Fakta-Fakta BTS Part 166 (Ketika BTS Nebak Judul2 Lagu)

Posted: Oktober 22, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video  – 151006 [V] BTS GAYO – track 5 (Credit: V Naver, uploaded: Flora), 151018 ONE K 콘서트 전출연진 – ONE DREAM ONE KOREA by플로라 (Credit: SBS, uploaded: Flora), One Dream One Korea 뮤직비디오 (Credit: SBS)

  • Di episode paling baru dari BTS Gayo ini, tim rapper kembali battle ngelawan tim vocalist buat banyak2an nebak judul lagu Korea. Tim yang satu nebak dan tim yang lain memperagakan judul lagu yang harus ditebak. Tim yang pertama nebak adalah tim vocalist dan tim rapper yang meragain. JungKook sukses nebak lagu pertama “balloon”nya TVXQ *lagu itu indah banget, gue suka TT TT. Salah satu lagunya DBSK yang gue suka banget, liriknya indah*. Yang lucu ketika mereka harus nebak lagunya Jinusean yang “phone number/jonha bono”, lamaaa banget, salah2 mulu lagi, hadeehhh. Karena Suga X Jin meragain dengan nelfon dan sms, J-Hope nebak kalo itu lagunya BIG BANG yang “lies/geojimal”, wkwk *iya sih Hopa, memang di awal2 lagu itu ada suara2 telfon, tapi buka itu TT TT*. JungKook juga salah, dia nebak lagu itu lagunya BTS yang “turn off your phone”, wkwk. RapMon sebenernya udah ngasih clue yang bagus, dia bilang “a-yo~” dan itu khasnya Jinusean. Jinusean punya lagu yang judulnya itu, cuman yang lain ga ngerti. Pas JungKook nebak lagu itu jadi lagunya BTS, si RapMon yang langsung “apakah “a-yo” itu ada hubungannya sama BTS?” *sabar pak sabar, soalnya lagu anda yang itu ada unsur2 telefonnya juga, haha*. Akhirnya RapMon ngasi clue lagi yang udah pas banget, dia nyanyi lagunya Jinusean yang “oppa cha”. Lagu itu baru aja dinyanyiin di SMTM 4 perempat final kemaren sama Jinusean ft Incredivle, jadi kemungkinan besar masih inget. Begitu dapet clue2 itu, tim vocalist tahu kalo itu lagunya Jinusean, cuman masih ga konek judulnya yang mana. Sebenernya J-Hope udah nyaris bener. Judul lagunya kan “phone number/jonha bono” cuman sama Hope pake ditambahi “ni/kamu” jadinya “ni jonha bono/your phone number” maka jadinya ya salah, wkwk *Hopa Hopa, wae irae?? Haha*. Mereka akhirnya genti2an nyebutin banyak banget judul lagu2nya Jinusean termasuk yang kira2 ada hubungannya sama phone number itu, ada yang “number”, ada yang “whats your phone number” sampe “handphone number”, haha. Dan akhirnya tertebak juga oleh JungKook setelah cukup lama *si Hopa pake ditambahin “ni”segala sih tadi, haha*
  • Yang lucu lagi ketika mereka harus nebak lagu yang judulnya “Leon” dari IU & Park MyungSoo. Udah mukanya RapMon total banget meragain lagu itu (dia sambil semacam main gitar dan mukanya berubah ngesoul ala2 vocalist gitu chingu, tahu sendiri kan roman muka dia kalo nyanyi gimana, wkwk) tapi yang lain ga bisa nebak juga. Ada yang nebak itu lagunya 10 cm, Zion T, BIG BANG sampe lagunya RapMon sendiri yang “fantastic four” cuman salah semua, wkwk. Akhirnya JungKooklah yang bisa nebak. Hope yang lucu banget, mukanya menboong, dia bener2 ga ada clue buat nebak lagu itu lagunya siapa dan judulnya apa *Hope mah lucu, kalo menboong mukanya kentara banget, haha. Gue rasa tim itu bakalan kesulitan kalo ada JungKook. Soalnya JungKook itu tahu lagu2 kayak gitu chingu. Mungkin dia tipe yang rajin banget buka youtube ya, jadi banyak banget lagu yang dia tahu*. Setelah itu mereka harus nebak lagunya Zion.T dan dengan sedikit clue-pun si JungKook udah bisa (lagi). Dia ngefans sama Zion.T, suka cover2 lagunya Zion.T juga, termasuk lagu yang dia tebak itu.
