Fakta-Fakta BTS Part 117 (Tentang “O!RUL8,2?”)

Posted: Juni 9, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video – 131005 슈퍼주니어의키스더라디오 방탄소년단 by플로라 (Credit: KBS, encoded/uploaded: Flora)

131005 슈퍼주니어의키스더라디오 방탄소년단 by플로라.mp4_000033700

131005 슈퍼주니어의키스더라디오 방탄소년단 by플로라.mp4_000036569

131005 슈퍼주니어의키스더라디오 방탄소년단 by플로라.mp4_000040040

  • V di sini mengakui kalo Jin itu visualnya BTS, cuman kalo menurut dia pribadi dia ngerasa yang paling ganteng di BTS Itu JungKook *agak2 kontradiktif sih ya statement ini, cuman ya sudahlah. Lagipula anak2 BTS ga ada yang ga ganteng juga, semuanya ganteng, jadi susah milih visualnya. Kalo gue pribadi sih setuju kalo visual BTS itu Jin*
  • Ketika J-Hope ulangtahun, Jin pernah ngebikinin sup rumput laut buat J-Hope. Ini karena Jin ngedenger pembicaraan J-Hope sama ibunya di telfon yang bilang dia ga bisa makan sup rumput laut di hari ulangtahunnya, makanya Jin mutusin buat bikinin itu dan ngasi surprise ke J-Hope-nya *so sweet~ TT TT*
  • Jin ini orangnya easy going banget sama RapMon yang jadi leader padahal dianya lebih tua dari RapMon. Dia rasa RapMon itu leader yang bisa take care dongsaeng2 dan hyung2nya di BTS jadi ya ga ada masalah jadi leader, meskipun secara usia beda 2 tahun dari Jin *menurut gue Jin ini orangnya apa2 ga terlalu dipikir chingu, bener2 easy going orangnya. Makanya adem kalo ngomong sama dia, karena dia santai orangnya*
  • Member yang paling bersih di BTS itu J-Hope. Dia bilang kalo ada sampah2/yang perlu dicuci selalu dia beresin. Ketika ditanya Ryeowook member yang paling ga bersih itu siapa, semua langsung mengarahkan pandangan ke RapMon. Udah feeling ga enak sih RapMonnya, eh kena juga, wkwk. RapMon sendiri mengakui itu, dia bukan yang sering bersih2 dorm kayak J-Hope. Ga jorok sebenernya, cuman berantakan *kayak SuHo EXO, ga jorok cuman berantakan*
  • PDnim Bang ShiHyuk ga hafal nama V (Kim TaeHyung) padahal udah 2 tahun trainee di Big Hit. Makanya pernah si V ngungkapin uneg2nya ini ke Bang ShiHyuk PDnim di A.R.M.Y Rookie King. PDnim sendiri ga sengaja ga inget, karena memang dia tipe yang ga mudah inget nama. *ada kan ya orang seperti itu, tahu wajahnya cuman buat inget namanya sulit*. PDnim sendiri sudah minta maaf pada V saat itu juga.
  • Nama album2 BTS kan sering disingkat2 gitu kayak “O!RUL8,2?” “Skool Luv Affair” dsb. Itu karena genre mereka hip hop dan biasanya kata2 di hip hop itu disingkat2 *tapi ini bener, gue sering baca lirik2 lagunya 2PAC (musisi hip hop legend) dan misalnya dia bilang “for” gitu jadi 4, “to” jadi 2 dsb. Hip hop memang kayak gitu, ada banyak singkatan2*
  • Karena genre mereka hip hop, lagu di mini albumpun banyak. Di “O!RUL8,2?” itu ada 10 lagu. Padahal biasanya 10 lagu di album itu sudah bisa jadi full album. Anak2 BTS konsepnya full album itu lebih panjang lagi, jadi 10 lagu masuknya masih mini album, bukan full album.
  • Title track di “O!RUL8,2?” itu sendiri (N.O) bagi RapMon susah karena lirik rapnya harus bisa didance-kan. Jadi ketika bikin rap di lagu itu dia harus mikir apakah bisa lirik itu di dance-kan karena memang mereka group yang ada performance-nya (dance) juga *sebelum ini gue tahunya malah musiknya yang harus bisa didancekan, bukan liriknya. SM itu kayak gitu, gimana caranya musik bisa didancekan. Ternyata BTS beda, gimana liriknya bisa di dancekan. Keren sih menurut gue. Ketika lirik bisa sesuai sama dance. Tapi SM juga keren karena dance mereka rata2 selalu match banget dengan musiknya. Misalnya di OVERDOSE suara drum di musiknya tervisualiasasi banget di dance mereka yang semacam mukul drum (kepala member lain) dan ngejadiin pipi mereka drum dsb, sangat kreatif*
  • Di album “O!RUL8,2?” sendiri JungKook paling suak track “We On” *setuju gue, lagu dan lirik lagu ini gue suka*. RapMon X Suga yang nulis liriknya banyak naruh pemikiran mereka di track ini. Cerita di liriknya kurang lebih semacam mereka heran aja sama orang2 yang dulu ga deket sama mereka cuman setelah mereka “terkenal” jadi kayak deket, itu ngebuat mereka kurang nyaman. Suga di acara radio lain juga pernah bilang kayak gitu, ada orang2 yang dia ga kenal banget dan ga kontek2an juga selama 3 tahun dia trainee, cuman pas dia udah debut malah telefon/kayak kenal banget dsb. Suga kurang nyaman sama hal2 itu. Karena salah satu alasan itulah kenapa lagu “we on” ada. Gue suka sih karena ini real apa yang mereka alami. Gue suka lirik2/lagu yang ceritanya nyangkut sama mereka sendiri, bukan