Fakta-Fakta BTS Part 128 (쩔어 X Dope)

Posted: Juni 28, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video –  [ENG] 150625 M Countdown BTS – Mini Fanmeeting – ABS (Credit: MNET, subbed: ARMY Base Subs Team), 150626 뮤직뱅크 방탄소년단(BTS) 컴백 인터뷰 by플로라 (Credit: KBS, encoded: Flora)

[ENG] 150625 M Countdown BTS - Mini Fanmeeting - ABS_.mp4_000027927

  • Yang ingin anak2 BTS sampaikan di lagu “Dope/쩔어” adalah mereka bekerja sangat keras di musik dan berlatih disaat orang yang sebaya dengan mereka hanya bermain/play around *judul “Dope” itu sendiri sebenernya ga ada hubungannya dengan “쩔어/Cheoro”. Dope itu kata slang di Amerika yang identik dengan hip hop yang diasosiasikan dengan keren/stunning dan sejenisnya. Sedangkan “쩔어” itu sendiri adalah bhs Korea yang artinya “struggle/sick”. Semacam orang yang sudah berusaha sangat keras pada sesuatu hingga menyebabkan dia lelah dengan aktivitas itu. Semacam usaha yang sangat keras yang dilakukan manusia. Struggle itu artinya perjuangan yang dilakukan secara susah payah. Gue sendiri tahu kata “쩔어” itu ketika nonton 1 Night 2 Days ep. Roy Kim, sudah tahun lalu. Gue suka Roy Kim, makanya kalo dia ada di suatu acara gitu biasanya gue nonton/berusaha nonton. Waktu itu dia diajak Jung JunYoung buat “쩔어” ke pulau namanya Silmido. Jadi semacam mereka harus survive dan berjuang keras di pulau itu untuk episode itu. 1 Night 2 Days itu kan konsepnya kayak struggle di pulau2 seluruh Korea gitu dan mereka di episode itu ke pulau Silmido itu. Dari situ gue tahu arti “쩔어”. Jadi ga asing istilah “쩔어” yang jadi judul lagu BTS ini bagi gue. Dan “Dope” itu ga ada hubungannya sama쩔어 sebenernya, artinya beda jauh. Gue rasa kata “dope” itu dipake karena anak2 BTS memang alirannya hip hop dan itu terminology di hip hop culture juga, jadi relevansinya di situ. Selain tentu saja MV/perform/lagu “dope” itu sendiri dope to the max, too dope, stunning/keren banget. Gue sendiri ngerasa MV “dope” itu dope banget, Suga X RapMon killing me, dope to the max. Gue paling suka Suga X RapMon di MV itu. Lagu2 K-Pop itu kan kadang judul Korea sama Inggrisnya beda. Bukan cuman beda karena diterjemahin, cuman ada yang memang sama sekali ga nyambung. Yang artinya sama ketika diterjemahin contohnya lagunya Red Velvet “행복” yang diterjemahin jadi “Happiness”. Sedangkan yang artinya beda misalnya judul lagunya BTS tadi. Contoh lain misalnya lagunya F(X) “첫 사랑니/cheotsarang” yang kalo diartikan artinya first love/cinta pertama tapi judul Inggrisnya jadi “Rum Pum Pum Pum”. Gue rasa bisa kayak gitu karena fans K-Pop itu banyak banget yang dari luar Korea/internasional, makanya dari judulpun dibuat lebih dari satu, biar fans2 internasional lebih mudah juga buat inget. Gue rasa orang2 sini (fans2 Indonesia) ketika ngeliat MV “쩔어” juga ga mungkin ingetnya “cheoro” (factor ga semua fans bisa bhs Korea juga soalnya), pasti judul “dope” akan lebih bisa mereka inget*
  • Di lirik “쩔어” sendiri ada kata2 mereka berlatih sangat keras sampe keringat mereka berceceran di lantai dsb. Member yang paling banyak keluar keringatnya ketika latihan adalah J-Hope *yeokshi, main dancer. Wajar kalo dia yang paling “쩔어” dari yang lain ketika di tempat latihan dance. Keringat yang berharga, sweet sweat*
  • Anak2 BTS bareng sama TEEN TOP di masa promosi “쩔어” ini. ChangJo TEEN TOP ngerasa kalo RapMon yang paling “쩔어” di BTS karena ngerapnya bagus banget, jadi semacam pasti latihannya keras banget. Jimin sendiri ngerasa kalo Niel TEEN TOP yang paling “쩔어” karena dancenya bagus banget, dia pasti berlatih semalaman untuk bisa ngedance sebagus itu *gue rasa ga cuman BTS, banyak idol K-Pop yang “쩔어” juga meskipun mereka ga menyampaikannya lewat lagu kayak BTS. BTS kan memang lagu2nya apa yang mereka rasakan, jadi ya tersampaikanlah lewat lagu ini. Anak2 TEEN TOP, WINNER, EXO, iKON, GOT7, MADTOWN, UNIQ, SEVENTEEN, The Ark, APINK, B1A4, Super Junior, SHINee, SNSD, F(X), 2NE1, BIG BANG, TVXQ dan sebagainya pasti juga “쩔어” juga ketika mereka latihan. Dan gue suka BTS udah ngebikin lagu semacam ini. Bukan hanya gue dan fans2 yang lain yang jadi tahu perjuangan mereka, tapi menurut gue ini udah kayak jadi soundtrack semua idol2 K-Pop juga selain mereka. Sebuah lagu yang menurut gue universal, berlaku untuk hampir semua idol K-Pop. Sebuah lagu yang menceritakan perjuangan para idol K-Pop yang diwakili BTS yang sangat keras dan susah payah ketika temen2 sebaya mereka hanya main2 dsb. Lagu yang relate dan attract people, itulah lagu ini menurut gue. Dan itu juga yang menyebabkan gue suka banget sama BTS, sebagai A.R.M.Y gue bangga punya idol kayak mereka. Idol yang lagu2nya relate dan attract to people, keren banget, dope banget*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Detail informasinya akan gue update bersama postingan fakta2 di blog ini. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

