Fakta-Fakta EXO Part 214 (EXO X Performance Group)

Posted: September 4, 2015 in About EXO M & EXO K
Tag:

We Are One! EXO!

Source: Video –  150903 한국방송대상 시상식 EXO 가수상 (Credit: MBC , uploaded: Namja124),  150814 150815 EXO channel e02 (Credit: EXO Channel Japan, uploaded: Namja124)

  • EXO menang award tanggal 3 September 2015 kemaren. Awardnya dari Korea Broadcasting Prize ke-42 dan EXO menang dalam kategori penyanyi (가수상), semacam best singer versi award itu. Yang dateng buat nerima award itu SuHo X BaekHyun X ChanYeol. Di speechnya, SuHo ngasi ucapan terimakasih ke orang2 SM (staff, manager dsb), keluarga, member EXO dan semua EXO-L. Dan karena award ini adalah award broadcasting, SuHo juga ngucapin terimakasihnya pada orang2 yang telah bekerja keras di acara2 musik seperti cameraman dan yang lain2 yang udah bekerja keras dari subuh ketika akan ada acara musik di sore harinya *Kalo di MBC ya kayak Music Core X Show Champion dsb*. SuHo berterimakasih dengan itu dan award ini untuk mereka semua juga katanya *Congratz EXO!!*

150903 한국방송대상 시상식 EXO 가수상.mp4_000053653

  • Berlanjut ke acara lain yaitu EXO’s Channel. Ketika ngomong tentang MV, MV yang syutingnya paling lama buat EXO sejauh ini masih MV MAMA. Semacam MV yang punya kesan tersendiri jadinya. Member2 EXO sendiri ngerasa kalo sejak debut sampe jaman Love Me Right ini mereka sudah menampilkan banyak konsep *bener ini, dari mulai strong charisma kayak MAMA, lalu ke WOLF yang teatrikal, ke Growl yang fresh, lalu ke OVERDOSE yang mature, ke Call MeBaby yang catchy lalu ke Love Me Right yang bright, banyak konsep2 yang sudah diaplikasikan SM ke EXO sejak debut sampe saat ini*. Dan Love Me Right sendiri adalah konsep yang paling bright bagi EXO sejak debut.
  • Ketika ngomong tentang EXO itu grup yang kayak gimana, Baekhyun bilang kalo EXO adalah performance group, yaitu grup yang jelas ada unsur2 performancenya ketika mereka nyanyi. Ini erat kaitannya dengan konsep2, contoh paling jelasnya di masa2 WOLF. Koreo wolf sangat detail dan nunjukin konsep lirik lagunya yang memang tentang semacam kisah wolf dan beauty *setahu gue, grup yang ada dance2nya itu sebutannya bukan “dance group” kalo di Korea, tapi “performance group”, makanya pelatih2 dance K-Pop kayak Shim Jae Won di SM atau Song Seung Duk di BigHit itu sebutannya lebih ke “performance director”. Dan EXO adalah salah satu grup yang disebut “performance group” itu. Dance menjadi hal yang vital di group seperti itu. Di award juga sama aja, ga ada kategori “best dance”untuk grup yang pake dance2,  tapi “best performance”, contohnya di award MAMA. Kalo menurut gue, bisa kayak gitu karena performance itu lebih luas dari dance. Performance semacam penggabungan antara musik X konsep lirik X dance. Semua itu ngeblend jadi satu dan menjadi whole package performance. Dance tercipta karena disesuaikan dengan musik X konsep cerita di lirik tadi. Kalo performance kan luas, nah kalo “dance group” berarti kayak kumpulan back dancer/b-boy aja (contohnya tim back dancers YG/SM). Berarti mereka semacam orang yang khusus di bidang dance aja, sedangkan performers seperti idol2 itu (termasuk EXO) bisa semuanya, dari dance, nyanyi/rap sampai ke acting untuk menyampaikan lirik lagu yang diperformkan.. Kalo lirik yang kebetulan pas sama suasana hati mereka ya ga usah acting (dari hati), tapi kalo ga sesuai berarti mereka harus pasang ekspresi/gesture yang sesuai juga supaya sampai makna liriknya ke audience. Makanya pekerjaan seperti mereka itu menurut gue susah sekali chingu, ga semua orang bisa. Ga semua orang bisa dalam hal nyanyi x acting x ngedance dalam sekali waktu, harus bener2 orang yang punya bakat dan bekerja keras mengasah itu. Salut sama performance2 grup di Korea termasuk EXO. Ga semua artis di dunia ini bisa kayak mereka soalnya*
  • Bagi Kai, dia ngerasa yang penting bagi dia adalah menampilkan performance yang ga bikin menyesal siapapun ketika ngeliat performance itu. Semacam dia sendiri dan fans puas dan punya kesan yang terkenang terhadap performance itu. Dia yang menjalani ngerasa punya kesan, fans yang ngeliatpun sama. Dengan begitu, akan terindentifikasi “oh EXO itu yang kayak gini, warnanya ini”, semacam itu *yeokshi ya, Kai keren kalo ngasi komentar2, good~.Gue rasa Kai bisa mikir kayak gitu karena posisinya semacam krusial banget di EXO. Dia semacam “center of performance”nya EXO, sehingga posisinya menentukan banget akan kayak gimana EXO dilihat oleh fans. Dia jadi kayak “center of attention” juga, fans bakalan notice banget ekspresi/gesture/movenya ketika perform. Makanya Kai semacam teasernya yang paling banyak keluar dsb, karena dia core performersnya di EXO, dan EXO sendiri adalah “performance group” bukan “vocal group” dsb. Hal yang paling ditonjolkan adalah performancenya. Makanya gue rasa Kai mikirin banget hal2 yang kayak gini dan selalu latihan dan latihan untuk nunjukin yang terbaik ke EXO-L yeorobun semua*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

