Fakta-Fakta BTS Part 134 (Tentang MCC di MV “쩔어/Dope” BTS)

Posted: Juli 11, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video – 150708 팝스인서울 방탄소년단(BTS) by플로라 (Credit: Arirang, uploaded: Flora), 방탄소년단 무작정 Q&A BTS MCOUNTDOWN BACKSTAGE 150625 (Credit: MNET/Ch.MPD)

Sebelumnya gue pengen mengatakan sesuatu dulu (terutama yang udah baca salah satu part di postingan BTS tentang definisi “쩔어”). Dulu gue nonton acara di KBS “1 Night 2 Days”, temanya tentang “쩔어”, mereka ceritanya adalah orang2 yang hidupnya “절어/쩔어/sick/struggling” dan dapet misi buat survive di suatu pulau (Shilmido). Jadi gue pikir “쩔어” itu artinya semacam sick/struggling tadi. Nah, gue ga ragu karena itu terjemahan KBS, bukan fans, jadi pasti lebih akurat. Sampe kemaren gue nonton SMTM 4 Ep.2 dimana ada salah satu peserta (member One Punch) yang ngerap dan ada kata2 “쩔어”nya dan diterjemahin sama translater videonya dengan “awesome”. Karena itulah gue jadi ragu dan cari tahu lagi. Ternyata “쩔어” itu memang slang, kalo disini kayak bahasa gaul dsb, bukan resmi. Gue di postingan sebelumnya memang bilang kalo “dope” itu artinya “cool, stunning, awesome, keren banget dsb” cuman untuk “쩔어” gue bilang itu semacam “sick/struggling with”. Setelah gue sempet searching2 di daum ternyata ada orang Korea sana yang nulis definisi kata itu sebagai kata yang punya artinya “menyangatkan” apapun itu, bisa dalam artian positif, bisa negatif. Misalnya semacam “skill kamu keren banget” bisa pake “쩔어” untuk ngomong kata “keren/awesome”nya. Misalnya “orang itu “쩔어”, dia jadi maniak ngerokok, karena hidupnya sangat berat”, artinya jadi menyangatkan juga, dan contoh2 yang lain. Karena itulah maka gue nulis ini. Gue harap ini bisa jadi semacam tambahan postingan gue yang lalu. Berarti “쩔어” di BTS itu bisa diartikan dalam 2 hal sekaligus, bisa dalam arti positif yakni mereka awesome/keren banget, juga bisa dinilai mereka selama ini sudah bekerja sangat keras/struggle to the extend mereka sampe parah banget/sick dengan itu. Gue manusia biasa yang ada salah/kurangnya juga chingu. Jadi maafkan gue kalo postingan gue ada yang kurang dsb. Misalnya gue nemu hal2 kayak ini lagi, gue akan mencoba mengkoreksinya di postingan2 selanjutnya. Gue hanya nulis berdasarkan yang gue tahu/informasi yang gue sudah dapet dan misalnya terjadi kayak gini (ada tambahan hal lain yang gue belum tahu makanya belum atau tidak gue tulis saat itu) itu semata2 karena kebodohan gue yang mungkin kurang banyak referensi. Gue akan welcome juga kalau ada yang membenarkan gue, asal dengan sumber yang jelas/tidak opini belaka. Sekali lagi gue minta maaf, dan gue akan lebih berhati2 lagi di masa yang akan datang. Jadi intinya “쩔어” BTS memang bisa diartikan sebagai “keren banget/awesome/dope” meskipun bisa juga dimaknai “sick/struggling in live to the extend until sick of it”. Berarti sudah sesuai kalo “쩔어” itu diartikan Dope.

