Fakta-Fakta DAY6 Part 2 (DAY6 Yang Belum Perform di Acara2 Music TV)

Posted: September 18, 2015 in About DAY6
Tag:

Source: 150917 정준영의 심심타파 DAY6 by플로라 (Credit: MBC, uploaded: Flora/플로라)

  • Ini adalah acara radio DAY6 yang pertama *baru pertama ini chingu gue ngecek ke webnya langsung jadwal artis hari ini kemana dan besok kemana. Biasanya ga gitu soalnya, paling tahunya di FB aja. Soalnya gue pengen cepet ngeliat anak2 DAY6 ke radio, jadinya kemaren2 selalu ngecek kapan dan ternyata kemaren, semacam “akhirnya~”*. Oya, DoWoon (maknaenya) itu suaranya ngebass lhoh chingu, surprise~. Beda banget tone-nya sama anak2 DAY6 lain *mungkin karena itu juga dia ga masuk vocalist, karena memang tone-nya jauh beda dengan member lain. Kalo di BTS kayak V cuman kalo si DoWoon ini menurut gue lebih tebel. Makanya V partnya juga termasuk sedikit di BTS meskipun suaranya bagus, karena tone-nya beda dengan yang lain, dia lebih ngebass, kayak penyanyi2 soul. Kembali ke DoWoon, dia mukanya imut gitu suaranya ngebass ternyata, charming jadinya, muka cute tapi suara manly. Kalian pasti tahu atlet badminton Lee YongDae kan ya? Gue kalo ngeliat DoWoon itu kayak ngerasa dia mirip2 YongDae chingu, hehe~*
  • *gue mikir ini dari agak lama chingu dan pas nonton acara radio ini kebetulan ditanya juga sama DJnya (JoonHyung) ke anak2 DAY6nya langsung. Jadi gue bertanya2 kenapa DAY6 itu ga promo di acara2 musik Korea dan lebih ke perform2 street kayak di universitas/tempat2 perform lain yang offline. Ini mengingatkan gue sama The Ark sebenernya. The Ark itu kalo perform lebih ke street performance kayak di pinggir sungai Han, ga diliput juga. Mereka ke tempat2 umum yang banyak orangnya dan ga banyak di TV2. Mereka kayak pengen semacam approach public yang real meskipun sedikit dalam pandangan gue, bukan yang terlalu luas kayak di TV namun kurang jelas apakah memang fans/fans semantara aja. Gue rasa ini strategi sih, kenapa? Karena persaingan di TV itu udah ketat banget dan sulit untuk bisa mengambil fans dari boygroup/girlgroup yang modelnya ngedance sambil nyanyi dengan visual member2nya yang outstanding (performance group) yang jumlahnya udah sangat banyak. Makanya, konsep mereka lebih ke street yang menurut gue sasarannya adalah orang2 Korea yang bener2 suka mereka karena skill/musiknya karena nonton langsung (bukan karena sering liat di TV). Gue rasa street performance itu sekarang booming di Korea karena atmosfer acara musik di TV sana sudah agak jenuh sepertinya. Gue kemaren nonton V yang ada Jacksonnya dan Jackson bilang semacam “next comeback aku harus ngapain ya?” Soalnya dia ngerasa semua yang dia bisa udah dia keluarkan jadi malah bingung buat next itu harus nampilin yang kayak gimana. Ga mungkin kan ya artist2 itu stagnant aja, pasti akan terus berubah konsepnya biar fansnya/viewersnya ga bosen. Berarti itu kan indikasi kalo dunia broadcasting music di sana udah terlalu ketat tingkat kompetisinya sehingga cenderung jenuh. Ga cuman jenuh bagi yang menjalani (artisnya, agensinya) tapi juga orang yang ngeliat aja/viewersnya. Fans bagi gue beda dengan viewers. Kalo viewers itu lebih netral, kalo bagus ya suka, enggak ya enggak. Kalo fans, motivasinya udah beda, dia suka karena utamanya suka orang/idolnya soalnya, jadi ya suka2 aja nonton meskipun mungkin kalo boleh jujur mereka bisa aja kurang suka dengan konsep musik idolnya sendiri dsb. Kalo ngomong jenuh maksud gue ya general public/viewersnya, bukan fans/fandomnya. Itu perkara lain. Selain itu, menurut gue sekarang orang mulai suka (kembali) sesuatu yang real meskipun teknologi semakin berkembang pesat. Bener memang, melalui TV, idol2 itu bisa lebih dikenal karena nanti akan diupload di youtube video2nya. Cuman mungkin orang sana akan mikir lagi, semacam “ok yang suka di youtube/netizen itu banyak (bahkan banyak banget), cuman apakah mereka bener2 fans? Karena netizen X fans itu jelas ada bedanya”. Sedangkan kalo mereka punya fans yang rumahnya di Korea sana/orang asli Korea, mereka kalo ngefans pasti bakalan dateng ke konser/performnya/fansign/acara2 lain, lebih real meskipun jumlahnya pasti ga akan lebih banyak dari netizen (global).  Logikanya kan gitu ya, logikanya kan “kenapa harus punya fans yang banyak tapi jauh? Lebih baik kan dekat dulu meskipun sedikit. Perkara nanti yang jauh2 beneran jadi real fans ya gapapa, cuman itu masih belom bisa dipastikan”. Karena bagaimanapun pemasukan mereka jelas ga bergantung dari banyaknya netizen yang suka mereka, tapi lebih ke orang2 yang bener2 appreciate karya2 mereka dengan membeli. Dan support yang keliatan real itu jelas dari public Korea itu sendiri, sehingga pendekatan/approach mereka ke public Korea jelas jadi strategi tertentu yang sangat perlu untuk dilakukan, apalagi di tengah industri musik Korea yang sudah sangat kompetitif seperti sekarang ini. Kalo gue sih mikirnya gitu dan gue rasa The Ark X DAY6 bisa gue jadikan contoh untuk ini*. Nah lanjut ke pertanyaan yang gue bahas di depan. Jadi DJnya itu nanya kenapa kok mereka ga perform di acara2 musik? Si leadernya (Sung Jin) bilang kalo intinya mereka pengen semacam lebih dekat aja dengan fans, caranya ya dengan perform live2 gitu, bukan di TV untuk debut ini *selain itu,  di pikiran gue adalah GOT7 akan comeback dengan MAD, JunHo juga udah comeback dan perform juga di TV2 dan sekarang CN Blue yang konsepnya band juga comeback, jadi tambah ga tepat aja kalo DAY6 ada di TV menurut gue. Makanya planning street performance/live2 performance offline itu adalah opsi yang bagus bagi gue. Gue rasa mindset “ingin lebih dekat dengan fans” itu bener sih, karena selain dari sisi “strategi” yang gue kemukakan di atas tadi, juga karena mental mereka akan semakin bagus. Dengan perform di kampus/jalanan/taman yang kadang ga banyak orang juga yang nonton otomatis mental mereka jadi kuat. Kita ga punya pikiran semua idol K-Pop itu sukses kan? Ada juga yang enggak, makanya mental juga harus kuat biarpun sudah debut. Dan lagi, belum tentu artis yang jarang ada di TV itu ga laku, karena indie/underground/street performance di Korea itu tumbuh, sehingga prospeknya ada. Malah justru bisa jadi lebih “makmur” daripada yang ada di TV. Karena apa? Karena kembali lagi, fans yang real tapi sedikit itu lebih menjanjikan daripada fans yang banyak tapi jauh tadi. Sebagai fans+netizen internasional (luar Korea) gue memahaminya begitu. Gue semacam sadar diri juga, makanya gue selalu berusaha membuka mindset orang kalo artis/penyanyi itu bukan pekerjaan yang mudah. Mereka dapet uang dari royalty lagu2 mereka. Karena sadar kalo mayoritas fans internasional ga bisa support mereka langsung ke Korea sana, makanya cara2 official kayak jadi netizen yang baik di SNS untuk mereka (contohnya support mereka secara online di award2) dan beli2 album official/download legal lagu mereka adalah opsi yang tepat untuk menghargai mereka sebagai artist/musisi. Bukan masalah nasib “kenapa gue ga lahir di Korea aja”, itu menurut gue picik. Bukan masalah itu, dimanapun kita dilahirkan, di tengah2 dunia yang sudah sangat maju teknologi/hubungan perdagangan dsb, support selalu bisa dilakukan. Kita ga bisa juga nyalahin misalnya “kenapa DAY6 ga ada di youtube? Kenapa yang diperhatikan cuman fans Korea karena manggungnya di kampus2 Korea?”, Ya karena sisi2 yang gue jabarkan di atas tadi perlu dipikirkan juga. Mereka harus punya fans di negara sendiri dulu, harus survive di public sendiri terlebih dahulu. Kalo ada yang suka nonton V pasti tahu kalo beberapa hari ini mereka live di kampus2 di Korea. Ke depan DAY6 akan begini terus/enggak gue ga tahu, cuman sampai saat ini gue memandangnya begitu chingu~. Kalo ada yang punya pendapat silahkan komentar di bawah yah, sisi2 realist gue tiba2 muncul ini, wkwk*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

