Fakta-Fakta BTS Part 143 (Pesen BTS Buat A.R.M.Y)

Posted: Juli 28, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video – Exclusive interview with BTS for ‘2015 BTS LIVE TRILOGY IN USA Episode II. The Red Bullet’ tour! (Credit: AllKPOP)

Exclusive interview with BTS for '2015 BTS LIVE TRILOGY IN USA Episode II. The Red Bullet' tour!.mp4_000078160

  • Di interview ini mereka ditanya kok mereka sekarang populer banget *gue rasa ini pertanyaan yang awkward. Menurut gue harusnya fans yang ditanya, kenapa mereka begitu suka BTS sehingga sekarang BTS begitu populer dan bukannya BTS. Logikanya mereka ga mungkin muji diri sendiri kan? haha. Maksud gue adalah mereka akan sulit buat ngejawabnya juga*. Dan bener, BTS diwakili Suga ngejawab kalo mereka sendiri ga tahu pasti apa alesannya, cuman mungkin karena aura mereka. RapMon nyaut “karena Suga hyung ganteng”. J-Hope juga nyaut mungkin karena wajah mereka yang secara natural ganteng2. JungKook nambahin kalo mereka ga begitu dalem memikirkan alesannya apa (kenapa mereka begitu populer), cuman setelah tahu fans2 banyak yang suka mereka, mereka jadi berfikir untuk bekerja lebih keras lagi *gue rasa jawaban untuk pertanyaan kayak gitu kalo jujur ya seperti itu. Gue sepakat sama jawaban RapMon X J-Hope, simplenya ya masalah muka dulu. Gue rasa BTS juga tahu itu. Gue rasa BTS ga bakalan bisa populer banget kayak sekarang kalo misalnya wajah mereka ga seperti mereka saat ini. Ya ini real sih, fans2 suka K-Pop mayoritas karena look-nya dulu. Dan menurut gue ga ada yang salah dengan itu, karena memang ga semua orang bisa jadi penyanyi kayak mereka. Hanya yang punya wajah “di atas rata” dan skill yang di atas rata2 dalam hal seni yang bisa. Bukan yang kurang ga bisa, tapi kalo kita ngomong masalah K-Pop ya kenyataanya begitu. Bukan gue gimana2 cuman ya memang visual di K-Pop itu penting. Selain tentu saja karena musik x lirik x personality x skill, fans2 juga akan mempertimbangkan visual ketika mereka ngefans sama artis K-Pop. Kalo misalnya ada yang gimana2 sama statement gue, tanyakan ke diri kalian sendiri semacam “ada ga factor visual ketika saya suka idol K-Pop?”. Gue rasa mayoritas jawabannya adalah ada (meskipun factor yang lain juga jelas ada), termasuk gue juga. Menurut gue ini natural, manusiawi*
  • Mereka ditanya lagi seharian kegiatan mereka ngapain aja. Kalo misalnya lagi ada acara2 musik, mereka ke acara itu, pulang, latihan dan malemnya bikin musik. Kalo ga ada jadwal, mereka paling banyak tidur, juga main games. Mereka sebenernya pengen main2 juga kayak skateboarding dsb cuman waktunya yang ga ada. Makanya kalo ada waktu luang mereka paling tidur. Suga bilang kalo jawaban penyanyi2 yang lain selain mereka (di K-Pop) pasti kalo ditanya jawabannya akan sama2 aja, mereka akan prefer untuk istirahat/tidur kalo lagi ga ngapa2in. Karena sekali mereka ada kegiatan, itu bakalan sangat menyita waktu dan melelahkan. Makanya kalo pas longgar ya digunakan bener2 untuk istirahat.
  • *gue suka Suga itu salah satunya ya hal2 kayak gini chingu*. Jadi mereka ditanya apa yang menyebabkan kalian bangun (semangat lagi) ketika kalian lelah banget dsb. Suga bilang “kamera”. Jadi semacam kalo udah ada kamera/yang ngeshoot, ya dia bakalan bangun, haha *dia sering kan bilang kalo dia itu di kamera/enggak beda. Jadi misalnya dia ngantuk banget/lelah, tapi karena ada kamera, dia tiba2 bisa ceria/lebay dsb. Semacam kameralah yang merubah dia, dari Suga yang laidback jadi Suga yang lebay. Gue rasa mungkin kalo idol2 lain ditanya hal yang sama, mereka jarang ada yang akan ngejawab kayak Suga. Kenapa? menurut gue ini bukan tipikal jawaban2 idol K-Pop, tapi gue malah