  • *yang paling gue seneng dari episode ini ketika mereka harus nebak lagunya Busker Busker yang “botkot ending” chingu*. Jadi MV lagu itu kan 3 member Busker Busker pada lari2 di tengah2 sepoi angin musim semi gitu. Nah ketika tim rapper baca kalo lagu itu yang harus mereka peragain, si RapMon yang langsung meragain sepoi2nya angin pake tangannya *seneng gue ngeliatnya*. Dan si Suga diem sebentar lalu bersimpuh ala2 orang kelelahan. Di MVnya kan juga gitu, ada orang yang bersimpuh karena capek habis lari2 *yang gue seneng tuh Suga itu kan meskipun ga menunjukkan muka lelah tapi kan udah dari sononya ya kayak lelah/laidback gitu roman mukanya, jadi pas aja bagi gue ketika dia acting kayak orang kelelahan gitu. Passsss banget feelnya, hehe. Adegan Suga yang bersimpuh karena kelelahan yang ceritanya habis lari2 ini favorit gue banget chingu di episode ini, Suga banget. Semacam “lagu itu didedikasikan buat Suga untuk diperankan” jadinya, haha*. Karena tim vocalist belum bisa nebak, akhirnya mereka bertiga lari2 bareng ngikutin di MVnya *indah ngeliatnya. Bayangkan Suga X RapMon X Jin kayak di MV itu. Lari2 kecil bersama angin yang sepoi2 di musim semi. Lari dengan bahagia, damai chingu ngeliatnya*. Nah akhirnya setelah mereka act kayak begitu si JungKook lagi yang bisa nebak *yeokshi ya, Jeon JungKook*
  • Nah habis itu giliran tim rapper yang nebak dan tim vocalist yang meragain. Ketika di lagunya AOA yang “shimkkung”, V meragainnya juga total banget, kayak orang nyaris mati gegara penyakit jantung kumat *sama kan ya sama judul lagunya* cuman yang lain ga bisa nebak juga. RapMon malah nebak lagu itu judulnya “hurt” dari 2NE1, haha. Akhirnya setelah Jimin meragain dancenya, mereka baru bisa ngejawab. Ketika lagu “sangnamja”nya BTSpun anak2 vocalist lebay banget meragainnya, mereka yang sok2an begaya kayak preman gitu #demiapa, soalnya sok strong dan tengil gitu. Itu sampe Suga senyum2 aja ngeliatnya, semacam “ini anak maksudnya apa lagi begaya kayak gitu?” haha. Setelah V ngasih sedikit gerakan dance “sangnamja”, mereka baru konek.
  • Tiba di lagunya Roy Kim yang “whistle” dan JungKook dkk meragainnya cuman dengan bersiul. Hope dkk semacam “dijelasinpun mereka ga bakalan tahu deh yang ini” cuman di luar dugaan si Jin ternyata tahu chingu smaa lagu itu. Itu sampe RapMon heran banget dan bilang “kenapa bisa tahu?? Tadi kamu bilang apa hyung??”. Jadi dia semacam ga tahu lagu itu, makanya nanya ke Jin kok bisa tahu lagu itu dan judul lagunya apa *kalo gue mikirnya kenapa ga lagunya Roy Kim yang lain kayak “bom bom bom” aja ya misalnya, kan feelnya hampir sama kayak “botkot ending”nya Busker Busker tadi, kenapa harus itu. Sulit chingu menurut gue lagu yang ini. Kalo bukan fans Roy Kim dari dulu, keknya ga tahu. Dan gue rasa keren si Jin bisa tahu lagu itu. Soalnya itu lagu ketika dia masih di SuperStarK juga, bukan lagunya Roy Kim setelah keluar album/debut. Berarti Jin mungkin suka kali ya sama lagu2nya Roy Kim juga. Kalo misalnya iya, sama kayak gue dong Jin #AdaTemennya~ TT TT. Lagu Roy Kim itu banyak yang bagus menurut gue. Lagu favorit gue salah satunya gue masukin juga di story gue di buku “Probably Perfect”, judulnya “The Words I Love You”. Lagu lain yang gue suka banget adalah “Nothing Last Forever” sama “I Need Healing”. “I Need Healing” itu lagu yang bisa dibilang membawa gue dari suka banget EXO jadi mulai membuka diri untuk nulis idol2 lain chingu. Waktu itu gue terguncang banget karena EXO membernya out dan gue pribadi waktu itu juga lagi ada masalah. Nah lagu itu ngebuat gue move on dan kayak ngasih healing aja ke gue (meskipun liriknya ga terlalu mengena di kisah gue), cuman kata2 “I Need healing” dan musik/vocal tone Roy Kim di lagu itu kena banget di gue saat itu. “Nothing Last Forever” itu MVnya keren banget. MVnya pake video rekaman “aurelia borealis” atau fenomena di Alaska dimana langitnya itu bisa menampakkan gelombang2 sinar yang warna warni dan indah banget, keren banget. Title track album keduanya Roy Kim yang judulnya “home” juga keren, meaningnya dalem. Bisa dibilang Roy Kim itu adalah penyanyi solo favorit gue di Korea.  Kalo bicara masalah musik, kadang gue jenuh juga sama EDM, urban, hip hop dsb, makanya gue juga suka ngedengerin lagu2 ala2 Roy Kim (acoustic X folk rock) atau indie folk, supaya ada fluktuasinya, ga on fire terus. Gue ga selalu nyaman dengan genre jedag jedug juga soalnya. Ada genre2 tertentu yang semacam jadi cooling down-nya dan itu kalo ga folk rock ya indie folk kalo buat gue. Mungkin orang ada yang nganggep gue hip hop lovers apa gimana, cuman enggak juga. Iya gue suka hip hop cuman konteksnya harus jelas dulu, hip hop yang liriknya gimana, meaning lagunya gimana, dsb, bukan semua hip hop gue suka. Malah mungkin genre terfavorit gue adalah folk, entah folk rock X indie folk atau acoustic folk, karena ada lagu2 tertentu yang gue damai banget ngedengernya dan kadang bikin gue haru/keluar air mata juga saking dalemnya menurut gue, kayak lagunya Moha yang “street cat/gil nyangi (길냥이)” atau Lucia yang “calmly/damdamhage/담담하게” atau Lucia  lagi yang “피어나/piona/blossom”. Sekeren2nya lagu2 urban termasuk hip hop, gue ga bisa lepas dari folk chingu. Jadi mungkin sejak ini kalian tahu kalo penulis blog ini juga suka lagu2 seperti itu ^^. Gue juga suka lagu2 folk asli Indonesia kayak “sekar alit/sekar macapat” asal Jawa yang diciptakan Sunan Kalijaga dulu. Mungkin kalo kalian berteman sama gue di fb, kalian tahu kalo gue pernah ngesave lirik2 sekar macapat di notes facebook itu, banyak banget yang sudah gue save. Gue suka makna lirik2 folk macapat itu chingu, dalem banget, berguna juga dalam kehidupan lirik2nya. Pernah dulu gue cerita ketika nulis fakta2 GOT7 (part berapa lupa) cuman bahasannya tentang genre favorit JB. Gue bilang gue ga punya genre favorit karena pada dasarnya gue suka banyak genre, hanya sama hip hop x urban x folk adalah top 3 bagi gue. Cuman hari ini gue bisa bilang kalo genre favorit gue adalah folk chingu. Entah folk yang dicombain dengan acoustic  X rock X indie atau folk  lagu negara gue sendiri (sekar alit) tadi, itu jadi favorit gue. Gue menemukan semacam kedamaian dari melody maupun lirik2nya. Melody yang tenang, indah, dan lirik yang dalam dan memberi gue pelajaran tentang hidup. Ga semua lagu dalam genre itu begitu, hanya saja ada lagu2 tertentu  yang gue menangkepnya begitu sehingga kemudian memutuskan folk jadi genre yang paling gue suka. Gue besar dengan mendenger lagu2 “sekar alit” juga dan bahkan sampe sekarangpun gue bisa nyanyi beberapa jenisnya. Ada 11 jenis, mijil X  kinanthi X sinom X asmaradana X