dibikin sama orang lain, jadi lebih kena. Lirik yang paling gue suka di lagu itu adalah “you guys only want to see what you want to see anyway”, semacam orang itu punya kecenderungan hanya ingin melihat apa yang ingin dia lihat dan menafikkan aspek yang lain, kurang menghargai aspek yang lain itu tadi. Contohnya gini, ada orang yang mungkin baca tulisan gue sepotong2 yang jadinya salah paham ke gue, dikira gue sekarang benci EXO dsb, hanya karena sekarang fokus ke BTS karena memang A.R.M.Y. Semua itu ada prosesnya dan bisa salah paham karena sepotong2 ngeliatnya, ga diperdalam, hanya ingin melihat yang ingin dilihat saja berarti, ga mau tahu di balik itu semua gimana, cuman langsung bikin kesimpulan yang sebenernya kadang bikin gue jadi gimanaaa gitu. Makanya gue konek sama lirik lagu tadi karena gue ngerasa itu ada sangkut pautnya sama yang gue alami sendiri, bukan lagu yang ga ada hubungan/sangkut pautnya sama gue. Kayak lagu ini juga, meskipun mungkin ada yang ga suka sama gue, gue akan tetep on/jalan terus. Kalo BTS “we on”, maka gue “me on”. Lagipula kita kan ga pernah bisa ngebuat semua orang suka/puas dengan semua yang kita lakukan juga kan? Yang penting gue udah berusaha sebisanya, berusaha menjadi yang paling baik versi diri gue sendiri*
  • Title track “N.O” sendiri musiknya dominan di trap. Trap sendiri adalah musik hip hop yang hentakannya up and down (di intro lagunya keliatan). Waktu itu lagi booming banget trap ini dan karena anak2 BTS genrenya hip hop makanya make unsur2 kayak gini *yeoshi, BTS*
  • Ada track “coffee” di “O!RUL8,2?” dan member2 BTS sendiri pada dasarnya suka dengan lagu itu. Lagu itu sendiri adalah lagunya Urban Zakapa yang diciptakan Bang PDnim. Anak2 BTS pengen masukin track itu ke album dan PDnim mengijinkan. Anak2 BTS mengaransemen ulang lagu itu dengan ditambah rap dsb sehingga style lagu itu bukan lagi Urban Zakapa’s style tapi jadi BTS’s style *gue sendiri suka Urban Zakapa chingu. Lebih dulu tahu mereka daripada BTS malah. Salah satu lagunya Urban Zakapa yang gue suka adalah “the day we..”
  • “Paldo Gangsan/Satoori rap” masuk “O!RUL8,2?” juga dan itu jadi track ke-2. Mereka nyanyiin lagu ini live di radio ini dan menurut gue keren banget *Ada lirik yang gue denger semacam “in English you’ll never understanding”. Gue sendiri selalu ngerasa kalo faseh bahasa Inggris itu bukan segala2nya. Jadi diri sendiri itu yang terbaik. Gue ga ngerasa orang Korea yang faseh ngerap bhs Inggris itu keren banget, keren sih cuman ga banget2. Justru yang keren itu kayak BTS ini, yang ngerap pake satoori, pake style budaya mereka sendiri. Kayak sinergi jadinya, kalo disuruh pake bhs Inggris bisa (RapMon) dan kalo diminta pake satooripun juga bisa (semua member). Gue malah justru seneng yang gini2, yang ngebawa budaya mereka sendiri ke dalam rap/hip hop. Gue selalu ngerasa idol2 rapper Korea yang sangat faseh dalam bhs Inggris sekalipun ga akan pernah bisa “ngalahin” rapper2 Amerika (para original musisi hip hop/rap). Jadi untuk stand out yang bener2 stand out menurut gue caranya bukan ngerap dengan bhs Inggris sebaik mungkin, tapi menciptakan sesuatu yang baru, salah satunya rap yang pake satoori ini. Ini inovasi yang keren banget dari BTS menurut gue, mereka rapper cuman mereka ga kehilangan jati diri sebagai anak muda Korea yang tumbuh dengan dialek satoori di daily life mereka. Keren itu menurut gue bukan yang meniru, keren itu yang menciptakan, mereka yang berinovasi, berkreasi, kreatif, punya style sendiri, apapun, entah musik, tulisan, gambar, lirik, semua bentuk karya seni. The best thing is BE YOURSELF anyway. Dan #respect to each others creation. Jika ga puas sama kreasi orang itu, coba bikin sendiri yang dirasa lebih baik. Kayak liriknya RapMon di “cypher pt 3: KILLER”, jika kalian ingin menjadi sesuatu, maka buatlah sesuatu (yang original), dan yang bisanya kritik/komen sana sini yang cenderung ga respek sama karya orang adalah zero/nol besar. Ini nasehat buat gue juga, gue juga ga sempurna. Makanya gue suka sekali lagu ini, semacam jadi pengingat gue untuk “back yourself and look at the mirror!” sebelum mengkritik/memberi komen yang gimana2 pada karya orang lain, yang kita belum tentu bisa. Memang keliatan agak frontal sih bahasa2 kayak gini cuman inilah hip hop, its all about realness, real thing. Dan menurut gue itu bukan hal yang salah, karena dalam ajaran agamapun diajarkan untuk menghargai orang lain (#respect)*

