Fakta-Fakta Red Velvet Part 18 (Comeback Red Velvet, 1st Studio Album “The Red”)

Posted: September 22, 2015 in About Red Velvet
Tag:

Happiness~ Red Velvet! ^^

Source: Video –  150909 컬투쇼 레드벨벳 @ Cultwo Show Red Velvet KHJ (Credit: SBS, uploaded: Red Velvet KHJ), 150915 두시의 데이트 박경림입니다 @ 레드벨벳 Full version KHJ (Credit: MBC, uploaded: Red Velvet KHJ), 150819 KCON15 COM2US @ RED VELVET Interview KHJ (Credit: KCON, uploaded: Red Velvet KHJ), Pops in Seoul-Red Velvet(레드벨벳) _ interview(인터뷰) (Credit: Arirang), 150917 슈퍼주니어의 키스 라디오 @ 레드벨벳 Full Version KHJ (Credit: KBS, uploaded: Red Velvet KHJ)

Sebenernya dari beberapa waktu lalu gue semacam udah pengen ga nulis tentang RV lagi chingu, cuman karena ada satu dan lain hal, gue masih pengen nulis tentang mereka. Gue ga bakalan nulis yang update banget, gue hanya akan nulis acara2 interview mereka dan ketika mereka cerita2 di radio aja. Jadi ya harap maklum yah, hehe. Gue ngerasa kalo gimanapun juga RV udah gue ikutin sejak debut jadi gue juga pengen tahu juga perkembangan mereka. Meskipun ga full, cuman setidaknya dari nonton acara2 radio tiap mereka comeback, bisa ngasih gue gambaran dari perkembangan mereka dari waktu ke waktu, dan semoga bisa ngasi gambaran ke kalian juga.