gambuh X dhandhanggula X durma X pangkur X megatruh X pocung X maskumambang. Dan dari semuanya, gue masih bisa menyanyikan yang “sinom” X “pangkur” X “gambuh” X “pocung”. Itu punya kenangan tersendiri bagi gue karena dulu ketika kakek gue masih hidup, ketika sore hari beliau sering menyanyikan lagu2 itu hingga gue punya memori tersendiri tentang lagu2 folk itu. 11 “sekar alit” itu sendiri adalah 11 jenis lagu yang kontennya menceritakan perjalanan hidup manusia dari ketika masih dalam kandungan hingga mati (berada di alam penantian). Lagu itu diciptakan oleh Sunan Kalijaga dalam rangka syiar Islam di Jawa pada waktu itu. Ketika baca liriknya, liriknya bener2 penuh dengan nasehat2 baik, menasehati orang untuk menjadi orang baik. Kebetulan banget hari sabtu minggu lalu (17 Oktober 2015) gue sore2 nonton TV dan pas banget ketika itu gue nonton channel TVRI yang ternyata ada acara tentang macapat. Jadi dalam acara itu mengupas tentang macapat dan pembicaranya dari keratpn Yogyakarta (cuman gue lupa nama pembicaranya itu siapa). Sambil nonton itu, sambil gue catet poin2nya. Seperti yang gue bilang di awal, 11 jenis lagu macapat itu semacam gambaran siklus hidup manusia dari dalam kandungan sampe ke alam kubur/alam penantian. Di mulai dari sekar (tembang/lagu) yang pertama yakni maskumambang (lagu ini bisa jadi urutan pertama maupun terakhir). Menjadi urutan pertama karena bisa menggambarkan manusia yang masih ada dalam kandungan. Menjadi urutan terakhir karena bisa juga menggambarkan manusia ketika sudah berada dalam alam penantian.  Lagu yang selanjutnya adalah mijil yang berarti lahir. Menggambarkan kelahiran manusia. Lagu selanjutnya adalah kinanthi yang artinya semacam anak kecil yang dikanthi (masih dipegangi orangtuanya). Menggambarkan masa kecil manusia. Berikutnya adalah tembang sinom yang berarti enom/muda/youth. Menggambarkan usia muda/youth manusia. Kalo di BTS ya kayak konsep “The Best Moment In Life Pt.1” ini, range usia youth. Berikutnya adalah asmaradana yang artinya masa2 jatuh cinta. Selanjutnya adalah gambuh yang artinya jumbuh/menikah. Kemudian ada dhandhanggula yang artinya menikmati kehidupan rumah tangga yang manis. Lalu ada durma yang artinya semacam mulai timbul persoalan2 dalam rumah tangga namun rumah tangga/hidup harus tetap berjalan. Selanjutnya adalah tembang pangkur yang berarti mulai mengurangi hal2 keduniawaian karena usia sudah beranjak tua/old. Hingga kemudian ada tembang megatruh yang artinya keluarnya nyawa dari raga alias mati. Nah lalu karena umat Islam ketika mati dipocong, maka selanjutnya adalah tembang pocung. Lalu kemudian ada tembang maskumambang tadi yang artinya manusia yang berada dalam alam kubur/alam setelah mati/alam penantian. #demiapa gue nonton TV itu kayak ikut kuliah umum, langsung ambil kertas dan nyatet chingu, soalnya berasa akan dapet ilmu dari acara itu. Kadang kan kita tahu macapat dari internet doang, tapi kalo ini langsung dari kerabat keraton Yogyakarta, jadi pasti credible informasinya. Nah menurut gue sekar alit/macapat itu keren banget. Misalnya ini dijadikan konsep2 album perperiode gitu keknya keren banget. Dan pas lagu sinom yang temanya youth itu, gue jadi inget BTS, hehe. Lagu folk kita itu keren chingu, perlu dilestarikan. Dan macapat itu sendiri tambah keren karena lagunya ada aturan khususnya. Lagu dimana nada/melody, banyaknya suka