seneng ngedengernya, gue suka jawaban2 tipikal begini. Jadi keliatan fake kan ya kalo ngejawab beginian, but whatever. Suga menurut gue semacam “bodo amat orang mau bilang gue fake, yang penting gue selalu punya alasan untuk itu”. Kalo ada kamera, dia semacam mau ga mau harus bisa membedakan mana kerjaan/mana enggak. Suga itu gitu chingu, dia itu menilai musik sebagai hobby dan sebagai kerjaan adalah berbeda, bagi dia 2 itu adalah berbeda. Jadi ya semacam diri Suga yang diliat di kamera itu jadi blur, bener/enggak, don’t know. Eksesnya jadi dia semacam kayak orang yang misterius. Intinya gue rasa Suga itu idol yang misterius, susah ketebak. Bukan hanya gue sebagai salah satu fans aja yang ngerasa gitu, member BTS yang lainpun juga. Mereka ada yang pernah ditanya (J-Hope) tentang siapa member yang paling ga bisa ditebak dan jawabannya Suga. Kalo member BTS lain bisa bilang begitu kan wajar karena dia hidup 1 atap sama Suga. Nah gue sebagai fans yang cuman tahu dari kamera dan dari omongan dia doang aja mikirnya juga sama. Berarti Suga=misterius itu ga pendapat gue semata aja. Ibaratnya kalo itu penelitian empiris, ada proof2nya. Dan seperti yang dia bilang dulu, justru itu charming pointnya dia, punya 2 sisi yang berbeda. Konsekuensinya jelas, orang mungkin nganggep dia fake, tapi ya begitulah Suga. Gue rasa ga ada juga artis yang sama sekali ga fake, pasti ada akting2nya juga. Ga mungkin seratus persen apa yang ada di kamera itu real. Namanya juga artis, industri hiburan, pasti ada fake2nya juga. Kalo gue pribadi malah pengen Suga kayak jadi produser gitu, orang di balik layar. Ga tahu kapan cuman gue ngeliatnya dia lebih nyaman di zona kayak gitu. Ga sekarang2 memang, entah 10 tahun lagi apa gimana. Ngeliat dia yang kelelahan syuting, orangnya laidback banget, bilang dia di kamera/enggak beda, asumsi gue jadi sering kayak “wah Suga mulai lelah ini”, jadi agak gimanaa gitu ngedengernya, agak kasian jadinya. Tapi semoga aja dia tetep semangat. Min Suga Fighting!*
  • Bagi J-Hope, perbedaan dia setelah debut sebagai BTS adalah dia makin ceria/bright. Kalo Jin, dia ngerasa lebih optimis. Dia ngerasa sebelum di BTS dia pessimistic cuman pas udah di BTS dia jadi lebih optimis anaknya.
  • J-Hope pengen main di Runningman ketika ditanya apa variety show yang pengen dia ikutin *semoga yah semoga. Kapan nih BTS di Runningman? TT TT*. Kalo Suga, dia pengen ikut di banyak acara (termasuk Runningman) cuman dia bilang di sini dia pengen ikut Infinity Challenge Music Festival. Di acara itu top musician ngumpul dan Suga pengen banget bisa masuk jadi salah satunya di situ *yeokshi ya, Suga=musik. Gue rasa Suga ini passionnya di musik besar banget. Makanya kalo dia udah udah 30an atau lebih, gue akan seneng banget kalo dia jadi producer musik. Gue rasa itu cocok banget di Suga. Dia semacam punya idealisme yang tinggi di musik menurut gue, passionnya di situ. Gue rasa passion terbesar Suga itu bukan jadi idol semata, tapi jadi producer/musician yang bener2 tahu musik dan bikin musik. Kalo RapMon, selain di musik, dia semacam punya greedy yang besar juga di fashion menurut gue*
  • Ketika ditanya apakah ada yang pengen acting di antara member2 BTS, Jin X V sama2 pengen acting. Kalo Jin, dia pengen acting di drama yang rolenya dia jadi anak baik yang boring. Kayak tipe anak baik2 yang suka dikenalin temannya ibu di drama2 itu. Kalo V, dia pengen jadi satu2nya actor Korea yang ada di film Avengers misalnya. Semacam jadi perwakilan Korea di film luar *semoga yah Jin X V, semoga, semoga cepet bisa main drama/film. Gue rasa passionnya member2 BTS selain di BTS yang sekarang ini beda2. Suga di musik, RapMon di both music X fashion, V X Jin di acting, J-Hope di variety show, JungKook semacam di singing (feeling gue dia ada greedy untuk solo juga selain group), dan kalo Jimin, menurut gue dia “just in BTS”. Kayaknya dia yang paling ga neko2, kayak di BTS aja. Gue belum ada feel dia pengen masuk ke bidang2 lain kayak yang lain sampe saat ini*
