Fakta-Fakta BTS Part 118 (Antara Zico X YongGuk X Rap Monster)

Posted: Juni 10, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  150403 정국 (Credit: Big Hit Ent @BANGTANTV), 140512 슈퍼주니어의키스더라디오 정국(BTS Jungkook) by플로라 (Credit: KBS, encoded: Flora), [ENG SUB] 140702 Moon Heejun’s Pure 15+ Hiphop Idols – Bang Yongguk, Zico, Rap Monster (Credit: MNET, subbed: B.A.P Subber)

150403 정국.mp4_000090690

140512 슈퍼주니어의키스더라디오 정국(BTS Jungkook) by플로라.mp4_000350033

  • Ternyata yang notice kemampuan JungKook dalam producing musik adalah Pdogg. Jungkook nyebut Pdogg ini Pdogg PDnim *PD adalah akronim produce juga soalnya*. Ketika JungKook lagi asik2 bikin musik sendirian, tiba2 Pdogg denger dan bilang kalo musik bikinan JungKook bisa masuk album bagian outro kalo misalnya bener2 bagus hasil akhirnya. Makanya sejak itu JungKook berusaha sebaik mungkin dan akhirnya bisa masuk album. Dia berterimakasih karena berkat bantuan banyak hyung2 di Big Hit akhirnya outro itu jadi juga dengan hasil yang diiinginkan. Meskipun begitu JungKook ngerasa kalo dia belum memaksimalkan semua kemampuannya dan ke depan dia bilang akan melakukan lebih dari ini. Dia ngerasa dia belum pada titik maksimal dari kerja kerasnya makanya dia banyak berfikir juga jadinya *JungKook Fighting!*
  • JungKook bilang di radio ini kalo dia ga punya temen yang sudah temenan banget sama dia (temen deket) selama 10 tahun (temen yang bener2 dari masa kecil). JungKook rasa dia baru punya temen deket ketika dia SMP *Sekarangpun JungKook keknya juga ga punya bener2 temen deket selain member2 BTS. Gue pernah liat video di BANGTAN BOMB yang dia pernah ditanya J-Hope/Jimin deket ga sama temen2 sekolahnya (secara dia masih SMA) dan dia bilang ga punya. Gue rasa dia deketnya sama member2 BTS aja. Bukan tipe orang yang banyak temennya. Gue rasa dia itu orangnya cukup pendiem, agak tertutup, dia terbuka kalo sama orang2 yang bener2 dia kenal baik aja*
  • Ada satu acara di MNET yang sedikit ngupas tentang idol group rapper cowok yang tahun 2014 lalu booming di Korea. Mereka adalah Block B, B.A.P, BTS dan GOT7. Semua idol group itu main genre/genre utamanya adalah hip hop. Meskipun begitu, mereka punya karakter masing2. Dijelasin di sini kalo karakter Block B adalah traditional hip hop. Untuk B.A.P, style mereka cenderung sangat kuat/hardcore style hip hop. Untuk BTS, mereka arahnya ke old school hip hop style dengan tambahan unsur rock seperti di lagu “ssang namja”. Untuk yang GOT7 ga dijelasin di sini *analisa gue GOT7 itu anak JYP dan JYP itu sendiri punya style yang distinct banget, jadi ya ga mirip siapapun. Meskipun GOT7 itu hip hop group juga cuman mereka punya style sendiri, JYP’s style. Gue rasa anak2 JYP itu malah one of a kind dari yang lain2 karena efek JYPnya sendiri yang memang khas, ga ada yang nyamain/bisa disama2in jadinya*.
  • Masuk ke leader2 group mereka. JB ga di bahas di sini *karena dia bukan rapper. Ga tahu juga gue kenapa Jackson X Mark ga dibahas*. Leader Block B (Zico) dulu adalah anak underground dan specialitynya di rap adalah fast rap (ngerap dengan sangat cepat). Selain itu kemampuan dia ngolah kata2 dan bahasa juga keren banget, makanya bisa disebut sebagai “teknisi rap” di sini. Jay Park ketika ditanya tentang Zico ngasi pendapat kao Zico adalah best idol rapper di Korea. Meskipun perbandingannya bukan idol tapi sampe ke yang underground2, dia rasa Zico tetep bisa masuk 5-10 besar. Jadi kalo perbandingannya antar sesama idol, dia no.1. Sedangkan kalo perbandingannya lebih luas (sampe ke underground rapper juga) dia bisa masuk 5-10 besar versi Jay Park *kalo 5 besar gue setuju cuman kalo no.1 gue sendiri ngerasa no.1 itu Rap Monster. Gue rasa Rap Monster adalah best rapper di Korea, banyak factor, dan ini preferensi gue semata. Kalo Zico, gue juga mengakui kalo dia keren banget. Gue pertama kali tahu Zico tahun 2012. Ketika itu dia featuring HyunA 4MINUTES di lagu “follow me”. Gue waktu itu amaze banget sama skill ngerap dia yang cepet banget, fast rap-nya ga main2, KEREN! Gue rasa fast rap=ZICO. Cuman waktu itu gue ga cari lebih dalam tentang dia dan Block B bahkan sampe sekarang. Tapi kalo masalah skillnya dia, gue mengakui banget kalo memang bagus*
