpet agak khawatir krna akhir2 ini eonni gak prnah lgi ngeposting tntg exo. Stlah aku baca postingan ini, aku akhirnya mlai ngerti. Mungkin krna tntg kabar tao mau kluar itu, eonni jdi ngerasa gimana gitu klo ngeposting tntg exo lgi. Dan skrg pas tao udh bner2 bkal keluar, akhirnya eonni ngeposting lgi.
    Aku mau mohon bgt sma eonni, ttep dukung exo ya! Aku gak mau exo kehilangan seorang fans sebijak eonni..

  11. Anonymous mengatakan:

    Yaaa lay gak usah sedih kan masih ada member2 lain dan fans

  12. rosepixylalala mengatakan:

    lay itu dimata knetz kayak jelek bgt gitu eon, licik, muka dua, gimana gue gk mewek😥
    liat video dulu pas exo fisrt win yg lay selalu bow ke orang” dibackstage dgn ekspresi terharu gitu, mbayangin gimana usaha dia buat debut, sampe” cedera pinggangnya tapi ttep tampil, hemophilianya dia, kurang apa sih gue heran, gue yakin dia anak baik, yakin bgt. kalopun nanti keluar pasti karena udah ada dibatasnya. huhu kan baper

    gue gk suka eon, taolukris dibash, gk tau ya walopun kecewa berat tapi selalu liat kalo diposisi mereka gimana. sedih sekaligus seneng liat exo sekarang, mereka jadi kuat, fandom jga kuat, ah pkoknya exo saranghaja lah🙂

Tinggalkan Balasan