Gomawo~ ^^

150814 150815 EXO channel e02.mp4_000077533

150814 150815 EXO channel e02.mp4_000107700

150814 150815 EXO channel e02.mp4_000227633

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. alexis mengatakan:

    Review2 tentang exo terlalu sedikit dan terlalu kaku,ga fun dan lucu kayak dulu,entah kenapa semacam cuplikan berita,enggak kelihatan soul dari penulis yang bener2 exited buat nulis fakta exo,kurang detail juga… pendapatku sih buatlah artikel untuk exoL yang dari hati

    • Daisy mengatakan:

      Lantas apakah kamu pantes ngomong begitu buat si penulisnya? aku ga suka aja sama komentar kamu yg sama sekali ga menghargai writer diblog ini

      • alexis mengatakan:

        Aku menghargai penulis blog ini,aku sudah ngikutin blog ini sejak jaman fakta2 exo 1 tentang personil2 dari exo k atau exo m,yang exo m gambarnya yang dikasi gambar kai soalnya si penulis itu biasnya kai,aku ngasi kritikan sebagai pembaca yang setia nungguin review tentang exo,tapi akhir2 ini reviewnya ngebuat kecewa aja

  2. annisa andani santika mengatakan:

    waah keren banget ya. yeoll ada ada aja tapi dia kreatif bikin lagu.
    #akuyakinyeollbisadanberhasil

  3. annisa andani santika mengatakan:

    yaah yang penting liat dulu faktanya yaah…tapi inget jangan terlalu kaku aja

  4. odianafi mengatakan:

    Agak gak enak hati sebenernya ngomongnya, tapi bener sih kata alexis, tulisannya udah gak se excited dulu. Tapi disisi lain, ini rada gak enak hati juga ngomongnya, buat non exo l kayak aku rasanya interview exo sebagai kelompok masih terasa kaku dan agak kurang menarik. Mungkin karena tek toknya kurang. Bahkan tulisan2nya kak Leenda dulu yang ngereview ttg EXO dgn semangat gak sebanding dengan apa yang kutonton (maaaaf😦 , sekali lagi karena aku bukan EXO L, jadi beda ya cara ‘nontonnya’ dengan yg penggemarnya ) , jadi sampe skg aku masih lebih suka baca reviewannya daripada nonton langsung, krn kadang2 poin menariknya justru dari yg diungkapin kak Leenda dibandingkan di acaranya.
    Satu2nya acara yang menurutku emang fun banget itu Happy Camp, sampe sekarang masih kusimpen tuh videonya di laptop karena banyak momen ngakaknya, hahaha.