  • Untuk Bang YongGuk B.A.P, style rapnya dia adalah stable rap/rap yang konstan. Karakter tone vocal dia husky dan deep *menurut gue ini keren banget, gue sebenernya suka model2 rap kayak begini, yang husky/deep, kayak Bobby iKON juga. Gue kurang suka model tone rap yang light soalnya, gue lebih suka yang namja banget (semacam ngebass, husky atau deep tone-nya)*. YongGuk ini style ngerapnya dibuat slow/stable daripada fast. Itu point yang charming dari dia sebagai rapper *jujur gue ga ngikutin B.A.P sama sekali cuman ketika gue ngedenger slow rapnya dia di video ini gue ngerasa dia rapper yang keren juga, tone dia keren banget, charming banget*
  • Leader rapper yang lain adalah Rap Monster. Kalau Zico stand out di fast rap, YongGuk di stable rap, maka Rap Monster juara di rima-nya. Rap Monster kalo bikin kata2/rap/lirik itu bisa banget mainin rimanya dan itu ciri khas dia. Selain itu, dia sangat mengerti flow dan beat. Flow dan beat itu digabung sama rima2 di lirik dia yang sangat colorful. Makanya RapMon itu bisa banget kalo diminta freestyle, karena dia jago bikin kata2 yang berima. Dia dari kecil suka nulis dan bikin puisi, makanya kepekaan dia pada kata2 itu sangat tinggi dan itu teraktualisasikan di rapnya.
  • Nah di acara ini Moon HeeJun (MCnya) nanya ke Raina (Orange Caramel/After School) dan San E (rapper) siapa dari ketiga leader rapper itu yang mereka pilih/paling suka. Mereka disuruh ngedenger masing2 rap dari mereka dan mutusin siapa yang paling mereka suka tanpa tahu milik siapa suara rap itu. Akhirnya baik Moon HeeJun X Raina X San E semua milih no.1 dan itu suara dari Rap Monster. San E ngerasa rapnya RapMon paling strong dan impactful bagi dia, makanya dia milih itu *San E sendiri adalah rapper Korea terkenal yang pernah juga jadi juri di Mix And Match YG buat ngejuri anak2 calon iKON. Dia waktu itu jadi juri bareng rapper lain kayak Tablo EPIK HIGH, GRAY, SIMON D dan YG sendiri. YG minta dia jadi juri pasti memang karena YG menganggap San E kompeten juga. Kalo gue gimana? Gue udah bilang di awal kalo rapper yang paling bagus/best di Korea yang gue tahu sampai saat ini (saat gue nulis ini, 10 Juni 2015) adalah Rap Monster. Sebelum2nya memang bukan Rap Monster cuman itu karena gue belum tahu Rap Setelah tahu, gue ngerasa dialah yang terbaik. Misalnya gue diminta milih rapper mana saja yang keren di idol K-Pop gue rasa bakalan pusing banget karena banyak banget yang keren. Cuman kalo misalnya gue diminta ngerangking 7 idol rapper Korea paling bagus, gue punya preferensi sendiri. Kenapa 7? Biar sesuai sama jumlah member BTS, kan 7, wkwk #apadeh #abaikan. No.1. gue bakalan milih RapMon, kenapa? Karena gue suka orang yang ngerap dengan sangat memperhatikan kata2. Gue tipe orang yang suka lagu itu ga cuman pada musiknya tapi juga pada liriknya dan RapMon dengan segala lirik dan rimanya telah sangat menarik perhatian gue. Liriknya dia itu banyak yang encourage people, gue tersentuh karena itu. Di samping lirik/rima dia yang outstanding, flownya dia swag banget, beat yang dia pilih di mixtapenyapun keren2 banget, nunjukin kalo sense/selera dia ke rap pada khususnya dan musik pada umumnya sangat bagus, brilliant musician. Salah satu lagu di mixtapenya “I