Fakta-Fakta DAY6 Part 10 (DAY6 Dan Pentingnya Punya “Your Own Color”)

Posted: November 5, 2015 in About DAY6
Tag:

Source: Video – 151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL (Credit: KKBOX, uploaded: DAY6 TV), [ENG SUB] 20151026 DAY6 ETtoday Interview (Credit: ETtoday, subbed: Michelle Wong), [ENG SUB] Hidden Singer Sungjin (DAY6) Talk Cut (Credit: JTBC, subbed: super kimssi)

  • Asal mula YoungK masuk JYPE adalah dia semenjak masih di Toronto udah suka musik/perform bareng temen2nya dan ketika baca pengumuman dari JYPE tentang audisi via video, dia ngirim/upload video performnya ke JYPE dan diterimalah dia, lalu mulai menjalani masa training.. Kalo WonPhil, dia juga dari audisi. Bisa masuk ke JYPE adalah cita2nya dari kecil, jadi bisa masuk JYPE sekarang semacam mimpi yang jadi kenyataan bagi dia. Kalo SungJin, dia pernah ikut kompetisi nyanyi dan dapet juara lalu dicasting sama JYPE. Akhirnya sejak itu dia menjalani masa2 training untuk kemudian jadi artist di JYPE. Untuk Jae, dia alumni KPop Star season 1 yang jurinya JYP juga salah satunya. Nah untuk JunHyeok, dia punya 2 kakak perempuan dan kakak perempuannya yang kecil ngirim video JunHyeok perform ke JYPE dan diterimalah dia. Kalo DoWoon, dia sebelumnya kuliah di salah satu universitas seni di Busan dan orang2 JYPE dateng ke sana untuk casting. Orang JYPE minta dia ngedrumm dan beruntungnya DoWoon ini lolos dan bisa jadi bagian dari DAY6 sekarang.
  • Tentang JunHyeok, keluarganya dulu sering bilang ke dia “di Korea banyak sekali orang yang pengen jadi penyanyi, lalu bagaimana bisa kamu bisa menjadi yang survive salah satunya?”. Keluarganya semacam menentang cuman nunanya ini meyakinkan orangtua mereka. Diam2 nunanya mengirimkan video JunHyeok ketika menyanyi ke JYPE dan akhirnya dia terpilih. Nunanya bilang “mimpi yang tidak bisa aku penuhi, tolong ijinkan adikku yang bisa memenuhinya untukku” *so sweet~~ TT TT. Tapi memang berat sekali ya industri musik di Korea sana, banyak sekali idol yang udah debut tapi ga survive*
  • Hal yang paling penting bagi seorang artisan musik bagi SungJin adalah punya color dia sendiri. Entah color itu bagus atau apapun yang penting punya color/distinct style dulu. Jae sama, skill bagus itu penting, cuman color masing2 personal penting juga. JunHyeok nambahin kalo orang yang bisa ngedance atau nyanyi itu jumlahnya banyak, cuman yang penting adalah apa yang membedakan mereka dari yang lain. Perbedaan itu adalah disctinct style yang mereka maksud tadi, semacam “your own color, your own style”. SungJin nambahin lagi kalo JYPE itu agensi yang suka dengan orang2 yang meskipun bakatnya ga wow2 banget cuman dia ada kemauan besar untuk berusaha di bidang itu. Bukan orang yang skill/potensinya besar sekali, tapi gimana orang itu pengen total ke dunia seni yang dia pilih itu*Yeokshi ya, JYPE. JYPE memang semacam “has their own color” di K-Pop. Sesuatu yang menurut gue keren untuk sebuah agensi. Uniqueness itu menurut gue hal yang paling penting bagi artisan karena itu yang membedannya dengan yang lain. Makanya point “color” tadi bener2 dieksplor di JYPE. Menurut gue ga cuman di musik/seni sih. Setiap orang pada dasarnya diciptakan unik dan punya kelebihan/kekurangan masing2, makanya harus bersyukur dengan itu dan memaksimalkan part yang baik2 untuk kemudian bisa bermanfaat bagi orang lain*
  • SungJin ikut acara “hidden singer” di JTBC setelah berkompetisi dengan 35 trainee lainnya sebelum DAY6 debut. Jadi untuk bisa terpilih, dia berkompetisi dulu dengan trainee2 lain yang in charge di vocal *wah berarti keren ya, dia jadi yang terbaik dari 35 trainee2 JYP saat itu, yeokshi SungJin, vocalnya keren*. Nah ketika ditanya pendapatnya tentang JYP, dia bilang JYP adalah orang yang berkharisma. Meskipun begitu, sisi2 cutenya juga ada. Kadang2 JYP memarahi anak2nya di JYPE cuman itu bagi SungJin adalah karena JYP care sama mereka *semacam “galak” tapi sebenernya care gitu ya berarti. Jackson GOT7 tuh yang sering kena, haha*. Oya, MC Jun HyunMoo di acara ini bilang kalo SungJin mirip sama Lee MinHo lhoh *tapi masih gantengan SungJin ya, hehe~*
