Fakta-Fakta BTS Part 130 (RapMon, Idealisme Seorang “Idol Rapper”)

Posted: Juli 1, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video – 랩몬스터 방탄에서 낙오된 사연 야만TV 24 (Credit: MNET)

  • RapMon punya cerita yang berkaitan sama member2. Jadi pernah di awal2 debut, si RapMon ini sebelum pulang manggung bilang ke member2 mau ke kamar kecil dulu. Waktu itu HPnya udah dia taruh mobil juga. Jadi posisi dia ga pegang HP. Setelah dia selesai dari kamar mandi itu, dia bengong karena semua member udah pulang duluan ternyata pake mobil itu. Akhirnya RapMon meratapi nasib sambil menboong selama 30 menitan *ya ampun, kasian banget kamu nak, sabar ya, oh my God~*. Dia kan waktu itu rambutnya blonde (pasti ketahuan kalo jalan2 bebas), akhirnya RapMon jalan ke stasiun kereta api bawah tanah terdekat buat ketemu penjaganya. Dia minjem HP penjaga itu dan akhirnya dijemput pulang sama staff *sabar ya RapMon, hidup memang tidak mudah, stay strong!*. Nah pas RapMon cerita itu si Suga bilang kalo mereka punya 2 mobil jadi pasti RapMon bakalan naik mobil yang satunya. RapMon nyaut “misalnya kalian ngomong kayak gitu sebelumnya (ngomong kalo aku naik mobil satunya) ya aku ga masalah”. Cuman masalahnya di sini adalah dia ditinggal gitu aja tanpa ngomong apa2 sebelumnya padahal dia jelas2 ngerasa udah bilang ke member2 lain mau ke kamar kecil dulu, wkwk. Misalnya kalian bilang ke temen kalian “aku mau ke kamar kecil bentar”, itu kan berarti secara ga langsung kalian minta tolong ditungguin kan ya? haha. Jin juga ngeles, dia bilang semacam ga tahu kalo RapMon udah bilang suruh nungguin dia bentar karena mau ke kamar kecil itu, dikiranya Jin mereka suruh langsung pulang aja, wkwk *untung kamu bisa pulang nak, kasian banget kalo sampe malem ga bisa pulang, aduh2, wkwk. Gue sendiri pernah juga ngalamin kejadian yang mirip2 sama itu. Waktu itu pernah pas SMA berangkat sekolah naik bis dan kebetulan bareng temen (beda kelas tapi). Nah bisnya mogok, padahal jarak ke sekolah masih agak jauh (3 km-an lah). Pas kita nunggu bis bareng, ada temen gue yang bawa motor lewat dan nawarin gue buat nebeng dia. Gue ga mau dong, kasian kan temen gue yang nunggu bis sama gue tadi. Akhirnya yaudah kita masih nunggu bis bareng berdua. Nah beberapa waktu kemudian, giliran temennya dia yang lewat bawa motor dan nawarin dia nebeng. Eh dia malah mau #demiapa. Walhasil gue jadi nunggu bis sendirian dan lama banget. Akhirnya gue jalan kaki ke sekolah sendirian dan pas nyampe kelas sempet nangis juga. Pikiran gue waktu itu “ga nyangka ada orang kayak gitu”. Cuman setelah itu ya udah ga pernah gue pikirin lagi sampe denger cerita RapMon ini. Ini juga cuman sharing aja. Sharing kalo kejadian macem RapMon atau gue yang pernah ditinggal temen sendiri itu memang ada. Dan gue rasa kalian juga ada yang pernah ngalamin kejadian kayak gitu. Malah sekarang kalo gue inget kejadian itu gue ketawa2 sendiri, kok dulu itu gue apes banget ya? wkwk. RapMon sendiri pas cerita mukanya gue rasa melas banget (melas itu kayak yang ngedenger jadi berasa simpati/kasian gitu. Itu bhs Jawa)*. Si J-Hope sampe bilang “kenapa kamu kayak nangis?” wkwk *stay strong RapMon, mungkin bener kata Suga, semuanya salah paham aja, mereka ga niat ninggal, dikiranya kamu naik mobil satunya, wkwk. Dan mungkin bener kata Jin, kamu mungkin ngomongnya kurang jelas/keras jadi ga pada denger. Atau efek kelelahan, jadi pada pengen cepet2 pulang dan pada ga konsen ketika kamu ajak ngomong itu, hehe. Berprasangka baik aja ya ^^. Untuk kasus gue tadi, mungkin temen gue itu belom ngerjain PR apa gimana jadi terpaksa harus segera sampai, makanya dia mau nebeng. Kadang memang kejadian2 kayak gitu nyesek sih cuman lama kelamaan ketika kita udah semakin nambah usianya, yang kayak gitu2 jadi ga ada apa2nya, malah jadi lucu. Jadi ga ada hard feeling sama sekali juga ke orang2 itu. Kalo gue sih ngerasanya gitu, hehe~*