believe” itu merepresentasikan banget gimana lirik X musik X flow X beat X skill X  tone X wisdom X language ability X  brain X style/sense/swag dari seorang RapMon menurut gue, dan itu ngebuat gue bener2 jadi suka RapMon, hingga akhirnya jadi semacam pintu gerbang gue untuk tahu BTS lebih jauh sampe sekarang. Lagu itu punya makna yang dalem banget buat gue pribadi. No.2 adalah Suga. Gue ngerasa vocal Suga itu light, dan jujur untuk seorang rapper, gue kurang suka tone kayak dia sebenernya. Cuman gue tetep suka Suga karena dia ga mencoba jadi orang lain dalam ngerap, dia pake tone dia sendiri apapun tone itu sejak awal. Gue sangat menghargai itu, sangat. Selain itu kemampuan dia bikin lirik juga keren, kayak ngomong aja, gue suka. Sayang dia ga bisa bhs Inggris kayak RapMon, jadi lirik2nya hanya berhenti di bahasa Korea saja. Meskipun pake bahasa Korea, bagi gue bahasa Korea yang dia gunain di rap itu high quality, maknanya dalem tapi bahasanya lugas, diksinya simple yet outstanding menurut gue. Gue amaze sama part Suga terutama di lagu “Hip Hop Lovers” & “move”, di rap itu liriknya pake bahasa2 yang lugas/simple tapi di sisi lain stand out bagi gue. Rapper ketiga yang gue pilih adalah Zico. Gue ga begitu tahu mendalam tentang Block B cuman gue tahu beberapa lagu mereka. Tentang skill sendiri gue suka fast rap kayak Zico, itu menurut gue sama sekali bukan hal yang mudah dan Zico bisa begitu keren dengan itu, salut. Gue selalu amaze sama orang yang bisa ngerap dengan kecepatan sangat tinggi. Lirikpun Zico bagus, real. No.4 gue pilih GD, kenapa? Karena rapnya stylist, dengan lirik yang fancy. Bukan ngerap yang bener2 cepet dan dengan tone yang charming/ngebass, tapi dengan style GD sendiri yang memang one of a kind. Tone dia light dan dia bisa menggunakan tone seperti itu untuk ngerap, itu keren banget. B.I/Hanbin iKON itu mengingatkan gue sama GD, karena tone mereka sama dan cara mereka bikin lagu dan ngerappun sama2 stylist, GD=stylist rap. Untuk selanjutnya gue milih MINO WINNER, kenapa? Karena style ngerap dia itu menurut gue classy, classy rap. Dia kalo ngerap kadang agak dibuat slow dan kedengeran sangat berkelas yang gue rasain, gue suka. Tone dia juga khas, berat/deep, gue suka. Cara dia melafalkan kata juga MINO banget. Gue bisa kenal MINO dari cara dia melafalan kata2, beda dari yang lain, ada penekanan2 tertentu yang itu MINO banget. Lirik2 MINOpun bagus, cuman kurang banyak liriknya dia yang bisa menyentuh gue, maksudnya ga sebanyak RapMon/Suga. Ada yang menyentuh cuman ga sebanyak RapMon X Suga (BTS). Untuk no. 6  gue pilih Bobby iKON, kenapa? Dia ini style ngerapnya husky, suaranya charming banget, dan somehow sangat YOLO, free, gue suka. Bobby ini menurut gue idol yang suara huskynya digunain banget di rapnya, husky rap, keren banget. Untuk lirik, gue ga terlalu suka gaya Bobby, dia terlalu banyak bicara tentang uang/materi di lirik2nya dan gue kurang suka, kayak aliran young money young boss, gue kurang suka itu soalnya. Selanjutnya adalah Bang YongGuk. Dia dan Bobby sama2 husky cuman YongGuk lebih slow kalo ngerap, dibuat stable, ga seperti Bobby yang bisa cepet dan menggebu2 juga. Karakter YongGuk yang stay di stable rap ini menurut gue keren banget, bakalan adem kalo ngedenger dia ngerap. Untuk liriknya sendiri gue belum tahu, makanya ga berani komentar. Gue nempatin YongGuk di peringkat 7 lebih ke karena gue belum kenal dia lebih mendalam aja. Somehow misalnya gue nemu hal2 keren di dia, bisa aja peringkatnya ga segitu versi gue. Ini pendapat gue saat ini aja, gue rasa akan bisa berubah juga seiring berjalannya waktu dan bertambahnya referensi gue. Meskipun begitu, khusus untuk RapMon gue rasa akan sulit berubah karena dia punya