Fakta-Fakta BTS Part 175 (Makna Bahagia Bagi J-Hope)

Posted: November 17, 2015 in About BTS, my korean notes
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: Video  –  BTS – Interview (Skool Luv Affair Keyword Talk) (Credit: BigHit Ent)

  • Awal Hope pengen jadi penyanyi adalah ketika dia ngeliat perform BIG BANG yang “lie”. Dia rasa cool sekali perform itu dan ngeliat itu ngebikin dia semacam “bangga” juga *yeokshi ya, anak2 BTS banyak yang fansnya BIG BANG, terutama Hope X Jimin X JungKook*. Dia audisi tahun 2009 dan dia rasa sekarang ini dia lebih dewasa dan juga improve di bidang musik chingu. Dia juga ngerasa lebih mature secara karakter (refined) *yeokshi ya, pasti ketika training itu mereka diajari banyak hal yang bisa ngebikin mereka jadi lebih dewasa. Belajar untuk berlatih keras, mengatur waktu, membangun chemistry dengan member2 yang lain, dapet ilmu2 seputar seni pertunjukan (musik, dance, acting, bahasa asing dsb). Gue rasa tinggal di dorm/kos dsb yang jauh dari orangtua itu juga bikin orang makin dewasa. Dia jadi bisa manage diri dia sendiri yang biasanya kalo di rumah dimanage orangtua, semacam berlatih untuk lebih mandiri*.
  • Jadi penyanyi sendiri adalah mimpi Hope sejak kecil. Dia ibaratnya mempertaruhkan dirinya ke bidang itu, makanya ketika training dia bener2 antusias dan sangat berharap kelak bisa debut. Dia dari kecil meman passionnya di dance juga, ga di akademik. Beda sama kakaknya yang bener2 ke akademik *sejak awal passionnya memang di bidang itu ya berarti, agak beda dengan member2 lain. Beda sama RapMon misalnya yang ngerap itu awalnya hobi doang. Rap adalah sebagai sarana dia untuk mengekspresikan sisi dia yang lain. RapMon yang sebenernya anak yang pinter belajar (anak idaman orangtua lah) cuman ternyata punya kesenengan lain yaitu rap/hip hop. Contoh lain Suga misalnya yang daripada jadi idol/penyanyi, sebenernya pengen lebih ke jadi composer. Dan beda banget juga sama Jin yang sebenernya pengen kerja kantoran aja. Kalo V, gue rasa dia factor kebetulan-nya agak tinggi di bidang nyanyi ini. Kebetulan dapet kesempatan terus dia jalani dan akhirnya jadi passion, by process banget gue rasa. Kalo Hope X Jimin X JungKook memang keliatan niat banget dari awal juga*
  • Ketika ditanya tentang makna bahagia, J-Hope rasa bahagia adalah ketika hidup dengan tidak peduli pada standar (yang ditetapkan orang lain), semacam live your own life jadinya (hiduplah dalam hidupmu sendiri, jangan hidup dalam hidup orang lain). Dia bahagia ketika hatinya bahagia, jadi bahagia adalah perkara hati *gue setuju sama ini. Hidup dalam ekspektasi orang lain/standar orang lain itu paling ga gue suka dalam hidup ini chingu. Hidup yang hanya untuk memuaskan orang lain dan mencapai standar orang lain itu gue ga suka, gue ga bahagia dengan itu. Gue bahagia ketika dalam hidup ini gue bisa melakukan apa yang gue suka, ga ngeganggu orang lain dan gue rasa bermanfaat paling tidak untuk diri gue sendiri dulu. Perkara orang suka atau enggak, bodo amat. Gue berusaha untuk hidup seperti itu meskipun kadang sebagai manusia juga ada masa2 lemahnya juga. Pendapat orang itu memang penting juga (ada yang bisa diambil juga), cuman terlalu ngikut pendapat orang itu gue kurang suka, gue harus punya argument/pendapat gue sendiri juga. Kalo perkara agama memang harus ngikut yang benernya gimana, cuman kalo masalah duniawi doang ya ga worthed untuk terlalu jadi mainstream/ngikut orang lain doang. BTS suka bilang “live your life” juga, dan itu menurut gue bener. Mereka anak hip hop juga kan ya, jadi secara kata2/motto itu mereka strong. Mereka jadi musisi yang selain di musik/performance juga menggaungkan liri2k2/kata2 yang sebenernya bisa jadi pelajaran bagi manusia secara umum. Inilah kenapa gue suka hip hop juga, karena genre ini banyak juga ngasih gue pelajaran dan gambaran2 dalam hidup yang selama ini jarang gue temui di genre lain. Hip hop itu tentang kata2 juga chingu. Tanda # (tagar/hashtag) yang booming banget sekarang itupun produk hip hop. Tanda yang kita gunakan untuk speak out our mind lewat bahasa tulis. Simplenya, pernah ga kalian liat tanda # di kaos2/beanie/hoodie di fashion yang suka dipake idol K-Pop yang suka hip hop? Itu ada relevansinya. Apa sih hip hop itu? Salah satu aspeknya adalah gimana kita bisa speak our mind dan move other people dengan/through kata2/bahasa, dimana bahasa itu jelas erat kaitannya dengan tulisan. Gue lagi baca2 buku yang relate dengan hal2 seperti itu. Jadi hip hop itu adalah genre yang lekat dengan hidup kita sehari2 sebenernya. Makanya banyak rapper dunia yang ngerasa kalo hip hop itu bukan perkara musik doang, tapi juga “live”nya dia. Hip hop itu sejatinya bukan genre musik, tapi budaya yang cakupannya luas. Dan rap itu adalah salah satu budaya (bagian) dari hip hop itu sendiri. Jadi sebenernya yang lebih tepat itu nyebutnya bukan “genre hip hop” ketika ngebahas lagu2 rap, tapi “genre rap”. Hip Hop itu luas sekali soalnya, rap itu cuman sebagian aja dari hip hop. Cuman kalo orang awam biasanya ya dianggep sama aja, cuman sebenernya beda. Kalo mau baca literatur2, hip hop itu jauh lebih luas dari yang kita liat di permukaan seperti di K-Pop atau di BTS itu. Makanya BTS di “hip hop lovers” bilang di liriknya kalo hip hop itu menjadi bagian dari hidup mereka, karena memang hip hop itu ga simple “genre music” doang, jauh lebih luas dari itu, dan itu bisa mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia*
  • Apa yang menjadi mimpi Hope? Mimpinya adalah bahagia hidup dengan keluarganya, dia ingin kebahagiaan seperti itu chingu. Dan ketika ditanya apa 3 hal yang penting bagi dia, dia bilang yang pertama adalah keluaraga, yang kedua adalah kesehatan dan yang ketiga adalah cinta *berarti family oriented ya Hope ini, keren!*. Hope sendiri ngerasa sensitive tentang cinta chingu (namja yang sensitive masalah cinta). Jadi misalnya dia suka cewek yang temennya juga suka sama cewek itu, dia bakalan bener2 mikirin itu dan semacam akan mencoba memutuskannya secara wise/bijak *jadi kalo masalah cinta, dia sensitive. Hope itu gampang nangis juga kan ya, semacam baby cry-nya BTS, jadi ya wajar kalo dia ngerasa dia itu anaknya sensitive*. Dia juga suka makanan2 yang manis chingu, yang sweet2 gitu *btw ada ga nih hubungannya sensitive dengan suka makanan manis? Hehe~*.

