Fakta-Fakta WINNER Part 25 (Tentang Bahasa Jepang X Ideal Type X Inspirasi)

Posted: Oktober 12, 2015 in About WINNER
Tag:

Guess Who’s Back! WINNER!

Source: Video – [ENG] 150929 WINNER × NYLON JP Interview (Credit:NYLON JP, subbed: @Somngosan X @kyotangmo, encoded: @minotaur93), [ENG] 150927 WINNER in TV Groove – Exclusive Interview (Credit: TV Groove Japan, subbed:@Incle_Babies, editor @HyunFleur09, encoder: @minotaur93)

  • Fashion female style yang disukai TaeHyun adalah yang natural. Dia suka T-Shirt yang besar dengan kerah yang lebar *kayak fashion2 hip hop gitu mungkin ya, yang longgar2 gitu*. Bahannya juga bukan dari fabric, tapi lebih ke cashmere (wol). Dia rasa bahan yang digunakan adalah sangat penting dalam fashion *gue rasa sensenya TaeHyun ini memang unik sih chingu, kayak punya dunia dia sendiri dalam menyukai sesuatu, bukan yang mainstream. Ga cuman tone suara/style rambut/gesture alis dsb dari dia yang “aneh”, tapi dari cerita2 dia kayak suka aroma lilin subuh2, sisi melankolisnya dia, gesture2/ekspresi2 dia, sampe ke preferensi fashion menurut gue unik banget si TaeHyun ini. YG kok bisa ya nemu dia? Wkwkw. Teddy itu bahkan bilang kalo suka sama TaeHyun ini karena unik bagi dia. Yeokshi ya Teddy, sensenya memang bagus. JYP itu ketika anak2 Tim A (WINNER) ke JYPE buat battle bilang juga kalo TaeHyun memang something yang unik yang “ditemuin” YG. Tone dan cara nyanyinya TaeHyun itu khas dan semacam sulit nemuin model yang begitu, itu yang gue tangkep. TaeHyun itu kayak karakter anime/drama menurut gue. Kalo kalian baca cerpen gue “probably perfect”, karakter Shin HyunJae itu sedikit terinspirasi dari TaeHyun juga sebenernya. Gue rasa dia itu unik sekali chingu. Dari sekian banyak idol yang gue ikutin/suka, yang bener2 unik bagi gue ya TaeHyun ini. Banyak aspek di dia yang menurut gue unique sekali. Kalo di anime/komik, bagi gue TaeHyun itu kayak makhluk yang tiba2 dateng dari planet mana gitu, hehe*
  • Makanan Jepang yang disukai SeungYoon adalah unagi (eel/belut). Dia suka olahan2 belut chingu. Kalo SeungHoon, dia suka yakisoba. JinWoo suka ramen, MINO suka abura soba, dan TaeHyun suka pepper lunch.
  • Kosakata Jepang favorit SeungYoon adalah “yahari” atau “yeokshi” dalam bahasa Korea *gue juga suka kata “yeokshi” ini, makanya sering sekali pake kata itu ketika nulis. Yeokshi itu “as expected/tentu saja” artinya. Tentang kosakata favorit, gue punya kosakata favorit juga, cuman bukan Jepang, tapi Korea. Gue ga bisa bahasa Jepang soalnya, hehe. Kata dalam bahasa Korea favorit gue sekarang adalah “쓸쓸/sseul sseul” atau “melancholy”. Feeling dari kata itu gue suka, semacam sendu X diam X sunyi X hening X kesepian meskipun di tengah2 suara. Kayak sesuatu yang berjalan sendiri dalam dunianya sendiri di tengah2 riuh rendahnya dunia. Kayak daun musim gugur yang terseret angin di tengah2 kendaraan yang melaju di jalanan, itu feeling yang gue rasain dan gue seneng dengan feeling itu. Kata “쓸쓸” mengenangkan gue pada banyak hal sehingga jadi berkesan banget bagi gue pribadi*. Lanjut ke yang lain, kalo SeungHoon, dia suka kata “bonkura” atau “dumb”. JinWoo suka kata “hamachatta” atau “I gpt addicted”. MINO suka kata “douzo” atau “please/here you go”. Sedangkan TaeHyun suka kata “naru hodo” atau “I see” *WINNER ini keren lhoh bahasa Jepangnya. Mereka beberapa hari ini ada beberapa acara radio di Jepang yang pake full bahasa Jepang gitu. Meskipun yang paling lancar SeungYoon cuman itu menurut gue udah keren banget untuk group yang notabene belum lama debut. Group K-Pop yang semua membenya bisa komunikasi lumayan lancar dengan bahasa asing (entah Inggris X Cina X Jepang) itu menurut gue point plus banget*
  • Tentang bahasa Jepang tadi, WINNER terinspirasi untuk bisa dari senior mereka, BIG BANG. Ketika jadi artist opening untuk konsernya BIG BANG di Jepang, mereka ngerasa kalo respon penonton ke BIG BANG keren banget karena komunikasi BIG BANG yang lancar. Mereka ngerasa impressive/terkesan banget dengan itu dan akhirnya sejak itu mereka belajar bahasa Jepang dengan giat hingga sekarang *gue juga ngerasa kalo belajar bahasa asing itu harus ada motivasinya. Harus ada sesuatu yang ngebuat kita pengen banget untuk bisa, harus punya passion dulu. Dan menurut gue belajar bahasa itu ga akan bisa lepas dari belajar budaya negara yang kita pelajari bahasanya juga, itu sangat saling terkait. Bisa bahasa asing cuman ga paham kulturnya akan susah juga untuk punya sense dalam berbahasa. Ini karena ga akan semua kata dalam bahasa asing itu punya makna sesuai dengan yang ada di kamus, jadi pengetahuan di luar itu penting. Penting sih memang belajar textbook, cuman dengan langsung sering komunikasi/nonton2 