aspek2 tertentu yang menurut gue sulit dimiliki rapper lain. Bukan tentang skill, bukan flow, bukan tone, bukan beat, bukan music dan bukan swag/style/sense, tapi fakta kalo dia faseh sekali dalam bhs Inggris mengingat dia orang Korea asli dan juga jenius secara akademik/analisis (brain). Menurut gue itu point dia yang sulit dimiliki rapper lain, meskipun bukan point yang bisa menentukan segala2nya dalam hal rap. Dua hal itu bagi gue tetep punya pengaruh signifikan, meskipun mungkin orang lain ga melihatnya begitu. Gue pernah denger kata2 dari seorang guru agama “kenapa manusia bisa lebih tinggi derajatnya dari malaikat?” jawabannya adalah karena manusia berilmu, ilmu membuat manusia berderajat tinggi, ilmu membedakan manusia X malaikat. Namun bisa saja manusia itu lebih rendah dari setan juga, jika dia bertindak melampaui batas. Bagi gue ilmu itu arahnya adalah ke wisdom/kebijaksanaan. Orang yang ga berilmu ga akan punya wisdom, makanya gue menghargai orang2 yang banyak ilmu chingu. Dan bagi gue orang yang menguasai ilmu tertentu itu tetep akan ada bedanya dengan yang enggak. Ada hal yang gue bisa belajar dari RapMon, dia segala kepinterannya menginspirasi gue secara ga langsung, untuk jadi orang yang lebih berilmu juga. Ilmu itu kan banyak, ilmu agama, ilmu bahasa, ilmu musik, ilmu hitung dsb. Gue sadar RapMon itu pasti beda kepercayaan dengan gue, cuman entah gimana gue ngerasa meskipun berbeda gue banyak terinspirasi dia untuk jadi lebih baik, dan gue berterimakasih karena itu, alhamdulillah. Gue pernah berdoa “Ya Allah jangan jadikan apa yang saya suka menyebabkan saya celaka, jadikan apa yang saya suka menjadikan saya selamat”. Dan itu ngebuat gue takut sebenernya, makanya gue mulai lebih selektif dalam menyukai dunia musik secara umum atau K-Pop secara khusus ini. Gue semacam harus pandai2 menyaring semuanya sekarang kalo ga ingin lepas kendali. Gue sadar suka hal2 kayak gini tingkat riskannya sangat tinggi, makanya gue harus menguatkan mental gue dan kepercayaan gue jika ingin terus ada di bidang kayak gini. Gue percaya manusia bisa mengambil pelajaran dari banyak hal termasuk dari manusia yang lain (siapapun dia), musik dan lirik. Ga semuanya di musik dan lirik adalah baik/buruk menurut gue, dan perlu penyaring untuk itu, dan gue terus berusaha untuk itu sekarang, semoga gue bisa. Gue sama sekali ga sempurna untuk hal2 kayak gini, gue masih terus mencoba, terus belajar, sampai kapan gue juga ga tahu, maybe has no ending, semoga gue stay kayak gini sampai akhir. Gue rasa ini akan sulit sekali tapi semoga gue diberi kemudahan. Ok, gue malah jadi kemana2 akhirnya, hehe. Nah buat rapper2 lain yang ga gue sebut gimana? Bukan berarti jelek, cuman ga masuk ke preferensi gue aja. Lagian ini preferensi/selera gue semata aja. Semua orang berhak punya preferensi asal ada alasannya kan? hehe. Bagi gue rapper itu yang paling penting adalah jadi diri mereka sendiri, jangan pake tone suara orang lain/pakai tone suara sendiri entah itu light sekalipun. Untuk lirik, yang paling keren adalah yang juga punya style sendiri di lirik2 mereka. Tentang tone/suara tadi jangan semacam dibass2in supaya keren dsb, itu malah bikin ga keren menurut gue. Yang terbaik adalah gunakan vocal tone sendiri, menjadi diri sendiri, dan gue rasa 7 rapper yang gue sebutin tadi punya tone dan style masing2 dalam ngerap dan semuanya keren, meskipun tetep ada peringkat tersendiri menurut gue. Intinya rapper is about BE YOURSELF. Dan kenapa gue suka BTS? Salah satu factor utamanya adalah dari sisi rap ada 2 rapper yang menurut gue are amazing rapper, Rap Monster X Suga. Sekali lagi pandapat yang di atas itu adalah pendapat gue semata dengan alasan2 tertentu versi gue, no offense*

