Fakta-Fakta DAY6 Part 6 (Lagu Rekomendasi SungJin)

Posted: Oktober 3, 2015 in About DAY6
Tag:

Source: 66, DAY6 6인분 인터뷰! _ 150925[슈퍼주니어의 키스 라디오] (Credit: KBS CoolFM), (Engsub by V App) 150929 GOT7 -MAD- COMING BACK LIVE – BACKSTAGE (Credit: V Naver), 151002 MBC STARRY NIGHT BAND DAY DAY6(FULL) (Credit: MBC, uploaded: DAY6 TV)

151002 MBC STARRY NIGHT BAND DAY DAY6(FULL).mp4_000052652

  • JunHyeok bilang di radio coolfm kemaren kalo sistem training di JYP berat. Dia dalam rentan latihan/training 3 tahun, dia sudah bisa main piano/gitar. Awalnya dia ga suka musik cuman karena ngeliat performnya Toy (Yoo HeeYeol) dia jadi suka (ngerasa itu keren) dan akhirnya menemukan ketertarikannya pada musik dan mau belajar. Dan ga nyangka akhirnya malah beneran jadi musisi kayak sekarang. Awalnya dia lebih ke vocal, cuman karena oleh JYP dia dan member2 DAY6 yang lain mau dikonsepkan band, dia belajar alat2 musik juga jadinya. Berkat training di JYP itulah dia akhirnya bisa mastering di alat musik juga dan akhirnya debut jadi salah satu member band. Dia rasa itu terjadi karena training sytem di JYP yang memang berat (bukan berat yang gimana2, tapi berat yang bisa membuat dia jadi kayak sekarang). GOT7 di V Naver comeback “mad” kemaren juga bilang kalo mereka terbiasa dengan latihan yang berat *gue rasa karera inilah JYP bisa nyetak artis2 hebat, pelan tapi pasti. Ga yang langsung booming2 banget cuman prosesnya continous. Gue kemaren baca artikel di koreboo kalo netizen ketika ngomongin masalah Big 3, sebagian besar ngerasa kalo JYPlah yang paling minor/bawah dibandingin SM/YG. Kalo gue, ga gitu chingu. Meskipun ketiganya punya ciri khas masing2, cuman JYP itu malah menurut gue paling bagus. Kenapa? Karena JYP punya distinct color. Buat kalian yang sering baca postingan2 gue atau baca buku gue “Get Ready? This is K-Pop” (book 1), gue sering ngasi opini gue tentang JYP yang punya distinct color ini. JYP punya stylenya sendiri dan itu cuman JYP yang punya, dan itu keren menurut gue. ”unik” itu malah paling sulit menurut gue. Mereka memang ga booming2 banget kayak artis2 SM dan YG cuman jangan lupa bahwa ada beberapa artis JYP yang setelah keluar dari JYP bisa buat agensi sendiri kayak Jay Park (mantan 2PM yang sekarang punya AOMG) dan RAIN (yang dulu punya J.Tune dan sekarang mau buat agensi sendiri). Mereka dikenal awalnya berkat JYP juga, berarti JYP bisa mencetak idol berbakat. San E yang di SMTM itu juga dari JYP awalnya. Di SMTM 4 kemaren itu ada 2 rapper yang awalnya ditemukan JYP, mereka adalah Jay Park sama San E dan dua2nya jadi juri/mentor di sana. Jisusean itu bener dari YG, cuman Tablo sendiri awalnya ga dari YG, belum lama dia di YG. Dia masuk YG baru di era “don’t hate me” keluar, jadi bukan former artist YG. Berarti apa? JYP pengaruhnya besar juga di musik Korea, meskipun orang2 banyak yang ngerasanya SM/YG lebih besar. Banyak juga penyanyi JYP yang semacam jadi leadnya aktris/actor di dunia drama Korea yang booming kayak RAIN “full house” X Suzy “dream high”. Kim SooHyun yang di “you who came from the star” itu juga awalnya dari Dream High dan JYP terlibat di sana langsung. IU itu juga awalnya dari “dream high” kan?. Byul, penyanyi yang nyanyiin OST Full House “I Think I” yang booming banget itupun dari JYP juga awalnya, sekarang dia ada di agensi lain bareng suaminya (Haha-Runningman). SISTAR itu membernya (HyoLyn X Dasom) juga mantan trainee JYP. Lagi, Bang ShiHyuk PDnim yang sekarang punya BigHit dengan BTSnya itupun dulu sebelum bikin BigHit juga ada di JYPE, jaman2 RAIN. Sekarangpun mereka masih kerjasama karena 2AM itu ada album2nya yang dibuat di BigHit juga. Bahkan Changmin itu masih aktif sampe sekarang di duo HOMME milik BigHit. SE7EN, dia artis YG tapi pernah dibikinin lagu sama JYP yang judulnya “when I cant sing”. Hubungan JYP X YG dekat chingu. Secara idepun JYP itu duluan dari yang lain. Ketika sekarang mulai ada trainee2 Thailand di SM/YG, JYP itu udah dari jaman 2PM (2008) ada Nickhun. Berarti JYP itu mikirnya selangkah lebih maju menurut gue. Dia semacam tahu kalo prospek K-Pop di Thailand akan bagus, makanya punya Nickhun di saat group2 sebayanya masih orang2 Korea semua kayak BIG BANG X Super Junior ketika itu. Selain itu, JYP sendiri masih aktif mengeluarkan karya dia sendiri (single/album) sebagai seorang penyanyi, beda dengan CEO SM/YG yang sudah tidak lagi. Dia juga turun langsung di lagu2 untuk anak2 JYPE, dari musik sampe lirik (composer/lyricist). Gue rasa tagline JYP yang “leader in entertainment” itu ga hanya kata2 semata tapi memang pengaruhnya besar