Fakta-Fakta BTS Part 131 (Tentang MV Making 쩔어/Dope)

Posted: Juli 2, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video – 방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라 (Credit: BigHit Ent, encoded: Flora. subbed: KimmiYang)

  • Kenapa lagu쩔어/cheoro itu disebut DOPE? *aduh cheoro lagi cheoro lagi, kembali ke cheoro eh laptop ding, wkwk #apadehgue*. Jadi lagu ini disebut juga DOPE karena memang lagunya awesome (keren banget) dan performance (dance)nya juga amazing. Dope itu sendiri adalah slang di bhs American hip hop sana yang artinya kurang lebih keren banget/cool/amazing/stunning dan sejenisnya. 쩔어 itu kan artinya juga semacam struggling (to the extend) until sick, dan itu juga sesuai sama pembuatan MV ini yang bener2 쩔어, bener2 lama dan capek banget.
  • Koreografi 쩔어/Dope sendiri bagi Jimin adalah hal yang baru bagi BTS karena yang ini super cepat gerakan2nya (terutama kakinya kan ya). Dan koreonya sendiri ngegabungin antara sisi cute sama dope. Yang cute contohnya gerakan kepala mereka yang geleng ke kanan kiri itu.
  • Pembuatan MV쩔어 ini sendiri lama pake banget, sekitar 15 jam. Dari jam 6 sore sampe jam 9 pagi. Ini sampe member2 berasa die, lama banget soalnya, jadinya ya capek parah. Scene JungKook yang nampang di MV 15 detik doang syutingnya sejam *stay strong JungKook, himne!!*
  • Suga nelangsaaaa banget mukanya karena memang lama banget syutingnya. Itu ibarat batere HP udah lobet dia, udah nyaris. Dia sampe curhat ke kamera yang ngeshoot dia “kapan ya bisa pulang?” *stay strong Suga! Himne!*
  • Scene V yang 33 detik doang itu syutingnya 15 jam. Jadi yang lama itu malah nunggu giliran scenenya, karena satu persatu. Konsep kamera untuk MV ini sendiri adalah 360 derajat. Konsep kamera yang muter, hampir sama kayak EXO di Growl dulu. Bedanya kalo di BTS ini meskipun ada unsur2 muternya (muter 360 derajat) tapi masih ada CG-nya, tetep dipisah2 perscene syutingnya. Contohnya scene yang member2 lain tiba2 ada di belakang RapMon padahal awalnya di tempat lain, itu efek CG. Jadi pas syuting dance bareng yang lain, RapMonnya pake baju item supaya ga keliatan kalo nanti “dicrop”. Terus setelah itu dia ngedance sendiri pake kostumnya dengan background kain hijau. Setelah itu 2 scene itu digabung dan jadilah yang seperti kita lihat di MV itu. Dengan kata lain untuk 1 scene jadi, dibutuhkan banyak scene raw (untuk kemudian digabung2), jadinya ya banyak take gambarnya. CG di MV ini lumayan banyak, yang paling keliatan jelas ya drone mainan yang terbang di deket2 Suga ketika part dia nyanyi. Drone itu jelas ga mungkin diterbangin ketika Suga nyanyi, itu efek computer aja. *Bagi yang belum tahu drone, drone itu pesawat tanpa awak yang biasanya dibuat untuk pelacakan. Karena Suga konsep kostumnya berhubungan dengan orang penerbangan (feeling gue Suga ini profesinya kapten pilot pesawat militer), makanya gue rasa udah pas kalo CGnya drone mainan. Lagi lumayan booming juga drone2 mainan ini. Gue pernah ngeliat di salah satu stasiun TV Indonesia ada artis2 Indonesia yang hobi main drone mainan ini. Dan mungkin di Korea sama aja, lagi booming juga, makanya konsep ini dipake*