[ENG SUB] 140702 Moon Heejun's Pure 15+ Hiphop Idols - Bang Yongguk, Zico, Rap Monster.mp4_000041207

[ENG SUB] 140702 Moon Heejun's Pure 15+ Hiphop Idols - Bang Yongguk, Zico, Rap Monster.mp4_000054354

[ENG SUB] 140702 Moon Heejun's Pure 15+ Hiphop Idols - Bang Yongguk, Zico, Rap Monster.mp4_000067267

[ENG SUB] 140702 Moon Heejun's Pure 15+ Hiphop Idols - Bang Yongguk, Zico, Rap Monster.mp4_000083483

[ENG SUB] 140702 Moon Heejun's Pure 15+ Hiphop Idols - Bang Yongguk, Zico, Rap Monster.mp4_000111010

[ENG SUB] 140702 Moon Heejun's Pure 15+ Hiphop Idols - Bang Yongguk, Zico, Rap Monster.mp4_000200366

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. wikapratiwi8wp mengatakan:

    Gue sering baca tulisan kak Linda, dan gue sering like aja sih sebenernya haha maaf ya kak gue jarang komen disetiap tulisannya. Dan kenapa gue komen disini? Karena menurut gue ada bahasan kakak disini yang sama seperti yang gue jadikan pertanyaan sebelumnya. Bahasan kenapa suka musik Korea yang ujung”nya nyangkutin ke bahasan Agama.. Disitu sih point bahasan yang gue suka dari kakak di part ini. Menurut gue juga gitu, Idol Korea udah pasti beda agama sama kita terutama buat yang muslim. Tapi terkadang terlalu banyak yang nge-judge orang” yang suka musik korea itu seolah gak tahu tentang agama. Padahal point of view seseorang itu kan beda”, mereka juga bisa buat nge-filter semuanya dengan baik biar gak lepas kendali kayak kata kakak..Sekali lagi gue appreciate dengan jawaban kakak diatas dan terutama Do’a yang kakak tulis itu hehehe…
    Fighting kak…thanks buat semua tulisannya yang menginspirasi…🙂😀

  2. Hani mengatakan:

    Gue juga mikir kalo rapper idol yang keren itu ya Rap Monster *walaupun banyak yang bilang kalo yang paling bagu itu Zico Block B*
    Dia keren pake banget. Udah keren, jago ngerap, jadi leader, pinter bahasa inggris, jenius, tinggi lagi. Tapi sayangnya gue suka sebel kalo RapMon main game. Pasti bikin berdebar debar *takut gamenya ancur n kalah gara gara rap monster*. Wkwkwkw

  3. kirana mengatakan:

    suka ketiganya….tp tetep RapMon is no 1 for me.
    1.RapMon
    2.YongGuk
    3.Zico
    walau byk yg bilang Zico lbh bagus tp aku suka dan kenal bgt suara khas RapMon.mgkn karena aku g terlalu ngikutin BlockB.kalo BAP lumayan ngikutin karena ada bias appanya alien Daehyun °_°…

  4. @wida_tyant mengatakan:

