Fakta-Fakta BTS Part 182 (Whale + Alien + 52 Hertz = Whalien 52)

Posted: Desember 8, 2015 in About BTS
Tag:

BANG! TAN! BTS!

Source: BTS Whalien 52 Lyric, bbc.com, slate.com, dailymail.co.uk

Gue kayak speechless mau nulis ini darimana chingu, malah sempet monangis gue gara2 tahu story whalien 52 ini, huhu. Gue sementara hanya bisa nulis ini, kemungkinan akan ada postingan lanjut tentang ini karena gue suka banget lagu BTS yang “whalien 52” ini chingu. Yap, gue akan coba ngebahas sedikit tentang salah satu lagunya BTS di The Best Moment In Life Pt.2, lagu favorit gue di album ini, whalien 52. Lagu yang jangan sampe kalian lewatkan, karena kita bisa belajar banyak dari lagu ini. Di postingan ini, gue bakalan sedikit ngebahas seputar “whalien 52” dari sumber2 yang udah gue sempet baca chingu. Ok, kita mulai aja.

  • Semua pasti udah tahu kalo “whalien 52” adalah salah satu track di The Best Moment In Life Pt.2. Kenapa namanya begitu? Di salah satu Vnya Suga kemaren, dia pernah bilang kalo fans yang disuruh nyari tahu sendiri tentang ini (dasar~#hadehh, pulang lewat mana ini si Gula). Karena kepo, akhirnya gue juga jadi korban Suga buat nyari2 (duhh~). Nah, ternyata “whalien 52” ini adalah singkatan dari “whale” atau ikan paus + alien + 52 hertz. Kenapa whale? Karena mereka terinspirasi dari kisah paus paling kesepian di dunia (the loneliest whale in the world). Ini sangat bisa diliat di lirik lagu “whalien 52” terutama di liriknya RapMon X JungKook yang sangat banyak menceritakan tentang si whalien 52 ini daripada lirik2 part member2 lain kayak Suga/Hope. Di awal lagu, lirik RapMon adalah “the most lonely creature in the world” atau “makhluk paling kesepian di dunia” lalu di sambung liriknya JungKook dengan “I am a whale” atau “saya adalah ikan paus”. RapMon dkk di lagu ini nyeritain kisah paus kesepian yang direlatekan/dihubungkan dengan kisah mereka yang kurang lebih sama dengan paus itu chingu. Mereka ngerasa kalo mereka sama kayak ikan paus yang kesepian itu. Mereka terus berusaha menyanyi, menyuarakan suara mereka dalam kesendirian, meskipun tidak terdengar. Tapi apa mereka nyerah? Enggak, mereka percaya pada suara mereka dan percaya bahwa suara yang mereka perdengarkan secara terus-menerus kelak akan sampai ke orang yang dituju. Inti yang gue tangkep kurang lebih kayak gitu chingu. Gue rasa ini hip hop banget sih, mereka pake “whalien 52” ini sebagai perumpamaan gimana musisi kayak mereka menyuarakan suaranya. Hip hop is about conveying, right?
  • Nah, kenapa alien? Kita harus tahu dulu kisah tentang whale/paus kesepian ini chingu. Jadi intinya pada tahun 1989, kapal perang Amerika menemukan suara di Samudra Pasifik yang identik dengan suara paus namun suara itu beda dengan suara-suara paus pada umumnya. Jika paus pada umumnya bersuara 15-20 hertz, maka paus ini bersuara 52 hertz sehingga efeknya suara paus ini ga bisa didenger oleh paus lain. Suara paus ini terlalu tinggi sehingga lagunya/bunyi yang dia keluarkan ga bisa didenger oleh paus-paus lain. Karena ga bisa didenger, dia menjadi makhluk paling kesepian dan  hidup sendirian di samudara Pasifik yang begitu dalam dan gelap itu #pelukWhalien TT TT. Lalu, apakah si paus baik2 saja? Ada data yang menyebutkan dia sehat2 saja chingu, masih bernyanyi/bersuara juga, namun masih tidak punya teman karena frekuensi suaranya tadi. Meskipun begitu, sampai saat ini paus itu belum ditemukan secara real chingu, jadi sementara semua sumber ini masih based on suaranya yang 52 hertz itu saja, itu pointnya. Ada salah satu penulis BBC juga yang bilang kalo mungkin saja paus itu ga sendirian karena memang bukti otentiknya belom ada, hanya saja telah menjadi sebuah fakta kalo kisah paus paling kesepian di dunia ini jadi inspirasi banyak seniman, musisi maupun penulis untuk menjadikannya sebuah karya yang relate dengan mereka. Bukan hanya BTS, sebelumnya berbagai tulisan dan lagu pernah juga dibuat seniman lain yang bertema senada. Kisah mellow si ikan paus ini diambil untuk dihubungkan dengan emosi manusia chingu. Kisah manusia yang bersuara tapi suaranya tidak bisa terdengar banyak orang karena begitu tinggi, semacam itu. Nah karena si paus ini berbeda, maka dia menjadi asing, seperti makhluk asing (alien), makanya jadi whale+alien. 52 sendiri adalah inisial hertz/frekuensi suara milik si paus ini. Pernah kan belajar tentang “hertz?” di sekolah? Biasanya hertz ini memang frekuensi suara pada hewan.