  • J-Hope kan tema kostumnya pembalap, dia gerah pake baju pembalapnya selama itu, makanya ada scene2 dance yang dia ga pake baju balap dan pake kaos putih doang, soalnya ending2nya bakalan dicrop/diCG juga. Bayangkan lebih dari 10 jam pake kostum itu, berasa di sauna pastinya, gerah banget. Apalagi ini summer kan di Korea, tambah panas jadinya. MV itu memang pembuatannya paling melelahkan chingu. Soalnya MV itu kan dari banyak scene dipadu padankan/disatuin, makanya pasti waktu pengambilan pergambarnya lama banget. Ditambah kalo membernya banyak dan ada scene2 individu selain juga grup, bakalan tambah lama. Jin sendiri pas V bilang untuk 33 detik doang syutingnya 15 nyaut “iya sih, MV kayak gini memang dari dulu bikinnya yang paling melelahkan” *makanya MV2 K-Pop hasilnya bisa keren2 gitu, ga cuman MV ini, karena memang bikinnya lama banget, penuh konsep pula. EXO “Growl” itu bikinnya juga lama, kalo gue ga salah lebih dari 6 jam, 8 jam-an kayaknya. Itu susah juga karena bener2 one take version. Misalnya ada yang salah, bakalan diulang lagi karena konsepnya muter dan sekali jadi*
  • Suga itu kan mukanya gampang lelah, kayak gampang males gitu kan anaknya. Nah di pembuatan MV ini tuh yang lain masih bisa ketawa2, lumayan lah (ga nelangsa2 banget keliatannya), kalo Suga enggak, dia kayak lagi meratapi nasib jadinya, lelahhhhh banget diliat, haha. Dari mukanya kan keliatan chingu. Lagipula Suga ini kan lagi ga lelah aja kesannya kayak lelah, apalagi lelah beneran? Wkwk *Suga, stay strong pokoknya! Fighting~!!!*. MV ini sendiri ditargetkan kelar subuh, cuman molor sampe jam 9 pagi, lama banget. Makanya member2 BTS sendiri secara pribadi nunggu banget keluarnya MV ini kayak gimana *dan gue rasa MV ini hasilnya keren banget, dope/cool/stunning to the max. Ga sia2 perjuangan 15 jam mereka karena hasilnya memang keren banget. Kalo misalnya nanti ada award tentang MV2, gue bakalan vote buat MV ini. Biasanya di MAMA kan ada ya kategori Best MV, bakalan gue vote pokoknya*
  • Kalo kalian perhatiin di scene MV terakhir (yang mereka ngedance di tempat gelap yang pada pake baju2 profesi mereka masing2 itu), kakinya si RapMon ga gerak kayak yang lain. Jadi yang lain kakinya “ribet” sendiri cuman RapMon enggak, ga terlalu seragam jadinya *gue rasa sih karena memang udah capek banget RapMonnya juga. Selain itu, RapMon kan memang ga skillful banget ketika ngedance, jadi wajar ada kurangnya dikit2. Cuman di luar ketidaksempurnaan itu gue rasa MV쩔어 ini udah keren banget. Dan gue ga yakin fans/orang2 yang ngeliat MV ini bakalan notice juga karena secara keseluruhan emang bagus, jadi yang kurang2 jadi ga keliatan. Intinya ini MV something banget menurut gue, ga sia2 dari mulai pic2 konsepnya keluar banyak orang yang udah exciting banget termasuk gue. Dari teaser2 pic konsepnya aja udah keren banget, apalagi MVnya? Dan ternyata fulfill expectation, hasilnya sesuai atau bahkan lebih dari ekspektasi, DOPE TO THE MAX. MV 쩔어 짱!*
