Fakta-Fakta DAY6 Part 4 (Maknae DoWoon Yang Cute)

Posted: September 20, 2015 in About DAY6
Tag:

Source: 150919 [V] DAY6 Saturday Busking Live 2 (Credit: V Naver, uploaded: Flora), [NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL (Credit: V Naver, uploaded: Flora)

[ WIN - WHO IS NEXT ] episode 4_ YG vs JYP ! 배틀의 결과는-!.MP4_000843509

4

  • Ketika baca profilnya Young K di official website DAY6, tertulis di profil itu kalo spesialisasi Young K (versi dia sendiri) adalah orang yang bisa tidur dengan baik dimanapun dan makan dengan baik (어디서든잘자기, 잘목기) *ngebaca profil ini gue ada feel kalo Young K adalah orang yang easy going+mudah beradaptasi chingu*. Dia pernah tinggal di Toronto (Kanada). Ketika di WIN, dia sempet memperkenalkan kalo dia asalnya dari sana. Ketika itu dia jubirnya ketika dia X Mark X Jackson mau battle rap sama trainee YG (yang sekarang jadi WINNER X iKON). Bukan karena dia jubir dalam artian yang banyak ngomong di satu group, tapi lebih ke bahasa Koreanya yang paling lancar diantara mereka bertiga saat itu. Kenapa? Karena JYP setelah mereka bertiga perform langsung ngejelasin kalo 2 orang (Jackson X Mark) adalah bukan orang Korea dan belum lama belajar bahasa Korea *Sejauh debut ini gue rasa Young K itu orangnya sumeh (bahasa Jawa yang artinya “banyak senyum/murah senyum”), ga banyak omong cuman seneng senyum. Selain itu, gue rasa dari gesture2nya dia/cara ngomong/ngejelasin sesuatu selama di radio kemaren/di V dia semacam kalem, mannernya sopan, ga menggebu2, kayak intelek gitu (karena anak kuliahan juga kan ya). Meskipun kalo di V itu gue agak gimanaaa gitu ngeliat dia karena menurut gue dia awkward. Pas kamera ngeshoot dia, dianya malah kayak bingung mau ngapain meskipun wajahnya ya masih senyum. Matanya keliatan menghindari kamera, keliatan canggung. Gue ngeliatnya jadi ga enak sendiri chingu. Makanya pernah beberapa hari lalu gue update status di FB yang artinya pengen banget Young K lebih natural, soalnya gue ngerasa “beban” malah ngeliat dia di V waktu itu. Bukan ga suka, tapi lebih ke ngebayangin misalnya kalo gue jadi dia, pasti awkward banget dan itu ga enak, ngeliatnyapun jadi ga nyaman. Gue pengen DAY6 segera all out di depan kamera, lebih natural terutama Young K. Meskipun Young K kalo udah perform bisa beda banget, ekspresinya tajem banget, all out, udah keren banget. Kalo yang lain gue rasa malah uda lumayan. Bahkan kayak DoWoon itu udah bagus menurut gue meskipun baru 4 bulan gabung di DAY6. Young K Fighting! DAY6 Fighting! Diantara semua member DAY6, yang sampai saat ini paling gue suka diantara yang lain ada 3 chingu, Young K X DoWoon X SungJin. Kalo Young K, gue suka mannernya di luar perform dan all outnya dia ketika perform, cara dia nyanyi total banget secara gesture, gue suka. Kalo SungJin, keknya dia orangnya baik (??~feeling sih, hehe). Kalo DoWoon, karena cute banget, ##sukaaaa~. Mungkin kalian gitu juga, punya member2 favorit juga dari DAY6 ini*