kata dan jenis huruf vocal di ending baris lirik2nya sudah pakem (ditentukan secara paten) jadi ga bisa diubah2 semaunya. Lagu yang otentik menurut gue, jjang!. Gue sendiri belum bisa sih semua lagunya, baru 4 tadi yang bisa. Pas masih SD gue bisa yang lain2 juga cuman udah lupa sekarang, tinggal 4 itu doang yang inget. Dan dari semuanya, gue paling suka lagu pangkur kemudian sinom chingu, gue suka feelnya. Ibarat musim, pangkur itu kayak musim gugur. Musim dimana daun2 menua (berubah warna) lalu berguguran, usia senja. Musim yang semakin mengingatkan manusia akan kematian/kepergian/kembalinya manusia kepada Tuhan. Gue juga suka sinom yang ibarat musim adalah seperti musim semi. Musim dimana tumbuhan tumbuh menghijau dan bunga2 bermekaran dengan indahnya. Musim dimana manusia mulai menjalani aktivitas hidup dalam kondisi yang paling prima dalam sepanjang sejarah hidupnya. Masa yang tidak bleh disia2kan untuk hal2 yang tidak bermanfaat dan harus diisi dengan hal2 yang sebaik dan semaksimal mungkin. Karena suka, makanya gue hafal dua2nya chingu. Meskipun terkesan gue suka banget musik Korea, tapi space untuk hal2 seperti itu masih ada di pikiran gue juga. Makanya gue sering bilang kalo gue adalah generalis, tipe yang ga bisa begitu fokus hanya dalam satu hal, punya banyak hal yang disukai*
  • Tiba di lagunya EXO yang “eureurong” dan anak2 vocalist gaje juga meragain lagunya. Mereka acting marah2an gitu sampe tim rapper menboong maksud mereka itu apa. Ceritanya disusah2in supaya ga ketebak. Tapi di luar dugaan, si Jin bisa ngejawab lagi chingu, dia tepat dengan ngejawab “eureurong”nya EXO #prok2. Suga juga keren, dia bisa ngejawab 3 lagu, lagunya LeeSsang, Zion.T sama HaHa *yeokshi ya, Suga pasti tahu lagu2 yang ranahnya gini2, yang reggae2 gitu. Soalnya Suga juga memang suka genre itu chingu. Dia tumbuh dengan kenangan ngedenger lagu2 reggae-nya Stony Skunk ketika masih kecil. Itu group reggae-nya YG Entertainment jaman dulu. Makanya lagu2 genre itu konek juga di dia. Haha itu juga musisi genre reggae. Suga itu tumbuh dengan lagu2 dari musisi2 YG jaman dulu chingu, contohnya ya Stony Skunk sama 1TYM. Makanya ketika masuk BigHitpun dia sempet kecewa juga karena janji PDnim Bang untuk ngebikin dia jadi kayak 1TYM ga jadi, malah jadi idol group yang ngedance-nya paling susah. Karena memang dia pada dasarnya bukan dancer chingu, bener2 hanya orang yang suka musik, contohnya musik yang seperti di YG itu, idola2nya ketika masih kecil. Setiap orang yang suka musik menurut gue pasti punya lagu2 tertentu yang dia tumbuh dengan genre lagu itu. Meskipun ga hanya tumbuh dengan satu genre, namun pasti ada satu genre yang bener2 membekas di dia. Guepun sama, gue ga hanya tumbuh dengan folk, tapi gue tumbuh dengan genre2 yang lain juga, hanya saja ada tendensinya ada. Misalnya gue dengan folk dan Suga dengan black music (hip hop/reggae/rap) tadi. Gue rasa ada juga orang lain (termasuk mungkin kalian) yang tumbuh dengan genre2 musik dalam lagu2 tertentu seperti dari lagu2nya disney, lagu2 rock, lagu2 ballad, lagu2 pop, lagu2 klasik dsb. Dan gue yakin itu akan tetep mempengaruhi selera seseorang pada musik ketika dia besar nanti. Genre itu akan tetap menjadi bagian memori/kenangan seseorang. Kalo usia kalian sekarang masih SD/SMP mungkin belum akan konek dengan memori yang gue maksud. Namun gue rasa ketika usia kalian