  • Konsep kostum V di MV ini Detective Conan. Sama banget kan ya kostum dia dengan karakter Conan, dan memang itu disengaja mirip Conan *V mungkin pake konsep Conan karena dia ini anaknya sebenernya jenius cuman keliatannya enggak kayak Conan. Kan Conan juga gitu di cerita animenya, semacam pura2 bodoh tapi jenius*. Jin pake kostum dokter karena dirasa konsep dokter cocok dengan dia *mungkin karena dia pembawaannya kalem*. Kalo Jimin kan jelas, karyawan kantor *Kalo JungKook, feeling gue dia itu kayak anggota badan intelegent negara gitu. Orang yang kerjaannya neliti kasus2 rahasia yang ada kaitannya dengan negara. Kalo RapMon, gue rasa dia itu konsepnya semacam tentara kerajaan. Semacam tentara khusus kerajaan, pasukan negara yang sistemnya monarki konstitusional. RapMon pake topi kapten di kostumnya, jadi mungkin dia ceritanya kapten/panglima pasukannya (secara dia leader grup)*
  • Kenapa pas teaser pic konsep di elevator itu (yang mereka masuk elevator bareng ber7) si Jimin paling belakang munculnya? Kata RapMon, ini berdasarkan kesopanan dan urutan kekerenan (?). Dengan kata lain, Jimin jadi yang terakhir karena dialah yang paling ga keren diantara yang lain, wkwk. Itu si Jimin cuman bisa ketawa aja dan pengen si RapMon jangan ngomong gitu dengan megang lengannya, haha. Bagusnya setelah itu sama JungKook X Suga semacam dibela Jiminnya, dia ke RapMon kayak “bentar2, itu opini hyung semata, kita belum tentu setuju lhoh” haha *tenang Jimin, itu kan pendapat RapMon semata, stay cool nak. Gue sendiri ngerasa kamu ditaruhnya terakhir karena kamu itu justru corenya, kamu intinya, kamu gong-nya istilahnya di konsep MV itu. Rambut kamu yang merah itu kan stunning banget, belah tengah lagi, beuhhhh~bukan lagi. Banyak netizen/fans yang suka konsep kamu kok Jimin, jangan sedih. Malah justru gue rasa netizen/fans tuh paling amaze sama kamu di konsep MV ini. Jimin kan fansnya banyak banget, paling banyak di BTS keknya, terutama fans2 intenasional baik boys/girls. RapMon, jangan mentang2 kamu ditaruh depan ya, itu mungkin karena factor kamu leader aja jadi apa2 duluan/depan, wkwk. Apa ya, BTS itu membernya ga ada yang ga stunning soalnya, semua keren, makanya mau ditaruh dengan urutan apapun dimanapun ga ada problem sebenernya, semuanya tetep bakalan keliatan keren*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Detail informasinya akan gue update bersama postingan fakta2 di blog ini. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