150915 두시의 데이트 박경림입니다 @ 레드벨벳 Full version KHJ.mp4_002824000

  • Mereka cerita kalo begitu mereka tahu lagu/album mereka ada di chart no.1, mereka langsung tereak2 di dorm. Bahkan Seulgi setiap sejam sekali ngecek lagi karena saking senengnya. RV sendiri baru aja comeback dengan Full Album pertama mereka yakni “The Red” dengan title track “Dumb Dumb”. Gue rasa SM stan/RV’s fans udah pada tahu lagunya juga. Baik album The Red maupun track “Dumb Dumb” sendiri memperoleh hasil yang bagus karena jadi no.1 di chart2 di Korea maupun di billboard. Di acara2 musikpun mereka sudah menang beberapa kali. Joy cerita kalo dia berdoa karena pengen banget “dumb dumb” jadi no.1 dan ketika mereka diberi tahu sama staff2 kalo mereka beneran jadi no.1 di acara2 musik Korea, dia semacam nangis/haru, saking bahagianya. Yeri sempet nangis juga ketika mereka menang di salah satu acara musik.
  • “Dumb dumb” sendiri story lagunya tentang seseorang yang jadi kayak mannequin ketika ada di dekat orang yang dia suka, jadi awkward dan kayak orang bodoh *kalo gue pribadi, gue rasa lagu itu memang trendy/bagus (meskipun bagi gue ga lebih bagus dari Happiness. Lagu RV yang paling mengena di gue masih “happiness” sejauh ini), cuman entah gimana gue ngerasa kalo lagu itu feelnya kayak lagunya Jessi J X Ariana Grande X Nicky Minaj yang judulnya “bang bang” yang keluar tahun lalu. Gue pernah nganalisa sedikit tentang kedua lagu itu di facebook gue ketika lagu itu keluar. Singkatnya, analisa gue adalah karena “dumb dumb” dibikin sama tim yang namanya “LDN Noise/London Noise”, maka style lagunyapun akan seperti lagu2 keluaran sana, dan “bang bang” sendiri juga dibikin sama musisi London yang sangat terkenal. Gue ga bilang itu plagiat/gimana, cuman secara feel gue ngerasanya kayak setipe gitu. Mungkin karena kembali ke style tadi. Instrumen yang digunakan, genre, beat, semuanya ke “London style” itu sehingga menyebabkan feelnya seperti itu. Menurut gue, bisa jadi juga kalo LDN Noise terinspirasi dari “bang bang”, dan “terinspirasi” belum tentu plagiat juga. Toh misalnya terbukti iya, yang salah ya yang bikin lagu. Anak2 RV mah ga salah apa2 karena memang mereka tinggal rekaman/nyanyi aja, urusan lagu urusan SM. Kebanyakan gitu kan ya SM, lagu jadi urusan perusahaan, bukan idol2nya langsung. Lagu2 SM sendiri banyak yang stylenya Europop/barat. Composer2nypun banyak yang orang2 Eropa dari mulai Inggris X Norwegia X Denmark dsb. Style musik mereka ga jauh2 dari style lagu2 Eropa/Amerika, meskipun kalo K-Pop jelas lebih “out of the box” karena mereka performance group, jadi lagu juga harus bisa didance-kan, dimatchkan dengan konsep MV dsb. Jadi semacam materi lagu mereka itu barat cuman karena untuk K-Pop, jadi dibikin lebih “out of the box”. Lagu2 barat itu pada dasarnya based on theory music banget, sedangkan K-Pop lebih eksperimental karena ada dance X MV dsb. Makanya sering lagu2 SM itu artinya ga terlalu jelas karena yang terpenting memang bukan itu, mereka lebih ke gimana bikin lirik yang lingering di telinga (orang yang ngedenger langsung bisa ikutan nyanyi). Selain itu, gimana suatu lagu bisa dibikin dance-nya, karena kembali lagi mereka (mayoritas artis SM) adalah performance group konsepnya, termasuk RV*
  • “The Red” album ini sendiri mencerminkan sisi powerful dari “Red Velvet”. Seperti definisi Red di nama “Red Velvet” yang memang penuh semangat/powerful seperti warna merah. Karena ingin menampilkan sisi “red”nya, makanya album ini kebanyakan tracknya adalah track2 yang energic/bright. Makanya main outfit di comeback inipun merah juga *mungkin the next album mereka akan semacam “The Velvet” apa gimana ya, karena sisi “red”nya sudah dibuat, tinggal yang sisi lembut/velvetnya. Menurut gue Korea kerennya itu, mereka ketika bikin album bener2 dipikirin konsepnya, jadi lebih berkesan buat fans2nya. Mereka selalu pake konsep2 yang menurut gue sangat bervariasi, dari debut hingga comeback dan comeback selanjutnya. Gue sendiri udah coba denger sekilas lagu2 mereka di itunes dan gue ngerasa salah satu track di album itu yang judulnya “time slip” bagus chingu, musik/beatnya urban, my style, gue suka. Itu track favorit gue di “The Red” ini*. Ada 10 lagu yang ada di studio album ini, selain title track “dumb dumb”, ada juga “huff X puff”, “campfire”, “red dress”, “oh boy”, “lady’s room”, time sleep”, “don’t u wait no more”, “day 1” dan “cool world”.