    Kalau boleh jujur, meskipun EXO itu kuakui sbg grup yg kuat, performancenya baguss (bahkan Chanyeol aja bisa kubilang hebat krn dia masih bisa ngikutin ritme dance groupnya yang rumit, apalagi ada KAI yang skg jd best dancer diantara para idol dan ini di vote sesama idol lain, seberapa usahanya CY buat ngimbangin rekannya coba? :O), vokalis utamanya juga kalo menurutku paling the best sejauh ini dibanding boygroup kategori rookies lain, tapiii . . .

    rasanya mereka bondingnya belum begitu kuat, bisa jadi karena terlalu di forsir dan banyak kerjaan jadi mereka belum sempat bener2 dekat. Ya mungkin bener kalo Baekhyun sm Chanyeol deket, atau Kai sama D.O, dan pasangan (?) lain, tapi rasanya kalo sebagai grup mereka belum sedeket itu. Jangankan idol sih, aku aja yang ngalamin KKN dulu itu diharuskan bekerja dengan orang yang belum kenal bener, tiap hari harus ketemu, dan harus deket karena kita harus kerja sama, rasanya sulit untuk solid, deket doang sih pasti bisa lah. Kalaupun ada yang bener2 deket, pasti cuman satu dua kan? Jadi manusiawi kalo ada kayak gini, org yang didekatkan karena pekerjaan sama org yg deket karena dari awal nyambung kan beda yaa. . .
    Nah, masalahnya dipandanganku EXO ini ‘dibuat’ nampak deket satu sama lain, padahal kalo gak deket pun manusiawi sih ya. Beberapa idol juga ada yg blak2an kok ngmg mereka gak deket sama siapa (kak Leenda juga pernah nulis, tapi mending samarin aja namanya mbok dikira bikin permusuhan, hehe). . Kenapa smp kubilang mrk ‘dibuat’ nampak dekat, ya karena setelah mereka berusaha menampakkan itu, nyatanya satu persatu personel Chinanya hilang, jadi serasa . . . mmm . . . ya kedekatannya itu ada yang palsu. ada, bukan semua lo ya. (maaf )

    Maaf ya buat EXO L kalo ini bikin gak nyaman, disini aku cuman mau ngungkapin pandanganku apa adanya. Sedih sih, apalagi belakangan ini aku mulai rajin ngikutin EXO, mmm, cuman nontonin KAI sih sebenernya. Tapi aku sih berharap mereka bisa lebih deket lagi . . .
    Buat kak leenda, boleh banget lo kalo mau meluruskan pandanganku yang salah,

    fiiuh, maap kepanjangan

    • lindashin mengatakan:

      Kalo aku semakin kesini pengen lebih profesional aja sih dalam nulis, ga yang lucu2an mulu. Lagi, video ini juga memang lagi ga ngelucu jadi ya aku sesuaikan dengan itu. Karena EXO sekarang usianya juga udah lumayan, mereka mungkin jadi lebih concern ke hal2 lain, bukan hanya lucu2an saja.

      • alexis mengatakan:

        Profesional yang kayak gimana?apakah yang kayak situs2 berita online saat ini lebih ke beritanya?
        Aku maunya sih kalo menulis soal exo lebih exited kalo nggak ada lucu2nya gpp yang penting pembaca jadi tertarik buat ngeklik link video yang diulas,atau seenggaknya pembaca merasa puas dengan tulisan yang dibuat linda,trus lebih detail lagi yang kayak exo kai sama baekhyun datang ke after school itu menurutku kurang detail,kurang ngeliatin karakter dari kai atau baekhyun,trus yang artikel ini menurutku puncaknya tulisan linda paling datar soal exo

      • lindashin mengatakan:

        Simple aja sih sebenernya, konten acara ini tuh ga lucu, lalu kenapa harus ditulis lucu? Yang AFC, keknya biasa aja, ga lucu2 juga. Justru aku pengen fans tuh lebih dalam dalam mengenal idolanya, bukan hanya act2nya yang lucu tapi pemikiran mereka yan bisa dijadikan pelajaran/pengetahuan. Ingat, EXO udah makin dewasa, pikiran mereka ke seni semakin dalam. Dan satu lagi, kalo kamu jadi kecewa karena baca tulisanku, jangan dibaca aja. Aku udah berusaha maksimal sih, jadi ya inilah yang aku bisa tulis. Aku kan ga bisa “memuaskan” semua orang, aku ga sempurna dan ga selalu sesuai sama ekspektasi orang juga. Tujuanku nulis tuh sebenernya bukan masalah supaya orang ngeklik terus/baca terus dsb, ga gitu. Aku pengennya orang bener2 tulus aja, kalo suka ya bacalah, kalo ada yang bermanfaaat bagi mereka ya aku ikut seneng. Cuman kalo ga suka ya jangan dipaksa/dibaca, cuman jangan juga minta aku supaya sesuai dengan keinginan orang lain (kamu misalnya), aku ga bisa kayak gitu. Ya inilah style tulisanku sendiri, suka ya silahkan, enggak ya ga ada masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s