    Ahhh~ ngomong” aku jadi kangen b.a.p * secara aku kan baby *
    aku nggak terlalu suka sama rapper karna aku lebih suka sama orang” yang main vokal …kkkkk
    ya bener para rapper yang kaka sebutin di atas emang keren” semua sih 😀
    bagi aku , no
    1 : youngguk ,, hhihi * maklum lah hyung nya bias aku * (lirik daehyun)
    aku bingung antara zico sama rapmon * abis mereka semua nya keren * hihi

  5. ayu soraya mengatakan:

    Menurut aku
    No.1 rap monster suka banget sma rap monster

  6. ayu soraya mengatakan:

    Rap monster keren keren abiz rap nya ,waktu di amerika aja warren G bilang rap monster itu ‘snoop dog’nya korea lo poko nya rap mon itu gue banget apa lagi jdi stu sma bts wow tambah gue gue banget

  7. pnvii mengatakan:

    menurut aku yongguk classy banget,saranku coba liat mv yongguk yang “AM 4:44” liat juga translate liriknya ^^

  8. panicattheparty mengatakan:

    OKE akhirnya gue komen..
    Like my uname, im a rapmon fanboy. Dia menurut gue kayak eminem.. itu yg bikin gue suka sama dia.. lirik, rima, tone semuanya keren. Kalo nonton Ugly Rapper, salah satu ada yg bilang “rapper itu harus bisa menulis lagunya sendiri, bahkan bisa chyper dadakan” kurang lebih kayak gitu dah😀 karna banyak idol yg cuma “disuru Ngerap” karena suaranya kurang bagus (NB : Suga perna ngerap dgn lirik yg artinya kurang lebih “Jangan jadi rapper apabila karena suaramu kurang bagus). Makanya number 1 rapper for me is Namjoon !
    Semua terbukti di lagu Do You, joke, sama Unpack Your Bag
    Im not K-POPers, Im here because of BTS and Hip-Hop !😀

  9. panicattheparty mengatakan:

    OKE akhirnya gue komen..
    Im a rapmon fanboy. Dia menurut gue kayak eminem.. itu yg bikin gue suka sama dia.. lirik, rima, tone semuanya keren. Kalo nonton Ugly Rapper, salah satu ada yg bilang “rapper itu harus bisa menulis lagunya sendiri, bahkan bisa chyper dadakan” kurang lebih kayak gitu dah😀 karna banyak idol yg cuma “disuru Ngerap” karena suaranya kurang bagus (NB : Suga perna ngerap dgn lirik yg artinya kurang lebih “Jangan jadi rapper apabila karena suaramu kurang bagus). Makanya number 1 rapper for me is Namjoon !
    Semua terbukti di lagu Do You, joke, sama Unpack Your Bag
    Im not K-POPers, Im here because of BTS and Hip-Hop !😀

  10. poppohan mengatakan:

    Kalo idol rapper Menurutku Rapmon no 1 cuma kemampuan dia blm terlalu menonjol dikenal dunia kayak GD/zicco, no 2 tetep GD, menurutku rapp ngk melulu cepet, suaranya ngak melulu kudu husky deep or apalah.. kalo GD jeniusnya udh ga usah ditanya hampir semua lagu bigbang bagus, apalg solonya, no 3 baru zicco
    Rapper korea aku suka bgt gayanya p-type n don mills.. n juga epik

    Btw aku ARMY.. tp kenapa aku kok malah kesanya banggain dr YG, ya sama ky anak2 BTS ak ngefans cz kemampuan anak didik YG gak usah diragukan.. aku sbg army jg pengen ngerasain rasanya berjuang barng mereka, seperti para vip yg berjuang utk bb dr awal sampai skrg..

  11. Iin mengatakan:

    sekali lgi aku suka banget sma penjelasan kak linda… jjang banget.. yg dibahas bukan cuman rapp,kpop musik,kpop idol tpi juga ada sisi agamanya… love you kak linda…. aku jga ngikutin fakta bts ini dri part 1 tpi wktu itu aku ga pernah komen alasannya krna aku ga tau apa itu alamat surel wkwkwk..
    aku pikir rapp trbaik di idol korea itu GD tpi trnyata ada yg lbih amazing dri GD yaitu Rappmon … aku ga tau sma skali tntang rapp tpi dri blog inilah aku jdi suka rapp hahaa…

Tinggalkan Balasan