Gomawo~ ^^

Ok, sekarang udah tahu kan gimana susahnya bikin MV yang 4 menitan doang itu? Dibikinnya 15 jam lhoh, capek dan lama banget. Jadi untuk MV 쩔어/Dope, Manhi manhi saranghae juseyoooo~~*

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000063430

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000063696

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000124157

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000129696

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000145912

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000160994

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000170770

방탄소년단(BTS) 쩔어 컨셉 포토 촬영 현장 by플로라.mp4_000284017

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. FiolaCindy mengatakan:

    Reblogged this on BubbleTea Story and commented:
    Fact : BTS Making Dope MV
    Abang-abangku yg syuting 15 jam •_• gua aja yg latihan dance enam jam non-stop udh berasa die T_T

  2. FiolaCindy mengatakan:

    Izin reblog izin share, ddaebak xD gamsahamnida

  3. Park Goo Jil mengatakan:

    Jujur saya suka konsep dan lagu dope ini. Dari MV sampai lyric, semua suka. Lyricnya bener bener mereka banget, tentang perkerjaan mereka yang bener bener melelahkan dan memuakan tpi kayak udah srek/cocok dan tetap ingin kerja keras untuk mendapat hasil yang terbaik (menurut pengamatanku). Saat yng lain berpesta atau dalam artian lain bersenang senang seenaknya, mereka tetap kerja keras untuk mencapai kebahagiaan/kesenangan/kesuksesan yng mereka mau dan mereka tuju.
    Btw gak tau kenapa, waktu saya sama pembantu lihat MV dope pertama kali, saya mengira si jungkook kerjaan nya jadi polisi wkwk. malahan kata pembatu saya, si jungkook jadi satpam disini😄
    Dan rapmons kayak jadi pelayan hotel dalam bidang pakir valet disini wkwk, kostum nya bener bener kayak pelayan hotel demi apa /lol
    Si Jimin walaupun selalu dapet rank 7 dalam visual, ntu anak emang bener bener punya fans terbanyak di BTS. Termasuk saya sendiri, saya juga ngebiasin si chimchim.
    Dan satu lagi, gk tau kenapa waktu saya liat si V, kadang kadang ada sekilas baekhyun di wajah nya. Dari rambut sampe muka, bener bener ngingetin baekhyun jaman jaman growl. Apa daya, dimana mana emak sama anak emang mirip sih wkwk

  4. Jeong Yoomi mengatakan:

    Kenapa Jimin yang terakhir aku rasa karena emang dia yang paling akhir masuk. Aku denger urutan photo concept mereka keluar berdasarkan urutan mereka masuk bangtan
    Rapmon
    Suga
    Jeihop
    Jin
    Jungkook
    V
    Jimin
    Tapi gak tahu deh itu bener atau enggak
    Scene Jungkook 15 detik? Perasaan dia deh yang paling sering nongol, apa 15 detik itu scene yang part awal dia nyanyi?

  5. inchan846 mengatakan:

    wuahh bts emang nggak jauh” dari kata keren, jujur sebenernya nggak terlalu kepikiran sama proses pembuatan mv pas sekarang saya baca ini Yampun ternyata buat tampil beberapa detik aja ngabisin waktunya lama banget dan nguras tenaga

    hoho setuju tu suga ugh eh, jimin waktu bts awal” debut sih nggak terlalu tertarik sama jimin eh pas jadi bintang tamu di asc nggak tau kenapa jadi suka banget sama jimin, dia kaya punya daya tarik sendiri *weh

  6. Annisa Icha mengatakan:

    Perjuangan banget itu. Jelas aja MV” korea bagus & total banget karena pembuatannya kaya’ gitu. MV 쩔어 memang keren banget. Suka!
    Rapmon ngawur!😀 Tumben Jungkook ngebela Jimin hehehe…
    Oh ya kak, kenapa penulisan 쩔어 = cheoro bukan jjeoreo? Aku penasaran…

  7. 안드레안 mengatakan:

    Mau nambahin aja, sebenarnya pengambilan gambaf itu nggam bakalan lama banget, adegan mereka yang cuma sepersekian detik itu sebenarnya dipilih diantara yang terbagus.

    Kalo menurut gue mereka itu mau bikin semacam one take aslinya, tapi karna dilihat banyak adegan yang gagal one take akhirbya mereka memaksa untuk bikin seakan akan itu one take. Ini di lihat dari sisi kamera yang muter dari atas ke bawah itu ya. Gue ngeliat ada transition hitam disitu.

    Dan yang kamu bilang dron itu sebehnarnya yabg kamu bilang drone itu bukan pesawat tanpa awak yang pake remot atau apalah itu sama sekali nggk efek di pengambilan gambar, itu efek buat editornya

    Dan editanya itu super sekali, karna mereka bener bener bikin itu kayak asli. Ada yang gagal dan itu keliatan nggak banget malah di drama korea~😄

    Sebenarnya yang bikin lama itu persiapannya, mungkin pas mereka sampe studio, studionya belum siap jadi harus disiapkan

    Kalo nggak salah ada beberapa tempat yang di gunakan 2 kalo tempat suga sama jhope kan sama terus tempat jimin juga di pakai 2 kali tapi gue lupa sama siapa(seingat gue habis jin-jungkook) . Dan itu perlu di buat lagi supaya keliatan berbeda. Dan itu pekerjaan terberat buat para fd~