video percakapan orang dari negara itu ngomong juga penting sekali. Setahu gue JinWoo itu suka pake media dorama/drama Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Itu cara yang bagus juga menurut gue. Daripada pake buku kan kadang membosankan, makanya pake drama. Cuman buku itu juga penting, terutama kalo kita mau paham grammar bahasa itu. Kalo menurut gue, yang paling penting dalam belajar bahasa itu adalah hafal banyak kosakata dan grammar2 basic. Paham grammar cuman ga banyak kosakata ya sama aja menurut gue. Lebih baik tahu banyak kosakata dibanding paham grammar cuman. kosakatanya minim, soalnya tetep ga akan konek ketika ngedenger/ngebaca bahasa asing. Gue rasa orang pengalamannya beda2 juga ketika belajar bahasa asing, itu tadi dari pengalaman gue semata aja, hehe*
  • Tentang artist2 yang menginspirasi mereka, SeungYoon ngerasa dia banyak terinspirasi dari artist2 rock sekarang ini *yeokshi ya, tone-nya dia juga ngerock gitu soalnya. Gue udah sering nulis juga kalo SeungYoon itu tone-nya kayak penyanyi2 folk rock/rock, dan ternyata yang menginspirasinya juga musisi2 rock. WINNER itu kayak pelangi menurut gue, ada rock (SeungYoon), ada ballad (TaeHyun) dan hip hop juga (MINO), banyak color di sana dan itu keren karena bisa ngeblend jadi satu dan harmonis*. Sedangkan MINO, dia bilang dapet inspirasi dari artist2 yang dia ngerasa lagu2 dan performancenya bagus. Jadi bukan terlalu ke artistnya cuman lebih ke karya2nya. Asal karyanya dia rasa bagus, dia suka *gue sepakat sama statement ini. Susah untuk bener2 punya role model dalam musik. Asal karyanya bagus ya suka aja, entah siapapun artistnya dan apapun genrenya. Gue rasa dengan ga membatasi seperti ini orang juga akan lebih terbuka, ga sangat fanatik dengan 1 genre/artist saja sehingga sensenya juga akan lebih bagus karena kaya referensi*. SeungYoon juga sama, dia bilang kalo ga bisa bilang semacam “saya sangat terinspirasi dengan penyanyi ini” misalnya, karena dia sendiri juga punya banyak artisan yang menginspirasi dia, meskipun kecenderungan dia di rock tadi. Kecenderungan tetap ada, hanya saja ga membuat itu jadi satu2nya.
  • Tentang tipe ideal yang dia suka, TaeHyun bilang suka cewek yang imagenya ceria/pure/clean. Kalo artis Jepang dia nyebut nama “Yui Aragaki”. Kalo MINO, dia suka cewek yang cute X cantik X lucu *greedy mode on ini, haha*. Intinya dia suka cewek yang bright/brilliant/ceria/sense humornya bagus *yang ceria kayak dia, yang match sama selera humor dia, suka bercanda*. Kalo SeungHoon, dia suka cewek yang passionate. Cewek yang bekerja keras apakah itu dalam pekerjaan maupun hobinya. Dia suka cewek yang bisa mengeluarkan semua usaha/effortnya terhadap apa yang dia suka *keren ya tipenya? Yeokshi SeungHoon~*. Kalo SeungYoon, dia suka cewek yang punya lifestyle yang manarik dan charming. Selain itu, dia juga harus punya hati/jiwa yang besar. Dia sadar kalo pekerjaan dia sibuk, jadi dia ingin cewek yang bisa memahami dia. Kalo JinWoo, dia di sini ga nyebutin spesifiknya gimana, hanya saja dia nyebut nama aktris Jepang “Kitagawa Keiko” karena dia nonton drama aktris itu ketika belajar bahasa Jepang *ngedenger tipe SeungHoon, gue jadi inget Jr GOT7. Pernah di salah satu radio dia ngomong suka cewek seperti itu juga, pernah juga gue tulis di blog ini. Oya, rambut MINO yang blonde ini gue suka banget chingu, keren ya? MINO semakin cute, hehe~~*

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000029162

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000493926

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000514280

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000516449

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000537436

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000572038

[ENG] 150927 WINNER in TV Groove - Exclusive Interview.mp4_000592558

[ENG] 150929 WINNER × NYLON JP Interview.mp4_000052786

[ENG] 150929 WINNER × NYLON JP Interview.mp4_000041508

[ENG] 150929 WINNER × NYLON JP Interview.mp4_000043043

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. PJA mengatakan:

    Akhirnya eonnibpost tentang mereka nunggunya lama banget… secara pribadi aku suka mereka karena mereka unik. Yah bener mereka itu pelangi yang indah. Musicknya gak ada yang punya Rock yoon ballad taehyun hiphop mino hiphop pop hoon dan pop jinwoo

  2. oktarisa14 mengatakan:

    Kalau aku semangat belajar bahasa asing itu karena pengen banget keliling dunia, bisa berkomunikasi dengan siapapun didunia itu pasti keren banget🙂 aku juga pakai metode kayak jinwoo, lebih mudah diingat hahaha xD ngomong2 ttg nam taehyun, itu org emang limited edition bgt ya hababhaha xD

Tinggalkan Balasan

