Fakta-Fakta EXO Part 206 (Pesen XiuMin Untuk YunHo TVXQ Sunbaenim Yang Mau Wamil)

Posted: Juli 10, 2015 in About EXO M & EXO K
Tag:

We Are One! EXO!

Source: Video –  [ENG 720p] 150624 S0Hv EX0 Interview [mr.virtue] (Credit: SoHu, engsubbed: Vanessa Chun)

[ENG 720p] 150624 S0Hv EX0 Interview [mr.virtue].mp4_000055640

  • Album EXODUS mencapai lebih dari 730.000 copy sekarang. SuHo sendiri ngerasa kalo itu ga bakalan terjadi kalo ga ada support dari semua EXO-L, baik dari Korea, Cina, Jepang dan fans2 Internasional *termasuk Indonesia pastinya. Gue rasa banyak orang yang udah beli album EXODUS/album2 yang lain dari EXO di Indonesia. Support para EXO-L Indonesia buat EXO dari jaman MAMA setahu gue juga banyak. Temen gue ada yang semua album EXO dia beli dari jaman MAMA, kadang ga cuman Korean Version, sampe Chinese Versionnya juga, dia EXO-L banget soalnya sepenangkep gue. Gue sendiri kalo masalah album EXO juga support. Ini karena lagu2 mereka memang banyak yang berkualitas menurut gue. Ga semua gue beli sih, hanya yang bener2 gue ngerasa suka aja sama lagu2nya/bermakna banget bagi gue yang gue beli. Album EXO banyak yang berkesan, cuman sekarang2 ini yang paling berkesan bagi gue setelah gue rasa2in malah MAMA chingu, amazing debut album from EXO menurut gue. MAMA juga adalah album pertama mereka sebagai grup bernama EXO, jadi tetep ada kesannya tersendiri bagi gue pribadi yang dari jaman debut MAMA dulu udah semacam suka sama EXO. Udah sekitar setahun ini gue ga ngedengerin lagu2 di MAMA cuman beberapa hari lalu gue ngedengerin ulang semua lagunya dan amaze sendiri. Setalah itu gue coba buka2 MVnya. Pas di MV “What Is Love” gue berasa kayak nostalgia jadinya, indah banget feelingnya saat itu. Pikiran gue yang langsung “wah ga main2 ini musiknya (bassnya), keren banget!!”. MVnya juga keren, indah banget, memori banget. Itu kan EXO masih awal banget muncul, masih lengkap 12 member, kenangan banget bagi gue pribadi*
  • Di Repackage EXODUS (Love Me Right), ada lagu yang diciptakan oleh Lay judulnya “promise”. Lagu ini secara musik di bikin Lay sendiri dan secara lirik dibuat oleh Lay X Chen X Chanyeol. Lay untuk Chinese Ver.nya dan Chen X Chanyeol untuk Korean Ver.nya. Chanyeol seneng karena sekarang nama dia udah ada di asosiasi hak cipta Korea, hehe *jadi siapapun yang ngebuat suatu lagu di Korea dan masuk album, namanya akan tertulis/terdaftar di asosiasi hak cipta Korea. Ada organisasi yang menangani itu di sana. Berarti mereka sekarang resmi sudah jadi seorang singer songwriter/lyricist juga sekarang *selamat!!! Big Congratulation buat mereka bertiga. Semoga member2 yang lain juga bisa bikin lagu/lirik juga kayak Chanyeol X Chen X Lay. Ketika udah didaftarin, berarti mereka berhak atas royalty lagu itu. Misalnya ada orang lain yang memplagiat itu, bisa diperkarakan secara hukum. Sama kayak orang buat buku misalnya. Sebenernya apapun suatu bentuk karya, kalo sudah dipublikasikan, pemiliknya ya jelas yang menulis/membuat itu. Cuman kita kan tetep perlu legalitas yang sah secara hukum supaya mudah untuk kemudian mengurusnya kalau terjadi masalah/klaim misalnya di kemudian hari, makanya perlu didaftarkan sebagai hak ciptanya. Misalnya gue pernah bikin buku, itu udah gue daftarin ke Perpus Nasional Indonesia biar ada bukti kalo gue udah bikin ini dan itu, kayak legalnya. Jadi buku gue ada Barcode ISBN-nya dsb. Karya itu menurut gue