Gomawo~ ^^

150626 뮤직뱅크 방탄소년단(BTS) 컴백 인터뷰 by플로라.mp4_000025725

150626 뮤직뱅크 방탄소년단(BTS) 컴백 인터뷰 by플로라.mp4_000044778

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Annisa Icha mengatakan:

    Aku suka banget sama mv juga lagu 쩔어, apalagi setelah tau artinya.

  2. Anak Timun mengatakan:

    Pas awal denger 쩔오 jujur aja yg ketangkep dipikiran ge itu kecoa kak hahah xD lucu aja bahasanya 쩔오 gitu lol xD pas jaman2 nnton AHL mereka sering bgt bilang DOPE dan brapa kaos mereka juga tulisannya DOPE . pas gw cri di kamus DOPE itu artinya semacem kecanduan. nah pas gw sambung2in maksud dope yg mereka sebut sama artinya gw agak bingung sebenernya. apalagi another title 쩔오 itu kan sick. makin susah nyambunginnya. Tapi makasih buat review arti 쩔오/DOPE ini sendiri hoho xD

    Gw suka lagu lagu bts yg ga melulu cinta2an. even ketika mrek punya lagu yg bergenre cinta2an, mereka tetep nyampein lagu itu pake style mereka sendiri. jadinya ori. termasuk lagu ini yg emang candu bgt ditelinga. tapi kalo menurit gw lagu ini lebih ditunjukkan buat para haters bangtan di luar sana dan juga buat pada kpoppers yg baru dengerin musik mereka hahah xD rapmon’s part tells everything😀 satu lagi lagu bangtan yg ngena banget di hati We Are Bulletproof pt.2. suka banget reffnya “throw a stone at me if u have done as much as i did.” Nyiiiiiir banget dihatinya hahha lol xD

    next post ditunggu ya kak😀

  3. MaulidoP mengatakan:

    Sumpah, aku sumper ku to the det, masa baru tau BTS comeback tadi malem, itu juga gegara dikasih tau temen-,- keasyikan ibadah nih bulan puasa, padahal udah dari hampir seminggu yg lalu kan ya? *curhat*
    Tapi lagunya bagus, yaampun, bts selalu begitu, lagunya lagu joss masuk telinga masuk ke hati jugaa
    Aaaaah, V nya lucuu, J-Hope jugaaa, suaranya unique>.< Astagah,V-Hope mulai melayang-layang.
    Makasiih buat post ini, jadi semakib ngerti banget lagunya Dope. Kakak yang nulis jjang! BTS jjang!😀

  4. 이지소 mengatakan:

    Nyempil kata “iKON” gue inget kapan mereka debut -_- menurut gue yang paling 쩔어 di BTS yaitu semua member. Alesannya? Kaga toa wkwk.

  5. astri mengatakan:

    makasih🙂 akhirnya tw juga artix DOPE😀

  6. Efria Septi mengatakan:

    Unnie, ngerasa gak sih selama promosi DOPE ini si V auranya beda gitu. Dia yang lebih diem dan cuma mesam mesem doang. Gak begitu aktif bercanda atau ngobrol ama member lain. Jiwa-jiwa aliennya itu kayak tiba-tiba kabur gitu. Ini cuma perasaanku doang apa gimana ya. Biasanya kalo di backstage kan yang rame, pecah gak karuan gitu. Rajin nyempil-nyempil di kamera, tapi sekarang mah cuma nyelonong aja. Liat ada kamera juga cuma lambai-lambai doang, padahal yang lain ya begitu, pada langsung action. Apa karena kasus M!Coundown itu ya? Takutnya (moga-moga enggak) di grup lagi ada masalah gitu…😦

    • Jian mengatakan:

      itu karena V abis kena kritik pedas mbak, karena BTS waktu itu juara satu dengan lagunya DOPE diatas Bang Bang Bang nya Big Bang, dan pada saat penerimaan piagam V nyanyiin lagu Looser di panggung, terus banyak yg ngira kalo V nyindir BB, apa lagi VIP pada emosi sama V. padahal sebenarnya gk ada niat V buat nyindir, dia justru suka BB, dia bilang itu akun twitternya sambil minta maaf, tapi tetep aja masih banyak yg gk suka.

  7. alfirakwekkwek mengatakan:

    hay gays masa bts dibilang gitu

Tinggalkan Balasan