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

#BeYourSelf #ILoveMySelf

Komentar
  1. Iin mengatakan:

    aku juga suka banget sma lgu “We On” selain tittle tracknya N.O ga tau artinya sih tpi suka aja ..jujur aku ini ga tau tntang lirik” lgu BTS atau bb2 yg lain tau sih tpi cuman intinya doang ga secara keseluruhan tau.. tpi cuman denger doang lgunya udah bikin aku suka kya lagu2nya BTS ini… dan aku suka banget sma penjelasan kak linda ini yeokshi linda eonni jjang!! aku ini jga jujur bukan ARMY aku itu SHAWOL tpi semenjak ngikutin BTS dri blognya kak linda ini skarang aku ngrasa klo aku kayaknya punya fandom lgi selain SHAWOL yaitu ARMY ini….punya 2 fandom/banyak fandom skalipun bukan hal yg buruk kan??? bukan berarti aku nglupain first fandom ku dong.. *jadi curhat malah wkwkwk

  2. Eka aprilia mengatakan:

    Anyeong army…. saya ngefens bngt sama tulisannya chingu…. awalnya saya bingung. Kan sering liat video mereka toh… kan jiimin dari busan sering pakek satoori. Trs aku bingung saatori itu bahasa kyk gmn sih… kok v ketawa kalau jiimin ngomong satoori. Terimakasi chingu

Tinggalkan Balasan