랩몬스터 방탄에서 낙오된 사연 야만TV 24화.mp4_000028094

랩몬스터 방탄에서 낙오된 사연 야만TV 24화.mp4_000031398

랩몬스터 방탄에서 낙오된 사연 야만TV 24화.mp4_000038238

  • RapMon lalu ditanya Haha tentang “idol rapper” yang sekarang dia sandang. RapMon bilang kalo sebelum jadi idol, dia adalah orang yang bener2 secara individu bergulat dengan musik/rap. Namun pada akhirnya dia malah jadi idol (yang notabene jelas beda dengan dia yang dulu) *udah sering gue bahas juga tentang ini, idol rapper sama underground rapper itu beda kalo di Korea. Idol itu semacam terlalu materialistic/bisnis semata, sedangkan rapper (underground) itulah yang bener2 rapper karena masih idealis*. Di awal2 debut, RapMon ngerasa kecewa sebenernya, kecewa berat tepatnya. Dia mikirnya “masa setelah apa yang aku lakukan selama ini (di underground dsb) aku ending2nya malah jadi idol? Idol itu mau ngehip hop atau ngerap yang kayak gimana coba?”. Dia banyak ditinggalin temen2nya juga karena jadi idol, banyak mengalami masa2 sulit juga secara mental, bahkan sampe pernah bikin mixtape tentang itu juga yang judulnya “too much”. Dia bener2 down ketika itu. Hingga akhirnya dia berfikir untuk bisa membuktikan kalo dia bisa kok tetep punya sisi2 idealis, tetep jadi rapper/ orang yang suka hip hop, meskipun sekarang predikatnya udah “idol rapper” tadi. Dia pokoknya ingin membuktikan kalo idol kayak dia juga bisa idealis di musik, ga melepaskan idealisme rapper undergroundnya dia juga. Makanya dia masih aktif bikin mixtape sampai sekarang karena itu ciri khas rapper (rapper yang sebenernya). Ga semua rapper yang ketika debut jadi idol rapper di grupnya masih aktif bikin mixtape. Itu juga bisa jadi pembeda tentang mana yang bener2 dari awal rapper (sebelum debut udah berkecimpung di hip hop/rap) dengan yang jadi rapper karena agensi aja yang minta dia jadi rappernya grup.
  • Dan sekarang2 ini, setelah BTS makin bagus juga perkembangannya (semua berjalan dengan baik), RapMon mikirnya jadi lain, dia mikirnya jadi “ok, aku memang suka hip hop dan musik, tapi yang terpenting sekarang adalah gimana caranya aku bisa bikin musik dan rap yang bisa nyampe ke banyak orang, karena ada orang2 yang ngedengerin semua itu sekarang. Aku udah seneng kalo orang2 bisa relate sama musik/rapku dan bisa ngasi kekuatan ke mereka dengan itu”, dia bilang seperti itu *gue suka banget kalimat dia yang terakhir, dia ingin bikin musik/rap yang relate/ada kaitannya/bisa dirasakan oleh banyak orang dan bisa ngasih semacam kekuatan bagi yang mendengarkannya. Gue suka musik/rap yang dibuat sendiri sama yang ngerap/yang nyanyi karena itu bener2 suara mereka, suara mereka sendiri, suara mereka yang pengen diperdengarkan ke orang lain, kayak RapMon X Suga misalnya. Mereka berdua meskipun sekarang bukan anak2 underground lagi, tapi sense of idealism-nya masih ada sebagai musisi/rapper menurut gue dan gue appreciate banget dengan itu. Dan gue rasa idealisme musisi/rapper itu ya memang seperti itu. Apakah dia underground atau bukan, yang terpenting adalah bisa menyampaikan pemikiran dia ke banyak orang, bisa ngasi kekuatan juga bagi pendengarnya. Bedanya cuman kalo underground yang ngedengerin pasti ga akan lebih banyak dari idol. Idol suaranya pasti lebih bisa didengar kalangan banyak. Makanya tujuan RapMon juga begitu, dia ingin suaranya bisa didengar banyak orang, makanya pengen jadi idol rapper. Musik/lirik/rap yang dibuat sendiri pasti akan lebih relate dan kena ke banyak orang, bahkan bukan cuman attract fans tapi juga attract people. Bukan cuman kena ke hatinya fans tapi juga ke orang yang bahkan bukan fans mereka/orang biasanya. Dan hip hop/rap itu memang pada dasarnya genre yang kayak gitu, genre yang liriknya dibuat berdasarkan hal2 yang real. Hal2 yang dimaksudkan untuk membuka mata banyak orang tentang sesuatu yang benar2 terjadi di sekitar mereka, dan juga membuka hati banyak orang untuk bisa menyadari suatu hal yang esensi/penting. Gue rasa banyak lagu2 hip hop yang nilai2nya moralnya nyampe. Nilai tentang jadi diri sendiri, percaya pada Tuhan, simpati pada fenomena2 sosial, ingat mati, jadi versi terbaik bagi dirinya sendiri, banyak merenungi kehidupan dsb. Dan gue rasa itu akan sulit banget tersampaikan kalo dia hanya menyanyikan lirik orang lain, itu akan sampai kalo mereka sendiri pernah menjalaninya baru kemudian di share lewat lirik. Makanya rapper itu ya yang nulis lirik mereka sendiri, kata2 mereka sendiri, aspirasi mereka sendiri, bukan dari orang lain. Meskipun lirik2 hip hop ada yang baik, banyak juga liriknya yang ga baik, makanya sebagai orang yang suka genre ini saran gue adalah tetep dipilah2 dan yang penting tetep pegang teguh ajaran agama yang kita yakini sesuka apapun kita sama hip hop/musik. Kita suka musik, tapi kita harus sadar juga kalo musik itu ibaratnya cuman baju luarnya aja, yang terpenting tetep konten/lirik yang pengen disampaikan. Entah itu genre hardcore, hip hop, r&b, dangdut, pop dsb kalo kontennya ada baiknya ya diambil aja, yang enggak ya jangan diambil. Yang kira2 bagus dan ada manfaatnya/menginspirasi/memotivasi kita ke arah2 baik diambil, yang enggak ya biarin lewat aja. Ini berlaku juga di semua genre menurut gue, ga cuman hip hop aja. Sebenernya ga cuman genre hip hop yang kayak gitu, genre lainpun ada dari mulai folkrock sampe pop, tergantung orangnya juga. Meskipun dia genrenya bukan hip hop tapi kalo hal2 yang dia sampaikan mengilhami orang lain untuk jadi baik ya bagus juga, ga harus genre hip hop/rap*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Detail informasinya akan gue update bersama postingan fakta2 di blog ini. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