  • Lirik “dumb dumb” yang ada di lagu ini kan banyak banget, nah itu kalo kalian perhatiin tiap member punya ritmenya sendiri dalam ngucapin lirik itu, ga sama. Jadi mereka cerita kalo itu ngebikin mereka bingung juga, dan latihan di part itu jadi memakan waktu lama. Jadi sistem pengucapannya itu kayak dilayer2 (ditumpuk2) antara ritme satu dan yang lain, jadi kalo ga konsen bisa buyar.
  • Konsep MV dari “dumb dumb” sendiri adalah mereka bertransformasi jadi seperti boneka. Lirik seperti “mannequin dan male robot” disebut dalam lagu itu dan itu divisualisasikan dengan dance robotic. Untuk dancenya sendiri, Wendy ngerasa dance robotic itu berat, apalagi ketika pembuatan MV. Mereka harus pose seperti robot dalam waktu yang lama dan misalnya ada yang salah, harus diulang2 lagi. Dan dari semua member, member yang paling stabil dalam gerakan robotic adalah Irene menurut mereka *cie Irene eonni cie, hehe*
  • Joy punya habit ngelindur ketika tidur. Yeri X Wendy pernah ngedenger malem2 Joy tiba2 ngomong sendiri (kayak lagi conversation) dan bahkan tiba2 ketawa sendiri padahal posisinya lagi tidur. Joy sendiri pas ditanya bilang bener2 ga inget kalo ketika tidur dia seperti itu *ngelinduran juga ternyata si Joy, haha*
  • Mereka ditanya sunbae2 SM yang pengen mereka liat sebelum mereka debut itu siapa (semacam sunbae yang bener2 mereka suka). Wendy X Irene sama2 bilang BoA sunbaenim. Kalo Joy, dia bilang TVXQ *yeokshi, TVXQ*. Seulgi juga TVXQ (dia ada 2, BoA+TVXQ). Sedangkan Yeri, dia bilang suka semuanya *tapi memang BoA X TVXQ itu kayak pintu gerbang K-Pop bisa sukses kayak sekarang kan ya, mereka bener2 pioneer di dunia K-Pop Korea. Makanya kayak XiuMin EXO itu bener2 ngejadiin TVXQ role model banget. Dia bilang kalo ga ada TVXQ, EXO juga ga bakalan ada, karena ada member EXO (XiuMin) yang memutuskan untuk jadi idol setelah ngeliat dan suka sama TVXQ*. Kalo untuk group, mereka pengen kayak sunbaenya Girls’ Generation. GG bagi mereka adalah grup veteran K-Pop yang sudah sangat berpengaruh di K-Pop. Mereka bertahan dalam waktu yang sudah lama dan sudah professional, RV ingin seperti mereka chingu. Nah tentang TVXQ, Changmin TVXQ ketika anak2 RV bikin MV “dumb dumb” dateng lhoh, dia ngebawa snack juga buat yang ada di situ *wah RV ini banyak dapet cinta yah dari sunbae2nya~*. Taeyeon SNSD itu juga care banget sama RV ini.
  • Di part rap-nya Irene di “dumb dumb” kan kontennya judul2 lagu Michael Jackson, nah di acara radio ini dia diminta ngerap part itu sama fans *gue ga tahu apakah itu semacam tribute to MJ apa lucu2an aja, cuman yang gue tahu SM memang penggemar MJ’s stuff banget chingu. Dari mulai style, dance, dan sekarang judul lagu beliau yang dijadikan lirik lagu. TaeMin SHINee setahu gue fansnya MJ banget. Debutnya yang “danger” itu menurut gue feelnya juga MJ banget. Di “Call Me Baby” EXO juga, style dancenya MJ dipake di situ. Ga cuman SM sebenernya, BIG BANG itu konsep2 di konsernya juga ada yang niru MJ, mereka ngaku sendiri ketika di acara Happy Together beberapa waktu yang lalu. DaeSung bilang kalo di abad 21 seperti ini ga ada karya yang bener2 original, pasti yang namanya “terinspirasi dari..” itu ada. Kalo gue, sebenernya gue kurang konek sama judul2 lagu MJ yang dijadikan lirik rap di “dumb dumb” itu, aneh menurut gue. Cuman pada akhirnya gue mikirnya “oh mungkin karena saking sukanya orang2 SM sama MJ, makanya dibuatlah lirik yang seperti itu”*
  • Ketika ditanya suara apa yang paling suka Seulgi denger, dia bilang suka suara angin, burung dan air. Kenapa? Karena Seulgi punya masalah dengan tidur. Dia ga bisa tidur di suasana yang panas dsb, sehingga dia rasa dengan mendengarkan suara2 alam dia ngerasa lebih nyaman dan bisa tidur. Dia punya app suara2 itu di HPnya dan itu membantunya ketika dia tidur.