kalo bisa ya didaftarkan supaya jelas kepemilikannya. Ga cuman lagu atau buku, karya2 lain kayak desain, produk dsb itu juga bisa didaftarkan setahu gue. Kalo kalian beli album K-Pop2 gitu, pasti di belakang/ada part di album itu yang dikasih semacam tanda dari Asosiasi Hak Cipta di Korea. Itu sebagai tanda kalo semua lagu di situ udah terdaftar di sana dan creditnya jatuh ke yang bikin itu secara sah. Kalo masalah pembuatan/pendistribusian albumnya memang bisa beda2. kadang dari SM sendiri, ada yang dari LOEN (1TheK) itu, ada yang masuk Indonesia dan diredistribusikan Indo Semar Sakti misalnya dll. Gunanya beli album official itu ya salah satunya ini menurut gue, jadi lebih tahu tentang hak cipta dsb dan kita jadi bisa lebih respect sama idol2/composer/lyricist lagu2 yang kita sukai itu. Kita jadi tahu kalo bikin lagu/karya yang lain itu ga gampang sehingga tetep harus ada apresiasinya dari kita sebagai fans. Ga adil kan orang yang hanya mau nerima aja tapi ga mau ngasi support balik. Makanya gue agak gimana gitu sama fans yang keknya semangat banget suka idolnya cuman faktanya ga ada niatan support mereka secara official, minimal dari beli albumnya. Gue jadi agak prihatin juga karena itu. Makanya gue kepikiran bikin “NAMU Shop” buat memfasilitasi itu semua. Gue membuat itu dengan banyak pertimbangan, gue mempertimbangkan kemampuan finansial fans yang beda2, metode pembayaran dsb. Dan harapan gue adalah dengan ini gue bisa menanamkan semacam sikap #respect pada suatu karya bagi fans2 K-Pop di Indonesia. Dengan ini, gue harap bukan cuman untuk album K-Pop, ke hal2 lainpun sama, terbiasa untuk menghargai karya2 orang lain. Nulis kayak gini di blogpun sama, gue selalu ngasi sumber/credit/siapa fans yang udah ngesub/encoding/upload video yang gue review ini. Kalo memang belum disub videonya, itu berarti gue ngesub sendiri. Untuk creditnya, gue kasih credit yang upload/encoded video itu aja jadinya. Cuman kalo udah ya tetep gue tulis apa adanya. Inilah credit chingu, ketika kita menghargai karya/kerja keras orang lain meskipun hanya nulis namanya aja. Mungkin banyak orang yang ngeshare apapun di blog ini ke SNS lain tanpa credit. Gue sih ga masalah, terserah orang itu, meskipun dulu2 gue sering agak emosi juga karena saking banyaknya yang dicopas tanpa credit seakan2 itu tulisan dia sendiri (mungkin sekarang masih banyak cuman guenya udah males ngecek yang gitu2). Untuk sekarang, gue gapapa, ga ada masalah dengan itu, cuman itu jadi bukti aja sebenernya kalo orang yang ngesahre itu belum punya rasa #respect sama karya orang lain. Respect/menghargai orang lain itu menurut gue penting. Dengan respect, gue rasa kita ga akan taken lightly (menganggap remeh) karya orang lain karena kita sendiri sadar kalo kita belum tentu bisa buat yang kayak gitu. Itu menurut gue salah satu bentuk revolusi mental. Mental kita harus diupgrade dulu, diupgrade untuk punya jiwa respect ke karya orang lain. Kalo itu udah ada, gue yakin industri kreatif macam apapun di negara ini akan bisa berkembang. Gue rasa aspek yang kurang di negara ini ya #respect itu. Jadi orang yang semacam maunya dapet aja, tapi ngasih balik ga mau. Dan kalo udah begitu, semuanya akan stagnan aja, ga akan berkembang. Sesuatu akan berkembang jika ada umpan balik, kalo cuman dari satu sisi tapi ga dikasih feedback ya ga akan bisa. Ibarat cinta, cinta yang bertepuk sebelah tangan jadinya*