  • Ok, masih seputar MV making “쩔어/Dope” yang gue bahas2 kemaren. Suga di salah satu acara radio kemaren ngejelasin kalo mereka pake metode khusus buat syuting MV itu, yakni pake kamera yang namanya MCC. Apa sih sebenernya MCC itu? JungKook ngejelasin kalo MCC itu kamera yang kinerjanya adalah ketika kita mensetting satu koordinat tertentu, maka kamera itu akan secara otomatis bergerak di koordinat itu saja secara berulang. Jadi kalo kamera biasa, biasanya kameramennya yang pegang kamera itu dan maju mundur/dari kanan ke kiri bergerak menyesuaikan objeknya. Kalo ini kebalik, pergerakan kameranya tetep (sesuai koordinat yang ditentukan tadi) dan objeknya (anak2 BTS) yang harus ngedance pada timing yang tepat dengan pergerakan kamera tadi. Jadi timing adalah hal yang paling penting di sini. Makanya anak2 BTS harus bener2 tepat ketika masuk di setiap scene-nya biar bisa ketangkep kameranya. Biasanya kamera kan yang harus “nurut” sama objeknya, tapi ini objeknya yang “nurut” sama kameranya. Inilah salah satu uniknya MV ini, pake metode yang beda dari biasanya dalam pengambilan scene2nya. Meskipun kayak gitu, kamera biasa juga dipake (yang pake cameramen) seperti di scene2 yang mengclose-up member2 lebih dekat. Scene yang pake teknik ini adalah yang paling jelas adalah ketika anak2 BTS pada pake baju putih2 (habis Jimin ngelepas kacamata dan nametagnya). Ketika scene ini, anak2 BTS lain lari setepat mungkin masuk ke tempat mereka ngedance itu untuk ngejar moment kameranya *Sepenangkep gue, karena ada scene yang pake teknik/metode ini (yakni sekali jadi), makanya bisa juga disebut “one take”. Kalo timingnya salah harus diulang lagi, nunggu kameranya selesai muter dan balik lagi lalu mereka ngulang masuk dan ngedance lagi. Cuman bisa disebut juga “fake one take” karena pada kenyataanya whole/keseluruhan MV itu ga bener2 one take, dari banyak part diedit/digabung dulu sehingga seakan2 bener2 dilakukan dalam sekali jadi/sekali muter. Gue rasa ini factor utamanya karena niatan MVnya bukan cuman di dance tapi berkaitan sama konsep jenis2 pekerjaan yang diwakili anak2 BTS dengan kostum mereka. Karena itulah setiap pekerjaan harus ada scene/settingnya masing2. Sedangkan kalo dari awal sampe akhir pure pake MCC ini, koordinat yang dipasang akan terlalu panjang, perlu tempat yang sangat lebar, jadi kayak dipart2 gitu jadinya. Ini yang bikin lama, nunggunya jadi lama karena persiapan setting kamera untuk masing2 scene permember/pas ngedance bareng2 jadi lama. Bayangkan kalo dengan 7 set untuk 7 member koordinatnya dibuat sesuai itu, kameranya muter terus dari awal sampe akhir. Bakalan lebih lama dong nunggunya, apalagi kalo ada yang salah2, akan ngulang2 terus dari awal. Ngulangpun ga akan terlalu lama kalo pake kamera manual, lamanya karena MCC tadi, harus nunggu dia selesai muter dulu secara keseluruhan dan baru balik lagi dari awal. Bisa 7 hari 7 malam ga selese2, wkwk. Makanya itu perlu dicut2 perscene member lalu baru digabung pake editan computer. Misalnya semua dari awal pake teknik yang gue jabarin tadi, menurut gue bisa disebut “one take ver”, sama kayak EXO ‘growl” dulu. Bedanya cuman terletak dari jenis kameranya jadinya, yang BTS pake teknik tadi/kamera MCC tadi. Karena pake teknik kayak gini, gue rasa MV ini berkualitas banget chingu, sesuatu yang baru di K-Pop juga. Gue rasa ini salah satu MV paling bagus yang pernah gue tahu. Gue berharap MV ini dapet award di MAMA nanti misalnya*
  • Suga ngerasa kalo rambutnya sama Jimin itu ibarat kartu merah sama kartu kuning kayak di sepakbola, wkwk *tapi bener ya, wkwk. J-Hope itu sebenernya warna rambutnya hijau chingu cuman kalo dari jauh ga keliatan, tapi kalo dishoot dari jarak deket keliatan ijonya. Mungkin karena akan aneh banget kalo J-Hope rambutnya ngejreng ijo, shock nanti fans2nya, hehe. Menurut gue Jimin X Suga di situ rambutnya stunning banget. Jimin jadi charming gimanaaa gitu, keren. Kalo Suga, dia jadi to the max cute-nya. Menurut gue orang yang tipikal mukanya cute dengan kulit putih banget kayak Suga itu pantes banget rambut pirang kayak gitu, jjang!*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

Gomawo~ ^^

150708 팝스인서울 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_000093526

150708 팝스인서울 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_000133900

150708 팝스인서울 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_000185218

150708 팝스인서울 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_000234033

150708 팝스인서울 방탄소년단(BTS) by플로라.mp4_000265265

방탄소년단 무작정 Q&A BTS MCOUNTDOWN BACKSTAGE 150625.mp4_000207574

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Annisa Icha mengatakan:

    Iya kak nggak papa kok, manusia nggak ada yang sempurna🙂 makasih lho untuk tambahannya, dengan gitu tambah ngerti maksud 쩔어
    Keren ya pake MCC! Tapi bukan karena MCCnya aja, juga karena kerja keras semuanya…
    Setuju, aku bahkan paling suka Suga di MV 쩔어, ibaratnya Yoona kalau menurutku, dia lumayan cantik juga rambutnya pirang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s