  • Charming point bagi YoungK menurut dia sendiri adalah dia ngerasa bertanggungjawab terhadap sesuatu yang dia pilih. Semacam menggunakan semua kemampuannya pada hal yang dia pilih. Selain itu juga dia tahu di point2 mana dia bisa *Ngomong2 tentang kalimat “tahu point2 yang dia bisa” gue jadi inget ada 4 tipe orang menurut salah satu pemikir Islam (AL-Gazhali/Imam Gazhali). Yang pertama adalah “orang yang tahu kalo dia tahu”. Tipe ini orang paling baik karena dia sadar kalo dia tahu sehingga bisa memaksimalkan pengetahuan yang dimilikinya untuk kemudian bermanfaat bagi orang lain. Orang dengan tipe inilah yang harus kita dekat2 dengan mereka untuk bisa belajar. Tipe orang yang kedua yaitu “orang yang ga tahu kalo dia tahu”. Orang ini masih baik, berarti dia sebenernya punya potensi cuman belum dikembangkan saja karena factor belum tahu tadi. Orang seperti ini perlu untuk lebih mengenal dirinya sehingga kemudian tahu kalo dia tahu/bisa. Setelah tahu, dia bisa memaksimalkan kemampuannya dan bisa bermanfaat bagi orang lain seperti tipe yang pertama tadi. Tipe orang yang ketiga adalah “orang yang tahu kalo dia ga tahu”. Ini masih baik juga, karena dengan sadar kalo dia tidak tahu, dia kemudian bisa belajar untuk jadi tahu/bisa. Berarti dia bisa mengukur dirinya sendiri/paham dirinya sendiri. Dan yang paling buruk adalah golongan orang yang keempat yakni “orang yang ga tahu kalo dia ga tahu”. Orang inilah yang paling buruk/rugi. Orang tipe ini sok tahu, kalo diberitahu malah balik memberitahu padahal dia sendiri ga bener2 tahu. Orang kayak gini udah ga bisa diapa2in lagi, jadi ditinggal aja kalo nemu tipe orang beginian. Gimana bisa tahu ada tipe orang begini? Orang yang kalo diberi tahu hal baik atau informasi yang sumbernya valid/benar ngeyel dan malah balik ngasih tahu dengan sumber lain yang ga valid dan argument yang salah/buruk. Dalam kehidupan nyata gue pernah nemu orang model begini dan memang begitu adanya. Dia salah, tapi ketika dinasehati malah balik menasehati seakan2 yang bener itu dia, padahal enggak. Kalo udah begitu, gue tinggal aja, bikin frustrasi soalnya. Soalnya udah susah kalo ada orang yang punya tip eke-4 ini. Gue sendiri ga bisa ngatasin orang yang kayak gitu. Orang yang ga tahu tapi sadar kalo dia ga tahu itu masih baik karena bisa dinasehati. Orang yang sebenernya tahu tapi dia ga sadar itupun bisa diatasi dengan nunjukin tahunya dimana. Tapi orang model keempat ini cenderung keras kepala, makanya ditinggal aja kalo nemu, serahkan pada Allah. Kita doakan saja biar dia diberi hidayah langsung oleh Allah. Nah “orang yang tahu kalo dia tahu” tadi tentu akan bertindak lebih maksimal daripada yang ga tahu tadi. Orang yang tahu bakatnya dimana, potensinya apa, akan lebih mudah memilih jalan yang akan dia pilih dan akan lebih tekun di situ. Gimana bisa tahu diri sendiri? Banyak cari informasi, referensi, merenung, baca, denger dsb. Semakin banyak tahu informasi, semakin tahu ketertarikan kita dimana. Setelah tahu ketertarikannya dimana, maka bisa langsung memulai untuk belajar lebih lanjut tentang ketertarikan itu. Dan semuanya harus dimulai, belajar harus dimulai, bukan cuman direnung2kan saja. Merenung itu menurut gue penting, karena itu proses komunikasi kita dengan diri kita sendiri, semacam “bertanya ke diri sendiri” sehingga tahu diri kita butuhnya apa dsb. Jadi bukan merenung yang ngelamun ga jelas apalagi cuman di batas merenung aja dan ga action. *
  • Charming point WonPhil menurut dia sendiri adalah suaranya. SungJin X JunHyeok sama, energy yang mereka kasih buat penonton2 perform mereka. Untuk Jae, dia rasa charming point-nya adalah usaha dia dalam mengeskspresikan colornya ketika perform. Dan untuk DoWoon, dia ngerasa hyung2nyalah yang nemuin charming point-nya dia, bukan dia sendiri, haha.
  • *gue misalnya DoWoon ga bilang di sini ga tahu kalo dia ikutan nyanyi juga di “chorus” lagu DAY6, haha. Cuman chorus lagu apa ga dijelasin, probably “congratulations” chingu*. Dia cerita kalo “nyanyi” itu sama sekali ga pernah dia bayangkan cuman dia harus nyanyi juga meskipun dikit di album The Day ini. Dia cerita kalo di chorus, ada part dia meskipun sedikit dan misalnya didengerin bener2, akan kedengeran suara dia. Dia cerita juga dia banyak keluar berkeringat ketika rekaman itu, karena nyanyi yang direkam di ruang rekaman sebelumnya ga pernah dia bayangkan *tapi DoWoon itu misalnya nyanyi menurut gue bagus, karena tone suaranya charming chingu, ngebass~. Tapi ya itu, colornya beda banget dari member2nya yang lain yang lebih tinggi. Mungkin di next2 album suara DoWoon lebih banyak ya, dapet part lebih banyak. DoWoon Fighting! DAY6 Fighting!!~*