[ENG 720p] 150624 S0Hv EX0 Interview [mr.virtue].mp4_000165840

  • Member EXO yang ga berubah dari dulu bagi Chanyeol adalah D.O. Dia dari awal ga banyak ngomong, sekarangpun masih sama aja *wah konsisten yah D.O ini, hehe*. Baekhyun juga ngerasa gitu, D.O ga berubah dari dulu ketika baru debut sampe sekarang. Buktinya adalah D.O selalu bilang ke fans2nya ketika selesai konser untuk jaga kesehatan supaya ga demam dan sekarangpun dia selalu bilang kayak gitu ke fans ketika selesai konser di suatu negara. Nunjukin juga kalo D.O itu warm guy yang peduli sama fans2 jadinya *keren ya D.O, konsisten anaknya. Susah menurut gue jadi idol yang konsisten itu*.
  • Sebaliknya, member yang banyak berubah adalah Umin. Dia dulu kan ga bisa banyak ngomong, sekarang kata Chanyeol dia sudah bisa banyak ngomong, hehe.
  • Lagu yang paling susah dinyanyikan anak2 EXO adalah “Wolf”. Mereka 8 kali ngulang ketika recording lagu itu. Kenapa? Itu karena key-nya lagu itu key suara cewek, jadi susah bagi cowok untuk nyanyiin, jatohnya terlalu tinggi bagi mereka *gue rasa karena demo lagu ini dibuat sama Kenzie (dia wanita), dia composernya “wolf” makanya disesuaikan dengan suara dia, makanya berat bagi anak2 EXO yang cowok2 semua. Berkali2 key-nya ini diturunin dan baru bisa. Proses rekaman kan kayak gitu chingu, yang buat lagu biasanya nyanyiin demonya (dia nyanyiin sendiri dulu) biar idolnya punya gambaran nada/melodinya kayak gimana, habis itu baru direkam oleh yang bersangkutan. Kalo yang baca postingan ini cewek, coba kalian nyanyi lagu “wolf”, gue rasa ga ada masalah karena nadanya tinggi tadi. Suara cewek mayoritas lebih tinggi dari suara cowok soalnya. Cuman kalo yang cowok, gue rasa berat nyanyiin lagu ini meskipun key-nya udah segitu. Apalagi ada part2 tertentu yang nadanya tinggi banget contohnya di part Baekhyun*. Kalo Sehun, dia ngerasa MAMA yang paling berat/lagu yang paling susah recordingnya.
  • Untuk dance, Kai rasa semua dance EXO berat makanya dia pengen koreografernya buat agak dimudahin dancenya, wkwk *Kai aja nganggep susah, apalagi SuHo (?) wkwk*. Kai ngerasa MAMA X Wolf itu berat dancenya. Kalo Baekhyun, dia rasa Wolf berat karena perlu teamwork banget *tapi memang MAMA itu something kok ya, berat semua2nya, dari konsep MV, lirik, musik bahkan sampe dance-nya juga. Lagu debut yang berkesan, keren! Gue rasa ada sebagaian orang yang masih stuck di MAMA sebagai yang paling mereka sukai dari EXO, karena memang MAMA itu something sekali bagi mereka. Kalo bagi gue, konsepnya keren, kayak lambang2 kekuatan super gitu kan, fiksi banget tapi keren. Liriknya juga meaningful, tentang life*
  • D.O ditanya apa dia ngerasa bagus di acting itu karena memang bener2 berbakat atau karena kerja keras *ada kan orang yang semacam berbakat alami dan ada yang bisa bagus karena dia belajar/latihan dengan keras* nah dia jawab dia bagus karena bekerja keras *humble humble, hehe~*
  • D.O ditanya misalnya dia sama Chanyeol jatuh cinta sama 1 cewek yang sama, apa yang akan dia lakukan? Dia bilang dia akan ngasih cewek itu ke Chanyeol. Dia rasa jika 2 orang mencintai 1 wanita yang sama, itu akan jadi masalah yang rumit dan dia ga suka dengan kerumitan semacam itu, makanya dia memilih untuk mengalah saja *simple ya mikirnya, gue suka. Lagian ngapain juga berebut, itu nambah2 pikiran, ribet. Kayak cewek cuman 1 aja di dunia ini, haha. Selain itu berprasangka baik aja, misalnya kita ga jodoh sama orang itu mungkin Tuhan ngasi jodoh yang lebih baik dari orang itu #eaaa. Gue suka chingu orang2 yang pemikirannya simple kayak gini, bukan menyepelekan tapi memang karena dia ga suka ribet. Semua bisa dicarikan solusi paling baik tanpa harus ribet bagi dia dan bagi orang lain juga. D.O keren!*