    Hahahah komenan gue panjang banget ya, sorry~ hahahaha, salam cantik dari JinJinJin, makasih~~~~

    • lindashin mengatakan:

      Ya memang kayak gitu kan, yang terbagus yang dipilih, dan itu kan berarti ngambilnya banyak, nunggunya lama. Yang one take itu terserah pendapat kamu, tapi aku udah bilang itu memang ada sisi2 one takenya karena pake kamera 360 derakat, tapi ga sepenuhnya kayak EXO karena memang ada part2 yang ga bisa one take/efek ganti kostum dsb, makanya pake CG. Yang tentang “drone” itu aku pake tanda kurung nulisnya, jadi itu pendapat aku saja. Cuman aku bilang Suga X Drone itu syutingnya ga sekalian, dipisah, baru di edit pake CG. Masalah drone-nya itu sendiri cuman komputer dan mereka ga bener2 nerbangin, itu aku memang ga tahu. Mungkin itu bener2 pure materi CG aja, cuman ga nutup kemungkinan mereka bener2 punya drone mainan dan disyuting baru kemudian digabung, Sepenangkep aku nunggu perscene-nya itu lama, antar 1 member ke member lain. Mungkin persiapan settingnya juga cuman anak2 BTS ngomongnya nunggu permembernya yang lama, nunggu giliran maksudnya.
      Oya, aku cuman nulis apa yang terjadi dan diomongin di videonya aja, langsung dari mulut mereka sendiri. Di luar itu, pasti aku kurung pake tanda (*). Aku ga berani berspekulasi karena takut salah, tanggungjawab juga kalo ga bener.

    • vita mengatakan:

      maaf nich sebelumnya…situ sutradara mv BTS ya tau banget.menurut aku yg kak Linda tulis sesuai yg dia liat aja.

  8. rnktv mengatakan:

    urutan lift ini sebenernya berdasarkan waktu gabungnya mereka di bighit. kan si rapmon pertama join tu, trus barudeh disusul sama yang lainnya dan diakhiri jimin di tahun 2012 kalo ngak salah. liat deh angka-angka yang ada di helm j-hope sama di pentungannya(?) jungkook. itu ditulisin tanggal masuknya mereka.

    • lindashin mengatakan:

      aku ga tahu sih kalo itu. Soalnya JungKook/J-Hope sendiri juga ga tahu pas ngeliatin nomor2 itu. Misalnya dia ngomong gitu, bakalan aku tulis gitu. Aku cuman nulis apa yang terjadi dan diomongin di videonya aja, langsung dari mulut mereka sendiri. Di luar itu, pasti aku kurung pake tanda (*). Aku ga berani berspekulasi karena takut salah, tanggungjawab juga kalo ga bener🙂

  9. 이지소 mengatakan:

    Min syugie sudah lelah :v sabar ya tapi hasilnya keren kok, salut sama kalian~

  10. V A.R.M.Y mengatakan:

    Mang a cara vote di MAMA itu gmn thor?….
    He…he…he….. Bingung

  11. ekiashiners88 mengatakan:

    Aku suka banget dance nya.Keren

  12. Mojang Karawang mengatakan:

    I like mv dope nya..
    Sukaaaaaa bgt..^^

  13. Iin mengatakan:

    jadi idol ga gampang yah… masya allah…masa syuting 15 jam cuman 33defik doang yg keambil…. sabar yahhh itu mukanya si suga kasian amatt melas banget hahaha…
    mnurut aku jimin malah yg paling keren disini demi apaaa rambutnya itulooohhh merah membara merona indah hahahaa MV DOPE ,MUSIK DOPE, LIRIK DOPE, DAEBAKK BANGET. KEREEEENNNNN

  14. Frizca Maulida mengatakan:

    kak, izin copas ya buat tugas….makasih…

Tinggalkan Balasan