  • Ada pesen2 BTS buat A.R.M.Y. Suga pengen banget bilang untuk “hiduplah dengan melakukan apa yang ingin kalian lakukan”. Jin bilang “jangan gegabah”. Jimin bilang “lakukan apa yang ingin kalian lakukan” juga. Kalo RapMon, dia bilang “just live, don’t die”, jangan mati, hiduplah *gue setuju sama semuanya, yang utama adalah hiduplah dulu. Semacam sehatlah dulu, lalu baru isi hidupmu dengan hal2 yang kamu ingin lakukan. Gue rasa bisa juga diartikan dengan selalu semangat, jangat mati semangatnya. Jin bilang “jangan gegabah”, semacam semua harus selalu dipikir2 dulu baik buruknya meskipun hidup dengan melakukan apa yang ingin dilakukan tadi. Intinya apa? Pengendalian diri. Bener sih orang harus hidup dengan malakukan apa yang ingin mereka lakukan, tapi semua itu harus dikendalikan dengan hati/pikiran juga, jangan clueless. Contohnya ya BTS sendiri. Meskipun orang tuanya Suga X RapMon X Hope ngelarang mereka jadi penyanyi, tapi karena passion mereka di situ ya mereka berusaha keras untuk itu dan akhirnya berhasil. Mereka jadi semacam hidup dengan malakukan apa yang ingin mereka lakukan kan jadinya. Tapi konsekuensinya ada, mereka harus mati2an latihan untuk itu dsb. Ga langsung juga, ada proses2 yang harus dilalui dan itu sama sekali ga mudah. Menurut gue makna lain yang mengacu pada kata2 mereka tadi adalah “jangan sampe kalian menyesal dalam hidup karena kalian hidup dengan melakukan apa yang sebenernya tidak ingin kalian lakukan”. Selagi muda, semacam “set your own goal”, jangan “set others goal on you”, tentukan apa tujuan hidupmu sendiri, jangan tujuan hidup orang lain yang diset di dirimu, kemudian berusahalah untuk sampai pada tujuan itu. “set your own goal” berarti ya dari kenali diri sendiri dulu, jadi diri sendiri, baru bisa tahu tujuan hidupnya apa. Makanya penting untuk selalu belajar. Dari belajar orang akan tahu banyak hal yang akhirnya dia bisa milih dia ingin jadi apa dan jadi kenal juga dia itu seperti apa/sukanya apa. Kok dihubungin sama belajar Lin? Apa hubungannya sama belajar? Contohnya simple. Ga mungkin Suga pengen jadi producer kalo kecilnya dia ga belajar musik. Berarti kan Suga bisa tahu kalo dia harus do music karena dia suka music (karena pernah belajar musik tadi). Nah coba Suga dulu ga suka musik dan ga belajar, pasti musik bukan menjadi hal yang ingin dia tekuni. Karena dia belajar musik itu, dia jadi tahu passionnya dimana. Makanya belajar itu penting, untuk bisa tahu arah kita ke mana. Dan Suga juga jelas ga hanya belajar musik ketika kecil. Dia juga sekolah kayak kita. Dia belajar matematika, sejarah, biologi, bahasa Inggris, musik dsb. Cuman pilihan dia jatuh ke musik. Dari banyak hal yang dipelajari tadi, dipilihlah salah satu dan ditekuni. Makanya belajar itu penting, buat referensi. Belajar itu juga ga harus di sekolahan, dimana sajapun bisa. Ga cuman sama Pak/Bu Guru, dari siapapun bisa. Kayak Suga, dia malah otodidak, belajar musik sendiri ketika kecil. Lalu, kenapa semua itu penting? Jawabannya cuman jangan sampe ketika sudah beranjak tua malah nyesel “kok dulu saya ga jadi diri saya sendiri dan melakukan apa yang ingin saya lakukan ya?”. Itu maksud yang gue pahami. Semoga nasehat BTS ini berguna ya bagi kita. Kita bisa ngambil hal2 baik dari sini ^^. A.R.M.Y Fighting!*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