  • Tadi gue sempet juga bilang “menyanyi”. Yap, paus adalah binatang yang berbicara seperti sedang bernyanyi chingu. Dia mengeluarkan bunyi seperti sebuah lagu untuk berkomunikasi, mencari makan dan menjelajah samudera. Sayangnya, nyanyian dari si paus 52 ini beda frekuensi dengan paus-paus normal, sehingga dia hanya menyanyi sendirian selama ini. Menjadi sebuah harapan banyak orang bahwa kelak paus ini bisa ditemukan dan bisa bertemu dengan paus-paus yang lain. Bahkan telah juga terkumpul dana yang besar untuk melakukan pencarian khusus terhadap paus jenis ini, namun belum juga ditemukan. Oya, hanya paus jantan yang bisa bernyanyi, jadi asumsinya adalah “paus paling kesepian di dunia ini” adalah seekor paus jantan (entah dari jenis apa/blue whale atau fin whale) yang selalu menyanyi namun tidak didengarkan oleh paus lain, termasuk paus2 betina. Relate kan ya kalo yang nyanyi BTS, karena BTS juga male group.
  • Kalo kita baca salah satu lirik RapMon, ada part yang kurang lebih isinya si whale/dia ga bisa menahan lagi untuk mengatakan “I love you” dengan nyanyiannya. RapMon nunjukinnya ke ibunya di lagu ini, tapi kalo whale yang di Pasifik ini asumsinya adalah mungkin untuk calon pasangannya (whale betina). Makin melankolis kan ya chingu, whale jantan yang selalu nunjukin lagu cinta ke whale betina tapi itu ga sampai *sweet banget lah ini. Menurut gue BTS brilliant banget udah bikin lagu yang bener2 gue sendiri bingung mau nulis darimana. Lagu yang maknanya terlalu banyak dan keren. Jjang lah ini BTS, kreatif bikin konsep lirik/story yang bener2 jadi isu dunia tapi juga bisa direlate-kan dengan mereka dan juga people/orang banyak. Mungkin ada lhoh ya orang yang mellow kayak whalein 52 ini, ga punya temen, sendirian dsb, jadi bisa relate sama lagunya BTS/story dari whale 52 hertz itu sendiri. Beneran dah tadi gue monangis pas baca kisah2 whalien ini TT TT*.
  • Part yang keren lagi di lagu ini adalah part liriknya JungKook yang “aku percaya pada hertz-ku”. Seperti si whalien yang percaya pada hertznya sendiri, JungKook juga percaya pada suaranya sendiri. Meskipun berada di dasar laut yang gelap, dingin dan sepi, tapi dia percaya bahwa dia tetap punya masa depan dan pada saatnya nanti suaranya akan sampai kepada yang dia tuju. Buktinya frekuensi 52 hertz ini sampai ke suara navy USA, bisa jadi kan ya kelak akan sampai ke paus2 lain juga. Ini nyambung sama part RapMon yang liriknya “an endless message will one day reach someone, to the other side of that planet” atau “pesan yang disampaikan secara terus-menerus maka suatu hari akan sampai pada seseorang, di belahan planet lain”. Semacam pesan yang disampaikan secara konsisten tanpa gampang nyerah akan sampai kok chingu ke hati seseorang, kuncinya cuman konsisten (istiqomah), akan sampai, yakinlah. Pesan ga sampai mungkin karena ga diulang2, padahal sesuatu itu diulang2 karena penting. Makanya pesan baik harus diulang2 supaya sampai kepada orang lain/yang dituju. Jadi pelajaran juga ini bagi gue kalo dalam menyampaikan karya/pesan, kita bisa pake filiosofi whalien 52 ini. Jangan gampang nyerah kalo belum sampai, lakukan terus dengan konsisten, maka pada saatnya nanti akan sampai juga. Ini hip hop banget juga, karena hip hop itu intinya juga adalah “spread your voice” atau menyampaikan ide2 besar/suara kita ke dunia. Keren ya BTS? Bangga lah ini gue jadi salah satu A.R.M.Y in the world. Mereka kalo bikin lagu maknanya dalem dan itu kena banget di hati gue pribadi, dan mungkin kalian juga. Menurut gue lagu mereka tuh kayak ada nyawanya, sesuatu yang kayak ngomong ke gue “please Lin dengerin apa yang mau gue sampaikan lewat lagu ini” dan guepun jadi pengen denger pesen itu. Ga hanya menyampaikan melodi/musik, tapi mereka juga menyampaikan pesan2 mereka lewat lirik, dan itu totally my style banget chingu. Musisi itu bagi gue ya yang begitu, ga hanya di musik, tapi gimana caranya lirik yang mereka sampaikan itu mengena di hati banyak orang dan menginspirasi ke hal yang lebih positif, dan BTS sejauh ini menurut gue berjalan di konsep seperti itu, gue seneng sekali dengan itu, really. Mereka secara lirik dan konsep cerita itu istimewa banget menurut gue, dope to the max, keren. Mungkin lain kali bahasan ini akan gue sambung lagi chingu. Ini doang yang bisa gue sampaikan di kesempatan ini. Btw semoga si whalien 52 bisa segera ketemu temen2nya ya~. Whalien 52 Fighting!!! Dan BTS, you dope as always, proud of you lah pokoknya, BTS Jjang!