Notes: Support “NAMU Shop” yah chingu. Support juga buku2 gue “Get Ready? This Is K-Pop” (book 1) & “Probably Perfect”. Rekap link2nya ada di:

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/namu-shop/

https://leendashinhyunjae.wordpress.com/my-book/

*Untuk pemesanan, bisa langsung aja kontak melalui fanpage blog ini di: https://www.facebook.com/leendashinhyunjaewordpresscom-212733048923567/timeline/

Setiap pembelian produk baik album/buku, akan langsung mendapatkan card member blog ini dan goodies dari gue ^^

Gomawo~ ^^

[ENG SUB] 20151026 DAY6 ETtoday Interview.mp4_000051117

[ENG SUB] Hidden Singer Sungjin (DAY6) Talk Cut.mp4_000106720

151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL.mp4_000134600

151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL.mp4_000157866

151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL.mp4_000337666

151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL.mp4_000346100

151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL.mp4_000357933

151102 KKBOX DAY6 INTERVIEW FULL.mp4_000395833

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. kim hye lim mengatakan:

    Bener bgt charming pointnya wonpil oppa tuh suaranya, aku suka tone vokal dia dari pertama aku denger dia nyanyi,,,
    tp menurut ku mata dia itu jga charming sih soalnya menurutku mata dia itu lucuuuuu bgttt hhehe, apalagi dia itu suka aegyo, makin suka ma wonpil oppa, dia bias aku di day6,,,
    Klo Sungjin oppa kok menurutku dia tu mirip sama yonghwa oppa y, *just my opini hehe, tapi tetep gantengan sungjin oppa lah,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s