sudah 20-an (youth), kalian akan merasakan feeling nostalgia/memori itu. Kalian akan bisa mereturn kembali musik genre apa apa yang kalian besar bersama musik itu. Setelah ingat, gue rasa feelnya akan menyenangkan sekali, feeling nostalgia*. Kembali ke BTS, akhirnya tim vocalistnya kalah dan J-Hope yang dapet hukuman *gapapa ya Hopa, hehe. Jin X JungKook X Suga keren chingu menurut gue, pengetahuannya tentang lagunya banyak. Gue rasa musisi harusnya ya gitu, pengetahuan2 mereka tentang lagu harus banyak dan multigenre*.
  • Oya, beberapa waktu lalu JungKook jadi wakil BTS dalam project “One Korea” SBS. Dia bareng main vocalist dari group2 lain/musisi2 Korea lain kayak YoungJae GOT7 X BaekHyun EXO X Wendy Red Velvet, YeEun Wonder girls X Gyuri KARA dsb buat sama2 nyanyi lagu yang judulnya “One Dream One Korea”. Lagu itu meaningnya semacam “Korea yang satu, saling berpegangan tangan untuk bersatu meraih mimpi yang sama”. Biasanya SBS memang buat project seperti itu di akhir tahun. Tahun lalu, SBS juga buat project yang hampir sama yang temanya “friendship” yang judul lagunya “you’re my miracle”. Yang nyanyi hampir semua group K-Pop. Kalo tahun ini yang nyanyi agak beda, dulu belum ada BTS X GOT7 X VIXX X Red Velvet X EXID X AOA dsb dan sekarang ada *semacam regenerasi jadinya, muncul idol2 baru*. Di konser One-K tanggal 18 kemaren di encorenya mereka nyanyi lagu ini di stage juga. Member2 group K-Pop berjejeran nyanyi bareng dari mulai GOT7 X Wonder Girls X KARA X Red Velvet X EXO X BTS X SISTAR X MONSTA X dsb. Suga keliatan excited banget chingu, keliatan dari gesturenya *gue jadi inget kalo Suga pernah bilang pengen ikut acara kayak music camp. Dan gue rasa feeling music camp juga semacam ini. Banyak musisi yang ngumpul bareng buat nyanyi, makanya dia seneng. Yeokshi ya, musisi identik dengan hal2 kayak gini. Ngeliat Suga seneng gitu gue jadi seneng juga chingu. Gue ngebayangin gimana senengnya dia ikutan music camp beneran, pasti exciting sekali. Suga=musik kan ya, hehe. Roman mukanya menurut gue beda di sini, keliatan enjoy sekali nyanyi bareng musisi2 lain. Meskipun gue bukan orang Korea, cuman gue seneng ada project kayak gini chingu, indah aja feelingnya, ketika musisi2 ngumpul bareng dan nyanyi dengan  tema2 yang indah. Ini mengingatkan gue sama project lagu “rumah kita”oleh Indonesian Voices yang ada di Indonesia dulu. Indonesian Voices adalah musisi2 Indonesia yang ngumpul untuk sama2 nyanyi lagu itu. Kalo ga salah itu waktu gue masih SD, uda lamaa banget. Kangen masa2 itu lagi. Meaning lagu “rumah kita” itu juga dalem, keren, gue suka banget. Seinget gue liriknya gini “hanya bilik bambu tempat tinggal kita, tanpa hiasan tanpa lukisan. Beratap jerami beralaskan tanah, namun semua itu punya kita, namun semua itu milik kita sendiri. Hanya alang2 pagar rumah kita, tanpa anyelir tanpa melati. Hanya bunga bakung tumbuh di halaman, namun semua itu punya kita, namun semua itu milik kita. Lebih baik di sini, rumah kita sendiri. Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa, semuanya ada di sini, rumah kita, rumah kita sendiri….”. Keren ya liriknya? Yeokshi ya, musisi2 Indonesia juga keren2 sebenernya, lagu2nyapun dalem. Yang gue post di sini pic2nya JungKook aja chingu, yang lain gue post di tulisan2 yang bersangkutan soalnya. YoungJae ya dipostingan GOT7, BaekHyun di postingan EXO dsb.

*Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000095128

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000143877

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000285985

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000306506

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000324123

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000326259

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000328127

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000335368

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000379912

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000398197

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000442642

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000494927

151006 [V] BTS GAYO - track 5.mp4_000506472

151018 ONE K 콘서트 전출연진 - ONE DREAM ONE KOREA by플로라.mp4_000095662

151018 ONE K 콘서트 전출연진 - ONE DREAM ONE KOREA by플로라.mp4_000102001

151018 ONE K 콘서트 전출연진 - ONE DREAM ONE KOREA by플로라.mp4_000124524

'ONE DREAM ONE KOREA' Campaign.mp4_000227760

'ONE DREAM ONE KOREA' Campaign.mp4_000245445

'ONE DREAM ONE KOREA' Campaign.mp4_000262862

One Dream One Korea 뮤직비디오.mp4_000074307

One Dream One Korea 뮤직비디오.mp4_000202101

One Dream One Korea 뮤직비디오.mp4_000212545

One Dream One Korea 뮤직비디오.mp4_000213646

One Dream One Korea 뮤직비디오.mp4_000215081

One Dream One Korea 뮤직비디오.mp4_000251150

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. LoveKpop mengatakan:

    ..chingu keknya bkn tim rapper vs tim vokal, tp klo gx slah tim hyung vs tim yg mda.. maaf klo q slh.

  2. kimraeyoofanfiction mengatakan:

    yang tebak2an itu kalau gak salah di bagai old’s tim vs Young’s tim. kalau Young’s tim emang rada GJ juga, sih biki 3 hyungdeulnya pengen jitak mereka

  3. Anggunie mengatakan:

    Sama kak, aku pas nonton ending One Dream One Korea itu serasa fun banget, ngeliat semua penyanyi kumpul jadi satu. Aku juga sering ngulang video itu, dan terus merhati’in suga. Ngeliat suga enjoy banget ngedengar lagunya. Aku juga suka banget ekspresi suga di situ, kayak bukan suga yang biasanya gak excited😀

  4. Iin mengatakan:

    siap2 tenaga buat ngetik panjang nih kkkkkk….kali ini aku bakal komen panjanggg *padahal biasanya juga panjang.
    si jungkook ko ya pinter banget ya nebak lagunya..emang golden maknae jjangg..
    serius aku ga nyangka banget kalo kak linda suka sama lagu2 macapat2 itu..itu lagu jawa kan yah..kak linda nih bener2 bukan fans biasa tpi penikmat musik yg sesungguhnya.. tau banyak tntang musik..bhkan tau musik2 jawa tadi.aku pernah punya bukunya doang tpi ga tau arti dri lirik lagu2 macapat tdi.jarang banget loh ada yg tau tntang musik2 kya gitu apalgi di jaman sekarang ini.kak linda nih keren banget menurut aku ,jdi kya motivator ke 2 buat aku setelah pak mario teguh hehehe… dan aku juga ga nyangka kak linda dulu ngefans banget sma EXO smpe down pas dua membernya out..
    btw kak linda neomu gumapseumnida .. Saranghae mani hajuseyo…. big thank deh pkoknya buat kak linda ^^

Tinggalkan Balasan