BTS - Interview (Skool Luv Affair Keyword Talk) 2-2.mp4_000020061

BTS - Interview (Skool Luv Affair Keyword Talk) 2-2.mp4_000083333

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Iin mengatakan:

    tadinya aku ga tau apapun tntang hip hop tau kesini2 jdi tau banyak tntang hip hop krna bca tulisan kak linda pastinya.. hip hop beda bnget dri genre musik lain..
    aku nih tipe orang yg mudah di pengaruhi kata2 orang lain,tipe yg nurut2 aja aplagi klo udah mnyangkut omongan ortu aku jdi mikir “mungkin bener kta ortu,aku mesti ngikut apa kta ortu” aku tipe orang yg ga konsisten sma pemikiranku sendiri ga teguh dlm pendirianku sendiri aku lebih sering ngikutin omongan orang..mungkin salah satu alasannya krna aku ga bnyak pengalaman jdi aku selalu takut klo pilihanku itu salah & akhirnya nyesel tpi sekarang aku ga mau hidup kya gitu aku ga mau hidup dlm omongan orang lain krna yg ngejalanin hidupku ya aku sendiri yg ngerasain bahagia/ngga’nya ya aku sendiri bukan orang lain . *tuhkannnn curhat lagiiii huhuhuuuu T_T

Tinggalkan Balasan