Gomawo~ ^^

랩몬스터 방탄에서 낙오된 사연 야만TV 24화.mp4_000116716

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Hanisa mengatakan:

    Aku juga pernah kak kaya RapMon. Waktu itu malem puasa kan rame jalanan. Nah aku turun dari motor biar temen aku gampang muter balik arah.. Temen aku tu gk tau kalo aku turun. Habis muter arah dia langsung tancap gas pergi ninggalin aku. Aku cuma bisa cengo sambil mikir “ini gimana cara aku pulang..?”.. Ya udah sambil nahan kesel, aku tungguin dia dan akhirnya dia balik lagi jemput aku. Dia minta maaf karna gak tau, pantesan aja katanya ringan kaya gak bawa siapa2.. *kok jadi curhat ini

  2. Annisa Icha mengatakan:

    Rapmon kasihan banget, pasti nelangsa ditinggal kaya’ gitu. Mungkin ini cuma kesalahpahaman aja, nggak ada yang bisa disalahin hehe… Tapi kalau ada di posisi Rapmon sedih, geregetan, dll (kalo aku).
    Kak Linda nggak kesel ditinggal sama temennya kaya’ gitu? Kalo aku kesel banget, kesannya nggak setia kawan😀 tapi ya balik lagi, diambil sisi positifnya.
    Menurutku dengan Rapmon menjadi idol terus ditinggalin beberapa temannya, jadi bisa tau mana temen yang bener2 setia. Tapi bener juga sih, Rapmon jadi idol semakin banyak yang denger suaranya, setuju deh!

  3. Iin mengatakan:

    kasian rapmon.. untung dia hafal no staffnya klo ga bisa2 ngga pulang dia… tpi aku rasa pengalamannya kak linda lebih nyesek soalnya itu kan kya sengaja ninggalin ibaratnya, kalo rapmon itukan kya ga sengaja gitu member2 yg lain taunya rapmon sma mobil satunya…
    Rapmon is real rapper. … suka sma kata2nya bang rapmon sama akang suga kkkkkkk suka juga sma penjelasan mbak linda hahaaaa…. pkoknya Mani saranghajuseyoooo😀

Tinggalkan Balasan