di K-Pop. Meskipun gue ga merasa sebagai JYP stand (gue juga bukan SM stand atau YG stand), gue mengakui kalo JYP lebih dari YG/SM. Dan kembali ke training yang berat tadi, dengan training yang berat untuk GOT7 maupun DAY6, mereka bisa survive sekarang. Mereka sipit2, mereka ga super ganteng2, cuman skillnya diakui oleh banyak orang. Bahkan DAY6 sudah bisa produce lagu sendiri di album debutnya. Seperti kata JunHyeok, semua itu berkat latihan di JYPE selama ini. Setiap agensi pasti ada sih kelemahan dan kelebihannya, cuman kalo gue ngerasanya JYP lebih dari dua yang lain kalo ngomongin BIG 3. Sekali lagi gue bukan JYP stand atau stand2 yang lain. Gue hanya menyampaikan opini ini based on data2 yang udah gue dapet aja lalu coba gue simpulkan. Semoga bisa nambah referensi aja buat pembaca postingan ini*
  • Ok, lanjut ke acara radio DAY6 yang lain (MBC Starry Night 151002). Masih sama aja dengan di radio2 lain, ketika SungJin ngomong DJ2nya yang langsung reflek nanya apakah dia asalnya dari daerah. Di acara ini DJnya nebak dia dari GyeongSangDo cuman SungJin asalnya dari Busan (dialeknya mirip2, sama2 terletak di Korea Selatan bagian selatan).
  • Mereka ditanya lagi kenapa ga ada di TV (acara2 musik), apakah ada alasan khusus. SungJin kembali ngejelasin kalo mereka pengen lebih perform ke orang2 yang dekat/langsung semacam busking/showcase/konser2 *gue rasa konsep ini udah pas banget buat band kayak mereka, fresh. Di samping lebih bisa deket sama fans, sense of musician-nya lebih kentel, lebih keren jadinya*
  • WonPhil sebelum debut pernah muncul di salah satu MVnya San E. San E itu debutnya di JYP, jadi ya kenal lah sama anak2 JYPE termasuk anak2 DAY6. SAN E debut 2010. Waktu jaman JJ Project (2012) dia deket juga sama JB X Jr, pernah beberapa kali sama JB X Jr di acara “JJ Project Diary”. Kalo yang suka nonton SMTM X Unpretty RapStar pasti tahu SAN E ini.
  • Crybaby-nya DAY6 JunHyeok. Dia mengakui kalo dia banyak airmatanya (mudah nangis). Dia cerita di sini pernah ketika konser dia nangis ketika nyanyi di encore perform *tapi keliatan sih kalo cry baby, hehe. Uljima~ uljima~ #apadeh, haha*
  • Hari paling menyenangkan bagi WonPhil setelah debut adalah dia ngeliat banyak orang yang bisa nyanyiin lagu mereka dan nyanyi bareng mereka ketika mereka perform. Dia ngerasa tersentuh sekali dengan hal itu *oh~~ so sweet TT TT. Pasti seneng banget ini*
  • Hal yang cukup berat bagi DoWoon sebelum debut adalah tentang matchnya waktu kuliah sama latihannya di JYPE. Dia kuliah dan setelah itu latihan sama member2 DAY6 lain sampe subuh, itu cukup berat bagi dia. Dia ngerasa yang lain2 ga berat banget, hanya part waktu itu aja yang cukup berat bagi dia
  • Ketika diminta milih lagu buat diplay, SungJin ngerekomendasiin lagu dari The Script yang judulnya “the man who can’t be moved”. Dia bilang semua member DAY6 suka lagu ini, suka tipe2 lagu seperti ini *lagunya keren chingu, beneran. Selera musik mereka bagus menurut gue. Lagu ini sendiri keluar 5 tahun lalu (2010). Vocalist di band ini tone-nya keren banget, melody lagunya juga bagus. Gue rasa DAY6 juga terinspirasi/keinfluence sama musisi/band seperti ini. Yeokshi ya, penyanyi keren pasti referensi/selera musiknya juga keren. Gue selalu ngerasa orang yang selera musiknya keren akan punya selera keren juga kalo dia buat lagu sendiri, dan DAY6 salah satunya. Selera/sense itu menurut gue penting chingu. Bagi gue, karya itu dimulai dari selera/sense pada sesuatu dulu. Gimana caranya untuk bisa punya selera bagus? Menurut gue dengan cari banyak referensi, nanti bakalan ketemu nanti kecondongan kita dimana. Kalo di musik, meskipun gue suka hip hop x urban, tapi pada dasarnya gue lebih damai dengan lagu2 indie atau folk rock chingu. Gue rasa lagunya The Strict ini juga dekat dengan genre folk rock (rumpunnya di genre rock). DAY6 yang “congratulations” itu juga pop rock. Kalo indie, gue suka beberapa penyanyi indie Korea kayak심규선 X 바른생활 X모하 X소소한 프로젝트 X스타쿠킹버그. Ada lagu2 mereka yang ngebuat gue damai banget, indah. Mungkin ada orang yang ngerasa gue suka hip hop banget, padahal ga juga. Gue suka hip hop, cuman pada dasarnya gue suka juga genre2 lain termasuk folk rock X indie ini. Lagu folk rock favorit gue yang jadi lagu barat favorit gue sampai saat ini adalah lagu yang judulnya “Falling Slowly”. Penyanyinya adalah musisi Norwegia, Glen Hansard X Marketa Irglorva. Bagi kalian yang sering baca postingan2 gue (ga hanya 1 group tapi semua group), pasti tahu kalo gue sering ngebahas2 “falling slowly” ini. Itu lagu yang gue recommend banget dari dulu*

Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

(Engsub by V App) 150929 GOT7 -MAD- COMING BACK LIVE - BACKSTAGE.mp4_000045266

6인6색, DAY6의 6인분 인터뷰! _ 150925[슈퍼주니어의 키스 더 라디오].mp4_000226226

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Baru nyadar dikomen saya sebelumnya penempatan kata sensenya ga tepat. wkwk makasi udah diingetin eonni. makasi juga reviewan ini, saya mah udah liat jg di YT yang mereka di Starry Night radio tp ga ada sub. saya cuma ngerti kamsahaminida sama anyeonghaseo doang. Eonni hebat ya berarti bisa bahasa korea. Ngomongnya bisa juga ga?
    pokonya ditunggu postingan day6 selanjutnya🙂

    Oya, saya lg sibuk ngorek2 semua informasi ttg day6. cape juga jadi fans ternyata wkwk
    dan, kebetulan saya nemu di IG fanpagenya day6 yg tentang updatetannya Jae sama JunHyeok (klo ga salah). udah baca blm eon? udah ditranslate ke english. Jadi jd mereka pas baru2 debut kali ya, mereka say thanks ke member2 lain. terharu bacanya, baca deh eon siapa tau bisa jadi bahan buat update disini. #BigThanks

  2. endah mengatakan:

    Dan aq jg suka dr JYP adalah Jyp enggak melarang kalau anak2 didiknya mau kuliah meskipun baru debut

  3. 0426yes (@Ulfira0426) mengatakan:

    Lagi nyari2 fakta day6 ketemu sama wp ini aku sebagai jypstand senang ada kpopers cerdas kayak gini kamu menilai dari segi musikalitas JYP bukan segi popularitas memang posisi jyp di big 3 no 3 tapi menurut musikalitas JYP tuh no 1 karna setiap artisnya bener2 punya identitas maksudnya kayak 2AM ballad 2PM dance akrobat WG retro MissA sexy acrobat GOT7 hiphop akrobat seni bela diri DAY6 Rock TWICE hiphop trus JYP tuh bisa seperti sahabat ayah guru buat artis JYP
    artis2 JYP yang keluar dari JYP pasti baik2 aja bener family banget
    JYP tuh agency yang tidak mengutamakan uang (uang bukan segalanya)

  4. rsymly mengatakan:

    mungkin mereka yang ngeliat JYP itu minor karna mereka kurang kenal sama JYP atau tau banyak tentang JYP, dan bisa juga karena artis2 yang udah out dari JYP jadi sukses.. bisa jadi mereka tuh mikirnya kalo di JYP jelek jadi banyak artis yang keluar dan setelah keluar mereka terbebas jadi sukses, padahal menurut aku kalo di pikir dari segi yang lain.. artis yang keluar itu bisa sukses karena mereka belajar sama JYP, karena mereka dasarnya ya dari JYP, mungkin banyak yg blm sadar ttng hal itu jadi banyak yg anggep JYP itu minor onni. #justmyopinion:)

Tinggalkan Balasan