partner-item-52hertz-desktop

#Peace #Love #Happiness

#Live #Love #Learn #Laugh 

#Share #Respect #Inspire

#StayGold #StayTrue #StayReal

Komentar
  1. Nff mengatakan:

    Tau nggak Kak?
    Aku nangis pas awal2 baca lirik dan maksud dari lagu ini, ngerasa yang ‘kok gue bgt sih?’
    krn emang bener2 ngerasa sendiri. Pengen cerita nggak tau mau cerita sama siapa, krn posisinya emang sendiri. Ngerasa asing jadinya, dan itu bener2 bikin sedih. Ada lirik yang bener2 aku suka, ‘laut ini terlalu dalam tapi aku baik-baik saja’ aku nangis serius bacanya, ngerasa dpt suntikan semangat jg. Krn di laut yang dalam itu mereka nggak bisa liat kalau kita lg nangis. Mereka kyk yg bilang ‘oke gpp hidup di dunia ini emang susah, berat. Tapi kamu bakalan baik2 aja’ sama segala sesuatu itu pasti ada hikmahnya, entah kenapa aku nangkepnya kyk gini. Ada tentang ibunya pulaa, baper maksimal kan jadinya :3
    Trus aku jg gak tau udah berapa lagu BTS yg bikin aku nangis, Jjang bgt lah BTS ini.
    Banyak jg lagu mereka yg relate ma akuu, salah satu alasan suka BTS yaa krn ini. Lirik mereka kuat..