  • Joy ikut WGM sama SungJae kan ya, dia bilang di sini kalo dia ngerasa banyak belajar dari SungJae. Joy ngerasa SungJae selalu ngebawa energy yang bright meskipun dia sibuk/lelah *somplak juga kan ya SungJae itu. Meskipun gue ga begitu tahu tentang BTOB, tapi udah lumayan tahu SungJae gara2 dia bareng2 Jackson GOT7 X N+Hyuk VIXX di Big Byung. Kalo gue, jujur gue ga nonton WGM mereka chingu, jadi kurang tahu lebih dalam tentang mereka berdua di acara itu. WGM yang bener2 gue liat dari awal ampe akhir itu cuman YongHwa X SoHyun chingu, dan itu sweet banget menurut gue, goguma couple TT TT #apadeh*
  • Joy cerita kalo ketika masuk SM, member RV yang pertama kali dia liat adalah Irene. Dia ngerasa kalo Irene itu cantik banget, dia kaget banget ketika itu. Nah pas nyampe rumah, dia cerita ke ibunya kalo dia keknya ga bisa deh jadi artis (edisi punya pikiran give up/nyerah aja karena Irene cantik banget tadi, hehe). Dia semacam jadi ga percaya diri begitu tahu kalo Irene secantik itu *tapi member2 RV memang 5-5nya visual semua sih, cantik2 semua, apalagi Irene yang memang mantan ulzang*. Dan ga cuman Joy ternyata, semua member RV begitu. Mereka bahkan ketika baru liat foto profil Irene aja udah pada kaget saking ngerasa Irene ini cantiknya ga biasa (alias cantik banget). Edisi pengen give up-pun juga jadi ada, wkwk. Wendy bilang kalo dia juga ada niatan give up juga ketika tahu Irene visualnya seperti itu.
  • Sebagai member RV yang traningnya paling lama, Seulgi punya kesan masing2 ke 4 member lain yang datang setelah dia. Kesan Seulgi ke Joy adalah Joy itu ketika pertama masuk SM anaknya cute, suaranya juga bagus banget. Kalo Yeri, dia rasa Yeri itu mirip Yuna SNSD, jadi semacam diantisipasi banget ke depannya kayak gimana *iya ya, feelingnya gitu, Yeri kayak Yuna*. Kalo Wendy, kesan Seulgi adalah Wendy itu anaknya ramah dan care, dia yang semacam suka nawarin minuman/makanan ke member2 lain dan ga segan memulai pembicaraan, friendly. Kalo Irene, sama kayak yang lain, dia kaget banget karena Irene cantik banget tadi.
  • Joy ini kayak JungKook BTS, alat2 make up/lotion dsb banyak bangettt, haha. Dia kata Seulgi sering dan banyak beli2 lotion gitu. Karena itulah, ketika ditanya siapa member yang paling care sama penampilan, semuanya bilang Joy.
  • Lagu yang belakangan sering diikutin/dinyanyiin sama member2 RV adalah lagunya G-Friend chingu. Mereka kebetulan juga comeback di saat yang sama.
  • Ketika ditanya perbedaan mereka dengan grup2 cewek lain, RV ngerasa kalo mereka punya konsep2 yang unik dan fresh mulai dari outfit/kostum, musik dan dance *gue rasa kalo masalah girl group, SM masih juaranya. Mereka secara “perusahaan musik” udah keren banget bikin konsep2 buat girl group menurut gue. Kalo gue, gue sebenernya lebih suka ke grup yang produce musik sendiri, cuman kadang gue kayak “memaklumi” kalo itu SM, karena meskipun mereka ga bikin lagu2 sendiri, lagu yang dipilihin sama SM kenyataannya juga bagus, jadi ya gapapa. Akan beda kalo mereka bikin sendiri dan hasilnya gue rasa ga bagus, mungkin gue juga ga akan suka. Tapi karena memang bagus, ya gue akuin, bagus ya bagus aja, seperti itu. Gue rasa kalo dari idol2nya, idol2 SM ga begitu hebat untuk produce music, cuman karena SMnya yang keren, ya jadilah tetep keren. Masing2 agensi karakternya beda2 sih dan point paling krusial di SM menurut gue adalah SM itu sendiri. Sebuah perusahaan yang memang kompeten*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

150917 슈퍼주니어의 키스 더 라디오 @ 레드벨벳 Full Version KHJ.mp4_002705207

150819 KCON15 COM2US @ RED VELVET Interview KHJ.mp4_000243643

150909 컬투쇼 레드벨벳 @ Cultwo Show Red Velvet KHJ.mp4_000156139

Pops in Seoul-Red Velvet(레드벨벳) _ interview(인터뷰).mp4_000118918

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. park je ae mengatakan:

    eonnnn jangan berhenti update rv donggg masi pengin liat eonni nulis tentang rv, suka baca tulisan2 eoni😊 keep writting eon! fighting!!😄😊

  2. Lady Bae mengatakan:

    wah annyeong, udah baca seluruh fact member RV disini, dan aku suka sekali tulisan kamuu author-nim^^

    pleasee jangan berhenti untuk membuat fakta uri Red Velvet, jeball :”) Dan maafkan aku yang baru komen sekarang :’)

  3. Yuju mengatakan:

    Admin.. req Fkta Gfriend dong ^^ *hehe..

Tinggalkan Balasan