[ENG 720p] 150624 S0Hv EX0 Interview [mr.virtue].mp4_000249120

[ENG 720p] 150624 S0Hv EX0 Interview [mr.virtue].mp4_000756240

  • Sehun bisa dibilang salah satu member EXO yang aktif di SNS juga. Dia punya Weibo juga dan dia bilang bikin itu buat komunikasi sama fans2 Cina. Dia bilang untuk SNS yang lain, dia kadang baca juga komen2 dari yang follow dia kalo lagi bosan *mungkin komen kalian yang ngefollow dia di instagram/weibo pernah juga dibaca dia, hehe*
  • Umin ini kan fans berat TVXQ ya, dia pernah juga pas TVXQ konser dateng ke konsernya dan pake merchandise TVXQ. Berhubung YunHo mau wamil tahun ini, Umin diminta ngasi video message ke sunbae yang sangat dia hormati itu, gini kata2nya “YunHo sunbaenim yang sangat saya hormati, YunHo sunbaenim adalah orang yang bersemangat di atas panggung lebih dari yang lain. Terimakasih karena telah menjadi sunbae yang jadi role model yang baik bagi junior2/hobae2. Aku berharap YunHo sunbaenim bisa manjalani masa2 wamil dengan baik dan kembali dengan sehat. YunHo sunbaenim Fighting! Aku akan selalu mendukungmu! YunHo Time! Yeah~. *yeokshi, Umin ini Cassioppeia sejati chingu. Umin ini sukaaaa banget sama TVXQ chingu*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Detail informasinya gue update bersama postingan fakta2 di blog ini. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

Gomawo~ ^^

[ENG 720p] 150624 S0Hv EX0 Interview [mr.virtue].mp4_000995840

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Annisa Icha mengatakan:

    Aku lebih suka lagu-lagu EXO yang jaman-jaman ber-12, banyak yang menurutku nyaman di telinga karena aku suka dengerin lagu dulu baru lihat lirik & artinya. Bukan berarti yang sekarang nggak bagus, lebih special yang jaman-jaman ber-12 aja hehe…
    Semoga semua member EXO bisa nyiptain lagu biar makin keren kaya’ member BTS yang bisa nyiptain lagu.

  2. febri fatmawati mengatakan:

    hai kak linda, aku suka banget sama blognya kakak
    apalagi kalo tentang exo, tapi sekarang kok ngereview tentang exo nya jadi singkat-singkat ya kak?
    sebenarnya aku suka kalo yang mendetail sih kak
    tapi gapapa, fighting kak buat ngereview kegiatan exo yang lain😀

  3. vitari mengatakan:

    Aku doain semua member bisa nyiptain lagunya sendiri. Semangat oppadeul! Kalian ngelakuin apa aja pasti bisa kok, aku percaya! Memang agak susah klo sama agensi kyk SME, soalnya psti klian dijaga banget,, apa2 pasti dichek ma tuh agensi. Jdi aku gak terlalu nyalahin kalian klo msih kyk gini aja (nynyiin lgu org lain). Exo saranghaja! Mau 12 atau 11 atau 10 atau 9 atau 8, kalian masih jadi yang no 1 untuk kami para EXO-L! EXO Fighting!

  4. dea mengatakan:

    aku salah satu contohnya yg gagal moveon di MAMA, abis pertama kali denger lagu itu kesannya mistik (?) musiknya aja haha, jadi penasaran dan bikin nagih. kenangan member juga berkesan, yaa walaupun skrg mau 8 juga sama aja mereka tetep WAH, tp kasian (?) ngeliat mereka miris wkwkwk.
    ngomongin ttg bikin lagu di SM tuh buat title track kayanya mustahil wkwk, buat di album sih pasti ada. contoh SNSD yg udah hampir 8 thn karya mereka ditolak di album yg skrg, alhamdullilah jonghyun ikut ciptain lagu di album odd, seohyun di TTS, mungkin byk lagu yg mereka (artis sm) cipta, setengah ada di album, setengah ditolak. yaa sepenangkep aku sih ttg SME “kalo lo belom profesional/ga bisa buat lagu, mending ga usah buat lagu” jadi kesannya lagu yg dibikin mereka jelek2.. SME membatasi untuk berkarya. di otak SME mindset nya harus profesional. kalo kata SME gw udah byr mahal produser,komposer,song writer, pokoknya mau ga mau lu harus terima jadi wkwk, ancur komenan aku wkwkwk

  5. Kkaebsong mengatakan:

    Nahh iya tuh, aku sering baca fakta² exo ditwitter/fb kata²nya sama persis kaya yg ditulis disini, tp gaada creditnya. Kadang kalau aku yakin bgt itu ngambil dr sini aku suka komen/mention ngasi tau kalau itu ngambilnya dr sini wkwk.

    Aku kalau ngedenger lagu exo ber12 entah kenapa ngebayangnya malah ke exoshowtime, jd suka flashback sm tingkah konyol mereka

Tinggalkan Balasan