Gomawo~ ^^

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Tary mengatakan:

    Aku barusan liat interview ini semalam kak dan aku mikir “kak linda udh nulis ini belum ya??”😀
    Soalnya udh dua hari kakak ga update2😀

  2. Tary mengatakan:

    Ehh bangun pagi buka fb udh diupdate sma kakak😀

  3. 94shidae mengatakan:

    gatau.. malah terharu gitu sama pesan-pesan yang mereka ucapin buat army, terutama kata-kata suga oppa /_\
    mereka inspiratif banget, menginsipirasi, kalian juga bekerja keras buat army, semoga impian-impian kalian semua tercapai yaaa, BTS Fighting! ARMY Fighting !

  4. grace93 mengatakan:

    Selalu suka kata kata motivasi begini 😢😢😢 btw emang kebanyakan kpop fans suka sama idolnya itu emang dr look dulu baru kualitas grup nya, termasuk saya ya ga muna, tp jujur gue pas kepincut sama bts dan jadi army skrg bukan karna wajah mereka sih, pertama suka mereka pas liat dance practice danger, sinkronisasi mereka keren bgt pas disitu ya mulai dr situ gue makin ngikutin mereka ampe skrg haha sorry jadi curcol

  5. Anggunie mengatakan:

    Jimin itu bagus juga di Variety Show kak, kalau udah di acara” gitu pasti dia banyak tingkah apalagi kalau sama Jhope.. Walaupun sifat nya agak pendiam, tapi dia bisa nyatu ma suasana. Jadi menurut aku cocok aja dia ikut di variety show gitu.

  6. Seulrinnie mengatakan:

    Kata2 bang Yoongi kyk aku bgt.. Aku kn gt, klw aku gk mau ya gk mau, klw aku mau ya mau.. Jd semua jg berawal dr kemauan sndri

  7. mich mengatakan:

    Kmna pesen” v??
    Kok ga ad pdhalny saya cma fokus ke v -_-

  8. Iin mengatakan:

    aku selalu terharu dengan kata2nya member BTS trutama Suga & rapmon… entah knapa kata2nya mlah bkin aku agak sedih.. Kenapa?? karna aku juga pengen punya tujuan buat kedepannya,aku pengen mlakukan apa yg sebenarnya pengen aku lakuin tpi bhkan smpe skarang aku sendiri ga tau apa sih yg sebenernya pengen aku lakuin kedepannya. percaya ga percaya tpi ini knyataan semenjak kenal BTS aku selalu berfikir kya apa sih yg sbenernya pngen aku lakuin dimasa depan? apa sih mimpi aku? apa bisa aku jdi ini? apa aku bisa jdi itu sdangkan pndidikanku ga tinggi aku ga punya bkat apapun.seriuss aku sering bnget mikir gitu sekarang.*elaahh jdi curhat kan. jdi secara ga langsung BTS lah yg bisa menginspirasi/semangat/memotivasi buat aku… udah sering juga aku komen bginian disini
    buat BTS semoga kalian selalu sukses & keinginan kalian masing2 bisa trcapai BTS FAIGHTINGGGG

  9. Iin mengatakan:

    pesan2 member BTS Selalu bikin Terharu trutama kata2nya abang suga sma akang Rapmon… aku termotifasi dngan kata2nya… semoga apa yg kalian inginkan kedepannya bisa trcapai BTS FAIGHTINGGGG

  10. Eka mengatakan:

    Aku ingin melihat member bts tidak hanya datang ke Jakarta tapi juga datang ke Surabaya.aku tidak bisa datang ke Jakarta karena aku masih sekolah.aku berumur 13 tahun.aku fans terberat bts.aku ingin member bts datang ke tugu pahlawan kita dan di kota pahlawan kita.aku ingin berfoto dan makan bersama dengan member bts.itu impian kecilku.tapi tidak akan mungkin terjadi.itu mungkin hanya impian yang kosong.😔😔😔

Tinggalkan Balasan

