Fakta-Fakta BTS Part 162 (Rap Monster X 2nd Debut)

Posted: Oktober 11, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Article – [ENG] 150920 Rap Monsters Log (Credit: BigHit Entertainment, subbed: Bangtan subs subbing team)

11891138_819108051535644_4420953969482540144_n

  • Setelah perform di All Force One “Hot & Cool” concert pada 20 September lalu, RapMon malemnya bikin log. Di lognya, dia bilang kalo dia akhirnya debut dengan ikut konser itu, semacam 2nd Ini karena ini untuk pertama kalinya dia perform di stage concert music atas nama Rap Monster dan ga bareng2 member2 lain sebagai BTS, meskipun di konser itu dia bawa J-Hope X Suga untuk jadi partner di lagu “chypher pt.3 killer” X “we on”. Awalnya RapMon sempet ragu pengen ngajak Suga X Hope, cuman akhirnya dia mutusin buat minta mereka jadi guest dia di konser itu dan senengnya mereka berdua mau. RapMon sebenernya pengen ngajak temen2 rappernya yang lain cuman dia rasa Hope X Suga adalah orang2 yang paling dia percaya dan orang2 yang sudah banyak menjalani masa2 yang fun ketika bikin lagu sama dia *so sweet TT TT*. Suga X Hope-pun beberapa waktu lalu juga bikin log untuk support RapMon di konser itu, meskipun mereka berdua bukan main guest-nya. RapMon ragu karena takutnya mereka jadi kurang suka karena semacam ngejadiin mereka berdua back up-nya dia (bukan yang utama, kayak supporter aja) cuman senengnya mereka ternyata mau dan malah support *dalem ya RapMon, pake mikir sedalem itu ketika mau ngajak orang. Berarti dia kan care sekali sama gimana perasaan Hope dan utamanya Suga (secara dia sama2 rapper underground kayak dia) ketika main guest/guest utama di acara itu RapMon dan Suga cuman dia jadiin back up-nya aja*. Akhirnya setelah konser itu selesai, dia bilang ke Suga X Hope kalo misalnya nanti mereka berdua pengen solo concert juga kayak RapMon, dia mau jadi back up gentian, lima kali atau bahkan lebih, hehe *beneran care ya berarti, jadi kayak balas budi. Kali ini Suga X Hope ngebantu dia, maka ketika Suga X Hope kelak melakukan hal yang sama dia akan bantu mereka juga. Gue seneng chingu bisa tahu persahabatan mereka yang sampe kayak gini, ini indah banget menurut gue*
  • RapMon sendiri ngebawain 10 lagu dia sendiri di konser itu. Dia perform solo selama 40 menit dan itu berat katanya. Cuman dia senang karena setelah konser selesai respon staffnya positif. Lagu2 yang dibawain RapMon ketika solo itu adalah “각성/awakening” X “Do You” X “Like A Star” X “We On & 힙합 상에자/hip hop lovers” X “Monster” X 버려” X “BTS Chypher Pt.2:Triptych” X “BTS Chypher Pt.3:Killer” X “Life” *yeokshi ya, sebagian besar adalah mixtapenya dia. Tapi memang rapper itu setahu gue punya mixtape, karya personal mereka selain album. Mixtape itu menurut gue secara lirik lebih dalem dari album karena sifatnya yang sangat personal, kayak curahan hati pribadi mereka banget. Soalnya album kan memang untuk dijual juga, jadi ga bisa terlalu idealis (banyak pertimbangan sana sini), sedangkan mixtape lebih idealis karena biasanya ga dikomersilkan. Mixtape-nya RapMon itupun ga dikomersilkan, hanya diupload di blog BTS buat bisa didengerin banyak orang. Gue sendiri adalah fans beratnya mixtape2 RapMon chingu. Mungkin kalian yang baca fakta BTS dari part 1 di blog ini tahu gimana mixtapenya RapMon membawa gue untuk lebih tahu BTS sampai saat ini*
  • Konser All Force One (Hot & Cool) sendiri adalah konser hip hop yangmana semua penyanyinya adalah rapper. Selain RapMon, ada 5 rapper lain yakni Verbal Jint X Paloalto X Sik-K X Supreme Boi X Incredivle *bagi yang nonton SMTM 4 pasti familiar dengan Verbal Jint X Paloalto X Sik-K dan Incredivle. Sedangkang untuk Supreme Boi, dia adalah temen sekaligus composer untuk lagu2nya BTS juga*. RapMon ngerasa kalo perform ini ngingetin dia sama kenangannya perform 6 tahun lalu di jalanan/street performance dan club performance yang cuman ditonton sedikit orang (itungannya hanya puluhan), cuman di konser ini ada beberapa ribu orang yang nonton. Dia ngerasa berterimakasih karena itu. Tahu bahwa ada orang yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit *setahu gue tiketnya 700 ribuan di konser all force one ini* dan pengen ngedenger lagu2nya (yang dia buat sendiri), dia ngerasa sangat berterimakasih untuk itu. Dia ingin ke depannya melakukan konser2 semacam itu lagi *ini kan berarti bukan BTS ya, tapi bener2 konser rapper, makanya wajar menurut gue kalo dia ngerasa semacam sangat berterimakasih karena banyak yang dateng. Berarti memang orang2 yang dateng bener2 fans hip hop/hip hop lovers, bukan semata2 suka RapMon karena member BTS. Point lain yang bisa gue ambil adalah berarti RapMon itu memang posisinya diakui banget di dunia rapper underground Korea. Meskipun masuk label, cuman mereka semua ini bisa dibilang sama2 memulainya dari underground. Mereka berteman semenjak underground dan itu pasti semacam performance yang berkesan banget buat mereka. Mungkin rapper2 yang bukan underground ga akan punya relasi seperti RapMon yakni relasi2 pertemanan dengan rapper2 underground. Sehingga dengan fakta kalo dia ada di konser semacam ini, gue rasa BTS dan lebih khususnya RapMon meskipun udah jadi idol group masih “diakui” oleh underground. AndUp (salah satu finalis SMTM 4) itu bahkan ngefollow BTS di twitternya. Padahal setahu gue AndUp itu semacam rapper underground yang keknya kurang suka sama idol rapper. Gue rasa karena skill BTS match di dia (diakui dia) makanya dia suka BTS juga. Di SMTM 4 keliatan kalo dia itu bener2 eneg sama idol rapper yang ga kompeten menurut dia. Gue rasa dia tahu kalo RapMon/BTS kompeten dalam hip hop, makanya dia bisa suka juga. Dan gue rasa memang BTS itu meskipun idol group tapi sense of hip hop-nya masih kentel. Mereka juga aktif upload/bikin mixtape, dan itu hip hop style banget. Lagu2 mereka konsepnyapun sangat hip hop, ada skit, ada cypher, beda dengan album idol2 group lain yang meskipun secara konsep juga hip hop. BTS jadi memberikan kesan ke gue kalo mereka adalah idol group yang bener2 dari bawah. Mereka bener2 di musik dari kecil, dari street performance, dari satu dua penonton, yang akhirnya bisa begitu booming kayak sekarang. Gue rasa “dark & wild” itu albumnya BTS yang bener2 menunjukkan BTS secara group hip hop. Kenapa? Ada lagu “hip hop lovers” yang menurut gue bener2 nunjukin gimana mereka suka sama hip hop itu sendiri. Dan lagu itu juga dibawakan di konser ini sama RapMon X Suga X J-Hope kan?. Gue rasa rapper2 undergrond atau siapapun yang nonton konser itu akan ngerasa kalo memang BTS adalah group yang based on hip hop dan konsisten sejak debut, bahkan sebelum debut. Gue rasa ga mudah dapet pengakuan dari musisi underground kayak mereka chingu. Meskipun dulu ada juga rapper2 underground yang ngediss mereka, cuman seiring berjalannya waktu gue rasa karya/skill hip hop merekalah yang membuktikan apakah mereka hanya “idol rapper” atau memang rapper yang bener2 concern di hip hop dan terus berkarya (baik personal/group) dalam ranah itu dan diakui karya2nya oleh orang2 yang bener2 concern-nya di hip hop juga. Meskipun gue tahu mereka berdua adalah bagian dari idol group, cuman karya2, skill dan attitude mereka sepenangkep gue selama ini bener2 ngebikin gue ngerasa kalo mereka itu artisan, bukan hanya idol. RapMon X Suga, ultimate bias gue di BTS, dan mungkin your ultimate bias too, chingu. Dan terakhir, gue harap setelah RapMon, Suga juga bakalan ada di acara2 kayak gini di lain kesempatan. Dan untuk RapMon, congratz to your 2nd debut!!!*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

[ENG] 150920 Rap Monsters Log.mp4_000028133

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Annisa Icha mengatakan:

    RapMon keren!

  2. Aulia mengatakan:

    Rapmon keren.
    Ini kali pertama gue komen. Gue riders baru eonni. Salam kenal, Aulia imnida, 99Line

  3. Iin mengatakan:

    dulu pas prtama tau BTS itu aku ga bgitu suka rapmon…tpi setelah baca fakta2 disini aku jdi amaze banget sma rapmon…yahh semuanya dimulai dri fakta2 bts yg ka linda tulis ini
    Yeokshi Rapmon jjang…
    tpi ka lin aku mau nanya dong artinya skit,chyper,intro,autro itu apa sih??

Tinggalkan Balasan