  • Jae ngerasa kalo dialah member DAY6 yang in charge di English #ehem, haha. Dia sering ngomong pake bhs Inggris dan lancar cuman SungJin pernah nanggepi dengan “tentu saja dia bagus dalam bahasa Inggris, cuman kalo bahasa Korea ya (titik titik titik)” haha. Itu si SungJin sempet langsung mau dipegang kerah bajunya sama Jae, kayak “wah ini anak ngajak berantem sama gue” haha. Jadi semacam “ok sih bahasa Inggrisnya lancar, cuman kalo bhs Korea agak gimanaa gitu”,   Kalo SungJin, dia itu kalo ngomong pake satoori chingu *tapi gue malah ngerasanya itu keren, kayak jadi diri sendiri aja kesannya*
  • *Wonpil itu kayak dapet hiburan gitu menurut gue kalo DoWoon udah ngomong, dia jadi semacam langsung ketawa dan kayak malu sendiri karena DoWoon itu cute/lucu banget. Di radio kemaren juga, pas DoWoon diminta nyanyi dan dia nyanyi lalu bilang kalo dia akan berusaha keras untuk DAY6 dengan style ngomongnya yang lucu dan polos (sambil ngeliat ke atas dan matanya gerak2 ke kanan ke kiri #apaini), si WonPil juga langsung nutup muka+ketawa sendiri, dia kayak ga habis pikir, semacam “ini bocah kok lucu ya?? Oh My God~” itu yang gue tangkep*. Guest2 lainpun langsung nyaut “kwiyeowo/cute” ketika DoWoon habis nyanyi dan ngomong itu *tapi act2nya memang cute kok chingu, bener*. Di salah satu V, si DoWoon ini tiba2 nyebut nama salah satu fans yang pasang fotonya dia ketika dia ngeliat live chat di HP mereka, lalu ga ada angin ga ada hujan dia tiba2 bilang “saranghae~” dengan polos dan wajah brightnya sambil dada2/melambaikan tangan ke fans itu #cuteeeee~~~ TT TT. Itu langsung si Jae nyaut “kenapa kamu tiba2 bilang gitu?” sambil mau dipegang juga kerahnya semacam “aduh ini bocah maksudnya apa lagi~”, haha. Si Wonpil juga langsung pegang kerahnya DoWoon meskipun habis itu dia ketawa lebar dan udah kayak speechless karena si maknae yang cute banget. Member2 yang lain juga langsung ketawa *berasanya kayak dapet hiburan gratis apa gimana, haha*. Muka/suaranya ketika ngomong itu polos banget chingu *dia kan suaranya ngebass kan, cuman kesannya itu polos, jadi ya ketawa kalo ngedenger dia ngomong. Apalagi dia itu mau ngomong, bukan maknae yang pendiem, keliatan easy going juga anaknya. Keren lah ini DoWoon, pantess banget jadi maknae. Suasana jadi rame ketika dia udah ngomong*
  • Pernah juga mereka nyoba solmisasi chingu, buat ngecek sampe nada yang mana mereka nyampe. Meskipun bukan vocalist, si DoWoon bisa juga lhoh ngikutin yang lain. Dia bisa falset juga. Dia kan suaranya berat banget cuman bisa pake suara kepala/falsetto juga. Ga cuman itu, nadanya juga sampe. Malah SungJin-nya yang gagal, wkwk *gue berharap DoWoon segera nyanyi juga kayak yang lain. Meskipun sekarang keknya belum bagus cuman gue rasa prospeknya ada. DoWoon fighting! Dan misalnya dia nyanyi, pasti keren banget, karena tone-nya aja udah keren banget, ngebass. Kayak V BTS tone-nya. Tone yang charming banget menurut gue*