  2. Chichi mengatakan:

    lagu ini lagu favorite ku stelah butterfly. nambah pengetahuan ni lagu. ini juga hampir sama kyk aku, ngerasa sendiri aja. gak punya temen utk berbagi, share ttg suah senang nya hidup. BTS pokonya keren….

  3. Annisa Icha mengatakan:

    Aku masih penasaran sama arti Whalien 52, aku cari di kamus gak ada (karena ternyata singkata). Ternyata artinya dalem banget, aku merinding banget kak. Makasih banget udah buat postingan ini, memuaskan rasa penasaran. Oh ya kak, pausnya itu beneran ada apa cuma cerita dari mulut ke mulut aja ya (dari film atau apa gitu)? Aku rasa aku kaya’ paus itu, gak bisa menyampaikan suaraku pada orang yang seharusnya. Makasih buat motivasi-motivasinya kak…

  4. Annisa Icha mengatakan:

    Kak, aku ijin mengutip perkataannya tapi cuma intinya aja. Boleh kah? Karena itu jadi penyemangat😊
    “Yakinlah jika suatu saat suara kita akan sampai pada orang yang kita tuju. Jangan mudah menyerah dan lakukan terus dengan konsisten”

  5. hallo..aku nandya salah satu penggemarmu (silent reader) wkwk
    aku udah lama baca tulisan-tulisan kamu..sumpah keren-keren! ulasan2nya berbeda dari kebanyakan pengamat kpop lainnya.. dan kali ini, aku izin share tulisanmu boleh? aku cantumin sumbernya kok🙂
    terima kasih :))

  6. Fadhil Yusuf Ghibran mengatakan:

    Test

  7. Hani mengatakan:

    Yaampun BTS. Gak salah aku ngefandomin kalian. BTS JJANG ! AKU YAKIN KALIAN BAKALAN LANGGENG DEH. AMIIIIN

  8. havielchoir mengatakan:

    intinya adalah, “jangan pernah menyerah dan berhenti untuk menyuarakan suara kalian sendiri, lakukanlah dengan terus menerus maka suara tersebut akan didengar oleh orang/subjek yang dituju” bener gak sih? wkwk

  9. dheakim mengatakan:

    Keren, BTS emng keren 😘

    Kak fakta2 iKON dilanjutin dong, kka gk bgtu suka iKON yh?

  10. L Nuhi mengatakan:

    kak anyyeong readers lama tapi baru komen ni.. mian
    Post mu jjang! BTS jjang! dalem bgt lagunya

  11. L Nuhi mengatakan:

    kak.. aq readers yg lebih tepatnya penggemarmu.. mian udah lama baca tp baru kali ini komentar
    kakak Jjang.. BTS jjang!! keren bgt artinya..jadi ARMY makin cinta ama BTS.. makasih kak udah ngepost hal se-berharga ini.. good luck

  12. Zero mengatakan:

    Kak, mv terbaru EXO juga pake konsep paus kesepian ini juga.

  13. novia dwi endriani mengatakan:

    kak, bisa bahas tentang MV bts yang baru gak?? soalnya gak bisa dimengerti. apalagi trilogy nya. kan ceritanya cuman tinggal jin yang hidup. itu maksud nya gimana

  14. novia dwi endriani mengatakan:

    kak aku juga ngfans sama kakak, kak bisa ngak bahas MV run kayaknya via kurang ngerti…plissss

  15. parkhyera mengatakan:

    Kayaknya ini lagi booming di Korea ya?
    MV EXO bagian Sehun juga pake konsep ini kan?
    Memang artinya dalam banget..
    Suka juga lagunya Whalien 52 ini..
    Walaupun bukan ARMY tapi aku suka banget genre lagunya BTS..
    Meaningnya juga dapet.. Dia ini istilahnya Slank’nya Indonesia yang lirik2nya menginspirasi..