150917 정준영의 심심타파 DAY6 by플로라.mp4_000196600

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Kesel banget pas tau MV mereka ke hapus padahalkan udh mau 1 juta view dan akhirnya harus ulang lagi kumpulin view… mereka berani beda aku suka sama konsep konsep mereka yang ambil band dari pada BB .. tau sendori di korea BB itu udah biasa dan untuk band itu susah tp mereka sukses buat aku suka

  2. rsymly mengatakan:

    setuju sama yang onni bilang diatas tentang real fans, mungkis strategi JYP buat DAY6 itu memperkenalkan DAY6 di korea dulu baru ke negara lain atau ke publik yang lebih luas lagi, gk tau kenapa pas baca tentang itu aku jadi keinget sama 2PM? *btw aku HOTTEST^^*

    Ngebandingin pas 2PM comeback di korea sama jepang itu beda banget responnya.. pas 2PM comeback di korea tuh kayak.. apa ya.. gk terlalu booming?😦 aku cukup kecewa sih karna terkesan masyarakat korea kurang suka sama konsepnya 2PM yang manly.. padahal aku lebih suka 2PM comeback di korea karna aku bisa lebih paham arti dari lagunya dan bisa aku hafalin juga karna ku emang suka bahasa korea^^

    Nah ketika 2PM comeback di jepang itu DAEBAK banget responnya, mungkin kalo dari segi MV di youtube gk terlalu banyak lah ya viewersnya gk masalah TAPI pas 2PM ngadain konser di Jepang atau baru rilis lagu, itu tuh responnya ada bahkan ada banget, sampe yang Kcon di jepang kemaren aku kaget banget pas liat penontonnya yang kira2 80% HOTTEST? ya karna pas lagu HANDS UP mereka kompak banget T-T.. bahkan 2PM juga sering ngadain konser di jepang berhari2 kan.. dan selalu rame.. dan mungkin hal itu yang bikin 2PM lebih betah di jepang?

    Dan JYP memulai promosi DAY6 dengan lebih memperkenalkanya ke masyarakat korea dulu mungkin karna hal diatas, biar lebih terkenal di negara sendiri dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s