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000066066

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000116033

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000328400

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000329766

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000331966

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000368633

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000379966

[NAVER V APP] 150911 DAY6 SPOT LIVE @ ROLLING HALL.mp4_000409133

150917 정준영의 심심타파 DAY6 by플로라.mp4_003805333

150917 정준영의 심심타파 DAY6 by플로라.mp4_003807233

150917 정준영의 심심타파 DAY6 by플로라.mp4_003808800

  • Seperti yang gue bilang di part2 sebelumnya, di debut ini anak2 DAY6 lebih ke perform2 yang di tempat2 umum kayak kampus/Hongdae/taman2/lapangan bermain deket sungai Han, bukan di TV2 kayak Inkigayo, Mubank dsb. Kayak di V tanggal 19 kemaren, anak2 DAY6 perform di deket Sungai Han *meskipun audiencenya jelas ga terlalu banyak, tapi itu malah dalem menurut gue, memorable. Pencapaian paling tinggi artist setahu gue adalah ketika orang bener2 appreciate artist/musisi dari musik/karya2nya, bukan karena hal2 gemerlap lain kayak panggung meriah/visual/kostum dsb. Ok, itu bagian dari seni yang keren juga, cuman tingkatan paling tinggi musisi adalah justru ketika dia berada di tempat umum yang asing dan dengan musiknya dia bisa menyentuh banyak orang, sekalipun orang itu ga tahu dia siapa. Gue pernah nonton Hitam Putih dan di salah satu episode bintang tamunya Didi Nini Towok dan mereka ngomong tentang itu. Mereka sepakat kalo seniman sejati itu justru adalah yang performnya di jalanan2 asing yang orang appreciate mereka based on kualitas mereka, bukan karena mereka ngetop/sering nongol di TV. Gue suka filosofi itu chingu. Semua jelas punya point2nya masing2, seni yang dikemas apik di TV2 itupun bagus, cuman gue pengen memberi gambaran aja kalo “ada lhoh selain itu” dan itu itu keren juga, kayak street perform contohnya. Suga BTS itu dulu street performance juga. Dia pernah hanya ngerap di depan beberapa orang (2 orang) di jalanan, cuman setelah dia terkenal di BTS dia bilang kalo moment itu justru malah yang ga bisa dia lupakan. Bagi dia, 2 orang itu malah justru true fansnya, yang bener2 mau ngeliat performnya dia yang saat itu belum jadi apa2, yang bener2 ngeliat karena rap-nya Suga. Semakin dewasa, gue yakin musisi akan sadar hal2 seperti itu. Makanya street perform kayak gini gue yakin akan punya memori sendiri bagi para musisi. Ada kata2 keren yang baru2 ini gue denger, yaitu “bunga yang dibesarkan di tempat yang liar akan lebih kuat dan tahan lama jika sudah mekar, akan berbeda dengan bunga yang dibesarkan di rumah kaca”. Itu sama dengan penyanyi/musisi menurut gue, mereka yang dibesarkan dari underground/street akan lebih kuat juga, paling ga secara mental. Kalo gue, gue sebenernya lebih suka background musisi K-Pop yang dari underground. Kalo idol ya kayak RapMon X MINO X Suga. Kalo yang training2 di agensi itu juga bagus, mereka berusaha keras juga, keren banget juga. Cuman menurut gue bedanya adalah yang mantan2 underground/street performers bener2 dari awal terjun ke real world sehingga punya pengalaman sendiri tentang itu, bukan musik dari perspektif “company” tapi bener2 dari sisi2 idealisme musisi. Mereka merasakan gimana rasanya perform dengan lagu sendiri di hadapan sedikit orang (tapi bener2 nonton karena suka skill mereka), gimana rasanya bikin lagu sendiri dan nerima kenyataan kalo pendapatan dari lagu itu ga seberapa, setelah nerima kenyataan itu mereka kemudian mikir lagi gimana caranya bisa survive, apa yang harus mereka lakukan dsb, sehingga akan lebih kuat orang2 kayak gitu menurut gue. Dan ketika bikin lagu/lirikpun mereka juga impactful, maknanya akan dalem, semacam storynya mereka sendiri, gue suka yang seperti itu chingu. Luas memang bahasan seperti ini, selalu bisa ditinjau dari banyak hal dengan memperhatikan banyak aspek. Intinya apa ya, intinya ya masih sama, musisi itu bukan pekerjaan mudah menurut gue, sehingga apresiasi pada karya mereka adalah penting. Entah itu musisi dari underground/street/training agensi/ajang pencarian bakat (mereka telah berusaha keras dengan cara/jalannya masing2), ketika sudah ada karya dari mereka yang tercipta, maka sebagai fans yang menikmati karya mereka/bahagia dengan karya2 itu, hendaknya bisa mengapresiasi mereka dengan cara yang tepat #respect*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

150919 [V] DAY6 Saturday Busking Live 2.mp4_000221266

150919 [V] DAY6 Saturday Busking Live 2.mp4_000286400

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Husna Amin mengatakan:

    mungkin Young-K masih demam kamera kak,atau dia blm sadar kalo udah jd idola.tp aku suka bias aku Young-K.omona…liat si maknae cute abis.berarti si maknae sama kayak Youngjae GOT7 ya kak gabung digrup beberapa bln sblm debut.

  2. bela tova mengatakan:

    Yugyeom juga dari underground loh dia kak, cuma dia ngegroup gitu dance nya. Aliran dance nya dia house dance

  3. hikarinta mengatakan:

    Setuju sih ngelihat sungjin itu punya kesan ini anak baik2 ini hehehe dan yong K aduh gagal move on klo lihat penampilan dia pas di win dlu, skrg kayaknya kuruss bgt. Lbh suka pas dia di win dlu bnr deh hehegdg

  4. HanArum mengatakan:

    Gua speechless baca artikel ini. Yaappp gua jg ngerasa gitu. Pertama kali liat day6 gua langsung sreg. Konsepnya beda dr yg lain, lagu2 nya juga oke bgt lah.
    Tntg musisi ug itu gua juga suka sm mereka yg disebutin diatas. Apa yg keluar dr mulut mereka itu semacam kekuatan tersendiri, ga ada yg bisa nyamain mereka.
    Thank’s for sharing 👍
    -dowoonnie’s wife-
    😆😆

  5. rsymly mengatakan:

    DAY6 terbiasa perfoam LIVE jadi suaranya gk beda jauh sama lagu rekamannya, tapi kalo untuk di variety show gitu mungkin mereka emang masih keliatan kaku onni menurut aku, kayak kemaren yang mereka baru di undang di After School Club, mereka kalo ngejelasin panjangg lebar xD jadi ngabisin durasi waktu xD mungkin terbiasa di radio kali ya.. wkwk. tapi mungkin karna MCnya Jimin sama Jae juga yang deket sama mereka.

Tinggalkan Balasan