    Kak, boleh buat review maksud MVnya EXO yang Sing For You? *hehe request

  16. delarasss mengatakan:

    Baru baca lagi blok ini, udh beberapa bulan sibuk kuliah. Coba deh kakak nntn mv EXO yang Sing For You itu ttg whale juga. Lagunya sedih dan mv terasa lebih realistis.
    Mohon ya kak Sing For You nya EXO direview, gomawo;)

  17. anonimjeon mengatakan:

    *nangis dulu*
    Sama kaya aku penasaran sama jdulnya yg unik aku langsung searching di sosmed dan coba2 nebak maknanya dan pas baca beberapa artikel emamg ga beda jauh sama yg aku pikirin! Aku udh baca beberapa dan emang nyentuh banget padahal baca udh diulang2 tetep aja baper. Eh terus inget blog ini (pasti ngepost bts nih) aku langsung meluncur dan bener ajaaa!!!
    Lagu2 bts tuh emang ngena banget yaa apalagi yg ini ngga tau kenapa lebih baper ini dari pada butterfly mungkin karena maknanya lebih ngena ke hati kali yak-,-
    Kan Lin sering2 ngepost bts yak^^

  18. Wannyaa mengatakan:

    Halo Linda, makasih ya udah share tulisan tentang lagu ini. Menarik banget tulisannya. Sepertinya jalan pikiranmu juga dalem. Aku juga penggemar lagu-lagu BTS. Memang lagu2 di 2 mini album terbarunya mereka ini paling bagus dan paling berkembang daripada album-album sebelumnya, menurutku.

    Menurutku, diantara boyband sepantarannya, lirik2 lagunya BTS ini paling susah dipahami secara langsung, tapi entah kenapa kok lebih deket dengan kehidupan kita sehari-hari. Metaforanya rada ketinggian untuk ukuran usia mereka. But it doesn’t matter right. Maybe they’re more mature than their other peers…

    Eniwei, aku suka tulisanmu di artikel ini. Ini lagi nyoba ubek2 artikelmu yang lain. Tetap semangat menulis yaa… Fighting!

  19. Iyos mengatakan:

    pas pertama kali denger lagunya langsung penasaran banget sama artinya ..
    makasih yaa postingannya sangat membantu🙂

  20. Nure mengatakan:

    Kak aku baru baca postingan ini. Baca post ini pas banget sama yg lagi aku rasain sekarang, aku lagi ngerasa nggak punya siapa siapa pengen cerita tapi gatau ke siapa. BTS emang keren abis, lagu mereka bener bener ngena. Proud of them
    Oh iya maaf ya kak baru kali ini ikutan komentar tulisan kakak juga keren banget, banyak banget pelajaran yg bisa diambil nggak hanya tentang kehidupan bahkan ada pelajaran tentang agama yg bisa dipetik dari tulisan kakak.
    Terima kasih kak Linda
    Terima kasih BTS

  21. jungyuchan mengatakan:

    Pertama dengar lagunya aku nangis membayangkan lonely whale, dan sekarang aku nangis lagi after baca maksudnya dari lagu ini, dalemmmm banget…

  22. Iin mengatakan:

    T_T ternyataaa ini arti dri lagu Whalien 52 awalnya aku bingung knapa judul lgunya kya gitu..ya allahhh ga nyangka ternyata ada storynya… kol ya BTS bisa berfikiran bikin lgu tntang ini ya mgsudnya ikan paus itu sungguh kerenn bangettt sediihhh… padahal klo denger lgu2nya BTS itu ga ada yg ballad/yg sedih2 tpi trnyata klo di teluauri liriknya itu dalem banget dan bisa bikin yg denger itu nangis bhkan lebih ngena/lbih sedih dri lagu ballad…. bagi yg ga tau liriknya pasti ga bkal nyangka klo lagu ini sedihh banget liriknya aku nangis bacanya..soalnya dri musiknya ga kliatan lgu brtema sedih…tpi kak lin suara paus itu trlalu tinggi tpi knapa mlah ga bisa di denger sma paus2 lain…
    aku tunggu buat bhasan ini selanjutnya kak…. BTS Jjanggg,kak Linda jjanggg ga nyesel lah jdi A.R.M.Y ……. semoga ikan paus itu bsa gabung sma tmen2 paus yg lain & ngga mrasa asing lgi…
    Terimakasih atas penjelasannya kak linda..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s